Pages


Jumat, 27 November 2015

Mau Bangun Rumah Bray? Kenali Dulu Istilah, Model & Gaya-Gaya Desainnya

Quote:


Braaay, kali ini gua mau ngebahas soal rumah. Ngomongin soal rumah ternyata ada banyak model (desain) dan gaya gaya rumah yang belum tentu semua orang tau. Itu baru bicara soal model........Belum lagi kalo kita bicara tentang nama atau istilah istilah pada setiap bagian rumah.

Kebanyakan orang termasuk gua hanya tau dan hafal bagian rumah yang umum umum aja seperti : Ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Sisanya paling taman dan garasi. Maklum aja bray kita kan bukan arsitek....

Oke bray, biar gak panjang lebar langsung aja kita liat seperti apa sih gaya gaya rumah tersebut? Berikut hasil rangkuman yang berhasil gua kumpulin selama berhari hari :




Quote:Gaya Rumah Kontemporer



Bray, gaya rumah kontemporer adalah salah satu model rumah yang banyak dibangun dibanyak negara di seluruh dunia . Secara prinsip gaya rumah kontemporer ini relatif agak agak mirip dengan gaya atau desain rumah minimalis.

Seperti juga gaya minimalis, gaya kontemporer ini cenderung menggambarkan desain dan bentuknya yang modern, kekinian, dan variatif. Dengan kata lain gaya kontemporer adalah gaya yang mengikuti perkembangan jaman alias up to date.

Arsitektur modern kontemporer secara umum bisa dikenali melalui desainnya yang sederhana, praktis dan fungsional dengan pengolahan bentuk geometris yang simple dan warna-warna netral dengan tampilan yang bersih.

Berikut adalah beberapa contoh desain model rumah gaya kontemporer :


Spoiler for :


















Quote:Gaya Rumah Modern



Gak beda jauh dengan gaya rumah kontemporer, gaya rumah modern juga cenderung memiliki desain dan model yang hampir sama. Hanya saja model rumah modern ini secara umum memiliki bentuk rumah yang terlihat lebih kaku dengan bentuknya yang kotak kotak, namun terlihat sangat futuristik.

Kebanyakan gaya rumah modern cenderung terbuka dan mengandalkan banyak pemasangan kaca dengan ukuran yang relatif lebih lebar.Dan bagi sebagian orang terutama di Indonesia gaya rumah seperti ini dianggap kurang memiliki privacy.

Berikut adalah beberapa contoh desain rumah gaya modern :


Spoiler for :
















Quote:Gaya Rumah Tradisional



Gaya rumah tradisional adalah gaya rumah yang mengikuti kekhasan masing masing daerahnya. Tapi secara desain gaya tradisional juga tidak berarti harus mutlak 100%. Sebab bisa saja pada beberapa bagian tertentu diberikan sentuhan sentuhan desain lain.

Gaya tradisional ini secara umum desainnya cenderung konvensional atau sedikit bergaya kolot. Sebut aja misalnya gaya 'Spanyolan' yang di Indonesia sempat menjadi trend waktu itu. Di beberapa negara di Eropa, termasuk Indonesia, pada bagian depan gaya rumah tradisional ini biasanya memiliki atap yang berbentuk segitiga.

Dan bukan cuma gaya Spanyolan, karena setiap negara memiliki gaya rumah tradisionalnya masing masing. Ada yang bergaya ala rumah Belanda, Irlandian, Amerika, Jepang, Indonesia, dan lain lain.

Berikut adalah beberapa contoh desain rumah gaya tradisional :


Spoiler for :




















Quote:Gaya Rumah 'Beach Style'



Dari namanya saja 'Beach Style' yang berarti rumah dengan gaya atau desain pantai dan atau yang berbau pantai. Padahal tidak selalu begitu juga. Karena sebetulnya gaya rumah ala pantai ini agak mirip juga dengan desain rumah tradisional. Dan dibeberapa negara rumah dengan gaya beach style ini banyak yang mengadopsi desain minimalis atau modern.

Berikut adalah beberapa contoh desain rumah gaya 'Beach Style' :


Spoiler for :




















Quote:Rumah Gaya 'Asian'

Rumah gaya Asian adalah gaya rumah ala orang Asia yang pada bagian tertentu memiliki kekhasannya masing masing. Seperti juga gaya tradisional, rumah gaya Asian ini memiliki keunikannya sendiri. Penggunaan material kayu dan bambu cukup mendominasi pada ruang atau bagian tertentu. Misalnya rumah Asian ala Jepang atau China, begitu juga dengan rumah Asian ala Indonesia.

Biasanya rumah bergaya Asia itu memiliki beberapa elemen penting yang harus ada pada desain interiornya. Elemen yang pertama adalah pintu geser kaca ataupun kaca-kaca besar yang bisa memberikan pemandangan langsung pada taman.

Berikut adalah beberapa contoh desain rumah gaya 'Asian' :



Spoiler for :
























Quote:Gaya Rumah 'Craftsman'



Gaya American Craftsman, atau gerakan Seni dan Kerajinan Amerika, adalah arsitektur, desain interior, dan desain lansekap ala Amerika. Yang juga diterapkan dalam gaya seni dekoratif dan filosofi gaya hidup yang dimulai pada tahun-tahun terakhir abad ke-19. Sebagai sebuah gerakan desain dan seni yang luas, gaya tersebut tetap populer hingga tahun 1930-an. Namun, dalam perjalanannya seni dekoratif dan desain arsitektur itu terus berkembang hingga sekarang ini.

Ciri khas rumah gaya 'Craftsman' biasanya ada pada bagian muka atau beranda yang cenderung tebal dengan tiang tiang penyangga yang pada bagian bawahnya terlihat sangat kokoh. Sekilas terlihat mirip seperti bungalow.

Berikut adalah beberapa contoh desain rumah gaya 'Craftsman'' :


Spoiler for :
















Quote:Gaya Rumah 'Farmhouse'



Rumah ala Farmhouse adalah bangunan atau rumah yang berfungsi sebagai tempat tinggal utama dalam suasana pedesaan atau pertanian. Dalam sejarahnya, rumah-rumah pertanian tersebut sering dikombinasikan dengan tempat untuk hewan yang disebut dengan housebarn. Rumah-rumah pertanian lainnya dapat dihubungkan ke satu atau beberapa lumbung untuk menyimpan hasil pertanian.

Rumah rumah ala 'Farmhouse' sering banget tuh ditampilkan di film film koboy, atau yang paling populer ada di serial The Walking Dead. Rumah dengan gaya seperti ini cocok banget kalo dibangun di pedesaan atau di sekitar lokasi pertanian. Meskipun gak menutup kemungkinan gaya seperti ini bisa juga diterapkan di kota kota. Mau bangun gaya ini bray?


Berikut adalah beberapa contoh desain rumah gaya 'Farmhouse'' :



Spoiler for :




















Quote:Rumah Gaya Industrial



Rumah gaya industri bisa dikenal dari bentuk bangunannya yang terkesan gelap, kuat, dan sekilas terlihat seperti bentuk pabrik kecil. Material yang paling menonjol dari rumah gaya industrial adalah penggunaan bata yang diekspos, beton, lalu banyak menggunakan juga elemen elemen seperti baja, saluran pipa air dan ventilasi.

Rumah dengan gaya industrial keren banget dan keliatan lebih macho. Cocok untuk lelaki yang berjiwa petarung dan penuh semangat kerja.


Berikut adalah beberapa contoh desain rumah gaya industrial' :



Spoiler for :




























Quote:Rumah Gaya Mediteranian



Gaya rumah ala Mediteranian dapat dikenali dari bentuknya yang sangat elegan, klasik, dan mewah. Seperti yang sering kita liat dibeberapa negara seperti Italia, Turki, Spanyol, dan Yunani.

Sebuah rumah bergaya Mediterania biasanya tidak akan lebih tinggi dari dua lantai dan seluruhnya memiliki jendela-jendela besar. Atap miring dari garis atap menyediakan emper yang indah yang bisa menjadi tempat duduk yang teduh di lokasi panas. Membawa alam ke dalam ruangan seringkali merupakan bagian dari struktur desain karena iklim di sekeliling Mediterranean sejuk dan hangat, interior halaman, beranda, dan bahkan balkon yang praktis dan lain sebagainya. Kolom dan lengkungan tinggi juga merupakan ciri khas gaya ini.


Berikut adalah beberapa contoh desain rumah gaya Mediteranian :



Spoiler for :












Quote:Rumah Gaya 'Tropical'



Gaya arsitektur “Rumah Tropis”. lebih mengedepan kesan natural dengan memanfaatkan sisi alamiah dari rumah itu sendiri. Biasanya rumah dengan gaya tersebut identik dengan tumbuhnya beberapa pohon palm atau kelapa di sekitar rumah tersebut. Dengan ukuran pintu dan jendela yang relatif lebih besar....Tujuannya agar sirkulasi udara yang sehat dapat masuk ke dalam ruangan.

Penggunaan bahan material semacam kayu dan papan cenderung lebih diutamakan. Indonesai sendiri sebagai sebuah negara gua rasa cocok dengan model rumah seperti ini. Karena karakter rumah tropis memang didesain sesuai untuk daerah beriklim tropis.

Adapun bentuk desainnya bisa dibuat sedemikan rupa atau disesuaikan dengan selera si pemilik rumah itu sendiri. Mau dibuat dengan gaya minimalis modern atau sedikit diberi aksen dan sentuhan tradisional ala Indonesia.

Berikut adalah beberapa contoh desain rumah gaya Tropical :


Spoiler for :




















Quote:


Dan bukan cuma itu bray, selebihnya masih banyak berbagai macam model rumah dengan gaya dan desain yang unik. Sebut saja misalnya rumah dengan gaya : Midcentury, Rustic, Scandinavian, Shabby-Chic Style, Southwestern, Electric, Transitional, dan ala Victorian.



Quote:Oke bray...Sebelum gua tutup ada baiknya gua juga perlu sedikit menjelaskan sekaligus berbagi ilmu tentang istilah itilah yang dikenal dalam dunia arsitektur, seperti berikut ini :



1. Patio adalah taman yang terletak di tengah atau di dalam rumah. Negara yang menggunakan patio pertama kali adalah negara-negara yang iklimnya berada dalam pengaruh padang pasir besar, seperti di negeri-negeri (berbahasa) Arab. Satu-satunya cara untuk memiliki taman di sana adalah dengan membuatnya di tengah rumah.




2. Void adalah ruang kosong atau lantai hampa yang menghubungkan antara satu lantai dengan lantai yang lain. Biasanya void dibiarkan dengan kesan terbuka guna memberikan kesan lapang dan luas pada bangunan. Namun, void juga bisa dimiliki oleh rumah berlantai satu tanpa tingkat, jika memiliki plafon tinggi, dan membiarkan ruang kosong antara plafon tersebut. Kebanyakan masyarakat yang memiliki void pada rumah tak bertingkat memasanga lampu gantung yang cantik.




3. Deck (dek) dalam dunia arsitektur, adalah permukaan datar yang bentuknya mirip dengan lantai, dengan posisi lebih tinggi dari tanah halaman. Biasanya terletak di luar rumah (outdoor) pada bagian belakang. Digunakan untuk sekedar santai atau kegiatan keluarga lainnya.




4. Porch yang bisa diartikan sebagai beranda atau serambi rumah merupakan sebuah ruang di bagian depan rumah (teras rumah). Fungsinya bisa macam macam baik untuk santai atau aktifitas lainnya. Biasanya terdapat beberapa buah kursi dan meja.




5. Corridor adalah Lorong dalam rumah yang menghubungkan antara suatu ruang dengan ruang lainnya.




6. Carport adalah ruang atau tempat untuk menyimpan kendaraan baik mobil maupun jenis kendaraan lainnya. Berbeda dengan garasi, kondisi carport lebih terbuka tanpa pengamanan permanen.

Carport biasanya dibangun dengan struktur bangunan yang portabel, umumnya dengan pemasangan atap datar yang disokong oleh empat tiang, atau hanya berbentuk kanopi yang di bangun di depan garasi. Berbeda dengan garasi, carport tidak menjamin keamanan barang-barang yang Anda letakkan di bawahnya karena semua sisi carport terbuka sedangkan garasi tidak mempunyai sisi yang terbuka. Meski begitu carport masih dapat melindungi kendaraan dari kerusakan yang disebabkan cuaca dan paparan material dari lingkungan sekitar.




Quote:Oke bray sementara itu aja dulu yang bisa gua suguhkan. Mudah mudahan ada manfaatnya.....Laen waktu kalo sempet pasti gua update lagi. Biar gua dan semua KASKUSer pada pinter....Hehehehe





Quote:Beberapa foto dan video diambil dan diolah dari berbagai macam sumber di internet. Dan dipergunakan sebatas untuk informasi belaka.
ane demen rumah model tarzan gan..

bisa liat pemandangan alam nan luas

Spoiler for :


RESERVED BRAY...BUAT KONTRAKAN
rumah masa depan gan
Ane suka model rumah minimalis dengan gaya eropa . Kalo diliat itu loh . Keren abis
gaya rumah kontemporer berasa classy gitu ya
Kalo tradisional kayak rumah hantu gitu ya.
Ane demen model modern tuh.
Quote:Original Posted By mtfrisianflag
ane demen rumah model tarzan gan..
bisa liat pemandangan alam nan luas
Spoiler for :


Wajar gorilla mah hidup diatas pohon.
Kalo bab gimana tuh?
keren gan
Rumah impian banget ini gan, ditambah istrinya cakep, wah sempurna.
Yg enak tu rumah warisan gan,tinggal nempatin
Aaahahahaha
Yo bray besok gua mau bangun rumah gaya rustic bray

elo yg jadi arsiteknya ya bray
edit :kampret dopost bray
Keren gan,pake ss dong bnyk yg ga kuat waffer
Quote:Original Posted By mrautumn

Wajar gorilla mah hidup diatas pohon.
Kalo bab gimana tuh?


Ah ane mah demen gaya indonesia aja ah gan ane masih cinta indonesia soalnyee.
tapi yang jadi masalah tanah siapa yg bakalan ane jadiin rumah ya?
duit aje lom cukup buat beli tanah
Aku suka yg gaya modern kontemporer gitu gan

secara bentuknya gak ngebosenin jadi gak lekang dimakan jaman modelnya tetep aptudet
Yg pasti mahal2 itu ya biaya bangunnya
Setdahhh,,, jadi kepengen nih punya rumah all model all desain


End of pageone.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar