Pages


Sabtu, 01 Agustus 2015

Ternyata Mitos Tentang Sushi Ini Salah Gan



ASSALAMUALAIKUM Wr. Wb.
NO REPOST GAN
CEK


Quote:
Ternyata yang punya mitos itu bukan cuma cerita rakyat atau hal-hal serem lain gan, makanan juga ada gan Banyak mitos yang berkembang tentang makanan asal Jepang yang satu ini yaitu Sushi, Kali ini kita akan bahas apaa aja sih yang biasanya sering dipercayai oleh orang-orang, padahal faktanya itu cuma mitos belaka gan, yuk kita simak

Quote:
Quote:Ini Penjelasan tentang Sushi gan
Sushi (鮨, 鮓, atau biasanya すし, 寿司) adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi (酸し). Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji 鮓 merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut gyoshō (魚醤) yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi (麹 koji) atau ampas sake (糟 kasu). Penulisan sushi menggunakan huruf kanji 寿司 yang dimulai pada zaman Edo periode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan huruf kanji lain yang berbunyi yang sama).


Ini Dia Mitos dan Fakta tentang Sushi, gan Quote:Pertama
Mitos : Cuma ada jenis sushi Jepang.

Quote:
Fakta : Setiap negara di Asia Tenggara punya variasi sushinya sendiri. Awalnya cara penyajian sushi ini ditemukan sebagai bentuk pengawetan ikan karena cuka juga bisa
berfungsi sebagai antibiotik. Ikan dibungkus dengan nasi dan cuka untuk menjaga kesegaran ikan.

Quote:Kedua
Mitos : Sushi itu mahal.

Quote:
Fakta : Dulunya, sushi itu adalah jajanan kaki lima. Ada gerobak kios yang menjual sushi. Sekarang sushi lebih ke arah makanan yang elegan seperti hot dog atau hamburger. Tapi jelas, sushi bukan fast food karena kesegaran dan cara penyajiannya. Tapi ada juga sushi yang harganya juga premium, melebih makanan fast food.

Quote:Ketiga
Mitos : Beberapa sushi ikan dihidangkan hidup-hidup.

Quote:
Fakta : Menu diatas namanya ikizukuri. Ini nggak ada hubungannya dengan sushi dan merupakan jenis kuliner Jepang yang lain. Sushi tidak pernah disajikan dengan ikan hidup dan tidak semua jenis sushi menggunakan ikan mentah.

Quote:Keempat
Mitos : Wanita nggak bisa menjadi chef sushi karena tangannya terlalu panas.
Quote:
Fakta : Bukannya karena nggak bisa, tapi karena cewek emang kurang tertarik untuk memasak di tempat terbuka. Tapi sekarang banyak kok chef wanita di seluruh Jepang.

Quote:Kelima
Mitos : Salmon adalah sushi ikan tradisional.
Quote:
Fakta : Salmon bukanlah sushi ikan tradisional karena salmon cepat rusak. Salmon jadi terkenal sejak kulkas mulai menyebar di Jepang.

Quote:Keenam
Mitos : Sushi nggak lengkap tanpa sake.
Quote:
Fakta : Karena sushi dan sake sama-sama terbuat dari beras, jelas sama kan? Tapi kenyataannya, sushi biasanya dihidangkan bersama green tea atau bir. Kayaknya nggak ada deh orang yang makan sushi sambil minum sake. Lagian di Indonesia nggak ada sake kan? adapun jarang-jarang Jadi ya sah-sah aja makan sushi tanpa sake.

Quote:Ketujuh
Mitos : Gosok-gosok dulu sumpitmu sebelum makan sushi untuk membuang serpihan kayunya.
Quote:
Fakta : Kalau kamu makan mi, fungsi menggosok-gosok sumpit sebenarnya adalah untuk membuat sumpitnya menjadi kasar supaya mengambil mi jadi lebih mudah, bukan untuk menghilangkan serpihan. Kalau kamu menggosok-gosok sumpit di Jepang, kamu dianggap menghina sang koki.

Quote:Kedelapan
Mitos : Sushi artinya "ikan mentah yang hidup".
Quote:
Fakta : Sebenarnya sushi bukan berarti "ikan mentah", dan etmologi kata sushi pun sampai sekarang masih jadi pertanyaan orang-orang. "Su" itu adalah "cuka", tapi masih banyak perdebatan untuk kata "shi" nya.

Quote:Kesembilan
Mitos : Ada tingkatan spesifikasi khusus untuk ikan yang digunakan untuk sushi.
Quote:
Fakta : Ikan yang digunakan sih, pokoknya cukup segar untuk dimakan mentah. Apa ada spesifikasi khusus untuk sushi? Jawabannya adalah nggak ada. Pokoknya harus segar, dan disajikan tanpa ada bakteri yang tumbuh. Itulah spesifikasi yang penting: ikan yang cukup segar untuk dimakan mentah-mentah.

Quote:Kesepuluh
Mitos : Nasi sushi adalah beras jenis khusus..
Quote:
Fakta : Nasi yang digunakan untuk nasi ya sama kayak nasi yang biasa kita makan. Ada beras yang kualitasnya lebih baik, atau berats yang dikumpulkan ketika masih
segar atau nasi dengan jumlah air yang lebih banyak. Tapi di Jepang, nggak ada yang namanya nasi sushi.

Quote:Kesebelas
Mitos : Sushi itu melulu ikan.
Quote:
Fakta : Sushi itu bukan cuma toppingnya. Sushi juga bukan mengenai ikan. Ikan itu cuma bahan sekunder. Tapi sushi itu mengenai kualitas nasi. Orang-orang banyak yang membahas dan menyebut sushi hanya untuk toppingnya saja, tapi yang paling penting dari sushi adalah nasinya. Semua orang bisa dapat sushi dengan ikan yang segar, tapi nggak semua orang mampu menghasilkan nasi yang luar biasa enak. Itulah yang membedakan tiap restoran sushi di Jepang.

Quote:Keduabelas
Mitos : Makanlah di restoran sushi pada hari
tertentu karena keterbatasan bahan-bahan.
Quote:
Fakta : Jaman dulu, mungkin hal ini masuk akal karena barang hanya bisa dikirim pada hari tertentu. Barang nggak akan dikirim pada hari Minggu, jadi kamu perlu makan sushi hari Jumat sebelumnya. Tapi sekarang, apalagi karena sistem jual beli nasional dan internasional yang semakin mudah, banyak restoran yang bisa mendapatkan ikan kapan saja dalam seminggu.

Quote:Ketigabelas
Mitos : Ikan beku itu lebih nggak berkualitas.
Quote:
Fakta : Sekarang yang terjadi adalah banyak dari ikan-ikan ini yang dibekukan dalam kapal. Mereka dibekukan selama sejam atau menit setelah ditangkap. Jadi kebanyakan ikan yang kamu dapat di restoran sushi adalah ikan beku. Sedikit sekali restoran sushi di jepang yang menjual tuna tanpa dibekukan. Malahan, banyak yang nggak suka. Pembekuan memungkinkan daging menjadi lebih padat dan rasanya lebih enak.

Quote:Keempatbelas
Mitos : Ikan yang ditangkap di lautan lebih superior.
Quote:
Fakta : Ikan yang ditangkap di alam bebas punya variasi yang lebih besar (dalam segi kualitas). Apa yang dimakan suatu ikan salmon di satu belahan dunia, mungkin berbeda dengan di belahan dunia lain. Ada variasi yang terjadi. Ikan yang dibudidayakan pasti punya jenis makanan yang berbeda dan juga jumlahnya. Banyak ikan tuna yang dibudidayakan. Ada juga yang menawarkan ikan yang ditangkap di lautan bebas. Tapi banyak juga seperti abalone yang harus dibudidayakan.

Quote:Kelimabelas
Mitos : Kandungan merkuri dalam sushi sangat berbahaya.
Quote:
Fakta : Nggak cuma sushi, tapi semua hidangan yang menggunakan ikan. Kamu nggak mungkin kan mau makan ikan yang diduga terkontaminasi merkuri. Kalau dilihat dari rantai makanannya, beberapa ikan mungkin punya lebih banyak kandungan merkuri. Tuna makan ikan kecil lebih banyak. Ikan kecil ini memakan plankton, dan kalau planktonnya hidup di daerah yang mengandung merkuri? Kamu nggak perlu deh khawatir soal zat berbahaya ini. Semua sushi pasti menggunakan ikan yang aman untuk dikonsumsi.

Quote:Keenambelas
Mitos : Makan ikan fugu langsung bisa
membunuhmu.
Quote:
Fakta : Ikan fugu punya racun di dalam hatinya, jadi harus dibersihkan terlebih dahulu dengan hati-hati. Kalau kantong hatinya bocor, maka ini bisa jadi racun syaraf yang sangat berbahaya. Rata-rata 15 orang meninggal karena keracunan ikan fugu di Jepang setiap tahunnya, karna fenomena inilah kemudian di Jepang sering muncul ungkapan "Hanya orang bodoh yang mau makan ikan fugu, Tapi hanya orang bodoh pula yang tak mau merasakan lezatnya ikan fugu". Pemerintah Jepang mengadakan pelatihan khusus untuk belajar membersihkan ikan fugu, jadi biasanya ikan ini dihidangkan di Jepang oleh orang yang telah ahli dalam membersihkannya dan hanya koki bersertifikat saja yang diperbolehkan untuk memasak dan membersihkan ikan fugu ini.

Quote:Ketujuhbelas
Mitos : Ikan eskolar bisa membuatmu diare.
Quote:
Fakta : Ikan eskolar punya efek yang berbeda terhadap tiap orang. Kalau kamu makan sedikit, nggak akan menyebabkan diare kok. Tapi beberapa orang emang cukup sensitif. Jadi untuk pencegahan, coba makan satu atau dua buah, lalu coba tiga atau lebih. Tapi bukan berarti ini bukan alasanmu untuk menghindari memesan ikan eskolar.


Begitulah fakta-fakta tentang sushi gan semoga dengan penjelasan diatas, kita jadi lebih tau tentang kuliner Jepang yang satu ini. Makasih udah mampir gan, semoga bermanfaat

SUMUR
SUMUR
SUMUR


Quote: Alhamdulillah HT#7
Spoiler for HT:


Thanks buat Mimin Momod Dan GanSis Semuanya


Quote: Silakan Mampir ke Thread Ane Yang Lain Gans

HT Prinsip Hidup Agan Yang Mana ? HT
HT Kumpulan Quotes Yang Memotivasi Dari Aktivitas Para "Drunk People" HT
Menilai Kepribadian Wanita Dari Tawanya

Jangan Batalkan Puasa Karena Hal-Hal Ini Gan !!

HT Jangan buang biji buah kurma gan, ntar nyesel lho HT

HT Kegiatan ini "membunuh" waktu saat berpuasa gan.. HT
HT Kumpulan Quotes Dari Film-Film Walt Disney Yang Menginspirasi HT
HT Aksi-Aksi "Pahlawan" Sang Ayah Yang Tertangkap Kamera HT

Ini Dia Keuntungannya Jadi Orang yang Melek Teknologi
Ingin Memelihara Persahabatan ? Coba Lakukan Ini Gan
7 Cara Agar Tidur Nyenyak Dan Mimpi Indah

4 Kata Terselubung Pria, Yang Arti Katanya Sama Dengan I Love You
6 Alasan Wanita Berpura-Pura Orgasme Saat Berhubungan Intim
Quote: KOMENTAR MENARIK DARI GANSIS

Quote:Original Posted By vasius
ane ga tau ini mitos juga apa bukan, tapi biasanya klo makan sushi harus pake wasabi gan (yang ijo2 itu) , buat membantu menghilangkan bakterinya juga, kebetulan jg ane penggemar sushi dan jg wasabi gan
CMIIW
calon ht , bdw seumur umur ane belum makan sushi , bru makan lemper ajah
wah jarang2 makan sushi gan cara makannya sekali hap jangan disisa2 in karena uda ukuran sekali comot yang ane tau sausnya pake shoyu ya
berarti cuman hanyalah mitos belaka gan
ternyata selama ini ane salah menilai sushi
ane kira sushi itu makanan yg perlu mengeluarkan kocek lebih untuk mencicipinya

karena percaya itu, jadi sampai segedhe ini ane belum pernah makan sushi
kalo lemper termasuk susi bukan gan
Poin yang ketujuh belas judulnya masih sama dg yg di atasnya gan....
Saya makan sushi juga pertama kali diresto keluarga Jepang, kesannya emang norak sih makan sushi pertama kali ikannya rata2 masih segar dan keliatan masih hidup, tapi setelah diracik oleh kokinya rasanya enak kok

Dan sushi juga gak harus pakai sake juga, bisa juga air putih. Dan sushi itu gak mahal2 bgt, tergantung tempat yang ngejual itu sushi, imo.
keenam belas maksudnya ikan fugu kali bro

supaya gak kembung kudu dikerokin bro, biar anginnya keluar
ikan kembung nama bulenya eskolar ya gan?
Hahaha ane doya sushi gan
Btw yg ke 8 itu su artinya cuka, tpi shi artinya apa gan ane jdi kepo
Wah ane baru tau gan. Tadinya ane ga mau makan sushi karena dari ikan mentah. Takut diare gan
sushi??

saya si NO...ga tau kalo mas dhani atau mas anang.


vote lemper aja
ane blom pernah makan sushi gan
tapi ane pernah suka sama cewek yg namanya susi
Quote:Original Posted By kalibaros
kalo lemper termasuk susi bukan gan


bisa aja kalau ada yg bisa modifikasi makanan kayaknya gan
mau koreksi aja, gambar no 16 itu ikan buntal bukan kembung, walaupun gambarnya mengembung. fugu dlm bahasa indonesia ya buntal. untuk no 17 itu baru kembung. tq
Quote:Original Posted By NEC.Nijmegen
sushi??

saya si NO...ga tau kalo mas dhani atau mas anang.


vote lemper aja


kalau ane sih ga NOlak gan

Quote:Original Posted By approve.cc
calon ht , bdw seumur umur ane belum makan sushi , bru makan lemper ajah


menurut ane lebih enakan bakso gan
gak ada yg seenak makanan Indonesia menurut lidah ane
cuma pengen share faktanya aja gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar