Pages


Kamis, 22 September 2016

Percaya Nggak Kalau Main GAME Di Jaman Dulu Itu Lebih Bahagia ?

Karena lagi iseng siang-siang gini nggak ada kerjaan, daripada ngantuk Gw coba deh buat thread ini. Gw yakin semua, rata-rata Gamer tahun 90an pasti mempunyai kenangan yang sangat berkesan dengan dunia Gamingnya. Syukur-syukur sih hobby Gaming nya masih bertahan hingga saat ini. Gw doain jangan sampai pensiun deh (hehehe, becanda).

Seiring dengan kemajuan teknologi, Gw malah merasa bermain game di jaman dulu itu lebih bahagia ketimbang dijaman sekarang. Terlepas dari faktor umur lho (hehehe). Apanya sih yang buat bahagia? Emang sekarang nggak bahagia? Padahal kan Grafik game sekarang sudah hampir terlihat nyata, kok masih dibilang nggak bahagia? Eits.. tunggu dulu, disini Gw nggak bahas masalah teknis grafik game yah.. Tapi lebih ke pengalaman sebagai Gamer jaman dulu. Makanya coba yuk disimak dulu...
This is for U....


Quote:1. "2 in 1"Quote:Dulu.... Masih ingatkah temen-temen pada saat pertama beli mesin Game Nintendo (NES) pada jaman dulu? Begitu temen-temen buka dusnya apa saja isinya? Ya jelas mesin Game dan beserta perlengkapannya. Tapi seiring berjalannya waktu, coba temen-temen bandingkan dengan membeli mesin Game di jaman sekarang, misal PS4. Begitu dibuka, apa saja yang temen-temen dapatkan? Sama tentunya mesin Game beserta perlengkapannya. Tapi ada yg beda !!Dulu, ketika kita membeli mesin Game seperti Nintendo (NES), Super Nintendo (SNES), SEGA Mega Drive, dsb, Joystick/Controller yang kita dapatkan berjumlah 2 unit sekaligus. Itu artinya, jika temen-temen ingin bermain berdua dengan saudara atau temen bisa langsung main.

Percaya Nggak Kalau Main GAME Di Jaman Dulu Itu Lebih Bahagia ?
Sekarang..... Berbeda dengan sekarang yang mengharuskan temen-temen mengeluarkan duit lagi hanya untuk menambah 1 unit controller saja, karena didalam paket Mesin Game sekarang hanya terdapat 1 buah Controller/JoyStick.
Percaya Nggak Kalau Main GAME Di Jaman Dulu Itu Lebih Bahagia ?


Quote:2. Satu Game, Ratusan KenanganQuote:Dulu...... Kalian pasti pernah menemukan Kaset Game dengan judul “4 in 1”, “20 in 1”, bahkan sampai “999 in 1”. Betul, dalam Satu Kaset Game pada jaman NES bisa memuat puluhan bahkan ratusan game didalamnya. Artinya banyak pilihan permainan dalam 1 Kaset Game tersebut. Yah walaupun dulu Gw merasa Gamenya hanya itu-itu saja, tapi setidaknya memberik kesan lebih banyak (hehehe).

Percaya Nggak Kalau Main GAME Di Jaman Dulu Itu Lebih Bahagia ?
Sekarang..... seiring dengan perkembangan jaman peralihan dari media Kaset yang dulunya Cartridge ke Media Disc, yang ada hanya “1 in 1”. Semenjak itu dan sampai sekarang (di era Bluray) dalam satu Disc hanya memuat 1 Game saja. Yang lebih dari satu ada, tapi nggak banyak dan biasanya Game tersebut adalah seri collection tapi rata-rata tidak lebih dari 3 judul dalam satu Disc. Contohnya game Crash Bandicoot Collection (PS1), satu Disc berisi 3 judul game yaitu : Crash Bandicoot 1, Crash Bandicoot 2, dan Crash Bandicoot 3.

Percaya Nggak Kalau Main GAME Di Jaman Dulu Itu Lebih Bahagia ?


Quote:3. Tiup Saja, Pasti Langsung JalanQuote:Dulu...... Teman-teman pasti pernah dijaman NES (aduh sory lagi-lagi Gw sebut NES), oke deh Gw ganti SEGA Mega Drive, Kaset Gamenya tiba-tiba macet atau nggak mau muncul gambar. Solusinya dulu sangat sederhana, tinggal tiup beberapa kali di bagian Cartridge Game nya, terus tancapkan lagi Gamenya ke Mesin Sega, violaaa... Normal lagi deh.

Percaya Nggak Kalau Main GAME Di Jaman Dulu Itu Lebih Bahagia ?
Sekarang.... Berbeda dengan di jaman sekarang yang menggunakan media Disc sebagai Kaset Game. Gamenya nggak mau jalan atau macet tiba-tiba, apanya yang mau di tiup? Hahaha. Caranya temen-temen harus pastikan Disc nya nggak kotor, kalau kotor harus mesti di bersihin pelan-pelan dengan kain yang halus atau tisu atau semacamnya, kalau nggak pelan-pelan bisa beresiko tergores, kena goresan ujung-ujungnya tambah nggak mau jalan. Kalau sudah seperti itu mau nggak mau harus beli lagi Game yang baru. Ketika sudah beli Game yang baru, tapi ternyata masih nggak jalan juga, bisa jadi optik dari Mesin Game temen-temen yang bermasalah. Sungguh mengharukan (hehehehe).

Percaya Nggak Kalau Main GAME Di Jaman Dulu Itu Lebih Bahagia ?


Quote:4. Satu Jam Yang MengasyikkanQuote:Dulu...... Ketika kita memainkan Mesin Game kita misal selama satu jam kita sudah asyik dan lupa waktu. Kenapa? Kok Bisa? Apa bedanya dengan sekarang? Bedanya, dulu tidak ada layar Loading. Dulu, tinggal pilih judul Game, pencet tombol Start, langsung Main. Kalaupun ada, itupun jarang dan prosesnya tidak selama sekarang.


Percaya Nggak Kalau Main GAME Di Jaman Dulu Itu Lebih Bahagia ?
Sekarang.... Masukkan Disc, proses install, tunggu beberapa menit, okey Gamenya sudah bisa dijalankan, pencet start, Muncul Loading, cutscene movie (walaupun ini bisa di Skipp, kadang ada yang nggak bisa), Muncul Loading lagi, yaelah kapan mainnya? Heheheh.

Percaya Nggak Kalau Main GAME Di Jaman Dulu Itu Lebih Bahagia ?


Quote:5. Main di Rental Lebih Asyik Ketimbang di Rumah SendiriQuote:Dulu...... Ketika jamannya rental PS1 menjamur di tiap-tiap sudut kampung, disitu terdengar teriakan-teriakan bahagia gamer dari bocah bahkan dewasa. Gw yang dulunya punya PS1, ntah kenapa lebih sering main ke Rental PS1 rame-rame bareng temen-temen. Disini kita bisa kenalan dengan temen-temen lainnya, kalau bisa lagi kenalan deh sama pemilik Rentalnya, jadi suatu saat bisa main gratis.

Percaya Nggak Kalau Main GAME Di Jaman Dulu Itu Lebih Bahagia ?
Sekarang.... Berbeda dijaman sekarang yang dimana-mana layanan Internet sudah seperti jualan kacang. Karena Game dijaman sekarang memiliki fitur multiplayer, jadi untuk bermain game rame-rame nggak peru lagi harus saling bertemu. Cukup duduk manis depan layar monitor/tv, temen-temen sudah bisa bermain dengan player lainnya bahkan sampai mencangkup belahan dunia. Luar biasa !! Tapi, dampaknya rental-rental PS menjadi makin sepi.

Percaya Nggak Kalau Main GAME Di Jaman Dulu Itu Lebih Bahagia ?



Sekian dulu thread dari Gw yang apa adanya. Jika suka postingan ini, jangan lupa Rate dan Share ya. Dan mungkin dari beberapa Gamer dimari juga bisa berbagi kebahagiaannya dijaman dulu, monggo... ditunggu komentarnya, jangan malu-malu, karena berbagi itu indah.. Thenkiuw Gan.

Play The Game Will Make You be Happy
Trust Me, It’s Work!!!


Sumber artikel: pengalaman pribadi
Sumbar gambar: google.co.id
percayaa gan..

karna belum banyak yang punya
main nya bareng-bareng dan gantian
jadi lebih seru dan ada kebersamaan nya
Kebahagiaan Para Gamer Lainnya
Spoiler for "Komentar:

Quote:Original Posted By raysat3d
ane ga setuju gan kalo dulu itu lebih bahagia
kalo dari sudut pandang orang dewasa, ya iya pasti
tapi dari sudut pandang anak2, bakal sama aja
karena anak2 itu simpel, main ya main aja
ga peduli dengan media nya, murah, mahal, jadul, modern, sama aja
malah lebih sering ortunya yg ribet sendiri
nyediain ini itu mengatasnamakan kebahagiaan anak
padahal harta tidak sama dengan bahagia
:sudahkuduga


Quote:Original Posted By foxhounds
game2 jaman dulu gameplay lebih variatif kayak di jaman ps1 ps2,dan pada masanya itu sesuatu yg sangat keren misalnya kayak gta yg open world bisa berkeliling setiap sudut kota/jalan,ganti pakaian,berkendara motor mobil helikopter dll atau contoh lainnya kayak harvestmoon yg bisa bercocok tanam punya istri punya anak pelihara ayam sapi kuda
atau kayak clock tower/haunting ground genre horror dengan gameplay yg menarik beda sama game horror jaman sekarang yg kebanyakan fps


Quote:Original Posted By DARAMANISKU
Rumah gw dulu jadi Rental Gratisan...tiap hari temen gw dari mana aja mampir

pulang sekolah temen temen sekolah gw yg kerumah...agak maleman temen temen sekitaran gw yg maen kerumah...

hari minggu dan hari besar gak usah ditanya..gw usir secara halus gak bisa...gw cabut cabutin kabelnya biar pada bubar...ngeliat gw kayak gitu temen gw cuma pada ngakak sambil ngeloyor pulang..

yg gw kangenin jaman dulu cuma KEBERSAMAANNYA doang... sama satu lagi KESABARAN menunggu giliran bermain alias GANTIAN DONG MAENNYA...


dulu lo punya PS 1 bisa bangga...malah di cap orang kaya...jaman sekarang lo punya PS 4 megang iphone harga puluhan juta juga gak ngaruh buat orang sekitaran lo...wkwkw...



Quote:Original Posted By Bellz
Ane pemain sega mega drive gan, saking mahalnya 1 catridge game (thn 98) itu seharga 100.000 uang jaman dulu, ane selalu rental, sekali rental 6000 perhari jadi mainkan game nya bener2 greget kalau sewanya 2-3 hari. Sampe ane skrg uda punya anak 2 ane masih simpan console ane dilemari buat kenang2an

Cek kulkas gan.


Quote:Original Posted By mesh1000
game dulu ga terlalu bikin nyandu, fitur biasa-biasa aja. Interaktif nya betul di dunia nyata.. Maen banyakan juga kita masih bisa liat orang-orangnya yang main dengan mata kepala . Ketawa bareng-bareng, ada yang marah juga kita juga langsung tahu.

makanya coba deh matiin internet selama satu minggu, pasti ada kebahagiaan lain yang akan didapat.


Quote:Original Posted By kanssas13
jadi inget dlu sekitar thn 2002 beli ps1 seharga 200rb yg gede warna abu
game pertama maen bola trus ctr
waduh gokil dah itu
bertahan ampe 2004 itu ps1 , ahirnya dijual...........
sempet nyobain juga sega maen mortal kombat minjem punya temen
jagoan ane smoke
thn 2006 beli ps2
seneng bgt yg kata itu soalnya masih anget ps2 jaman itu dan msh pada maen dirental
nah yg punya ps2 dirumah enak dong bisa maen kapan aja
eh itu juga cuman 2tahun,
ampe smp-sma ga maen game console sama sekali cuman dari pc itu juga beberapa.
pokonya ajib dah jaman dulu maen ps, walaupun msh inget waktu juga maen diluar ma temen2 rame2
pernah maen tendo ama yg tembak2 burung juga dijaman 2000 itu asik bner dah emang


Quote:Original Posted By idhamkhalid
Dulu main apapun pokoknya jangan sampe kalah.
Karena kalau kalah berdampak harus ngantri gantian , nunggu antrian kita main lagi lama.
walaupun kita sendiri padahal tua rumahnya


Quote:Original Posted By daisukeasakura
999 in 1 itu
meski rasanya sama aja gamenya
tapi tiap game itu versi yg beda2, kayak versi jp (jepang), eu (eropa), us (amerika), au (australia) dll
ada yg beda segi bahasa doang, ada yg beda di segi fitur game
misalnya cheat, dulu main game 8bit pada ga tau ya ada cheatnya?
gw sih baru ngeh sekarang2 ini



pejuwan kalo berkenan


Quote:Original Posted By udin001
yoi gan sekarang keliatan banget perbedaannya

dulu maen berdua di 1 tempat , ketawa ketawa bareng

nah sekarang game online merajalela, ketawa2 sendiri dikira orang rumah orang gila soalnya ketawa sendiri


Quote:Original Posted By kaizoningen01
saya termasuk gamer jadul, dr jaman NES - PS2,, knp menurut saya game jadul lebih bagus?. memang soal graphic game jadul kalah jauh dah, tp soal storyline, karakter & keasikan main game itu dapet banget. kl game skrg lebih ke arah grafis-grafis & grafis, belum lagi kl game hp kita mesti bayar buat dpt akses lebih, semuanya itu ngilangin keasikan maen game demi duit.


Quote:Original Posted By red_samurai
utk point no 2 krn pada wktu itu cartidge bajakan sdh beredar . krn itu sering ditemui satu cartidge dgn banyak games. beda dgn cartidge original yg hanya satu games dgn harga jauh lbh mahal.
utk saat ini disamping konsol games generasi terbaru yg semakin susah dimodifikasi utk bs membaca games bajakan, kesadaran utk membeli games original semakin tinggi. dgn terbukti semakin larisnya disk games ps4 atau xbox one orginal di pasaran.
utk yg masih setia dgn produk bajakan menurut ane saat ini jauh lbh beruntung dibandingkan era konsol msh menggunakan cartidge. saat ini cukup pakai beli hdd external lalu download games dari situs penyedia rom games bajakaan atau klo gak mau ribet bisa beli hdd ext berikut dgn ratusan rom games di toko fisik atau online saja. mmng utk saat ini games bajakan hanya sampai konsol generasi ke 7 atau eranya ps3 dan kawan2. tetapi tdk menutup kemungkinan konsol generasi saat ini tdk bebas dr ancaman pembajakan.


Quote:Original Posted By pengomon
Sepertinya TS lupa satu hal....

Walaupun sama2 mengeluarkan duit, setidaknya game2 jaman dahulu lebih minim pengeluaran duit untuk memainkannya. Lah, game zaman sekarang apa atuh.... Gak bisa mainin bajakannya, harus beli versi ori-nya. Harganya gede banget buat dibeli....
Apalagi game2 hape zaman sekarang. Serius...! Gue masih lebih prefer game2 Java zaman hape masih ada keypad-nya--yang gak perlu bayar buat make fitur ini fitur itu--daripada game2 Android sekarang--yang rata-rata kebanyakan game2 stress semua (kayak Geometry Dash).
Cmiiw.


Quote:Original Posted By mona
Yg bikin males jaman skrg udh terlalu money oriented

Pay to win yg malah ilangin esensi serunya game, ga perlu finish quest sana sini, tinggal bayar kelar char ente jd paling jago bisa kalahin semua musuh, apa serunya? Haha

Dlc yang bikin bete, yg paling parah dari 100% play game cuma 10-20% yg ente dapet waktu beli game aslinya, sisanya? Silahkan beli dlc nya, yeah its you EA


Quote:Original Posted By syu.galneryus
kangen dulu jaman bau kencur sering minjem konsol NES punya anaknya temen bokap. akibat sering minjem temen bokap akhirnya ane dibeliin Sega Mega Drive. dulu sih kalo mau minta ke bokap harus dikasih syarat. wajib juara kelas, minimal 4 besar. dan masa itu ane juara 3 dikelas n dikasih hadiah Sega Mega Drive. itupun kalo main harus dibatasi. hari sekolah (senin-jum'at) main siang sampe sore. kalo hari libur ya main sepuasnya game favorit tetep Sonic Adventure, hypenya luar biasa. sekarang konsolnya masih ada lho gan walaupun udah rusak, ane museumkan biar kelak ane punya anak ane kasih cerita sejarah keemasan gaming 90an.


Quote:Original Posted By fadyz
semenjak mulai console next gen (PS3) ane udah kehilangan semangat gaming nih gan.

dl main PS ane bela2in nyewa seharian trus begadang demi main, berlanjut ke PS2 ane beli dengan menabung sekeping demi sekeping dan puas mainnya. Begitu PS3 muncul nonton trailernya FF XIII sampe jaw drop beneran ane... punya niat, apa pun yg terjadi harus beli PS3 main FF XIII.

begitu kerja lgsg ane beli PS3, begitu main.... what de... sensasi semangat gaming itu hilang, nyalain baru 5 menit udah ngantuk milih tidur drpd main.

kenapa bisa begini? ane juga kagak tau, tp yg pasti kok game udah gak se adiktif dl..

mungkin faktor usia kali ya? secara ane angkatan 90an

btw dl ane jaman SD selalu pulang sekolah main nintendo, padahal kaset juga cuma punya itu2 aja kok gak ada bosennya ya


Quote:Original Posted By rizkyphelps
yaap bener bgt main game dulu bukan seneng kaya skrg tapi bahagia. ga semua punya console,kalo yang punya temennya banyak kan kampret.
ga perlu keluar rmh nyari temen, ntar juga ada yg nyamper.
ya ane tau lah kan ane yg nyamper...
seengganya gw bahagia pernah miringin ps klo lg macet.


Quote:Original Posted By tegartsaputra
pengalaman berbeda tapi berharga, dari ane

game jadul optionsnya: Audio, Load saved, Subtitles, Delete saved data.
game sekarang optionsnya: LOD, Anti-alias, rendering distance, post processing effect (dan option grafis lainnya), Audio quality, Language, Subtitles, dll...

dulu konten nya: All in one
sekarang konten nya: Base game content, mau konten lebih pake DLC

dulu cerita nya: tamat berhari-hari sampai berminggu-minggu
sekarang cerita nya: 2 hari tamat

dulu jarang banget ada loading screens
sekarang banyak loading screens

dulu multiplayer pake controller
sekarang multiplayer pake internet

dulu nyalain mesin nya, beberapa saat langsung bisa main
sekarang nyalain mesin nya, install, update, bla bla bla, main

dulu nggak perduli frame per second
sekarang 15 fps bikin kesel

dulu harga game nya 6000 rupiah untuk PS2
sekarang ratusan ribu untuk PS4

dulu beli game asal beli, kalau covernya keliatan menarik juga dibeli
sekarang beli game liat review dulu

tapi ane nikmatin semua pengalaman gaming dari kecil sampe sekarang, karena ane yakin industri game juga harus berkembang








The Best Quote
Spoiler for "":

Quote:Original Posted By joni378
Kita memang sekarang bisa beli Ps3,PS4, XBOX, dll tapi kita bisa membeli kenangannya gan.
Nice threat.


Thenkiuw Banget Buat Yang Udah Kasih Komentar Ter-Absurb nya. Dan Thenkiuw Juga Buat Yang Share dan Berbagi Cendolnya.
Sepcial Thanks To KasKus
setuju guwah gann
kebersamaannya lebih berasa, soalnya dlu yg punya konsol ga setiap anak
game jaman dulu mah gabisa di save harus tamat hari itu juga
yoyoi gan, ane mainin semua ntu game nya
ane percaya kok bre ama nte
tergantung agan-agan ajalah. kesenangan itu bisa yg mana aja
Buat nomor 5.

Tapi kadang kadang, ane maunya ngepes ama temen temen deh gan, enak bisa sambil teriak teriak, saling ejek ejekan kalo kalah, pokoknya jadi ngumpul bareng dah kalo mau ada niatan ngepes, terutama kalo buat cup.

Kan sekarang juga banyak yang buat turnament pes atau fifa, yang buat orang orang yang ikut saling ngumpul, saling mengenal. Yaa menurut ane main pes multiplayer, duduk berdua samping sampingan, berkesan banget itu gan. Hahahaha
Quote:Original Posted By Son.ofBeach
game jaman dulu mah gabisa di save harus tamat hari itu juga


Nah ini.. Tambahan yg bagus.. Ntar gw tambahin dah.. Mantapp
Sega ama Nintendo maenan ane waktu kecil, maennya juga kudu ngantri


gak, soalnya gw casualfags

dan gw suka liat cutscene, ga pernah gw skip karena menurut gw salah satu bagian yang asik
kalo dulu pas jaman ps1 kalo lagi loading jangan dipencet-pencet controllernya katanya nanti loading ga selesai2
huhuhu dolo ane main game adventure indiana jones tamatnya 3 bulan mentok di holy grail trial........musti klik 1 pixel dilayar aje gile
Quote:Original Posted By clockworker
kalo dulu pas jaman ps1 kalo lagi loading jangan dipencet-pencet controllernya katanya nanti loading ga selesai2


Ini memorable banget, dan ternyata hanya sugesti..
nggak percaya... pokoknya aku nggak percaya lagi...
Emg dulu aman NES main cuma 2 jm gtu udah berasa ouas banget gan, soal nya emgga ada sistem "save data" kya game2 generasi PS 1, dimana mau main ampe ber -jam2 pun belum tentu bisa kelar game nya...
Apalagi maen nya WE Master League ama NFS Underground 1
wkwkwl yg tiup itu ane pernah gan...klu di bayangin mau ketawa...klu di fikir lagi emnk itu keong tiup langsg jalan
Quote:Original Posted By noirclaire
percayaa gan..

karna belum banyak yang punya
main nya bareng-bareng dan gantian
jadi lebih seru dan ada kebersamaan nya



Ane Setuju Se Pendapat Se Aliran Sama Ente Bray
#Daniyal Khan India Enthusiast Percaya Nggak Kalau Main GAME Di Jaman Dulu Itu Lebih Bahagia ?
Ane maen nya dindong dulu gak punya nes
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar