Pages


Rabu, 02 November 2016

Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?
Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?
Reinkarnasi adalah topik yang memang membuat banyak orang penasaran. Mengapa topik itu menarik minat orang di seluruh dunia, dan mengapa semakin banyak orang benar-benar percaya bahwa itu nyata? Nah, jawabannya tidak semudah mampu diterima akal, tapi saya mencoba untuk menyajikan dari banyak sisi perdebatan tentang filosofi kepercayaan yang dianggap ‘merinding’ banyak orang ini.

Sipain kopi GanSis, karena ini lumayan panjang

Quote:Tahukah Anda?
Sekitar 25% orang Amerika percaya pada reinkarnasi, dan satu dari sepuluh orang mengaku memiliki ingatan tentang pengalaman yang berhubungan dengan kehidupan masa lampau (Past Life Regression).

Kata reinkarnasi berasal dari bahasa Latin berarti “lahir kembali” atau “kelahiran semula”. Hal ini telah menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia. Kemungkinan bahwa kematian bukanlah akhir, masih ada kehidupan lagi, kesempatan kedua, menjadikan konsep reinkarnasi sangat menarik untuk sebagian besar.

Quote:Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Tapi apakah reinkarnasi benar-benar nyata? Apakah ada penjelasan ilmiah untuk reinkarnasi? Bagaimana dengan beberapa laporan di kehidupan nyata? Dan bagaimana agama melihat tentang reinkarnasi? Temukan jawaban untuk semua pertanyaan ini, dan masih banyak lagi, dalam tulisan ini.

Apa itu Reinkarnasi?
Menurut konsep reinkarnasi, kelahiran kembali bukanlah hal yang berdiri sendiri. Namun ada kepercayaan mengenai hukum sebab-akibat/karma dan kepercayaan mengenai berbagai alam kehidupan selain alam manusia.

Quote:Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Hukum sebab-akibat yang bersumber dari pikiran, ucapan, perbuatan akan menentukan jalur ke kehidupan selanjutnya sedangkan adanya berbagai alam lain (alam neraka, surga, peta, asura, hewan, brahma, manusia), merupakan penanda bahwa makhluk-makhluk di semua alam itu tidak kekal, melakukan karma, menciptakan sebab akibat, ada kelahiran dan kematian. Terus berulang, tanpa awal dan tanpa akhir. Dapat terlahir di alam manapun setelah kematiannya, sesuai kekuatan perbuatannya (baik/buruk). Karma kehidupan sebelumnya adalah energi atau bahan bakarnya.

Alam kehidupan setelah kematian adalah konsep alam yang merupakan bagian penting dari identitas individu atau kesadaran yang terus berlanjut keberadaanya bahkan setelah kematiannya. Mungkin lebih dalam bentuk jiwa atau roh, atau individu mungkin akan terlahir kembali dalam bentuk makhluk hidup lain. Perwujudan dari roh menjadi bentuk baru ini yang dikenal sebagai reinkarnasi. Menurut konsep ini, roh individu dapat memulai hidup baru di tubuh baru setelah kematian biologis individu tersebut.

Reinkarnasi Menurut Keyakinan Agama

Hindu

Quote:Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Reinkarnasi adalah keyakinan yang tidak terpisahkan dalam agama Hindu. Hal ini disebut Punarbawa atau Samsara. Jiwa atau Atma kita terikat dengan dunia fisik karena karma terdahulu. Selama karma masih melekat pada Atma, pasti kita terjebak dalam siklus reinkarnasi. Kecuali hukum karmanya sudah habis maka Atman akan menyatu dengan Brahman ini yang disebut dengan Moksa. Dalam agama Hindu, bagaimana kita dilahirkan dalam kehidupan berikutnya adalah sepenuhnya tergantung pada perbuatan kita dalam kehidupan ini. Dan, setiap orang akan membawa karma-karmanya terdahulu, apakah karmanya baik atau buruk.

Buddha

Quote:Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Buddha mengajarkan kelahiran kembali (Rebirth), ini berbeda dengan konsep reinkarnasi. Karena dalam ajaran Buddha, roh/jiwa yang menyatakan kesejatian-diri tidak ber-transmigrasi begitu saja dari satu tubuh, setelah kematian, kedalam tubuh baru pada kelahiran berikutnya.

Dalam pandangan Buddha Dhamma adalah hanya merupakan perpaduan dari Panca Khandha yang saling bekerja sama secara erat satu sama yang lain. Tidak ditemukan suatu atma/atta atau roh yang kekal dan abadi.

Panca berarti lima dan Khandha berarti kelompok/kumpulan. Jadi Panca Khandha berarti lima kelompok pembentuk kehidupan, namun dilain kesempatan dalam pengajaranNya, Sang Buddha juga menyebutnya sebagai Lima Kelompok Kemelekatan.

Apakah Lima Kelompok Kemelekatan itu? Mereka adalah kelompok kemelekatan bentuk (rupakkhandha), kelompok kemelekatan perasaan (vedanakkhandha), kelompok kemelekatan pencerapan (sannakkhandha), kelompok kemelekatan bentuk-bentuk pikiran (sankharakkhandha), dan kelompok kemelekatan kesadaran (vinnanakkhandha).

Agama Hindu dan Buddha mengajarkan mengenai karma sebagai hukum sebab akibat. Namun menurut ajaran Buddha, tidak semua karma terbawa kedalam kehidupan yang berikutnya, hanya dampak karma yang melampaui masa hidup terdahulu saja yang berpengaruh menentukan bentuk kelahiran berikutnya.

Dalam ajaran Tao juga didapati mengenai reinkarnasi yang berbeda konsep dengan ajaran Hindu dan Buddha. Menurut Tao, reinkarnasi tak lain adalah wujud keberadaan tanpa batas, suatu kesinambungan, yang tidak dimulai dengan kelahiran tidak berakhir dengan kematian.

Kristen

Quote:Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?
Kristus mengajarkan mengenai kelahiran kembali, tetapi bukan dalam tubuh yang lain, bukan pula dalam kehidupan masa yang lain. Kelahiran kembali yang diajarkan adalah hidup sebagai manusia baru yang beriman kepada Tuhan, dalam tubuh yang sama dan dalam kehidupan masa yang sama.

Agama Nasrani pada dasarnya tidak mengenal reinkarnasi, hanya sekali saja kehidupan untuk setiap orang. Setelah kematian raga, yang pertama dan yang terakhir, semua roh-roh akan menghadapi penghakiman, yang memisahkan antara pengikut-Nya dan yang menolak-Nya. Tidak ada kesempatan kedua untuk hidup di bumi.

Namun demikian tidak semua penganut agama Nasrani menolak sama sekali pemikiran mengenai reinkarnasi. Ada sekte-sekte Gereja mempercayai terjadinya reinkarnasi dan bahwa bagi Tuhan hal demikian adalah mungkin. Penelitian menunjukkan, bahwa lebih dari seperempat umat Nasrani dunia mempercayai terjadinya reinkarnasi.

Islam

Quote:Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Umat Islam merasa bahwa reinkarnasi itu tidak diajarkan dalam Islam. Bahkan pandangan tentang reinkarnasi dianggap bid’ah atau pandangan sesat. Hal ini dapat dimengerti, karena reinkarnasi tidak dijelaskan secara eksplisit di dalam Al- Qur’an. Untuk dapat memahaminya kita harus benar-benar serius dalam menelaah ayat-ayat Al- Qur’an maupun Hadis.

Reinkarnasi itu ayat mutasyabihat. Kelahiran kembali itu diungkapkan dalam Al- Qur’an secara tersamar. Ayat-ayatnya harus dipikirkan dan direnungkan dalam-dalam. Kalau tidak dipikirkan masak-masak, pasti akan terjerumus pada penerjemahan atau penafsiran yang menyimpang.Ayatnya tidak disampaikan secara berurutan atau sering diselipkan di berbagai topik kehidupan. Makanya, kalau kita tidak jeli membacanya akan kecele.

QS 16:70 – “Allah menciptakan kamu. Kemudian, Allah mewafatkan kamu (mengakhiri hidupmu di bumi ini), dan di antara kamu ada yang dikembalikan pada umur yang paling lemah, agar dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang pernah diketahuinya. Sesunggunya Allah Maha Mengetahui dan Mahakuasa.”

QS 16:77 – “Dan kepunyaan Allahlah segala yang gaib di langit maupun di bumi. Dan, tidaklah perintah kebangkitan itu selain sekejap mata atau lebih cepat. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.”

QS 16:78 – “Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun. Dan, Dia memberimu pendengaran, penglihatan dan fuad agar kamu dapat bersyukur.”

Pada umumnya orang yang hidup di bumi ini berakhir dengan kematian. Tentu saja, ada yang benar-benar telah wafat alias telah sempurna hidupnya, sehingga tidak dilahirkan kembali di bumi ini. Tapi, kebanyakan manusia itu dilahirkan kembali. Jika pada ayat diatas masih samar-samar dan memerlukan kejelian dalam membacanya, maka pada Surah Yasîn ayat 68, hal reinkarnasi itu lebih jelas lagi. Bunyi terjemahan ayatnya,

Quote:“Dan barangsiapa yang Kami panjangkan hidupnya niscaya Kami kembalikan pada kejadiannya. Apakah mereka itu tidak memikirkannya?”
Perhatikan, pemanjangan hidupnya di bumi ini niscaya diikuti dengan kembalinya pada kejadiannya. Yaitu, dilahirkan sebagai bayi. Apa arti dikembalikan pada “kejadian”. Bukankah kejadian manusia itu berawal dari seorang bayi?dan ini mengacu kepada kehidupan yang berulang atau kelahiran kembali.

Reinkarnasi Menurut Spiritualis

Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Kebanyakan orang spiritual percaya pada reinkarnasi. Mereka tidak menganggap reinkarnasi merupakan suatu dogma ajaran agama, hal ini lebih tentang berpindahnya di alam yang berbeda untuk mencapai tahap tertinggi perkembangan spiritual. Setelah kematian, jiwa kita memasuki tingkat vibrasi yang berbeda. Tergantung pada tindakan kita dalam hidup kita, jiwa kita berjalan melalui proses transformasi menjadi lebih bersifat pembersihan dan pemurnian. Dan, ini juga melibatkan siklus hidup dan mati.

Apa Tanggapan Sains tentang Reinkarnasi


Sains tidak percaya pada reinkarnasi, itu benar-benar keliru. Ada banyak alasan untuk hal ini, yang paling menonjol adalah bahwa sama sekali tidak ada bukti untuk mendukung keberadaan reinkarnasi. Selain beberapa pengalaman pribadi, tidak ada cara untuk mencapai kesimpulan apapun dalam hal ini.

Ilmu pengetahuan telah menghilangkan sebagian besar fakta yang benar sebagai kajian palsu, atau tidak cukup kuat bukti untuk membuktikan apa-apa. Beberapa dari narasumbernya telah disebut sebagai ingatan yang mengada-ada atau bahkan penipu untuk mengambil keuntungan dan sensasi.

Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Ilmu sains hanya percaya bahwa kematian biologis adalah akhir mutlak dari makhluk hidup, dan tidak ada lagi bagian non-fisik atau roh.

Ian Stevenson dan Penelitiannya

Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Ian Stevenson dikenal untuk penelitian yang luas dengan berfokus pada reinkarnasi dan regresi kehidupan masa lalu. Ia melakukan perjalanan di seluruh dunia, dan menyusun laporan sekitar 3000 anak-anak, yang mengaku mengingat kehidupan masa lalu mereka.

Meskipun komunitas ilmiah telah mengabaikannya, dan memanggilnya dengan sebutan ‘orang jenius yang mudah ditipu’, karyanya memang sangat menarik.
Anak-anak cenderung mengingat kejadian masa lalu antara usia 2 – 4 tahun, dan kenangan berangsur memudar setelah 8 tahun. Ada penyakit tertentu, ketakutan, tanda yang tidak dapat dijelaskan, dan dianggap sebagai tanda dari kehidupan masa lalu.

Ada kasus di mana anak-anak berbicara dalam bahasa yang sama sekali tidak mereka kenal atau instrumen yang belum mereka tahu sebelumnya.

Cerita Kehidupan Nyata Reinkarnasi

Ryan Hammons

Spoiler for klik:
Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Ketika Ryan baru berumur 4 tahun, dia mulai menceritakan kepada ibunya, Cyndi untuk membawanya ke rumah dan keluarga yang sebenarnya. Ibunya bingung karena mereka tidak memiliki rumah lainnya. Dia bercerita tentang rumahnya di Los Angeles dan mengaku ia adalah seorang penari di Hollywood pada 1920-an. Ia membuat Cyndi melakukan investigasi dan untungnya, mereka menemukan gambar penari yang diakui Ryan adalah dirinya sendiri. Akhirnya, Ryan mencatatkan semua ingatannya, dan 55 dari pernyataannya terbukti benar. Profesor Jim Tucker membantu mereka. Kosakata Ryan berubah drastis ketika berbicara tentang kehidupan masa lalunya, deskripsi yang jelas tentang rumahnya, pekerjaannya, dan cara dia meyakini bisa menunjukkan masa lalu dirinya hidup merupakan faktor penting dalam ceritanya.


Edward Austrian

Spoiler for klik:
Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Edward berusia 4 tahun menceritakan kisahnya pada ibunya tentang Perang Dunia I. Dia bahkan mampu memberi rincian kematiannya. Rupanya, ia adalah seorang tentara yang ditembak tepat di tenggorokan. Dia selalu mengeluh sakit tenggorokan, dan amandelnya telah diambil. Tapi, rasa sakit tidak kunjung pergi. Anehnya, rasa sakit itu hilang setelah mengingat kematiannya dalam kehidupan masa lalunya, yang menjadikan dokter bingung.


Imad Elawar

Spoiler for gambar:
Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Seorang anak biasanya mengucapkan “ibu” atau “ayah” sebagai kata-kata pertamanya, atau yang akrab, tapi Imad berbicara dua nama “Jamileh” dan “Mahmoud”. Aneh, kan? Dia mengatakan kepada orang tuanya tentang desa dan keluarga sebenarnya. Dengan bantuan dari Dr. Ian Stevenson, mereka mampu mengkorek banyak informasi tentang pernyataan Imad di kehidupan masa lalunya. Mahmoud adalah pamannya dan Jamileh kekasihnya dalam kehidupan masa lalunya. Dia menemukan mereka dalam album foto.

Ruth Simmons

Spoiler for klik:
Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Setelah melalui terapi regresi kehidupan masa lalu, Ruth Simmons bisa mengingat banyak detail kehidupan masa lalunya. Dia mulai berbicara dalam bahasa Irlandia, dan mengatakan bahwa nama sebenarnya adalah Bridey Murphy. Dia mengingat banyak kenangan, tapi sayangnya hanya nama dua orang dan toko makanannya, yang bisa dibuktikan. Kisahnya sangat populer dan dibuat menjadi sebuah film.

Cameron Macaulay

Spoiler for gambar:
Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Cameron punya cerita menarik, karena ia menyatakan bahwa ia memasuki rahim ibunya melalui lubang. Dia mulai berbicara tentang rumah bercat putih di tepi pantai ketika ia berusia 2 tahun. Dia ingin kembali ke rumah di pulau Baraa itu dan bertemu ibu yang sebenarnya. Semakin lama dia memiliki keinginan dan kerinduan kuat yang membuat ibunya membawanya ke pulau Barra, di mana ia mengaku telah hidup sebelumnya. Di sana mereka menemukan rumah bercat putih di tepi pantai, dan banyak ingatannya yang terbukti benar.


Parmod Sharma

Spoiler for gambar:
Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Bayangkan ketika berusia 2 tahun dia mengatakan ibunya tidak bisa memasak untuknya, padahal istrinya dulu bisa melakukan itu. Ini yang terjadi dengan Parmod, yang menyatakan bahwa ia memiliki bisnis kue dan air mineral yang disebut “Mohan Bersaudara”. Saat berusia empat tahun ia tidak pernah makan yogurt karena ia percaya bahwa yogurt dapat membunuhnya. Dia berbicara tentang kehidupan masa lalunya dengan yakin sehingga keluarganya memutuskan untuk membawanya ke kampung halamannya, Moradabad. Di sana, sebagian besar pernyataannya terbukti benar, dan ia mengungkapkan bahwa ia mengembangkan masalah pencernaan karena terlalu banyak makan yogurt dalam kehidupan masa lalunya. Inilah yang akhirnya menyebabkan kematiannya.


Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?

Reinkarnasi telah menjadi topik perbincangan untuk alasan yang sangat sederhana bahwa sebenarnya kita tidak bisa membuktikan bahwa itu ada, dan tidak juga dapat kita buktikan bahwa itu tidak ada. Nah, paling tidak belum. Orang-orang yang mampu mengingat kehidupan masa lalu mereka jelas percaya, dan juga banyak orang yang beragama termasuk saya sendiri. Tapi, yang paling penting agar memahami reinkarnasi sebagai konsep universal saja daripada memandang melalui lingkup agama tertentu. Alam semesta ini luas, dan ada begitu banyak hal atau kejadian yang kita tidak tahu. Pencarian kita sebagai makhluk spiritual tidak akan pernah berakhir, dan apa yang kita dapat temukan di masa depan tidak dapat kita prediksi.

Hal ini dianggap bahwa ada dimensi yang berbeda dari keberadaan kita. Kebanyakan percaya bahwa ada 7 tingkat atau tahapan. Sayangnya, kita tidak bisa, bahkan memahami apa yang terjadi setelah kematian, kecuali kita mati. Bahkan ilmu pengetahuan belum mampu secara konkret membuktikan apa-apa tentang reinkarnasi. Untuk saat ini, cerita dan pengalaman orang-orang, didokumentasikan sebagai langkah antisipasi, dan setelah memastikan kebenarannya, berarti reinkarnasi bisa dibuktikan.

Jadi apa yang Anda pikirkan? Apakah Anda pernah punya pengalaman aneh atau ingatan apa saja yang berhubungan dengan kehidupan masa lalu Anda? Berbagilah cerita



sumber, pic google

Apakah Reinkarnasi Memang Nyata?
KOMENTAR KASKUSER

Mohon maaf jikalau di tulisan ini masih banyak salahnya tentang pemahaman ane soal hal yang ane tulis, bukan bermaksud menyesatkan. ane hanya berbagi yang ane tau, Pro/kontra selalu ada, apalagi mengkaitkan soal agama.
yang paling penting agar memahami reinkarnasi sebagai konsep universal saja daripada memandang melalui lingkup agama tertentu. karena ane pun hanya memeluk 1 agama` Semua pemahaman yang ane tulis itu semua kembali ke GanSis semua.


Quote:Original Posted By cucubah
Klo di islam tidak ada renkarnasi om, lagian kalo mengambil kutipan dari ayat Al-quran hati2 om, kalo cuma ngambil 1 ayat saja bisa berubah maknanya, liat dulu ayat sebelumnya dan ayat sesudahnya, sedang membahas apa dan bagaimana ayat tersebut, jadi harus hati2 om agar tidak menjadi salah.

Kalo diislam dikatakan ada 3 kali kehidupan, 3 kali kematian, pertama kehidupan dunia lahir dari bayi, trus dimatikan dari dunia, kemudian dihidupkan di alam kubur (padang mashar) ditimbang amal baik dan amalan jahatnya kemudian dimatikan lagi, kemudian dihidupkan kembali dan dikekalkan (surga).


Quote:Original Posted By tembeleklah
diskusi yang otak gw nggak bakal sampe dan sangat menarik yah

mungkin reinkarnasi terjadi klw di masa lalunya ada kesalahan dan dia diberi kesempatan bwt memperbaiki lagi. entahlah yah

dalam agama gw (Islam) klw udah dead ya dead. nanti amalnya selama didunia dipertanyakan. dan dibangkitkan lagi di hari akhir. jadi orang2 yang mati itu klw banyak melakukan dosa disiksa selama dikubur. yang amal baiknya banyak nggak disiksa

klw menelaah Al-Quran, otak gw ga nyampe juga. karna Al-Quran memakai bahasa kuno yang tinggi. makanya yang nggak bisa terjemahkan jadi macem2 penafsirannya. siapa yang benar? wah nggak tw yah


Quote:Original Posted By dihari
menerjemahkan ayat Alquran se enak perutnya aja mas.
banyak ahli tafsir tiap tahun lulus dari Al-Azhar , kairo. dan tidak ada satupun dari mereka yang mengatakan Alquran menyetujui reinkarnasi.


Quote:Original Posted By ironman.jarvis


Islam tidak percaya pada adanya reinkarnasi ... ayat-ayat Quran yang lu ambil tiddak membicarakan reinkarnasi tapi membicarakan tentang Kebangkitan .. betul memang kembali kepada kejadiannya tapi itu bukan di dunia lagi tapi di akherat ..

lebih jelasnya mari kita bahas satu-satu :

﴾ An Nahl:70 ﴿
Allah menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu; dan di antara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.

Dikembalikan pada umur yang paling lemah = dibangkitkan nanti diakherat .. gak mungkin kan ente ujug2 terlahir jadi pikun? Di Akherati hal itu mungkin ..

16:77 => dah jelas kalau ini kebangkitan di akherat bukan didunia
16:78 => ini proses kelahiran bukan kebangkitan, cem mana sih?

﴾ Yaa Siin:68 ﴿
Dan barangsiapa yang Kami panjangkan umurnya niscaya Kami kembalikan dia kepada kejadian(nya). Maka apakah mereka tidak memikirkan?


Surat Yaasin itu menjelaskan tentang kebangkitan di akherat bukan di dunia ..

Landasannya? Gak lengkap kan pembahasannya kalau tidak ada landasannya .. Ini dia landasannya :

﴾ Al Baqarah:28 ﴿
Bagaimana kalian kafir kepada Allah, padahal kalian tadinya mati, maka Dia menghidupkan kalian, kemudian Dia mematikan kalian, kemudian Dia menghidupkan kalian, kemudian kepada-Nya-lah kalian dikembalikan?


Dalam Al Quran sudah dijelaskan semua proses kehidupan tersebut, yaitu MATI (belum lahir) - HIDUP (terlahir) - MATI (tewas) - HIDUP (Kebangkitan) - Kembali pada Allah SWT ...

Tidak ada proses reinkarnasi atau hidup yang berulang .. dan sebenarnya kalau ente jeli, semua Kitab Suci agama menjelaskan hal tersebut seperti Al Quran (bukan reinkarnasi tapi kebangkitan) .... ntar dibahas kalau ada waktu reinkarnasi dalam perspektif Kitab Suci agama

Cendol dan Pejwan plis ..


Quote:Original Posted By djinggo88
di daerah ane (mayoritas hindu ) setiap bayi yang baru lahir.. biasanya akan ditanyakan ke orang pintar. siapa dirinya d kehidupan masa lalu.

namun biasanya pasti selalu dikatakan bahwa si anak dahulu.. brasal dri entah kakek/nenek moyang keluarga tersebut
( aka gk ada istilah kehidupan masa lalunya dri keluarga tetangga )


Quote:Original Posted By LavieNovarian
hati-hati gan dalam menafsirkan ayat Al Qur'an (gak bisa sembarangan byk tahapannya, cari mursyid yg bener), klo di islam ada reinkarnasi maka gak ada gunanya dong alam barzah itu ada? dan klo reinkarnasi itu ada kenapa saat seseorang meninggal ada siksa kubur dan nikmat kubur hingga hari kiamat tiba?,,,,ya tp klo ada seseorang yg mengaku islam dan percaya di dalam islam itu ada reinkarnasi itu hak org tersebut kok, setiap orang berhak punya pendapat masing-masing (toh yg nanggung akibatnya kelak kan masing-masing jg) *no offense loh gan*


Quote:Original Posted By mftwl
ada 1 lagi agama yang kurang gan. yaitu KHONGHUCU.

menurut agama khonghucu seperti ini gan reinkarnasi itu :

Sejauh ini didalam kitab-kitab suci Sishu maupun Wu Jing, bahasan yang jelas tentang reinkarnasi boleh dikatakan tidak ada. Kalaupun ada ayat yang bisa ditafsirkan sebagai bahasan reinkarnasi, sangat sedikit.
Meski demikian, agama Khonghucu mengajarkan bahwa kehidupan roh itu abadi. Roh berasal dari Tian, dititahkan turun ke dunia, lahir sebagai manusia & nantinya roh akan kembali pulang kepada Asalnya. – Xs. Tjie Tjay Ing dalam bulletin Genta Harmoni.
Roh yang telah kembali pulang, mungkin sekali suatu saat dititahkan turun ke dunia lagi.
Kitab Yi Jing pada Gua no. 14, “Sheng sheng bu yi. Qian kun hui ze wu yi jian yi” (生 生不已,乾坤毁则 无以见易). Artinya: kelahiran berulang2, langit & bumi (kehidupan ini) tidak akan musnah seperti yang kita lihat. - Xs. DR. Oesman Arief..Mpd.

Konsep reinkarnasi (tumimbal lahir) dalam agama Buddha, selama manusia belum mampu mencapai kesempurnaan (bebas dari dosa, loba, moha, atta / ke-aku-an, kemelekatan, dan lain-lain) secara automatis dia akan selalu mengalami kelahiran kembali & hal itu bisa terjadi berkali-kali, bahkan sampai tak terhitung.
Kelahiran kembali tersebut tidak selalu dalam bentuk manusia, tetapi dapat saja dalam bentuk macam-macam mahluk-mahluk lain yang dikenal dalam agama Buddha, mulai dari menjadi hewan, monster, mahluk gaib, dan lain-lain.
Konsep diatas berbeda jauh dengan konsep ‘reinkarnasi’ dalam agama Khonghucu.
Dalam pembahasan dibagian depan, telah dijelaskan bahwa kehidupan roh itu abadi, roh yang berasal dari Tian, dari alam Roh suci (non fisik) dititahkan lahir (sebagai manusia) di alam fisik (dunia) & nantinya akan kembali kepada Kebajikan Tian di alam Roh suci.



Quote:Original Posted By sukmaadji25
manusia idup 3 kali (kalo gak saleh) di rahim ibu, di dunia, dan alam barzah.. pukul aja ane klo salah 😂 ....

“Dan barangsiapa yang Kami panjangkan hidupnya niscaya Kami kembalikan pada kejadiannya. Apakah mereka itu tidak memikirkannya?”
ya mungkin itu mengacu kpda org koma atau mati suri

QS 16:70 – “Allah menciptakan kamu. Kemudian, Allah mewafatkan kamu (mengakhiri hidupmu di bumi ini), dan di antara kamu ada yang dikembalikan pada umur yang paling lemah, agar dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang pernah diketahuinya. Sesunggunya Allah Maha Mengetahui dan Mahakuasa.”
maksudnya di hidupkan kembali di akhirat... kan semuanya kembali ke umur remaja ketika di bangkitkan dan dlm wujud berbeda"


Quote:Original Posted By sayap.langit
Azzzzz... ada lagi yang nerjemahin ayat seenak jidatnya...

Maksud Qur'an surat Yasin ayat 68 itu : "Jika manusia dipanjangkan umurnya, makan dia akan dikembalikan kepada keaadaaan lemah seperti masa kanak2,. simple nya kalau udah tua (kakek / nenek) bakalan kaya anak2 lagi.

“barang siapa yang menafsirkan al-Qur’an menurut pendapatnya sendiri, hendaklah ia menyiapkan tempat duduknya dari api neraka” (HR. Muslim)


Quote:Original Posted By alfagelombang
I am Hindhu and i am believe in reincarnation -simple-😃😃😃


Quote:Original Posted By ateng303
dari semua fakta personal itu bisa dibilang reinkarnasi itu ada, karna secara logis anak2 tidak bakal bisa menceritakan (ngarang) cerita ttg masa lalu, terlebih cerita mereka dapat dibuktikan kebenerannya.

namun, ane pernah baca artikel, yg buat mreka punya ingatan seperti itu, karna ada roh, org yg sudah meninggal menasuki tubuh anak2 tersebut, yg buat anak tsb bisa ingat smua kisah roh yg mrasuki dia.

2 2 nya sangat logis bagi yg percaya.

ane pribadi, memilih untuk tidak percaya karna di agama yg ane anut, tidak ada yg namanya reinkarnasi.


Quote:Original Posted By bibirtembem


Life is not only on earth. There're trillions of galaxy and suppercluster which may contains life and activities, wether it's an ancient or advanved civilizations. Perhaps the spirit moves and reincarnated into the life beings in another planet / galaxy. Who knows?

Tuhan ga mungkin bikin kehidupan cuma di Bumi. Percuma dia bikin triliunan galaksi kalau kehidupan cuman ada di Bumi.

TS Pajang di page one yak. Biar manusia2x munafik tidak semakin munafik dan sombong


Quote:Original Posted By siva1
kl situ bilang islam ada reinkarnasi dan itu mengacu ke alquran saran ane belajar lagi yah gan
belajar alquran jangan cuman baca terjemahannya

untuk yg font merah ane kurang setuju kl diartikan jadi "kejadiannya", ane lebih prefer kondisi pada saat penciptaan
jadi bukan berarti agan dari bayi, dikasih umur panjang, jadi dewasa terus jadi bayi lagi dan jangan lupa disitu ada conditional statement(biru)
apakah kl menurut logika agan berarti yang bisa reinkarnasi adalah yang berumur panjang?? bagaimana yg umurnya pendek??
analogi yang bener bayi-> dewasa -> kondisi pada waktu penciptaan
atau gampangnya gini agan waktu bayi kondisinya lemah, semakin dewasa kondisi agan akan semakin kuat, semakin tua kondsi agan dikembalikan ke kondisi saat masih bayi atau lemah
nah kl analoginya begitu bakal match sama 30:54 dan 22:5


Quote:Original Posted By nandariaaaulfaa
Sudah tepatkah pemahaman terhadap ayat ayat al -qur an tentang reinkarnasi tadi gan?
Kaya nya ayat nya terlalu samar untuk dijadikan pedoman
Lalu bagaimana dengan ayat ini, yang menyatakan secara gamblang kalo hidup cuman sekali??

(Demikianlah keadaan (orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia ) agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan (Al Mukminuun 99-100)

Ane islam gan, dan ane percaya hidup cuman sekali


Quote:Original Posted By striferrio
reinkarnasi yang paling masuk akal dijelaskan agama Buddha, itu karna ada hukum karma juga, jadi apa yang kau perbuat pasti akan menerima akibatnya, contoh jika anda suka mencuri mungkin di kehidupan berikutnya anda akan jadi tikus... yang nonton kera sakti mestinya udah sdkt tau
hukum karma dan reinkarnasi itu membuktikan bahwa tuhan itu adil


Quote:Original Posted By al.hadiddpm
Maaf Gan, ane coba mengomentari dari sisi Islam karena agan cantumkan sudut pandang Islam di thread ini.

Memahami ayat Al Quran itu tidak cukup dgn logika pribadi. Apalagi klo memahaminya hanya dari terjemahan bahasa indonesia ny.

Saran ane,
Klo mau masukin sudut pandang islam di thread ini, sertakan pendapat para mufasir dan ulama, yg jelas memiliki kapabilitas dalam menafsirkan ayat.

Jika ada, Agan tinggal kutip pendapat mufasir atau ulama yg mendukung topik reinkarnasi.
Biar pembaca yg menilai sendiri pendapat mufasir atau ulama itu.

Mksh Gan . . .


Quote:Original Posted By brigade.merah
Maaf gan, di Islam yang dimaksud dibangkitkan kembali itu maksudnya kebangkitan manusia di alam akhirat setelah alam semesta musnah ( kiamat ), tempat amal baik buruk kita akan ditimbang setelah. CMIIW gan.

Tapi untuk konsep reinkarnasi sendiri, ane percaya kalau reinkarnasi itu ada, karena seperti salah satu kata agan yang ada di pekiwan, Tuhan itu maha bisa, Kun faya Kun, maka terjadilah. Jadi bukan berarti reinkarnasi di Islam itu tidak ada, hanya saja konsepnya sendiri tidak ada di Quran dan hadits, tapi kalau dalam konsep ketuhanan, reinkarnasi itu ada dan mungkin. Sekali lagi CMIIW gan

Kalau dalam kacamata sains sih, ane gak berani berpendapat banyak. Tapi yang pasti pengetahuan kita tentang dunia yang tempati ini masih belum sempurna, toh kita terlahir di dunia ini hanya baru baru ini saja, bermilyar milyar tahun setelah Big Bang, dan ilmu pengetahuan khususnya tentang asal muasal kita dan alam baru berkembang pas jaman buyut kita, jadi gak mungkin bisa langsung kita tarik kesimpulan kalau reinkarnasi itu tidak ada. Sekali lagi CMIIW gan




Quote:Original Posted By jeumpa
Jangan ngawur kalau mau menafsirkan Quran
Tidak ada istilah reinkarnasi dalam islam, orang hidup sekali sudah itu mati
Lalu akan dibangkitkan lagi setelah hari kiamat utk dilakukan perhitungan amal oleh Nya, untuk diputuskan apakah sebagai penghuni neraka atau surga.

Jadi bukan dibangkitkan lalu hidup lagi di bumi


Quote:Original Posted By Mufad
terlalu bnyk asumsi & cocoklogi pseudo science


Quote:Original Posted By shella456
http://serenity-hidup.blogspot.co.id/2016/10/35-langkah-dari-proses-evolusi-jiwa.html

di atas sana perspektif dari bidang spiritual yang saya terjemahkan dari personalspirituality.net.
kalo agan tertarik monggo dikunjungi.



Quote:Original Posted By yogipurnomo
Bagus trit nya..
Pseudo sains aja kyknya, apa guna surga & neraka..
Orang FE biasanya percaya" aja sm pseudo sains..


Quote:Original Posted By gede10
ane agama Hindu, dan ane percaya reinkarnasi gan.
Di dalam ajaran Hindu gak mengenal neraka (penyiksaan) "abadi".
Tuhan Maha Segalanya (Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Pengampun,dll) dan akan memberikan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan (dosa) kita dengan cara lahir ke dunia kembali (reinkarnasi).
mungkin itu penjelasan dikit dari ane gan


Quote:Original Posted By shella456
btw semangat ya gan, susah emamg kalo ngomongin topik ini, kudu ati-ati dan ngejaga biar nggak menyinggung pihak lain happy studying to find the truth!


Quote:Original Posted By watersign
Semua kitab menjelaskan tentang reinkarnasi.
Coba deh baca pelan pelan kitabnya masing masing
Benar kata ts keterangan yang menjelaskan tentang reinkarnasi termasuk kedalam ayat mutasyabihat.


Quote:Original Posted By kahraba
Jangan salah menafsirkan ayat gan, reinkarnasi bertentangan dengan konsep kehidupan akhirat.
Di islam nggak pernah diajarkan soal konsep reinkarnasi.

Tapi Allah maha berkehendak gan, nggak ada yang nggak mungkin


Quote:Original Posted By reynald15
kalo menurut ane pribadi, ane percaya gan karena apa yang agan tabur, nanti itu yg akan agan tuai cuman kan pemikiran orang pasti lainn lain hehehe


Quote:Original Posted By yoedha93
Ane percaya rainkarnasi krn ajaran agama ane mengajarkan itu,, rainkarnasi terlalu kompleks buat d jelaskan dan d mngerti jauh dr ilmu pngetahuan yg ad d bumi kita ini


Quote:Original Posted By neira
"Saya bukan orang yang religius, tetapi saya menemukan bahwa tempat kemana kita pergi setelah meninggal dunia memiliki keadaan dan arah yang satu, dan saya memahami bahwa ada rencana agung bagi kehidupan dan paska kehidupan. Kita kehilangan tubuh dalam kematian, tetapi energi kehidupan abadi kita bersatu dengan kekuatan roh ilahi. Kematian bukanlah kegelapan melainkan terang"

Ini kesimpulan dari Michael Newton seorang konselor dan hipnoterapis yang dituliskan dalam bukunya “Journey of Souls”  berdasarkan transkip regresi hypnosis terhadap 29 0rang kliennya. Dr. Newton memfokuskan terhadap apa yang terjadi dengan mereka pada saat jeda antar kehidupan yaitu antara kematian sebelumnya sampai terlahir kembali(reinkarnasi).

ane pernah baca bukunya wkt istri ane msh kuliah di fakultas psikologi.terlepas dr unsur religius,hipotesis Dr.newton pada intinya di antara ke 29 org yg di hipnotis mereka mengungkapkan hal yg sama yaitu setelah kematian roh dikumpulkan kemudian dituntun secara sistematis dipisahkan antara roh yg blm matang dengan yg sdh matang lalu yg blm matang akan di basuh lg dihapus memori tentang kehidupan yg sebelumnya,kemudian di kasih pilihan......who know????


Quote:Original Posted By BagusAnggana
Penelitian sains bebas meneliti apa saja dan menyimpulkan seperti apa asal ada bukti otentik yang dapat dipertanggungjawabkan. hasilnya ? kembali ke diri masing2


Quote:Original Posted By rkosuwandi
Sains memang gk mengakui adanya roh dalam mahluk hidup. Contohnya kasus mati suri yg katanya roh kita dibawa pergi sementara lalu dibalikin lagi. Sains menentang adanya roh itu dan hanya menganggap mati suri itu sbg kelainan pada organ dalam manusia yg sementara berhenti bekerja.

Sudah dari dulu sains dan agama emang gk bisa nyatu gan. Dari teori tercipta alam semesta sama teori evolusi manusia udh terbukti kedua bidang tsb saling bertetentangan


Quote:Original Posted By rkosuwandi
Nambahin lagi kalau di agama buddha reinkarnasi itu adalah kelahiran kembali (abis mati hidup lagi) maksud dari reinkarnasi itu gk selalu orang mati jadi manusia lagi. Kita mengenal adanya karma baik dan buruk. Di mana nanti akan menjadi pertimbangan kehidupan apa yg akan dilanjutkan setelah menghadapi kematian. Reinkarnasi bisa berupa wujud binatang (kebanyakan maksiat), hantu (kebanyakan dengki / kejahatan), manusia, bahkan bisa bereinkarnasi mjd tuhan / dewa (kalau karma baiknya banyak)


Quote:Original Posted By akunkedua


menurut ane ayat yg awal maksudnya "dikembalikan pada umur yang paling lemah" adalah = alias TUA/PIKUN/BAWEL seperti waktu kecil lagi...

dan ayat yg kedua mengenai "Kami kembalikan pada kejadiannya" maksudnya adalah = hampir sama seperti penjelasan sblmnya, yaitu menjadi LEMAH/OMPONG/FISIK MENGECIL/BAWEL (layaknya Bayi yg baru lahir)

Pendapat ane, Secara logika MANUSIA merupakan Tingkatan Ekosistem yg paling MULIA/TERTINGGI/SEMPURNA dr semua mahluk hidup yg ada di Bumi, jd tidaklah mungkin Sesuatu yg Mulia kemudian berubah menjadi Hewan, Tanaman, juga sebaliknya. Untuk Kembaran atau Wajah yg serupa di negara lain, msh masuk akal.

Adapun yg memiliki Pengetahuan masa lalu hanya merupakan Halusinasi, bisa juga dr bisikan2 ghaib yg bertujuan untuk menyesatkan Umat manusia. MASA DEPAN memang sudah DIBUAT SEKENARIO nya oleh TUHAN (ALLOH SWT) sejak awal Manusia akan diciptakan dalam kitab Agung (Lauhul Mahfudz), Manusia hanya tinggal menjalani saja Sekenario tersebut.


Quote:Original Posted By masadikoes
Kristen gk mengenal reinkarnasi gan
yg ada kebangkitan tubuh ketika Kristus datang kedua kali kedunia gan


#Terimaksih untuk saran, pendapat dan tambahan materinya
Sekali lagi maaf jika ada salah penafsiran di berbagai agama


yang dihidupkan kembali hanya memori-nya
holiwud laik tis gan
Tapi apa faktor yang membuat semua hal itu terjadi ?? kita aja belum mengerti pengertian dari roh itu sendiri .
ada buku dari us yang ditulis seorang PhD buku Born Again yg menjelaskan reinkarnasi sebagai konsep tunggal agama hindu

dan isinya pun cuman renyah untuk peminat politik,,lebih dari sekedar fiksi politik dibanding spiritualitas dan keagamaan
bukti belum ada jadi masih dikategorikan sebagai pseudo sains. tapi sebagai pertimbangan, konsep reinkarnasi sepertinya cocok dengan model alam semesta tidak berawal dan tidak berakhir + hukum kekekalan energi.

wahhh kok jadi cocoknologi
Bullsyit lah ..
Ga sesuai logika kata saens

dibangkitkan dalam islam itu ketika kiamat, bukan reinkarnasi..islam tidak mengenal reinkarnasi..tp nice info gan..
akhirnya majang di pejwan..
reinkarnasi bisa saja ada ...

semua tergantung TUHAN maunya gimana
ingat, cuma 1 hal yang TUHAN gak bisa lakukan, yaitu berdosa..

jadi membuat seseorang bereinkarnasi, ya sah sah saja buat TUHAN

walaupun sebagai Kristen, saya tahu tidak ada yang namanya reinkarnasi
tapi saya percaya ada beberapa yang diberikan kesempatan buat itu

dan kesadaran itu sifatnya astral, ada yang astralnya kuat sehingga bisa pindah ke tubuh lain
itu juga bisa jadi asal muasal sesuatu yang tampak seperti adanya reinkarnasi

btw, thread tema ini lagi mau kugarap buat ke primaindisoft
sayang keduluan ama agan

Sediiih
ada buku nya gan koq gan
di islam juga ada reinkarnasi
coba ke forum supranatural deh mudah2an bisa dibuka forumnya
Ane gak percaya..
IMHO kalau setiap manusia mengalami reinkarnasi, jumlah manusia tiap tahun makin bertambah, jumlah orang yang reinkarnasi jadi gak sesuai ama kelahiran manusia,
Hmm ini masih pseudo sains, gan...
kalo seolah inget telah melakukan kejadian yang sama.. itu apa ya gan..??
di antara semua pandangan agama mengenai kematian, memang konsep reinkarnasi yg paling masuk akal. mungkin reinkarnasi bisa terjadi ke beberapa orang tertentu saja, tidak semuanya
ane percaya bre
Quote:Original Posted By jhooness
Ane gak percaya..
IMHO kalau setiap manusia mengalami reinkarnasi, jumlah manusia tiap tahun makin bertambah, jumlah orang yang reinkarnasi jadi gak sesuai ama kelahiran manusia,


dalam kepercayaan reinkarnasi, manusia gak harus kembali jadi manusia

bisa jadi semut, singa, atau bahkan jentik nyamuk yang tak sempat lahir

trid berkualitas
ntaps gan
percaya ga percaya gan
wow gw no komen dah secara sains
Tuhan maha kuasa kalo udah berkehendak bisa aja terjadi


gembok pejwan
ヾ(⌐■_■)ノ♪
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar