Pages


Rabu, 29 Juli 2015

Kenapa tulisan dokter "jelek" ?



Quote:Sebelumnya cek repost atau ngga gan
Spoiler for Gambar:


P E N D A H U L U A N

Quote:Hola gan, apa kabar agan2 hari ini? Sehat? Atau ada yang lagi sakit? wah kalo ada yang lagi sakit ane do'a in semoga cepet sembuh ya

Quote:
Spoiler for Gambar:

Agan2 pastinya ada yang penasaran dong kalau periksa ke dokter kenapa tulisan pada resepnya itu susah dibaca? Nah disini ane mau bahas 2 alasan dibalik "misteri tulisan dokter" itu gan, kebetulan ane juga baru tau tentang info ini


Quote:Hal pertama
Spoiler for Gambar:

Ternyata dibalik tulisan dokter yang susah kita baca itu ada maksudnya gan, yang pertama itu agar pasien tidak mudah untuk memahami isi resep yang diberikan oleh si dokter. Soalnya kalo resep obat ini mudah dipahami pasien, kemungkinan pasien tersebut akan membeli obat yang sama di apotik jika mengalami gejala yang sama tanpa perlu periksa ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui penyakitnya. Padahal tindakan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan si pasien.


Quote:Kedua
Spoiler for Gambar:

Yang kedua nih gan, jika tulisan si dokter bisa ditebak dan diketahui dengan mudah oleh si pasien, maka pasien tersebut nantinya bisa melakukan kesalahan persepsi jika memahami isi resep tersebut. Dan inilah alasan mengapa tulisan dokter pada resep obat ditulis untuk susah dibaca. Ya ujung-ujungnya sih agar pasien ga cari obatnya sendiri tanpa konsultasi dulu ke dokter. Nah itu kalo penyakitnya sama, gimana kalo ada penyakit lain yang tidak di ketahui oleh si pasien? Misal ente sakit kepala malah beli obat ambeyen? brabe kan


Quote:
Spoiler for Gambar:

Terakhir dari ane kalo agan sakit ya ke dokter aja. Jangan sampai menahan penyakit sendiri, menerka penyakit sendiri, apalagi update status di media sosial. Ga ada gunanya gan!


Quote:Mungkin sekian dari ane, kurang lebihnya mohon maaf. Kalo ada kesalahan boleh di komentari, kalo ada kekurangan ya monggo di tambahi. Terima kasih dan Wassalam

Quote:Sumber



Quote:Tambahan dari agan2 nih
Quote:Original Posted By Jogeng
Itu bukan tulisan, tapi kode katanya kan.. Katanya sih. Haha


Quote:Original Posted By muzahid
biar apoteker yang baca juga ngebaca nya berkali kali gan,, ga cuma sekali aja jadi kesalahan dalam pemberian obat yang dimaksud kemungkinannya kecil.. menurut ane sih


Quote:Original Posted By ebetlemoners
kalo firasat ane nihhh gan, emang biar ga disalah gunain gannn..


Quote:Original Posted By yunsarz
Karna udah kebiasaan di kampus dituntut nulis cepet mulu gan jd jelek deh.
Kalo kode kode buat apotekernya memang ada sih tp bukan resepnya tapi bentuk obat, dosis, dll. CMIIW yaaaa


Quote:Original Posted By chocoJR
intinya biar pasien kalo sakit dateng lagi gan


Quote:Original Posted By natzten
iya gan setau ane juga emang biar ga gampang di baca pasien resepnya .

bahaya kan kalo semua orang tau resep dokternya .
makannya tulisannya kaya rumput .


Ada tambahan juga dari agan yang mengerti nih, makasih tambahannya
Quote:Original Posted By iqbalkharis
Sedikit nambahin gan, kebetulan ane farmasis dan pernah kerja sebagai tenaga teknis kefarmasian.
Sebenarnya tulisan dokter tidak semuanya jelek kok gan, banyak juga yang bagus, malah dibeberapa klinik sudah ada yang di print. Memang benar, kalau resep itu ditulis oleh dokter kepada apoteker dengan beberapa aturan yang sudah ditetapkan agar kerahasiaannya terjaga. Karena kode etik dalam menulis resep itu sudah dibakukan. Seandainya resep tersebut bisa dibacapun, belum tentu resep itu bisa dimengerti oleh orang awam, karena dalam resep tersebut ada beberapa singkatan dari bahasa latin yang digunakan untuk memuat informasi mengenai jumlah, cara, dan aturan pemakaian obat.
Ane kasih contoh gan :

R/ Paracetamol X tab
$ t.dd 1 p.c

maksudnya adalah :
Recipe pacaretamol X tab (ambilkan parasetamol 10 tablet)
signa ter de die uno post coenam (tandai 3 kali sehari sesudah makan)
nah itu berarti apoteker harus memberikan obat paracetamol sebanyak 10 tablet, dan keterangannya ditulis 3x sehari 1 tablet sesudah makan

Itu untuk obat yang sudah jadi, beda lagi dengan obat yang harus diracik. Ada aturannya lagi gan
Saya share info ini hanya untuk meluruskan pandangan agan-agan tentang dunia farmasi dan kedokteran, tapi ingat gan, tetap pergi ke dokter dan belilah obat dengan menggunakan resep, jangan pernah mencoba membeli obat tanpa saran dokter untuk menghindari kesalahan penggunaan obat.
Pejwan gan


oh biar gak di copas pasien ya gan resep nya
pertalite ane amankan
Ane gak bisa bayangin kalo para dokter demo
biar cepet sembuh
Quote:Original Posted By kalibaros
oh biar gak di copas pasien ya gan resep nya


Bener gan

Quote:Original Posted By davy78
pertalite ane amankan


Agan belum beruntung
di sekolah kedokterannya diajarin gak cara menulis ancur gitu?

soalenya kalo itu alami, tulisan ane bagus bener cuy ga bakal bisa jadi dokter neh
Mungkin waktu kecil nya tuhh dokter kebanyakan makan ceker ayam kalee gann
yang bener gan.....
Itu bukan tulisan, tapi kode katanya kan.. Katanya sih. Haha
Quote:Original Posted By gantengkreatif
Ane gak bisa bayangin kalo para dokter demo


Demo nya juga pake tulisan dokter gan biar anti mainstream
Biar gak dicopas ya
Terakhir dari ane kalo agan sakit ya ke dokter aja. Jangan sampai menahan penyakit sendiri, menerka penyakit sendiri, apalagi update status di media sosial. Ga ada gunanya gan!



wkwkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwk

ngakak ane baca yg ini gan.....

wkwkwkwkwkwkw
ane malah mikir karena kepribadian si dokter yang kurang bagusss jadina tulisannya jelek wkwkwkwkw ternyata biar gak ketauan resepna
Quote:Original Posted By etaugasilooh
di sekolah kedokterannya diajarin gak cara menulis ancur gitu?

soalenya kalo itu alami, tulisan ane bagus bener cuy ga bakal bisa jadi dokter neh


Ada yang bilang bakat alami ada yang kursus juga sih gan katanya ngomong2 kalo apoteker dkt rumah ane kok bisa baca tulisan dokter ya. padahal "maaf" cuma lulusan SMP lho
Quote:Original Posted By DhibSpas12
biar cepet sembuh


oalah.. biar gak melakukan ksalahan presepsi toh
perasaan sejak sd gue sudah tau.
Quote:Original Posted By yips
Mungkin waktu kecil nya tuhh dokter kebanyakan makan ceker ayam kalee gann


Tapi ane ga doyan ceker tulisannya tetep jelek tuh gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar