Pages


Rabu, 25 November 2015

Lagi gak mood buat kerja? Ini tips realistisnya buat semangat lagi!









Spoiler for no repost:






Quote:"Gak mood" bisa jadi penyakit semua orang, dampaknya? bawaanya pengen males-malesan sama pengen nunda-nunda kerjaan. biasanya penyakit ini dateng kalau udah capek, bosen, dan kalau dibiarin bisa bikin kita kecanduan. Semua kerjaan yang ada bisa kebengkalai, dari yang masih bisa dikantor bawaannya langsung pengen pulang, yang masih disekolah bawaannya pengen bolos cuma buat tidur-tiduran dikasur atau hal gak efektif lain yang cuma buang-buang waktu.

Procrastination is the thief of time, collar him.” –Charles Dickens

Apalagi kalau musim liburan mau dateng, mood buat kerja bisa turun drastis dengan cepet lebih cepet dari kecepatan quicksilver yang lagi kebelet poop nyari wc bayang-bayang liburan udah dateng walaupun sebenernya liburannya masih bakal dateng sebulan lagi. Tapi tetep aja, penyakit ini bisa dateng kapanpun gak selalu di musimmusim mendekati liburan aja.
Gak mood ini biasanya dimotori oleh beberapa alasan, contoh; Gw gak tau mulai darimana, banyak banget gangguannya gw gak kuat, Itu sih gampang nanti aja dikerjainnya, kayaknya gw gak bisa ngerjainya deh, gw gak suka ngerjain itu, dan blabla lain. Malah kadang semua alasan bisa nyerang bareng-bareng dalam satu kesempatan.
Alasan-alasan ini susah buat ditaklukan, kalau udah diserang sekali efeknya bisa jangka panjang tapi tenang, susah bukan berarti gak bisa. Nih, Ts kasih beberapa tips ala Ts buat naklukin alasan-alasan diatas biar penyakit "gak mood" gak bisa mempengaruhi kinerja kita. Apa aja? Kepo yah?





Quote:
1. Mulainya darimana yah?



Tiap-tiap mentok, ketemu sama tugas yang susaaaah banget buat dikerjaain biasanya respon kita ujung ujungnya cuma bisa diem, stuck, kayak undur-undur abis jogging (momod komodojogging dong ). Analoginya yah kalau tugasnya susah berarti nyelesaiinnya lama, kalau lama berarti usaha yang harus dikeluarin harus banyak, persiapan harus maksimal, time management harus bagus, dll. Dari kekompleksannya ini bakal muncul pikiran jelek berupa pertanyaan "mulainya darimana?" yang bikin kita "gak mood" buat ngapa-ngapain.
Kuncinya buat ngatasinnya? yah jangan biarin pikiran-pikiran yang jelek kayak "mulainya darimana yah?" masuk ke pikiran kita, caranya Ts? caranya cuma satu, tugas yang kompleks tadi dipecah jadi bagian-bagian kecil, dibagi pengerjaan jadi per 60 menit. Darisana liat selama sejam bisa nyelesaiin apa. Jangan banyak mikirin harus mulai "darimana" tapi mulai dengan mikir "kapan dimulainya". Kalau tugas yang dikasih itu tugas yang belum ada pengalaman ngerjainnya gimana? Well, lagi-lagi "alasan" ngambil alih kemudi kapal. Belum ada pengalaman bukan berarti gak bisa, artinya itu tugas yang dikasih ini emang kompleks, lebih dari tingkatan professional, butuh banyak usaha,dan pembelajaran buat nyelesaiinya. yang artinya sekali lagi pertanyaan "darimana" udah jelas jawabannya, tinggal ngejawab pertanyaan "kapan n̶i̶k̶a̶h̶ dimulainya".

"The most unprofitable item ever manufactured is execuse"




Quote:
2. Terlalu banyak gangguannya gan!



Ngerasa tertantang kalau dikasih proyek baru? sebagian besar orang sih iya pasti. Makin besar tantangannya biasanya makin antusias. Bad newsnya adalah makin besar tantangannya maka semakin banyak juga hal-hal kecil yang kita lupain, yang besar banget kemungkinannya buat kita bikin kita kesandung. Kesandung sekali biasa, kesandung buat kedua/ketiga kali? mulai masuk pikiran kalau gangguannya terlalu banyak, mood turun, males buat gerak, ujung-ujungnya jatuh dan gagal.
Cara tersimpel buat ngatasinnya adalah dengan masukin command "kesandung itu biasa" ke prompt kamu. Biasa disini bukan berarti makin banyak kesandung makin bagus. Kesandung satu kali itu biasa, kesandung dua kali dan masih oleh "kerikil yang sama" itu yang salah. Minimalisir kesandung nya kamu dengan analisis-analisis ala sherlock holmes, tapi tetep kamu harus mikir kalau kamu bukan sherlock holmes yang analisanya selalu benar, sekali lagi kesandung di hal yang diluar dugaan itu biasa, namanya juga perjuangan. Tantangan yang besar kan emang butuh efforts yang maksimal, hati harus teguh, mental harus sekuat baja, dll. Berhenti mikir "ah males, gangguan nya kebanyakan" yang bisa bikin agan gak berkembang.

"A little more persistance, a little more efforts, and what seems hopeless turn to glorious success"




Quote:
3. Ini sih gampang, nanti aja dikerjaainnya!



Tantangan besar itu bahaya karena kemungkinan gagal nya besar, semua pasti setuju, tapi ternyata tantangan yang terlalu mudah juga sama bahaya nya sama tantangan besar tadi. Kenapa gan Ts? karena gak kayak tantangan besar, tantangan kecil potensinya lebih besar buat kita menunda-nunda, bermalasmalasan, sampe akhirnya pas dikerjain gak ada waktu lagi buat nyelesaiinya. See? gak mood ngerjain karena tantangannya kecil tadi bisa berujung ke "Bad mood". ya kalau udah bad mood, urusan lain ya bakal nyusul masuk list daftar urusan yang gak diselesaikan di hidup kamu.
Contoh kasus ya kalau dapet tugas buat nge-entry data, pentiing bangeeet gak sih gw nge-entry data? rata-rata semua mikir gitu. alternatif buat ngatasinnya? ada, coba hubungin nge-entry data tadi dengan tujuannya yang lebih besar. Selaluu inget kalau gagal nge-entry data itu berarti perusahaan colaps dan departement tempat kamu kerja yang bakal disalahin. Dan rata-rata sih emang kejadian karena beberapa bencana besar itu dimulai dari hal kecil yang disepelekan, sama kayak banjir Kalau udah mikir kayak gini ya sekecil apapun tugaasnya bakal kamu selesaiin secepat dan sebaik mungkin dan besar kesempatan kamu buat ngehindarin "bad mood" nantinya.

“Do small things with big love”




Quote:
4. Gw gak suka ngerjainnya, Gan!



Emang, Gak mood buat kerja bukan tentang tantangannya besar atau kecil aja, tapi tentang suka atau gak suka. Bakalan susah banget buat ngatasin ini, karena emang kita udah gak suka, mau gimana lagi coba? Berita buruknya pasti bisa kamu prediksi gan, iya cuma sedikit cara yang bisa kamu terapin buat nge-overcome ini. Gimana caranya supaya tugas yang gak tertarik buat dikerjain bisa finish/done dengan results yang bagus? salah satu cara tersimpelnya pake metode "Gw gak bisa makan deserts kalau maincourse nya belum abis" kamu gak bisa ngerjain sesuatu yang kamu suka sebelum tugas yang kamu benci selesai, dengan begitu ya gak ada lagi cerita "gak mood ngerjain karena gw gak suka ngerjainnya"
Tapi bukannya kalau gitu ada kemungkinan tugasnya diselesaiin asal-asalan, yang penting selesai, gak peduli hasilnya gimana? Iya, ts juga udah punya cara kok ngatasinnya . Caranya yah anggep aja tugas yang gak kamu suka yang kamu kerjaain itu game, jadi yah ngerjain tugas itu anggape aja sama kayak ngegame. Pikirin caranya yang efektif dan efisien buat nyelesaiinnya kayak kamu kalau lagi nyelesaiin game. siapa sih yang "gak mood" buat nge-game?

"The task itself might not be fun, but the game can be"




Quote:
5. Gw gak bisa ngerjainnya, gan!



Ini biasanya kejadian pas kamu dikasih ditugas yang kamu punya "trauma kegagalan" ngerjain tugas yang sama sebelumnya, Dan selamat, kamu harus terima kenyataan kalau tugas ini gak mungkin dipindahtangankan ke yang lain. Mau sebesar apapun ketakutan dan ke "gak mood" nya kamu buat ngerjain tetep aja cepat atau lambat harus diselesaikan. "Takut dipecat kalau gagal" bakal nemenin trauma kegagalan kamu, bikin kamu berpikir kalau "ah ngapain dikerjain, kalau gak dikerjain kan berarti gw gak punya kemungkinan buat gagal"
Iya bener, if you never engage in a project, you’ll never fail. tapi kegagalan sebenernya disini justu kegagalan kamu buat ngubah perasaan "gak mood" jadi perasaan "antusias". Kegagalan ini berkerja dengan cara merendahkan kemampuan diri kamu sendiri dan gak percaya sama hasil positif yang bisa kamu tuai.
ibaratnya kalau belajar nyetir, kita gak mungkin jalan dijalaan yang selalu lurus, kecuali kalau lagi di tol . ada belokan-belokan yang harus dilalui. dan kalau kamu berenti ketika kamu gagal belok di belokan pertama berarti kamu ngebuang cita-cita kamu buat bisa nyetir karena belokan gak cuma satu.
Fokus ke cita-cita, fokus ke keinginan yang ingin dicapai, secara gak langsung ini bakal nge-equip kamu dengan pikiran positif dan semangat buat sukses, dan bakal ngarahin kamu ke jalan yang benar, jalan menggapai cita dan harapan, sekali lagi, walaupun sulit ya namanya juga perjuagan.

”Break the chains and get started!"




Quote:PENUTUP

Maaf yah kalau banyak kekurangan, ini cuma versi Ts, kalau kamu punya cara lain buat ngatasin "Gak mood" silahkan tulis aja, semua komeng bakal dibaca kok! Ditunggu banget dikolom komeng yah! Semoga hari kalian menyenangkan, lads!

















Thread berkualitas lain:
Hal-hal tentang ""MASALAH" yang harus agan ingat nih!
"Terlatih" hal-hal ini bikin hidup agan lancar jaya, Latih mulai sekarang, Gan!
Ini hal-hal yang terjadi kalau kamu "berteman" sama anak sains! :)
Job-job kekinian dengan gerakan "Go Green" nya! Agan masuk yang mana? New






Quote:Quote:Original Posted By not.found.404


Alagi gak semangat kerja...???
Nie ane kasih 1 tipsnya, yaitu inget anak bini ente, kalo ente belum punya binik, inget nyokab bokap ente.
Dooor...


Quote:Original Posted By zylberg
Masalah umum adalah karena kita gengsi sama pekerjaan tsb


Quote:Original Posted By corelpuccino
yang bikin gw gak mood kerja kalo telat gajian


Quote:Original Posted By raymand
Wah pas banget gw lagi buth artikel macem gini gan,,,,
Ngerasa susah buat ngerjain, ngerasa ga bisa, ga punya capability.. dsb..
tapi pas udah kepepet mah ternyata bisa ane kerjain 2-4 jam *buat kerjaan yang ga biasa ane kerjain*
gara gara suka nunda, bisa ampe seminggu tuh molornya...

Trims gan... Satu kontainer cendol buat agan..


Quote:Original Posted By refi1
Yang pasti, jangan pernah melakukan pekerjaan secara multitasking...
Beda kalo main gadget, enak2an multitasking.
Kalo diterapkan dalam kerja, bakalan ancurrr berantakan.
Ane pernah ngalamin, alih2 pengen cepet, malah kerjaan jadi amburadul, kecampur2.
Bagusnya mending dimanage dgn baik.
Kerjain satu persatu. Pasti fokus...
Dijamin.
Ane udag terapin cara ini.
it works.


Quote:Original Posted By onizuka..
Kadang klo lg males kerja inget kata2 ini,kerjaan sebanyak ato seberat apapun ga bakal selesai kl cm diliatin. Kerjaan itu kalo udah kena kringet insya Allah selesai kok


Quote:Original Posted By hardi.eldorado
kalo ane ngerjain sesuatu yg susah Motivasi ane gini gan, "yakin segitu susah?"
Dan kalo udah stuck, ane mengejek diri ane sindiri
"Jadi kemampuan gw cuma segini doang?"
Dengan begitu ane jadi tertantang buat nyelesain

Dan jurus terakhir sekaligus favorit ane kalo lagi males, takut, jijik dll buat nglakuin sesuatu, ane ngomong gini
"Gak bakal mati gak kalo lo lakuin"
Frontal emang
tp dg begitu ane jadi semangat & fearless buat ngelakuin sesuatu

Quote:Original Posted By F7onAz
tips paling simple dari ane:
pas semangat kerja lagi kendor, pikirkan:
- orang - orang yang pagi pagi berangkat bukan untuk kerja, tapi masih cari kerja. Syukur banget kita sudah kerja.
- orang - orang yang berangkat pagi pulang malam kerja serabutan tapi hasil masih minim, jauh di bawah kita. Syukur kita masih diberikan rezeki yang lebih baik.
- orang - orang tersayang yang perlu kita nafkahi
- impian, jadikan motivasi.

Intinya pandai pandai bersyukur atas pekerjaan yang sekarang, dan pandai pandai bermimpi untuk selalu jadi lebih baik

Sekiun dari ane, moga bermanfaat


Quote:Original Posted By scuto.palembang
kalo menurut ane kerjaan dibawa happy aja gan, jangan dibuat susah. kalo pikirannya susah melulu yah kpn mau nyelesainnya. salam sukses selalu gan


Quote:Original Posted By shachman33
Terjadi dikala partner lagi Beg* & Bos tereak2 mulu..
Solusinya adalah nyalurin hoby


Quote:Original Posted By zanmilanisti
kalau ane sih biasanya refreshing dulu sehari dua hari, setelah itu biasanya mood lagi


Quote:Original Posted By hemuhemu14
tantangan paling besar menurut ane sih y diri sendiri gan, malez ..
tips ane sih, pampang gambar PAJER* SP*RT di dpan desk kerja ente gan! ente pantengin sambil bayangin klo suatu hari ente punya tuh...


Quote:Original Posted By kamujahat21
Ane bingung musti koment apa, ane kerja gak mood mulu
Temen kerja disini pada bego, malas mulu gak bisa diandelin
capek banget jadi org rajin


Quote:Original Posted By omregarr
Inget ema bapa, inget biaya cicilan motor ama rumah, dan paling akhir ingat budaya pamer pas nikah.. Hadehhh penyemangat banget itu..


Quote:Original Posted By frozenhanz
cukup ngopi aja gan


Quote:Original Posted By RKarnefa
ane kalo lagi malas tidur gan
ato gak maen dota


Quote:Original Posted By poca.poci
klo ane yg bikin semangat cuman doi dihati ane


Quote:Original Posted By h.Rz
kalau lagi malas kerja ingat di rumah belum ada ferrari..

maksudnya ingat belum jadi orang kaya..


Quote:Original Posted By Tachibanax
kl lagi ga mood ane mah makan gan,, trus jadi niat kerja lagi deh


Quote:Original Posted By ningsih.anin
Niatin kerja buat ibadah gan,, , sekalian niatin kerja buat biaya resepsi nikahan


Quote:Original Posted By rizkpark
ane niatin kerja buat bantu orang tua, jadinya semangat terus


Quote:Original Posted By EAPra
Karena Inspirasi biasanya datang saat kita mulai mengerjakan, kalau nunggu inspirasi dateng mah kelamaan


Quote:Original Posted By gwendelin25
ane kerjain satu-satu gan. Dari hal yang kecil. sambil males malesan. Lama lama selesai sendiri


Quote:Original Posted By mrautumn
Kalo inget tagihan dan tanggungan pasti semangat lagi kerjanya.


Quote:Original Posted By TheOwL
ane kalo lagi males dengerin ini gan

https://soundcloud.com/promotion1983...ull-of-stars-2


Quote:Original Posted By BerfikirLogika
klo ane simpel sih, ga mood tinggal wudhu lalu sholat jamin mood enak lg, klo masih ga mood jg tinggal dzikir beres deh...


Quote:Original Posted By branded.watch
olahraga ringan dulu gan biar smangat


Quote:Original Posted By bonitakim
inget target target yang pengen dicapai gan


Quote:Original Posted By pulpe
ya gangguin temen donk klo lg ga mood....... punya temen kok ga digangguin.....



Ane bingung musti koment apa, ane kerja gak mood mulu
Temen kerja disini pada bego, malas mulu gak bisa diandelin
capek banget jadi org rajin
Quote:Original Posted By not.found.404



Alagi gak semangat kerja...???
Nie ane kasih 1 tipsnya, yaitu inget anak bini ente, kalo ente belum punya binik, inget nyokab bokap ente.
Dooor...

Ane amnesia gimana dong
Quote:Original Posted By not.found.404


Alagi gak semangat kerja...???
Nie ane kasih 1 tipsnya, yaitu inget anak bini ente, kalo ente belum punya binik, inget nyokab bokap ente.
Dooor...


keduaxnya

Quote:Original Posted By kamujahat21

Ane amnesia gimana dong


eh buset pada cepet semua untung pertamax udah ane amanin
Quote:Original Posted By rendyprasetyyo


eh buset pada cepet semua untung pertamax udah ane amanin


Yaelah pake emot nembak segala, dah ketularan nih
boleh nih tips nya gan
Quote:Original Posted By kamujahat21
Ane bingung musti koment apa, ane kerja gak mood mulu
Temen kerja disini pada bego, malas mulu gak bisa diandelin
capek banget jadi org rajin


perasaan aja kali
kayaknya harus pindah nih ente gan kerjanya
ane naikin keatas siapa tau bisa dapet kerja baru ntar
bisa di coba nih gan

kadang suka ga mood
kalo yg karna bosen gimana gan
Quote:Original Posted By hardykazama
boleh nih tips nya gan


Quote:Original Posted By tokomapan
bisa di coba nih gan

kadang suka ga mood


makasih gan sudah mampir sukses ya semua urusannya hari ini!
Inti nya sih pekerjaan jangan dibikin jadi beban,di bikin santai aja biar gak puyeng ngurusin kerja'an yang numpuk
inget cicilan yg kagak kunjung lunas gann.. gan ane kagak ada emot tembak" jdinya pke ini aja ya gan..
Kalo inget tagihan dan tanggungan pasti semangat lagi kerjanya.
Quote:Original Posted By rendyprasetyyo


perasaan aja kali
kayaknya harus pindah nih ente gan kerjanya
ane naikin keatas siapa tau bisa dapet kerja baru ntar


Iya gan, ame esmosi mulu nih
Bikin ketampanan ane berkurang
Pokonya ane rajin

Ane ke BP duku kayanya ada yg seru
Quote:Original Posted By acejin
kalo yg karna bosen gimana gan


bosen bisa karena terlalu sering ngerjain yang itu itu aja yah gan?
masuk ke poin ketiga kayaknya, anggep aja dibalik semua kerjaan yang ngebosenin itu ada tujuan yang besar yang kalau gak dikerjain dampaknya bisa massive cari alternatif aktivitas penghilang penat dihari libur juga penting buat ngerasain hal-hal baru gan

maaf yah kalau gak berkenan, cuma segitu batas kepahaman ane
Quote:Original Posted By not.found.404




Jedokin palanya ke tembok Gan.
Dooor...


Ane maunya ke tete
Quote:Original Posted By kamujahat21


Iya gan, ame esmosi mulu nih
Bikin ketampanan ane berkurang
Pokonya ane rajin

Ane ke BP duku kayanya ada yg seru


kabarin yah kalau panastak sama panasbung bentrok

ane demen tuh kalau mereka bentrok, tapi cuma berani jadi SR aja
Page one gak ya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar