Pages


Senin, 19 September 2016

INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA

Quote:Borneo/Borneum adalah nama alternatif untuk Kalimantan dan muncul akibat salah lafal pedagang Portugal[9], yang diikuti oleh orang Eropa lainnya pada abad ke-17 terhadap nama Brunei ("Barune", menurut Negarakertagama atau "Dahak-Waruni". Pada masa itu, Brunei merupakan salah satu pelabuhan dagang penting untuk produk kehutanan. Lorenzo de Gomez yang pertama mengunjungi pulau ini tahun (wikipedia.org)


VIDEO DOKUMENTER DAYAK KALIMANYAN TIMUR TAHUN 1913
SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA






  1. Fakta Menarik Tentang Pulau Kalimantan 1 : Sejarah
  2. Fakta Menarik Tentang Pulau Kalimantan 2 : Geografi
  3. Fakta Menarik Tentang Pulau Kalimantan 3 : Sumber Daya Alam
  4. Fakta Menarik Tentang Pulau Kalimantan 4 : Kebudayaan



ASAL MUASAL NAMA BORNEO

Spoiler for ASAL MUASAL NAMA BORNEO GAN:
INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA

Daerah yang merupakan pulau nomor tiga terbesar di dunia ini, dahulu kala lebih dikenal dengan nama Borneo, meski kini populer dengan sebutan Kalimantan banyak masyarakat Indonesia bahkan wisatawan mancanegera lebih mengenal pulau kalimantan dengan sebutan Borneo. Lalu dari manakah sebenarnya asal usul nama Borneo ?

Dilansir dari Havoc Weird, nama Borneo disebut berasal dari nama Brunei. Menurut sebuah catatan dari seorang utusan kerajaan tiongkok, pada abad ke-8 hingga ke-9, Kalimantan dikenal sebagai Po-Po-Li, Po-Ni atau Bun-Lai. Jelas sekali terdapat kemiripan nama Bun-Lai dan Brunei sehingga kemungkinan memang nama ini sudah digunakan sejak masa itu.

Tetapi terdapat pendapat lain yang menyatakan bahwa nama Borneo berasal dari nama salah satu pohon yang banyak tumbuh di wilayah tersebut pada abad ke-15. Pohon ini bernama Borneol atau pada nama latinnya dikenal sebagai pohon Dryobalanops camphora. Pemberian nama Borneo ini berasal dari bangsa Eropa yang ketika itu banyak menemukan pohon tersebut di wilayah Kalimantan.
Nama Kalimantan yang biasa digunakan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia disebut berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Kalamanthana. Kata-kata ini memiliki arti sebagai pulau yang memiliki hawa panas. Nama Kalimantan ini secara resmi digunakan oleh negara untuk memberi nama ke pulau ini karena akar katanya yang tidak berasal dari penjajah Eropa.

Kini kalimantan secara administrative telah terbagi menjadi lima provinsi yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan provinsi termuda di Indonesia yakni Kalimantan Utara.

Sumber

LAJU KERUSAKAN ALAM DI BUMI KALIMANTAN (PIC)

Spoiler for LAJU KERUSAKAN ALAM KALIMANTAN DARI MASA KE MASA:

INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA


Kalimantan letaknya di tengah-tengah Indonesia sehingga layak dicalonkan sebagai lokasi ibukota Indonesia masa depan
Kalimantan wilayah Indonesia dibagi menjadi lima provinsi berdasarkan urutan pembentukannya:


Spoiler for WILAYAH ADIMNISTRASI KALIMANTAN (BORNEO):

Kalimantan Selatan dengan ibu kota Banjarmasin
Kalimantan Barat dengan ibu kota Pontianak
Kalimantan Timur dengan ibu kota Samarinda
Kalimantan Tengah dengan ibu kota Palangkaraya
Kalimantan Utara dengan ibu kota Tanjung Selor



1.KALIMANTAN BARAT

Spoiler for PROFIL KALIMANTAN BARAT:

Propinsi Kalimantan Barat terletak di bagian barat pulau Kalimantan. Dimana secara astronomis terletak di antara 20 08’ Lintang Utara serta 30 05’ Lintang Selatan dan 1080 0’ Bujur Timur dan 114 10’ Bujur Timur. Berdasarkan letak astronomis ini maka daerah Propinsi Kalimantan Barat tepat dilalui oleh Garis Khatulistiwa (garis Lintang 00) tepatnya di atas Kota Pontianak. Karena kondisi ini, menjadikan Propinsi Kalimantan Barat sebagai daerah yang beriklim tropik dengan suhu udara dan kelembapan yang cukup tinggi.

Sementara, dari segi geografis kewilayahannya, Propinsi Kalimantan Barat termasuk salah satu propinsi di Indonesia yang berbatasan dengan Negara Asing yaitu negara bagian Serawak, Malaysia Timur. Dimana sebagai salah satu Propinsi di Indonesia yang memiliki jalan akses langsung (jalan darat) untuk dapat memasuki (Indonesia) serta kembali dari dan ke Malaysia. Hal ini dapat terlihat dengan adanya jalan darat yang terbentang dari Propinsi kalimantan Barat dan Sarawak yang dikenal dengan Jalur Pontianak-Entikong-Kucing dengan panjang jalan yaitu 400 Km yang dapat ditempuh dengan memakan waktu tempuh sekitar 6 (enam) sampai dengan 8 (delapan) jam perjalanan.

Propinsi Kalimantan Barat memiliki batas-batas wilayah dengan daerah-daerah disekitarnya. Adapun batas-batas wilayah Propinsi Kalimantan Barat antara lain :

Di sebelah utara berbatasan dengan Negara Bagian Sarawak, Malaysia Timur
Di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa dan Kalimantan Tengah
Di sebelah timur berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Timur
Di sebelah barat berbatasan dengan Laut Natuna dan Selat Karimata
Secara khusus, batas wilayah Propinsi Kalimantan Barat sebelah utara yang berbatasan dengan wilayah Negara Bagian Serawak, Malaysia Timur adalah 4 (empat) Kabupaten yaitu :

Kabupaten Sambas
Kabupaten Sanggau
Kabupaten Sintang
Kabupaten Kapuas Hulu.
Kalimantan Barat memiliki luas wilayah sebesar 146.807 km2 atau sekitar 7,53% dari Luas Negara Indonesia. Dengan luas wilayahnya, menjadikan propinsi ini merupakan propinsi terluas keempat setelah pertama Propinsi Irian Jaya (421.891 km2), kedua Propinsi Kalimantan Timur (202.440 km2), ketiga Propinsi Kalimantan Tengah (152.600 km2). Secara umum, daratan Kalimantan Barat merupakan bentangan alam dataran rendah yang dilalui oleh jalur aliran sungai baik besar maupun kecil, di sebelah Barat dan Timur merupakan perbukitan sepanjang Lembah Kapuas serta Laut Natuna/Selat Karimata. Struktur dasar tanah rata-rata merupakan vegetasi rawa-rawa yang diisi dengan Hutan Gambut dan Hutan Mangrove.

Terdapat bentangan pegunungan yang terbentang dari baguan utara dan di sepanjang selatan yang berbatasan langsung dengan Propinsi Kalimantan Tengah. Dimana, pegunungan-pegunungan itu antara lain :

Pegunungan Kalingkang/Kapuas Hulu
Pegunungan Schwaner
Gunung Baturaya (Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang dengan ketinggian 2.278 m dpl)
Gunung Batusambung (Kecamatan Ambalau dengan ketinggian 1770 m dpl)
Gunung Lawit (kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu dengan ketinggian 1767 m dpl)
Propinsi Kalimantan Barat, memiliki beberapa pulau-pulau yang tersebar di seluruh wilayah laut propinsi ini. Dimana sebagian pulau tersebut merupakan pulau-pulau yang tidak berpenghuni dan sebagian lagi dijadikan sebagai kawasan konservasi alam dan Taman Nasional. Setidaknya, pulau-pulau yang dimiliki oleh Propinsi Kalimantan Barat terbagi atas :

Pulau-pulau kecil, dimana tersebar di sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan langsung dengan wilayah-wilayah di Propinsi Riau, Pulau Sumatera.
Pulau-pulau besar, dimana pulau besarnya seperti Pulau karimatan dan Pulau Maya, Pulau Penebangan, Pulau Bawal dan Pulau Gelam (di Selat Karimata, Kabupaten Ketapang), Pulau Laut, Pulau Betangin, Pulau Betangin Tengah, Pulau Butung, Pulau Nyamuk dan Pulau Karunia (terdapat di kabupaten Pontianak)


PEMERINTAHAN

Hingga saat ini, Propinsi Kalimantan Barat telah dimekarkan menjadi 2 Kota dan 12 Kabupaten. Dimana dua kabupaten hasil pemekaran yaitu Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Kubu Raya. Secara keseluruhan, Kabupaten/Kota yang terdapat di wilayah administratif Pemerintah Daerah Propinsi Kalimantan Barat meliputi :

Kota Pontianak
Kota Singkawang
Kabupaten Bengkayang
Kabupaten Kayong Utara
Kabupaten Kapuas Hulu
Kabupaten Ketapang
Kabupaten Kubu Raya
Kabupaten Landak
Kabupaten Melawi
Kabupaten Sambas
Kabupaten Sanggau
Kabupaten Sekadau
Kabupaten Sintang
Kabupaten Pontianak

Sumb. kalimantanbarat.anjungantmii.com


FOTO EKSOTIKA KALIMANTAN BARAT
Spoiler for PIC. EKSOTIKA KALIMANTAN BARAT:

Spoiler for PETA KALBAR:

INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA

Spoiler for Bukit Penjamur Bengkayang:

INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA
Lokasi Bukit Jamur ini terletak di Kabupaten Bengkayang, tepatnya di Kelurahan Bumi Emas Jaku Malunu, Kalimantan Barat. Jarak Bukit Jamur kurang lebih 6 km dari pusat kota Bengkayang. Letak lokasi ini memang sangat strategis dan sangat mudah diakses. Dari Bukit Jamur ini Boboers dapat melihat indahnya lautan awan bak negeri dongeng, apalagi saat sang surya mulai menyembulkan sinarnya secara perlahan, dijamin pemandangan ini akan menjadi salah satu moment terbaik seumur hidup.


Spoiler for Pantai Temajuk:

INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA
Pantai Temajuk terletak di desa Temajuk, desa yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan, hanya berjarak 4 kilometer dari Telok Melano, Malaysia. Desa ini secara administatif berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Desa ini memiliki garis pantai sangat panjang yakni sekitar 60 kilometer, dan disini terdapat lah Pantai Temajuk yang cantik itu.


Spoiler for Sungai Kapuas:

INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA
Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjangnya mencapai 1.143 km. Sungai Kapuas menjadi urat nadi bagi kehidupan masyarakat (terutama suku Dayak dan Melayu di sepanjang aliran sungai. Sebagai sarana transportasi yang murah, Sungai Kapuas dapat menghubungkan daerah satu ke daerah lain di wilayah Kalimantan Barat, dari pesisir Kalimantan Barat sampai ke daerah pedalaman Putussibau dihulu sungai ini. Sungainya yang kaya memberikan mata pencarian bagi masyarakat sekitar sebagai pelayan tradisional.
sumb: bobocantik.com




2. KALIMANTAN TIMUR

Spoiler for PROFIL KALIMANTAN TIMUR:

PROPINSI KALIMANTAN TIMUR merupakan salah satu propinsi yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Letak propinsi ini berada di Pulau Kalimantan. Kalimantan Timur merupakan propinsi terluas kedua di Indonesia dengan wilayah seluas 245.237,80 km2. Ibukota propinsi terletak di Kota Samarinda. Propinsi Kalimantan Timur dibentuk pada tanggal 1 Januari 1957 sekaligus menjadikan tanggal tersebut sebagai Hari Jadi Propinsi. Dasar pembentukan Propinsi Kalimantan Timur adalah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1956.

Secara astronomis, Kalimantan Timur terletak di antara koordinat 20 25’-40 24’ Lintang Utara dan antara 1130 44’-1190 00’ Bujur Timur. Secara geografis, bentangan alam Propinsi Kalimantan Timur seluruhnya banyak dialiri oleh beberapa aliran sungai serta delta. Adapun sungai terpanjang adalah Sungai Mahakam.

Secara geografis kewilayahan, propinsi ini berbatasan dengan daerah disekitarnya. Adapun batas-batas wilayah Propinsi Kalimantan Timur antara lain meliputi :


Di sebelah utara berbatasan dengan negara bagian Sabah (Malaysia Timur)
Di sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar, Laut Sulawesi dan Selat Sulawesi
Di sebelah selatan berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Selatan
Di sebelah barat berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan negara Malaysia.

Secara administratif, Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur membawahi 14 (empat belas) daerah administratif Kabupaten/Kota. Adapun Kabupaten/Kota tersebut antara lain meliputi :


Kota Balikpapan
Kota Bontang
Kota Samarinda
Kota Tarakan
Kabupaten Berau
Kabupaten Bulungan
Kabupaten Kutai Barat
Kabupaten Kutai Kartanegara
Kabupaten Kutai Timur
Kabupaten Malinau
Kabupaten Nunukan
Kabupaten Paser
Kabupaten Penajam Paser Utara
Kabupaten Tana Tidung
sumb.kalimantantimur.anjungantmii.com


FOTO EKSOTIKA KALIMANTAN TIMUR
Spoiler for PIC. EKSOTIKA KALIMANTAN TIMUR:

Spoiler for PETA KALTIM:

INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA

Spoiler for Pulau Derawan di Berau:

INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA
sebuah pulau yang terletak di kabupaten Berau. Pulau Derawan adalah sebuah pulau yang permukaan air lautnya memiliki gradasi biru dan hijau yang sangat memukau.

Pulau ini sangat cocok bagi nada yang memiliki hobi wisata selam (diving). Pada kedalaman laut sekitar 5 meter anda dapat menikmati beberapa spesies laut yang cantik seperti gurita (bluering octopus), kuda laut (seahorses), ikan skorpion (scorpionfishes) dan belut pita (ribbon eks).

Pulau Derawan dikenal sebagai lokasi tujuan menyelam teratas ke 3 di dunia, yang disebabkan memiliki kekayaan laut yang mencapai 50 jenis hewan laut.


Spoiler for Pulau Kumala di Tenggarong:

INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA
INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA
Pulau Kumala sering juga disebut Pantai Kumala. Pulau Kumala adalah sebuah delta sungai yang sering terendam jika air Sungai Mahakam meluap. Pada tahun 2002, Pulau Kumala diresmikan menjadi objek wisata karena keindahan alamnya dan letaknya yang berada di tengah sungai Mahakam sehingga terlihat seperti sebuah kapal di tengah sungai. Luas Pulau Kumala kurang lebih 81 Hektar.
Sebagai taman rekreasi, Pulau Kumala memiliki sekitar 10 (sepuluh ) wahana permainan yang bisa Anda nikmati seperti jet coaster, bombom car, gokart, komedi putar, kereta gantung, dan kereta api mini untuk menglilingi pulau dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga dapat menikmati Kota Tenggarong dari ketinggian dengan menaiki Planetarium (Sky Tower). Tinggi Sky Tower ini mencapai 75 meter.
Objek Wisata Pulau Kumala juga memiliki sebuah akuarium raksasa yang dipergunakan khusus untuk menampung pulau kumala tenggarong kalimantan timurikan pesut (orcaella brevirostris), yaitu spesies lumba-lumba air tawar yang juga terdapat di Sungai Irawady, Brazil dan Sungai Mekong di China.
Tidak jauh dari Pulau Kumala, terdapat Museum Mulawarman yaitu sebuah bukti sejarah Kerajaan Kutai yang terkenal, Museum Mulawarman menyimpan berbagai koleksi benda-benda peninggalan Kesultanan Kutai Kartanegara.
Lokasi Wisata Pulau Kumala
Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong terletak di tengah-tengah delta Sungai Mahakam yang terletak di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
pulau kumala tenggarong kalimantan timurAkses Menuju Wisata Pulau Kumala
Tenggarong berjarak sekitar 27 Km dari Kota Samarinda. Anda dapat mengunakan kendaraan umum seperti bus atau kendaraan pribadi sebagai alat traspotasi. Setelah sampai di tepi Sungai Mahakam, Anda dapat mencapai Pulau Kumala dengan menyewa perahu motor kecil (Ketinting), jika Anda takut menggunakan perahu, Anda juga dapat menuju Pulau Kumala dengan kereta gantung.


Spoiler for Bukit Bangkirai:

INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA
Bukit Bangkirai yang berjarak 58 km atau 1,5 jam dari Kota Balikpapan , atau 150 km dari Kota Tenggarong atau dari Kota Samarida serta 20 km dari ibukota Kecamatan Samboja. Wisata ini menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami, yang dilengkatp dengan sarana dan prasarana wisata seperti restoran, lamin untuk pertemuan, kolam renang, serta cottage maupun jungle cabin.Yang menarik di Kawasan ini ialah canopy bridge, Monyet Ekor panjang dan angrek hitam. Kawasan disebut Bukit Bangkirai karena Hutan ini didominasi oleh pohon jenis Bangkirai yang tumbuh di kawasan hutan lindung ini. (Maskot utama obyek wisata yang telah mendunia ini).
sumb: amabeltravel.coM, BRILIO



Quote:INI BORNEO (KALIMANTAN) TAHUN 1913, SEBELUM INDONESIA JADI NEGARA
Pulau Derawan - Kalimantan Timur



Balada Rakyat Kalimantan: Dari Jadi ATM Pusat Hingga Toilet Pertambangan
*Sorry kalo acak-acakan gan, ini sekalian belajar buat thread di kaskus
Gak nahan kuota brey..kasih penjelasan aje di bawah
Quote:Original Posted By trianglegalaxy
Book dolo



tengkiu gan ..
baffer dulu mumpung sore sepi nih
video doank ntar dipindah loh gan
Keren
mantap om view nya





ht ya om


emang indonesia jadi negaranya kapan si?
Wadu baper :
pindah ke lonje vidio coy
Quote:Original Posted By doublepiston
video doank ntar dipindah loh gan


waduh
salah kamar gak nih kakak?
ternyata dari nama pohon toh
Quote:Original Posted By scottk
salah kamar gak nih kakak?


Mudahan gak kakaks
Nice Inpoh gan
Hmmmm.... Andaikan screenstembak ada disini mungkin lebih indah
Merdeka 17 agustus tahun 1945 gan
kata guru di sekolahan gitu gan

tapi kata temen sebelum jadi Negara Kesatuan Republik Indonesia
kita adalah gugusan pulau dengan kedaulatan dibawah kerajaan dan atau kebudayaan.
Inisiator Bung Karno dalam menyatuken Nusantara menjadi kesatuan dibawa bingkai NKRI
Quote:Original Posted By xevarius


waduh


TS dayak kah?

foto2 nya dong banyakin ...
Abis Papua beres sekarang giliran Borneo

Rapihin lagi bray konteksnya. Kalo eksekusinya mantep bisa HT
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar