Pages


Sabtu, 26 Desember 2015

Fakta Gelap Dunia Kampus di Indonesia



Quote:Alhamdulillah,,, Thread ini jd HT ane yang ke 37 di hari Kamis, 25.12.2015

Thanks utk Agan n' Sista yang udah rate5, kasih cendol & abu gosok serta comment di thread ane,
Ane do'a-kan semoga tambah sukses, semoga dapet jodoh yg cantik/ganteng & baik, semakin sayang & di sayang sm orang tua...
Aamiin...

Spoiler for :


Sudah menjadi semacam hukum tak tertulis di Indonesia jika makin tinggi level pendidikan maka makin enak nasibnya. Gampang cari kerja, gaji juga tinggi, serta berbagai imajinasi menggiurkan lainnya. Makanya, kampus sampai kapan pun takkan pernah sepi karena tujuan semua mahasiswa rata-rata memang hal-hal seperti ini. Belum lagi kebanggaan menyandang gelar di belakang nama yang akan sangat mempercantik surat lamaran kerja atau undangan nikah.

Meskipun demikian mulia tujuannya, namun pada praktiknya, pendidikan tinggi di negeri ini tak selalu mulus seperti yang terlihat dari brosur-brosurnya. Ada begitu banyak skandal yang mencoreng integritas perguruan tinggi. Bahkan kampus sekarang dianggap sebagai wadah yang pas untuk melakukan berbagai macam aksi tidak terpuji.

Nah, kali ini kami akan mencoba menguak hal-hal buruk apa saja yang pernah terjadi di ranah pendidikan tinggi di Indonesia. Ini sudah menjadi rahasia umum, dan pasti banyak orang pernah jadi korban atau saksi dari hal-hal seperti ini.


1. Praktik Jual Beli Ijazah Masih Sering Ditemukan
Quote:Punya pendidikan tinggi adalah dambaan banyak orang. Sayangnya, tidak semuanya dimampukan untuk meraihnya. Entah karena waktu, biaya atau bahkan tingkat inteligensi. Namun, di Indonesia, seseorang bisa mendapatkan gelar dan berdandan cantik untuk wisuda meskipun tidak menjalani satu SKS pun. Ya, mereka cukup membelinya saja.
Spoiler for :

Praktik jual beli ijazah ini sepertinya masih ada meskipun terselubung. Bahkan ada yang pernah ketahuan dan bikin heboh publik. Seperti kasus wisuda abal-abal oleh salah satu kampus tempo hari. Menurut Menristek Dikti, Mohamad Nasir, setidaknya ada belasan kampus yang diduga kuat melakukan praktik jual beli ijazah ini. Nasir sendiri mengancam akan menutup kampus tersebut bila ketahuan melakukan aksi tipu-tipu ini.



2. Kampus Masih Jadi Sarana Empuk untuk Korupsi
Quote:Kampus yang sejatinya adalah institusi pemberi pengajaran dan pendidikan, ternyata juga tak luput dari yang namanya korupsi. Kampus memang disinyalir sebagai tempat yang sangat enak bagi oknumnya untuk melakukan hal tersebut. Ranah korupsinya sendiri bahkan lebih luas dengan nilai korup yang besar.
Spoiler for :

Salah satu contohnya lewat pengadaan-pengadaan. Setahun yang lalu, KPK menangkap salah satu oknum yang berasal dari kampus ternama ibukota lantaran diduga melakukan korupsi pengadaan alat IT sebesar Rp 21 miliar. Tak cuma itu, kasus dugaan korupsi juga dilakukan oleh salah satu oknum di sebuah universitas di Bali. Bahkan ini kasusnya lebih besar berupa korupsi tanah kampus yang ditaksir nilainya miliaran. Yakin sekali kalau tidak hanya dua kasus ini yang terjadi di ranah pendidikan tinggi kita



3. Biaya Kuliah Makin Tidak Realistis
Quote:Semua orang ingin mendapatkan pendidikan tinggi, namun terbentur dengan biaya yang makin tidak realistis dan sulit dijangkau. Peningkatan biaya yang signifikan ini memang diakui benar terjadi. Setiap tahunnya, kampus selalu menaikkan biaya-biaya kuliah. Dana pengembangan fakultas (SPF atau uang pangkal) misalnya, tiap tahun pasti mengalami kenaikan. Bahkan untuk jurusan kedokteran bisa menyentuh angka puluhan juta.
Spoiler for :

Belum lagi biaya SPP, praktikum dan sebagainya. Praktis kuliah makin jadi mimpi yang tak terkejar. Pihak kampus sendiri pasti berdalih jika sekarang PTN tidak mendapatkan subsidi dan harus mengatur operasionalnya sendiri. Meskipun kuliah sangat mahal, tidak ada jaminan langsung kerja di tempat yang bagus bergaji besar.



4. Uang Selalu Mengalahkan Keberuntungan
Quote:Cukup beruntung dengan lolos seleksi masuk perguruan tinggi, takkan membuat seseorang serta merta duduk di bangku kuliah. Ya, masih ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk itu. Apalagi kalau bukan administrasi berupa uang dan biaya-biaya. Ketika ia tak sanggup membayar sejumlah uang dengan tenggat waktu tertentu, maka terhapus sudah impiannya untuk duduk di bangku kuliah. Meskipun punya kemampuan secara akademis.
Spoiler for :

Malang bagi yang beruntung, mujur bagi yang punya duit. Ya, dengan duit seseorang bisa menggantikan mereka yang lolos seleksi dan tak mampu bayar itu. Praktik ini masih sering dijumpai dan memang bikin sakit hati. Alhasil, jika institusi hanya memprioritaskan mereka yang punya duit, maka dampaknya standar lulusan mereka akan low quality. Karena mahasiswanya cuma punya uang saja, tidak untuk intelektualitas.



5. Ayam Kampus? Hmm…
Quote:Setiap orang punya cara sendiri untuk memanfaatkan statusnya sebagai mahasiswa. Sebagian pilih jadi kutu buku dengan mendekam di perpus, sebagian lagi jadi aktivis dengan ikut berbagai macam organisasi, dan tak sedikit pula yang memanfaatkan kemahasiswaannya untuk mencari uang dengan cara yang tidak halal. Ya, tanpa dijelaskan secara gamblang mungkin sudah sangat jelas ini ranahnya akan ke mana.
Spoiler for :

Fenomena ayam kampus masih jadi pembicaraan yang hangat di kalangan publik. Hal ini tentu sangat janggal mengingat kampus dipandang sebagai lembaga pendidikan tinggi yang tujuannya sangat mulia. Ah, artis saja bisa kok kenapa mahasiswi tidak, begitu pemikiran banyak orang tentang fenomena satu ini.



Beginilah potret pendidikan tinggi di negeri ini. Penuh dengan hal-hal buruk yang bikin kepercayaan masyarakat terhadap institusi ini sirna. Tapi, tidak semua kampus seperti ini tentu saja. Makanya sebelum memilih ke kampus mana akan berlabuh, ada baiknya selidiki dulu seluk beluknya. Terutama yang berkaitan dengan desas desus negatif tentang mereka. Kampus yang baik tentu akan menghasilkan lulusan yang baik pula. Benar begitu, bukan?



Sumur,,,

Quote: Thread ane yg jd HT:
Fakta Gelap Dunia Kampus di Indonesia
Meme Miss Universe 2015 Bermunculan dan Bikin Ketawa GeliAlasan Kenapa Kita Harus Berterima Kasih Kepada Ibu
Inilah Para Penyanyi yang Pernah Menyerang Fansnya Sendiri
7 Hal yang Bisa Diteladani Dari Jepang
Jangan Suka Sebel Sama Hujan, Karena Cuma Pas Hujan Kamu Lebih Menikmati Hal-hal Ini
Penyanyi/Band Luar Negeri Yang Menyanyikan Lagu Indonesia
Beberapa Kecelakaan Mobil Mewah yang Pernah Terjadi di Indonesia
Pembalap MotoGP Paling Legendaris
Mengkritik dan Menghujat Tidaklah Sama, Inilah Yang Menjadi Pembedanya
Foto-foto Saksi Bisu Pembuatan Terusan Panama Yang Fenomenal
Makanannya Sama, Tapi Namanya Beda. Itulah Indonesia!
Jakarta Banjir Lagi dan Kamu Masih Buang Sampah Sembarangan?
Ini Dia 5 Helm Terunik di Dunia
Hal-hal Biasa ini Ternyata Haram Hukumnya di Rusia
Alasan Mustahil Hidup di Planet Mars
Inilah Hasil Penggabungan Tank T-34 Dengan Mesin Jet MiG 21
Sebelum Bom Di Ciptakan, Para Pilot Menjatuhkan Panah Baja Ini Dari Pesawat
Wajah Para Petinggi Dunia Ketika Mereka Masih 'Cupu' dan Belum Berkuasah
Hal-Hal "Sepele" Yang Akan Membuat Orang Tua-mu Sedih
Hal Bodoh yang Pasti Pernah Terjadi Karena 'Handphone'
Rumah Jomblo di Bumi dengan Pemandangan Fantastis
OLD SCHOOL = PERIODE 90'an PALING ENAK BUAT DENGERIN MUSIK... ™
SEBAIKNYA Usia 20-an Memulai Usaha Sendiri Sekarang
14 Seni Bela Diri Mengagumkan Yang (Mungkin) Belum Pernah Anda Dengar
OLD SCHOOL = Sensasi Naik KRL Jadebotabek Yang Kini Gak Bisa Di Rasakan Lagi,,, ™
OLD SCHOOL = Foto-foto & Cerita Perbedaan STM dengan SMK,,, Gak Tawuran Lagi... ™ Pemenang HTOTM September 2015!
20 Anime Jepang Yang Mengandung Unsur Indonesia
Alasan Kenapa Karyawan Indonesia Tidak Maju-Maju
Singapura Negeri Terbersih, Indonesia Bahkan Tidah Butuh Tempat Sampah
Gaya Mahasiswa Berpenampilan Berdasarkan Bidang Studinya
Karya Mencengangkan di Jalanan Berlubang
Perilaku Atasan Yang (Bakal) Membuat Pegawai Terbaiknya Sekalipun Resign
Motor Konsep Terbaik Dari Honda, Yamaha Dan Suzuki
OLD SCHOOL = 10 Alasan Era 90-an Jadi Dekade Terbaik Sepak Bola
KEBIASAAN DI JEPANG YANG BIASANYA KITA ANGGAP TAK LAZIM
dan HT pertama yang kayaknya udah terhapus dari kaskus bersumber dari sini=
Kematian Beberapa Orang Ini Mirip Seperti Kisah Film Final Destination
Dsini buat update TS...


Quote:Original Posted By uanenlaebatak
dan akan slalu begitu ntah sampai kapan
tp masalah biaya kuliah si nggak tau mau ngomong apa, krn di luar negri juga stigma ini kental banget kok..cuma kalo kata temen ane disana banyak proyekan mahasiswa buat bantu nutupin, atau kalo gengsi lu kecil, lu bisa sambil parttime juga, banyak kerjaan disana partime untuk membantu nutupin biaya kuliah
disini juga banyak, TAPIIII gengsi anak anak kota atau anak desa yang kaget kota , you knowlah
masalah beli bangku, memang benar si, apalagi skrg modusnya KELAS INTERNASIONAL diperbanyak, dan reguler semakin sdikit kuota nya, utamakan yang berduit tu mksdnya

Quote:Original Posted By adamiam
sekarang mah kebanyakan orang2 kuliah cuma buat mejeng sama begaya "gua anak kuliahan nih" ye ente bisa liat sendiri lah
kalo ipk nya kecil baru nyesel2an

Quote:Original Posted By xelouw
Jangan lupa jual-beli nilai gan .. mata kuliah yg gak lulus bisa di bayar supaya jadi lulus ..
Rumusnya :
Nilai di bawah B + uang = B (tergantung nominalnya klo mau A tambah lagi uangnya atau jual badan klo gak punya uang)


Quote:Original Posted By ozatheshadow

ditempat ponakan gw, yang pada ga mampu dapet yg namanya *bidik misi*, kuliah ga bayar, dpet asrama murah semurah murahnya + uang sekian juta persemester.
sedangkan yang mampu, bayar 6 - 9jt per semester blm kost berjuta2 dan biaya sehari2....
tau ga ponakan gw bilang apa? temen saya yang bidik misi semua serba baru dan makan enak.... lah kami yg bayar... boro2....
kayaknya sarana bidik misi malah ga dipakai sebaik2 nya... justru ada yg mampu tapi malah dapat bidikmisi krena ada permainan di dalammya.

Quote:Original Posted By Yggdrasilmaniac
Korupsi dosen di lingkup perkuliahan: korupsi waktu

Quote:Original Posted By Can354dra
gelap soalnya lampunya gak nyala gan
betewe gak semua kampus kek gitu gan
tapi banyak juga sih yg kek gitu

Quote:Original Posted By od1e24
Sering agak kesel ngeliat orang dengan gayanya masuk kampus bawa mobil pas masuk kelas kayak ngga ada otaknya, mata liat kanan kiri pas ujian, ngga pernah datang ke kelas pas ke club malam dateng terus,malu-maluin nih orang bisa ngampus padahal ngga punya otak

Quote:Original Posted By yogiyogas
Biaya kuliah yang semakin tinggi ane akuin gan. Di ane aja ngerasain biaya kuliah mahal bener. Gak tau ini nanti klo ane punya anak terus di kuliahin biayanya berapa

Quote:Original Posted By AdhieHydeist
Biaya kuliah gan yg jadi halangan orang berniat kuliah.. makanya banyak orang lulus sma langsung kerja karena berpikiran yg penting bisa kerja dulu.. salahnya juga pada kurang informasi kampus yg terjangkau, alhamdulillah ane jalani keduanya dan sekarang udah S1 hasil kerja pagi kuliah malam

Quote:Original Posted By lebah.ganteng
Kalo di kampus ane terkenal di kalangan mahasiswanya dengan istilah Kampus PerjUANGan....
Ayam Kampus...? Yaaa kalo disana msh simpang siur gan, blm tentu bener tapi belum tentu salah juga
Untuk yang Uang Administrasi ane gk alamin, tapi banyaaak temen2 ane yg berhasil masuk lewat SNM dan SBM di kampus Negeri lain langsung shock begitu tau Biaya Administrasi nya Maaahaaaalll banget...!!!! (Salah satu temen ane bahkan hrs bayar 40jt hanya utk biaya masuk saja)...
Tolong ditambahkan satu lg dari ane pribadi....
Salam GANTENG

Quote:Original Posted By Kovalski
kampus ane gelap gan kalo malem, sumpah apalagi banyak hutannya. ane sering balik malem soalnya gan
sumpah gan memalukan masa salah satu universitas terbaik di indonesia yang seharusnya jadi contoh tapi gelap gan, parah nih kemana aja pejabatnya

Quote:Original Posted By mr.raiko
Masalah biaya tuh gan, gk kira" d sini.
Gmn rakyat kita mau jd pinter semuan wong biasa pendidikan bwt anak bangsa aja mahal, ujung"nya jd pengganguran yg tdk berpendidikan, bangsa yg pintar adalah bangsa yg memperhatikan dr segi pendidikan, agar dpt memajukan bangsa itu sendiri

Quote:Original Posted By superaymond
Betul bgt gan! Kasian anak miskin yg pinter, malah gak bs kuliah, sementara anak orang kaya yg intelektualitasnya standar bahkan menengah ke bawah bs kuliah, yg pada akhirnya bukan menjadi sosok penerus bangsa yg baik!

Quote:Original Posted By anakjurnalistik
no.3 gan.... hmmm
barusan temen ane nanya, biaya kuliah naik gak tahun ini karena blm ada pengumuman, ane jawab aja sma kyk smster 1 lo byr brp, ane jawab.. pas ane buka thread ginian ada bhs tntng naiknya biaya kuliah-_- jujur ane langsung speechels, yg ane prmasalahin bkan uangnya gan, kasian yg gk berduit.. wkt ane daftar org2 berbondong2 pada dftr UKT, itu loh uang kuliah tunggal yaa jdi kita dpt subsidi byrnya.. dri skian bnyak yg dftar yg ktrma cmn 100 org.. pdhl yg dftar dri beribu2 anak..
yaa seharusnya jangan dinaikin gan, cukup sgtu aja.. kasian juga mereka, kan mereka juga kepngen dpt pendidikan tinggi,,
wlwpun ada bidikmisi gk smua anak dapet... temen ane ada yg dapet tpi ujung2nya sia2 juga.. pdhl dia pinter bgt loh gan, pas snmptn ama pmdkpn dia kgk ktrima sayang bidiknya..
yaa itu aja sih,,, smoga kedepannya bisa di perbaiki lagi sistemnya, soalnya pemerintahnye beda bukan pas anis lagi wkwkwk

Quote:Original Posted By cirengpedas
kos-kosan sekitar kampus sering dijadikan tempat mesum atau bahkan kumpul kebo juga gan.

Quote:Original Posted By teloaditya21
Sarjana conto soal , sarjana penghafal
Sanjana Pointer( pencari nilai/ point )
Esensi sekolah mencari ilmu dengan passion buka nilai dll

Quote:Original Posted By ketaton
biaya kuliah semakin mahal, klo mau masuk kampus bagus musti kaya raya ato otak encer se-encer es teh. nasib yg segalanya pas2an musti sabar jd penonton.

Quote:Original Posted By fopedia
Kuliah di indo makin taon makin mahal
saran ane, ente yg gk mampu Kuliah . mending kuliah online di indonesiax.co.id gratis dan bersertifikat internasional
pejwan kalo perlu

Quote:Original Posted By bijiplee
Nilai E bisa berubah jadi B atau A tergantung amplopnya cuk

Quote:Original Posted By ehputra
Yah.. Begitulah.. G di semua kampus ada yg kaya gt.. Tapi g menutup kemungkinan aja. Yang jelas, banyaknya gelar dan tingginya level pendidikan tidak menunjukkan keberhasilan pendidikan itu sendiri. Sikap dan cara berpikir yang menentukan keberhasilan pendidikan...

Quote:Original Posted By krukov
itu foto nomer 2 dari kampus saya di depan perpus pusat.
fakta lain universitas negeri dan swasta kesenjangannnya lebar banget walaupun sama2 berkecimpung di bidang pendidikan, pemerintah lebih mendorong yang negeri daripada swasta. yang swasta jadi tempat menampung orang2 buangan yang tidak lolos universitas negeri
ada lagi contoh waktu daftar di BUMN tertulis dengan jelas tertulis harus lulusan universitas negeri, cari kerja IPK dibedain juga yang dari negeri dan swasta pake di beda bedakan gitu

Quote:Original Posted By reverum
Ane kuliah di kampus swasta gan...
Dari awal sampe akhir udah habis sekitar 50 lebih buat bayar kuliah doang... Belum kos, makan, listrik, sarana prasarana, dll.
Temen ane malahan lebih mahal lagi di kampus sebelah, katanya dia masuk doang kena 80
Itu katanya kurang mahal, ada yang nyampe ratusan
Ane dulu dapet diskon uang masuk karena lewat jalur prestasi gan

Quote:Original Posted By axlefrost
bodohnya lagi, di daerah ane gan!!!
asal agan semua tau, para mahasiswa yang lulus dengan IPK nasakom berani ngedit nilai buat cari kerja, mereka gak tau kalo mereka sedang melakukan tindakan kriminal. padahal lulusan PTN, tapi PTN bisa kecolongan. Kasian buat yang lulus dengan jujur.

Quote:Original Posted By jin.gambliz
Yang jual beli ijazah ane pernah denger obrolan ketika lagi makan diwarung. Tau sendirilah cewek kalo ngomong kayak kretek, gak ada filternya ceritanya kretek 1 mau cari kerja tp kendala ijazah, nah kretek 2 nawarin ada "channel" yg bisa bikin ijazah salah satu kampus dikota jatim yg terkenal dingin. lanjutannya ane gak tau soalnya ane udah kelar makan trus pergi meninggalkan

Quote:Original Posted By primegx
biaya kuliah itu gan makin kesini makin mahal banget. udah bayar mahal tapi ada aja kampus yang pelayanannya buruk

Quote:Original Posted By super.tiote
miris emang gan..
kampus ane kayanya juga ada korupsinya (ga maksud suudzon )
soalnya belom lama ini ane wisuda, cuma dapet baju toganya ya begitu deh. padahal bayar wisudanya sampe sejutaan

Quote:Original Posted By pearlcuree
yang paling ngeselin itu kalo ada dosen bikin buku
mahasiswanya wajib beli
jadi itu bukunya si dosen selalu jadi best seller
kalo ga beli bukunya nilai jadi ancaman
mending kalo bukunya layak baca
kadang bukunya cuma versi terjemahan dr buku2 luar aja

Quote:Original Posted By p-atung

biaya masuk FK swasta di jkt mencapai ratusan om. kira2 satu innova utk biaya masuknya saja...

Quote:Original Posted By tritri03
ayam kampus kayanya disetiap univ di indonesia pasti ada deh, baik negeri, swasta ataupun kampus yg berdasar agama jg tetep ada ayamnya

Quote:Original Posted By safecount
biaya kuliah kampus gan. kadang ga seimbang ama fasilitas ada
mudah2an ke depannya lebih baik

Quote:Original Posted By alienz31
Kuliah mah cuma buat standarisasi. Niatin aja buat nyenengin ortu 😂

Quote:Original Posted By krugersyster
ane jadi inget berita tentang wisuda abal abal yang pas mahasiswanya ditanya belajar apa aja, dianya gatau
kalo biaya kuliah yang ane masih bingung itu biaya kesehatan, dari awal masuk sampe lulus kaya ga ada gunanya. kalopun sakit paling ke klinik kampus cuma dikasih obat warung

Quote:Original Posted By sellesguy
ane mau share nih gan masalah biaya
http://bit.ly/NotulaAudiensiBiayaPendidikan
itu kemaren pertemuan di kampus ane mengenai ingin naiknya biaya kuliah universitas ane dengan pihak rektorat itu ada isi nya pertanyaan dari bem universitas ane dan penjabarannya, kebetulan universitas ane salah satu universitas ternama se indonesia tapi biaya naik terus, mohon di post gan, karena ga pantes universitas negeri dijadikan sasaran untuk biaya pemerintah sedangkan kita harusnya yang di subsidi, masa universitas ane yang ternama harganya ngalahin swasta sih gan, kalo mau tau isinya buka linknya aja gan, ane ga nyebutin universitas ane apa silahkan lihat sendiri

Quote:Original Posted By Sihonongan
Plagiat ga boleh, tapi kemampuan dosen buat menghadapi plagiat ada ga?ane bikin paper hasil sendiri dgn paper teman yg sistem sks dan copy paste hasilnya malah bagusan nilai teman ane........

Quote:Original Posted By termahotor
Sedikit meluruskan yang tadi di baca di pejwan, ane sebagai penerima *bidikmisi* ya walaupun belum menerima uangnya sepeserpun (baru pengumuman kemaren)
Jadi penerima bidikmisi itu ada tanggungannya lho gan, ga cuma cuma kuliah gratis + dapet duit 3,6 jt per semester (600k/bulan), contoh
1. Sebagai penerima bidikmisi, mahasiswa di wajibkan untuk memiliki ipk min 2,75 (denger2 kalo di bawah bisa di cabut/uangnya di tahan beberapa bulan
2. Tidak diperbolehkan mengambil cuit (jadi 4 tahun lulus)
3. Di tuntun harua aktif dalam organisasi (tiap akhir semster kudu ada yg namanya sertifikat seminar min 2 <--- ini kurang tau juga benernya soalnya baru dapet belum ada pemberitahuan)
4. Tiap semester ada yang namanya pelatihan, dan tiap akhir semester itu harus ada pembuktian atas uang yg di pakai jadi ga sembarang pake, kalo ketauan buat foya foya pasti di cabut (tapi tergantung orangnya sih punya alasan apa buat menggunakan uang bidikmisi tersebut)
Btw emang dari sepenglihatan ane belakangan ini, rata2 anak penerima bidikmisi itu ga semuanya di pake buat beli barang2 bagus (semisal gadget), ya kalo buat di belikan seperti tas, sepatu, buku, dan buat nambah2 uang praktek sih masih dalam konteks untuk menunjang kegiatan perkuliahan sih
Maklum bahasanya berantakan gan
O iyak btw ukt tahun depan kampus ane naekkk dan alhasil para mahasiswa membuat sidang terbuka
Pejwan kalo berkenan wkwkwkwk

Quote:Original Posted By amkuss
dulu pas awal-awal mau nyari universitas, ane belajar mati-matian byr bs lolos seleksi d salah satu PTN terkenal. dan hasilnya ane GAK LOLOS. pas liat daftar peserta yg lolos, ane liat ada beberapa nama yg.... yah, u know lah uda ane tau kemampuannya ky gmn malah lolos modal duit. dan d situ rasanya nyesek bgt.
tp Tuhan menunjukkan jalan yg berbeda, ane lolos seleksi SNMPTN d kampus lain, yah, walaupun awalnya cm iseng aja ikut seleksi

Quote:Original Posted By shadowdogs
TOP ente Gan
Bener banget tuh
Dulu, mahasiswa itu agent of change
Lha sekarang??
Justru bisa jadi perusak bangsa itu sendiri
Sebenernya ada yang lebih penting drpd akademis
Ideologi
Mahasiswa tanpa ada ideologi menurut ane kayak zombie
Digiring kemana aja hayuk
Liat aja, gaya mahasiswa sekarang
Banyak gaya doang
Gak semua sih
Tp mostly
Ironis juga kalo usia pemuda banyak
Tp kualitasnya kayak (maaf) sampah
Kalo Pak Karno tau kondisi pemuda sekarang, mungkin doi gak berani bilang hanya dgn 10 pemuda akan mengguncang dunia

Quote:Original Posted By VerazorBuzz
Yang ane sayangkan cuman itu gan persoalan uang buat kuliah. Indonsia pengen punya generasi muda yang pintar dan berwawasan luas, tapi makin sini biaya pendidikan makin mahal. Gimana mau bisa mewujudkan hal tadi kalau biaya pendidikan aja mahal. Semoga bbrp tahun kedepan biaya pendidikan dapat ditekan ya, moga aja suatu hari nanti bisa kyk Jerman universitas negeri ataupun swasta gratis semua.

Quote:Original Posted By kangmasraden
Ane punya temen di kampus sebelah yg kerjanya hedon mulu ane juga heran gak kasian apa dia sama orang tuanya yg ngebiayain dia buat kuliah terlebih dia bisa kuliah di kampus negeri juga udah menyisihkan beberapa orang karena ketatnya persaingan di snm dan sbm. Soal biaya yg tinggi ane maklum sih gan soalnya kampus juga kan harus ngegaji karyawannya yg non tenaga pendidik semacam orang TU atau cleaning service dan biaya operasional lainnya macem bayar listrik sama air perbulan yg bisa ratusan juta tapi ane juga pengen, kalaupun memang harus bayar uang kuliah, biayanya bisa ditekan lebih rendah lagi supaya yg pintar tapi terbentur masalah biaya kuliah yg tinggi bisa terbantu dan tetap semangat punya harapan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

Quote:Original Posted By anadamas14
gimana ya gan em, ane mahasiswa di univ. negeri tp negri nya ya gitu deh bisa dibilang terlantar dan tdk terlalu famous dan ada di ibukota *tebak sendiri ya* keadaan kaya gitu juga bikin ane bingung sendiri, kok bisa negri tp jd gitu2 amat yak
nah ada pengalaman ane juga nih, ane kan masuknya fak.teknik dan nominalnya paling tinggi diantara semua fakultas (pada masa itu) pas ane sama tmn tanya ke bagian administrasi kampus minta transparansi (nominal segitu buat bayar apa aja, lab kah, alat praktik kah dll nya) masa katanya gaada, ya lucu banget kan, konyol, buat apa ada bagian administrasi kalo gitu? masa rincian pembayaran kuliah aja gaada #tepokjidat


Belum lagi affair2 (dosen-mahasiswa) dan aksi maho2 dikampus gan.


biaya kuliah yg tinggi jadi penyebab gak semua kalangan di indonesia bisa kuliah gan
Yg nomor terakhir tolong dibahas lebih dalam Gan, seru tuh kayaknya..
Dapat Nilai E dan D merupakan sisi gelap yg paling ditakuti seluruh mahasiswa gan
di balik itu semua , mahasiswa adalah agen of change
asyik lagi bahas kompetensi dosennya....
SORY DOPOST
Kalo benihnya udah kotor, gimana nasib Indonesia ntar?
Yang penting itu gan, ayam kampus
setujuh ama atas ane
Ayam kampus
untung di kampus ane ga seperti itu gan (kayaknya)
ane setuju klo biay kuliah nya tinggi gan..
berdoa aja isi kampus2 adalah orang2 terbaik
berdoa aja
doa
untung biaya kuliah ane cukup realistis
Dulu kampus ane sarat dengan korupsi dana BOS Gan :tepokjidat Banyak dana yg gak tepat sasaran. Hadeh
Terlalu banyak kegelapan,
setuju sama agan ini biaya kuliah yang semakin tinggi seharusnya semakain tinggi pula kemungkinan dia bekerja di tempat yang bagus.
tapi itu semua tergantung orangnya juga sih kalo punya kemampuan dan kemauan pasti bisa kalo gak yang gak bisa
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar