Pages


Sabtu, 29 Agustus 2015

Mau Tau Seberapa Pentingnya Berorganisasi? Masuk Sini, Gan!

WELCOME TO MY THREAD

Thanks untuk momod dan kaskuser yang membuat thread ini HT. Tanpa kalian gue bukan apa-apa

Spoiler for Bukti HT:




Emangnya ikut organisasi itu penting ya, gan? Penting banget! Lo akan belajar banyak hal yang mungkin gak bisa lo pelajari di tempat lain. Bahkan bisa dibilang manfaat ikut kepanitiaan sangat mahal harganya. Penasaran apa aja? Cekidot!



Quote: Nambah Temen
Spoiler for Pertama:

Spoiler for ilustrasi:

Siapa sih yang gak mau punya banyak temen? Pastinya pada mau dong, ya. Seandainya ikut dalam organisasi, bisa dipastikan lo akan dapet kenalan baru, bisa sejenis maupun lawan jenis. Saat berorganisasi, lo akan berinteraksi dengan orang lain. Setelah itu, lo akan tau sifat dan sikapnya. Andai kata cocok, kalian akan tambah akrab dan bisa jadi kalian menjadi teman baik. Asyik kan?


Quote: Belajar Menerima Pendapat
Spoiler for Kedua:

Spoiler for ilustrasi:

Ini juga gak kalah pentingnya, gan. Pada saat rapat suatu organisasi, salah satu dari lo pasti akan menyampaikan pendapatnya tentang suatu hal. Di sini lo akan belajar bagaimana sikap yang benar dalam menanggapi seseorang yang sedang menyampaikan pendapat. Jangan sampai lo langsung protes padahal dia belum sempet menyelesaikan kalimatnya. Kemungkinan terburuknya adalah akan ada debat tak berujung antara lo dan dia. Lebih baik dengarkan dia selesai bicara dahulu, kalau merasa gak setuju, baru deh lo menanggapi pendapatnya. Tentunya dengan cara sopan ya. Tetap hargai pendapatnya walaupun lo gak setuju!


Quote: Belajar Membagi Waktu
Spoiler for Ketiga:

Spoiler for ilustrasi:

Gue sering denger banyak yang gak mau ikut suatu organisasi karena gak bisa membagi waktu, entah memang karena sibuk atau males ikut serta. Menurut gue, justru dari situlah lo malah harus berorganisasi. Dengan berorganisasi, mau gak mau lo harus bisa memprioritaskan aktivitas apa yang harus lo dahulukan.

Contoh paling gampang adalah ikut serta dalam panitia acara sekolah. Lo harus bisa membagi waktu kapan mau bekerja dan kapan mau belajar. Tentunya, lo gak bisa bekerja dan belajar di waktu yang sama. Gue sarankan untuk fokus pada satu hal supaya konsentrasi kita gak terbelah. Time management itu penting banget, lho.


Quote: Melatih Kecakapan Berbicara
Spoiler for Keempat:

Spoiler for ilustrasi:

Dalam berorganisasi, gak mungkin lo hanya diam seperti patung. Ada saatnya lo harus berinteraksi satu sama lain. Nah, untuk lo yang pendiam atau malu berbicara di depan umum, gue sarankan untuk ikut serta berorganisasi. Secara gak langsung, kemampuan berbicara lo akan terasah. Semakin sering berbicara di depan umum, pastinya kecakapan berbicara lo akan bertambah. Cobalah keluar dari zona nyaman dengan ikut kepanitiaan


Quote: Belajar Bertanggung Jawab
Spoiler for Kelima:

Spoiler for ilustrasi:

Saat lo menjadi panitia sebuah acara, bisa dikatakan acara tersebut menjadi tanggung jawab semua panitia. Seandainya lo membuat kesalahan, jangan sampai lo malah berbohong karena takut kena hukumannya. Lo harus bertanggungjawab dengan apa yang udah lo lakukan. Kalo lo tetap berbohong, seluruh panitia bisa terkena imbasnya. Saat berorganisasi, semua panitia itu satu. Jangan ada yang saling menyalahkan satu sama lain. Maka dari itu, lebih baik kalian saling membantu di dalam kepanitiaan apa pun. Asal lo tau, gak semua orang di dunia ini mau bertanggungjawab, lho. Jadilah pribadi yang dewasa dengan belajar punya rasa tanggung jawab


Quote: Memotivasi Diri untuk Bekerja Keras
Spoiler for Keenam:

Spoiler for ilustrasi:

Seseorang yang sukses pasti dulunya telah bekerja keras hingga memperoleh hasilnya. Bekerja keras bisa dibilang salah satu aktivitas yang sulit dilakukan di masa sekarang. Banyak orang yang hanya malas-malasan dan maunya serba instant. Dengan berorganisasi, lo akan dilatih untuk bekerja keras sebagaimana mestinya. Kalo ingin acara lo sukses, pastinya panitia gak bisa bekerja seenaknya sendiri, bisa-bisa yang ada malah kegagalan.

Terus caranya gimana? Salah satunya ya dengan bekerja keras. Oiya, sebelum pada salah paham, bekerja keras bukan berarti kita memaksakan kehendak untuk bekerja terus-menerus. Tetap ada batasan tertentu supaya tubuh lo bisa beristirahat. Bekerja keras pasti melelahkan, tapi coba liat hasilnya deh. Kalo semua panitia bekerja keras, gue yakin acara akan berjalan sesuai rencana. Kerja keras tak akan mengkhianati kok!


Quote: Terkenal
Spoiler for Ketujuh:

Spoiler for ilustrasi:

Poin yang ini sebenernya hanya bonus aja. Semakin sering ikut serta organisasi, semakin banyak pula orang yang mengenal lo. Apalagi kalo lo juga menguasai bidang akademik, gue jamin lo akan jadi bahan pembicaraan deh. Seseorang yang pintar dalam akademik dan sosialisasi itu sangat jarang lho. Tertarik untuk masuk ke kategori "jarang" itu? Coba dulu deh


============


Gimana? Tertarik untuk berorganisasi? Pesan dari gue, cobalah untuk keluar dari zona nyaman lo, khususnya untuk anak muda. Cobalah ikut kepanitiaan di mana lo akan dihadapkan untuk bekerja bersama orang lain. Efeknya mungkin gak akan lo dapat secara langsung, tapi pastinya akan berguna untuk masa depan lo kelak. Jangan sampai menyesal di kemudian hari, gan!


============


Spoiler for Sumber:
Pengamatan TS


Komentar Kaskuser :

Quote:Original Posted By Redi.doy
Emang gan bermanfaat banget kalo berorganisasi. Ane baru 1tahun nyoba dan kerasa manfaatnya. Mulai dari pikiran yang lebih terbuka, solidaritas dan lain-lain seperti yang agan sebutkan di atas. Recommended deh. Yang belum pernah nyoba kudu dicoba gan.


Quote:Original Posted By sitampanaja
wah ane seneng banget sama kata-kata yang kerja keras takkan mengkhianati, keliatannya pernah denger deh

tapi overall ane paling kerasa sama manfaatnya yang menambah temen gan. ane punya banyak temen dari berbagai komunitas dari komunitas game smpe yang komunitas JKT48


Quote:Original Posted By ciliwoeng
Setuju banget nih ma uraiannya TS, secara kebetulan ane jga aktifis di beberapa organisasi di kota ane..

Tapi ane izin nambahin ya gan, manfaat dri kita berorganisasi:

-belajar bekerjasama dengan orang lain
-tambah ilmu, teman dan pengalaman
-meluaskan pergaulan
-belajar attitude yg baik
-bisa ketemu tokoh2 penting
-belajar ikhlas (karena kerja di organisasi rata2 gak digaji)

dri semua hal di atas, ane paling suka no 3 & 5..karena itu yg paling terasa buat ane perubahannya..

Jujur saja, sebelum ane terjun berorganisasi, ane bukan siapa2..dan teman2 ane jga bukan siapa2..

Tapi sejak berorganisasi, jangankan bertemu pak lurah..bertemu pak camat ma pak walikota aja bisa hampir tiap minggu..bahkan pak camatnya jadi akrab ma ane..

Selain itu, karena akhirnya kenal dngn beberapa beberapa pejabat pemerintah, kadang kalau ane ada urusan yg berhubungan dngn pemerintah, ane suka dapat disposisi yg enak atau menguntungkan..

Spt : kalau ke kelurahan atau kecamatan kalau mau urus keadministasian, gak pernah bayar..atau pernah minta pengajuan proposal ke pemda setempat langsung diACC, padahal yg lain yg sudah lama pengajuannya malah belum di ACC..


Quote:Original Posted By my_blue_mx
Kerasa banget gan apalagi sekarang di tempat kerja yang multikultur dan beda beda umur, ga canggung diskusi ama yang senior, hapal juga gimana ngehandle junior, Banyak chanel. Ane selalu bilang kepada junior yang masi kuliah bahwa punya komunitas atau organisasi itu bekal buat persaingan dunia kerja yang sekarang tambah ketat


Quote:Original Posted By greekwarrior
penting banget ikut organisasi gan, melatih kita untuk kerja tim, belajar menghargai pendapat orang lain, melatih jiwa leadership kita, menunjang referensi kerja, dan juga makan gratis kalo ada yg ultah


Quote:Original Posted By galangdestroy
Memang benar gan, tapi kadang dengan kita mengikuti organisasi kita juga bisa dibenci oleh masyarakat terutama detektif gan. btw gw ikut Organisasi hitam di detective connan gan..
haha jk gan, yg agan sebutkan di post ini emang bener semua, karena gw dulu sempet ikut Organisasi. Dan setelah masuk Organisasi itu cara kehidupan gw berubah 180 derajat. yg semulanya gak aktif, sulit untuk bergaul, susah untuk membagi waktu dsb berubah total ke arah yg lebih baik.


Quote:Original Posted By aldiansyahdzs
Pengalaman ane 3 tahun osis dismp dan 3 tahun osis dismk justru gan yang asalnya pemalu jd gapemalu tapi gamalu maluin hehe. Cobain gan ikut organisasi dari pada penasaran


Quote:Original Posted By jodich
setuju banget gan. banyak bgt manfaat yg bisa didapet dari organisasi gan.
ane pengalaman soalnya gan. pas SMP SMA ane ga ikut organisasi apa2, nah pas masuk kuliah ane jadi kaum perantauan, ane akhirnya ikut organisasi, belajar organisasi, sampe akhirnya ditunjuk jadi kepala departemen, dst. disitu ane ngerasain bgt efek positifnya gan.

- pikiran ane jadi terbuka lebar, maksudnya, dalam melakukan / memutuskan segala sesuatu jangan dilihat dari satu sisi, harus melihat dari sudut pandang yg lain juga gan, terus juga kita dipaksa untuk berpikir out of the box gan
- keterampilan berbicara ane meningkat drastis gan, ane jadi biasa kalo ngomong depan orang banyak, walaupun masih gugup2 nervous pas nunggu giliran ngomong sih, tapi pas udah ngomong, yaa let it flow gitu gan
- yaa pokoknya SEMUA yg ts tulis ane dapetin gan

sama satu lagi yg ga kalah penting. sebagian besar, atau mungkin ane berani bilang, semua perusahaan mewajibkan calon pegawainya untuk berorganisasi, apabila perusahaan multi nasional gan. karena dari pengalaman organisasi kalian, perusahaan bisa tau kalian ini orangnya bagaimana blablablabla. dan juga tentunya udah terbiasa ketika interview dengan direksi perusahaan pas tes lamar pekerjaan


Quote:Original Posted By Outlive
Bener banget gan, mau cerita sedikit

ane adalah orang yang sangat pemalu gan dari SMP karena sudah ga main lagi disekitar rumah (waktu kecil ga pemalu sering main)

SMP ane ga ikut apa2, pendiem, ngomong grogi ga jelas.

SMA ane beranikan diri ikut OSIS, ada diskusi kelompok dalam tesnya dan ane ga ngomong untungnya ane lolos jadi anak OSIS, tp disini ane blom bisa dpt manfaatnya, karena ane rasa disini cm jadi seksi perlengkapan yg cuma angkat2 barang kl kepanitiaan, ane hampir selalu ditaro di sini karena pendiem.

Pas kuliah, tahun pertama ane ga ikut apa2, ane ikut club asrama (kuliah ane tahun pertama wajib asrama) eh gagal trus mau gabung BEM syaratnya banyak waktu itu jd males hehehe oh ya satu lagi, ane selalu deg2an dan grogi kalau wawancara.

tahun kedua baru ane berani daftar bem fakultas, wah disini ane alhamdulillah lolos dan masih pendiem, dr 9 orang satu departemen cm ane yg ga berani sendiri ketemu dosen buat koordinasi ini itu, buat mc, ketua kegiatan kecil aja ane ga berani

trus kelar bem fakultas ane join bem tingkat kampus, lebih rumit lagi seleksinya dan alhamdulillah ane lolos lagi
disinilah perubahan terbesar ane. dari yang pendiem ane mulai berani sok sksd tapi fail tetep aja pemalu tetap pemalu
disini ane balajar jadi ketua divisi acara, ketua pelaksana. awalnya sangat tertekan, ane yg ga pandai ngomong harus mimpin creat acara dengan crew 50 orang!!! tiap rapat ane kl ngomong diketawain (meski ga keras2 amat) sama temen sekementrian yang tau kl ane pendiem awalnya kagok, trus karena dah biasa mimpin rapat jadi terbiasa . sambutanlah yg bikin ane stress, ane harus sambutan di depan crew dan peserta hampir 350 orang serta dosen!!! wkwkwkw jiper gak bs tidur, hapalin teks, dll alhaasil sambutan pertama ane kacau tp dibilang intonasinya bagus tp grogi

beruntung ane punya ketua departemen (menteri) yg peduli dan ingin ane maju bisa berkomunikasi dan gak takutan!!! pernah ane dipaksa jadi MC dengan peserta 200an orang !!! tujuannya biar ane berani ngomong di depan orang. selesai dari BEM kampus terasa sangat ada kemajuan berarti. ane jadi ga canggung ketemu orang baru, berani mulai bicara duluan, berani sendiri ketemu dosen dan lain sebagainya. pas reuni, temen SMA ane bilang ane berubah, lebih peka dan berani bicara serta gaya bicaranya teratur. alhamdulillah ane jg merasa ada peningkatan berarti.

so, kesimpulannya, buat yang komunikasinya kurang, sangat dianjurkan ikut organisasi !!! In Shaa Allah bisa lebih baik dalam komunikasi dan buat yang sudah bagus komunikasinya, tentu ikut organisasi tidak hanya belajar komunikasi, tp belajar bagaimana memanagement waktu, menghargai pendapat orang lain, bertanggung jawab, kedisiplinan, meningkatkan skill presentasi, dll. banyak deh hehehe

maaf kepanjangan


Quote:Original Posted By malwarebytes
mantep gan thread nya ,, secara ga langsung menyadarkan ane yang suka penyendiri dan malas ini untuk ber organisasi kan
setidaknya ikut bergabung dalam organisasi di hobby ga masalah kan yah ,,
yang penting turut serta dalam organisasi tersebut ....


Quote:Original Posted By thegoldengun
Setuju banget ama trit ini, sedikit share aja pengalaman ane sebagai seorang mahasiswa hehehe. Dulu ane ketika SMA anak yang super pasif cenerung apatis benci dengan kegiatan yang diadakan OSIS. Suatu hari ketika ane masuk jadi mahasiswa baru, ane masih memiliki pola pikir yang sama dengan masa SMA, hingga akhirnya ketika negara api menyerang ane berkenalan dengan anak-anak aktif kampus hingga akhirnya diajak nyemplung dalam dunia kepanitiaan. Pertama-tama pemikiran ane ngapain ikut panitia males banget gan, kudu ikut rapat, beradu pendapat, ngomong di kelompok behh hal yang ane benci banget tapi mau gimana lagi sungkan juga nolak ajakan teman. Tapi setelah nyemplung lebih dalam ane tersadar gan bahwa ikut beginian itu asik, enjoy banget. Ane dapat banyak pengalaman, banyak teman, belajar tanggung jawab, hingga sampe bisa ngomong di depan orang banyak (meskipun kadang masih gugup juga si ) tp ane merasakan perubahan besar dalam hidup ane semenjak ikut dalam suatu kepanitiaan dan organisasi. Ane malah bersyukur banget gan mindset ane jadi berubah menjadi lebih baik daripada masa-masa sebelumnya gan, serta ane jadi mendapatkan lingkungan pergaulan yang sehat. Gara-gara omongin pergaulan ane jadi inget suatu pepatah gan, "Show me your friend, I'll show your future" jadi masa depan tergantung pergaulan juga gan, pergaulan yang sehat membawamu pada kesuksesan begitu juga sebaliknya. So, ane nyaranin buat junior-junior yang baru masuk di dunia perkuliahan atau masih bersekolah silakan setidaknya mengikuti satu kegiatan kepanitiaan niscaya adek-adek akan merasakan keasyikannya dan manfaatnya. Sedikit share dari ane gan maaf bila ada salah kata. Bila berkenan ditaruh di pejwan trimakasih TS.


Quote:Original Posted By slayerbatik
Dengan berorganisasi biasanya kita akan mengerti, jika manusia terlahir dengan sifat yang berbeda-beda, dan dengan beroganisasi, kita bisa belajar lebih menghargai orang....
ente rajin banget ya bikin thread.
mejeng dulu di thread calon HT
Quote:Original Posted By arogancy01
ente rajin banget ya bikin thread.
mejeng dulu di thread calon HT


Kebetulan gue baru gak terlalu sibuk, gan
Minta ratenya ya kalo berkenan
lo dapet ide bikin beginian dari mana sih? encer banget perasaan...
wah ane g berorganisasi gan wkakakaka
seringny nongkrong dikantin doank
Oiya gue lupa.
Kalo ada yang mau nambahin, bisa post di thread ini. Thankyou
Quote:Original Posted By kingenzo
Oiya gue lupa.
Kalo ada yang mau nambahin, bisa post di thread ini. Thankyou


oke gan
nanti kalo ada ya ane tambahkan, ane ketua panitia acara kampus sekarang
Quote:Original Posted By arogancy01
oke gan
nanti kalo ada ya ane tambahkan, ane ketua panitia acara kampus sekarang


Wah silakan, bro.
Dengan senang hati gue akan menerimanya
Emang gan bermanfaat banget kalo berorganisasi. Ane baru 1tahun nyoba dan kerasa manfaatnya. Mulai dari pikiran yang lebih terbuka, solidaritas dan lain-lain seperti yang agan sebutkan di atas. Recommended deh. Yang belum pernah nyoba kudu dicoba gan.
wah ane seneng banget sama kata-kata yang kerja keras takkan mengkhianati, keliatannya pernah denger deh

tapi overall ane paling kerasa sama manfaatnya yang menambah temen gan. ane punya banyak temen dari berbagai komunitas dari komunitas game smpe yang komunitas JKT48
Quote:Original Posted By sitampanaja
wah ane seneng banget sama kata-kata yang kerja keras takkan mengkhianati, keliatannya pernah denger deh

tapi overall ane paling kerasa sama manfaatnya yang menambah temen gan. ane punya banyak temen dari berbagai komunitas dari komunitas game smpe yang komunitas JKT48


Thanks sharingnya.
Gue pajang di post #2 ya
Quote:Original Posted By kingenzo
Thanks sharingnya.
Gue pajang di post #2 ya


siap gan semoga HT lagi gan jadi ane numpang terkenal
Quote:Original Posted By sitampanaja
siap gan semoga HT lagi gan jadi ane numpang terkenal


hahaha bisa bantu rate kalo tertarik
Quote:Original Posted By Redi.doy
Emang gan bermanfaat banget kalo berorganisasi. Ane baru 1tahun nyoba dan kerasa manfaatnya. Mulai dari pikiran yang lebih terbuka, solidaritas dan lain-lain seperti yang agan sebutkan di atas. Recommended deh. Yang belum pernah nyoba kudu dicoba gan.


telat gak sih kalo udah berkeluarga?
jelas berorganisasi sangat bermanfaat bgt gan ini ane rasain sendiri
usahain kalo pas kuliah ikut organisasi minimal yang membuat agan berkontribusi didalemnya jgn sekadar ikut organisasi numpang nama, sayang waktunya hehe
Quote:Original Posted By PenghancurBata
jelas berorganisasi sangat bermanfaat bgt gan ini ane rasain sendiri
usahain kalo pas kuliah ikut organisasi minimal yang membuat agan berkontribusi didalemnya jgn sekadar ikut organisasi numpang nama, sayang waktunya hehe


Yup bener banget.
Justru yang paling bermanfaat itu bagaimana kita berusaha berkontribusi untuk yang lainnya
buat nyari kerja juga gan, orang hrd seneng sama yg punya background kuat di organisasi..
paling penting adalah nambah temen...

nambah temen = nambah koneksi = nambah rejeki (kalo mau dagang) = nambah sumber ngutang = nambah info kerja dll...

kalo bisa usahakan diposisi pucuk pimpinan organisasi biar disegani orang lain....
1.menambah pengalaman berorganisasi 2.belajar untuk menyelesaikan masalah yang komplex
3.mengerti struktur organisasi
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar