Pages


Minggu, 28 Agustus 2016

Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?

Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?

Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?


Assalamualaikum Wr. Wb, Salam sejahtera agan-agan semuanya
"Our greatest glory is not in never falling, but in rising every time we fall"


Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?


Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?


Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?
Quote:Jangan terbiasa jadi SR gan. Berikanlah komentar, karena setiap masukan agan pasti ada manfaatnya buat orang lain

Quote:Halo gansis.. ga bosan2nya ane bikin trit dan hanya menjadi sesosok trit maker yang low propil.. Ane cuma berharap tulisan2 ane yang sederhana ini bisa menambah wawasan, menginspirasi serta ada manfaatnya buat agan semua.
Sebelumnya terima kasih yak sudah berkunjung ke trit ane.


Quote:Bagi agan yang saat ini sedang menjadi pelaku sebuah usaha ataupun lainnya. Pasti sering mendengar salah satu kata tersebut. Terutama hak cipta alias copyright yang sering terlihat dimana-mana. Pernah dengar HAKI (Hak Kekayaan Intelektual)?
Didalam peraturan HAKI tersebut terdapat beberapa aturan mengenai Hak Cipta, Merek, Paten, Rahasia Dagang, Desain Industri, dll. Nah yang mau ane bahas disini adalah perbedaan terkait tiga hal yang paling penting yaitu Hak cipta, Merek dan Paten.

Yok langsung simak aja "Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?" :yb


Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?

Quote:
Spoiler for Sedikit penjelasan mengenai HAKI:
Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?

Pada dasarnya, hak kekayaan intelektual menjadi isu yang penting dibicarakan karena ada paradoks antara dua sisi mata uang: di satu sisi, teknologi bikin segala jenis karya dan informasi jadi lebih gampang diakses dan free, sementara di sisi lain, kreator alias pembuat karya harus dihargai atas hasil karyanya.

Selama ini, sebagai orang awam, kita cuma peduli sama hak kekayaan intelektual, saat kita mengalami “penolakan”, seperti video tertentu di YouTube yang gak bisa diakses karena masalah copyright, dan lain-lain. Kita jarang mencoba berpikir dari sisi kreator, dan kegalauan yang mereka alami, antara mau karyanya dinikmati banyak orang seluas-luasnya dan mau karyanya dihargai dalam bentuk nilai ekonomi. Bingung, kan?


Hak Paten

Quote:Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?
Paten berdasrkan UU Nomor 14 Tahun 2001, adalah hak khusus yang diberikan negara kepada penemu atas hasil penemuannya di bidang teknologi, untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri penemuannya tersebut atau memberikan persetujuan kepada orang lain untuk melaksanakannya.

Dari sini dapat dikatakan paten itu ruang lingkupnya di industri kreatif berbasis teknologi, kayak pengembangan software dan batasannya masih teritorial. Kalau si penemu pengen dapet perlindungan paten di wilayah lain, si penemu harus mengajukan aplikasi paten lagi di masing-masing wilayah tersebut.


Merek
Quote:Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?
Merek adalah sebuah nama maupun simbol yang diasosiasikan dengan produk maupun jasa dan menimbulkan arti psikologis / asosiasi. Merek sendiri juga ada tiga jenis gan yaitu merek dagang, merek jasa serta merek kolektif. Fungsi dari merek ini adalah sebagai tanda pengenal untuk membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang atau beberapa orang dengan produksi lainnya. Merek juga sebagai bahan promosi agar orang selalu ingat sekaligus agan hanya menyebutkan nama mereknya saja. Merek juga tentu berbeda dengan paten, dimana ruang lingkupnya lebih luas gan tidak hanya terbatas pada teknologi saja. Merek yang namanya terdaftar di Daftar Umum Merek akan diberikan hak khusus oleh negara untuk menggunakan merek itu.

Jadi kalau ada orang lain yang niru atau memalsukan merek itu tanpa sepengetahuan si pemilik hak merek tersebut, otomatis akan dikenakan sanksi. Ga tanggung-tanggung sampe sanksi penjara! Sering kita liat kadang ada gugatan berupa kasus dengan nama merek yang sedikit mirip. Hal ini sering dilakukan untuk memanfaatkan popularitas nama merek sebelumnya, demi memudahkan promosi, supaya lebih cepat laku dan mendapat tempat di hati masyarakat. Makanya mesti hati-hati!


Hak Cipta
Quote:Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?
Menurut artiannya Hak Cipta merupakan hak khusus bagi pencipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya. Termasuk ciptaan yang dilindungi adalah ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, sastra dan seni. Tidak seperti merk dan paten, hak cipta ini ruang lingkupnya tidak hanya sebatas produk / jasa maupun teknologi doang. Hak cipta lebih ke sisi seni maupun sastra seperti contoh simplenya puisi, lagu, musik, lukisan, gambar, dan masih banyak lagi. Hak cipta merupakan salah satu jenis hak kekayaan intelektual, namun hak cipta berbeda secara mencolok dari hak kekayaan intelektual lainnya (seperti paten, yang memberikan hak monopoli atas penggunaan invensi), karena hak cipta bukan merupakan hak monopoli untuk melakukan sesuatu, melainkan hak untuk mencegah orang lain yang melakukannya.

Hak cipta juga bukan melabelkan merek pada suatu produk, melainkan ya barang itu sendiri, berdasarkan pikiran, imajinasi, dan keterampilan yang dituangkan.


Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?
Quote:Ziliun.com
Catatan Operator Warnet
Arief Budi
Image : Google


Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?
Gimana gan? Mungkin ada lagi tambahan dari agan-agan terkait hal ini? Tambahin dong gan..

Udah pada jelas perbedaan ketiga istilah di atas? Sekali lagi, perbedaannya terletak di objeknya. Kalau agan sebagai pelaku industri mau melindungi hasil karyanya, maka agan harus paham dulu apa objek yang ingin dilindungi.

Sekian trit ane kali ini, jika ada kesalahan kata maupun kalimat ane mohon mangap ye gan (maapin aja). Jangan lupa nantikan trit ane yang lain


Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?


Rec HT jika informasi ini bermanfaat dan jangan lupa

Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan? [RESELLER WANTED] Minyak Rambut Masa Kini, Pure'o Pomade Organik, Modal Kecil Gan!! Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?

Spoiler for Kumpulan artikel ane yang lain, silahkan dinikmati dan semoga bermanfaat bagi agan semua:

Gini Loh Cara Gampang Dapatin Motor Impian Agan!
Andai Saja COC Begini, Mungkin Lebih WAH! - #MyFantasy
Inget!!! Gaji Berbanding Lurus Dengan Tanggung Jawab!
Nih Gan, Salah Satu Cara Untuk Jadi Teman Semua Orang! #HT
Beberapa wirausaha paling booming tahun 2015 #HT

Fakta! Jadi Sales Kenapa Harus Malu? #HT
Manfaat jujur pada diri sendiri itu Dahsyat gan! #HT
Menjadi Pintar tidak Selalu Menyenangkan Gan, Ini Alasannya! #HT
Tempat-tempat dimana Hewan hidup berdampingan dengan Manusia! #HT
6 Jembatan ini akan Membuat Agan Terpana #HT
Mari Menjelajah Pulau-Pulau Kecil Paling Indah di Dunia! #HT
Bahagia itu Tidak Sederhana, Trust me #HT
6 Pengendara Jalan Trendsetter ini Bisa Berpotensi Membuat Agan Celaka #HT
Inilah Hadiah yang Agan Dapatkan Ketika GAGAL #HT
Beberapa Alasan Menyenangkan Travelling ke Pedesaan #HT
Beberapa Suku Pedalaman di Indonesia yang Mungkin Tidak Agan Ketahui #HT
Memory, Inilah Beberapa Kecelakaan Paling Tragis di Indonesia #HT
Biarpun Murah, Hal-hal ini Tetap Terasa Mewah Gan.. #HT
Pelajaran dari Beberapa Peradaban Kuno yang Runtuh Akibat Perubahan Iklim #HT
STOP Tipu-Tipu Bos Agan Dengan Alasan Datang Terlambat Seperti Ini.. #HT
Beberapa Alasan yang Bisa Menyebabkan Anak Agan Jadi Psikopat Seksual #HT
Survive Setelah di PHK, Kenapa Tidak? #HT
Inilah Beberapa Negara Sarang Perbudakan Paling Banyak, Indonesia? #HT
Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana? #HT
Beberapa Hal ini Membuat Agan Menjadi Layak diPecat! #HT
Alasan Terlahirnya Haters.. Tau Gak Gan? #HT
Awas! Beberapa Hal ini Membuat Agan Menjadi Layak Dipecat! #HT
Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!! #HT
Begini Caranya Minta Maaf Yang Benar, Udah Tau Belum Gan? #HT
Menabung Karir, Maksudnya? #HT
Yok, Menguak Sisi Terang Pengangguran #HT
Resolusi Apa Aja Sih yang Sudah Agan Lakuin Selama Ramadhan? #TT
Tebak Gan, Puasa Apa Sih Yang Susah Sekarang Ini? #TT
Kenapa Sih Beberapa Hal Ini Jadi Luar Biasa Saat Ramadhan? #TT
Gimana Sih Sudut Pandang Ramadhan Bagi Anak Kos? #TT
Trit Paling Kontroversial Ala Regional #BUKANFR
Yakin Nilai IPK Jadi Senjata Utama Agan? #HT
Kaskus "Age Of Ass!" #EdisiThreadSAMPAH #TT
Hidup Seadanya, Kenapa Enggak? Manfaatnya Banyak Kok #TT
Beberapa Supporter Sepak Bola Paling Rusuh, Klub Mana Aja? #HT
Begini Caranya Ikhlas Yang Benar, Udah Pada Tau Belum Gan #HT + TT
Sambut Merah Putih 2016, Ini Dia Daftar Film Yang Wajib Kamu Tonton! #HT
Seberapa Tajam Sikap Nasionalisme Kamu Terhadap Indonesia? #HT
6 Mulustrasi Ini Menunjukkan Kepalsuan Di Zaman Sekarang #HT
Pada Dasarnya Semua Manusia Itu Emang Gila, Percaya Gak? #TT
Tebak Gan, Kenapa BORNEO Bisa Menjadi Sebutan Pulau Kalimantan? [+CURHAT] #HT
Mendadak Agan Pasti Jadi Tuli Kalau Ketemu Kondisi Seperti Ini #HT
Travelling Jadi Obat Patah Hati, Kok Bisa? #HT
[KOMBAT GO] Belajar Yang Menyenangkan Dengan Apps "Find ur Teacher"
Yuk, Mengenal Kepulauan Derawan! #HT
Danaunya 1, Keajaibannya 2! Ya, Itulah Danau Labuan Cermin! #HT
Sate di Indonesia, Gak Cuma Sate Ayam Loh Gan! #HT
Festival Aneh! Makin Banyak Digigit, Dialah Pemenangnya! #HT
[KOMBAT MERDEKA] Yok, Menjelajah Alam Roh di Kalsel!
Raihan Prestasi KOPASSUS Yang Harus Agan Ketahui
Yok Ngintip Beberapa Pemain Terbaik Bulutangkis Asal Indonesia
Kenapa Sih Pokemon Go Cepat Banget Viralnya di Indonesia? #HT
Tragedi Perlatahan Yang Nunjukin Indonesia Banget! Agan Yang Mana Nih? #HT
Pekerjaan yang Menantang Maut, Stop Hujat Mereka #HT #WinnerHTOTM'april
Pomadeorganic.com

Hak Cipta, Paten & Merk. Bedanya Apa Sih Gan?


#SalamDariSamarinda


Reserved, gasan bubuhannya wal ai


Quote:Original Posted By garonggerot
Ane pgn sdkit share nih gan...

Tempo hari ane kena ksus yg mngkin srupa
Ntah ini memang benar kasus hak cipta atau kasus pmerasan...

Jd gini gan ane usaha dibidang tenda dekorasi utk wedding n memang ane ownernya nerusin dr founding trdhlu yaitu bapa ane sndri...
Ane pnya rekanan bisnis banyak, dr mulai EO, WO, tukang tenda lainnya dsb
Dr smua rekanan WO ane, smuanya mreka ga pnya barang brupa tenda dsb kalaupun pnya ya pling ga trlalu signifikan... Biasanya mreka klo dpt event sk pke tenda ane... Bukan tenda milik mreka sndri krna mreka emng ga pnya...

Awal crita gini...
Bntar lg ane mau nikah... N sudah jd kbiasaan n hal wajar tukang tenda klo mw nikah biasanya undngannya trdapat gmbar2 tenda dekorasi...
Tiba2 tempo hri ada WO rekanan lama ane dtg krumah bawa org brbadan kekar ngancam ane pke polisi n pasal krnya ane kena undang2 hak cipta krna diundngan ane trdapat foto milik dy...
Ngancam mau ngacak2 acara prnikahan ane...

Lah org tua ane jg ngomel2 ke dy bhwa dy ga tau malu ngancam bgtu brhbung dy sndri pnya hutang ke ane lantaran dy pnya event pke tnda ane tp ada yg blm dibayar ma dy eh tiba2 ngancem ky gt lantaran cm fto doang...

Jujur gan itu emng foto milik dy tp jujur tenda yg ada di doto itu milik ane yg dipake dieventnya dy... Yg ngedekor pun itu tmn ane ane ssama tukang tenda...


Krna mngkin dy malu dibilng gt ma org tua ane akhrnya dy maksa ke skretariat dy utk mmbicaraakan mslah ini...

Ane ktmpt dy lah ditemani bapa m tmn2 ane...
Tiba2 dy bawa org gemuk galak yg katanya itu bosnya dy bawa 2 org brbadan kekar tnpa seragam yg ktnya itu polisi...
Intinya sih dy marah2 krna ftonya dy ada diundngan ane n mnta uang sjumlah 10jt maksa mlm itu jg hrus ada...


Tp slama pmbicaraan itu ada yg janggal gan...
1. Org yg katanya bosnya dy itu sama skali ane ga knal bgtupun tmn2 tukang tenda yg lain jg ga kenal... Yg kita tau WOnya dy y dy sndri bosnya ga ada bos lainnya
2. Org yg katanya polisi itu ga pke srgam n sma skali ga ksih liat KTA dy
3. Dy ga ngsih liat brupa srtifikat atau apalah yg mmbuktikan dy pnya hak paten
4. Dy maksa mnta 10jt mlm itu jg hrus ada pdhal ane udh ngalah mau ngasih tp nti abis hajatan ane krna ane ga megang duit sma skali
5. Itu barang bukan milik dy walau itu eventnya dy
6. Ane pasang fto itu bukan utk pmasaran, bukan dicetak dibrosur dsb, itu cm diundngan, toh dy ane undng jg


Sblmnya ane mw hadapi gan brhbung dy ngancem2 mw dibawa kepngadilan, ya ane bilng bhwa ane ada niatan ngash tp nti abs hajatan brhbung ane mw nikah n ga ada duit lg... Tp dy ttp maksa... Ane bilng mw dipaksa ky gimanapun sy udh ga ada duit kli mw dibawa kpngadilan ya silahkan ane bakal hadapi n ane cm modal diri sndri tnpa lawyer dll...

Dy makin kalap... Bapa ane mw nangis... Ywdh deh ane ngalah krna ngliat org tua nangis gt n ane inget mw nikah jg spy urusannya ga pnjang ywdh ane ngalah...
Ane kasih 5jt dgn berat hati...
Awalnta dy ga terima ttp mintanya 10jt...
Ya ane bilang nih terima ga terima silahkan dah, klo ga terima ywdh sy tnggu bsok dipngadilan...


Taro dipejwan gan..
Jujr ane bnr2 btuh share tntang masalah ini


Quote:Original Posted By Kiamhu
Setelah dipikir2, benar juga.. Hak cipta untuk yang di bidang seni..
Nice info..



Quote:Original Posted By chhayo
keren nih soalnya sering jadi salah kaprah maksudnya.



mantap infonya gan
baru tau ane bray
ternyata begono..
wah baru tau ane gan..

td nya ane pikir sama aja antara hak paten dan hak cipta...
nice info gan..
cewek bisa di paten kan gak gan?
sip bro..
dah tau jon, trims
trus kalau ada yg bilang kualitas paten ntu maksudnya apa bray ?
Wah bisa buat referensi kalo mau buat karya.
Ada stempel, materai, sertifikat, surat perjanjian....
Buat nambah wawasan nih
Trit ini harus di print banyak2 Dan disebarin di langit di atas malon. Betul gk
wah berguna sekali Kaka info nya , warbiazahhh jadi tau
ciptain sesuatu biar paten
semua memang saling berhubungan

merk mempunyai hak cipta, sehingga harus dipatenkan
Iya gan.
tapateni apa tuh?
Trit bagus ni :sundul
wah harus di patenin ni karya2 ane
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar