Pages


Sabtu, 12 Desember 2015

Kejuaraan Mencuri Sepeda di Eropa 2015




Di Eropa, katanya sering kecurian sepeda. Iklim yang bersahabat, kota yang padat, dan jarak tempuh yang tidak begitu jauh sebagian memilih menggunakan sepeda. Karena ringkas, benda ini juga gampang di curi. Sepeda merupakan kendaraan utama, dan banyak yang membutuhkan. Fenomena ini seperti di Indonesia, ketergantungan akan sepeda motor roda dua, maka yang sering terjadi Curanmor.

Jadi mereka mengumpan sebuah sepeda bersama dengan kru kamera ke Amsterdam, Roma dan Praha untuk mengetahui kota adalah yang terburuk. Dan apa yang terjadi setelah seseorang akhirnya berani untuk mencuri sepeda ini? kita simak Video berikut ini

Spoiler for Cover :




Spoiler for Video :




Yang tidak rela buffering, simak snapshot berikut gan:
Spoiler for Snapshot :



Spoiler for :
Sama aja ya , gak tau cara capturenya gan. apakah harus di pause, printscreen, trus crop?

Spoiler for Persiapan:










Kalau di Curi, ada yg meletus gan! jadi ini termasuk Pranks, atau Supertrap!.
Spoiler for Diambil! :






Trus, ada truk panitia yang di taro radius 10 meter deket lokasi, isinya orkes buat ngagetin si maling:
Spoiler for Orkes :








Lari Gan!!! Run for your life!, Takut di bakar massa dari Pondok Aren Tanggerang yang main hakim sendiri.






Meskipun jumlah bervariasi, misalnya Inggris melaporkan bahwa setiap menit satu sepeda dicuri. Ini laporan yang luar biasa, jadi mereka memutuskan untuk meningkatkan perhatian akan hal ini, dengan menggelar kegiatan, Kejaraan Mencuri Sepeda di Eropa. Ane gak nyimak apakah mereka akan melakukannya lagi di kota lain, seperti Medan, Depok, dan Bekasi. He he he

Spoiler for Ringkasan :

Sepeda yang menjadi umpan penjebakan, paling cepat di curi di Amsterdam dalam 22 menit. Tujuan mereka menggelar kegiatan ini bukan untuk menghentikan pencurian, tapi lebih kepada kita untuk membuat pencuri lebih bekerja keras dan sulit untuk memiliki sepeda kita, misalnya:

1. Pasang kunci terbaik
Biar susah pretelinnya, dan mengundang perhatian masyarakat. Dikunci di tempat yang bener juga gan, soalnya ringan buat di angkut.

2. Daftarkan sepeda
Lebih kepada mencatat nomor seri, atas nama kita. Sehingga kalo ketemu, kita bisa membuktikan keabsahannya gan. Pencuri tak bisa mengelak. Yang Penting Foto gan, Foto jangan lupa.

3. Hati-hati membeli sepeda bekas
Siapa tau itu sepeda ane yang dicuri gan , daripada kena masalah di kemudian hari.

4. Dan Lain-lain
Bikin lain daripada yang lain gan, uniqe, gampang nyiriiinya.

Yaah, mirip-mirip mengamankan sepeda motor kita lah..



Spoiler for Infografis :

Sambil ane translate ada apanya.

Di Eropa, 1 unit sepeda dicuri setiap 5 menit. Masalah ini berlarut-larut tanpa penyelesaian yang mudah. Populasi penduduk tiga kota tempat berlangsungnya event ini adalah Amsterdam dengan 800,000 penduduk, Praha ada 1,250,000 jiwa, dan paling padat di Roma ada 2,800,000 orang.
Spoiler for 1:


Jumlah pencurian sepeda sepanjang tahun berturut-turut sebanyak 1,900 unit di Praha, 15,400 unit di Roma, dan paling banyak ada 45,000 unit di Amsterdam. Wih, banyaknya.
Spoiler for 2:


Untuk tingkat kriminalitas sendiri, Amsterdam berada di antara kedua kota lainnya. Sebagai kota yang ramah untuk pesepeda, diperkirakan 500 km jalur diutamakan untuk pesepeda, lebih dari 2X panjang jalur di kota lainnya. Wajar bahwa tingkat pencuriannya begitu tinggi karena jumlah ini mewakili proporsi jumlah pesepeda/sepeda yang ada. Lokasi favorit para pencuri adalah di terminal, dan di Praha adalah di tepian sungai Naplavka.
Spoiler for 3:


Motif para pencuri bermacam-macam, secara khusus ada 3 motif utama. Iseng, lihat sepeda nganggur diambil buat dipakai (mungkin malas jalan kaki). Keuntungan Pribadi, mencuri jika ada kesempatan untuk dijual lagi demi mendapatkan uang yang tak seberapa. Kriminal, komplotan besar yang bisnis nya adalah mencuri sepeda kita, seperti komplotan curanmor kalau di Depok
Spoiler for 4:


Secara umum di Eropa, hanya 25% pencurian yang telah dilaporkan, dan 1-2% saja yang dihukum. 40% orang menggunakan kunci ganda, 38% tidak dikunci, 36% pakai kunci kabel, bahkan 18% menggunakan kunci U (yang paling aman dibobol). Rata-rata sepeda bernilai 646 Eur, atau setara Rp.9.9jt. dan jika di sederhanakan setiap 1 dari 2 orang sepedanya pernah di Curi.
Spoiler for 1:


Kenapa gak ada yang bantu ya?. Ini disebut The Bystanders Effect (??), yaitu orang cenderung cuek untuk menolong kalau ada orang lain juga disitu. Gampangnya, "ah biar orang itu aja yg nangkep", "daripada jadi saksi", atau "daripada gua kenapa-napa".
Spoiler for 1:


Hasil pengamatan yang dikemas lucu ini, mendapatkan hasil sebagai berikut:
Juara berdasarkan dimana paling cepat dicuri; Amsterdam 22 menit, di Roma 67 menit, dan di Praha mungkin karena terlalu ramai, mencolok, dan ada Polisi pula sepeda gagal dicuri, padahal sudah ada yg toel-toel.
Spoiler for 1:



Infografis selengkapnya (2 MB) disini



Sekian thread copas & terjemahan dari saya, mudah-mudahan menambah wawasan.

Spoiler for Sumber :
We Love Cycling

You’ll find a lot about this topic on We Love Cycling, so please read, share and have fun. Every little thing counts when fighting the evil.


Nice kan, 2 Jam gan Re-Nulisnya.
reserved
Nice thread gan..boleh tuh diselenggarakan di indo..tapi temanya motor
Btw dulu ane pernah kehilangan sepeda juga..padahal itu hadiah ultah
kreatif idenya gan
unik idenya gan,
Kejuaraan macam apa ini
di indonesia ada bginian gak yah
hahaha kontes mencuri,
leh uga gans...
Bwh ane kalo ikut pasti juara bray
jangan jangan sepeda ane doi yang nyuri
Sepeda emang rawan dicuri gan kalo di eropa sana, selain hampir semua orang butuh sepeda, jualnya juga gampang. Kagak perlu stnk atau bpkb bisa dijual langsung
muke gile untung diluar negri, kalo dimari bisa digebugin
Mencuri hati wanita coba lok bisa
ane mah jagonya mencuri hati....

sama sekarang lagi punya cita2 jadi pencuri uang rakyat.....
Kocak nih.
Ahahaha...




Ane kudu ikutan nih lomba kaya begini
lomba yang antimainsetrum sekali...ternyata di eropa tingkat kriminalitas pencurian sepeda cukup tinggi juga ya
yg namanya maling , apa aja diambil
Masih kalah sama Indonesia. Negara kita malah ada kejuaraan nyolong duit rakyat gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar