Pages


Kamis, 08 September 2016

Mengenal enam istilah seputar kedaluwarsa pada makanan dan minuman

Selamat datang di thread kece bikinan ane

Mengenal enam istilah seputar kedaluwarsa pada makanan dan minuman

Quote:
Topik pembicaraan banyak orang akhir-akhir ini menghangat seraya munculnya berita dugaan penggunaan bahan makanan kedaluwarsa oleh produsen pizza dan mi jepang. Masyarakat bertanya-tanya tentang aman tidaknya mengonsumsi makanan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa.

Menurut, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, BPOM, Suratmono, kedaluwarsa dapat diartikan, masa habis berlakunya sebuah produk untuk dikonsumsi.

"Tapi, penyimpanan yang keliru, bisa membuat sebuah makanan justru cepat basi sebelum masa kedaluwarsa," terangnya.

Seperti dipaparkan dalam laman Badan Intelijen Negara, setiap label produk kemasan harus mencantumkan tanggal "kedaluwarsa/expired date/best before". Artinya, makanan dan minuman mempunyai batas akhir yang aman untuk dapat dikonsumsi dan dijamin mutunya, dengan penyimpanan yang sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh produsen.

Ada beberapa istilah yang wajib dicermati oleh masyarakat sebelum mengonsumsi makanan atau minuman biasanya tertera pada label produk makanan, yaitu:

1. Baik digunakan sebelum (best before) menunjukkan batas suatu produk masih terjamin kualitasnya. Kualitas dan kandungan nutrisinya akan turun setelah tanggal tersebut terlewati, namun belum tentu membahayakan kesehatan selama kemasan masih utuh.

2. Gunakan sebelum (use by atau expired date) digunakan untuk produk yang menyebabkan resiko kesehatan secara langsung ketika sudah melewati tanggal yang tercantum. Biasanya istilah ini dicantumkan pada produk-produk yang mudah rusak dalam penyimpanan jangka panjang misalnya daging dan beberapa jenis keju.

3. Batas sebelum penarikan (pull date) adalah tanggal terakhir yang dianjurkan bagi konsumen untuk membeli produk tersebut sehingga masih punya jangka waktu untuk mengonsumsi tanpa mulai mengalami kerusakan.

4. Tanggal pengemasan (pack date) merupakan informasi mengenai tanggal pada saat produk dikemas, baik pengemasan oleh produsen maupun pengecer.

5. Tanggal masuk toko (sell by date) adalah tanggal pada saat produk memasuki gudang penyimpanan di toko atau tempat penjualan lainnya.

6. Tanggal pemajangan (display date) menunjukkan tanggal pada saat produk mulai dipajang di rak-rak atau display toko atau tempat penjualan lainnya.

Info lainnya dari sini gan



Semoga aja thread ini berguna buat agan-agan biar lebih memperhatikan batas pakai makanan dan minuman kemasan Jangan lupa share ke temen gan thread ini, rate bintang 5 pun boleh

Quote: Buat liat infografik lengkapnya seperti yang di gambar utama bisa liat disini gan
Jangan lupa rate bintang 5, tinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane dan ane doain agan makin ganteng deh


Sumur:
Beritagar.id


Jangan lupa cek thread ane yang lain gan
Quote:

Mengenal enam istilah seputar kedaluwarsa pada makanan dan minuman[/CENTER]
hari ini banyak amat tema kadaluwarsa
website juga bisa kadaluarsa gan
gara2 pizza kadaluwarsa.jadi banyak trit yang kadaluwarsa
siapanya kadal itu bray
Nice info gan
trit ke 3 tentang expired Mengenal enam istilah seputar kedaluwarsa pada makanan dan minuman
lagi boomin gb banget ya trntang kadaluarsa,, yapi infonya baru tahu ane gan,, makasih yaa
Selama rasanya masih enak, ane ga peduli sama tgl kadaluarsa
Tempe kalo kadaluwarsa lebih enak bre
Daripd knp2, mending g usah dibeli kl dah mepet kadaluarsanya
pembahasan kadaluarsa mulu ...
lagi2 tentang kadal luar biasa.
Mengenal enam istilah seputar kedaluwarsa pada makanan dan minuman
tanggal telan perlu gak om?
Info penting nih sebelum membeli mknn kemasan. Thanks, gan...
Thanks inpohnya

ada yg kedaluwarsa dipalsuin juga breh
yg paling penting yg "best before" tuh
cewek jg ada bre kadaluarsanya
gemboked





atas ane muka nya uda kadaluarsa juga bre
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar