Pages


Rabu, 08 Juli 2015

Mengenal Makanan Kuliner Khas Timur Tengah

Alhamdulillah HT 07 Juli 2015

Syukron Mimin Momod All Officer & Kaskuser

Sebelumnya maaf ni Gansis, trit ini HT pagi" bukn bermaksud/berniat ngegodain/membatalkan puasa Gansiscuman sering pengetahuan aja, sekalian referensi pilihan menu buka puasa ntar(Kuat tidak Iman nya )


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Selamat Datang Di Thread Unitedd
Mudah"han Tidak Repost



Quote:
Spoiler for peta:
Masakan Timur Tengah atau masakan Asia Barat adalah masakan di negara-negara Timur Tengah. Bahan yang biasanya digunakan adalah zaitun dan minyak zaitun, madu, wijen, peterseli, mentha, kacang Arab, dan lain-lain. Beberapa makanan yang terkenal adalah kibbeh dan shawarma. Minuman yang terkenal adalah arak.
Spoiler for subhanallah:
Wilayah Timur Tengah mencakup beberapa negara di Asia Barat dan Afrika Utara. Areanya juga berbatasan dengan kawasan Mediterania di benua Eropa, seperti Yunani. Sebagai zona persimpangan, Timur Tengah telah lama menjadi melting pot, termasuk urusan bahan makanan dan resep-resep masakan. Oleh karenanya kuliner di kawasan ini mencakup banyak ragam dan rasa yang unik.
Spoiler for zennn:
Ramuan rempah yang beragam menjadi ciri khas sekaligus keistimewaannya. Ada kunyit, jintan, dan bawang putih bawaan orang Mongolia atau cengkih, merica, dan all spice powder yang khas dari India. Untuk sayuran, wilayah ini kaya akan tomat, terung, dan okra.



Quote:Traveling tidak sah rasanya jika tidak mencoba makanan khas. Saat liburan ke Timur Tengah, pastikan tidak melewatkan makanan-makanan khas di bawah ini
Quote:Quote:Hummus
Spoiler for zennn:
Saus cocolan ini populer di Lebanon, Yordania, Israel, dan Palestina, menemani pita bread (roti bulat tipis dengan ‘kantung udara’ di tengahnya). Resepnya sudah ada sejak abad ke-13 M. Diracik dari chickpea dan garbanzo. Keduanya jenis kacang-kacangan yang dihaluskan bersama air jeruk lemon, bawang putih, buah zaitun, dan tahini. Tahini sendiri merupakan bahan populer yang terbuat dari biji wijen dan minyak wijen (atau minyak sayur lain) yang diproses ke dalam bentuk paste.


Quote:Quote:Manakeesh
Spoiler for zennn:
Pizza ala Arab ini bentuknya juga bulat, ditaburi dengan keju, daging cincang, serta bumbu khas yang bernuansa Arab sekali dan rasanya istimewa.


Quote:Quote:Falafel
Spoiler for zennn:
Falafel juga menjadi salah satu menu yang istimewa dan populer di dunia. Bahkan, New York Times pernah menulis bahwa falafel ini adalah makanan yang bikin ketagihan.

Sebenarnya, masih ada perdebatan mengenai dari mana makanan bernama Falafel berasal. Namun makanan ini banyak ditemui di Timur Tengah, salah satunya di Yordania. Bentuknya seperti perkedel, terbuat dari kacang-kacangan dan rempah.
Falafel memiliki banyak cara untuk dimakan. Salah satunya menjadi tambahan menu dalam roti pita dengan sayuran dan mayonaise. Atau, menjadi tambahan dalam salad dan sup.


Quote:Quote:Tabouleh
Spoiler for zennn:
Semacam salad yang populer di Arab, dan terdiri dari potongan sayuran, daun parsley,m daun mint, bawang merah dan tomat. Membayangkannya seperti eummmm penuh sayuran ya, tetapi jangan ditanya soal rasanya.

Salad khas daerah pegunungan Siria dan Lebanon. Di sekitar tahun 1950-an baru mulai berkembang di wilayah lain seperti Arab dan Irak. Tidak seperti salad lainnya, bahan utama tobouleh terkomposisikan dari bulgur (sejenis gandum), bukan sayur. Tomat, peterseli, dan daun anggur jadi bahan lainnya. Dipungkas dengan dressing minyak zaitun ditemani rempah seperti jintan dan bawang putih bubuk. Disantap langsung atau sebagai isian roti pita.


Quote:Quote:Moutabal
Spoiler for zennn:
Sama seperti hummus, moutabal ini mungkin yang juga akan membuat Anda menyodorkan piring untuk menambah lagi dan lagi. Biasanya moutabal disajikan dengan potongan terong yang siap dicelupkan ke dalamnya. Membuat potongan terong atau sayuran terasa jauh lebih istimewa.


Quote:Quote:Shanklish
Spoiler for zennn:
Keju yang terbuat dari susu sapi atau kambing ini biasa disajikan dalam bentuk bulatan kecil yang siap lahap. Dibalut dengan bumbu zaatar atau serbuk cabai dan juga disajikan dengan potongan tomat, bawang serta minyak zaitun.


Quote:Quote:Shawarma
Spoiler for zennn:
Shawarma adalah potongan tipis dari ayam dengan campuran potongan bawang bombay, yang disajikan dengan dibungkus roti pita.

Sejenis kebab, kuliner yang tersebar di Timur Tengah bernama shawarma ini jadi makanan khas yang wajib dicicip. Beberapa daging yang bisa digunakan untuk shawarma antara lain daging kambing, ayam, kalkun dan sapi.
Shawarma biasanya disajikan bersama potongan sayuran, acar dan mayonaise. Setelahnya dibungkus bersama roti pita atau sejenisnya. Sekali mencoba, dijamin tambah!


Quote:Quote:Shisw Tawook
Spoiler for zennn:
Disajikan dengan pasta bawang, dan diiris tipis-tipis, makanan ini sangat populer di Lebanon, Syria, Mesir, bahkan di Irak.

Inilah sate dengan rasa Timur Tengah. Shish tawook terbuat dari daging ayam yang ditusuk seperti sate, dengan selingan paprika. Jika di Indonesia, sate disajikan dengan saus kacang, di sini disajikan dengan saus bawang putih.
Makanan ini bisanya disajikan dengan kentang goreng atau roti pita. Shish tawook terkenal di Libanon, Suriah, Mesir, Irak dan sekitarnya.


Quote:Quote:Kofta
Spoiler for zennn:
Makanan ini sangat populer di Iran dan Pakistan. Merupakan bola-bola yang terbuat dari daging domba atau sapi dan dibumbui bawang yang rasanya nendang. Bisa disajikan dengan digoreng, dipanggang atau dioven, dan paling cocok dinikmati dengan cocolan saus sambal.


Quote:Quote:Kebab
Spoiler for zennn:
Wah, kalau yang satu ini pastinya Anda juga doyan kan ya? Irisan-irisan daging kebab ini biasa disajikan dengan saus yang rasanya asam sehingga menyeimbangkan rasa dan membuatnya lebih sedap.


Quote:Quote:Baklava
Spoiler for zennn:
Banyak sumber menyebutkan bahwa kue dari lapis demi lapis phyllo pastry (pastry tipis) ini aslinya dari Turki. Dessert manis ini melimpah dengan isi gula, madu, kayumanis, dan kacang almond. Kian manis, karena disiram madu atau air mawar-sirop jeruk. Pertama kali disajikan di kerajaan Topkapi, Turki, sebagai favorit Raja (sekitar abad ke-13 M). Di tahun 1500 M, mulai dikenalkan pada masyarakat luas terutama di sekitar Arab hingga ke Yunani.


Quote:Quote:Quote:Mansaf
Spoiler for zennn:
Rasa yang unik membuat makanan khas asal Yordania ini membuat ketagihan. Ini adalah makanan berat, terbuat dari nasi dengan topping daging kambing. Yang membuatnya berbeda, ada kuah yoghurt yang asam dan segar sebagai pelengkap makanannnya.

Menu ini sangat terkenal di Yordania dan Palestina. Selain di sana, menu ini juga bisa ditemui di Irak, Suriah, dan Arab Saudi. Biasanya, menu ini cukup besar, jadi satu piring pun bisa untuk beberapa orang sekaligus.


Quote:Quote:Moussaka
Spoiler for zennn:
Sajian sepinggan, mirip skotel, berisi terung, tomat, dan daging kambing cincang yang dipanggang bersama dalam pinggan tahan panas. Paling terkenal di Turki. Secara klasik, pinggannya dikelilingi dengan kulit terung. Saking populernya, di Yunani, Tselementes, chef Yunani terkenal di tahun 1920-an, meracik sajian ini dalam versi yang menggunakan saus béchamel (saus putih khas Prancis) sebagai ‘pengikatnya’.


Gansis udah pernah nyobain yg mana nich?

sumber
sumber
sumber
sumber





Kalo Trhead Ini Menarik&Menginspirasi, Boleh Dijadiin Rekomendasi HT

Recomend HT

Reserved
Tambahan Kaskuser
Quote:Original Posted By qnanti93
nih gan ane tambahin,makanan khas timteng favorit ane selain kebab

Spoiler for sutlac:

ini dessert khas makanan turki namanya sutlac gan uenaaak tenaaan
bagi agan yg tinggal didepok,jabar,disana ada restoran turki asli,yg masak org turki,namanya ottoman,mantab bgt tuh disana


Spoiler for bubur mesir:

ane gak tau nama arabnya apa,tp biasa disebut bubur mesir jadi ad org mesir asli gitu yg nikah ama org indo dan dia jualan bubur ini,rasanya juga uenaaak tenan


Mampir Juga Di Thread Unitedd Lainnya
Fakta Fakta Bells Palsy Penyakit Yang Bikin Wajah Rano Karno Kaku SeparuhHT
Serangan Balik Indonesia Setelah Berasil Tolak Dubes HT
Aneka Cara Australia Selamatkan Duo Bali Nine Dari Eksekusi Mati HT
Aksi Memaafkan Paling Luar Biasa HT
Potret Polusi Di Tiongkok Yang Mencengangkan HT
Nge-Tweet Lion Air Sindir AirAsia HT
7 Sifat Ahok Yang Tak Terduga !!!HT
Keindahan Dibalik Keangkeran Alas PurwoHT
Penyebab Seseorang Gagal Kuliah & Cara MengatasinyaHT
7 Persoalan Penting yang Dihadapi Perempuan Selain Tubuhnya !!!HT
Bahaya, Air Mineral Kemasan Botol Banyak Yang Palsu & Cara Membedakannya !!!HT
Jokowi Luncurkan Logo 70 Tahun Kemerdekaan RIHT
Benarkah Pria Berubah Setelah Menikah ???HT
Susahnya Pacaran Di Jakarta Dan SekitarnyaHT
Inilah 10 Trisula Maut Sepak Bola Saat IniHT
Mengenal Orang Chinchorro, Pakar Mumi !!!HT
Rumor Mistis Indonesia yang Bikin Heboh Masyarakat Dari Masa ke MasaHT
10 Bangunan Peninggalan Belanda Paling Megah Di IndonesiaHT
Api - Api Abadi di Dunia [PICT]HT
Menjawab Pamali yang Sering Dilontarkan Oleh Nenek Dengan LogikaHT
7 Hal Ini akan Terjadi Jika Mayat Manusia Tidak DikuburHT
Momen Masa Depan atau Masa Lalu Yang Bikin Kita Senyum Asyem MaluHT
Penting !!! Ketahui Razia Polisi Resmi atau Tidak Di Siang Hari dan Malam HariHT
Gangguan Tidur yang Menakutkan [SEREM]HT
Makanan Pernikahan Tradisional Paling Laris ManisHT
Serupa Tapi Tak Serasa !!!HT
Beginilah Astronot Jalani Rutinitas Sehari-hari di Antariksa [PICT]HT
Fakta Unik Suku Bajau, Manusia AirHT
Saat di Luar Negeri, Hal Ini Bakal Bikin Gansis Kangen IndonesiaHT
Cara Penyajian Makanan Khas Indonesia Yang Bikin Nikmat BerlipatHT
Demi Merubah Dunia, Anak Ini Harus Mati MudaHT
Setiap 21 April, Indonesia Memperingati Selamat Hari Kartini [PICT]HT
9 Alasan Bangga Menjadi Orang SurabayaHT
Kenapa Era Kejayaan Motor 2-Tak Berakhir?! [PICT]HT
Pelajaran Berharga di Balik MengantriHT
10 Tips Penting Ini Diwariskan Nenek Moyang Kita Sejak 100 Tahun LaluHT
Ajaib! 10 Makanan Ini Berbentuk Mirip dengan Organ Tubuh yang Memang Membutuhkannya!HT
Nostalgia Sampul Buku & Mengingat Cara Menyampul Buku [PICT]HT
7 Tokoh Indonesia Ini Membuktikan Jaman Dulu Itu Seru Banget & Bisa Menjadi InspirasiHT
Gaya Berenang dan Hubungannya dengan Kepribadian GansisHT
Belajar Dari Kehidupan Daun Yang Jatuh Ke Tanah !!!HT
Kesatuan Militer Paling Cantik di Dunia [PICT]HT
Nostalgia, 5 Serial Silat Tiongkok yang Melegenda di IndonesiaHT
Film Ini Menggambarkan Pentingnya Toleransi BeragamaHT
10 Foto Viral di Internet yang Faktanya DiputarbalikkanHT
Inilah Produk Sehari-hari Hasil Perbudakan Anak !!!HT
Tanpa Disadari Inilah 10 Bisnis Yang Sedang Berkembang Saat IniHT
4 Fenomena Yang Bisa Bikin Orang Indonesia Marah !!!HT
Balita Berbaju Hijau Adalah Sam Grinner, The Success KidHT
Pelajaran Membangun Tim Ala Film The AvengersHT
7 Milyader Yang Memiliki Ritual Pagi Yang InspiratifHT
Cara Belanja Menggambarkan Kepribadian AganWati Lho!HT
`Berkah Alam Semesta, PSSI Diaktifkan Lagi`HT
NOSTALGIA 90-AN, Lompat - Lompat Yuk Bareng Vampir Cina!HT
Breaking News! WOW, Kerajinan Khas Indonesia yang Menembus Pasar DuniaHT
Cara Alami Mengusir Tikus Di Rumah, Terbukti AmpuhHT
Mengenal 15 Jenis Pempek Palembang, Bule Aja Suka!!! [PICT]HT
7 Peluang Usaha Terlaris Saat Bulan RamadhanHT
Alasan Kenapa Traveling Naik Kereta Api Paling Hemat dan AsyikHT
Mainan Tradisional Indonesia Dari Bambu [PICT]HT
7 Cara Membangunkan Orang Sahur yang Paling Out of The BoxHT
15 Benda Menakjubkan Yang Dibuat Dengan Printer 3D [PICT]HT
Semut Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga [PICT]HT
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!HT
Bahagia adalah Kewajiban. 13 Catatan Hector Ini Bisa Jadi InspirasinyaHT
Mengenal Makanan Kuliner Khas Timur Tengah
HT
Pengen coba selaen kebab
disini pasti susah dicari tuh gan. dan kalo ada pasti harganya mahal. harha restoran
kayanya enak gannn... tapi tetap BPK nomor 1
sore sore lihat makanan, buka juga msh lama, ts nya terlalu
NIce info gan.. karena ane selama ini cuma tau kebab, moussaka, sama nasi kebuli doang wkwkwk
Kayanya sih enak2 dah tuh makanan nya gan...
Tapi yg kebab kok beda yak sama yg di jula di pinggir jalan deket daerah rumah ane gan...
itu toh Hummus

ane penasaran bgt sama Hummus gegara film nya Sandler yang judulnya you don't mess with the zohan
Padahal di timur tengah tandus
Tapi masakannya penuh dengan rempah2 yah

Zenn Gan... ajib...
uwow
gambar nomor 2


makasih
Duh ga kuat gan.. bntar lagii buka nih !!
Kebab gan, mantaf bener rasanya
ane mah doyannya orek karo kikil gan
Quote:Original Posted By Yggdrasilmaniac
Pengen coba selaen kebab

nasi kebuli udah pernah blom gan?

Quote:Original Posted By MR.K4SKUS
disini pasti susah dicari tuh gan. dan kalo ada pasti harganya mahal. harha restoran

kecuali kebab sma nasi kebuli gan murah meriah

Quote:Original Posted By manggor18
kayanya enak gannn... tapi tetap BPK nomor 1

BPK apaan gan

Quote:Original Posted By cahnjero74
sore sore lihat makanan, buka juga msh lama, ts nya terlalu

hehehehe..cry gan, buat referensi buka puasa

Quote:Original Posted By vbmach5
NIce info gan.. karena ane selama ini cuma tau kebab, moussaka, sama nasi kebuli doang wkwkwk

ok gan, mkasih udah mampir

Quote:Original Posted By eddiesangadjie
Kayanya sih enak2 dah tuh makanan nya gan...
Tapi yg kebab kok beda yak sama yg di jula di pinggir jalan deket daerah rumah ane gan...

beda gan, udah dioplos kebab indo
Quote:Original Posted By kuedonat2
itu toh Hummus

ane penasaran bgt sama Hummus gegara film nya Sandler yang judulnya you don't mess with the zohan

hehehe..apalagi klo di cobain gan..bheeeee..

Quote:Original Posted By Edodoe91
Padahal di timur tengah tandus
Tapi masakannya penuh dengan rempah2 yah


makadari itu gan, subur jg ternyata meski tandus

Quote:Original Posted By 25Dec.HOAX
Zenn Gan... ajib...

zennnn gan ajiebunnn..

Quote:Original Posted By uao
uwow
gambar nomor 2


makasih

langsung gan tancap belii...hehehe

Quote:Original Posted By beladas27
Duh ga kuat gan.. bntar lagii buka nih !!

hahahaha

Quote:Original Posted By sandbox466
Kebab gan, mantaf bener rasanya

kebab pdes manis bnyakin daging nnya..bheeee,,ngiler

Quote:Original Posted By rikudo31
ane mah doyannya orek karo kikil gan

daging" g demmen emg gan?
Quote:Original Posted By unitedd

daging" g demmen emg gan?


alhamdulillah cuma doyan daging ayam
jadi laper gan
Quote:Original Posted By kucingdewa
jadi laper gan

Emg blom buka puasa gan?
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar