Pages


Minggu, 18 September 2016

Fenomena Unik Memori

Fenomena Unik Memori

Fenomena Unik Memori
Alhamdulillah HT, terimakasih mimin, momod, dan kaskuser semuanya
Spoiler for HT:
Fenomena Unik Memori

Hai GanSis, Selamat datang di Trit Perdana ane
Sebelum membahas fenomena uniknya, yuk cek dulu apa itu memori.

Quote:Memori, atau yang sering kita sebut ingatan adalah sebuah fungsi dari kognisi yang melibatkan otak dalam mengambil berbagai informasi. Pada dasarnya, memori terbagi dua, yaitu memori eksplisit dan memori implisit. Memori eksplisit adalah memori hasil pengideraan, yang kita ingat secara sadar. Memori implisit adalah memori yang berkaitan dengan emosi kita dan kita ingat secara tidak sadar.

Quote:Menurut teori pemrosesan, memori terbagi menjadi dua, yaitu memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Memori jangka pendek (short term memory) adalah memori kerja, yang berfungsi menyimpan informasi untuk sementara dalam jumlah yang terbatas. Sedangkan memori jangka panjang (long term memory) adalah tempat penyimpanan pengetahuan (informasi) secara permanen.

Nah, berikut ini berbagai fenomena unik memori.
Quote:Quote:1. Earworm
Fenomena Unik Memori
Pernah nggak GanSis tiba-tiba terngiang-ngiang sama sebuah lagu? Nah, itulah yang disebut earworm. Tenang, telinga kita nggak ada cacingnya seperti yang ada di kartun Spongebob kok, GanSis.Earworm adalah fenomena dimana ingatan yang tidak diinginkan tiba-tiba muncul di kepala. Biasanya, earworm terjadi ketika kita lelah, bosan, atau galau*eh. Earworm sendiri sebenarnya mengganggu GanSis. Cara menghilangkannya yaitu dengan beralih mengerjakan aktivitas yang membuat otak bekerja, misalnya Sudoku atau mengisi TTS.


Quote:Quote:2. Amnesia Masa Kanak-Kanak
Fenomena Unik Memori
"Dulu waktu kamu kecil kamu pernah ngerusakin TV Pakdhemu ini lho "
"Lho kapan? "

Infantile Amnesia, atau amnesia masa-masa kanak adalah lupanya kita terhadap peristiwa-peristiwa masa kecil, terutama peristiwa yang kita alami dibawah umur tiga tahun. Kebanyakan ingatan masa kecil kita akan hilang dengan sendirinya saat kita menginjak usia tujuh tahun. Hal ini terjadi karena ketika kita kecil, otak kita belum menyimpan informasi secara spesifik;seperti tempat dan waktu, atau dapat dikatakan otak kita hanya menyimpan gambaran umum saja yang masih samar-samar.



Quote:Quote:3. Benturan Memori
Fenomena Unik Memori
Kebanyakan orang dewasa lebih banyak mengingat kenangan mereka saat remaja dan peristiwa yang baru saja mereka alami. Inilah yang disebut benturan memori, atau istilah kerennya Reminiscence Bump. Jadi jangan heran kalau cerita-cerita di SFTH itu detail walaupun itu cerita sepuluh tahun yang lalu, karena ada fenomena benturan memori ini.


Quote:Quote:4. Efek Zeigarnik
Fenomena Unik Memori
Efek Zeigarnik ditemukan oleh Bluma Zeigarnik pada awal tahun 1920-an. Efek Zeigarnik adalah fenomena dimana kita lebih mengingat tugas kita yang belum selesai dibandingkan tugas yang sudah kita selesaikan. Contohnya, ibu kantin yang melupakan makanan apa saja yang sudah dibayar oleh orang-orang, dan mengingat utang kita . Ane sendiri pernah kena efek ini Jadi dulu waktu ane smp ada PR matematika aljabar selama liburan, tapi ketika ane sudah masuk sekolah ane sama sekali nggak ingat kalau ada PR itu dan malah nyontek PR teman ane Dan ketika ane pulang, ane sadar kalau ane sebenernya sudah ngerjain PR itu dan nyelip di LKS matematika ane


Quote:Quote:5. Efek Google
Fenomena Unik Memori
Efek google adalah kondisi seseorang yang cenderung melupakan informasi yang dapat dengan mudah ditemukan secara online. Menurut penelitian, internet adalah bentuk utama dari memori eksternal, di mana informasi disimpan di luar diri seseorang. Misalnya nomer telepon. Dulu orang-orang dengan susah payah menghapal banyak nomer telepon. Sekarang dengan zaman yang serba canggih, kita tidak perlu lagi menghapal nomer telepon.



Quote:Quote:6. Retropeksi Rosy
Fenomena Unik Memori
Fenomena yang menyebabkan seseorang mengingat peristiwa masa lalu dan menganggap masa lalu lebih baik secara positif disebut Retropeksi Rosy.
Ciri-ciri GanSis mengalami fenomena ini adalah ketika GanSis bernostalgia terhadap kenangan masa lalu, ketika GanSis masih bercanda ria dengan dia, tertawa dengan dia, menghabiskan waktu baik suka atau duka dengan dia, tapi akhirnya sadar kalau hal itu hanya jadi kenangan indah *bapermodeon



Quote:Quote:7. Krimtomnesia
Fenomena Unik Memori
GanSis mungkin pernah mendengar tentang memori palsu,yaitu kondisi dimana sesuatu yang seseorang percayai sebagai sesuatu yang mereka ingat padahal hal tersebut tidak pernah terjadi. Nah, krimtomnesia malah sebaliknya. Krimtomnesia adalah fenomena dimana otak kita salah mengartikan sebuah ingatan nyata sebagai sebuah imajinasi. Hal ini bisa berbahaya bila dikaitkan dengan plagiarisme, karena merasa bahwa ide berasal dari dirinya, padahal otak pernah mengingatnya dari suatu sumber.


UPDATE
Quote:Quote:8. False Memory
Fenomena Unik Memori
Berhubung banyak yang nanya apa kaitannya memori sama de javu ane tambahin dah False memory adalah kondisi dimana sesuatu yang seseorang percayai sebagai sesuatu yang mereka ingat padahal hal tersebut tidak pernah terjadi. De javu masuk kategori ini gan , De javu sendiri adalah ita pernah mengalami suatu peristiwa, atau melewati sebuah tempat, padahal kita tidak pernah benar-benar mengalaminya atau melewati tempat tersebut. De javu terjadi karena sistem pengecekan memori oleh otak kita yang sedang bekerja.Otak kita akan mengecek mana peristiwa yang benar-benar pernah kita alami dan yang belum kita alami. Nah, jika kita belum mengalami peristiwa namun terasa pernah mengalami, otak kita akan mengidentifikasikannya sebagai false memory, dimana false memory itu bisa berasal dari mimpi atau imajinasi kita. Jangan khawatir kalau ngalami de javu gan, karena berarti pengecekan memori oleh otak agan bekerja dengan baik


Nah, dari berbagai fenomena di atas, mana yang pernah GanSis alami?
Bagi-bagi cendol GanSis Jangan lupa rate ya
Spoiler for sumur:


Fenomena Unik Memori
Pertamax Diamankan

Ane sering mengalami Earworm saat lagi bosen breh, entah mengapa kadang ga ilang-ilang,

Kalo memori masa kecil ane malah ane inget terus.
pertamax gagal diamankan dari para waria
Quote:Original Posted By semprot.crooot
pertamax diamankan dari para waria


ngimpi breh
kalo de ja vu gimana jelasinnya gan
keren nih
Amankan pejwan dari mahok mahok pengikut icen.Jr bre
Yg sering hilang dari memory tuh hutang gan.. entah hilang, entah sengaja dihilangkan hanya Tuhan yg tau..
Ntabs bre
wihh baru tau ane , nice inpoh
ane sering kena earworm
yang pejwan katanya ganteng
Ane baru tau istilah nya gan
Quote:Original Posted By MamaDeliaKiller
kalo de ja vu gimana jelasinnya gan


kalau dejavu menurut ane itu mirip false memory gan, dimana kita mengalami kejadian yang terasa pernah terjadi, padahal belum. Nah merasa terjadinya itu di mimpi.
Mejeng dulu bray
Brarti krimtomnesia tu kebalikannya de javu ye gan

Baru tau nih yg retroseksi rosi nice trit
Quote:Original Posted By dr.pgo
Yg sering hilang dari memory tuh hutang gan.. entah hilang, entah sengaja dihilangkan hanya Tuhan yg tau..


iya gan wkwkwk
Tentang Memori otak ya?
Kalo dejavu gimana bray, soal'y ane sering ngrasa dejavu
paling seneng memori masa kecil yeh bre
Baca ntar bre
Pejwan ane gembok
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar