Pages


Kamis, 26 November 2015

[ O P I N I ] ● 10 Hal yang Jangan diucapkan kepada Seorang Desain Grafis


Quote:
Info Buat Juragan / Juraganwati Sekalian : Dalam Thread ini TS bukan bermaksud untuk memihak suatu pihak, kemudian menjatuhkan pihak lain. Tetapi TS hanya share ide dan pemikiran TS yang di rangkum dari berbagai sumber yaitu dari sini , sini , sini , sini dan sini yang membahas tentang sepak terjang seorang desainer dalam mengarungi bidang profesinya yang dilihat dari sudut pandang seorang desainer yang secara spesifiknya adalah sudut pandang seorang desain grafis, bukan dari sudut pandang pihak lain.
Jadi , mohon dimengerti.Kalo ada kesalahan kata : TS mohon maaf yang sebesar-besarnya, kalo ada yang kurang dalam pembahasan Thread ini : TS mengharapkan tambahan dari Kaskuser sekalian supaya melengkapi Thread ini.
Terima kasih atas perhatiannya dan selamat menyimak



Quote:

Una in Perpetuum Kaskuser

Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam Agan semua dimanapun Agan berada : Selamat datang di Thread Ane,
harapan Ane : Semoga Thread Ane dapat bermanfaat buat Agan sekalian





Quote:
Quote:Hal-hal Yang " Kurang Tepat " Bila Diucapkan Terhadap Seorang Desain Grafis

Quote:Terlepas dari berbagai alasan seorang Klien dalam menggunakan jasa seorang Desainer, tidak salahnya kita sebagai klien belajar untuk mengerti bahwa seorang desainer punya keterbatasan dalam memenuhi permintaan klien, baik dari sisi komposisi, kreatiftas, dan mood.
Nah, dibawah ini ada beberapa rangkuman tentang beberapa hal yang sebaiknya dihindari oleh seorang Klien dalam memakai jasa seorang desainer Grafis serta pada saat Klien memaparkan ide atau konsep terhadap sang desainer.
Disimak Gan.


Spoiler for Desain menurut Wikipedia:

Quote:
Quote:
Seorang desainer bukan Tuhan yang mengetahui secara utuh pemikiran Klien tentang Konsep yang dinginkan oleh seorang Klien meski hanya dipaparkan sedikt informasi tentang konsep yang dinginkan oleh sang Klien. Pendapat TS buat klien : kasih juga dong ide konsep secara detail,material,dll yang mendukung proses seorang desainer dalam memenuhi keinginan Klien. Desainer juga seorang manusia Gan.

Quote:



Spoiler for Mitos & Fakta Desain Grafis:

Quote:
Quote:
Share melalui media sosial boleh aja Om Gans, tapi bukan berarti memulai konsep pembuatan ide dari klien dasarnya dari situ juga Gan. Memang, mungkin juga Sang Klien sedang sangat sibuk dengan aktivitasnya sehingga tigak bisa bertemu dengan desainernya, tetapi kalo bisa sertakan juga detailnya, misalnya : pola, warna, arti konsep yang diinginkan sehingga dalam proses penyelesaiannya tepat sasaran.
Sisi positifnya : hasil desain terkesan profesional dan memuaskan.


Quote:



Spoiler for Mitos & Fakta Desain Grafis:

Quote:
Quote:
Alasan kenapa harus dihindari Klien karena pada saat selesai membuat draft, selanjutnya menjadi tugas copy writer untuk merancang kata-kata yang pas untuk desain tersebut, terkadang keberhasilan seorang copy writer dalam mengolah kata-katanya mampu menjadi maskot dan mendongkrak perhatian kalangan terhadap desain grafis yang dibuat. Kesimpulannya draft punya peran penting dalam dunia desain.
Secara logis yah : Bagaimana bisa seorang desainer membuat Draft kalo tidak ada konsep dasar pembuatan desain yang diinginkan oleh seorang Klien ?
Hasilnya : proses pengerjaannya berjalan ditempat alias tidak ada kemajuan sama sekali.


Quote:



Spoiler for Mitos & Fakta Desain Grafis:

Quote:
Quote:
Kepekaan visual merupakan salah satu faktor yang menentukan “keseimbangan” sebuah tata letak dalam desain. Keseimbangan yang dimaksud belum tentu berwujud tata letak yang simetris. Kepekaan visual sangat berkaitan dengan rasa di hati kita. Sebagai contoh bentuk lingkaran dan bujur sangkar yang memiliki tinggi yang sama secara matematis akan nampak lebih kecil lingkaran, maka dari itu perlu disiasati dengan memperbesar sedikit ukuran lingkaran. Intinya adalah gunakan kepekaan visual dan hati kita dalam mengolah tata letak (layout) desain.
Seorang desainer mempertimbangkan semua hal yang paling cocok dalam mendesain pesanan Klien, sehingga mampu memperoleh hasil maksimal dari konsep yang dibuat, baik dari sisi pesan, motif,dll. Dan apabila sang Desainer mengesampingkan faktor diatas karena keinginan Klien,
menurut TS : hasilnya kurang maksimal Gan.


Quote:



Spoiler for Mitos & Fakta Desain Grafis:

Quote:
Quote:
Lamanya proses desain tergantung dari tingkat kesulitan desain dan banyaknya desain yang harus diselesaikan oleh Sang Desainer.Proses mendesain adalah proses kreatif. Menyelesaikan 10 items misalnya butuh waktu 1 minggu, dan hal tersebut bukan pekerjaan yang sepele.
Kalo ada desainer yang desainnya hanya memakan waktu sebentar saja, seperti yang dikatakan oleh poster diatas, maka skill desainernya sudah mencapai tingkat SUHU
Pendapat TS tentang skill para SUHU: biasanya jadi target man para newbie seperti ane buat berguru.


Quote:



Spoiler for Mitos & Fakta Desain Grafis:

Quote:
Quote:
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain.
Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.


Quote:



Spoiler for Mitos & Fakta Desain Grafis:

Quote:
Quote:
Semua desain grafis harus tahu efek atau pesan yang disampaikan melalui hasil desainnya, jadi kata-kata dalam gambar diatas menjadi sedikit kurang berguna apabila berhadapan dengan desain grafis yang mengerti fungsi dasar pekerjaannya.
Defenisi : Desain Grafis adalah sebuah ilmu dan keahlian dalam perancangan media komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain baik itu berupa informasi mengenai sebuah produk dan jasa, yang idenya dituangkan ke dalam bentuk visual.
Sebuah produk desain yang sudah dipublikasikan kepada khalayak, tercipta melalui beberapa proses tahapan atau jenjang.


Quote:



Spoiler for Mitos & Fakta Desain Grafis:

Quote:
Quote:
Unsur dalam setiap hasil karya desain grafis terdiri dari bagian-bagian yang bisa diaplikasikan secara terpisah. Pada setiap hasil karya desain pasti ada minimal satu dari unsur berikut :Garis (Line), Bentuk (Shape), Tekstur (Texture), Ruang (Space), Ukuran (Size), Warna (Color), yang berhubungan serta mendukung dalam penyampaian pesan melalui hasil desain seperti permintaan Klien.

Dengan menggunakan unsur-unsur desain tersebut, seorang desainer akan membuat bentuk desain yang diinginkan Sang Klien. Tentunya supaya hasil desain dapat dilihat bagus (sesuai maksud dan tujuan pembuatannya), maka seorang desainer harus mengenal unsur-unsur di atas secara baik.
Nah yang bikin bingung TS : kalo seandainya seorang desainer grafis melakukan aktivitas desain sesuai dengan pesan di gambar diatas, apakah Sang Klien bisa menerima hasil desain dari sang desainer meskipun tidak sesuai seperti yang diinginkan oleh Klien ?


Quote:



Spoiler for Fakta Nyentrik:

Quote:
Quote:
Jika sang Klien melakuakn tindakan "edit" seperti pesan di gambar diatas, maka ketika gagasan itu ditiru dan dieksplorasi tanpa izin ( kecuali sang pencipta desain tsb share hasil karyanya kepada khalayak umum tetapi tidak membagi material asli hasil desainnya ) - ( kebanyakan desain grafis enggan membagikan material asli hasil desain sendiri- yang dibagikan adalah contoh hasilnya saja ), tentu akan melukai harga diri si pencipta. Belum lagi jika hasil dari plagiarisme tersebut menimbulkan kerugian dari segi materiil. Saat sebuah karya diplagiat, apa yang bisa dilakukan seorang desainer?

Kesaksian :
hehehe jadi inget dulu…sekedar bercerita aja.
pernah saya mendapat job dari marketing sebuah adv, dia mau buat brosur..lalu saya buatkan sampai dummy-nya..lalu sehari..seminggu..sebulan berlalu tidak ada kabar..waktu saya tanya marketingnya..dia jawab “blom ada feedback”

nah…yang bikin saya kaget tiba-tiba cover brosur saya sudah terpampang di sebuah tabloid PROPERTY (kebetulan brandnya dulu sebuah regency)..dah sangat terlihat sekali itu adalah sebuah hasil repro..dalam arti di scan..Saya mengenali disain itu karena terdapat bentukan grafis yang saya custom.. (Yah designer kan tau apa yg dibuatnya kan hehehe…)..Saya tunjukkan Tabloid itu ke sang marketing..heheh dia jawab “Nih tlp aja orangnya langsung!” hehehe ya sudah disini menurut saya sudah byk unsur tidak sehat jadi..ya…sudah saya jadiin ajang beramal hehehehe…

Kita semua tahu yah, pada lini bawah..dalam arti proyek2 disain yg sistemnya “let it flow” dan tidak masuk pada aturan2 dunia profesional…itu memang sangat byk terjadi distorsi2…maka mari “byk kampanye” di lini bawah… edukasi tiada henti…(IMHO)

FDGI Inspiring

-anto-
(thoms_design06@yahoo.com)
sumber


Quote:



Spoiler for Kesalahan/Kekeliruan Seorang Desain Grafis:

Quote:
Quote:
Hitam adalah warna terkuat dalam warna netral.
Sisi positifnya, biasanya diasosiasikan dengan kekuatan, elegan, dan formal.
Sementara sisi negatifnya, dapat diasosiasikan dengan kejahatan, kematian dan misteri. Hitam adalah warna tradisional saat berduka di banyak negara barat. Hitam juga diasosiasikan dengan pemberontakan di beberapa budaya, dan diasosiasikan dengan Halloween dan hal-hal gaib. Hitam biasanya digunakan dalam desain edgier dan juga desain yang sangat elegan.
Desain bisa konservatif atau modern, tradisional atau tidak konvensional, tergantung warna tersebut dikombinasikan dengan warn apa. Dalam desain, warna hitam biasanya digunakan untuk tipografi dan bagian fungsional lainnya karena kenetralannya. Hitam dapat lebih mudah untuk menafsirkan kesan canggih dan misteri dalam desain.
Pendapat TS :
Pentingnya jalinan komunikasi yang intensif antara desainer dan Klien sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak dinginkan oleh kedua belah pihak setelah melihat hasil desain, seperti yang ada dalam pesan gambar diatas.


Quote:



Quote:

Sekian dulu informasi dari Ane buat teman-teman Kaskuser sekalian yah..
Harapan TS : Semoga pada suatu waktu Indonesia punya kepekaan, baik dari sisi Desainer itu sendiri dalam berkomunikasi dengan Kliennya maupun dari sisi Klien dalam hal memahami serta menghargai tenaga desainer yang dipekerjakannya, yang bila dirangkum secara garis besar mencakup segi fungsi, ukuran, maupun hal lainnya yang mampu membangun komunikasi timbal balik antara keduanya serta mendukung pembangunan Dunia Desain Indonesia menjadi lebih baik dimasa depan.

Terima Kasih udah mampir dimari Agan/Aganwati



► Originalle posted by Mr.Agaz15
Copyright © Kaskus



Quote:




Spoiler for Repost Chek Result:




Quote:
Hal-hal yang Seorang Desainer Ingin Para Klien Tahu

Nah..... setelah baca page post # 1: lanjutan dibawah ini ada gambar yang isinya sedikit curahan hati seorang Desainer terhadap pekerjaannya dalam menghadapi Kliennya, yang apabila/seandainya Kliennya tahu, mungkin Sang desainer merasa senang.

Di simak Gan / Aganwati



Quote:
Spoiler for Curhatan 1:
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori :
  • Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lainyang sejenis.
  • Web Desain: desain untuk halaman web.
  • Movie & multimedia termasuk Video, animasi dan special effect.
  • Product Identity (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan Lansdcape.
  • Desain Produk, packaging dan sejenisnya.
Jadi menjadi sedikit menggelikan apabila seorang desainer diminta melakukan pekerjaan yang merupakan bukan bidangnya oleh klien, atau diminta untuk melakukan pekerjaan yang tidak mungkin oleh seorang desainer bila dilihat dari sisi profesi serta keahliannya.
Spoiler for Pilihan pekerjaan seorang desainer Grafis:
Perusahaan Periklanan / Advertising Agency
Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam periklanan: merancang strategi komunikasi sebuah merek, me-layout iklan di berbagai media (contoh: majalah, surat kabar, billboard, website, TV), fotografi, tipografi, ilustrasi.
Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan creative director, art director, copywriter, fotografer dan illustrator.

Creative Director: kepala tim kreatif dimana Art Director dan Desainer Grafis termasuk di dalamnya,
Art Director: pengarah segi design, umumnya dipegang oleh seorang berlatar belakang pendidikan desain grafis.
Copywriter: penulis naskah / konten berupa teks, yang bertujuan untuk promosi / informasi.


Spoiler for Video Menarik:



Quote:
Spoiler for Curhatan 2:

Kadang juga ada Klien yang menganggap pekerjaan seorang desainer itu simple nan mudah Gan, tetapi kalo seandainya sang Klien tahu kalau pekerjaan desainer grafis itu lumayan susah, mungkin juga mereka akan sedikit berubah cara pandangnya terhadap profesi desain Grafis.
Spoiler for Pilihan pekerjaan seorang desainer Grafis:
Branding Agency / Branding Consultant
Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam branding: merancang strategi identitas dan komunikasi serta visual brand, merancang logo dan identitas lainnya, membuat buku pedoman identitas, menerapkan logo dan identitas visual lainnya ke dalam berbagai media. Contoh: dari kartu nama, kop surat, website, sampai ke desain produk dan kemasan (packaging), seragam karyawan, interior, arsitektur, mobil, pesawat terbang).

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan: tim konsultan branding / branding expert yang terdiri dari ahli riset, bisnis, marketing, sosial budaya dan lainnya, juga dengan tim visualisasi / implementasi: copywriter, fotografer, illustrator, programmer, desainer interior, arsitek, kontraktor, desainer produk, dan berbagai pihak lain.

Desainer grafis yang menekuni bidang ini biasa disebut dengan desainer branding.


Spoiler for Video Menarik:



Quote:
Spoiler for Curhatan 3:

Menurut TS : maksud dari ajakan diatas adalah, dalam merancang serta memaparkan ide konsep oleh klien kepada desainer yang dipekerjakannya sebaiknya konsepnya jangan memenuhi setiap inci bidang yang mau diisi tetapi penempatan serta pengisian bidang desain harus sesuai dengan kebutuhan yang menunjukan arti desain tersebut dengan memperhatikan berbagai unsur desain sehingga dapat menghasilkan desain yang profesional yang mewakili pesan dari Sang klien.
Spoiler for Info : Unsur - Unsur Dalam Desain Grafis:
  • Garis (Line)
    Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.
  • Bentuk (Shape)
    Bentuk atau shape adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), segitiga (triangle), dan polygon.
  • Tekstur (Texture)
    Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, dan lain sebagainya.
  • Ruang (Space)
    Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya yang pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain. Sebagai contoh, tanpa ruang Anda tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraf. Tanpa ruang Anda tidak tahu mana yang harus dilihat terlebih dahulu, kapan harus membaca dan kapan harus berhenti sebentar. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
  • Ukuran (Size)
    Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Unsur ini digunakan untuk memperlihatkan mana objek manakah yang kita mau tonjolkan atau yang mau dipublis karenan dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
  • Warna (Color)
    Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Dalam perwarnaan hendaknya disesuaikan dengan desain yang akan kita buat. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas. Dalam prakteknya warna dibedakan menjadi dua: yaitu warna yang ditimbulkan karena sinar (Additive color) yang biasanya digunakan pada warna lampu, monitor, TV dan sebagainya, dan warna yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat (Substractive color) yang biasanya digunakan dalam proses pencetakan gambar ke permukaan benda padat seperti kertas, logam, kain atau plastik.


Spoiler for Pilihan pekerjaan seorang desainer Grafis:
Graphic Design Agency / Graphic House
Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis di Graphic Design Agency hampir sama dengan branding agency, bedanya ruang lingkup Graphic Design Agency biasanya lebih spesifik. Masing-masing agency memiliki fokus keahlian, misalnya di bidang desain kemasan / packaging, desain komunikasi perusahaan, desain publikasi, desain promosi, desain multimedia, desain web dan lainnya.

Perusahaan Penerbitan / Publication Company
Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang penerbitan: merancang strategi komunikasi maupun visual berbagai media (contoh: buku, majalah, tabloid, surat kabar), me-layout cover dan isi, fotografi, tipografi, ilustrasi, infographic. Juga merancang materi promosi media tersebut: brosur, poster, iklan, banner, dan lain-lain.

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan penulis, copywriter, fotografer, illustrator.

Spoiler for Video menarik:



Quote:
Spoiler for Curhatan 4:
Freelancer sederhananya dapat diartikan sebagai pekerja lepas. Artinya adalah seseorang yang bekerja tanpa terikat pada perusahaan manapun. Tenaga / skill nya dibutuhkan ketika pekerjaan tersebut dapat dikerjakan oleh seorang freelancer. Biasanya kategori pekerjaan yang dilakukan freelancer itu spesifik berdasarkan keahlian khusus. Misalnya; Desainer Grafis. Jadi : kalo ada yang menggunakan jasa para pekerja lepas harus bayar.....

Spoiler for Pilihan pekerjaan seorang desainer Grafis:
  • Percetakan & Digital Printing
    Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis di Percetakan umumnya: mempersiapkan desain mentah dari klien menjadi siap cetak, antara lain: mengoperasikan software dan hardware dalam kaitan dengan warna, font, film, pelat, kertas, dan lain-lain.
    Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan operator mesin, pihak perusahaan kertas.
    Saat ini, antara jenis instansi dan area pekerjaannya semakin tidak jelas batasannya, misalnya banyak advertising agency yang juga menerima pekerjaan logo atau percetakan yang menerima pekerjaan mendesain iklan.

  • Web / Software Development Company
    Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang web dan interface design: merancang konsep, struktur, navigasi, dan penampilan situs web, blog, software, information kiosk, mesin ATM, dan lainnya. Contoh: desain halaman web, banner, button, animasi flash, dan lain-lain.
    Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan copywriter dan programmer.

  • Perusahaan Film & Stasiun TV
    Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang perfilman & TV: merancang konsep visual, story board, title & credits, special effect, trailer, juga properti, stage design (background dan panggung), sampai materi promosinya: poster film, iklan, spanduk dan lainnya.
    Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan produser, sutradara, penulis naskah, kontraktor dan berbagai pihak lain.

  • Game Development Company
    Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang Game: merancang konsep, peraturan dan sistem game, karakter, setting lingkungan, sampai materi promosinya: poster film, iklan, spanduk dan lainnya.
    Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan produser, sutradara, penulis naskah, programmer, interface designer, animation designer, sound designer, dan lain-lain.

  • Di perusahaan manapun
    Desainer grafis dapat bekerja sebagai karyawan tetap di perusahaan manapun yang memerlukan jasanya. Contohnya di Bank, biasanya membutuhkan desainer untuk merancang formulir-formulir, desain kartu ATM dan kartu kredit, surat-surat tagihan dan amplopnya, brosur, iklan, poster untuk produk, dan lain-lain.
    Di tempatnya bekerja, desainer grafis bekerjasama dengan berbagai departemen dalam perusahaan itu.

  • Di lembaga pendidikan
    Desainer grafis dapat meniti karier di lembaga-lembaga pendidikan, baik sebagai pengajar tetap maupun paruh waktu. Terutama di jurusan yang biasanya berkaitan dengan desain grafis, contohnya: Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi, Teknologi Informatika.

Spoiler for Video menarik:



Tips Penggunaan Software

Quote:Original Posted By AdjieBuntu
Mejeng pejwan dulu deh...
Nice tips gan ane juga desainer grafis tapi pemula gan
Memang gak semua desainer pake Photoshop atau CorelDraw, ane aja pakenya Inkscape, karena menurut ane lebih ringan saat pengoperasian dan toolsnya gak ribet buat dipelajari sama pemula....

Quote:Original Posted By kapuk10
buset om TS panjang amat
nice share deh utk om TS :

Quote:Original Posted By vaantw88
setiap profesi yg dijalani bukan berarti bisa semuanya, repotnya di Indonesia 1 profesi harus bisa multi talent. pdhal bidangnya ga begitu, ane sendiri jg seorang desain grafis gan.


Opini Dari Suhu Desain Sekalian
Spoiler for Opini Para Suhu:
Quote:Original Posted By jokermemory
kantor ane paling sering ngelakuin yg no 1

Quote:Original Posted By message.error
Persisss ama ane gan..kejadiannya beberapa bulan lalu..ada yg minta dibuatkan Design untuk Brosur..bilangnya "gak jadi cetak"..pas ane lg jalan2 ke mall bersangkutan..disitulah ane merasa syok design brosur ane terpampang tanpa editan sedikitpun..tp ya sudahlah hitung2 amal saja..

Quote:Original Posted By ketjap.hakka
Emang Desain Grafis nggak segampang yg kebanyakan orang kira.
Sebagai IT, ane pernah coba buat game, orang awam mungkin pikir kebanyakan waktu pasti habis di coding, ternyata waktu ane kebanyakan habis di Desain UI
Coding sebentar, desain konsep yg lama
Kalo mau bikin game asal2an sih memang cepet selesai, tp kalau mau bagus & menarik harus diperhatikan banget estetika Desain Grafik

Quote:Original Posted By Badcouple
Setuju.. Ane sependapat dengan agan..
Ane pernah ngalami seperti yang agan alami waktu pembuatan skripsi ane dulu..
Soalnya untuk hasil terbaik banyak yg harus diperhatikan dalam pembuatan design grafisnya atau GUInya kecuali mau asal2an

Quote:Original Posted By dR.Akula24
capek kerjaan desain grafis, kyknya sering begadang dikejar deadline ampe pressure tinggi

Quote:Original Posted By rebon0
Mejeng dulu di thread keren, jago design ga harus jago apps design. But, this is when you play your brain imajine something wonderfull when another see it

Quote:Original Posted By a12s
yg kadang bikin ngelus dada ketemu client yg gak bisa ngungkapi konsep mereka, tp maunya macem2 + crewet, jd dengan sabar kita harus ngasih sample satu2 sampe mrk bilang "eaaa.. exactly like that...!!" rasanya capek, nyesek, perih tp tetep aja bahagia gan, sama rasanya kayak nembak gebetan digantung dan akhirnya diterima gan

Quote:Original Posted By ramatkj
Ya gitu deh gan.. kita mah ngalah aja.. dari pada kehilangan client

Quote:Original Posted By hyuga_akira
bener juga gan, kadang ane jengkel ketika klien mintanya "bikinin yang bagus, konsep you pikir ndiri"....

Quote:Original Posted By ZoFar7
ya, desain grafis itu gampang gak gampang. gampang kalo ikutin kemauan kita, gak gampang kalo orang nyuruh kita ngedesain menurut bagusnya kita, pas finishing ternyata dia gak suka sampe revisi revisi berkali kali, dan hasilnya menurut kemauan dia bukan kemauan kita, sedangkan diawal mau nya yg bagus menurut kita. dan jadinya buang buang waktu.
pernah suatu waktu ane bikin logo buat bos, si bos gak ngasih ide nya sama sekali, oke jadi gw bikin sendiri yg menurut gw bagus. eng ing eng, logo gw dibilang terkesan murahan. dan ide dia baru keluar, dan ide nya lebih murahan daripada bikinan gw
banyak sabar jadi anak desain

Quote:Original Posted By onlyworthy
kalo orang lagi ngedesign belom kelar jangan banyak komentar ntar kena gampar.
** baru gambar kotak udah dikomentarin harusnya segitiga
**baru kasih warna ijo udah dikomentarin harusnya warna merah
yang ada imajinasi ide ilang, matiin rokok... LU DESIGN SENDIRI NIH!. hahahha..

Quote:Original Posted By qassamzed
Kalo yg masalah suruh make logo di facebook, sebenernya lebih ke file logo itu sendiri, di fb resolusi foto/avatar gak besar dan bentuknya biasanya jpg/png. Sedangkan desain kalo Mau bagus pasti ngerjain Dari resolusi yg gede/vektor. Ujung2 jadi nambah kerjaan yg gak perlu ex: nge trace/remake/resize itu logo resolusi kecil dgn berbagai noisenya.. Cuma gara2 klien gak bisa provide file logo yg baik.

warna hitam / putih / abu-abu. Kadang2 Ada klien yg belum paham kalo hitam atau putih itu sangat flexible dan elegan. Tergantung tema/produknya jg sih hehe

"I trust you" ini bisa jackpot atau zonk hehe tergantung seberapa percaya si klien / presentasi Dari kita.

"Ngirim logo di word" harusnya sih gak masalah kalo gambar logo nya di dalem vektor/resolusi besar, mungkin klien gak begitu paham aplikasi desain .cdr .psd .ai .pdf dll.

Last, "its easy , a minute to do it" tergantung request editnya apa hehe ganti size,warna,posisi,tambah shape dll pasti bisa lah beberapa menit. Yang susah kalo disuruh ganti komposisi/desain utama atau nambah elemen besar (gambar/ilustrasi), harus bikin manual atau nyari stock image yang pas Dan masuk proses editing lg agar pas ke konsep Desain yg sebelumnya dibuat.

Pengalaman ane aja eace

Quote:Original Posted By tobi.andika
ya begitulah gan derita seorang designer, gw sih pernah tuh di minta client yang aneh aneh.. pernah suatu saat dia minta warna ijo.. ketika gua design warna ijo komen dia adalah " ijonya kurang ijo nihh gak sama. coba lebih ijo lagi dehh"
padahal dia sendiri yang ngasih sample warnanya..

langsung ane keluarin jurus color guide pantone.. suruh pilih aja tuh warnanya beserta kodenya biar puasss..

Quote:Original Posted By Adin_barnet
Ane juga graphic design dan illustrator di salah satu perusahaan di Indonesia.
Ampir tiap ari ane berantem ama banyak org yg ngeremehin designer termasuk para anak buah ane para designer yg diremehkan divisi lain.
Mrk mengira kerjaan deisgn itu hanya gambar ( kok enak ya? pikir mereka ).

I'll tell you something, it's beyond from that, stupid...

Thread ini bener semua. Nice thread, bro.

Quote:Original Posted By reznor666
jangan pernah bilang "masa bikin gitu aja harganya segitu, anak saya juga bisa kalo cuma bikin gitu doang mah"
hellow kalo gitu anak elu aja yg suruh bikin design
berdasarkan pengalaman pribadi

Quote:Original Posted By ervanspd14
Orang Design paling enak tuh client minta revisi trus gak ada fee tambahan coz padahal udah lewat dari perjanjian awal. Di tambah garismati numpuk rasanya di kepala gimana gitu.

Makan-nya sekarang gw kelompokin klienya
Tipe A, B, C, E
Tipe A, B klien baik & normal bisa bayar lebih nih tipe yg gw suka dan harus di keep, sampai jadi repeated klien.
Tipe C agak rewel tapi masih tepayin janji kebanyakan klien yg dateng mungkin tipe ini
Yang tipe E udah gak mau ngikutin sistem yg berlaku, galak gak bayar dll gw lempar ke perusahaan lain itung2 dapet uang affiliasi

Quote:Original Posted By kanzaki
buset...gw musti buffer dulu atu atu tar malem, pas jadi batman

paling malesin kalo ada temen yang butuh bantuan
temen : bro, tolong bantuin gw ya? buat design poster nih
gw : oke bro, mau kaya apa?
temen : aduh gw ga tau sih konsepnya gimana, yang penting seru, keren ama asik
gw :

atau kaya gini :
temen : bro tolong buatin design poster ya? buat event ni bareng temen gw
gw : oke bro.
temen : harganya jangan mahal mahal ya kan sama sama temen, gratis kalo isa, trus tar file aslinya jangan di merge ya? tar kasih gw biar bisa dibuat ulang
maklum dana gw terbatas
gw :

atau kaya gini :
temen : bro minta tolong buat karakter ya?
gw : oke, mau kaya apa?
temen : kaya gini (kasi refrensi)

---setelah dibuat beberapa alternatif ---
temen : kok ga ada yang cocok ya? bisa buat lagi ga yang laen?
gw : lah lu maunya kaya apa si?

the point was :
masyarakat terlalu menganggap enteng kerjaan design grafis, dikira operator.
bahkan dikira designer BISA semua.
da gitu giliran BISA semua, dikasih fee atau salary atau penghargaan seadanya

panteslah banyak designer, yang kerja atau freelance di luar. bis disini madesu si

oh ya, itu pengalaman pribadi gw si selama ini


alhasil sekarang gw kadang mayan kejam ama temen gw, fu*k da hell with word 'friend'
gw kuliah mahal mahal di GRAFIS, lah lu kaga hargain hasil karya

ibaratnya lu udah buat makanan mahal, da gitu minta resepnya dengan gratis
ngimpi berat.

Quote:Original Posted By kanzaki
ada yang lebih parah lagi, ditelepon :
A : tolong buatin gambar 3D ya? buat design ruko
gw : oke...paling 2-3 hari soalnya rendernya susah

---kelar ---
A : sip, biayanya ga mpe 1 juta kan ya? termasuk design banner dll juga?
gw : gigit jari kuku, matiin telepon, BLOCK

atau temen kenalan :
A : di vector in dong gambar ini, biar tar kalo di skala gede ga pecah
gw : oke

--kelar--
A : sip, kena charge nya murah kan ya? kan cuma vectorin doang.. gampang kan?
gw :
tutup telepon, BLOCK WA ama nomor kontaknya

Quote:Original Posted By Pazonda95
Ane kuliah jg jurusan desain grafis...tp makin kesini knp lebih tertarik jadi seniman (seni rupa) ya? lbh tertarik membuat gambar yg komposisis realistis baik manual maupun digital...yg tujuannya hanya utk dinikmati walaupun sih seniman jg ujung2nya ketemu klien jg...blm lagi sifatnya yg "unik sekali"

but jujur klo udh susah payah jungkir balik nangis darah membuat project desain buat klien...JANGAN MAU DIBAYAR MURAH
apalagi alasan paling gobloknya adalah GAMBARNYA GAMPANG INI KAN?

peralatan mungkin ga seberapa tp kreativitas,pemikiran konsep,dan proses pembuatannya lah yang itungannya MAHAL

sori klo emosi gini
udh bisa bayangin ketemu klien polos goblok bin rese

oh iya,
klo masih ada yg remehin desain grafis
jangan nyesel klo di dunia ini ga ada komik,iklan,banner,cover keren,dsj. :



Cerita Pengalaman Pribadi
Spoiler for Sharing Pengalaman:
Quote:Original Posted By thedominator
ane hati hati banget kalo request ke desainer nggak enak kalo banyak maunya malah bikin kesel

Quote:Original Posted By rrir
wakaka ane bukan graphic designer sih, kadang suka bantu2 desain buat temen atau keluarga aja. tapi tetep sih bagian yang "it'll only take a minute" ngeselin banget buat siapapun, mau dia graphic designer beneran atau cuma buat bantu2 ngedesain aja. apalagi kalo tau2 ada perubahan last minute kesel banget gan

Quote:Original Posted By rizkahgn
kalo ane gan bikin desain tp dia bilang gimana anenya aja, pas ane kasih liat eh ngga setuju kan trus dia minta begini begini dan eh ternyata bagusan yg td(bikinan ane sblm revisi) kan capecapein aja ya hahah tp ane kesel kesel pengen ketawa kalo kek gitu

Quote:Original Posted By gonxfreecs
wah bagus ni Threadny,ane punya pengalaman ni di suru temen ane ngerjain tugas seninya.Dia bilang kalo tugasnya itu gampang dan bilang ke ane "gitu aja lama amat" padahal ane lg konsen dan itu bisa ngebuat hasilnya jadi ga sesuai dgn apa yg diinginkan .

Quote:Original Posted By dayakjawa
jangan banyak permintaan gan , soal nya ada temen ane yang jadi desain grafis
katanya pusing ngelayani permintaan soal nya banyak permintaan ..
tapi ane memang udah pernah nyoba gan , ternyata gak semudah yang kita liat

Quote:Original Posted By hendreamer
ane IT gan. dulu pernah konsep bikin game simple2an, 2d scroll kayak mario.
konsep, cerita, desain level coret2, hero, musuh, senjata, item, effect. semua kerjain sendiri sepulang kerja.
hasilnya? mangkrak.
2 bulan cuma selesai desain hero, musuh, senjata masing2 satu biji doang.
No Offense. coding lebih gampang dimengerti dan dikerjain kalau menurut ane.
jangan anggap remeh orang desain! bisa jadi hasil mereka abstrak atau simple. tapi pasti ngena point nya! (kalau desain nya beneran)

Quote:Original Posted By aanksxxx
Yah bnr semua,
Sedikit cerita dr ane gan,
Waktu itu msh freelance sm tmn ane, waktu itu ada client minta bikinin poster, nah basi bgt tuh kl client cm nunjukin tema poster, waktu itu temanya global warming, dan menyerahkan semuanya ke temen ane, stlh selesai ternyata ga cocok dan menjelekan design yg di buat, dan client kabur...
DESIGN GRAFIS BUKAN SEKEDAR BAGUS GA BAGUS
Tapi banyak unsur didalamnya...
Lanjut nih, beberapa hari kemudian tuh client yg sama dateng ke ane dengan tema yg sama, tp bedanya kali ini rewel bgt, minta macem2, seolah pgn ngedikte, tp ujungnya ane tolak dgn alasan lg byk design yg ngantri,wkwk
Plg enak kl client pinter jelasin tema, konsep dll secara CUKUP, pasti hasilnya sangat memuaskan buat kedua pihak

Quote:Original Posted By kenyekenyel

Ngeliat agan ini ane ikut sedih, soalnya sekitar beberapa bulan yang lalu juga ane alamin bedanya cuma waktu itu ada distro yang minta didesainin, setelah ane selesain tiba" dia memutus hubungan gitu aja. Yang bikin wawnya lagi tiba" temen ane make kaos yang bergambar hasil dari desain ane tanpa ada perubahan sedikitpun

Quote:Original Posted By apparatjik
Klien paling buruk berdasarkan pengalaman pribadi ane adalah klien yg ngasih konten setengah setengah dengan brief yg isinya "terserah lo", waktu itu ane dapet projek bikin cover album + printilan nya dan ga berhasil ngerjain tepat waktu, karena jujur ane ragu ragu belom ada bayangan ngerjainnya karena sebagian besar materinya belom ane pegang, yang ajaibnya si klien minta biar ane bisa kerjain dulu aja sebagian besar projeknya dengan materi seadanya, luaaar biasa. Dan pas kelar nih, udah ketebak kan? Revisi sampe berminggu minggu (karena pas udh ane kelarin ternyata materi konten yg mau dimuat masih belom jg selese) dan hasilnya, bikin ane ga mau masukin nama di creditsnya, karena kesannya malah kayak itu bukan ane yg desain, berubahnya jauuuh banget. Efeknya buat ane? projek ane yg lainnya amburadul sampe hari ini dan ada yg terpaksa ane skip.


Mungkin orang lain ada yg bisa ngerjain dengan cara kaya diatas, tapi yg sering orang lupa, kan setiap org khususnya desainer punya caranya masing masing buat nyaman ngerjain sesuatu. Mungkin disini desainer masih dianggap setara dukun.

Quote:Original Posted By hario11
hahaha senasib gan ane juga anak hima yang sering jadi kuli desain kalo ada acara2
memang sih tekanan nya ga sebesar kalo berhadapan sama client beneran, cuma tetep aja kalo divisi lain ngomel "gimana sih div desain, bikin logo aja lama !" itu ngeselin juga sih



Komentar Aspirasi Pekerjaan
Spoiler for Kumpulan aspirasi Kaskuser:
Quote:Original Posted By Yusmartian
Sepertinya suara jritan anak2 desainer sudah terwakili dngn ada nya thread ini

Quote:Original Posted By hawk
di indo ga dihargai

Quote:Original Posted By h.Rz
wah kasian itu te es pengalaman nya desain nya diambil orang tanpa dibayar..

Quote:Original Posted By xzork
semua yang agan tulis juga berlaku buat programmer gan..
contoh simple nih :
eh, bikinin gw software buat toko dong, pas ditanyain apa aja isinya si client ngikut, abis dibikinin baru ngomong eh ini gini ini gitu dll, akhirnya sia2 semua kerjaannya, dan dia bilang ah kan gampang buat kamu, sepele kan gantinya cuma dikit..

Quote:Original Posted By lokerboy
kata2 mnyeramkan bt designer ; deadline

Quote:Original Posted By thonyorz
tolong dinget yah para klien yang punya duit

Quote:Original Posted By wandilia
bangga nya jadi desainer tuh gan pas kita lagi dijalan tiba2 ngeliat billboard dan kita bilang itu bikinan gw....atau gak lg iseng2 buka majalah/koran eh ada desain kita.....sering bgt gw gitu gan.....(gw kerja di kontributor stock photo)......kita jadi ngerasa karya kita di hargai orang...!

Quote:Original Posted By BomskEEd
Menjadi desainer grafis merupakan derita tiada akhir, tapi selalu ada nikmat dibalik itu semua

Quote:Original Posted By rockerwin
jujur di negara kita ini masih disepelekan n kurang dihargai para designernya
the ultimate rules :
1. klien tidak pernah salah
2. kalau ternyata terbukti klien melakukan kesalahan, kembali ke peraturan nomor satu.

Quote:Original Posted By frozenhanz
ane paling males sama yang suka bilang " Yailah cuma bentar doang " emang design segampang itu

Quote:Original Posted By Oozee
wkwkw, kerjaan ane bkn designer gan, tp bagian ane sering buat poster,banner,backdrop,dll untuk acara HIMA gan (ane anggota hima sih )..seharusnya jg d hasil karya d kasih nama kita biar orang tau, repot jg kalo kita yg buat tp orang lain yg publikasiin..
kek palawan tanpa tanda jasa ..
d kira desain gampang apa ya, ane buat 1-2 jam an kl gk capek, tp otak ngebul
jd designer jg kudu punya jiwa perfeksionis gan untuk karya yg maksimal

Quote:Original Posted By buluk77
Smoga para klien membaca ini!
Btw, nice threads gan, hampir semua nya ane alamin hehehe

Quote:Original Posted By dyeraandirana
ane bukan murni designer. bisa dikit ga terlalu mahir.
suka kagum gitu sama orang-orang yang tetep berkarir di bidang ini, meski klien mereka suka tawar ini tawar itu.
paling sedih, yang minta bayaran miring (agak murah) iya ga? udah minta ini itu, pengen gini pengen gitu. terus bilang, "nah gitu doang. gampang kan? berapa harganya? gratis aja deh ya? gitu doang ko ga susah"
heloow gue nge-design gra(f)is bukan design gra(t)is!
salut dah sama semua designer. maju terus! tetep semangat!

Quote:Original Posted By creztian
sebagai desainer newbie, terharu ane mbaca trit agan, betul semua dan kebanyakkan ane sudah mengalami sendiri
klien biasanya minta efeknya "dilebaiin", kalau iklan segala slogan dimasukin, desainnya harus penuh, revisinya hampir selalu memperjelek desain

semoga para klien dan calon klien yang baca ini tercerahkan dan para desainer bisa punya trik untuk menghindari hambatan2

Kagak bisa di spoiler aja itu gambarnya ??

puyeng bacanya
Quote:Original Posted By babanbe
Kagak bisa di spoiler aja itu gambarnya ??
puyeng bacanya

Wah...... Om Momod, maap dah....
Ane meluncur buat Masukin spoiler yah..
edit
Udah Om Momod,
Plus : mohon koreksinya


great info gan
ternyata bidang design grafis itu luas banget ya..
ga nyesel ane berkarir di design grafis..
ane hati hati banget kalo request ke desainer

nggak enak kalo banyak maunya malah bikin kesel
kantor ane paling sering ngelakuin yg no 1
Tough juga ya menjadi seorang desainer grafis
Komplit banget penjelasan nya haha..
Mejeng pejwan dulu deh...
Nice tips gan ane juga desainer grafis tapi pemula gan
Memang gak semua desainer pake Photoshop atau CorelDraw, ane aja pakenya Inkscape, karena menurut ane lebih ringan saat pengoperasian dan toolsnya gak ribet buat dipelajari sama pemula....
jangan ganggu orang lagi ngedesain gan.

Ati ati kena tampol
gue kalau mau order sama temen yang di bidang desain grafis ... suka ngga enak aja kalau banyak nanya
Quote:Original Posted By cripick
great info gan
ternyata bidang design grafis itu luas banget ya..
ga nyesel ane berkarir di design grafis..

Iya Gan. Luas banget. Butuh skill yang mumpuni buat menyandang gelar suhu.
Lagian setau ane bidangnya cukup kompetitif kok.
Nah faktor yang paling nyesekin ntu yah, kalo gak salah pas ngadapin Klien yang super ribet. kasih motivasi dari mario treguhs ampe 1000 kali kayaknya kaga bakal mempan, tapi yah klien yah klien. [ tapi ini dari sudut pandang desainer yah, no sara ]


Quote:Original Posted By thedominator
ane hati hati banget kalo request ke desainer
nggak enak kalo banyak maunya malah bikin kesel

Berarti kudu detail gan yah ? Menurut ane kalo semuanya udah lengkap pas ngasih request, desainernya kaga banyak maunya karena semuanya yang ingin ditanyakan serta diajukan udah ada. Mungkin yang ribet pas nego harga jasa desainnya Gan
BTW : Request cara ngadapin desainer ribet dari sisi para klien Gan, ane ingin tau Gan
[#maap kalo ane kepo ]

Quote:Original Posted By jokermemory
kantor ane paling sering ngelakuin yg no 1

Yah....
Berarti juragan kudu berfikir lebih luas serta mikirin hal lainnya juga selain bidang profesi agan yah ?
Sabar Om Gan
Persisss ama ane gan..kejadiannya beberapa bulan lalu..ada yg minta dibuatkan Design untuk Brosur..bilangnya "gak jadi cetak"..pas ane lg jalan2 ke mall bersangkutan..disitulah ane merasa syok design brosur ane terpampang tanpa editan sedikitpun..tp ya sudahlah hitung2 amal saja..
Hargailah setiap profesi orang
tetap hargai setiap profesi orang.....
Buseng panjang bingit.. nyicil deh bacanya
gue kalau mau order sama temen yang di bidang desain grafis ... suka ngga enak aja kalau banyak nanya
Emang Desain Grafis nggak segampang yg kebanyakan orang kira.
Sebagai IT, ane pernah coba buat game, orang awam mungkin pikir kebanyakan waktu pasti habis di coding, ternyata waktu ane kebanyakan habis di Desain UI
Coding sebentar, desain konsep yg lama
Kalo mau bikin game asal2an sih memang cepet selesai, tp kalau mau bagus & menarik harus diperhatikan banget estetika Desain Grafik
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar