Pages


Senin, 19 September 2016

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah

Saat ini berkuliah di luar negeri sudah menjadi impian banyak orang. Belajar di luar negeri mungkin akan menjadi salah satu pengalaman yang paling bermanfaat untuk mereka atau kami para generasi muda bangsa ini. Kualitas pendidikan, belajar bahasa dan budaya baru serta karir yang lebih menjanjikan menjadi segelintir alasan mereka untuk berkuliah di luar negeri.

Namun sebelum itu, tentunya kita harus memilih negara mana yang akan menjadi tujuan kita untuk menempuh pendidikan. Berikut adalah 10 negara terbaik untuk berkuliah yang bisa Agan pertimbangkan yang dinilai berdasarkan kualitas hidup, kualitas pendidikan, budaya dan faktor lainnya yang sudah saya telusuri sebelum nya dari berbagai sumber.


Spoiler for Pertama Gan:

Amerika Serikat

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah

Amerika merupakan salah satu negara favorit bagi pelajar internasional untuk menempuh pendidikan. Amerika saya tempatkan pada posisi pertama karena negara ini adalah rumah bagi universitas-universitas terbaik dunia, sebagian besar universitas terbaik dunia seperti MIT, Harvard, Stanford, Princeton, Yale berada di negara paman sam ini. Lebih dari 750.000 siswa internasional terdaftar di universitas di AS setiap tahun nya.

Boston dan San Fransisco merupakan kota favorit mahasiswa untuk menempuh pendidikan di Amerika. Boston merupakan rumah bagi MIT dan Harvard, sedangkan San Fransisco adalah rumah bagi Stanford. Belajar di Amerika Serikat tentu akan menjadi pengalaman mencengangkan dalam hidup Anda.



Spoiler for Kedua:

Inggris

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah

Negara ini memiliki universitas berkualitas tinggi. Tentu kita mengenal University of Cambridge dan University of Oxford, salah satu universitas terbaik dan tertua di dunia. Kedua universitas tersebut bermarkas di negara ini, selain itu University College London, Imperial College London, University of Manchester juga berada di negara ini. Inggris juga sering disebut sebagai negara yang memiliki 2 musim dalam sehari, artinya cuaca disana tidak menentu. Hujan bisa datang suatu waktu meskipun cuaca saat itu sedang terik.

Dengan campuran lokasi antara pedesaan dan perkotaan, siswa di Inggris tidak akan merasa bosan dengan pemandangan yang ditawarkan. Terlebih lagi jika Anda diterima di Cambridge atau Oxford yang merupakan salah satu universitas terindah di dunia, berjalan menuju kelas akan membuat Anda bertambah semangat.



Spoiler for Ketiga:

Australia

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah

Australia merupakan salah satu negara favorit mahasiswa Indonesia untuk belajar, ada sekitar 17.000 mahasiswa Indonesia yang saat ini menempuh pendidikan di negeri kangguru tersebut. Australia memiliki Melbourne dan Sydney yang merupakan salah satu negara terbaik untuk siswa Internasional untuk menempuh pendidikan.

Selain itu, dari segi kualitas juga Australia tidak kalah dengan Amerika dan Inggris. Tahun ini Australian National University berada di urutan 19 universitas terbaik dunia, disusul oleh University of Melbourne yang berada di urutan 42 dunia berdasarkan penilaian QS University Ranking.




Spoiler for Keempat:

Kanada

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah

Kanada merupakan negara yang indah, bersih dan memiliki sistem transportasi umum yang baik. Kanada merupakan rumah bagi 250.000 pelajar internanasional dalam menempuh studi mereka. Universitas dan sistem pendidikan di Kanada juga bereputasi tinggi dan sangat dihormati, McGill University, University of Toronto dan University of British Columbia merupakan 3 universitas papan atas dunia dari Kanada.

Selain itu, Kanada yang berbatasan dengan Amerika Serikat sehingga memberikan akses yang mudah untuk bepergian ke sana. Ketenangan, lingkungan yang multikultural dan orang-orang yang ramah menjadi salah satu faktor siswa internasional memilih Kanada untuk belajar.


Spoiler for Kelima:

Jerman

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah

Tahukah kamu bahwa seratus tahun yang lalu setengah dari jumlah mahasiswa yang studi di luar negeri belajar di Jerman ? Pada saat itu Jerman merupakan magnet bagi mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan terbaik. Negara Jerman terletak di jantung Eropa dengan 82 juta penduduk tinggal disana.

Dari segi kualitas, Jerman cukup menonjol dalam bidang Teknik. Beberapa universitas di Jerman memiliki peringkat yang tinggi dalam bidang teknik seperti Technische Universitat Munchen dan Karlsruhe Institute of Technology. Namun, untuk bisa kuliah di Jerman sebaiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu kemampuan bahasa Jerman Anda dengan matang, karena sebagian besar perkuliahan menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar.



Spoiler for Keenam:

Finlandia

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah

Banyak sekali kemudahan yang ditawarkan negara ini bagi para pelajar. Selain biaya kuliah yang gratis, para pelajar juga diberi keringanan lainnya seperti potongan biaya transport, makan di kantin, potongan fasilitas olahraga, apartment dan lainnya. Masyarakat Finlandia juga sangat ramah dan mensupport para pelajar di negara ini, tidak sedikit dari mereka yang sudah berumur tetapi masih mengambil kuliah S1 di berbagai bidang, salah satu alasan nya karena biaya kuliah yang gratis. Selain itu, negara ini juga terkenal karena indah, tenang, aman dan nyaman, sangat cocok bagi mereka yang menyukai ketenangn dan jauh dari hiruk piruk kota besar. Dari segi kualitas pendidikan, tentu tidak diragukan lagi, Finlandia merupakan salah satu negara yang memiliki sistem dan kurikulum pendidikan terbaik di dunia.



Spoiler for Ketujuh:

Jepang

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah

Jepang kaya akan keindahan alam, keanekaragaman makanan dan sejarah. Jepang berada di garis terdepan modernisasi tetapi masih tetap dapat menjaga kebudayaan khas Jepang dengan baik. Jepang juga terkenal dengan orang-orang nya yang sopan, tertib, bersih dan yang paling mengagumkan adalah ketepatan waktu nya.

Sebagian besar universitas di Jepang unggul di berbagai bidang, terutama sains, teknologi dan teknik. Selain itu, lokasi nya yang berada di benua Asia membuat Jepang tidaklah jauh dari Indonesia serta biaya kuliah nya juga tergolong lebih murah bila dibandingkan negara di Eropa dan Amerika.



Spoiler for Delapan:

Taiwan

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah

Taiwan adalah negara yang berada di Asia Timur Samudra Pasifik Barat di Lepas Pantai Tenggara China. Umumnya iklim di Taiwan adalah subtropis, dimana musim panas dimulai sejak Mei hingga September dan musim dingin dimulai sejak awal bulan Oktober sampai akhir Maret. WEF (World Economy Forum) juga melaporkan bahwa Taiwan memiliki peringkat tinggi dalam hal kualitas dan daya saing dunia dengan biaya pendidikan dan biaya hidup di Taiwan tergolong sangat terjangkau.

Jumlah mahasiswa internasional di Taiwan terus mengalami peningkatan. Hingga saat ini ada lebih dari 40.000 mahasiswa internasional yang menempuh pendidikan di sana, hal ini membuktikan bahwa Taiwan dapat menjadi salah satu pilihan untuk melanjutkan studi di luar negeri. Beberapa universitas Taiwan yang berada di peringkat atas dunia, yaitu National Taiwan University, National Tsing Hua University, Natioanl Chiao Tung University serta masih banyak lagi universitas-universitas Taiwan yang setiap tahun nya terus mengalami peningkatan.



Spoiler for Sembilan:

Swiss

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah

Terkenal dengan pendidikan nya yang tinggi, beragam budaya dan kegiatan-kegiatan menanatang, Swiss merupakan negara yang perlu Anda pertimbangkan untuk kuliah di luar negeri. Swiss merupakan negara dimana Albert Einstein memperoleh kemampuan teknisnya dan mendapatkan inspirasi untuk membuat teori relativitas dan karya-karya beliau lain nya.

Universitas kondang dari negara ini yaitu ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology) merupakan salah satu dari 5 universitas terbaik dunia dalam bidang teknologi. Swiss merupakan sebuah negara kecil tetapi letaknya yang berada di tengah benua Eropa, membuat siswa dapat dengan mudah menjelajahi dan melakukan perjalanan jauh untuk menuju satu negara ke negara lain di Eropa.




Spoiler for Sepuluh:

Singapura

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah


Kualitas pendidikan di Singapura tak bisa di anggap remeh. Tahun ini, dua universitas terbaik dari Singapura yaitu National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) masing-masing berada di urutan 12 dan 13 universitas terbaik dunia. Sungguh merupakan prestasi yang luar biasa, terlebih lagi NTU yang baru didirikan pada tahun 1991 dan sekarang ini sudah berada di urutan 13 dunia.

Lokasi Singapura yang cukup dekat dengan Indonesia menjadikan Singapura menjadi salah satu negara pilihan siswa Indonesia untuk berkuliah. Lebih dari 24.000 siswa Indonesia saat ini sedang menempuh di negara seribu satu larangan itu. Kelebihan lain dari kuliah di Singapura adalah keragaman suku bangsa dan bahasa di sana. Keberagaman ini dapat membantu kita mengenal dan mempelajari bahasa serta budaya asing.



Spoiler for Bonus Gan:

Perancis

10 Negara Terbaik Kalo Agan Mau Kuliah

Negara romantis ini selain menjadi pilihan utama para pengantin baru, juga menjadi pilihan para siswa internasional untuk melanjutkan pendidikan. Perancis memiliki sistem pendidikan yang baik, namun jika berminat untuk menempuh pendidikan di Perancis, sebaiknya belajarlah bahasa Perancis dari sekarang. Sebagian besar universitas di Perancis menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa pengantar nya terutama untuk universitas-universitas negeri.

Selain itu sebaiknya sediakan pakaian yang cukup hangat bila sudah pasti akan ke negara ini seperti sweater, syal, topi dan sarung tangan, karena suhu disana dibawah 0° kadang juga minus (-). Universitas yang terkenal dari negara ini salah satu nya adalah Ecole Normale Superieure, Paris yang berada di urutan 23 universitas terbaik dunia.



Gimana gan ? Tertarik untuk kuliah di luar negeri ?
Tidak bisa dipungkiri gan, kualitas pendidikan di luar negeri lebih baik daripada kualitas pendidikan di Indonesia saat ini. Selain itu, kuliah di luar negeri memberikan pengalaman hidup yang berharga, wawasan global, hidup mandiri, koneksi dengan orang-orang dari seluruh dunia, mempelajari bahasa dan budaya baru serta masih banyak manfaat lain dari berkuliah di luar negeri. Selamat belajar gan, selamat meneruskan perjalanan mulia ke tempat-tempat jauh.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat agan.
Kalo berkenan jangan lupa mampir ke SUMBER nya ya gan.
Dulu ada pepatah, belajarlah sampai negeri china..

Skrng Kiblat udah berubah ke negeri paman sam
Kalo ada duit aja ah
kuliah gak usah jauh" bre, makan gak makan asal kumpul keluarga
kuliah di sini juga bagus ko
Universitas Sorbone, Perancis gan
Quote:Original Posted By pakusmanjahat
kuliah di sini juga bagus ko

bener bgt pak apalagi UI dan UGM

ntar kalo udh ada biaya ane kuliah om
kalo aja ada yg mau bayarin, ane siap
Kuliah dimanapun bagus, tergantung Individunya. Be Smart
Indonesia juga ga kalah bagus kok breh

Kampus ane termasuk, bangga jadi gamada UGM wani
Indonesia nggak ada bray
Ane tetep lebih suka unpak bre
jauh semua om takut nyasar saya
ke Jepang aja ya
Quote:Original Posted By asahi03
bener bgt pak apalagi UI dan UGM



semoga aja sambil dapat jodoh disitu
Quote:Original Posted By asahi03
bener bgt pak apalagi UI dan UGM

ITB gak masuk om
mau ngambil s2 aja ke luar negeri gan
asal ipk nya bagus
Heuh, s1 ane aja belum lulus
Luar negri apa ga yang penting dari kitanya sendiri mau belajar apa cuman haha hihi doang.

Banyak kok ane ketemu bocah2 Indo kuliah di LN cuman ngincer prestige doang. Mau kampus kaya ape juga bodo amat yg penting kuliah di luar
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar