Pages


Minggu, 25 September 2016

Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini


Spoiler for ht:
Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini

Hai para pembaca sekalian, gue punya tantangan buat kalian, coba lah untuk menjawab pertanyaan yang ada di dalam thread ini.

Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini

Tulisan ini gue buat karena gue bingung, setelah lulus kuliah ini, gue harus melakukan apa..

Spoiler for Prolog:
Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini
Gue adalah mahasiswa semester akhir yang tinggal menunggu wisuda. Sekitar 2 bulan yang lalu gue berhenti bekerja, gue berhenti bukan karna ingin mencoba berwirausaha, ini karna kemarin gue mau fokus nyelesain skripsi dan melaksanakan sidang dengan baik.

Setelah gue menyelesaikan urusan skripsi (sampai pada pengumpulan hardcover dan jurnal), sekarang gue full menganggur.
Keseharian gue berubah, dari orang yg jarang dirumah, menjadi orang yg selalu ada dirumah.
Awalnya gue nyaman dengan suasana santai, bebas dari segala tuntutan kuliah dan pekerjaan, namun beberapa hari kemudian gue sangat amat bosan.....
....
...
..
.
Teringat saat gue masih berstatus Maharja (mahasiswa yang bekerja), gue sangat mendamba-dambakan memiliki waktu luang yang bisa gue pake untuk melakukan sesuatu yang gue suka. Tapi sekarang, setelah gue punya banyak waktu luang, gue nya malah males-malesan untuk ngelakuin suatu hal yang gue suka.

Lalu gue berpikir, dan bertanya pada diri sendiri, apa yang sebenernya gue mau?

Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini

Setelah perenungan gue selama beberapa hari, mencoba untuk bertanya dan berdiskusi dengan diri sendiri, akhirnya gue sedikit menemukan titik cerah akan apa yang mau gue lakukan.
Spoiler for Yay!!:
Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam otak gue saat gue merenungi nasib diri
Kalian bisa juga menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, untuk membantu dalam menentukan apa yang harus dilakukan setelah lulus kuliah..

Spoiler for Nomor Satu:
1. Apa yang sebenernya elo mau?

Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini
Setelah melewati dunia sekolah dan kuliah, masa sih elo ga kepikiran untuk menjadi seseorang yang elo impi-impikan?
Kalau emang cita-cita elo ga sesuai dengan kompetensi jurusan, it's ok, kejar lah itu..
Kalau emang cita-cita elo terdengar aneh atau lucu di telinga orang lain, it's ok, kejar lah itu..
Kita kan udah gede, dan kita tau apa yang bisa membuat kita bahagia. Orang lain bisa berkomentar, tp kita sendiri yang ngelakuin. Pada akhirnya, mereka yang berkomentar cuman bisa berkomentar, kita lah yang menjadi aktor utama. Mereka cuman penonton

Spoiler for Nomor Dua:
2. Apa motivasi elo untuk terus berjuang?

Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini
Sering kali ini terlewatkan, motivasi harus terus dicari dan dijaga. Kita sebagai manusia akan terus mencari tau "untuk apa kita melakukan ini semua?" Dan jawaban pertanyaan itu adalah motivasi elo.
Elo bisa menjawab "gue mau cari uang untuk bahagian orang tua, gue pengen bales budi atas semua jasa yang udah diberikan ke gue."
Atau jika kalian ga mau ngelakuin sesuatu untuk orang lain, berjuanglah untuk diri lo sendiri. Bersiap untuk menghadapi masa yang depan, agar elo bisa menjadi pribadi yang lebih hebat.

Spoiler for Nomor Tiga:
3. Apa yang sebenernya elo mau?

Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini
Loh kok kayaknya pertanyaan ini sama kayak nomor 1?
Tenang-tenang, ini ga salah ketik kok, seriusan..
Setelah elo tau "untuk apa elo berjuang", coba tanya ke diri lo lagi, apa yang elo mau lakukan? Benarkah itu yang mau elo lakukan?

Spoiler for Nomor Empat:
4. Apa motivasi elo untuk terus berjuang?

Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini
Loh ini TS nya bener-bener aneh, masa pertanyaan nya diulang-ulang lagi sih, yang bener dong!
Eitsss jangan marah-marah dulu, sekali lagi gue mau bilang kalo ini ga salah ketik.
Sering kali motivasi masih terlalu bias diawal, manfaat mempertanyakan kembali adalah untuk self reminder, Untuk ini kah gue harus berjuang?

Spoiler for Nomor Lima:
5. Apa elo bisa melakukan apa yang elo impikan?

Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini
Pertanyaan seperti ini pasti akan muncul di saat masa-masa galau.
Ada anekdot yang berkata "Perusahaan akan mempekerjakan orang yang bisa, bukan orang yang mau"
Banyak fresh graduate yang mau bekerja diperusahan besar, tapi apakah keinginan aja cukup?
Jawabannya tidak!
Ga cukup kemauan doang, elo diterima kerja karna elo memenuhi kompetensi minimal yang dibutuhkan.
Gue ulangi lagi, ga cukup keinginan atau kemauan doang!

Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini

Spoiler for Nomor Enam:
6. Apa elo bisa melakukan apa yang elo impikan?

Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini
Pertanyaan ini gue ulangi karna pasti sebagian dari kita ragu untuk menjawab "bisa" setelah membaca penjelasan nomor 5.
Kalau prediksi gue benar, coba jawab 2 pertanyaan ini:

Apa yang sebenernya elo mau?
Apa motivasi elo untuk terus berjuang?

Berasa dejavu yak


Kalo emang elo udah yakin dengan apa yang mau elo lakukan, dan elo juga udah punya motivasi yang kuat, kenapa elo masih ragu untuk menjawab "bisa"?
Hmmm.. gini deh, kalo elo masih ragu, gue saranin untuk kembali menjawab dari nomor 3.
Ini seriusan, mendingan kalian balik lagi, jawab mulai dari nomor 3.

Spoiler for Nomor Tujuh:
7. Kapan elo mau take action?

Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini
Selamat jika kalian udah menjawab "bisa" untuk pertanyaan nomor 6, kini saatnya kalian nentuin, kapan elo mau memulai.
Ini adalah pertanyaan terakhir, tapi kalau kalian menunda-nunda untuk take action, pertanyaan ini akan terus terbayang-bayang diotak, serasa meneror agar kita melakukan sesuatu hal untuk menggapai impian itu!
Untuk lepas dari teror pertanyaan ini, cuman ada 1 cara, yaitu mulailah take action.

Pertanyaan-pertanyaan ini lah yang muncul di otak gue saat gue mencoba untuk berdiskusi dengan diri sendiri. Semoga dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, kalian juga bisa menemukan titik terang dalam mengungkap kasus "apa yang mau elo lakukan setelah lulus."
Oiya, buat yang suka sama thread ini, jangan lupa untuk dan share thread ini ke medsos kalian

Spoiler for Jawaban gue sendiri:

Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini
Ini adalah jawaban gue saat mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas.

1. Gue mau jadi system analyst, atau consultant di bidang IT. Tapi gue juga mau jadi business analyst, dan gue sebenarnya juga mau jadi seorang penulis, suatu saat nanti gue pengen nulis sebuah buku.
2. Gue bingung, wkwkwk. Mungkin gue kerja untuk cari uang, uangnya nanti ditabung buat biaya nikah. Eh gue jomblo yak, pasangan aja belom punya, ya begitulah pokoknya.
3. Kayaknya gue lebih pengen jadi business analyst deh, dan gue pokoknya nanti mau nerbitin minimal satu buah buku.
4. Gue pengen membuat sebuah proses bisnis menjadi lebih baik lagi dengan bantuan teknologi, dan gue pengen merancang hal tersebut, pasti seru!
Kalo jadi penulis, gue mau tulisan gue bisa dibaca oleh banyak orang, dan bisa bermanfaat buat mereka.
5. Iya sih apa gue bisa ya jadi business analyst? Jadi system analyst aja belum pernah.
Dan untuk jadi penulis, tulisan gue aja banyak yang susah dibaca, masih banyak typonya.
6. Gue masih ragu sih sebenarnya..
3. Gue mau jadi business analyst dan penulis.
4. Gue pengen belajar dalam merancang full system yang bisa membantu proses bisnis biar bisa lebih baik lagi, gue yakin gue bisa, karna gue udah pernah jadi programmer selama 2 tahun, paling engga basic dari analisa dari membuat sistem bisa gue lakuin.
Gue juga yakin, nantinya gue bisa menerbitkan sebuah buku yang menceritakan kisah hidup gue.
5. Gue yakin gue bisa, kalo ga bisa, gue berarti masih perlu banyak belajar!
6. Pasti bisa!
7. Hmm.... Kapan ya gue mulai ngelamar kerjaan?
Gue juga sekarang-sekarang ini males nulis.
7. Nanti deh yak.
7. Mungkin besok.
7. Ga tau deh, kayaknya ga sekarang.
7. Untuk ngelamar kerja, mungkin pas gue udah terima surat keterangan kelulusan dari kampus.
Untuk nulis, dipikirin nanti deh yak.
7. Nulis apaan ya gue, ga ada ide.
7. Semoga hari ini bisa nulis..
7. Semoga hari ini bisa nulis...
7. Semoga malem ini bisa mencoba untuk mulai nulis, nulis apaan kek, yang penting nulis! Mungkin gue bakal nulisin keresahan gue selama masa pengangguran ini.
Dan jadi lah thread ini.
inilah cerita dibalik pembuatan thread ini

Gue harap kalian yang membaca thread ini, bisa benar-benar menjawab satu persatu pertanyaan diatas, luangkan lah waktu untuk berbicara pada diri sendiri.

Karena thread ini jadi HT dan gue sedang berbaik hati.. Jadi untuk SATU Kaskuser yang jawabannya paling keren (menurut gue), akan gue kasih hadiah pulsa. (pulsa 25 ribu untuk operator XL, Telkomsel, Indosat. pulsa 20ribu untuk operator Three. Pemenang cuman bisa milih satu operator ya)


Asik kan? makannya, yuk scroll lagi ke atas, kita coba jawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di thread ini, terus tulis jawaban kalian di thread ini
.



Spoiler for "FAQ":
FAQ
Q= Kok hadiahnya dikit amat gan? dan cuman untuk satu orang lagi..
A= Perlu dicatat, hadiah ini pake uang gue sendiri, ga ada sponsor dr siapa pun.

Q= Kok agan baik banget? apa jangan-jangan ada udah dibalik bakwan?
A= Tenang gan, gue tulus kok ini, ga tipu-tipu. Gue cuman pengen kalian mencoba untuk bertanya pada diri kalian sendiri. Ini untuk kalian juga kok.

Q= Format nulis jawabannya kayak gimana gan?
A= Untuk contoh format jawaban, bisa seperti jawaban yang gue tulis diatas (nomor+jawaban, nomor+jawaban, dst..)

Q= Jawaban diterima sampai kapan gan?
A= Sampai besok (Minggu 25 September 2016), pukul 20:00 WIB

Q= Pengumuman nya kapan?
A= Akan gue tulis di post #2, besok (Minggu 25 September 2016) pukul 21:00 WIB. Untuk yg menang juga akan gue PM.


reserved for komeng
bentar lagi ane lulus colege gan
Ane baru lulus taun ini dan ane masuk IT
Ada untungnya
Memulai berusaha biasanya gak akan terbayar
Waktu bertahun2 yang akan membayar
Bertahun2 dikhianati org terdekat bertahun2 menahan kesenangan
Itulah jalan yang akan diterima seorang triliuner
-victor-
Yang penting punya kemampuan bree, pasti ente ga akan puyeng kaya ane yang bisa berubah jadi ultramen
yang pasti jangan nganggur

Quote:Original Posted By calladines3
Yang penting punya kemampuan bree, pasti ente ga akan puyeng kaya ane yang bisa berubah jadi ultramen



Yang Abis Lulus Masih Bingung Mau Ngapain, Yuk Jawab 7 Pertanyaan Ini
ajarin adek om
Wah, thread keren nih, calon HT
Yg pnting konsisten bre
Kalo lulus smk termasuk juga gk gan ?
ngapain pusing nyantai aja bray... semua udah d atur ama sang Kuasa
Setelah lulus enakan nganggur brey
Ane saranin kerja dulu bre 1-2 tahun. Gaji ente ente kumpulin tuh selama 1-2 tahun. Nah kan banyak tuh gaji ente, ente buka usaha apaan kek gitu. Kalo usaha ente berjaya, kan yg enak ente juga. Gak bebanin ortu, tinggal ongkang ongkang kaki duit ngalir, mau kuliah ? Duit dari hasil usaha kan ngalir bre
Quote:Original Posted By zetsjar
Setelah lulus enakan nganggur brey :nyantai


Kalo lagi nganggur, setaan aja ogah deket.. apa lagi cewe dan temen bray..
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8


Kalo lagi nganggur, setaan aja ogah deket.. apa lagi cewe dan temen bray..


Pantesan gw gak punya temen
Just enjoy it brey
emang bener tuh pertanyaannya harus diulang-ulang, soalnya susah banget meyakinkan diri sendiri
ane lulus aja belum gan, tapi trit ente untuk panduan ane kedepannya
Quote:Original Posted By zetsjar


Pantesan gw gak punya temen


Iya makanya jngn ngaskus mulu
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar