Pages


Rabu, 25 November 2015

Star Wars Day Special: Fakta tentang Lightsaber yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Gak nyangka jadi HT ke 3
Tengkyu kaskuser, mimin, dan juga momod..





4 Mei selalu diperingati sebagai hari Star Wars sedunia. Banyak teori yang menyebabkan mengapa para fans Star Wars menganggap tanggal tersebut merupakan Star Wars Day. Salah satu diantaranya adalah tanggal ini seringkali dipelesetkan sebagai “May the 4th be with you” yang mengacu kepada salah satu ungkapan tenar dalam beberapa seri Star Wars, “May the Force be with you”. Selain itu, bulan Mei juga diperingati sebagai bulannya Star Wars, karena semua film Star Wars dirilis di bulan ini, mulai dari Star Wars Episode IV tahun 1977 lalu, hingga yang terakhir Episode III tahun 2005 lalu. Tidak termasuk dengan Episode VII, yang menurut rencana akan dirilis pada 18 Desember 2015 yang akan datang.

Menyambut hari Star Wars sedunia yang jatuh hari ini, kali ini Duniaku memberikan sebuah artikel spesial mengenai beberapa hal yang mungkin tidak kamu ketahui tentang Lightsaber. Ya, Lightsaber sudah menjadi pedang ikonik, yang digunakan para ksatria Jedi untuk bertarung. Mungkin selama ini kamu mengenal Lightsaber sebagai sebuah pedang cahaya, yang memiliki kemampuan memotong luar biasa, dan dikombinasikan dengan berbagai gerakan khas untuk memainkannya. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya, siapa sih awalnya yang membuat senjata ini? Apakah ada varian lain dari Lightsaber yang mungkin selama ini belum kita ketahui? Yuk kita simak bersama!

Awalnya Disebut dengan Lazersword

Memang tidak pernah direferensikan dalam film, namun lazersword ini hanya disebutkan dalam draft-draft awal Star Wars yang ditulis oleh George Lucas. Kata Lightsaber sendiri merupakan improvisasi dari lazersword tersebut.


Awalnya Dibuat untuk Dark Side
Spoiler for :


Prototype Lightsaber pertama kali dikenal sebagai Forcesaber, dan awalnya merupakan sebuah kumpulan energi Dark side yang disalurkan ke dalam sebuah mata pedang melalui Kristal dan beberapa bahan kimia. Katakanlah, jika ada seorang Jedi yang mengambil Forcesaber ini, ada kemungkinan dia akan mendapatkan energi Dark Side tersebut dan mengubahnya menjadi jahat. Beberapa master Jedi pertama akhirnya membuat Lightsaber agar bisa mereka gunakan tanpa harus menerima resiko terkena pengaruh kekuatan Dark Side.

Awalnya Lightsaber Menggunakan Tenaga Baterai Eksternal

Spoiler for :


Lightsaber pertama, yang juga dikenal sebagai protosaber, tidak menggunakan sel tenaga yang ditanam di dalamnya, karena pada saat itu para Jedi belum menemukan teknologi tersebut. Akibatnya, protosaber menggunakan sumber tenaga baterai eksternal, yang membuat para Jedi harus membawa baterai di punggungnya, yang disambungkan ke Lightsaber dengan menggunakan kabel. Jika kabel ini terputus, lightsaber sudah tidak ada gunanya lagi. Yang menarik, ternyata kaum Sith lah yang pertama kali mengembangkan sebuah sel tenaga yang bisa ditanamkan ke dalam lightsaber, sehingga tidak perlu membawa baterai di punggung lagi…

Lightsaber Bisa Berwarna-Warni
Spoiler for :


Warna pedang dari Lightsaber ditentukan oleh Kristal yang digunakan untuk memfokuskan energi, bukan karena energi yang dipancarkan. Baik Jedi merupakan Sith sama-sama bisa menggunakan lightsaber warna apapun. Namun selama ini yang kita kenal, para Sith memiliki kebiasaan untuk menggunakan warna merah. Sedangkan para Jedi, memiliki kebiasaan menggunakan warna biru atau hijau. Warna ini muncul karena Kristal dari planet Ilum yang mereka gunakan untuk membuat Lightsaber seringkali berwarna hijau dan biru.

Bahkan Lightsaber juga Bisa Berwarna Hitam
Spoiler for :


Hanya ada satu Lightsaber berwarna hitam, yang dikenal dengan Darksaber. Darksaber adalah sebuah senjata kuno milik Jedi yang sebelumnya pernah dicuri oleh Mandalore.

Kisah dibalik Lighstaber Warna Hijau milik Luke di Return of The Jedi.
Spoiler for :


Lightsaber Luke yang muncul dalam Return of The Jedi awalnya berwarna biru, dan beberapa kali muncul dalam materi promosi film ini. Namun akhirnya Lucas memutuskan untuk menggantinya dengan warna hijau, karena warna biru sulit terlihat saat terjadi pertarungan di Sarlacc, dan “tenggelam” di balik warna langit birunya.

Lightsaber Sebenarnya Ilegal saat Pemerintahan Empire.

Spoiler for :


Rupanya percobaan membunuh semua Jedi tidak cukup bagi Emperor Palpatine. Dia bahkan menegaskan, bahwa memiliki Lightsaber adalah sebuah tindakan kriminal. Bahkan dirinya melarang perdagangan Kristal yang digunakan untuk membuat Lightsaber di seluruh Galaksi tanpa terkecuali. Hanya Darth Vader-lah yang mendapatkan “dispensasi” untuk menggunakan Lightsaber-nya. Curang ya?

Lightsaber Bukan Satu-satunya Senjata yang Memancarkan Cahaya
Spoiler for :


Meskipun jarang ditemukan, namun terdapat beberapa Lightsaber yang memiliki pegangan lebih panjang, namun dengan mata pedang yang lebih pendek. Beberapa diantaranya digunakan oleh para penjaga Jedi di Jedi Temple, dan juga dimiliki oleh para penjaga Emperor Palpatine. Selain itu, salah satu assassin milik Emperor, Lumiya memiliki Lightwip, sebuah senjata whip yang menggunakan Kristal ala Lightsaber. Beberapa senjata lainnya adalah Lightsaber Tonfa, yang memiliki pegangan spesial, serta Lightclub yang mirip dengan Lightsaber tapi lebih besar.

Terdapat Tujuh Gaya Bertarung Menggunakan Lightsaber
Spoiler for :


Antara lain:
  • Shii-Cho, atau “the Way of the Sarlacc”
  • Makashi, atau “The Way of the Ysalamiri”
  • Soresu, atau “The Way of the Mynock”
  • Ataru, atau “The Way of the Hawk-Bat”
  • Shien/Djem So, atau “The Way of the Krayt Dragon”
  • Niman, atau “The Way of the Rancor”
  • Juyo/Vaapad, atau “The Way of the Vornskr.”


Lightsaber Bisa Memotong Apa Saja
Spoiler for :

Sebuah gauntlet yang terbuat dari Cortosis

Meskipun begitu, tetap ada beberapa material yang kebal terhadap pedang Lightsaber, dan seringkali material ini digunakan sebagai bahan untuk membuat armor. Salah satunya yang paling popular adalah Cortosis, yang memiliki kemampuan untuk membuat cahaya Lightsaber memendek saat menyentuhnya. Namun sayang, Cortosis sangat berbahaya saat disentuh, sehingga memerlukan beberapa pengolahan sebelum dijadikan bahan untuk membuat armor. Karena diolah lagi, kemampuannya pun sedikit berkurang menjadi hanya bisa memantulkan Lightsaber saja. Beberapa makhluk seperti Lava Dragon juga memiliki kulit yang secara alami kebal terhadap mata pedang Lightsaber.

Memotong Tangan dengan Lightsaber Adalah Salah Satu Teknik Bertarung.
Spoiler for :

Cho Mai

Seringkali kita melihat adegan pertarungan yang berujung kepada memotong tangan lawan bertarungnya. Beberapa yang paling tenar adalah saat Darth Vader memotong putranya sendiri, Luke dalam sebuah adegan pertarungan di Empire Strikes Back. Ternyata itu adalah salah satu teknik bertarung menggunakan Lightsaber yang disebut Cho Mai! Selain Cho Mai, ada juga teknik lain yang disebut dengan Cho Mak, yang artinya memotong bagian tungkai kaki. Selain itu ada Cho Sun yang artinya memotong kekuatan pegangan Lightsaber lawan dan Mou Kei yang merupakan teknik memotong tungkai beberapa musuh sekaligus dalam sekali serangan.

Demikian lah trit saya, jika berkenaan boleh di timpuk
Spoiler for Sumber:


Tambahan Kaskuser
Spoiler for :
Quote:Original Posted By sasrabirawa
Warna Lightsaber juga menyimbolkan para pemakainya :
Warna Merah identik dengan Sith (Dark Jedi)
Warna kuning dan biru umumnya dipakai oeh para Padawan dan Jedi Knight
Warna hijau dipakai oleh Jedi Master dan Jedi Council macam Yoda, Qui Gon Jinn, Ben Kenobi atau Ki Adi Mundi
Warna Ungu ini yang nyeleneh, Ungu identik dengan Mace Windu karena warna ini permintaan khusus Samuel L jackson saat dirnya ditawari ikut main. ungu adalah warna favorit Jackson. Tapi secara filosofi, ungu adalah warna yang melambangkan dua sisi (ungu sendiri adalah campuran biru dan merah dimana biru melambangkan Jedi dan merah melambangkan Sith), jadi pemegang warna ini punya kemampuan pengendalian diri yang hebat soalnya salah dalam melangkah, dia bakal terjerumus ke dalam dark forces

kalau di Expanded Universe ada warna :
Orange : Melambangkan Sentinel Jedi, yang bertugas sebagai tim Klandestin (intelijen). Sentinel Jedi ini skill tarungnya biasa biasa saja, tapi kekuatan force nya besar. Mereka juga tidak melulu bergantung pada lightsaber, tapi juga jagoan dalam menggunakan senjata lainnya seperti pistol atau senapan
Putih : Melambangkan Jedi yang simple minded. biasanya dimiliki oleh Imperial Guard
Gold : Jedi yang sangat skillful dalam berduel tapi forcenya biasa biasa saja
Silver : Jedi yang cool dan nggak gampang terprovokasi. Jedi tipe ini enggan terlibat dalam pertarungan, kecuali dalam keadaan yang sangat memaksa
Bronze : melambangkan Jedi dengan kekuatan fisik yang sangat besar
Hitam sengan cahaya putih. Lightsaber ini sangat langka. hanya muncul sekelebatan saja, kehebatannya juga nggak jelas, begitu juga dengan kemampuan pemakainya sama nggak jelasnya. disebut langka karena bentuk mata pedangnya enggak berbentuk tube melainkan berbentuk katana. Pemiliknya bernama Pre Viszla. sama seperti pedangnya, Pre Viszla in ijuga nggak jelas. yang pasti skill duelnya sangat dangkal, alias cuma menang gaya gayaan doang


waow keren juga nih ane dulu suka pake neon bekas gan
sekilas mirip pedang matahari miliknya satria baja hitam RX
Quote:Original Posted By brandy007
sekilas mirip pedang matahari miliknya satria baja hitam RX


Ho oh bener

Konsepnya KBH nyontek Star Wars mungkin karena Star Wars kan udah pakai lightcyber sejak jaman KBH masih Super One
Quote:Original Posted By tokomapan
waow keren juga nih ane dulu suka pake neon bekas gan


ente main pedang2an pake neon bray? ajegile, debus beneeer ente

lightsaber itu sinarnya macem laser atau energi api gitu sih? bekas potongannya berbekas bakar ngga? ane penasarannya disitu

may the 4th be with you...
salam tampol bray
demam star wars mulai melanda gan
may the force be with you
buat motong hewan kurban lumayan tu
Dulu waktu ane SD senjata kek gini dijual di pasar kaget.
Pake batre gan AA 1 biji
Gak tahu harganya, ane gk tertarik sih waktu kecil, kalo perahu tek tek lucu.
Quote:Original Posted By tokomapan
waow keren juga nih ane dulu suka pake neon bekas gan


Gak papa gan pake neon bekas,asal ntar neon nya jangan di makan aja,kalo neon nya di makan jadi nya bukan star wars lagi tapi kuda lumping
kayak maenan ya gan
Quote:Original Posted By blackfire666


Gak papa gan pake neon bekas,asal ntar neon nya jangan di makan aja,kalo neon nya di makan jadi nya bukan star wars lagi tapi kuda lumping


masa kuda lumping
Sebenulnya ane belum pernah nonton star qars
Kurang suka am starwars gan

Oiya, klo bisa gambar nya di kompres dulu, trus dipakein spoiler *sekedarsaran
dulu ane kira pas masi kecil tongkat nyala yang di bawa tukang parkir kayak lightsaber tujuan nya buat nakut2in biar pada minggir
Inspirasi para pembuat light stick
Quote:Original Posted By .paruru.
Kurang suka am starwars gan

Oiya, klo bisa gambar nya di kompres dulu, trus dipakein spoiler *sekedarsaran


tengkyu gan saran diterima
itu pedang goceng yang di jual di pasar malem ye
Quote:Original Posted By dandyfirman
itu pedang goceng yang di jual di pasar malem ye


kok tau agan pedagang nya ya
ane ndak suka nih film gan
Quote:Original Posted By haw210
kok tau agan pedagang nya ya


gundulmu licin
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar