Pages


Rabu, 02 November 2016

14 Fakta Tentang Bulan November

Selamat Bulan November Gan!!

Sebelum kita beraktivitas di bulan ini, kita pelajari dulu yuk fakta-fakta seputar bulan November. Semoga bisa menambah wawasan dan jadi bahan inspirasi. Yo gak perlu berbasa-basi lagi, langsung aja gan.


Spoiler for 1:
"November" atau "Nopember"?
14 Fakta Tentang Bulan November
Berdasarkan EYD yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Terbitan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Penerbit Balai Pustaka, Cetakan Pertama Edisi III, tahun 2001, pengejaan yang benar adalah "November", bukan "Nopember".


Spoiler for 2:
Inilah Arti Kata "November"
14 Fakta Tentang Bulan November
"November" diambil dari Bahasa Latin "novem" yang berarti "sembilan", karena pada zaman dahulu kalender bermula pada bulan Maret sehingga November menjadi bulan kesembilan. Sementara dalam bahasa Slovenia, "novem" berarti "baru". Maka bulan November juga bisa dianggap sebagai bulan kebaruan.


Spoiler for 3:
November Dalam Astrologi
14 Fakta Tentang Bulan November
Dalam astrologi, November menjadi bulan bagi 2 zodiak yakni Scorpio (sampai tanggal 21 November) dan Sagitarius (tanggal 22 November dan seterusnya). Sementara itu, batu lahir bulan November adalah Batu Topaz yang berwarna kuning. Bunga lahir bulan November adalah Bunga Seruni atau Kirsantemum.


Spoiler for 4:
Hari Vegan Internasional
14 Fakta Tentang Bulan November
Bulan November dibuka oleh Hari Vegan Internasional pada tanggal 1 November. Tanggal ini adalah tanggal berdirinya International Vegan Society pada tahun 1944. Vegan sendiri adalah paham untuk tidak memakan atau menggunakan produk olahan hewan dalam bentuk apapun dengan alasan kesehatan, moral, dan juga kelestarian lingkungan.


Spoiler for 5:
Negara-Negara Yang Merdeka di Bulan Ini
14 Fakta Tentang Bulan November
November juga adalah bulan dimana beberapa negara merayakan Hari Kemerdekaannya. Negara-negara tersebut adalah Dominika (Tanggal 3), Kamboja (Tanggal 9), Polandia (Tanggal 11), Angola (Tanggal 11), Maroko (Tanggal 18), Latvia (Tanggal 18), Libanon (Tanggal 22), Suriname (Tanggal 25), Albania (Tanggal 28), Panama (Tanggal 28), Mauritania (Tanggal 28), Yaman (Tanggal 30), Barbados (Tanggal 30)


Spoiler for 6:
Berdirinya Kerajaan Majapahit
14 Fakta Tentang Bulan November
Tanggal pasti yang digunakan sebagai tanggal kelahiran kerajaan Majapahit adalah hari penobatan Raden Wijaya sebagai raja, yaitu tanggal 15 bulan Kartika tahun 1215 saka yang bertepatan dengan tanggal 10 November 1293. Ia dinobatkan dengan nama resmi Kertarajasa Jayawardhana.


Spoiler for 7:
Tokoh Indonesia Yang Lahir di Bulan ini Kebanyakan Seniman
14 Fakta Tentang Bulan November
Selain negara-negara yang merdeka, pada bulan ini juga lahir tokoh-tokoh terkenal di Indonesia antara lain Titiek Puspa (musisi), Gito Rollies (musisi), Mike Mohede (musisi), Aming (komedian), W.S.Rendra (sastrawan), Mikha Angelo (musisi), Rudi Soedjarwo (sutradara), Bob Tutupoly (musisi), Sule (komedian), Aburizal Bakrie (pengusaha), Andik Vermansyah (olahragawan), Edhie Baskoro Yudhoyono (politisi), Arswendo Atmowiloto (sastrawan), Abraham Samad (pejabat negara), dan lainnya.


Spoiler for 8:
Penetapan Rupiah Sebagai Mata Uang Resmi Indonesia
14 Fakta Tentang Bulan November
Pada tanggal 2 November 1949, akhir Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag menghasilkan keputusan dan penetapan Rupiah sebagai mata uang resmi Republik Indonesia yang digunakan untuk kegiatan ekonomi dan transaksi dalam negeri.


Spoiler for 9:
Berdirinya Klub Sepak Bola Juventus F.C.
14 Fakta Tentang Bulan November
Pada tanggal 1 November 1897, klub sepak bola Juventus F.C. berdiri di Kota Torino, Italia. Klub ini kemudian menjadi salah satu klub terbesar di Italia, bahkan Eropa dan dunia. Klub ini sudah menjuarai 32 kali gelar Liga Domestik dan 2 kali gelar Liga Champions Eropa.


Spoiler for 10:
Lahirnya Permainan Monopoli
14 Fakta Tentang Bulan November
Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Permainan yang mengajarkan kita asas-asas ekonomi dengan cara yang sederhana ini diciptakan oleh Charles Darrow dan dijual secara luas oleh Perusahaan Parker Brothers pada tanggal 5 November 1935.


Spoiler for 11:
10 November, Hari Pahlawan Indonesia
14 Fakta Tentang Bulan November
Hari Pahlawan di Indonesia diselenggarakan setiap tanggal 10 November untuk memperingati Pertempuran Surabaya antara milisi nasionalis Indonesia dan Sekutu, yang merupakan konflik bersenjata skala besar pertama antara Indonesia dan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945..


Spoiler for 12:
Tragedi Semanggi 1998
14 Fakta Tentang Bulan November
Tragedi Semanggi menunjuk kepada 2 kejadian protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agenda Sidang Istimewa MPR yang mengakibatkan tewasnya warga sipil. Kejadian pertama dikenal dengan Tragedi Semanggi I terjadi pada tanggal 11-13 November 1998, masa pemerintah transisi Indonesia, yang menyebabkan tewasnya 17 warga sipil. Kejadian kedua dikenal dengan Tragedi Semanggi II terjadi pada 24 September 1999 yang menyebabkan tewasnya seorang mahasiswa dan 11 orang lainnya di seluruh Jakarta serta menyebabkan 217 korban luka-luka..


Spoiler for 13:
November Identik Dengan Kesengsaraan
14 Fakta Tentang Bulan November
Di luar negeri terutama di Eropa dan Amerika, November sering dianggap sebagai bulan penuh kesengsaraan. Di Finlandia, bulan November disebut "marraskuu" atau "bulan kematian". Sementara di Inggris, bulan November disebut "Blotmonath" yang dalam bahasa Inggris kuno berarti "bulan pengorbanan". Di Belanda, bulan November disebut "Slachtmaand" yang berarti "bulan pembantaian". Di Amerika sendiri tersebar mitos bahwa kebanyakan pembunuh lahir di bulan November. Selain itu, banyak lagu yang diciptakan dengan tema bulan November selalu berkesan gloomy, contohnya lagu "November Rain" dari Guns n' Roses yang bernuansa begitu dark dalam menceritakan hubungan asmara yang telah retak. Di Indonesia sendiri, Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikenal kejam lahir pada tanggal 7 November 1914.


Spoiler for 14:
Tapi, di November ini Kaskus Ulang Tahun Gan!!
14 Fakta Tentang Bulan November
Terlepas dari fakta lain, yang paling penting tentu adalah kelahiran Kaskus pada 6 November 1999 atas kreasi dari 3 pemuda Indonesia yang tengah merantau di Amerika Serikat kala itu, yakni Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan. Tanpa mereka duga, 17 tahun berlalu, Kaskus kini menjadi forum online terbesar di Indonesia.



Sekian dari ane gan, semoga bisa menambah wawasan agan ya.

Sumber : Wikipedia


Widih baru nyadar uda bulan November..

Pasang lagu November Rain bray..
14 Fakta Tentang Bulan November


14 Fakta Tentang Bulan November
ah sudahlah semoga ane yg lahir di bulan november baik2 aja
WELCOME November!
Baru mau ngasih tau lahirnya club tercinta ane yupentus bre
Welcome nopembre
Faktanya bulan november sesudah bulan oktober
udah November aja nih
Kalo denger kata November pasti langsung keinget lagu Guns n' Roses, November Rain.
Juventus forza juve
november rain - gnr
Lagu November Rain dari GNR kagak dimasukkan gsn
happy november
pemilihan presiden amerika digelar tiap november bray
Kaskus mau ulang tahun
Semua bulan juga sama gan kadang ada bahagia dan susah, terlahir bahagia dan susah,tragedi dan kemenangan itu hal yg lumrah gan.
Quote:Original Posted By abighifari22
WELCOME November!


haaiiii
Nopember bahagia
November Ceria
gemboxed
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar