Pages


Rabu, 15 Juli 2015

~ Kenapa Sih Mudik Lebaran Masih Dilakukan Padahalkan Boros Dan Capek? ~

SELAMAT DATANG
Quote:BUAT AGAN/AGANWATI YANG BAIK GAK BAKALAN LUPA SAMA KOMENGNYA
SERTA
DAN

Quote:Alhamdulliah HT #2
Trimakasih Mimin, Dan Kaskusker semuanya

Quote:Semoga Gak

Quote:Assalammualaikum
Gak kerasa nih gan Lebaran sebentar lagi, pasti banyak yang mau pada mudik kan??
Ada Tabungan? Gak capek? Ada Oleh-Oleh yang mau dibawa kekampung halaman??
bayak diantarakita yang penghasilanya pas-passan (ane) tapi dibelain nabung buat mudik ntar pas lebaran, ada juga yang rela mudik pake motor, perahu, mobil bak terbuka, bajai, bahkan ngompreng bersama keluarga demi bisa sampe ke kampung halaman (apa Gak capek tuh?)

Quote: Mudik lebaran mungkin cuma ada di Indonesia aja kali ya (di luar gak tau ). dan kejadiannya cuma 1 taun sekali. lebaran memang umum dengan macet, panas dan boros. tapi kenapa ya kebanyakan dari kita gak menyadari itu??
monggo disimak aja lah di bawah beberapa alasan kenapa mudik lebaran masih dilakukan padahal kan boros dan capek


Quote:1. Ingin Bertemu Dengan Orang-Orang Yang Dicintai.

Sebenernya ini Alasan Umum sih Tapi gapapa dah
Setiap orang yang merantau dari kampung halamannya pasti punya rasa kangen sama keluarga, teman, sahabat, bahkan pacar, yang ada dikampung halamannya. apalagi momen lebaran ini biasanya memiliki hari libur yang sangat panjang, sehingga bayak darikita yang bener-bener memanfaatkan momen lebaran ini berkumpul, bernostalgia dan menjalin tali silaturahim di kampung halaman.
jadi boros dan capek gak bakal terasa deh dengan hangatnya kapung halaman Bener gak Gan ???

Quote:2. Ingin Menunjukan Tingkat Kesuksesan Seseorang.

Wah klo untuk ini sih bukan alasan untuk kebayakan orang mudik nih tp gpp dah
Meniti karir, bekerja, atausekolah di Ibu kota atau di kota besar pastilah membanggakan toh. nah bagi sebagian orang momen lebaran ini justru dimanfaatkan untuk unjuk kesuksesan di kampung halaman nih. .
mudik bawa mobil, motor, pakean mentereng, gadget terbaru, bahkan ada yang bawa istri dan anak baru menjadi kepuasan tersendiri bagi sebagian orang myang ngebet mudik.
Alasan ini sah sah aja sih tapi asalkan tidak menimbulkan sifat sombong
bagi sebagian orang yang memiliki alasan ini untuk mudik lebaran, boros dan capek gak bakal terasa

Quote:3. Ingin Berziarah.

bagi kebanyakan orang yang mudik, berziarah ini merupakan kewajiban jika kita memiliki anggota keluarga, teman yang sudah tiada, dengan mendoakan yang telah meninggal mendahului kita, ajang berziaranh ini juga bisa menjadi ajang instropeksi diri, bahwa suatu saat kita akan ikut mereka.
jadi agan udah siap belum untuk mudik yang sesungguhnya nih ke alam kubur

Quote:4. Ingin Mencari Jodoh.

Bagian ini nih kaum jomblo seneng
Mudik lebaran memang tidak bisa dipungkiri dari ajang pencarian jodoh, asik dah. terkadang cinta monyet bersemi kembali, atau CLBK semasa sekolah banyak bgt yang bersemi kembali. tapi dalam hal ini harus berhati-hati, siapa tau Cinta moyet kita dulu sudah punya Suami/Istri/Anak .
Jadi yang punya lasan ini mudik lebaran, boros dan capek gak bakal terasa, bakal terasa apa bila pulang ke Ibukota Masih tetep jomblo

Quote:5. Ingin Refresing.

Nah Ini sih Alasan Semua orang yang mudik.
setelah semua tradisi selesai, biasanya sebelum kembali beraktifitas kembali atau pulang ke ibu kota. kebanyakan dari pemudik ini memanfaatkan waktu untuk represing bersama keluarga besar, teman. bahkan ada yang ingin lucu-lucuan lagi semasa kecil.
bagi sebagian orang yang memiliki alasan ini untuk mudik lebaran, boros dan capek gak bakal terasa

Quote:
Nah mumpung keluarga masih lengkap, teman dan sahabat masih bayak dikampung jangan sia-siain dah momen libur panjang lebaran dengan mudik ke kampung halaman, bisa silaturrahim, mengenang masa lalu dan bayak lah pokoknya
tapi usahakan mudik dengan aman, tertib dan jaga keselamatan diri dan pemudik lain ya bro.

Quote:bagi yang memiliki keluarga masih lengkap di kampung jagan dipikir panjang deh, masalah capek dan boros sih bisa hilang seketika pas dah sampe kampung, tapi klo kebanyakan mikir ntar belum tau tahun depan kita bisa kumpul bareng keluarga loh. apa lag orang tua, jangan sampe nyesel loh

Quote:BUAT AGAN/AGANWATI YANG BAIK GAK BAKALAN LUPA SAMA KOMENGNYA
SERTA
DAN

Quote: Pantengin Juga Nih gan Thread Ane Yang Lain
Prilaku Cewek Yang Buat Ilfil Cowok
Dulu Bandel Kok Sekarang Sukses (HT)

Quote:Original Posted By onod32
Mudik itu bukan kebiasaan atau tradisi, tapi bukti kegagalan pemerintah meredam arus urbanisasi. itu sudah.

Quote:Original Posted By ludovicusdo
Secapek-capeknya mudik, lebih capek lagi kalau gak ada saudara yang bisa diminta tolong
seboros-borosnya mudik, lebih boros lagi kalau dalam kesusahan yang bantu cuma duit dari kantong sendiri

Aleichem Shalom

Quote:Original Posted By masboeing
Mudik gak pernah dilarang. Lagian apa urusannya ngelarang-larang?

Yg gak disarankan sebenarnya: memaksakan diri untuk mudik.

OK, tanpa banyak alasan, silakan simak:

1. Duit mepet, hidup di Jakarta aja Senin-Kamis, alias kembang kempis. Masih memaksakan mudik? Tau biaya mudik, bro? Transportasinya aja, satu keluarga dengan dua anak, minimal pulang pergi keluar Rp.800.000, ini udah yg paling mepet. Realita angkanya pasti di atas itu. Buntutnya? Balik ke Jakarta dalam kondisi habis-habisan. Pernah kepikiran, kalau setelah itu tiba-tiba perlu biaya darurat?? Misalnya ada yg sakit, dll. Masih pegang uang? Tentu tidak. Dan akhirnya... hutang.

2. Gak dapat tiket bus/kereta. Masih memaksakan mudik pakai sepeda motor? Sekeluarga isi tiga orang, bapak ibu anak. Jarak dari Jakarta ke Pekalongan, lebih dari 300 km. "Ah gak papa kok, kan bisa ngirit, murah, dan motornya bisa buat jalan-jalan di kampung..." (itu kebanyakan alasannya). Pernah kebayang kalo di jalan terjadi sesuatu? Belum pernah kebayang kan? Ya, karena belum kejadian. Mudik gak sama dengan touring. Kalo sampe misal kitanya ada apa-apa, gimana dng anak istri kita? Siapa yg cari duit lg buat masa depan mereka?

3. "Ah gak usah lebay, lu! Tuh ada mudik gratis. Enak, aman dan murah, kan?" Oke, coba kita pikir. Agan mau jadi orang yang selamanya punya mindset kalo mudik itu nunggu yang gratisan?? Atau punya pikiran "Biarin aja gak punya duit, tar juga ada yg kasih mudik gratisan!" Itu pikiran-pikiran yg melemahkan perjuangan agan sendiri. Sama dengan mengemis. Menunggu belas kasihan orang. Coba pikir: adakah sebenarnya kewajiban pemerintah nyediain mudik gratis?? Apa alasannya? Ketika ntar penduduk Jakarta udah 10 kali lipat sekarang, berapa biaya yg keluar dari mudik gratis itu? Produktif apa enggak?

Terus gimana, dong?

Gan, ane cuma mau ngajak kita semua berpikir logis dan nalar di saat-saat seperti ini. Jangan terlalu mengedepankan emosi.

Sekali lagi, gak ada satupun yg ngelarang mudik. Silakan. Monggo. Ane juga mudik, kok, hehehe. Yg banyak bikin masalah adalah ketika kondisi (fisik, keuangan) tidak memungkinkan, masih maksain mudik, dengan alasan macem-macem.

"Itu aturan agama, Gan!" Siapa bilang? Di Qur'an gak ada aturan mudik, kok, yg ada aturan silaturahim. Dan silaturahim itu bisa kapan pun, gak harus pas lebaran.

"Orang tua udah usia lanjut, Gan! Nyesel kalo ada apa-apa!" OK, ini emosional. Kalo agan terbatas secara fisik dan finansial, bisa juga 'kan mudiknya setelah lebaran? Harga tiket lebih murah, jalan lebih sepi, lebih santai. Silaturahim juga terpenuhi. Entar kalo ada apa-apa dng orang tua kita gimana? Umur Allah yg pegang, Gan. Kecuali kalo emang kondisinya udah sakit parah, ya.

"Malu sama tetangga, Gan, kalo gak mudik." Nah, yg begini, nih. Bisa kita yg malu, bisa juga ortu di kampung yg malu. Tapi gara-gara malu, atau gak enak, atau sedih, gak dikunjungi anaknya, jadinya semua serba dipaksakan. Gara-gara malu, jadi punya Kredit Tanpa Agunan ke bank buat biaya mudik. Bayarnya? Urusan entar. Pernah gak agan sadar, yang gini-gini malah makin menjerumuskan kita ke kesulitan finansial?

Itu pendapat ane, Gan. Ane tegasin lagi, gak ada yg ngelarang mudik. Tapi MUDIKLAH DENGAN CERDAS, jangan sampe balik ke Jakarta, beban masalah kita (fisik dan keuangan) jadi nambah berlipat-lipat, karena mudik ini.

Yuk, ah, siap-siap mudik dulu. Minal aidzin wal faidzin.

Quote:Original Posted By yudsky
kalo saya (dan beberapa rekan seprofesi) lebaran adalah saatnya berpanen ria. Bagi orang yang bergerak di bidang hiburan, dokumentasi, wisata dan kuliner, musim libur dilarang ikutan libur hehe....

Quote:Original Posted By icebluesjazz
Menurut ane yg paling dominan alesannya, pengen nunjukkin kesuksesannya hidup di Jakarta, trus pulang ke Jakarta bawa temen dah yg bermimpi pengen ikutan sukses

Quote:Original Posted By ballnose
ya karena pusat2 ekonomi masih belum merata gan,coba kl di daerah banyak lapangan kerja trs umk diratain,ane yakin jabodetabek psti sepi

Quote:Original Posted By chondro101
Klo ane ama keluarga ane, cukup bertemu keluarga dekat yang cuma bisa ketemu pas lebaran udah bisa mengalahkan rasa capek , klo soal boros gak juga sih gan tergantung orangnya, lebih borosan liburan ke bali atau ke luarnegeri atau berwisata jadi mendingan mudik sekalian bisa berwisata.
Klo ane mudik pake mobil sendiri gan jadi di jalan bisa nambah temen sama pengalaman gara" ngobrol ngobrol ke sesama pemudik.

Quote:Original Posted By jonkopins
faktor pengen nyombongnya itu yang bikin ane
banyak kawan2 ane yang selalu mendeklarasikan 'pantang pulang kampung sebelum sukses/ kaya', ane ga paham pola pikirnya

Quote:Original Posted By adenya.torres
Tujuan utama gue saat ini yang nomer 2 , karena pernah di rendah-kan HAHAHA

Quote:Original Posted By brandy007
coba kalau indonesia nggak mengenal istilah THR, mungkin nggak ada orang mudik, kalaupun ada mungkin cuma sebagian..

Quote:Original Posted By Rianto81
Anu gan, kalo menurut ahli salah satu ahli ekonomi, mudik adalah salah satu cara untuk memindahkan putaran uang selama beberapa waktu dari daerah ke daerah lain.. Jadi tercipta suatu transfer dana sehingga bisa meningkat kan perekonomian suatu daerah selama beberapa saat..

Quote:Original Posted By ...SaNz...
klo ane ingin kumpul2 bareng keluarga besar gan , ya skali setahun insya allah ane bakal selalu ikut soalnya yg nama nya umur kita ga tau kapan habis nya & siapa yg di panggil dluan ,, jd selagi masih bisa ktmu keluarga di manfaatin sebaiknya2

Quote:Original Posted By junaedi1982
Fenomena mudik juga terjadi di negara2 lain spt Bangladesh saat idul fitri,Malaysia, India, china saat imlek, Amerika saat natal dan thanksgiving.
Tapi cuma disini yang mencolok karena belum merata nya pembangunan (masih terpusat di jawa).

FYI: Saat musim mudik di indonesia, sama dengan seluruh warga negara Malaysia yang melakukan eksodus dalam waktu seminggu.

Quote:Original Posted By Valkyrjur
ga usah mempermasalahkan hal mudik bro. jgn mencari cari kesalahan. mudik itu niatnya adalah silaturahmi ketika momen lebarannya. liat tuh di cina sana, libur imlek sampe ratusan juta orang pergi mudik pulang kampung, ada ga yg nyari nyari kesalahan dan kekurangannya kayak ente? ga ada tuh, biasa aja dan orang orang disana bersama pemerintah mencari solusi, bukan nyari celanya pergi mudik.

jgn jgn ente orang kota yg ga punya kampung lalu iri sama orang yg pergi mudik ya? ga boleh begitu lah jadi orang.

klo niatnya cuma mau pamer, riya, show off, buat apa susah payah capek capek sampe ada yg nekat mudik pake motor, bajaj, motor gerobak kaisar, dll? yg dicari bukan hal hal yg ente tulis di thread. yang pergi mudik pake mobil itu karena ekonominya lebih baik, knapa ga pake bus? karena lebih bebas. buat apa pake bus klo punya mobil sendiri? kenapa ga pake pesawat? again, tidak se-fleksibel dan sebebas dgn kendaraan pribadi. lagipula kampung yg dituju belum tentu bisa dicapai secara langsung dgn pesawat. apa orang orang harus terjun dari pesawat begitu lewat koordinat diatas kampung halamannya? klo sampe bandara harus sewa transport lagi utk sampe ke kampung yg dipedalaman, sama aja buang buang uang kecuali uangnya dah ga berseri.

pertemuan fisik secara langsung itu jauh lebih berharga, berkesan, dan bernilai daripada via sms/telpon/video call/foto. orang yg kampungnya deket saja belum tentu bisa mudik setiap beberapa bulan sekali, entah karena biaya maupun kesibukan, apalagi yg kampungnya jauh? jadi momen lebaran adalah momen paling spesial. harga itu !

jgn sampe kemajuan teknologi, kemajuan ekonomi, kemajuan suatu masyarakat malah membuat orang orang semakin jauh satu sama lain. FB, hp, internet, apa itu benar benar membuat kedekatan? itu cuma kedekatan semu, kedekatan itu adalah silaturahmi secara langsung.

capek, boros, itu ga ada artinya daripada kehangatan bersama keluarga besar yg dirindukan. celaka dijalan, mati dijalan, itu syahid klo niatnya silaturahmi. siapa yg paling tahu niat di hati manusia? cuma Allah SWT. jadi jangan berpikiran buruk, sempit begitu. malah bisa bikin perpecahan.

uang dan hartamu ga akan menolong maupun ngantar kamu ketika mati nanti, saudara dan keluarga kamu lah. ketika kmu jatuh dan susah pun, kepada saudara dan keluargamu lah kmu akan kembali.

ga ada ruginya mudik itu. yg rugi itu yg ga bisa bersyukur.

Quote:Original Posted By monkster


PAMERIN GADGET & SHARING SOSMED

Quote:Original Posted By masahid
mudik itu ibarat orang yg pergi, dia pasti butuh pulang gan...sejauh2 agan melangkah, umur bertambah, pasti agan "merindukan" kembali ke masa silam...kembali ke kenangan agan yg dulu dulu gitu...kalau yg g mudik, kembalilah kedalam dirimu..gitu kata orang bijak gan..soalnya mudik itu bukan hanya peristiwa fisik, ia juga peristiwa ruhani gan..
btw, selamat mudik bagi yg melakukan, dan selamat stay aja deh, bagi yg g mudik

Quote:Original Posted By illuminatindo
Kesemuanya itu budaya gan..
Ritus sosial..
ga ada hubungannya ama Agama..

Bahkan ngerusak esensi rules agama..
banyak yg ygmerelakan batal puasa demi mudik..


Quote:Original Posted By chowe
Mudik...
hmmm..
capek iyaa... kalo boros itu relatif... banyak cara mudik yang tidak boros... apelagi mahasiswa, wuihh kreatif nya keluar deh.

setahun sekali gan...
apalagi pas lebaran.. momen buat bertemu handai taulan.. tetangga.. guru guru... teman teman... dan lain lainnya..
silaturahmi, reunian dengan teman sekolah, maaf maafan...
bandingkan aja mudik lebaran sama mudik liburan.. bedanya jauh bagai bumi dan langit.

kalo yang belum pernah mudik, karena gak punya kampung halaman, mungkin akan bilang ngapain mudik... ngabisin duit, capek lelah...
tapi orang yang sering mudik pasti bilang beda.. lelah gak kerasa karena bertemu keluarga...

karena buat menjalin silaturrahmi bray
sama family
Pengen ngerayain lebaran dikampung pastinya gan

karena setahun sekali gan,
ane lom pernah mudik gan..
pengen mudik tp gatau mo mudik kmn..
kalo ane karena ane suka nyetir sendiri tanpa tujuan
Gw seumur idup gak pernah mudik, kasian
biar cpet dapet jodoh gan
Menurut ane yg paling dominan alesannya, pengen nunjukkin kesuksesannya hidup di Jakarta, trus pulang ke Jakarta bawa temen dah yg bermimpi pengen ikutan sukses
budaya mudik cuma ad di indonesia gan
ya karena pusat2 ekonomi masih belum merata gan,coba kl di daerah banyak lapangan kerja trs umk diratain,ane yakin jabodetabek psti sepi
alesan gua karena setaun sekali bray...
yo bay...
kalo ane pengen temu kangen mboke mbah'e dulur kabeh, sama sekalian ngusir rasa penat
Ane taun ini gak bisa mudik gan
ane kagak pernah mudik malahan gara gaa kagak punya kampung
iyah gan, pengen menjalin silaturahim
Klo ane ama keluarga ane, cukup bertemu keluarga dekat yang cuma bisa ketemu pas lebaran udah bisa mengalahkan rasa capek , klo soal boros gak juga sih gan tergantung orangnya, lebih borosan liburan ke bali atau ke luarnegeri atau berwisata jadi mendingan mudik sekalian bisa berwisata.
Klo ane mudik pake mobil sendiri gan jadi di jalan bisa nambah temen sama pengalaman gara" ngobrol ngobrol ke sesama pemudik.
susah jelasinnya gan, cuman org yg mudik secara ikhlas yg tau gimana rasanya mudik , lagian ente kek ngak punya sodara aja....
Intinya kangen kampung aja gan,,bda banget saat mau pulang kampung,biar capek,apalagi pas d jln ktmu tman2 skampung yg sama2 mudik..
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar