Pages


Rabu, 23 November 2016

Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

halo gan selamat pagi setelah sekian lama ane gak buat thread karena ada hambatan kali ini ane mau buat thread lagi yg temanya itu kupu kupu dan ngengat ya mereka masih satu ordo ya Lepidoptera disini ane mau jelaskan tentang jenis , morfologi dan perbedaan diantara dua serangga ini gan ya langsung aja ya

Quote:Quote:Apa sih Lepidoptera itu ?
Spoiler for lepi:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
Lepidoptera adalah ordo serangga yang mencakup ngengat dan kupu-kupu gan . 180.000 spesies Lepidoptera telah dijelaskan , dalam 126 familia dan 46 superfamilia dan Itu adalah salah satu ordo serangga yang paling luas dan banyak dikenal di dunia.Istilah ini diciptakan oleh Linnaeus pada tahun 1735 dan berasal dari bahasa Yunani Kuno λεπίδος (sisik) dan πτερόν (sayap).Lepidoptera menunjukkan banyak variasi dari struktur dasar tubuh yang telah berevolusi untuk mendapatkan keuntungan dalam gaya hidup dan distribusi. Perkiraan terbaru menunjukkan ordo ini mungkin memiliki lebih banyak spesies dari yang diduga sebelumnya , dan merupakan salah satu dari empat ordo dengan spesies terbanyak, bersama dengan Hymenoptera, Diptera, dan Coleoptera.
Spoiler for sisik:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Kayak yang agan tau bahwa lepidoptera yang terdiri dari ngengat dan kupu kupu itu mengalami metamorfosis yang sempurna dimulai dari telur - larva - pupa - dewasa .  Dengan demikian, ini adalah ordo serangga yang paling dikenal dan populer dengan banyak orang yang terlibat dalam observasi, penelitian, pengumpulan, pemeliharaan, dan perdagangan dari serangga ini. Seseorang yang mengumpulkan atau mempelajari ordo ini disebut sebagai lepidopteris.
Spoiler for metamorphosis:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Kupu-kupu dan ngengat memainkan peran penting dalam ekosistem alami sebagai penyerbuk dan sebagai makanan dalam rantai makanan; sebaliknya, larva mereka dianggap sangat bermasalah untuk vegetasi di bidang pertanian, karena sumber utama makanan mereka seringkali materi tanaman hidup. Pada banyak spesies, betina dapat menghasilkan 200 sampai 600 telur, sementara pada yang lain, jumlahnya mungkin mendekati 30.000 telur dalam satu hari. Ulat-ulat yang menetas dari telur ini dapat menyebabkan kerusakan sejumlah besar tanaman. Banyak spesies ngengat dan kupu-kupu penting secara ekonomi karena peran mereka sebagai penyerbuk, sutra yang mereka hasilkan, atau sebagai spesies hama.
Spoiler for ulat:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?


Quote:Quote:Kupu Kupu
pertama kita bahas kupu kupu dulu ya . Kupu-kupu dan ngengat (rama-rama) merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera, atau 'serangga bersayap sisik' (lepis, sisik dan pteron, sayap).
Spoiler for kupu:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Secara sederhana, kupu-kupu dibedakan dari ngengat alias kupu-kupu malam berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang (diurnal), sedangkan ngengat kebanyakan aktif di waktu malam (nocturnal). Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya, ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang, ngengat cenderung gelap, kusam atau kelabu. Meski demikian, perbedaan-perbedaan ini selalu ada perkecualiannya, sehingga secara ilmiah tidak dapat dijadikan pegangan yang pasti.
Spoiler for kupu:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Kupu-kupu dan ngengat amat banyak jenisnya, di Pulau Jawa dan Pulau Bali saja tercatat lebih dari 600 spesies kupu-kupu. Jenis ngengatnya sejauh ini belum pernah dibuatkan daftar lengkapnya, akan tetapi diduga ada ratusan jenis (Whitten dkk., 1999). Kupu-kupu pun menjadi salah satu dari sedikit jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia.
Spoiler for kupu:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?


Quote:Quote:Beberapa jenis kupu kupu

Quote:[quote]Kupu kupu ekor layang layang
Spoiler for layang:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
Kupu-kupu ekor layang-layang atau Papilionidae adalah keluarga kupu-kupu berukuran besar dan berwarna-warni yang  terdiri dari lebih dari 550 spesies. Sebagian besar kupu-kupu ini dapat ditemukan di wilayah tropis dan hampir bisa ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika. Dalam keluarga ini terdapat kupu-kupu terbesar yaitu kupu-kupu sayap-burung dari genus Ornithoptera.
Spoiler for layang:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Ekor layang-layang memiliki beberapa ciri khas, misalnya ulat Papilionid mempunyai organ repugnatorial yang disebut osmeterium di protoraksnya. Osmoterium tersebut biasanya tersembunyi, namun jika merasa terancam, pupa akan keluar melalui alur dorsal melintang dengan pemompaan menggunakan darah


Quote:Quote:Kupu Kupu Monarch
Spoiler for monarch:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
Kupu Kupu Monarch kupu-kupu (subfamili Danainae) yang termasuk dalam keluarga Nymphalidae . kupu-kupu ini adalah kupu kupu yang paling sering terlihat di Amerika Utara, dan dianggap sebagai spesies penyerbuk yang ikonik . sayapnya  yang mudah dikenali yaitu berwarna hitam, oranye, dan pola putih, dengan lebar sayap 8,9 - 10,2 cm
Spoiler for monarch:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Populasi dari kupu kupu ini terdapat di bagian timur Amerika Utara . mereka akan melakukan migrasi tahunan akhir musim panas / musim gugur  yaitu migrasi dari utara dan tengah Amerika Serikat dan Kanada bagian selatan ke Florida dan Meksiko. Selama migrasi musim gugur , kupu kupu ini menempuh jarak ribuan mil.


Quote:Quote:Gonepteryx
Spoiler for gonep:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
Gonepteryx adalah genus kupu-kupu dalam keluarga Pieridae. Mereka tinggal di Eropa, Asia, dan Afrika Utara. Mereka umumnya dikenal sebagai brimstones dan memiliki warna kuning cerah di sayapnya dan sebagian besar spesies memiliki warna yang sama .


Quote:Quote:Amblypodia anita
Spoiler for ambly:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
The Purple Leaf Biru, Amblypodia anita (kadang-kadang hanya disebut Leaf Blue) adalah spesies Lycaenid atau kupu-kupu biru yang ditemukan di Asia.


Quote:Quote:Barbicornis
Spoiler for barbi:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
Barbicornis adalah genus dari keluarga Riodinidae dengan satu spesies basilis Barbicornis yang hidup di Paraguay, Brazil dan Argentina.


Quote:Quote:Pengertian Umum Ngengat
Ngengat adalah serangga yang berhubungan dekat dengan kupu-kupu dan kedua-duanya termasuk ke dalam Ordo Lepidoptera. Perbedaan di antara kupu-kupu dan ngengat lebih dari sekadar taksonomi. Kadang nama "Rhopalocera" (kupu-kupu) dan "Heterocera" (ngengat) digunakan untuk memformalisasikan perbedaan mereka.
Spoiler for ngengat:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Banyak usaha telah dilakukan untuk membagi ordo Lepidoptera menjadi kelompok seperti Microlepidoptera dan Macrolepidoptera, Fenatae dan Jugatau, atau Monotrysia dan Ditrysia. Kegagalan dari nama ini untuk tetap berada pada penggolongan moderan karena tidak ada dari penggolongan tersebut merepresentasikan sepasang kelompok monofiletis. Pada kenyatannya, kupu-kupu adalah kelompok kecil yang muncul dari "ngengat".
Kebanyakan spesies ngengat giat pada malam hari, namun ada juga yang giat pada petang dan pagi, serta yang giat pada siang hari.


Quote:Beberapa jenis Ngengat

Quote:Quote:Death head Hawkmoth
Death's-head hawkmoth mengacu pada salah satu dari tiga spesies ngengat dari genus Acherontia (Atropos Acherontia, Acherontia styx dan Acherontia Lachesis).spesies ini dapat ditemukan di Eropa dan Asia. ngengat ini mudah dibedakan dengan pola berbentuk tengkorak samar-samar pada sayapnya. Ketiga spesies ini cukup mirip dalam ukuran, warna, dan siklus hidup. ngengat ini memiliki beberapa fitur yang tidak biasa. Ketiga spesies memiliki kemampuan untuk mencicit keras jika sedang terganggu.
Spoiler for dh:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?


Quote:Quote:Actias Luna
Spoiler for luna:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
The luna Moth (Actias luna) adalah ngengat berwarna hijau limau dan mereka memiliki lebar sayap hingga 114 mm (4,5 in) ini membuat mereka menjadi salah satu ngengat terbesar di Amerika Utara. ngengat ini dapat ditemukan di Amerika Utara , Meksiko utara dan Kanada.siklus hidup mereka adalah  Berdasarkan iklim di mana mereka tinggal.Di Kanada dan wilayah utara, mereka dapat hidup sampai 7 hari dan akan menghasilkan hanya satu generasi per tahun.mereka mencapai dewasa dari awal Juni hingga awal Juli. Di Amerika Serikat timur laut sekitar New Jersey atau New York, ngengat menghasilkan dua generasi setiap tahun. Yang pertama muncul pada bulan April dan Mei, dan kelompok kedua dapat dilihat sekitar 9-11 minggu kemudian. Di Amerika Serikat bagian selatan, akan ada sebanyak tiga generasi.Betina akan bertelur 400-600 telur di bawah daun, dan mereka akan menetas dalam jangka waktu 8-13 hari . Ngengat akan bertelur lebih banyak di iklim yang kondusif.
Spoiler for luna:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?


Quote:Quote:Ngengat Atlas
Ngengat Atlas (Attacus atlas) adalah sejenis ngengat bertubuh besar yang menyebar luas di wilayah tropika dan subtropika Asia Tenggara; umum ditemukan di Kepulauan Nusantara. Dalam bahasa Inggris ia dikenal sebagai Atlas moth.
Spoiler for atlas:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Ngengat Atlas kerap dianggap sebagai ngengat yang terbesar di dunia, khususnya terkait luas permukaan sayap-sayapnya, yang mencapai 400 cm². Rentang sayapnya pun termasuk salah satu yang terlebar, hingga lebih dari 25 cm (10 in). Ngengat betina ukuran tubuhnya lebih besar dan lebih berat daripada yang janta


Quote:Quote:Emperor Gum Moth
Emperor Gum Moth adalah spesies ngengat yang dikenal dengan nama ilmiah Opodiphthera eucalypti . Emperor gum moth berhabitat di Australia,mereka hidup  dengan memakan daun Eucalyptus dan juga  lada , Liquidambars dan pohon aprikot. Telur caisar gum moth biasanya diletakkan di sisi bawah daun.
Spoiler for gum:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?


Quote:Quote:Polyphemus Moth
Spoiler for poly:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
The Polyphemus Moth (Antheraea Polyphemus) adalah ngengat yang hidup di Amerika Utara dan famili dari ngengat Saturniidae yaitu ngengat sutra raksasa dan mereka memiliki lebar sayap rata-rata 15 cm (6 in) , Spesies ini tersebar luas di benua Amerika Utara, dengan populasi lokal ditemukan di seluruh subarctic Kanada dan Amerika Serikat.Di penangkaran, ngengat ini jauh lebih sulit untuk berkembang biak daripada saturnids Amerika lainnya seperti Cecropia, promethea, atau luna. Jika mereka diletakkan dalam satu di kandang, jantan dan betina cenderung mengabaikan satu sama lain, kecuali ada tanaman pangan(terutama daun oak)yang diletakkan di dalam kandang tersebut
Spoiler for poly:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?


Quote:Quote:Cecropia Moth
 
Spoiler for cecro:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
The Cecropia Moth (Hyalophora Cecropia) adalah ngengat  terbesar di Amerika Utara. Ini adalah anggota dari keluarga Saturniidae, atau ngengat sutera raksasa. Larva ngengat ini yang paling sering ditemukan pada pohon maple dan cecropia moth biasanya  bertahan hidup maksimal sekitar dua minggu.Untuk menarik pasangan,betina Cecropia moth akan memancarkan feromon yang dapat dideteksi oleh antena sensitif jantan yang dapat mendeteksi sampai satu mil jauhnya, meskipun sang jantan dapat terbang hingga 7 mil sambil mencari seorang wanita. Perkimpoian dimulai di pagi hari dan berlangsung sampai malam. Setelah itu betina meletakkan sampai seratus telur, yang menetas menjadi ulat hitam kecil. Makanan dari larva ini adalah daun dari pohon umum dan semak-semak, termasuk maple, birch, dan apel.
Spoiler for cecro:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Membedakan jenis kelamin dari spesies ini sangat mudah. Perbedaan yang paling jelas adalah dalam antena berbulu , jantan memiliki antena yang berbulu besar sementara perempuan memiliki antena yg kecil dan antena kurang lebat. Betina juga memiliki perut yg lebih besar dan bulat  daripada jantan


Quote:Quote:Gipsy Moth
Lymantria dispar dispar, umumnya dikenal sebagai gipsy moth adalah ngengat dalam keluarga Erebidae yang berasal dari Eurasia. Ia tersebar di berbagai benua yang meliputi Eropa, Afrika, dan Amerika Utara. Carl Linnaeus pertama kali mendeskripsikan spesies Lymantria dispar pada tahun 1758.  Hal ini menyebabkan banyak referensi untuk menggambarkan ini satu spesies dengan cara yang berbeda.
Spoiler for gypsy:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Mereka diklasifikasikan sebagai hama, dan larvanya dapat mengkonsumsi daun lebih dari 500 jenis pohon, semak dan tanaman. The gipsy moth adalah salah satu hama yang paling merusak pohon kayu keras di Amerika Serikat bagian timur


Quote:Quote:Codling Moth
The codling ngengat (Cydia pomonella) adalah anggota dari keluarga Lepidopteran Tortricidae. Mereka dikenal sebagai hama pertanian. Mereka telah menjadi salah satu hama reguler kebun apel.mereka dapat ditemukan hampir di seluruh dunia. Mereka juga menyerang pohon pir, kenari, dan pohon buah-buahan lainnya. Mereka memiliki lebar sayap rata-rata 17 mm. Betina bertelur pada buah atau daun di musim panas 
Spoiler for codling:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?


Quote:Quote:Ngengat Sutra
Ngengat sutra atau sutera (Bombyx mori: "ulat murbei") adalah ngengat yang memiliki nilai ekonomi tinggi sebagai penghasil serat/benang sutra. Makanan ulat sutra hanyalah daun murbei (Morus alba). Ia berasal dari utara Tiongkok.
Telur ngengat sutra membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk menetas. Ulatnya membentuk kepompong sutra mentah, yang setelah dipintal bisa menghasilkan benang sutra sepanjang 300 hingga 900 meter per kepompong. Seratnya berdiameter sekitar 10 mikrometer.
Spoiler for sutra:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Sebagaimana umumnya larva/ulat, sangat rakus; makan sepanjang siang dan malam se makan sepanjang siang dan malam sehingga tumbuh dengan cepat. Apabila warna kepalanya sudah menjadi semakin gelap, ulat sutra akan segera berganti kulit/cangkang. Dalam hidupnya, ulat sutra mengalami empat kali ganti kulit, hingga berwarna kekuningan dan lebih ketat, yang menjadi tanda akan segera membungkus diri dengan kepompong.
Sebelum ulat sutra menjadi matang dan keluar dari kepompongnya (kepompong digigiti hingga rusak dan tidak bernilai ekonomi), kepompong tersebut kemudian direbus untuk membunuh ulat sutra dan memudahkan penguraian seratnya. Adapun kupu-kupu dewasa yang dipelihara untuk bibit ulat sutra tidak bisa terbang.
Karena sejarahnya yang panjang dan nilai ekonominya yang tinggi, genom ulat sutra menjadi salah satu objek penelitian ilmiah.
Spoiler for larva:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?


Quote:Quote:Cabbage Tree Emperor Moth
Cabbage tree emperor moth adalah spesies ngengat Afrika dan adalah famili dari  Saturniidae. Larvanya berukuran  70mm dan berdiameter 15mm
Spoiler for cabbage:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?


Quote:Quote:Ailanthus Silkmoth
The Ailanthus silkmoth (Samia cynthia) adalah ngengat yang berasal dari famili saturniid, mereka adalah ngengat yang memiliki sayap yang sangat besar yaitu113-125 mm, telur mereka diletakkan pada daun di crescent dengan jumlah 10 sampai 20 butir dan Penetasan memakan waktu 7-10 hari.
Spoiler for alianthus:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?


lanjut dipost 2 ya gan
Quote:Quote:Perbedaan Ngengat dan Kupu kupu
1.Sayap
Spoiler for sayap:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Kupu-kupu biasanya cenderung melipat sayapnya secara vertikal ke atas punggungnya. Sayap kupu-kupu juga lebih berwarna dan menarik dibandingkan dengan sayap ngengat yang biasanya membosankan. Ngengat juga masih membuka sayapnya ketika hinggap di suatu tempat.

2.Anatomi
Spoiler for anatomi:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Ngengat memiliki frenulum yang berfungsi sebagai "kopling" sayap. Sementara itu, kupu-kupu tidak memilikinya. Frenulum menggabungkan sayap bagian belakang sehingga bisa bekerjasama selama proses terbang.

3.Tingkah Laku
Spoiler for diurnal nocturnal:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Secara umum, kupu-kupu merupakan binatang primary diurnal/beraktivitas di siang hari. Sedangkan ngengat merupakan binatang nokturnal, terbang di malam hari. Namun ada juga ngengat yang diurnal dan ada pula kupu-kupu yang suka terbang saat fajar dan senja.

4.Kepompong/Chrysalis
Spoiler for sutra:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Kepompong adalah penutup pelindung pupa. Sedangkan pupa sendiri adalah bentuk peralihan antara larva dengan dewasa. Ngengat biasanya membuat kepompong yang terbuat dari sutera. Sedangkan bentuk kepompong kupu-kupu lebih halus, rumit, dan tidak memiliki penutup sutera.


itulah dia gan beberapa hal mengenai ordo lepidoptera yang meliputi ngengat dan kupu kupu ya sebenarnya ada banyak banget jenis kupu kupu dan ngengat di dunia gan tapi ane cuma sertakan beberapa aja di thread ini dan semoga ini bisa nambah pengetahuan agan tentang ordo Lepidoptera ini ya makasih udah baca dan maaf kalo ada kesalahan Dalam thread ane

Spoiler for sumber:

Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
reserved for komen
geli sama uletnya
nyimak deh ya
kupu kupu nya keren keren

ada kupu2 malam ga ??Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
Kupu kupu deh gan.. yang ngga beracun gitu
Pilih kelomang aja dah gan.
ngengat penampilannya agak serem ya
ini seperti memilih antara venomoth dan butterfree
kupu2
soalnya I like butterfly
Spoiler for Jadi ini kupu-kupu apa tir?:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?
Quote:Original Posted By kucing.sebelah
geli sama uletnya

jangan geli ah kan itu lucu

Quote:Original Posted By baffin
nyimak deh ya

nyimak aja nih

Quote:Original Posted By andryx360
kupu kupu nya keren keren

ada kupu2 malam ga ??Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

Itu udah beda spesies om

Quote:Original Posted By darkalam
Kupu kupu deh gan.. yang ngga beracun gitu


ah lemah kamu
Quote:Original Posted By hazard507
Pilih kelomang aja dah gan.

bisa aja ente gan

ane kupu-kupu
ko ngengat serem amat ya
Kupu kupu gan...

done
sayah gryphon aja
Quote:Original Posted By barunemu
ngengat penampilannya agak serem ya

sebenarnya ngengat lucu kok om

Quote:Original Posted By krugersyster
ini seperti memilih antara venomoth dan butterfree

jadi ente milih mana kalo ane mah udah jelas

Quote:Original Posted By mozzelle
kupu2
soalnya I like butterfly

kalo ane lebih suka ngengat sih

Quote:Original Posted By edelwise.hening
Spoiler for Jadi ini kupu-kupu apa tir?:
Pilih Ngengat atau Kupu-Kupu gan ?

kayaknya itu kupu kupu layang layang mbak

Mau jadi kupu2
Manggut2 aj lah
Sekalian genvok...


Mahok pindah ke sebelah ----->
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar