Pages


Kamis, 22 September 2016

Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosial


terima kasih mendalam kembali yang amat sangat banyak untuk momod/mimin yang udah mengangkat trit yang sederhana ini menjadi HOT TRIT tanggal 21 September 2016


Ini adalah HT ke-37 ane gan

Spoiler for Hot trit tanggal 21 September 2016 :

Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosial

Terima kasih juga untuk agan2/wati sekalian yang udah menyediakan waktunya untuk mampir ke trit ini, rating dan juga lempar cendolnya ke ane

Quote:Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosial

Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosial
Mantan pemain sepak bola Rio Ferdinand tiba-tiba menjadi kontroversi di media sosial, tapi ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan olahraga.

Rio Ferdinand membagi cerita perjalanannya ke Singapura di media sosial, dan pada Sabtu lalu dia mengunggah foto selfie dengan nasi goreng di Twitter dan Instagram, menggunakan tagar Singapura.

"Nasi goreng lunch... Keep it local in #Singapore," begitu kutipan kicauan yang kini di-retweet lebih dari 1.500 kali.

Pengguna media sosial langsung ramai karena mereka merasa itu adalah sebuah kesalahpahaman regional. "Itu sebenarnya makanan Indonesia. Tidak ada 'nasi' dan 'goreng' di Singapura," kata @Agungbusby.

"Nasi goreng makanan orisinil dari Indonesia, bukan dari Singapura," kata yang lain.

Tidak semua orang mengkritik mantan pemain internasional Inggris ini. Seorang pengguna malah menulis, "Orang-orang Indonesia ini suka mengklaim tiap makanan asalnya dari negara mereka."

Lainnya berkomentar, "Orang Indonesia marah dan mengklaim nasi goreng milik mereka, tetapi tidak mau klaim kalau mereka yang menyebabkan kabut asap."

Nasi goreng dari mana?

Kicauan Rio Ferdinand juga memicu perdebatan tentang asal nasi goreng. Saat sejumlah pengguna mengatakan itu adalah makanan khas Indonesia, lainnya berpendapat bahwa itu adalah menu umum di mayoritas negara Asia Tenggara - bukan spesifik Indonesia saja.

"Akan ada orang Indonesia yang mengatakan itu dari Indonesia. Tapi bukan. Itu dari nusantara. Tidak cuma Indonesia," kata akun ‏@imfdhl.

Terlepas dari itu, Chef Degan Septoadji mengatakan bahwa makanan Indonesia memang terkesan kurang dikenal di luar negeri.

"Restoran Indonesia di luar negeri sangat minim, bagaimana orang bisa tahu tentang kuliner khas kita. Restoran Malaysia atau Singapura (misalnya) juga menjual nasi goreng, rendang, sambal, sate dan lain-lain," tambahnya.

"Beda dengan negara lain, kalau seperti sushi, orang sudah tahu itu dari Jepang, Tom Yam dari Thailand, Kimchi Korea... agak susah untuk kita mau punya identitas kuat di luar negeri seperti kuliner lain karena hanya bisa dilakukan restoran-restoran Indonesia," kata Degan kepada BBC Indonesia.

Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosialRio Ferdinand mengklaim dia belum pernah punya pengalaman buruk satupun ketika mengunjungi negara-negara Asia Tenggara.


Makanan dan Ferdinand pernah menjadi topik kontroversial sebelumnya. Dalam autobiografinya, dia mengklaim mantan manajer Manchester United David Moyes marah pada tim dengan melarang konsumsi kentang goreng sebelum pertandingan.

Terkait nasi goreng, mantan pemain bertahan ini pernah berkicau tentang itu sebelumnya pada Juni 2011. Dia mengklaim bahwa ini adalah "makanan paling populer Indonesia." Dia juga pemilik restoran di Manchester.

Menanggapi reaksi yang cukup beragam ini dia berkomentar, "apakah betul ada kegemparan karena kicauan nasi goreng saya? Santai kawan, 'lokal di Asia Tenggara... coba lihat perjalanan saya di Indonesia... selesai! 1Love!"
Sumber


Waduh, mas Rio kan taun 2011 kan sempat klaim kalo nasi goreng itu makanan populer asal Indonesia...
Kok sekarang berpaling hati ke Singapura sih...
Biasanya kalo berita macem ini antara Indonesia dan Malaysia...
Dan netizen asal Singapura pun juga berkicau mengenai pernyataan si mas Rio gan:

Quote:Gara-gara Rio Ferdinand sarapan nasi goreng, netizen Singapura sindir netizen Indonesia

Rappler.com
Published 6:17 PM, September 19, 2016
Updated 6:24 PM, September 19, 2016
Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosialSarapan nasi goreng, Rio Ferdinand picu perdebatan antar netizen Indonesia dan Singapura. Foto dari Twitter/@rioferdy5
Rio Ferdinand meminta perdebatan nasi goreng dihentikan
JAKARTA, Indonesia — Mantan pesepak bola asal Inggris Rio Ferdinand secara tidak sengaja memicu perdebatan di kawasan Asia Tenggara, khususnya antara Indonesia dengan Singapura.

Perdebatan yang berlangsung di media sosial tersebut terjadi karena cuitan di akun Twitter mantan bek Manchester United tersebut.
Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosial
Dalam cuitan tersebut, terkesan bahwa Rio Ferdinand memperkenalkan nasi goreng yang akan disantapnya sebagai makanan khas Singapura. Hal tersebut yang kemudian memicu netizen Indonesia membalas cuitan tersebut dan menjelaskan bahwa nasi goreng adalah masakan asli Indonesia.
Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosial
Setelah cuitan tersebut populer di media sosial, giliran netizen Singapura yang membalas. Mereka menyindir Indonesia yang sibuk mengklaim nasi goreng, namun tidak ingin dikaitkan dengan bencana kabut asap yang sampai ke Singapura.
Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosial
Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosial
Perdebatan tersebut berlangsung saat Rio Ferdinand sedang berkunjung ke Singapura untuk menyaksikan langsung balap Formula 1.

Sehari setelah perdebatan tersebut menghangat di media sosial, akhirnya Rio Ferdinand kembali berkicau. Ia meminta para netizen untuk meredakan emosi masing-masing dan menyatakan bahwa yang ia maksud adalah nasi goreng sebagai masakan lokal khas Asia Tenggara.
Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosial
Sumber

Setelah perdebatan di media sosial, Mas Rio pun coba kasih klarifikasinya mengenai twitnya yang nyata ternyata sangat kontroversi gan...
Quote:Diprotes Netizen Soal Nasi Goreng, Ini Klarifikasi Rio Ferdinand

09:59 20 SEP 2016
Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosial
Rimanews - Legenda Manchester United, Rio Ferdinand, sempat mendapat protes dari netizen Indonesia, gara-gara salah menyebut nasi goreng berasal dari Singapura. Melihat kicauannya timbulkan pro-kontra, mantan bek timnas Inggris itu memberikan klarifikasi.

Cuitan Rio Ferdinand di akun Twitternya, @rioferdy5, menimbulkan protes yang mayoritas dari masyarakat Indonesia. Mereka menjelaskan bahwa nasi goreng merupakan kuliner asli Tanah Air bukan dari negara tetangga seperti yang dikatakannya.

Mengetahui tulisannya membuat pro-kontra dari netizen lain yang berasal dari negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia dan Singapura. Rio Ferdinand akhirnya memberikan klarifikasi soal pernyataannya. Pria 37 tahun itu meminta agar netizen menghentikan perdebatan tersebut.

"Apa benar kicauan saya tentang nasi goreng menimbulkan keributan? Tenang guys...'lokal' yang saya maksud adalah untuk Asia Tenggara. Lihatlah kembali perjalanan saya ke Indonesia, kasus ini selesai! One Love," tulis Ferdinand.

"Saya harus mengatakan bahwa saya tidak punya satu pengalaman buruk di Asia Tenggara. Saya menyukainya... orang-orang hebat, makanan lezat dan banyak hal bisa untuk dilakukan dan dilihat. Kehangatan dari warganya," tambah Ferdinand.

Sumber

Quote:Komentar agan/sis:
Quote:Original Posted By naolo
CMIIW...

Bukan ane gak nasionalis atau tidak suka kuliner Indonesia. FYI nasgor itu memang menu favoritane dari kecil.

Tapi menurut sejarah yang ane baca, asal muasal nasi goreng itu memang bukan dari Indonesia. Tapi dari Cina alias Tiongkok. Loh? Kok bisa? Karena dulu, kaisar - kaisar cina itu kalau makan, mulai pagi, siang, malam dan ngemil harus dimasak dan dites dulu oleh kokinya sendiri (untuk mengetahui apakah makanan atau minuman yang disajikanberacun). Nah, jumlah menunya setiap kali mau makan (baik itu pagi, siang atau malam) wajib 20 apa 30 menu dengan hidangan utama yaitu nasi (WTF, emang bisa abis itu semua?). Kadang abis kadang enggak yah namanya juga manusia.

Karena biasanya kaisar makan dengan keluarga besar dan menteri termasuk ibu suri dan selir kesayangan jadi, jadi menu dan porsinya juga gede. Nah, biasanya banyak makanan itu tidak habis (bayangin aja, tiap mau makan disuguhin 20 sampe 30 menu). Yang paling makjleb lagi, kalau itu hidangan tidak habis wajib dibuang, baik yang sisa ataupun yang tidak dimakan.

Nah, melihat makanan yang tidak habis ini, terutama nasi putih. Seorang koki kaisar mencoba memasak kembali nasi tersebut dengan cara coba2 (digoreng, direbus, dipanggang, de el el...) agar nasi tersebut tidak dibuang begitu saja. Dan dapat dimakan kembali oleh petugas2 istana (sebab jaman dulu ada anggapan bahwa makanan kaisar adalah makanan dewa, sehingga siapa saja yang dapat memakan makanan kaisar akan mendapat kekuatan dewa).

Itu informasi tentang sejarah nasi horeng yang ane tahu. Tapi sekali lagi CMIIW, karena info ini ane dapat ketika ane study tour ke Beijing. Tapi kalo info lain ada yang lebih terpercaya yah baguslah..

Cuma ngeshare yang ane tahu, bukan maksud rasis atau tidak cinta bangsadan kuliner Indonesia..


Quote:Original Posted By lhieenzhi


emang bener gan nasgor asalnya dari Tiongkok, klo cerita tentang kaisar ane baru tau dari agan.

nasgor ada di semua asia, krn jaman dulu orang Tiongkok yg berdagang mengenalkan juga nasgor.
dan krn perkembangan nasgor di indonesia punya khas sendiri, singapura jg punya sendiri, malaysia jg punya sendiri dan nama2 nasgor yg berbeda2 jg.
kita salah klaim klo bilang nasgor punya kita, nasgor punya asia yg asal mulanya dari Tiongkok. mungkin yg kita klaim dr Rio adalah kata2 indonesianya "Nasi Goreng", coba klo Rio pake bahasa inggris mungkin gk rame kek gini.

ane bingung ma singapura, mereka itu bahasa aslinya apa ya?? di bilang inggris bisa di bilang melayu bisa mandarin jg ada, tapi rata2 udh pake bahasa indonesia campur melayu inggris dan klo di bilang mereka pake bahasa indonesia mereka gk terima, mereka lebih terima di bilang pake bahasa serumpun.
jelas2 bahasa indonesia ciptaan kita sendiri yg EYD trs serumpun darimananya?? klo melayu iya serumpun.
sory OOT.
Quote:Original Posted By Gludin
Kalo dari asal usul, nasi goreng bukanlah masakan asli indonesia. Setahu ane, nasi goreng udah ada dari 4000 tahun sebelum masehi di China. Karena pada dasarnya orang China ga terlalu suka masakan yg udah dingin, dan ngebuang sisa makanan sebelumnya. Dari sana tercipta deh nasi goreng. (Kalo ane ga salah inget sih gitu. Soalnya ane pernah baca di buku pelajaran tata boga pas kelas 1 SMP, sekitar 12 tahun yg lalu )
Nah, karena orang china pada waktu itu merantau, akhirnya nasi goreng beradaptasi dengan tempat rantau orang China. Di Jawa, ada nasi goreng Jawa, di Thailand ada nasi goreng pattaya (sejenis nasi goreng yg dibungkus telor dadar), di Singapur juga ada namanya nasi goreng singapur (nasi goreng yg dibumbui kare kuning), bahkan di negara asalnya nasi goreng ada banyak banget jenisnya tergantung lokasi nasi goreng tsb.

Tapi kalo yg ngomentari masalah kata "nasi goreng" ane rasa mungkin benar, karena kata tersebut ada di Indonesia, mungkin di Singapura ga ada kata tsb.
Tapi kalo mengomentari dan menyimpulkan nasi goreng berasal dari Indo)nesia ya salah, seperti yg ane tulis di paragraf sebelumnya, nasi goreng bukan makanan asli indonesia.)

Ini baru nasi goreng, belum masakan Semur yang terlihat lebih mengindonesia tapi dari segi sejarah Semur merupakan masakan Belanda. Semur berasal dari kata Belanda yaitu Smoor
Saran ane sih, stop deh ngaku ngaku kalo hal tertentu itu milik Indonesia, padahal kenyataannya bukan. Kan jadi malu sendiri.
Nasionalis boleh, tapi ya jangan nasionalis yang buta ya.


Spoiler for Hot trit ane lainnya gan/sis::

Inilah 12 Pahlawan Nasional yang akan 'mejeng' di lembar dan logam Rupiah (Sept-2016) -> HT#36
Ketika pesepakbola asing berpaspor Republik Indonesia -> HT#35
Yang 'unik' dari emas Owi/Butet di Olimpiade Rio 2016 -> HT#34
Inggris 'angkat kaki' dari Uni Eropa -> HT#33
Serba-Serbi Kementrian di Republik Indonesia-> HT#32
Indonesia sabet dua gelar di Singapore Open 2016 -> HT#31
Peta dunia dan ukuran yang sebenarnya-> HT#30
Kenapa yah paspor RI itu 'lemah'...?-> HT#29
Kewarganegaraan ganda: setuju atau tidak?->HT#28
Kumpulan cap paspor unik nih gan!-> HT#27
Edward Snowden, 'spesies' terbaru Indonesia-> HT#26
Patung Jenderal Besar Soedirman tidak hanya di dalam negeri-> HT#25
Prestasi Indonesia di Kejuaraan Bulutangkis Dunia dari masa ke masa-> HT#24
Legenda Bulutangkis Indonesia di BWF Hall of Fame-> HT#23
Raja Ampat dan TN Komodo masuk destinasi snorkeling terbaik di dunia -> HT#22
Arus bebas tenaga kerja terampil ASEAN, untung atau buntung...? ->HT#21
6 animator Indonesia yang mendunia-> HT#20
Nitya/Gresya juarai ganda putri Taiwan Open 2015! -> HT#19
Ini alasan Indonesia pantas bebas visa Schengen -> HT#18
Menengok keindahan Cayman Islands (Kepulauan Cayman), negeri tanpa 'pajak' di Karibia -> HT#17
Nama-nama tempat ini kadang 'tertukar' gan -> HT#16
Fakta unik lainnya tentang Rupiah -> HT#15
Frogdive, klub selam ekspedisi sejarah bawah laut Indonesia -> HT#14
(Nostalgia) Karir `Band Satu Juta Copy` Sheila on 7 (Infografis) -> HT#13
Negara lain pun jadi 'klien' PERURI -> HT #12
Dilema skripsi, dihapus atau tidak? -> HT #11
(sejenak direnungkan) 10 peribahasa terpopuler Indonesia -> HT #10
Mereka yang 'pertama' di Kabinet Kerja RI -> HT #9
Negara yang 'ter-' se-ASEAN -> HT #8
Patricia Yora, pilot cantik termuda kebanggaan Indonesia -> HT #7
Bali, sebuah pulau dengan berbagai penghargaan -> HT #6
Gedung Indonesia-1, calon gedung tertinggi di Indonesia -> HT #5
TNI menang mutlak di kejuaraan menembak di Australia -> HT #4
Lilyana/Tontowi juara ganda campuran Asia-> HT #3
Tengok wajah baru Paspor Republik Indonesia -> HT #2
SBY:Indonesia masuk 10 besar ekonomi dunia gan! -> HT #1 tapi udah ditutup

Spoiler for Trit ane lainnya gan/sis::

Mengenal Winnie Aoki, desainer asal Indonesia yang mendunia
Inikah alasan WNI melepaskan kewarganegaraan Indonesianya?
Ini 8 wajah baru dalam Kabinet Kerja
Infeksi ginjal, kenali penyakit ini lebih jauh...
Negara-negara yang 'menjual' kewarganegaraannya
Soundtrack yang 'sama', dua film, dua nuansa
Tommy Sugiarto juara tunggal putra Rusia Open 2015 gan!
UNESCO tambah 2 cagar biosfer Indonesia!
Inilah 10 'Landmark' terbeken milik Indonesia
Dubes Australia untuk Indonesia sudah kembali ke Jakarta (Juni 2015)
Jokowi angkat tokoh adat Papua jadi staf khusus
Pemerintah Akan Ambil Alih Blok Mahakam dan Freeport
(Berita berani) Papua Nugini Larang Warga Australia Datang ke Pulau Bougainville
(Kenangan) Detik Ini 17 Tahun yang Lalu Reformasi Dimulai
Bintan Triathlon 2015, wakil dari Indonesia juara kategori Olympic gan/sis!
Indonesia 'bodoh'? Coba tengok ini dulu gan!
Standard And Poor’s: Outlook Rating Indonesia Membaik Dari Stable Menjadi Positif
Indonesia Bakal Jadi Anggota OPEC Lagi
Mengenal lebih jauh Bank Infrastruktur Asia (AIIB) buatan Tiongkok dan 'rekan'
Jokowi: IMF, Bank Dunia, dan ADB Tak Memberi Solusi
(Jangan ada yang klaim yah) Lumpia, Sekaten, Gamelan Sah Milik Indonesia
(bukan berita pemilu) Indeks Daya Saing Global Indonesia Peringkat 38 Dunia
(Berita keheranan) Belanda Heran, Demokrasi di Indonesia Berhasil
Vanuatu Berencana Buka Kedutaan di Jakarta
(Dear Leader) Kim Jong Un Akan Berkunjung ke Indonesia
(Indonesia bakal punya paspor desain baru) Bahan Baru, Tidak Mudah Dipalsu
Empat Dimensi Persoalan Papua Versi Menlu RI

Emang bener makanan asli Indonesia kan nasgor..tanya aja sama nasgorbasi ntar

Penghasil kabut asap ada jg pengusaha2 dari Malaysia & Singapura yg investasinya di kebun sawit di Indonesia: mad
oh gitu
Wah parah tuh
waduh
nasgor mana nih ga muncul
Parahh sesudah malaysia mengambil budaya kita, sekarang pula singapura mengkklaim nasi goreng negara mereka
singaparna kali

typo kayaknya
kalo nasgorbasi dari mana?
Oh gtu to gan
kalo org sdh terkenal terkenal, posting makanan sepele aja yang ribut sedunia
Nunggu konfirm kang nasgorbasi
wah kepo nya orang Indo nih ,, ampe-ampe bintang MU ini perlu nge tweet lagi ,, buat ulasan nasi gorengnya ,, ahhaahha
yya begitulah gan yg kecil menjadi besar yg besar menjadi kecil
rio ferdinand mantan pemain munyuk united yah kakak?
Habis baca trit ini...ane jdi lapar
wkwk grgr nasgor , ampe debat
wah apaan nih parah, udh tau dr indonesia malah ngomong dr mana aja
pake d post segala lg

Gara-gara nasi goreng, Rio Ferdinand 'dimarahi' pengguna media sosial
Quote:Original Posted By trianglegalaxy
Emang bener makanan asli Indonesia kan nasgor..tanya aja sama nasgorbasi ntar
Penghasil kabut asap ada jg pengusaha2 dari Malaysia & Singapura yg investasinya di kebun sawit di Indonesia: mad

Quote:Original Posted By methamvitamine
nasgor mana nih ga muncul

ini ngomongin nasgorbasi emangnya ada kaskuser yang IDnya nasgorbasi yah...?
apa perlu nih kita layangkan surat protes ke mas Rio...
Quote:Original Posted By abighifari22
Parahh sesudah malaysia mengambil budaya kita, sekarang pula singapura mengkklaim nasi goreng negara mereka

eittsss, tabah gan tabah...
yang mengklaim nasi goreng milik singapur itu bukan singapur kok...
ini kan keliatannya Rio Ferdinand kepeleset jari ngetik nasi goreng itu makanan lokal singapur...
gak ada statement orang singapur yang menyatakan demikian gan...
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar