Pages


Minggu, 04 September 2016

Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!

Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!

Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!


Assalamualaikum Wr. Wb, Salam sejahtera agan-agan semuanya
"Our greatest glory is not in never falling, but in rising every time we fall"


Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!


Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!


Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
Quote:HT KE 1.200 nih gan! (canda) Jangan terbiasa jadi SR gan. Berikanlah komentar, karena setiap masukan agan pasti ada manfaatnya buat orang lain

Quote:Hi gansis.. ga bosan2nya ane bikin trit dan hanya menjadi sesosok trit maker yang low propil.. Ane cuma berharap tulisan2 ane yang sederhana ini bisa menambah wawasan, menginspirasi serta ada manfaatnya buat agan semua.
Sebelumnya terima kasih yak sudah berkunjung ke trit ane.


Quote:Edisi insom
Pernah dengar Kota Balikpapan? Pasti lah.. Pernah dengar Kota Bali? Apalagi.. Pernah dengar Kota Malang? Pasti juga..
Kota Samarinda? 30% pasti menjawab "dimana tuh?"
Kerap kali ane membuat trit pasti ane akhiri dengan hastag #SalamDariSamarinda, rasa sesak didada ketika ada yang menanyakan apa itu Samarinda? Dimana itu? Ada apa disana? Kok bisa jadi Ibukota? Kelebihan kotanya apa? Wisatanya apa? Suku mayoritasnya apa? Disana kaya-kaya kah orangnya?
Ya memang sebagian dari agan paling tidak pernah menanyakan hal tersebut. Mungkin ditrit ini ketidaktahuan agan akan terjawab.



Yok langsung simak aja "Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur! " :yb


Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!

Spoiler for Sedikit intermezzo tentang sejarah Samarinda:
Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!

Samarinda yang dikenal sebagai kota seperti saat ini dulunya adalah salah satu wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Di wilayah tersebut belum ada sebuah desa pun berdiri, apalagi kota. Sampai pertengahan abad ke-17, wilayah Samarinda merupakan lahan persawahan dan perladangan beberapa penduduk. Lahan persawahan dan perladangan itu umumnya dipusatkan di sepanjang tepi Sungai Karang Mumus dan sungai Karang Asam.
Pada tahun 1668 .................... * Lanjut Post #3, kagak muat

source : Samarindakota.go.id


Kenapa Samarinda jadi Ibukota? Tidak Balikpapan

Quote:Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
Banyak dari sekian warga Indonesia yang menanyakan hal ini, kenapa tidak Balikpapan aja yang jadi Ibukotanya, karena di Balikpapan punya bandara yang mewah, lebih tertata, lebih bersih bahkan sempat meraih Penghargaan Adipura untuk kota terbersih. Memang Balikpapan adalah salah satu kota Pusatnya Pabrik Industri, terutama minyak dan gas. Bahkan perusahaan-perusahaan besar pun kebanyakan ada di sana. Tapi menurut ane yang sekian lama hidup disini (udah 24 tahun), memang secara posisi Samarinda sangat strategis untuk dijadikan Ibukota. Samarinda ini letaknya ditengah-tengah. Mau ke Sangatta, Tenggarong, Bontang, Melak semuanya bisa diakses dari Samarinda. Bayangin kalau dari Balikpapan? Tentunya menambah waktu perjalanan 1.5 - 2 jam perjalanan. Masalah infrastruktur kenapa lebih wah di Balikpapan ane ga tau, itu udah ada yang mikirin. Yang pasti di Samarinda juga telah dibangun bandara domestik yang lumayan besar dan ditargetkan awal tahun 2017 sudah selesai.


Kelebihan Samarinda apaan ya?
Quote:Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
Ngomongin kejelekan ga bakal ada habisnya. Bagaimana kalau pertanyaannya dibalik menjadi "Kelebihan yang ada apa?"
Sampai sekarang Kota Samarinda itu bebas gempa bre (walaupun gempa sempat terjadi gempa skala kecil di Tarakan beberapa waktu ini). Satu-satunya bencana yang paling sering terjadi disini cuma 1, kebakaran. Walaupun Samarinda belum pernah merasakan yang namanya Penghargaan Adipura, tapi saya sedikit salut untuk Pemerintah yang tetap membenahi dan merapikan Kota Samarinda ini. Terutama banjir, walaupun dibeberapa titik ada yang masih belum terselesaikan, tapi di titik lain sudah dikurangi masalah banjirnya.
Oh yak, UMK disini besar bre, tapi jangan ngimpi. Biaya hidup disini ga sama macam di Jawa. Jadi tolong buat yang berpikiran orang disini kaya raya semua, dipikir baik-baik.


Wisata disana ada apa aja ya?
Quote:Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
Bisa dibilang untuk urusan wisata disini terbilang HAUS gan!
Karena letaknya ditengah-tengah, pantai kagak punya, gunung ada (tapi gunung-gunungan). Tapi untuk budaya, bejibun!
Disini yak yang paling sering jadi tempat kumpul ya di Tepian Sungai Mahakam.
Ada air terjun yang lumayan bagus.
Ada Kebun Raya, tapi sekarang entah kagak keurus atau gimana ane g tau.
Kemudian ada Desa Pampang dengan ciri khasnya yang menampilkan sejumlah budaya adat Suku Dayak.
Ada lagi yang namanya Kampung Tenun yang terletak di Samarinda Sebrang yang tenunnya masih pake mesin tradisional (g tau namanya ane).
Disini juga terdapat salah satu fauna yang terancam punah gan, yah apalagi kalau bukan Ikan Pesut. Fauna yang satu ini sekarang susah banget buat tertangkap mata. Paling sering sih ditemui didaerah Sungai Mahakam Hulu.
Apalagi yak? Pokoknya masih banyak lagi lah! Penasaran? Liat sendiri aja hehe


Infrastruktur yang WAH disana ada apa aja gan?
Quote:Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
Untuk masalah yang ini, memang terbilang masih kalah dibanding Kota Balikpapan. Tapi yang pasti Samarinda tetap berusaha untuk membangun infrastruktur yang ga kalah epic mulai dari Big Mall Samarinda, Islamic Centre, Jembatan Mahakam 2, Bandara APT Pranoto (Bandara baru yang siap pada tahun 2017), Hotel-hotel bintang 5 dan masih banyak lagi.


Mayoritas Samarinda diisi Suku apaan gan?
Quote:Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
Masalah yang satu ini ane ga tau persis. Tapi untuk bahasa hampir 55% yang digunakan adalah Bahasa Banjar. Untuk suku, yang ane tau ampe sekarang ya Samarinda ini diisi ama semua suku gan. Ini untuk Samarinda aja loh ya, bukan Kubar maupun Kukar (nanti ane bahas dilain waktu kedua Kabupaten tersebut).


Denger-denger, Samarinda juga dijulukin Kota Nasi Kuning ya gan? (Jadi lapar ane)
Quote:Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
Haha. Ini bener banget gan!
Samarinda ini bisa dibilang tempatnya wisata kuliner Nasi Kuning. Terutama di Jalan Lambung Mangkurat, itu kalau agan sempat bermain ke tempat tersebut, sepanjang jalan agan bakal nemuin warung penjual Nasi Kuning. Terutama saat malam menjelang ampe pagi. Nasi Kuning asli Samarinda ini tentunya punya khas sendiri. Dimulai dari bumbunya sampe lauknya (ane demen sih ikan haruannya). Pokoknya buat yang doyan makan, wajib coba!


Kenapa Samarinda suka mati listrik gan?
Quote:Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
Ini nih masalah klasiknya. Sekitar beberapa tahun yang lalu memang Samarinda di tiap daerah langganan banget gan yang namanya mati lampu. Tapi untuk sekarang frekuensi pemadaman udah agak jarang. Paling yah seminggu 3-4x aja, itupun gak lama.
Nih ane kutip Open Discuss yang diberikan oleh salah satu website media Samarinda yaitu Undas.co.

Semua orang tahu kalau tanah yang kita pijak ini berisi kandungan batu bara yang merupakan sumber energi. Logikanya harusnya Kaltim nggak bakalan kekurangan energi. Lah wong sumbernya disini. Tapi kenapa Samarinda ini langganan listrik padam ya? Kalo kata pejabat yang berwenang, hal ini dikarenakan pasokan listrik yang menipis. Selalu jadi pertanyaan klasik semua orang. Lalu kemanakah larinya batu bara-batu bara yang tidak hentinya dikeruk dari tanah kita? Siapa yang menikmati hasil bumi Kalimantan? Kenapa pemerintah daerah tidak membuat pembangkit sendiri yang bisa mencukupi kebutuhan listrik paling tidak buat warganya sendiri?


Disana warganya horror ya gan?
Quote:Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
IYA! Samarinda itu KOTA HORROR! wahahaha..
Masalah terkait hal mistis ataupun skill ghaib yang sering dibicarakan oleh orang luar, ane rasa klise banget yak.
Menurut ane, semua tempat itu punya sejarahnya masing-masing. Baik itu sejarah dimasa kelam maupun masa sekarang. Semua tempat dimanapun itu punya kisahnya sendiri. Terlepas dari percaya tidaknya agan oleh kabar burung yang melanglang buana tersebut, toh tergantung diri agan sendiri. Selama agan tidak berbuat ulah, ya aman! Ya sama seperti kami yang berkunjung ke tempat agan, kalau ada yang merusak tempat agan, pasti agan marah kan?

Btw, disini kental banget slogan kaltim yaitu "Anda sopan, kamipun segan".

1 lagi pepatah Samarinda, "Sekali minum air Mahakam, pasti balik lagi"


Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
Quote:Pemikiran ane sendiri yang udah 24 tahun tinggal disini
Image : Google


Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
Gimana gan? Mungkin ada lagi tambahan ataupun pertanyaan dari agan-agan terkait Kota Samarinda? Tanya aja gan, ane pasti jawab

Gimana? Udah kenal Samarinda kan hehe. Paling tidak ditrit ini ane berusaha mewakili pertanyaan-pertanyaan agan tentang Kota Samarinda. Dan suatu saat ane cuma berharap tidak ada lagi yang nanya "Dimana tuh Samarinda?".

Sekian trit ane kali ini, jika ada kesalahan kata maupun kalimat ane mohon mangap ye gan (maapin aja). Jangan lupa nantikan trit ane yang lain


Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!


Rec HT jika informasi ini bermanfaat dan jangan lupa

Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur! [RESELLER WANTED] Minyak Rambut Masa Kini, Pure'o Pomade Organik, Modal Kecil Gan!! Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!

Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
Spoiler for Kumpulan artikel ane yang lain, silahkan dinikmati dan semoga bermanfaat bagi agan semua:

KASKUS! My Home, Friend & Everything
Pekerjaan yang Menantang Maut, Stop Hujat Mereka #HT #WinnerHTOTM'april
Ngetrip Bareng Ibu, Kenapa Harus Malu? #HT
Ini Nih Penyebab Kamu Harus Berkunjung Ke New Zealand Saat Musim Dingin #HT
Gini Loh Cara Gampang Dapatin Motor Impian Agan! #HT
Inget!!! Gaji Berbanding Lurus Dengan Tanggung Jawab! - #HT
Andai Saja COC Begini, Mungkin Lebih WAH! - #MyFantasy
Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan? #HT
Nih Gan, Salah Satu Cara Untuk Jadi Teman Semua Orang! #HT
Beberapa wirausaha paling booming tahun 2015 #HT

Fakta! Jadi Sales Kenapa Harus Malu? #HT
Manfaat jujur pada diri sendiri itu Dahsyat gan! #HT
Menjadi Pintar tidak Selalu Menyenangkan Gan, Ini Alasannya! #HT
Tempat-tempat dimana Hewan hidup berdampingan dengan Manusia! #HT
6 Jembatan ini akan Membuat Agan Terpana #HT
Mari Menjelajah Pulau-Pulau Kecil Paling Indah di Dunia! #HT
Bahagia itu Tidak Sederhana, Trust me #HT
6 Pengendara Jalan Trendsetter ini Bisa Berpotensi Membuat Agan Celaka #HT
Inilah Hadiah yang Agan Dapatkan Ketika GAGAL #HT
Beberapa Alasan Menyenangkan Travelling ke Pedesaan #HT
Beberapa Suku Pedalaman di Indonesia yang Mungkin Tidak Agan Ketahui #HT
Memory, Inilah Beberapa Kecelakaan Paling Tragis di Indonesia #HT
Biarpun Murah, Hal-hal ini Tetap Terasa Mewah Gan.. #HT
Pelajaran dari Beberapa Peradaban Kuno yang Runtuh Akibat Perubahan Iklim #HT
STOP Tipu-Tipu Bos Agan Dengan Alasan Datang Terlambat Seperti Ini.. #HT
Beberapa Alasan yang Bisa Menyebabkan Anak Agan Jadi Psikopat Seksual #HT
Survive Setelah di PHK, Kenapa Tidak? #HT
Inilah Beberapa Negara Sarang Perbudakan Paling Banyak, Indonesia? #HT
Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana? #HT
Beberapa Hal ini Membuat Agan Menjadi Layak diPecat! #HT
Alasan Terlahirnya Haters.. Tau Gak Gan? #HT
Awas! Beberapa Hal ini Membuat Agan Menjadi Layak Dipecat! #HT
Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!! #HT
Begini Caranya Minta Maaf Yang Benar, Udah Tau Belum Gan? #HT
Menabung Karir, Maksudnya? #HT
Yok, Menguak Sisi Terang Pengangguran #HT
Resolusi Apa Aja Sih yang Sudah Agan Lakuin Selama Ramadhan? #TT
Tebak Gan, Puasa Apa Sih Yang Susah Sekarang Ini? #TT
Kenapa Sih Beberapa Hal Ini Jadi Luar Biasa Saat Ramadhan? #TT
Gimana Sih Sudut Pandang Ramadhan Bagi Anak Kos? #TT
Trit Paling Kontroversial Ala Regional #BUKANFR
Yakin Nilai IPK Jadi Senjata Utama Agan? #HT
Kaskus "Age Of Ass!" #EdisiThreadSAMPAH #TT
Hidup Seadanya, Kenapa Enggak? Manfaatnya Banyak Kok #TT
Beberapa Supporter Sepak Bola Paling Rusuh, Klub Mana Aja? #HT
Begini Caranya Ikhlas Yang Benar, Udah Pada Tau Belum Gan #HT + TT
Sambut Merah Putih 2016, Ini Dia Daftar Film Yang Wajib Kamu Tonton! #HT
Seberapa Tajam Sikap Nasionalisme Kamu Terhadap Indonesia? #HT
6 Mulustrasi Ini Menunjukkan Kepalsuan Di Zaman Sekarang #HT
Pada Dasarnya Semua Manusia Itu Emang Gila, Percaya Gak? #TT
Tebak Gan, Kenapa BORNEO Bisa Menjadi Sebutan Pulau Kalimantan? [+CURHAT] #HT
Mendadak Agan Pasti Jadi Tuli Kalau Ketemu Kondisi Seperti Ini #HT
Travelling Jadi Obat Patah Hati, Kok Bisa? #HT
[KOMBAT GO] Belajar Yang Menyenangkan Dengan Apps "Find ur Teacher"
Yuk, Mengenal Kepulauan Derawan! #HT
Danaunya 1, Keajaibannya 2! Ya, Itulah Danau Labuan Cermin! #HT
Sate di Indonesia, Gak Cuma Sate Ayam Loh Gan! #HT
Festival Aneh! Makin Banyak Digigit, Dialah Pemenangnya! #HT
[KOMBAT MERDEKA] Yok, Menjelajah Alam Roh di Kalsel!
Raihan Prestasi KOPASSUS Yang Harus Agan Ketahui
Yok Ngintip Beberapa Pemain Terbaik Bulutangkis Asal Indonesia
Kenapa Sih Pokemon Go Cepat Banget Viralnya di Indonesia? #HT
Tragedi Perlatahan Yang Nunjukin Indonesia Banget! Agan Yang Mana Nih? #HT
Pomadeorganic.com

Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!


#SalamDariSamarinda

mantap samarinda bre, tahun depan mau kesana rencananya
Spoiler for Lanjutan sejarah Samarinda:
Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!

Samarinda yang dikenal sebagai kota seperti saat ini dulunya adalah salah satu wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Di wilayah tersebut belum ada sebuah desa pun berdiri, apalagi kota. Sampai pertengahan abad ke-17, wilayah Samarinda merupakan lahan persawahan dan perladangan beberapa penduduk. Lahan persawahan dan perladangan itu umumnya dipusatkan di sepanjang tepi Sungai Karang Mumus dan sungai Karang Asam.

---------------------------------------------------------------------------------------

Pada tahun 1668, rombongan orang-orang Bugis Wajo yang dipimpin La Mohang Daeng Mangkona (bergelar Pua Ado) hijrah dari tanah Kesultanan Gowa ke Kesultanan Kutai. Mereka hijra ke luar pulau hingga ke Kesultanan Kutai karena mereka tidak mau tunduk dan patuh terhadap Perjanjian Bongaya setelah Kesultanan Gowa kalah akibat diserang oleh pasukan Belanda. Kedatangan orang-orang Bugis Wajo dari Kerajaan Gowa itu diterima dengan baik oleh Sultan Kutai.

Atas kesepakatan dan perjanjian, oleh Raja Kutai rombongan tersebut diberikan lokasi sekitar kampung melantai, suatu daerah dataran rendah yang baik untuk usaha pertanian, perikanan dan perdagangan. Sesuai dengan perjanjian bahwa orang-orang Bugis Wajo harus membantu segala kepentingan Raja Kutai, terutama di dalam menghadapi musuh.

Semua rombongan tersebut memilih daerah sekitar muara Karang Mumus (daerah Selili seberang) tetapi daerah ini menimbulkan kesulitan di dalam pelayaran karena daerah yang berarus putar (berulak) dengan banyak kotoran sungai. Selain itu dengan latar belakang gunung-gunung (Gunung Selili).

Sekitar tahun 1668, Sultan yang dipertuan Kerajaan Kutai memerintahkan Pua Ado bersama pengikutnya yang asal tanah Sulawesi membuka perkampungan di Tanah Rendah. Pembukaan perkampungan ini dimaksud Sultan Kutai, sebagai daerah pertahanan dari serangan bajak laut asal Filipina yang sering melakukan perampokan di berbagai daerah pantai wilayah kerajaan Kutai Kartanegara. Selain itu, Sultan yang dikenal bijaksana ini memang bermaksud memberikan tempat bagi masyarakat Bugis yang mencari suaka ke Kutai akibat peperangan di daerah asal mereka. Perkampungan tersebut oleh Sultan Kutai diberi nama Sama Rendah. Nama ini tentunya bukan asal sebut. Sama Rendah dimaksudkan agar semua penduduk, baik asli maupun pendatang, berderajat sama. Tidak ada perbedaan antara orang Bugis, Kutai, Banjar dan suku lainnya.

Dengan rumah rakit yang berada di atas air, harus sama tinggi antara rumah satu dengan yang lainnya, melambangkan tidak ada perbedaan derajat apakah bangsawan atau tidak, semua "sama" derajatnya dengan lokasi yang berada di sekitar muara sungai yang berulak dan di kiri kanan sungai daratan atau "rendah". Diperkirakan dari istilah inilah lokasi pemukiman baru tersebut dinamakan Samarenda atau lama-kelamaan ejaan Samarinda. Istilah atau nama itu memang sesuai dengan keadaan lahan atau lokasi yang terdiri atas dataran rendah dan daerah persawahan yang subur.

source : Samarindakota.go.id



Reserved, gasan bubuhannya wal


Quote:Original Posted By fr3dys1
Nasi kuning pke ikan haruan paling joss dh gan


Quote:Original Posted By rhaul
Wah persis gan, itu pemikiran ane ketika pertama kali nyampe balikpapan
Ane sampe delusi beneran dikira Balikpapan itu ibukota kaltim.

Kebetulan ane ada tugas juga ke Samarinda waktu itu sekitar 3 hari. Entah kenapa ane rasa ini kota gampang banget banjir dan berdebu, hujan 15 menit aja udah genang dimana-mana. Trus gtw kenapa cmn 3 hari alergi debu ane kumat, padahal waktu itu di balikpapan 10 hari aman2 aja
Tapi ane blm ke tempet2 wisatanya, semoga bisa kesana lagi, penasaran bre



Quote:Original Posted By rizkiwahyudi
InsyaAllah lebaran haji ini ulun bulik ke samarinda hehe. Lahir besar sampe kuliah di samarinda, sampe ada lobang di jalan mana aja ane hapal (dulu) hahahaha

Thx for sharing gan!


Quote:Original Posted By AudioJunkie
Ane pernah dinas disana selama 2 taon gan, banyak cerita dari mati lampu 2x24 jam sampe mobil ane kerendem banjir di sempaja. kontrakan ane juga pernah kemalingan waktu di tinggal pulang mudik.
Nasi kuning di lambung mangkurat mantep pake ikan haruan, jangan lupa makan kepiting asap di pondok borneo, tahu tek di deket hotel aston sama ayam banjar di jalan agus salim.
Kalau mau dugem bisa ke dejavu, mitra, muse. Buat biaya hidup disini mahal gan kostan harga 2 juta dapet yang biasa banget sampe aqua galon disana harganya 40 ribuan.



Quote:Original Posted By roirraw
Wah, penuh memori nih kota, ane pernah cukup lama di samarinda seberang tepatnya daerah mangkupalas (1991-1994, 2002, 2008, sekarang pengen kesana lagi).....memang bener tuh slogan "sekali minum air mahakam suatu saat pasti akan kembali lagi kesini" dan beneran deh setelah 6 tahun berpisah dengan samarinda akhirnya balik lagi biarpun gak lama cuma liburan satu bulan, ulun bakunyung lah di mahakam (di tepian juga sih, gak berani jauh2 takut soalnya)....

Moga2 dapat rejeki trus liburan ke samarinda lagi.



Quote:Original Posted By artbowo92
Gwa pengen banget main kesana, pengen ngerasain keluar pulau jawa tapi kesempatanya belum ada. BTW temen gwa emang pernah ke Samarinda dan yup, hal ghaib masih terasa disana. Temen gwa diwanti-wanti sama tukang warung disana kalau makan harus di tempat orang jawa karena lebih "Aman" soalnya ada kejadian salah makan warteg gitu kena semacam black magic. Tiba2 paru2 yang makan kebakar setengah padhaal orang itu gak pernah ngerokok. Hiiiih. Tapi terlepas dari itu gwa masih pengen banget berkunjung dan bertamasya menikamti suasana alam disana



Quote:Original Posted By kenfrnd
Jadi keinget dulu ane kecil, ane dulu semasa kecil dari TK sampe SD kelas 6 tinggal di Balikpapan, dan dulu liburannya ke Samarinda, kalo ibarat Samarinda itu Bandungnya orang Jakarta tapi non toll ya haha ane dulu kecil ke Samarinda pernah jauh jauh 2-3jam buat beli cheeseburgernya mcd karena gaada mcd di balikpapan lol dan katanya orang yang pernah Ke samarinda dan minum air disana dijamin kangen Samarinda...



Quote:Original Posted By mikroskopik
pepatah samarinda itu bener banget "sekali minum air mahakam, pasti balik lagi"

ane pertama kali dinas kesana gak percaya sama pepatah nya.. eh, sampe sekarang bisa setahun 2-3 kali kesamarinda, ke bontang sama sangata..



Quote:Original Posted By akiratrisansa.
samarinda sekarang ketinggalan jauh dari balikpapan, lama2 status ibu kota provinsi di pindahin tuh.

tata kota nya yg bikin samarinda kalah telak sama balikpapan, segala tiang listrik lah bisa di dalem rumah



Quote:Original Posted By roirraw
Wkwkkkkw......jaman segitu juga ane masih newborn ceritanya diajak nenek ane pindah kesana trus '94 balik lagi ke sini dan shiiittttt ane jadi malu kalo ingat2 lagi jadi orang jawa yang gak bisa b.jawa, soalnya bahasa sehari2 disana bahasa banjar. Hehehehhe sekarang udah lupa semua bahasa banjar



Quote:Original Posted By fajarrooo
1 pepatah Samarinda, "Sekali minum air Mahakam, pasti balik lagi"
Jadi pingin coba nih



Quote:Original Posted By nartarien
Ane asli samarinda gan
sekarang ekonomi kaltim salah satu ekonomi yang mengalami dampak terburuk di Indonesia
dan ane ikut ngerasain gan. Ane rasa warga kaltim sebenarnya terlalu di manjain oleh sektor tambang, sawit dan minyak, padahal masih bnyak sektor komoditas lain yang g kalah penting dari 3 unsur tersebut
ane sampe skr masih mencoba merambah sektor lain gan dan masih meramu jurus menangani era dampak lesunya ekonomi kaltim

Harapan ane smoga pemerintah pun mencoba mencari cara cara ampuh seperti pemberdayaan sektor budidaya tambak, sapi, padi, dan komoditas lainnya
Ingat bro Kalimantan itu kaya



Quote:Original Posted By KisamePudlian
pernah tinggal di samarinda selama 7 tahun, banyak kuliner yang enak disana

nasi kuning Lambung Mangkurat
Bubur Ayam Kartika
Coto Marannu
Seafood Tuban Indah
Sabindo



Quote:Original Posted By aioml
Sekali minum air Mahakam, pasti balik lagi

Dan itu terbukti pada diri ane gan.
Awal menginjakkan kaki d samarinda tahun 2013 krna dapat panggilan kerja.,2014 ane resign & pulkam ke surabaya. ane kira ga bakal balik ke samarinda lg. Eh ternyata setelah 3 bulan nganggur ada panggilan lg ke samarinda sampe skrg



Quote:Original Posted By okyrama
Samarinda ya?Dulu pernah tinggal di kota ini sekitar 6 bulan.
Tiap pagi di kantor nyanyi lagu mars,"Samarinda kota tercinta potensinya luar biasa..".Kagum ane gan dengan kekayaan alam wilayah ini.
Tapi ada beberapa hal yg ane inget dan mestinya bisa buat evaluasi:
1.Banjir di Jl Antasari dan perempatan mal Lembuswana yg selalu terjadi tiap hujan turun.Mobil ane jenis sedan pernah terendam sampe masuk bawah jok
2.Sudah waktunya punya jalur khusus kendaraan berat agar tidak lewat dalam kota
3.Ormasnya terorganisir dan jumlahnya bejibun
Tapi yg pasti duitnya kencang gan.Love bgt dah dengan kota ini



Quote:Original Posted By mypethskeleton
Ane pernah di balikpapan 3 tahun dan saat ini stay di samarinda udah 1.7 tahun..mmg secara keseluruhan balikpapan lebih unggul dmn2, tp secara biaya hidup, samarinda masih "sedikit" lebih murah daripada balikpapan. Cm 1 hal yg ane gak sreg dari samarinda adalah terlalu banyak ormas yang buat samarinda jd kaya "texas".
Ayo pemkot samarinda, sama2 kita benahi samarinda dan tertibkan ormas2nya..pasti samarinda jd kota yg tidak kalah bersaing dengan balikpapan.



Quote:Original Posted By tauvik19
Agan ts pasti juga orng smd
knpa gk coba di angkt juga mslah kriminal gan
lgi hangt2nya ini begal-jambret bkin korban lgi
saran sya yg ke smd jaga diri gan
jngn ke smd tnpa modal
nnti ditakutkan malah mmbuat angka kriminalitas di smd semakin tnggi
kalo dari ane pribadi dari segi pandangan tata kota, kota samarinda termask semraut
tpi ane kasih jempol utk smd, di sni smw serba ada, hrga termasuk murh, dbndng bebrapa kota di kaltim (bpp, bontang, berau dkk)
ya wajar juga smd jdi ibukota, toh pusatnya di smd, smw kota pnya akses terpusat menuju smd
tapi sayang beribu saya, bndara belum ada yg seperti di bpp (rasanya udh mw launching di tanah merah deket kebun raya unmul)
samarinda kota sibuk, kota yg menyenangkan utk orng2 yg pnya ilmu dan skill, tpi jngn coba2 dtng tnpa ilmu gan
ane kasian aja sma para pengmis glndngn malah mnngkatkan angka kriminalitas
yg ke smd pasti ketemu yg namanya
Macet, Banjir, Tindak kejhtn, jukir
tpi setiap sisi negtif ada sisi positifnya gan



Quote:Original Posted By TerranMuslim
Ane pernah di samarinda gan,gak lama sih,cuman 4 bulan, tugas kantor.
Yang berkesan di sana menurut ane cuacanya, sekarang terang bendepan panas, 5 menit kemudian "Jdaaar" ujan deres sharian, petir, wkwkwk cuacanya gak terprediksi.
Trus lagi, biaya hidup disono warbiyasa hahaha disono puteran duitnye gdhe, tp pngeluaran juga gdhe.
Ane pnah ke musium (lupa namanya) klo gak salah di daerah kutai, keren bngt koleksinya rekomen bgt, pengalaman naik kelotok (perahu mesin diesel) juga berkesan, kerupuk ikanya suedeph hahaha pkokx penuh cerita deh,terutama malam kamis disono


Quote:Original Posted By adabiji
Wij ada yg bahas samarinda jua, mantap wal!

Sekedar nambahin kenapa samarinda sering mati lampu, ane pernah buat video profil pln sektor mahakam dan sebetulnya samarinda nda akan ada pemadaman kalau aja SEMUA mesin di pltd/pltu yang ada di sekitar samarinda ini bisa berfungsi, karna misalkan di salah satu pltd di tengah kota aja dari 5 mesin cuma beberapa aja yg bisa beroprasi jadi ya wajar aja kalo kita kekurangan pasokan listrik, sementara mesin yang kita punya juga udah gak tau dari jaman kapan dan spare partnya kalo rusak harus pesen ke pusat dan itu gak cepet prosesnya


Pekiwan wal ay biar bubuhannya tahu



Quote:Original Posted By pete.jengkol
ane dh beberapa kali ke sana, sekedar transit refreshing menuju bontang dari balikpapan.
samarinda cukup asik, modern, rame, sayangnya MaceT, GersanG, PanaS.


Quote:Original Posted By nyonyo007
wah ane pernah kesana tuh tapi dari balikpapan naik mobil ke samarinda ngelewatin hutan suharto ya,,sedikit horor tapi meneyangkan,,ane ada jalan pekerajan kesana ngurus salah satu perusahan tambang yg HQ da disamarinda,,ane nginep di hotel MESRA dimana itu hotel bintang 4 tapi sayang dapet kamarnya model gedung lama..it ok gk masalah,,gak sampet jalan2 disana apalagi berburu kuliner seafood,,cuma sempet beli kepiting di DANDITO sama ada namanya 1 lagi tempat ane lupa apa namanya..samarinda in good dan ane kagen untuk bisa balek lagi kesana,,


Quote:Original Posted By Name Not Found
Jadi rindu sama Kota Samarinda, dijalan apa itu gw lupa pernah ke jebak banjir hampir sepaha orang dewasa ampe kendaraan ane kejebak kaga bisa jalan, luapan dari sungai mahakam kayanya, ane dulu pernah ada kerjaan di daerah Kec. Anggana Kab. Kukar tapi posisi mess ane di Sambutan, paling enak diem didepan kantor gubernur kalo lagi pusing sama kerjaan and kalo punya duit lari nya ke MUSE wwkwkwkwkwkw, banyak cerita di samarinda pokoknya kota nya yahut apalagi buat nambang pemasukan rekening bank hehehe, cuma itu teh manis harganya Rp. 4.000 segelas, cewenya ga kalah cakep" sama dibandung, ane pernah dapet gebetan juga orang Kukar sama orang daerah mess ane masih anak SMA dapet ngeceng di fotocopy hehehehe.



Quote:Original Posted By Aozora7888
njirrr jadi kangen samarinda
nasi kuning sempaja ujung tu nyaman jua
anak acil nya mantan ku btw haha


Quote:Original Posted By tauvik19
smd menjdi ibukta lbih kpada akses jalan gan, klo bpp jdi ibukota, ane jamin tuh,
kepngursn admnstrasi antrkota semakin lama
aplgi yg dari berau, wkwkkwkwkwk
klo di smd akses jlan terpusat gan
ente dri smd, bsa lngsung ke bpp, bontang, tgr, samboja, berau, sengata dll
tpi utk bpp lbh enknya ada bndaranya gan
smd kmngknan tunggu awal tahun dpan udh launching bndara baru gan
udh selese dibngun
tinggal tunggu aja



Quote:Original Posted By CalonPresiden
Ane kerja di Sangasanga Gan, cukup sering ke Samarinda...

Kalau ngomong soal jeleknya, memang banyak, tetapi disini kita ngomong soal bagus2nya aja yah...

1. Soal Kuliner yang ane tahu :
- Kalau cari kepiting yang sedep2 atau seafood, bisa di torani cabang Samarinda, atau yang khas di Pondok Borneo, kepitingnya enak tuh
- Oleh2 jangan lupa bawa amplang, makanan khas Samarinda itu, berbahan dasar ikan, sekarang ikannya pun macam2 jadi amplang, lele bahkan bisa diamplangin
- Kuliner ekstrem, silahkan cobain sate buaya, yang ane tahu letaknya di Jl. Gatot Subroto, sebelum club malam apa gtu ane lupa
- Kuliner kuah2, ada bakso di samarinda yang terkenal itu bakso bakwan bintang, ada soto yang terkenal juga selalu rame warungnya yaitu Soto Surabaya, uniknya bisa ditambahin bakso sotonya.. Oya, kalau di Samarind, bakso bulet itu dinamainnya pentol
- Kafe2 : udah mulai menjamur juga, biasa kalau sebelum dugem, mampir aja dulu di lopecoffe , atau mau makan enak, di boncafe, harganya pun enak hehe, atau mau kafe2 tenda, biasa tiap malem rame, di deket jembatan arah jalan gatot subroto , atau mau sekalian nyuci mobil nongkrong aja di cafe d'orange, dan masih banyak lagi
- Kuliner unik : Jangan lupa juga, kalau lewat Antasari, bagi penggemar jengkol, jangan lewatkan, jengkol matang, dekat lampu merah dekat jalan slamet riyadi, jengkolnya bisa langsung makan broo
- Lain2 mungkin ada yang mau nambahin silahkan

2. Tempat nongkrong dan jalan2,
- Di tepian tiap malam dijadiin tujuan, ada Mahakam Lampion Garden, walau bayar 10 rb, tapi bisa lah selfie2 dengan macam2 lampion, mulai dari lampion monas sampe lampion merlionnya singapura
- Tepian juga enak buat ngopi2 dan makan2 jagung bakar, sambil liat kapal2 lewat seliweran..
- Taman Samarendah, ga tau itu belum jadi apa ga, tapi kalau mau nongkrong situ sih boleh aja

3. Cari Souvenir,
Bisa ke Pampang, tiap Minggu jual pernak-pernik khas Dayak, bisa juga foto dengan orang yang telinganya panjang.
Kalau jauh ke Pampang, yang deket aja di Citra Niaga, banyak juga pernak-perniknya, disitu banyak tempat makan juga

4. Mau olahraga,
Bisa ke Unmul kalau Minggu pagi joggin, bisa ke Stadion Palaran, sekalian foto2, stadionnya gede, walau agak kurang terurus tapi masih keliatan oke kok, atau mau di stadion Segiri, sekalian nonton PBFC kalau maen, biasanya rame kalau PBFC maen..

Itulah sekelumit soal Samarinda yang ane tau gan, Jarang nginep disana, tapi sering bolak balik Sangasanga-Samarinda, jadi ya mungkin itu aja tambahan dari ane yang ane tahu



Quote:Original Posted By ucup94
Dulu teman-teman gue banyak juga dari Banjar. Tiap ngomong selalu pakai "ikam", "aku", "kita".



Quote:Original Posted By Aprac
Ane asli jawa dan tinggal di jawa gan Malang jawa timur. Sering sih main-main ke kalimantan soalnya banyak saudara yang kerja di sana. tapi pos pemberhentian saya kalau main di kalimantan ya di banjar baru soalnya saudaranya banyak disana terus baru deh jalan2. Balikpapan sama samarinda ya...........hmmmm kalau harga makanan sih relatif. relatif mahal dibanding di warteg hehehe. nasi kuning itu langganan ane tuh gan, soalnya yang paling cocok dilidah ya itu. Ikan haruan itu kalau di jawa namanya ikan Kutok. Islamic center itu juga besar. cuma kalau masjid2 di luar jawa utamanya sumatra dan kalimantan emang feel nya timur tengah banget hehehe. yang berkesan di hati itu balikpapan. wuih mewah kalah insfratruktur di kota ane. Sekilas info kalau mau buka kuliner di samarinda atau balikpapan yang bisa enak cita rasa jawa timuran yang puedes gurih insya ALLAH laris Keep jalan2 di semua wilayah nusantara biar wawasan nya luas dan gak gampang hakimi orang karena ternyata indonesia itu ruuuuuameeeeeeeeeeee dan muaceeeeem muaceeeeem. salam stik cumi cumi



Quote:Original Posted By silveria92
Lahir disini masa gak kenal, biarpun sekarang merantau di negeri orang tapi kalo udah kenal nama Mahakam pasti pengen balik. udah lama gak mandi disono ama ketemu Hantu Banyu!
HEHEHE





bagian indonesia tengah nih
belum pernah kesana, pernahnya ke Banjarmasin
Indonesia itu indah ya brur
Wow keren gan kotanya... Ane jadi terinspirasi utk bikin trit ttg kota ane.
Nasi kuningnya lezat kyanya bang



Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
hai samarinda, salam kenyal dari adek
Mau nyampah tapi thread bagus. Mantau aja ah............................
salam dari bekasi masgan


liat nasi kuning jadi kepengen nasi goreng kan malem2 gini

ts tanggung jawab
kota yang indah
ternyata samarinda bebas gempa ya jon
ironis, wilayah yang kaya sumber energi macam batubara
tapi kekurangan pasokan listrik
Quote:Original Posted By adekgantengom
Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
hai samarinda, salam kenyal dari adek


abang duluan dekMengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
Quote:Original Posted By alpella
abang duluan dekMengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!



Mengenal Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur!
adek juga ah bang
Behhhhh jadi pengen ke Samarinda ane breh
wew.. yg terakhir gan..
Indahnya kearifan lokal
wah baru tau ane gan
Seru tuh gan,,cuma belom pernah ke kalimantan
gemboked



pejwan saia tutup
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar