Pages


Minggu, 18 September 2016

Streisand Effect, Saat Informasi yang Ditutupi Malah Menyebar Luas

Selamat datang di thread ane, Gan.



Streisand Effect, Saat Informasi yang Ditutupi Malah Menyebar Luas

Sumber gambar:www.goodluckmacbeth.org

Alhamdulillah jadi HT pertama ane
Terimakasih buat Mimin, Momod, dan para Kaskuser


Quote:Waktu sekolah agan pernah nggak diceramahi guru tentang aib salah satu siswa/siswi? Kadang seangkatan, kadang junior, ataupun senior kita. Alasannya sih, biar kita nggak mengulangi perbuatan itu lagi. Dan ane yakin, beliau nggak akan pernah nyebut nama siswa/siswi tersebut. Tapi, agan pasti banyak yang kepo, pengen tahu siapa sebenernya yang jadi biang kerok.

Pada dasarnya manusia itu emang kepo sama masalah yang ditutup-tutupi. Contoh lainnya nih, video mesum pentolan salah satu band di tanah air. Jelas-jelas itu dilarang undang-undang, kok ya malah pada nyari. Dari yang dewasa sampai anak kecil.

Masih perlu contoh? Oke, masih ingat buku trio bom bali? Kalau belum tahu, ane ceritain, nih. Pada tahun 2009 trio bom Bali (Ali Ghufran, Imam Samudra, dan Amrozi), menulis tiga buku yang laris manis. Waktu itu banyak toko yang kehabisan. Apa yang membuat buku-buku itu dibeli banyak orang? Karena ada isu kalau buku-buku itu mau dilarang, gan! Orang-orang jadi penasaran dan malah pada beli!

Nah, itulah yang disebut Streisand Effect. Masih bingung? Sama dong! Loh!? Lah, waktu nulis ini ane juga bingung mulainya darimana!

Pokoknya, silahkan baca apa yang ada di bawah ini. Tulisan yang ane sarikan dari berbagai sumber (termasuk Wikipedia, sumber paling terpercaya di internet, rujukan bagi para siswa untuk mengerjakan tugas sekolah).


Streisand Effect, Saat Informasi yang Ditutupi Malah Menyebar Luas

Sumber gambar: koleksi pribadi


Spoiler for Asal Nama Streisand Effect:
Nama Streisand Effect diambil dari Barbra Streisand, gan. Barbra Streisand itu seorang superstar, seorang penyanyi, penulis lagu, aktris, sama pembuat film. Pada tahun 2003, Barbra menuntut fotografer Kenneth Adelman dan pictopia.com. Fotografer itu dituduh memfoto rumah Barbra dan menyebarkannya di internet tanpa izin. Nggak tanggung-tanggung, tuntutannya itu bernilai 50 juta dolar, gan!

Padahal foto-foto yang diambil itu nggak dimaksudkan untuk menganggu privasi Barbara loh, gan. Adelman cuma bermaksud mendokumentasikan erosi pantai di California, sebagai bagian dari proyek California Coastal Records Project. Untungnya, pengadilan nggak mengabulkan tuntutan itu.

Dan tentu saja kasus ini menarik perhatian orang-orang. Lah wong Barbra itu artis terkenal, pasti setiap gerak-geriknya bisa jadi bahan berita. Bayangin gan, sebelum tuntutan itu diajukan, foto rumahnya itu cuma diunduh 6 orang. Itupun 2 kali dari pengacaranya sendiri. Tapi setelah kasus ini muncul di permukaan, foto itu malah diunduh oleh lebih dari 420.000 orang!

Streisand Effect, Saat Informasi yang Ditutupi Malah Menyebar Luas

Sumber gambar :zestdigital.com


Quote:Hmmm… Karena tadi ane udah nulis beberapa contohnya, sekarang ane akan nunjukin bagaimana cara menghadapi Streisand Effect ini. Siapa tahu entar agan ada yang jadi terkenal dan kena skandal. (Jangan deh gan, pusing)


Spoiler for Tips:
Pertama, cuekin aja, gan. Biarin orang-orang pada ngomongin, kita anggep aja angin lalu. Entar juga hilang sendiri.
Contohnya,Escape from Tomorrow, Film horor independen yang disutradarai dan ditulis oleh Randy Moore. Syuting film ini dilakukan di Disney Theme Parks secara sembunyi-sembunyi dan nggak pake izin. Tahu kalau yang membuat film itu nggak punya dana buat promosi, Disney dengan bijak membiarkannya begitu aja, nggak melakukan apapun. Hasilnya? Film itu cuma dapet $171.000, padahal budgetnya sampai $650.00. Sekarang film itu tenggelam di situs Netflix.

Streisand Effect, Saat Informasi yang Ditutupi Malah Menyebar Luas

Sumber gambar:superfantasticterrific.com

Kedua, diterima aja gan, akui saja kalau informasi itu bagian dari kita.
Misalnya, tanpa sengaja kita kepergok boker di celana dan videonya jadi viral di media sosial. Kita akui saja kalau itu memang kita yang melakukannya. Nggak usah takut membicarakan dan memberi respon. Jangan jadikan itu aib, tapi sebagai lelucon dalam kehidupan. Niscaya, kita nggak akan kepikiran terus. Malah, kalau bisa kita mengaku sebagai Bokerman!!!
Gundulmu…


Quote:Sekian dulu, gan. Terimakasih sudah mau membaca thread ane. Kalau ada salah, ane mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat!


STAY WEIRD


Thread ane yang lain:
Tape Face, Sarung Tangan Oven pun Bisa Diajak Ngelawak
6 Game Seram yang Nggak Pernah Dirilis
Komen Pilihan
Spoiler for Pilihan:
Quote:Original Posted By Fekeng


Trit begini koq malah sepi ya

Nice info TS

Sifat dasar manusia memang ingin tahu, ingin mencoba, makanya karena itu Nabi Adam sampai dibuang ke Bumi.

Quote:Original Posted By EAPra
Menurut ane cara menghadapi Streisand effect berbeda beda, ada yang perlu didiamkan ada juga yang perlu di perjelas. Penjabarannya? Capek ngetik

Quote:Original Posted By segitiga.ijo
Karena Sebagian besar orang, kepo adalah hal yang sangat menyenangkan. Atau kadang para kepowers menyebut dirinya kepo karena care. Tapi ah sudahlah, itu hak mereka buat kepo. Kalau nggak mau di kepoin ya nggak usah hidup. Wong banyak juga orang yang udah di alam lain tapi masih di kepoin. hihi:ceyem

Quote:Original Posted By skyhunter.id
yak, intinya dijalanin, kalo emag itu bagian masalalu kita yg terkuak, yah, pasrahin aj, toh kita udh berubah. itu kalo negatif, kalo positif ya bagus di kita

Quote:Original Posted By workerbear
Aganwati, kaskuser cewek, girls& women sekalian. Cowok kayak ane cm dicetak 1x sama Yang Kuasa. Kalau umur dah habis, gak bakal ada cetakan kedua. Mirip2 juga ngga. Makanya sekarang buruan diambil sebelom berubah status dr jomblo.

Gitu gan streisand effect? Awas aja gk manjur

Barbra stresan Dudududududududududu.... Lagunya kayak gitu kan liriknya?

Quote:Original Posted By loverizta
jangan ke rumah kosong itu. disitu banyak hantunya. setahun kemudian rumah kosong itu malah jadi tempat wisata karena orang penasaran

macam itu ya streissand effect?
bagus juga untuk strategi marketing

Quote:Original Posted By retrokatro
betul gan, ane ngalamin sendiri kalo misal digosipin sama enyak2 kurang kerjaan. semakin kita heboh, orang2 akan semakin ngomongin kejelekan kita. tinggal "diiyain" aja udah cukup..

Quote:Original Posted By sumpahinisaya
nah ane paham gan. kalo boleh ane kasi contoh,kayak kasus aktris favorit ane Chelsea Islan
dia kan jadi korban yang videonya itu nyebar kemana-mana,akhirnya dia angkat bicara kalo itu memang bener dirinya tapi waktu usianya 17 tahun dan bener,tiba-tiba hilang begitu aja deh tuh kasus..

Quote:Original Posted By ryanjasun
Bener ini. Kadang ngalamin ketika sesuatu terkuak, seringnya sesuatu yg konyol.

Misal ketika foto pas momen posenya jelek ketangkep kamera. Ketika kita marah2 minta di hapus, malah nyebar sampe mana2. Ketika di buat selow, dan kita ikut ketawa. Ayem2 aja tu foto.

Baru tau istilahnya. Streseid epec atauapalah. Wkwk.

Quote:Original Posted By buntut378
ane pernah boker cepirit diclana gan waktu esdeh (x aje jd tenar)
istilah'y tokai makin ditutupin malah makin bau n bikin penasaran,,jadi biarin aj ya gan jgn dititupin,biar orang laen tw n gk bakal mw liat ap lgi nginjek..

Quote:Original Posted By namakuhiroko


Ane jd teringat musuhnya Sherlock Versi BBC, dia jd punya power krn punya kemampuan mengingat segala info terutama aib orang lain. Ketika dia uda tau itu, dia bakal menggunakannya sebagai senjata utk menjatuhkan org tsb.

Sherlock tau itu, dan secara sengaja malah menonjolkan segala sesuatu yg dipikirnya merupakan aib. Termasuk soal "kecanduan narkoba".

Tp ternyata si musuh lbh lihai. Dia tau Sherlock kagak malu aibnya diumbar. Akhirnya, si musuh memilih mengancam akan mengumbar aib orang terdekatnya sherlock, yaitu si Watson. Lagi2 si Watson bukan tipe yg bisa dijatuhkan dgn issue/gosip. Akhirnya yg diserang istri si Watson yg memang punya masa lalu "gelap".

Quote:Original Posted By eel.
Sekarang banyak gan tempat-tempat macam toko, warung, cafe dan lain sebagainya pakai cara ini buat promosi atau narik minat pembeli atau sekedar diperhatikan.
Agan-agan pasti banyak lihat tulisan JANGAN DILIHAT berikut arah panah menunjuk suatu tempat. Nyatanya malah bikin orang penasaran untuk melihat atau minimal menoleh kesana

Quote:Original Posted By sansakhidup11
Contohnya sj pemilu 2014 (dan akan berlanjut ke pilkada DKI nanti) ini strategi mirip2 sama play victim
Karena dulu salah satu calon "d aniaya" sampai isu2 sara (padahal mungkin itu dr tim sukses nya sendiri) akhir nya jd tenar deh hahaha
Maka nya nanti waktu pilkada DKI jgn d ulangi y, biarin lah ga usah d serang atau apa, malah tambah tenar dia nanti, kalau d serang sebenernya dia seneng kok, malah tambah d gede2 in sm tim sukses nya sendiri,

Quote:Original Posted By jacknicholso


Ini istilahnya reverse psychology ya gan.
Jangan dilihat! Malah pingin lihat
Jangan cari tahu! Malah bikin penasaran
Dilarang! malah pingin dilakuin

Mantap gan tritnya!

oh gitu ya gan. ane jadi paham deh

komentar standard
Gara2 kepo jadi banyak yg tau yak
Apakah hal tersebut yg menimbulkan gosip gosip tetangga
Aye baru tau brur
Mangstab brur
Aib kok diumbar kek bocah aja
Aib yak breh berarti
Gitu ya bray, baru tau ane itu nama'y Streisand Effect!
yang dibikin kaya diskon termasuk yah
sengaja paling tu
Kok ane gagal paham yah
Kalo gitu mari kita budayakan hidup bugil di indonesia ini. Biar ga pada kepo sama urusan pribadi org lain
Sebenernya gan kalo itu aib yg memalukan, jujur susah utk menerima kenyataan


Trit begini koq malah sepi ya

Nice info TS

Sifat dasar manusia memang ingin tahu, ingin mencoba, makanya karena itu Nabi Adam sampai dibuang ke Bumi.
Quote:Original Posted By Fekeng


Trit begini koq malah sepi ya

Nice info TS

Sifat dasar manusia memang ingin tahu, ingin mencoba, makanya karena itu Nabi Adam sampai dibuang ke Bumi.

Benar sekali, di ilmu psikologi malah ada prinsip The forbidden fruit atau prinsip buah terlarang. Nabi Adam waktu itu malah penasaran sama buah yang dilarang oleh Tuhan.


itu namanya kepo effect . jadikan kontroversial dan dijamin laku
Ditutup malah menyebar
ada hubungan dengan si motipator itu ya ini trit ?
keren gan
namanya juga penasaran wkwkwk
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar