Pages


Selasa, 26 April 2016

HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)

HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)
Quote:
PENDAHULUAN

Agan - Agan yang udah semester 6 kayak ane pasti lagi siap-siapin diri nih, karena bentar lagi kita mau melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. yaitu salah satunya pengabdian kepada masyarakat. disini ane bakalan bercertia sedikit kecemasan-kecemasan yang terlintas di fikiran ane dan teman-teman ane sebelum Kuliah Kerja Nyata (KKN / KuKerTa). DIJAMIN GAK REPOST karena ane buat sendiri berdasarkan cerita-cerita senior ane terdahulu. tapi sebelum menuju ke TKP.. mari kita ulas dulu. apa sih itu KKN?


HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)


KKN menurut om wiki begini gan: Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.


Quote:PEMBAHASAN
Spoiler for 1. KEADAAN DESA / LOKASI KKN:

HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Ya, hal pertama yang menghantui benak agan sebelum terjun melaksanakan KKN adalah Desa / Lokasi nya!
Agan akan cemas dengan keadaan desa itu dan akan muncul pertanyaan-pertanyaan seperti: “Desanya terpencil banget gak? ,tempatnya sejuk gak?, ada mall kagak disitu? , ind*maret disana bukak kagak ya bulan april? , ada gak yg jual indomi disana? , ada ATM kagak ya disitu? “ dan lain sebagai nya..


Spoiler for 2. TEMAN SATU TIM:
HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Nah setelah masalah desa dan lokasi udah berperang di benak agan, selanjutnya yang jadi fikiran adalah teman satu tim agan.
Pastinya kepikiran banget kan ya, secara kan agan bakalan disatukan sama mahasiswa/i dari jurusan dan fakultas lain yang agan belum kenal. Maka akan muncul pertanyaan, “gue se tim sama anak fakultas mana ya? bakalan baik-baik kagak orang nya? Asik gak mereka? Gue bakalan cocok kagak sama mereka? ada igo nya kagak? Ada dede nya bang ipul kagak?"


Spoiler for 3. LISTRIK:
HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Oke, perang batin tentang teman se tim KKN sudah agan lewati. Nah selanjutnya yang akan bertempur di benak agan adalah masalah yang paling banyak menghantui para mahasiswa yang akan melakukan KKN. Yaitu, LISTRIK!
Listrik desa ya agan tau sendiri lah, ada yang sudah ada listriknya kalau ntu desa udah maju. ada yang listriknya nokturnal alias aktif pada malam hari doang. ada juga yang masih ketinggalan jauh desa nya alias masih ngandalin obor dan api unggun buat penerangan. Masalah banget gak tu? Gimana caranya buat laporan dan proposal kagiatan selama KKN kalau listrik disana kagak ada? Mau ngeprint dimana? Ada pun printer mau dicolokin dimana ye kan? Mungkin agan bisa bawa belut listrik kali ya buat sumber listrik sekalian buat peliaraan dari pada bengong aja di desa terpencil!

Spoiler for 4. MASYARAKAT DESA:

HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)


Agan tinggalin dulu masalah listrik dan cara buat laporan dan ngeprint serta lain – lain. Agan mulai berfikir bagaimana ya masyarakat disana?
Apakah masyarakat disana ramah-ramah? Apakah pemuda nya bisa diajak bersahabat? Bisa akrab gak ya mereka? Bakalan nerima program kerja kita gak ya mereka? Kan lumayan kalau bisa akrab dan ramah dan kebetulan mereka punya motor bisa di pinjam buat pergi keluar desa kalau ada keperluan mendadak.

Spoiler for 5. AKSES KELUAR / MASUK DESA:

HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Nah setelah masalah listrik ke listrik dan masyarakat – kemasyarakat udah selesai, selanjutnya yang akan berkecamuk di kelapa agan adalah jalan akses menuju/keluar desa!
Gak ada listrik, bisa kok buat laporan dan nge print ke desa sebelah atau ke kota terdekat dulu yang ada listriknya. Eh.. omegad.. WAIT! Agan mulai mengkhayal lagi disini. Jalan yg akan agan tempuh mungkin kondisinya memprihatinkan banget. ¼ nya semenisasi yang hancur hancuran udah berlobang, dan ¾ sisanya adalah jalan tanah liat yang banyak becek nya . Hancur dah tu motor yang di pinjam ke warga gara-gara agan kagak terbiasa bawa motor di trek begituan. Udah gitu, di tengah perjalanan, agan jumpa sama harimau kelaparan , otomatis agan langsung gas tu motor sekenceng-kencengnya buat kabur tanpa peduli lobang dan jalan rusak. Ajaib nya agan seketika handal macam rider down hill yang ahli nurunin curamnya bukit, agan selamat ngelewati jalan tadi, dan lalu. eng.. ing.. eng.. di ujung jalan rupanya ada sungai yang agan harus lewati. Kampretnya jembatannya putus pula.. dan dengan sisa-sisa tenga yang ada, agan gendong tuh motor buat nyebrangi sungai, lalu…. lanjutkan sendiri deh gan ngehayalnya… sedih mah kalau ane yang ngehayal sendiri..


Spoiler for 6. MANDI CUCI KAKUS (MCK):
HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Owkeh… setelah hal – hal di atas udah gak jadi masalah di fikiran agan. Agan memutuskan untuk menghilangkan fikiran itu sambil nongkrong di atas jamban dengan sebatang rokok . tiba-tiba saluran pembuangan agan macet karena fikiran negativ terlintas lagi di benak agan yang paling dalam . “biasanya di desa tu kalau mau mandi, buang hajat, dan kebutuhan MCK lainnya kan di lakukan sungai yak?”
Kepanikan langsung menghampiri agan kembali, agan kepikiran si doi yang juga akan KKN bareng agan. agan gak tega liat si doi bakalan mandi di sungai, diintipin jaka tarub, lalu selendang nya di ambil dan gak akan bisa balik ke hati agan lagi#eaaak.
selain itu agan juga bakalan stress.. mikirin gimana caranya kalau agan dipanggil untuk menghadap jamban pada malam hari!


Spoiler for 7. SIGNAL :
HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Agan lalu memutuskan untuk positip thinking (posting) aja dulu sama warga setempat, mereka gak jahat-jahat kok. Gak sejahat kamujahat21 . Mereka pasti bakalan melindungi si doi pujaan hati agan, lagian anggota tim nya juga banyak laki-laki nya yang bakalan ngelindungi para wanita di tim mereka tentunya. Huft… lalu agan putuskan untuk melanjutkan mengeluarkan sampah pencernaan yang sempat macet tadi. Biar agan gak suntuk pas nge-jamban, karena rokok tadi juga udah habis. Agan putuskan untuk buka kaskus sambil ngeden (ayoo ngaku, kebiasaan siapa ini?) eh.. rupanya karena agan di dalam WC, sinyal ilang timbul, dan loading page nya muter2 aja macam komedi putar gak berenti berenti.
tak disangka saluran pembuang agan macet (lagi). tanda ada hal lain yang terlintas di media khayal agan. lalu agan bergumam “SIGNAL? YA SIGNAL OPERATOR!”
“Aduh.. mampus biyung. Bijimane ane bakalan tahan kagak buka internet disana selama dua bulanan? Pasti kagak ada jaringan disana? Bijimane ane ngaskus disane? Omegad… apakah ane sanggup yak putus hubungan dengan internet?” kepanikan muncul karena agan adalah pecandu internet. agan akan berpisah dengan internet selama dua bulanan. terisolir dari dunia maya.


Spoiler for 8. HAL-HAL GAIB:
HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Wah.. akhirnya setelah nunggu lama, kebuka juga nih kaskus.. ente cari bahan bacaan. Singkat cerita, sampai lah ente ke trit “keluarga tak kasat mata”. Yang membuat bulu kuduk ente merinding ketika ngebacanya, ente putuskan untuk menyudahi perjuangan ente di jamban. Lalu melanjutkan baca trit itu di kamar.
Fikiran kampret tiba-tiba melintas lagi! "di tempat kkn ane bakalan aman gak ya? gak ada hantu nya kan? Gak ada santet-santet nya kan? "
Lalu ente terbayang akan kecantikan doi yang pasti akan memikat pemuda desa di sana. “Cewek ane bakalan di pelet kagak ya sama pemuda sana? gimana kalau dia gak mau balik dan ingin netap di desa itu sampai menikah dengan pemuda sana. Wah parah parah parah”
pikiran yang lain pun datang tentang posko tempat ente tinggal di desa itu. Biasanya kan yang dijadikan posko adalah rumah kosong yang gak kepakai, bakalan ada penunggu tak kasat matanya yang usil apa nggak ya? ntar kalau dia naksir ane, ane diikutin sampe pulang dari sini. atau malahan bakal ditahan disini!" hiyyy…


Quote:PENUTUP

Terlepas dari khayalan dan praduga-praduga itu semua, sebenarnya KKN itu gak semengerikan itu. KKN bakalan indah kalau agan jalani dengan sungguh-sungguh dan dengan hati yang senang. Dan akan lancar selama agan kagak ada maksud yang tidak baik ketika berda di desa tempat agan akan di terjunkan. Semangat buat mahasiswa semester 6 yang bentar lagi mau KKN. HIDUP MAHASISWA!!!

Sekiranya Trhread ini Bermanfaat dan Menghibur
Jangan Lupa



Kalau Berkenan


UTAMAKAN KOMENG GAN


Sumber : Pemikiran Ane
Gambar : Comot di Gugel



Quote:CERITA KKN VERSI KASKUSER

Quote:Original Posted By sinusoid
Ane juga barusan februari kemaren kelar KKN,yang pasti konflik dalam tim itu wajib hukumnya .udah macem acara big brother


Quote:Original Posted By Chalifahasya
yoyoy gan

di daerah pedaleman, masih kentel sama yang mistis mistis gan.. senior ane ada yang dibobol orang desanya, pas di liat di depan rumah ada lilin, trus bau pesing gitu, katanya itu lilin dimatiin pake air kencing biar serumah pada tidur

terus ada juga, hp nya ilang. dan, justru yang sangat dicurigai itu ketua kelompoknya gan (bukan curiga buta kok, cukup logis analisanya gimana kronologinya)

menurut ane, kalo bisa, bawa yang seperlunya aja gan. hp jangan yg menggoda bgt dah.. soalnya rekan kkn pun bukan dari sesama fakultas kan, tapi lintas fakultas, yang lu ga tau kayak apa kelakuannya


Quote:Original Posted By Zheett
ane kampus swasta sih gan, jadi KKNnya masih satu kota dengan kampus. cuman emang agak pedalaman dikit. ane malah seminggu skali pulang ke rumah. tapi yg paling parah mah, air di tempat kkn ane kayanya deket aliran got kali ya. masa air di kamar mandi jadi bau got gitu terpaksa numpang di masjid mandinya.


Quote:Original Posted By rain.moonheart
dari pengalaman ane sih., hampir semuanya bener gan., banyak yg ditakutin pas kita mau kkn.,

tapi pas udah dijalanin asik kok gan.,
bahkan banyak momen2 tak terlupakan sampai sekarang


Quote:Original Posted By afdhal99
perselingkuhan juga meningkat selama KKN gan..
Kemungkinan dapat Pacar baru juga meningkat karna seringnya ketemuan..
Kemungkinan mengakhiri hubungan pun juga akan meningkat karna ad yg lebih kece saat KKN..

Kesimpulan : SELAMAT KKN..


Quote:Original Posted By Chalifahasya


ohiyaa gan, ane lupa bilang.. kkn januari kemarin, senior 2 tahun di atas ane meninggal gan, insiden di sungai gitu. dan kayaknya karena insiden ini, di kampus ane kkn jadi gak wajib gan.. *yang ane ceritain kemaren, yang kemalingan, mereka setahun di atas ane.

kalo jaga sikap emang wajib gan.

menurut ane, satu kelompok harus tau kkn bukan liburan gan, jadi gak lengah.
terus belajar tau diri juga, jangan mentang mentang di desa sebelah banyak temen sefakultas/jurusannya, agan lebih sering main ke tempat mereka. terus kalo bawa temen ke rumah inap kita, ya jangan sampe larut malem bgt lah, apelagi malah mesra-mesraan


Quote:Original Posted By kuroskins
Pengalaman ane dl dpt desa terpencil, dan suatu malem sekitar jam 2pagi ane blm tdr, tiba2 pintu dpn posko ane ada yg ketuk2 dan di iringi suara cengengesan mba kunti..




KKN = kura kura ninja


masa sih gan..btw dibawah ane juga wajib dikhawatirkan gan.
dia udah stadium 5 maho nya
lebih cemas kalo ketambahan PPL gan abis PPL tambah KKn lagi manalagi KKn nya dibagi 2, kkn sekolah ama kkn masyarakat
kkn bareng mantan

itu yang ane cemaskan
Quote:Original Posted By reivenom
masa sih gan..btw dibawah ane juga wajib dikhawatirkan gan.
dia udah stadium 5 maho nya



Quote:Original Posted By mbewehkill666
lebih cemas kalo ketambahan PPL gan abis PPL tambah KKn lagi manalagi KKn nya dibagi 2, kkn sekolah ama kkn masyarakat


btw ente dibilang maho ama yg diatas gan..
ane juga habis KKN bakalan PPL di sekolah gan. ane di FKIP gan.. cagur (calon guru) sukses buat kita gan
tempat kkn ane dulu seberang jalan raya ada mall nya gan
Quote:Original Posted By georgeheru22





btw ente dibilang maho ama yg diatas gan..
ane juga habis KKN bakalan PPL di sekolah gan. ane di FKIP gan.. cagur (calon guru) sukses buat kita gan

biarin gan, amiin gan sukses semoga berkah ilmu2 yang didapat pas kkn ppl
HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)

cinloknya asik gan
aduh, baper

berakit rakit dahulu , bersenang senang kemudian....





HA EL ahdl72%$+gdi
Quote:Original Posted By rindudihati
kkn bareng mantan

itu yang ane cemaskan

mantan ente maho ya bre makanya cemas
HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Quote:Original Posted By at1503
tempat kkn ane dulu seberang jalan raya ada mall nya gan


itu kkn atau cuma pindah bobok doang gan?


Quote:Original Posted By mbewehkill666
biarin gan, amiin gan sukses semoga berkah ilmu2 yang didapat pas kkn ppl


amiin..


Quote:Original Posted By nasgorbasi
HAL - HAL YANG AGAN CEMASKAN SEBELUM KULIAH KERJA NYATA (KKN)

cinloknya asik gan
aduh, baper



misi terselubung ane juga sih itu gan


Quote:Original Posted By alg18
berakit rakit dahulu , bersenang senang kemudian....





HA EL ahdl72%$+gdi


hahaha.. habis gelap terbitlah terang
jaman saiya ndak ada kkn kkn an bray.
dihapus ma kampus
jd gag ngerasain ikut kkn
tp skarang malah diterapin lagi ma kampus.
hadeehm
Quote:Original Posted By georgeheru22


itu kkn atau cuma pindah bobok doang gan?




amiin..




misi terselubung ane juga sih itu gan




hahaha.. habis gelap terbitlah terang


habis croot , timbul lah keresahan
yang perlu dicemaskan pertama kali adalah biayanya..
Quote:Original Posted By zilog73
yang perlu dicemaskan pertama kali adalah biayanyau..



wah benar juga ya gan.. kecolongan ane. ntar kalau rame ane update.
ane ga ngerasain kkn gan, ane d.o
Quote:Original Posted By gancek
ane ga ngerasain kkn gan, ane d.o

sering ngebully dosen kali ente bre makanya di-D.O


cemas karena takut KKN di dunia nyata engga kaya KKN di FTV yang tugasnya cuma cari kembang desa
Quote:Original Posted By gancek
ane ga ngerasain kkn gan, ane d.o


turut berduka gan.
semoga trit ane bisa jadi penghiburnya

Quote:Original Posted By krugersyster
cemas karena takut KKN di dunia nyata engga kaya KKN di FTV yang tugasnya cuma cari kembang desa
:nyantai


Jauuuuh banget gan sama di eftipi2
yoi bray ane bulan juli juga kkn bray
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar