Pages


Rabu, 31 Agustus 2016

Ledakan Keras Terdengar di Solo dan Sekitarnya Siang ini, Warga Kaget

Solo - Peristiwa mengagetkan terjadi di Solo dan sekitarnya. Ledakan keras terdengar dari berbagai wilayah. Belum jelas sumbernya.

Ledakan terdengar di Solo, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Klaten, dan lain-lain. Kaca kantor dan rumah sampai bergetar. Alarm mobil berbunyi. 

"Dari Sragen terdengar. Teman saya yang di Sukoharjo juga mendengar suara yang sama," kata Budi (42) yang berada di Sragen, Selasa (30/8/2016) sekitar pukul 12.45 WIB.

Di twitter, sejumlah pengguna media sosial juga menanyakan hal serupa. Mereka mengaku mendengar ledakan keras.

Arey Angga ‏@AreyAngga 20m20 minutes ago
Barusan di Solo ada guncangan sampe pintu & jendela bergetar cukup kencang ada apa ya? Kayak getaran ledakan, bukan gempa bumi..

Kharismaputra ‏@auliafkip 22m22 minutes ago
Dari gedung di UNS Solo, terdengar getaran atau ledakan lumayan keras. Ada yang tau? kaca dan partisi ruang ikut bergetar (mbr/try)

http://m.detik.com/news/berita/32868...ni-warga-kaget

ledakan apaan ya?
Dour... Ane kaget sekali lho gan
reserved.


Quote:Original Posted By antokoplak
Dour... Ane kaget sekali lho gan



cepet amad om sampe kaget aku
jangan jangan petasan dari muridnya abu bakar baasyir
Quote:Original Posted By stratovarius666



cepet amad om sampe kaget aku

Lha iya... Lha pake internet super cepat... Mampir di forum mobro aja gan
Diberita sbelah pesawat jatuh
jackowi Landing ?
Quote:Original Posted By ruler56
suara sonic boom https://twitter.com/SoloUpdate/statu...07671178846208


cuma suara sonic boom f16 tni au

false alarm, nothing to see here
ada hubungannya dengan pintuu pesawat yg kemarin?
katanya ada pesawat jatuh ...???!?!

Quote:Jakarta - Suara ledakan menggelegar di atas langit Solo dan sekitarnya siang ini. Suara itu diduga kuat sonic boom dari pesawat tempur TNI AU. Apa sebenarnya sonic boom?

Suara ledakan serupa juga terjadi di langit Inggris, tepatnya di atas langit Yorkshire pada Mei 2016 lalu. Biang keladinya sama, pesawat tempur Typhoon milik Royal Air Force (RAF) alias AU Inggris.

Saat itu dua pesawat tempur Typhoon harus memandu pesawat sipil milik Air France karena pesawat Air France rute Paris-Newcastle itu mengalami masalah radio komunikasi. Pemanduan dengan pesawat tempur adalah prosedur keselamatan yang harus dilakukan.

Dilansir dari BBC edisi 3 Mei 2016, sonic boom terjadi karena kecepatan pesawat melampaui kecepatan suara, yakni 1.236 km per jam. Akademisi fisika sains antariksa dari Universitas Lancaster, Dr Jim Wild mengatakan, saat pesawat mendekati kecepatan suara, udara di depan pesawat itu tertekan dan tertahan, tak ada ruang untuk lari lagi.

Karena tertahan di bagian depan, berbagai gelombang suara itu pun mengumpul dan terakumulasi. Terbentuklah sebuah suara yang sangat keras yang kita kenal sebagai sonic boom tersebut.

Saat pesawat melintas di langit dengan kecepatan kurang dari kecepatan suara, pesawat tersebut dapat melewatkan gelombang-gelombang suara. Tetapi saat pesawat tersebut melintas dengan kecepatan melebihi kecepatan suara, gelombang-gelombang suara tidak dapat melintasi pesawat tersebut dan gelombang-gelombang suara tertahan di bagian depan pesawat yang melintas tadi.

"Suara itu bisa terdengar di wilayah yang cukup luas karena suara itu bergerak dengan pesawat. Mirip dengan ombak yang dihasilkan di haluan kapal yang menyebar hingga belakang kapal," tutur Wild.

Suara sonic boom lazim dikeluarkan oleh pesawat supersonik, seperti beberapa jenis pesawat tempur modern seperti F16 atau Typhoon dan banyak lagi. Sedangkan pesawat sipil yang terkenal dengan pesawat supersonik adalah Concorde yang sudah 'almarhum'. Namun, beberapa perusahaan seperti Boom dan Virgin Group kini sedang membuat prototipe pesawat supersonik seperti Concorde.

Mengenai ledakan di Solo, Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak pada Selasa (30/8/2016) ini menyampaikan ledakan terdengar di kawasan Karangpandan dan Matesih. Ade kemudian berkoordinasi dengan Kadis POM Lanud Iswahyudi, karena ada informasi suara pesawat.

"Beliau sampaikan bahwa kemungkinan besar itu suara berasal dari pesawat supersonic F 16 yang latihan dari Lanud Iswahyudi," tambah Ade.

"Kemungkinan keluarkan sonic boom, seperti suara ledakan keras. Sonic boom ini kalau kata POM Lanud, Ketika kecepatannya memasuki area kecepatan suara, jadi seperti ledakan keras," tambahnya.

sumur bor



bukan pesawat jatuh ternyataaaaa ...
Quote:Original Posted By antokoplak
Lha iya... Lha pake internet super cepat... Mampir di forum mobro aja gan



dimana tuh om?
Quote:Original Posted By zaremon
jangan jangan petasan dari muridnya abu bakar baasyir



katanya sih pesawat om...
Quote:Original Posted By .Xbot.
ada hubungannya dengan pintuu pesawat yg kemarin?



yang mana ya om?
ijin nitip sempak dulu..... tunggu update.
di sebelah yg pesawat jatuh di Cirebon, punya Aviasi
ini juga sama ?

klau POSITIF Pesawat semua brarti ada 2 pesawat jatuh hari ini
mana fotonya breeh
jangan2 sonic boom?
soalnya tahun 2011 ada kejadian serupa
uji coba nuklir
ledakan bom lagi kah ini yah?


Ledakan Keras Terdengar di Solo dan Sekitarnya Siang ini, Warga Kaget
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar