Pages


Minggu, 18 September 2016

Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak

Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak
Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak EnakSikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak EnakSikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak
Quote:Quote:Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak
  • "Gue nggak enak kalo nggak dikerjain, tapi gue capek…”
  • “Gimana ya, nggak enak nih gue. Yaudah nanti gue kerjain.”
  • “Aduh cewek gue udah telat tiga bulan, nggak enak nih gue...”

Nggak enakan, salah satu sifat manusia yang nyiksa diri. Dilakuin salah, nggak dilakuin juga salah. Misalnya, kamu lagi capek banget abis ngurusin urusan kamu, eh, tiba-tiba ada temen kamu yang minta tolong buat ngerjain tugasnya dia, karena kamu dan temen kamu itu satu kelompok dan dia ada urusan lain.
Mau kamu kerjain tapi udah capek banget, nggak dikerjain tapi nggak enak sama temen kamu. Lalu gimana dong?

Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak

Sebenarnya, jadi orang nggak enakan tuh bagus atau nggak sih? Menurut sudut pandang gue, ya ada positif dan negatifnya. Kalo kamu tergolong orang yang nggak enakan, biasanya kamu tipikal orang baik yang mudah bergaul. Orang yang suka membantu sesama, meskipun itu bukan urusan kamu.

Tapi negatifnya adalah, kamu jadi merepotkan diri kamu sendiri, karena kebanyakan orang yang nggak enakan itu sering banget dimanfaatin sama orang orang yang nggak tau diri dan egois. Risikonya jadi orang yang nggak enakan adalah kamu jadi orang baik, tapi sering ngeluh. Iya, ngeluhin rasa nggak enakan kamu sendiri dan ngeluhin hal yang kamu lakuin meskipun dengan tujuan menolong orang lain.

Setiap kali kamu merasa nggak enak, kamu udah mengorbankan waktu dan diri kamu. Dalam hati nggak mau, tapi mulut kamu jawabnya mau, sekali lagi disebabkan oleh rasa nggak enakan itu. Kamu lelah karena seharusnya kamu istirahat dan nggak ngelakuin itu, dan kamu mengeluhkan itu, tapi kamu tetep ngelakuin.

Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak

Orang yang nggak enakan itu menghambat diri sendiri. Kenapa? Karena harusnya kamu mengurusi urusan kamu, bukan mengurusi urusan orang lain meskipun dengan alih alih menolong. Bukan, gue bukan pengin ngajarin kamu jadi orang yang gak acuh atau jadi orang jahat karena nggak membantu orang lain. Tapi pada porsinya, setiap orang berhak untuk menolak sebuah permintaan bantuan, jika memang kamu nggak mau dan kamu rasa orang yang meminta bisa melakukannya sendiri. Lagian, nyenengin hati orang lain itu tanggung jawab orang itu sendiri, bukan kamu!

Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak
Quote:Quote:Gimana sih caranya supaya berhenti jadi orang yang nggak enakan?

TEGAS! Tegas untuk menolak dengan alasan yang bisa diterima, jika kamu rasa dia bisa ngelakuin/mengatasinya sendiri. Ya kamu harus tegas untuk menolaknya, meskipun dia mohon-mohon sama kamu sampai manjat gedung kampus tanpa celana dalam. Emang enak kamu ngerjain sesuatu tapi kamunya ngeluh? Dan apakah nanti dia ngelunjak ngelunjak kalo keseringan dibaikin? Apakah itu jatuhnya nggak munafik?

Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak

Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak


Sekarang, daripada kamu menolong temen kamu itu tapi dengan ngegerutu nggak suka atau ngomongin ke orang lain, mendingan nggak kamu tolongin kan? Lagipula sirna sudah kebaikan yang kamu beri untuk teman dan diri kamu sendiri kalo kamu keluhin. Sama aja kamu menolongnya tapi nggak ikhlas.

Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak
Quote:Quote:Tapi gue nggak enak ngomongnya, gimana dong?
Mending kamu ambil dua simbal drum dan pegang pake kedua tangan, terus pukul ke kepala kamu.

Sekarang kamu tinggal pilih, antara nggak enak sama orang lain atau nggak enak sama diri kamu sendiri? Kita emang perlu tegas dengan rasa nggak enakan tersebut, tapi bukan berarti kita nggak berbuat baik sama orang lain.

Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak

Ada kalanya, kita harus memiliki beberapa pertimbangan untuk menolong orang lain, yaitu:
  1. Orang itu memang butuh pertolongan.
  2. Orang itu mempunyai alasan yang masuk akal kenapa kita harus menolongnya.
  3. Kita memang BERSEDIA menolong, bukan TERPAKSA menolong.

Poin ketiga yang terpenting, kalo kamu bersedia maka silakan menolongnya. Tapi kalo kamu terpaksa menolongnya, mending nggak usah, daripada ujung-ujungnya malah ghibah.

Satu poin tambahan adalah… nggak menolong bukan berarti jahat. Bisa aja dengan nggak menolong, kamu udah berbaik hati memberikan kesempatan untuk dia bekerja sendiri, bekerja lebih keras.

Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak
Quote:Quote:Kalo gue udah tegas bilang tapi dia malah marah dan ngejauhin kita gimana?
Simple, berarti kamu menolong orang yang salah. Karena, kalo orang itu mengerti keadaan kamu yang memang nggak bisa menolong, dia pasti memaklumi, bahkan berterima kasih. Sebenarnya, orang yang meminta tolong itu seharusnya siap menerima dan siap ditolak, bukan siap menerima tapi nggak siap ditolak. Kalo dia siap menerima tapi nggak siap ditolak berarti dia egois.

Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak

Intinya, kalo kamu selalu menuruti rasa nggak enakan setiap kalo menolong orang lain, berarti kamu menghambat dan mengorbankan diri kamu sendiri. Ya gak apa-apa sih selaginya kamu rela dan ikhlas. Dan, seharusnya orang yang kamu tolong tau diri untuk nggak memaksa kamu menolongnya jika dia emang bisa melakukannya sendiri.

Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak

Jadi sekarang udah ngerti kan fenomena nggak enakan itu apa beserta positif dan negatifnya?
Kalau kamu, tipe orang nggak enakan nggak? Gimana rasanya?

Quote:Quote:PENUTUP
Spoiler for klik aja gan:
Quote:Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak
Quote:TERIMAKASIH udah mampir kembali semoga membantu atau makin tausumur
Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak


Quote:
Spoiler for komeng enak kaskuser :

Quote:Original Posted By cowokbejat
ane orangnya ga enakkan gan sebenarnya betul kata agan kita harus tegas sama diri sendiri sayangi diri anda dan dengar kata hati anda karena itu memang anda! sayangi diri sendiri cintai dan jaga diri agan supaya bahagia selalu

Quote:Original Posted By toolzark
Bener gan dulu ane orang yang paling gak enakan, postifnya banyak temen, negatifnya di manfaatin temen
Tapi sekarang ane udah gak lagi gan ane teges nolak sesuatu yang memberatkan ane, positifnya ane bisa fokus sama diri ane, negatifnya rasanya temen ane sedikit berkurang

Quote:Original Posted By bradertangerang
"kebanyakan orang yang nggak enakan itu sering banget dimanfaatin sama orang orang yang nggak tau diri dan egois."

Yaaa bener bgt nih gan kalo ditolak permintaannya dibilang pelit lah ga setia kawanlah pokoknya ngeselin bgt dah padahal kita juga cape abis ngejalanin aktifitas, semoga org yg sering minta tolong tapi gatau keadaan penolongnya baca nih trit

Quote:Original Posted By artbowo92
nyatanya banyal lho orang yang gak enakan (termasuk gwa) karna gwa pikir hidup itu memberi bukan meminta. Tapi kadang orang-orang sekitar kita malah memanfaatkan kita sebagai "obyek" benefit. Kadang mereka juga malah gak respect sama kita yang "mau-mau" aja alhasil harga diri kita lapur bagaikan debu yang ditebas. Oleh sabab itu sebagai manusia yang punya value harus "Dare to say No". Karena kita juga punya hak buat bahagia even kita gak ngebahagiain orang disekitar kita.

Quote:Original Posted By ihsanx10
Pengalaman ane nggak enakan gan .
Antara berkuliah di tempat ane mau atau ortu mau , dan ane ga enakan buat negasin ke ortu apa yg ane mau . Dan akhirnya ane cuma nyiksa diri sendiri , kuliah sembrawut gan . Skrg ane lagi belajar buat ngilanginnya .
Kalo kata ortu ane sih , utarakan dulu jangan di pikirin apa yg orang respon nantinya . Justru dengan mikir ntar di marahin atau gimana bikin agan lebih ga enakan dan bimbang .
"Jujurlah terhadap diri sendiri"

Quote:Original Posted By Anarchy91
Wkwkwkkwkwkwkwk..jadi orang ga enakan biasanya suka di manfaatin sama pihak2 terntentu a.k.a Temen lu sendiri, pernah tuh gw nolak bantuin eh dia malah marah #pffttttt abisnya absurd bgt permintaannya intinya TEGAS bener kata enta klo ente di jauhin BODO AMAT g usah peduliin, nah klo dia g mikir diemin aja pengalaman bgt nih gan ane..

Quote:Original Posted By fanci
sebagai yang meminta tolong sebaiknya bisa mengerti apa orang tsb bisa bantu kita apa nggak..
dan orang yang di mintai tolong, bantulah dengan iklas selagi bisa bantu orang. insyaAllah berkah hidup ini ,,
bukan kah kita ingin mnjadi orang yg bermanfaat bagi bnyak orang kan?? hihi

Quote:Original Posted By elouist
saya juga orangnya ga enakan. suka bantu orang tapi benar kata ts, ujungnya malah jadi mikir 2x dan bisa disebut ga ikhlas walaupun dilakukan.

Tapi sejak saya belajar dari pengalaman dimana kadang malah berdampak buruk bagi saya. Saya mau belajar mana yang bisa ditolong tapi ikhlas atau ga demi kebaikan dia dan saya sendiri

Quote:Original Posted By gamer4177
yang penting ikhlas gan,

juga pastinya harus nurut dengan orang tua, kalau emang gak enak / gak setuju, coba jelaskan alasannya, tapi jangan sampe nyakitin perasaan orang tua kita.

Quote:Original Posted By ratiherma
ane pernah tu gara2 ngga enakan ama atasan alhasil atasan suka seenaknya aja ngasih kerjaan bahkan diluar tugas ane..awalnya mah ane terima2 aja..tp lama2 cape sendiri..ya udah aja ane beraniin nolak, terkadang cuek itu perlu buat nyelametin diri sendiri

Quote:Original Posted By idzo
Kalo bukan orang yang ga enakan, pasti ga ngerti isi tret ini.
Ane termasuk orang yang ga enakan, gan. Banyaknya sebenernya positif. Ane suka merasa dibutuhkan temen-temen.
Tapi bener, itu negatifnya ada juga. Padahal kerjaan itu simpel, tapi tetep minta dikerjain, minta tolong. Ngenesnya lagi kalo ternyata orang yang minta tolong itu karena dia pengen ada waktu luang sendiri, ato gegara pengen ngabisin waktu bareng keluarganya, sementara ane yang bantuinnya malah waktu buat keluarga sendiri aja kaga ada.
Ya, ketegasan sangat penting. Mending kita ikhlas ga bantuin orang, daripada ga ikhlas bantuin orang.
Being Used is different with Helping!!!

Quote:Original Posted By reynald15
ya namanya juga orang gimana lah gan mungkin dia merasa gaenak karena takut dijauhin, padahal dia ga sadar kadang2 bisa aja kita dimanfaatin doang tapi gatau juga sih, tergantung masing2 individu juga. kalo emg udah niat jahat dari awal ya mau gimana lagi gan ya pinter-pinternya kita nyeleksi temen aja lah

Quote:Original Posted By ghoul99
baca trit ini seolah-olah ngaca tentang diri sendiri nih. ane orangnya gak enakan.. kadang kayanya ane sering di manfaatkan tapi kalau ane udah marah presiden pun bisa ane tantang sip!! sekarang ane tau kalau ane harus tegas

Quote:Original Posted By dediputra182
Ane orangnya susah nolak permintaan orang gan...
Karena Thread Ente ane jadi sadar, kita harus tegas dengan diri sendiri...makasih banyak bray
sangat Logis Sekali


Quote:Original Posted By schwieriger
Ane orangnya memang nggak enakan...
tapi lama kelamaan (walaupun telat menyadarinya), ane sadar, nggak mungkin ane begini terus, akhirnya ya ane belajar cuek, kalo memang ane lelah, ya ane bilang ke kawan, meskipun itu kawan baik ane....Tapi dengan cara komunikasi yg baik dan nggak terkesan nolak terang2an...

Ane juga belajar cuek untuk urusan remeh temeh yg nggak seharusnya ane ikutan nimbrung gara2 dimintain tolong sama temen/kawan...

Satu lagi sih, jgn mudah percaya orang lain, karena bagaimanapun, maksud hati orang lain itu, unpredictable, jgn mau harga diri diinjak2 dan dimanfaatkan untuk hal2 yg seharusnya bukan urusan kita...itu kalo ane ya,

Disaring dl kalo baca postingan ane, jangan langsung telan bulat-bulat, karena postingan ane ada negatifnya, dan "mungkin" ada positifnya

Quote:Original Posted By denhisa
jadi org ga enakan itu yapp.. selalu jadi bahan untuk dimanfaatkan org.
but. it's depend on yourself.
karna. itu pilihan kita untuk menjadi org yg "gaenakan" bahkan saat kita tau konsekuensinya bakal lebih sering dimintai tolong. klau emg kita nya terlalu baik atau agak oneng mnurut ane krna g punya kontrol diri. hhe sorry ya. maka lakukan dan jgn ngeluh atau ngarep dpet imbalan. karna berbuat baik itu gaharus ada imbalan, apa lg yg sifatnya semu dri mnusia.
but...we're human. dimana gak munafik bahwa kita juga pgn dpet balesan baik dri kebaikan yg kita lakuin jg.
dan lu boleh bahkan berhak untuk punya kontrol diri. jgn sampe gaenakan ngebuat kita gk punya kontrol atas diri kita.
jadi klo emang kita nikmatin diri kita jadi tumpuan org2 . yah lakuin. karna lu sendiri yg milih sperti itu.
tpi kalau lu gak mau, yh tegas blg enggak. bukannya kita harus punya pendirian. sesulit apapun blg enggak kalau itu untuk kebaikan diri kita. why not?
bukannya manusia itu makhluk sosial, kalau yg kerjaanya ngandelin org mlu. makhluk kurang adjar namanya


Izin nyimak dulu
judulnya buat bingung bre
ga enak ya memang ga enak gan
bingung gw maksud ente gan
asli bikin bingung nih..
belum sanggup mencernanya gan..
gak enak kalo ngga ngetik
karna ngak enak tanda blum ada persiapan yg mateng buat ngelakuin sesuatu
Wah seremSikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak
ga enak dah gw klo ga komeng di trit lu bree


Spoiler for bree:












Aye gak enak brur mau kasih ente bata
Gak enak mau komen apa, ntar dikira junker
ane orangnya ga enakkan gan sebenarnya betul kata agan kita harus tegas sama diri sendiri sayangi diri anda dan dengar kata hati anda karena itu memang anda! sayangi diri sendiri cintai dan jaga diri agan supaya bahagia selalu
Gw gak enak kalo gak komen. Meski males baca.... Bikin capek
Bingung breh aseli

Tapi ngga enak kalo ga post
Bener gan dulu ane orang yang paling gak enakan, postifnya banyak temen, negatifnya di manfaatin temen
Tapi sekarang ane udah gak lagi gan ane teges nolak sesuatu yang memberatkan ane, positifnya ane bisa fokus sama diri ane, negatifnya rasanya temen ane sedikit berkurang
itu sih ente lagi baper
Bner bgt gan
Berubah? Berbuah? Berjama'ah? Auk ah.... pusing bray Sikap Nggak Enakan yang Berbuah Nggak Enak
Quote:Original Posted By toolzark
Bener gan dulu ane orang yang paling gak enakan, postifnya banyak temen, negatifnya di manfaatin temen
Tapi sekarang ane udah gak lagi gan ane teges nolak sesuatu yang memberatkan ane, positifnya ane bisa fokus sama diri ane, negatifnya rasanya temen ane sedikit berkurang


gan itu dp agan di buat pakai apa animasinya keren gan ane suka


edit ane gembok ya ga nyangka ane bisa gembok thread orang lain juga
semoga yg baca tulisan ini bahagia selalu, hari kemarin yg buruk lupakan sekarang adalah hri yg baru. semangat dan bahagia lah
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar