Pages


Senin, 05 September 2016

Ngaku Pecinta Kopi? Udah Tahu Tradisi Minum Kopi Terunik di 5 Negara Ini Belum?

Spoiler for Anu Gan:
Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam! Agan - agan yang tampan dan Cakep...
Kembali lagi bersama Ane, si Newbie Tampan, Oiya dah naik pangkat jadi Kaskuser yeaa
Setelah kemaren ane bagi2 resep kopi, Kali ini ane mau bahas tradisi minum kopinya gan..
Biar Makin semangat, jangan lupa bagi sama cendolnya ya gan...
Ngaku Pecinta Kopi? Udah Tahu Tradisi Minum Kopi Terunik di 5 Negara Ini Belum?


Lebih dari sekedar minuman, dibalik rasanya yang pahit eksotis, secangkir KOPI ternyata menyiratkan berbagai makna yang mendalam bagi masyarakat di berbagai Negara di dunia. Khasiatnya sebagai minuman penambah stamina, kecerdasan dan mood ini kerap dijadikan teman setia baik saat berkumpul bersama keluarga, sahabat dan rekan kerja maupun juga saat bekerja. Minuman ini dapat kita temui dimana saja, mulai dari warung – warung kopi pinggiran jalan hingga di café – café mewah. Hal tersebut menunjukkan bahwa kopi begitu sangat melekat dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat dari berbagai kalangan sosial.

Kedekatan masyarakat dengan kopi bahkan telah mengakar dalam bentuk budaya di berbagai Negara di dunia. Keunikan tradisi tersebut dapat kita temui mulai dari metode pemanggangan biji kopi, pengolahan dan penyajian hingga prosesi minum kopi. Nah, penasaran kan, seperti apa sih keunikan tradisi minum kopi di berbagai Negara di dunia? Ini dia ulasannya..

Quote:1. Turki
Spoiler for Turki:
Ngaku Pecinta Kopi? Udah Tahu Tradisi Minum Kopi Terunik di 5 Negara Ini Belum?

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat akrab bagi kehidupan masyarakat Turki. Pentingnya kopi dalam keseharian masyarakat di Turki bahkan dicatat UNESCO sebagai “warisan budaya tak benda”. Adanya pengakuan tersebut, disebabkan karena kuatnya tradisi meminum kopi di Turki sejak tahun 1500-an, bahkan jauh sebelum kedai kopi khusus pertama dibangun dan populer di Amerika Utara. Salah satu tradisi minum kopi yang terkenal di Turki yaitu kegemaran masyarakat Turki meminum kopi di pagi hari sebelum beraktifitas, dan kebiasaan menyisakan bubuk kopi di dasar cangkir. Konon, sisa bubuk kopi tersebut nantinya akan digunakan untuk meramal nasib si peminum kopi tersebut.

Di Turki, kopi diolah dengan menghancurkan biji kopi sampai benar – benar halus dengan menggunakan panci khusus yang dikenal dengan nama kahve değirmeni. Panci tersebut juga memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan panci pemanggang kopi biasa dan memiliki pegangan yang panjang untuk mencegah agar tangan tidak terkena panas. Metode mengolah kopi dengan menggunakan panci kahve değirmeni ini diklaim mampu menghasilkan bubuk kopi yang paling halus didunia. Kopi Turki dihidangkan menggunakan cangkir yang dinamakan fincan. Biasanya diminum pake permen Turki yang dibuat dengan rasa buah.


Quote:2. Irlandia
Spoiler for Irlandia:
Ngaku Pecinta Kopi? Udah Tahu Tradisi Minum Kopi Terunik di 5 Negara Ini Belum?

Pernah menikmati kopi yang dicampur dengan minuman beralkohol? Yup, apalagi kalau bukan The Irish Coffee. Sesuai dengan namanya, The Irish Coffee adalah salah satu minuman kopi favorit yang pertama kali diciptakan di Irlandia. Minuman yang terbuat dari campuran kopi dan ramuan Wiski Spikey dengan tambahan toping krim diatasnya ini merupakan salah satu menu kopi yang sangat digemari di Irlandia, bahkan telah menyebar dan disukai di beberapa Negara di dunia.

Secara historis, The Irish Coffee pertama kali populer saat musim dingin di Limerick pada tahun 1940-an. Konon saat itu, sekelompok orang Amerika yang datang ke kota tersebut tengah mencari minuman untuk menghangatkan badan. Hingga akhirnya mereka menemukan sajian kopi dengan campuran wiski dan krim di kota tersebut. Mereka kemudian menamakan minuman tersebut dengan sebutan The Irish Coffee dan membawa resep kopi tersebut ke negaranya. Bermula dari kejadian itulah, The Irish Coffee akhirnya dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu menu kopi favorit.


Quote:3. Italia
Spoiler for Italia:
Ngaku Pecinta Kopi? Udah Tahu Tradisi Minum Kopi Terunik di 5 Negara Ini Belum?

Italia merupakan salah satu surganya kopi. Sebagian besar resep kopi terkenal dilahirkan di Negara ini, beberapa diantaranya adalah kopi Espresso, Macchiato, Coffee Latte dan Cappuccino. Bagi warga Italia sendiri, meminum kopi merupakan salah satu kegiatan yang sakral dan penuh makna. Pahitnya rasa kopi yang terdapat pada kopi espresso merupakan salah satu cerminan yang menyimbolkan kekuatan dan bagi masyarakat Italia. Di kalangan masyarakat Italia, menikmati kopi kerap dilakukan bersama sahabat, rekan dan keluarga di sebuah bar maupun café. Biasanya, di Italia, kopi diminum sambil berdiri dan disertai obrolan – obrolan hangat penuh keakraban.

Bagi anda yang tidak ingin dianggap sebagai orang asing maupun turis di Italia, jangan pernah memesan minuman kopi susu (cappuccino) setelah makan siang, hal itu merupakan sesuatu yang tabu di Italia, karena menikmati Cappuccino di Italia dilakukan secara khusus tanpa disertai dengan makanan berat.


Quote:4. Ethiopia
Spoiler for Ethiopia:
Ngaku Pecinta Kopi? Udah Tahu Tradisi Minum Kopi Terunik di 5 Negara Ini Belum?

Secara historis, Ethiopia merupakan tempat dimana kopi pertama kali ditemukan dan menjadi salah satu Negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kebiasaan meminum kopi di Ethiopia sudah menjadi bagian penting dalam kebudayaan masyarakat di Ethiopia. Agar dapat membuat kopi secara sempurna, para wanita di Ethiopia diwajibkan untuk menjalani berbagai macam ritual yang cukup panjang. Mereka biasanya menghabiskan waktu sekitar dua hingga tiga jam hanya untuk membuat kopi, yaitu mulai dari memanggang, menyeduh, hingga menyajikannya kepada para tamu dan keluarga. Kopi hasil seduhan mereka biasanya disajikan didalam teko yang disebut Jebena.

Walaupun disajikan dengan cara unik, namun anda sama sekali tidak akan kecewa dengan rasa kopi hasil olahan masyarakat Ethiopia. Di Negara ini, kopi biasanya diseduh dengan campuran rempah – rempah seperti kayu manis, kapulaga, cengkeh dan bahan lain seperti mentega, garam dan madu. Nah, bagi anda para pecinta kopi sejati, pastinya rugi banget deh kalau belum pernah merasakan pengalaman meminum kopi di Ethiopia.


Quote:5. Indonesia
Spoiler for Indonesia:
Ngaku Pecinta Kopi? Udah Tahu Tradisi Minum Kopi Terunik di 5 Negara Ini Belum?

Sepertinya halnya Irlandia yang bangga dengan The Irish Coffee-nya, maupun Italia dengan Espresso dan Cappuccino-nya, Indonesia juga patut berbangga karena memiliki Kopi Luwak yang dikenal sebagai kopi termahal di dunia. Kopi yang dihasilkan dari hasil pembuangan (kotoran) hewan luwak ini terkenal memiliki rasa yang sangat eksotis dan eksklusif. Kopi yang banyak diproduksi di Bali ini, telah banyak disajikan di beberapa café di seluruh dunia dengan harga yang fantastis.

Karena harganya yang mahal, tidak semua masyarakat Indonesia terbiasa menikmati kopi tersebut. Banyak masyarakat pada umumnya, kebiasaan meminum kopi kerap dilakukan di warung kopi pinggir jalan, baik untuk sekedar bersantai dan melepas lelah. Di beberapa daerah penghasil kopi terkenal di Indonesia seperti Aceh, Sumatera Utara, Toraja, Bali, Papua dan daerah lainnya, kopi merupakan bagian dari budaya yang sangat mengakar dan sering ditemui didalam keseharian masyarakat.


Nah, menarik dan unik kan tradisi – tradisi minum kopi di Negara – Negara tersebut? Jadi, keberadaan KOPI dalam keseharian masyarakat ternyata sudah sejak dulu diwarisi sebagai bagian dari budaya dan tradisi yang menyiratkan makna yang mendalam bagi kehidupan. Bagi beberapa orang, rasa kopi yang pahit dan tampilannya yang hitam, disimbolkan sebagai wujud kehidupan yang meskipun pahit dan gelap, tetapi akan terasa manis apabila kita mengisinya dengan manisnya perjuangan dan kebersamaan. Maka dari itulah, kopi kerap kali dijadikan minuman saat berkumpul bersama keluarga, sahabat dan rekan, karena maknanya yang kuat sebagai minuman penambah keakraban.

Yuk, mari ngopi, mari jalin persahabatan..

** Sumurnya Atuh Disini **





foto kopi bolak balik jilid spiral berapaan bang
oh jadi gitu,jangan minum capucino sambil makan makanan berat ya.
peraturan tidak tertulis yang aneh
Ane bkan pecinta kopi breh
kopi campur alkohol dari Irlandia
Kopi paste
Kopi si ani dah
Quote:Original Posted By kirashinigami
oh jadi gitu,jangan minum capucino sambil makan makanan berat ya.
peraturan tidak tertulis yang aneh


Kalo gak unik, yaa gk mungkin ane tulis disini la gan..hehehe..
Quote:Original Posted By farrasrazany
kopi campur alkohol dari Irlandia


Yoii gan..udh pernah coba belum??
penikmat air putih dingin ikut mantau
Quote:Original Posted By hfs.
Kopi paste


Dijamin gak repsol la gan thread2 ane..Asli Original
Quote:Original Posted By arii149
Kopi si ani dah


Pasti nama pacarnya Roma yaah?
Quote:Original Posted By Icen.Jr
penikmat air putih dingin ikut mantau


Silahken gan..
mending minum teh kayak gini nih

Ngaku Pecinta Kopi? Udah Tahu Tradisi Minum Kopi Terunik di 5 Negara Ini Belum?
Quote:Original Posted By onmolcom


Pasti nama pacarnya Roma yaah?


Yoi bre
Ngaku Pecinta Kopi? Udah Tahu Tradisi Minum Kopi Terunik di 5 Negara Ini Belum?
adek mimik cucu lover om
ane lbh suka kupi buatan jesika. lbh sedep gan
ditambah ngemil paku sama beling buat teman cemilan
Quote:Original Posted By onmolcom


Yoii gan..udh pernah coba belum??


belum pernah gan
ane ga suka ngopi. sukanya nyusu
gembok jenderal
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar