Pages


Selasa, 20 September 2016

Mesuryak, Tradisi tabur uang di Bali

Mesuryak, Tradisi tabur uang di Bali
Well,well,well!!! Ketemu lagi sama ane nih gan, tentunya dengan postingan terbaru ane ni. Kali ni ane mau ngomongin bali gan, bali! Pasti udah tau semua ni, ya kan? Yaiyalah! bali merupakan kota yang kaya akan tradisi dan alamnya juga indah. Namun kali ini ane bukan mau ngomongin tentang pantai ato wisata alamnya gan. kali ini ni ane mau berbagi info menarik nih gan seputar salah satu tradisi unik di bali yaitu MESURYAK. Ada yang pada tahu belum gan, apa itu Mesuryak?? Kalo belum pada tahu, yuk langsung aja kita ke TKP!!!
Spoiler for penampakan upacara mesuryak:
Mesuryak, Tradisi tabur uang di Bali


Quote:Mesuryak merupakan hari bergembira ria bersama, yang ditandai dengan beberapa proses yaitu melakukan persembahyangan bersama pada hari raya kuningan. Mesuryak bertujuan untuk mengantarkan roh para leluhur kembali ke surga. Karna sebelumnya yakni pada hari raya gulungan para leluhur berada di rumah. Setelah sepuluh hari, tepatnya di hari raya kuningan para leluhur diantarkan kembali ke surga. Proses mengantarkan arwah ini di iringi dengan suka cita, bergembira dengan bersorak sambil melemparkan uang ke udara yang diperebutkan banyak orang. Besarnya uang yang di gunakan dalam upacara mesuryak tergantung kepada kemampuan ekonomi dari masing-masing warga.
Spoiler for begini ni keseruan upacara mesuryak:
Mesuryak, Tradisi tabur uang di Bali

Quote:Upacara ini dimulai sekitar pukul 09:00 WITA sampai pukul 11:00. Di awali dengan persembahyangan yang dimulai dari rumah masing-masing warga, kemudian di lanjutkan di Merajan (pura keluarga besar) dan pura kahyangan tiga. setelah prosesi ini selesai baru di lanjutkan dengan Mesuryak.
Spoiler for Persiapan upacara Mesuryak:
Mesuryak, Tradisi tabur uang di Bali

Quote:Seluruh keluarga besar melangsungkan persembahan di Merajan (pura keluarga) memohon keselamatan kepada Ida Sang Hyang Widhi Washa begitu juga kepada para leluhur yang berada di rumah sejak hari raya gulungan hingga kuningan. Mesuryak kemudian dilanjutkan dengan membawa segala perlengkapan upacara seperti banten dan sesajen ke depan pintu masuk rumah masing-masing. Selanjutnya para pemangku adat / yang dituakan melantunkan doa-doa yang ditutup dengan Mesuryak. Masing-masing keluarga memberikan bekal berupa uang logam maupun kertas. Uang tersebut kemudian di lemparkan ke udara kemudian di sambut warga lainnya. Laki-laki, perempuan, tua dan muda tak terkecuali ikut meramaikan acara ini. Saling sikut dan saling dorong pun terkadang terjadi akibat berebutan uang. dan Biasanya acara ini di selingi oleh barong ngelawang.

Well cuma itu yang bisa ana bagi gan, jangan lupa komennya ya jangan jadi silent rider gan! ga baek buat kesehatan! semoga aja bermanfaat buat agan dan sista
SUMBER

Mesuryak, Tradisi tabur uang di Bali

Mesuryak, Tradisi tabur uang di Bali
menjaga tradisi nenek moyang nih
uang dibuang
nice info bray. ane jadi tahu
Quote:Original Posted By c4Ï€gkeme
habuuujgjhcbuset


mabuk lem ente tong
Info bagus nih breh, cuman ada di Bali aja yak
Sayang cuma ada dibali
Mesuryak, Tradisi tabur uang di Bali
adek suka nih om
Duitnya brapa tuh bray
Kalo uang dibuang sih sepele (ga pake R)

Gua biasanya bakar uang..
Quote:Original Posted By Icen.Jr


mabuk lem ente tong


Anjaay.. Elu mempermalukan orang yg pake mantra tong..

Icen leh uga
Baru tau ane bray
Yg tradisi cipokan itu apa namanya gan
dibuat rebutan apa nggak sobek tuh duwit
Ane bru tau gan ....
Cuma di bali doang ya bre
Quote:Original Posted By dhenny54
Yg tradisi cipokan itu apa namanya gan



oh festival omed-omedan gan klo gak salah!
yang kertas diperebutin takut sobek
Quote:Original Posted By bujang03



oh festival omed-omedan gan klo gak salah!

Request tritnya donk gan, banyakin mulusnyah
Quote:Original Posted By nabilacntk12
Cuma di bali doang ya bre



ga tau sih bre cuman itu kan upacara umat hindu bisa dimn aj sih mungkin! cuman yg ana tulis di bali aje bre yg ana tau
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar