Pages


Senin, 06 Juni 2016

Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?

Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?

Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam sejahtera agan-agan semuanya
Apa adanya KasKus, sudah melengkapi saya untuk membuat sebuah thread


Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?

Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?

Alhamdulillah No Repsol gan

Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana? Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?
Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?


Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?
Quote:Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya..
Cie yang habis malmingan, yang ngejones malam ini drpada kek mimin yang nyoli liat beha mending ngebaca thread ini..
Kali ini ane mau bahas sesuatu yang tentu ga jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari agan, terutama saat berkendara.
Semua yang pernah naek kendaraan, apalagi motor, pasti sering nyelap-nyelip motor maupun mobil lain layaknya laga MotoGP aLa Sinetron.. Tapi tau ga sih gan? Ada beberapa jenis pengguna yang nyalip dengan keunikan dan ketegangan yang berbeda pula..
Nah, daripada ane banyak bacod disini, yuk langsung simak aja.. Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?.. Cekisdoot


1. Tipe Nekat
Quote:Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?
Sering kita liat ya gan atau mungkin agan ada yang pernah? Kadang ada salah satu pengguna motor yang nyelip tanpa melihat dulu.. Mau ada motor atau mobil dari lawan arah pokoknya dia juga ga tau.. Yang penting salip.. Kenapa kok nekat? ya jelas karena itu gan, tanpa mengawasi dulu yang ada dilawan arah, orang ini tanpa babibu langsung gas poooll dengan mulut yang terburai-burai layaknya iklan komeng..


[RESELLER WANTED] Pure'o Pomade Organik, Modal Kecil!!

2. Tipe Maju Mundur
Quote:Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?
Kalau ini kadang bikin ngeri juga gan.. Saat dia nyelip.. pasti ada aja halangan didepannya, entah itu motor, mobil, lobang, atau malah gangguan dari pengguna dibelakang yang kepengen nyalip juga.. Jadi bisa dibilang tipe yg ini nih tipe yang takut-takut tapi ngejang.. Udah maju, mundur lagi,, Maju lagi,, Mundur lagi,,,


3. Tipe Nyawa 9
Quote:Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?
Kalau ini ane akui orang yang udah sakti dalam dunia persilatan dijalan raya. Gimana gak gan, kadang dia udah liat ada mobil atau motor dari lawan arah, tapi masih aja maksa buat nyelip.. Dan yang pasti banyak banget kasus tabrakan karena ulah orang yang satu ini.. Mungkin maksudnya mau nguji nyali gitu ya gan.. Tapi kebablasan..


4. Tipe Penyabar
Quote:Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?
Yang termasuk ditipe ini, orangnya asli top abis, sayang nyawa, sayang motor, dan sayang pengguna jalan raya lainnya. Jadi orang seperti ini biasanya ga akan nyelip jika didepan bener-bener kosong ataupun sudah ada tanda dari mobil didepannya bahwa dia sudah diperbolehkan nyalip.. Ini termasuk ane jg nih.. Pantang Nyalip Kalau di Tikungan.. Apalagi jarak pandang ditikungan terhalang pohon-pohon.. Haram hukumnya bagi ane...


5. Tipe Gak Punya Otak
Quote:Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?
Ane ga paham ama orang yang seperti ini. Entah emang g tau etika nyalip yang bener apa gimana, misal ada bus didepan.. Orang ini nyalip dengan entengnya dari kiri. Sama aja ga punya otak, karena kalau punya otak.. Dia pasti sayang ama nyawanya.. Gimana coba kalau busnya mepet ke kiri terus orang ini saat nyalip masih ditengah-tengah. Bisa berabe kan jadinya..


6. Tipe Apes
Quote:Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?
Kadang sering kita temui saat nyelip, tapi apes.. Apesnya macam-macam, apes jatoh kaget karena tau-tau ada pengguna jalan dari lawan arah, apes karena bersenggolan dengan yang dari lawan arah, ataupun pas nyelip malah kenak lobang..


Lalu, bagaimana sih cara nyalip yang bener?
Quote:Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?
Nah, dari semua jenis-jenis penyalip yang ada diatas, tentu ane kasihtau lagi gimana caranya nyalip yang benar. Yang ane tau sendiri sih biasanya kalau indikator lampu sein mobil didepan nyala, itu artinya pengendara didepan kita melarang kita untuk nyalip karena bahaya..
Tapi berikut ane kasihtau 10 point penting yang ane comot dari www.astraworld.com yaitu :

1. Pastikan lajur kanan untuk mendahului dalam keadaan lengang dan aman.
2. Perhatikan lampu sign kanan mobil yang hendak kita dahului. Bila lampu sign-nya juga berkedap-kedip, tunda dulu niat mendahului. Bisa jadi sign itu tanda bahwa ada kendaraan dari arah berlawanan, atau mobil di depan hendak membelok ke kanan atau bahkan menyalip kendaraan di depannya.
3. Lirik spion untuk memonitor kondisi lalu lintas di belakang kita.
4. Kami sarankan untuk menggunakan gigi rendah saat menyalip (menurunkan transmisi satu level lebih rendah). Tujuannya agar torsi maksimum kendaraan lebih cepat tercapai sehingga akselerasi kendaraan lebih cepat. Untuk mobil dengan transmisi matik, cukup dengan menginjak pedal gas secara cepat dan penuh secara otomatis gigi percepatan akan berpindah satu level lebih rendah)
5. Pilih medan untuk menyalip. Jangan menyalip di tikungan, jembatan atau ketika melintas di jalan dengan larangan tidak boleh mendahului seperti pada jalan dengan garis jalan yang tidak terputus.
6. Berhati-hatilah jika ada kendaraan lain di belakang yang mengikuti langkah Anda mendahului mobil. Atur jarak dan jangan buru-buru menurunkan kecepatan karena kendaraan yang ikut mendahului butuh ruang untuk masuk lajur kiri.
7. Hindari menyalip melalui lajur kiri karena pada lajur kiri kadang terdapat pejalan kaki, pedagang, atau kendaraan lain yang berhenti.
8. Jangan membunyikan klakson secara berlebihan atau menyalakan lampu jauh yang dapat memancing emosi pengendara di depan kita.
9. Waspada terhadap kendaraan lain terutama kendaraan roda dua.
10. Yang tidak boleh kita lupakan, kita juga harus mempunyai toleransi yang tinggi bila ada kendaraan lain yang minta diberi kesempatan buat mendahului. Berilah mereka kesempatan terutama bila kendaraan tersebut adalah kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas, ambulans yang sedang mengangkut orang sakit, kendaraan untuk memberi pertolongan pada kecelakaan lalu lintas, kendaraan kepala negara atau pemerintah asing yang menjadi tamu negara, maupun iring-iringan pengantar jenazah.


Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?
Quote:Pemikiran Ane Sendiri serta Pengalaman
Image : Google


Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?
Bagaimana gan? Menurut agan, dari beberapa tipe penyalip dijalan raya yang ada diatas, agan termasuk yang mana?? Kasitau dong gan..
Inget, etika dijalan raya itu banyak yang harus agan-agan ketahui demi kenyamanan maupun keselamatan orang lain dan agan sendiri. Walaupun potensi kecelakaan memamg selalu ada saat kita dijalan raya, tetap perhatikan dan waspada.. Bisa saja agan udah hati-hati tapi orang lain yang apes.. Begitu jg sebaliknya.. Yang penting selalu perhatikan etika dijalan raya terutama tentang menyalip kendaraan lain.
Sebentar lagi akan ada tradisi mudik, semoga informasi ane yang kasih ini bermanfaat bagi agan semua.

Sekian thread ane,, terima kasih
Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?


Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana? Rec HT jika informasi ini bermanfaat dan jangan lupa Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?

Mampir ke Thread ane yang lain gan
[RESELLER WANTED] Pure'o Pomade Organik, Modal Kecil!!

Spoiler for Others Thread:
Reserved!! For Umat Cendolerss..

Quote:Original Posted By stanXX
Ane tipe penyabar meskipun motor ane lmyn kenceng bwt nyalip jalanan dlm kota, mending cari aman dan inget keluarga di rumah

Nah klo ane papasan lawan arah ane ada motor (biasanya) yg tipe nekat (nyawa 9), biasanya pas udah deket sebelahan ane geber kenceng bgt sampe bolot kuping ybs

Ga usah nekat2 lah klo di jalan. Konyol, mending ente klo mati dpt duit segudang dr asuransi bwt keluarga ente. Lah ini klo mati nyisain hutang dan bikin keluarga sedih, kan kasihan gan (klo bwt yg mampus krn nekat, ane syukurin aja)



Quote:Original Posted By suparjo12
moga2 makin banyak tipe no 4. kalau pengen sampai tepat waktu ya berangkat pagian. jangan lupa untuk hargai pengguna jalan yg lain.

moga2 dibilang penuh berkah ini para driver/motorist s#ithead diberi hidayah.



Quote:Original Posted By flyingcosmic
ane bingung ada dimana... klo bs nambahin, ane tipe oportunis, dimana ada kesempatan ane bakal nyelip



Quote:Original Posted By tittoong
ane jarang nyalip gan, karna motor nggak bisa diajak ngebut


Quote:Original Posted By rainii
ane tipe yg nyalip ragu2 paling juga diklaksonin sama orang2 gegra bikin bahaya tapi kalo dah dijalan raya yg mobilnya kenceng2. ane gk mw nyalip. jalan paling pinggir dgn kcpatan 20



Quote:Original Posted By vampsvamps
ane tipe Kopasus gan "ragu-ragu harap mengantri, ehh kembali" ga suka maksain buat nyalip kalo gap nya ga memungkinkan



Quote:Original Posted By vudith23
ane tipe maju mundur kayaknya gan. kalau udah bener2 kosong atau seenggaknya perhitungan bener baru masuk. biasanya yg tipe nekat, nyawa 9, itu org yg ugal2an, show off, labil, sok kekotaan, bawa mobil jarang2 (biar diliat keren ama org2 yg di mobil)



Quote:Original Posted By m.e.rizky
Kalau Cara Anee Nyalipp, Kasih Sein Kanan, Klakson2x/kalau knalpot racing agak digeber, begitu udah mau masuk kasih High Bim 2x.. Dan begitu 4/5 Nyalip, kasih Sein Kirii..



Quote:Original Posted By rikiju
Tipe apes saat nyalip di garis tidak putus2 ada polkis mejeng di balik pohon.


Quote:Original Posted By diazhollic
biar motornya sport tapi kalo urusan nyalip lebih banyak perhitungan,beda sama nikung.apalagi nikung gebetan #ehhh


Quote:Original Posted By superandroid
kalau gw type yang pakai perhitungan, standart ukuran gw adalah kalau untuk sesama mobil kecil, gw pakai ukuran 2X panjang mobil gw sendiri, kalau untuk bus atau truck, gw pakai ukuran 3-4X panjang mobil gw sendiri, mudahnya adalah, kalau mobil rata rata panjangnya adalah 4 meter, maka gw akan nyalip kalau jalan di depan gw longgar dengan space 8 meter atau lebih, kalau bus atau truck, gw akan nyalip dengan panjang space 12 - 16 meter bahkan lebih, nach kalau truck gandeng, container dan sejenisnya, maka gw akan tambah 5 - 6X panjang mobil gw sendiri, dan tetap gw pakai perseneling satu tingkat dibawah, misalnya gw lagi melaju pakai gigi 4, saat akan menyalip, gw akan kasih sign kanan dan gw oper ke gigi 3 sambil injak pedal gas sedikit lebih dalam untuk menambah traksi, kalau misalnya dari gigi 5, maka gw akan oper sampai gigi 3



Quote:Original Posted By luthfifalaqi
Mungkin ane tipe penyabar

Tambahin gan, tipe ragu-ragu. Tipe ini bahaya gan, padahal ane udah ngasih tapi doi ragu ragu, untung sepi.



Quote:Original Posted By alketam
ane tipe nyalip giring gan. pas ane nyalip, mobil atau motor ane pepet sampe minggir ke kiri gan biar jalannya lebar



Quote:Original Posted By harrysetiyoko
Gue termasuk tipe pengedara yang nyalip dalam keadaan jalanan kosong, lampu merah menyala ya harus berhenti. Itu baru pengendara sejati, dan juga menghormati hak pejalan kaki di zebra cross..



Quote:Original Posted By aldreikonan
ane tipe "mau nyalip tapi ada ibu2 krudungan pake daster ga pake helm nyetir motor 30 km/jam di tengah2 dengan lampu sign ke kiri tapi ga ke kiri-kiri karena lupa dimatiin karena habis nyebrang sambil bawa anaknya di belakang trus kalo diklakson bukannya minggir malah diam kalo nggak ngebut kiri-kanan"



Quote:Original Posted By sulthanaliaz
makasih nih ts ngasih edukasi bagus semoga ts selamat selalu dalam berlalu lintas



Quote:Original Posted By the.pria.tampan
kalo ane yg ini typenya gan, alon alon seng penting kelakon lan selamet, ngapain ngebut2 cm lbh cepet bbrp menit tp berbahaya

inget keluarga drumah, inget pacar, inget keselamatan diri



Quote:Original Posted By dorokdok92
Gw sih tipe penyabar gan, malah jarang banget ngebut2an kecuali nyalip angkot yg berenti.
Pertama kondisi motor, kedua ya karena motor gw ga bisa ngebut2 banget



Quote:Original Posted By perx456
kalo ane tipe maju mundur gan ....
di pantura banyak cabee yg make motor ga pake etikaa ,, jdi jika ingin nyalip ya kudu perhitungkan dgn matang , klo ga gitu ya siap-siap aja di forum DP ada koleksi baru



Quote:Original Posted By ANUStertusuk
ane sih tipe penyabar. baru nyalip kalo benar2 aman, sambil nongolin dikit bagian kanan mobil buat ancang2 nyalip.

tapi yg paling ane sebelin, kalo depan ane mau nyalip mobil yg depannya lagi tapi nyalipnya lelet. kalo truk sih maklum, yg nyalip sama yg disalip sama2 lelet.



Quote:Original Posted By rzliskandar
tipe nyawa 9

gak bisa dilawan


Quote:Original Posted By willyyaz
tipe apa aja kan tergantung sikon saat itu buru2 apa kagak wkwk tapi tetep pake sein dan ngedim biar aman. ada orang dari arah berlawanan mau nyalip pun ane sein orangnya biar ane aman dan jalan gak keganggu


ane yang nyantai bae lah bree

edit
lah kok bisa kegeser sih
Ane sukanya maju mundur cantik gan
ane jarang nyalip bray

malah ane sering di salip temen nya mantan bray






Salman al-Farisi
ane langsung tabrakin gan
tipe penyalip kaga pake otak bre paling greget
Kalo ane ga boleh nyalip, pokokny ane slalu salah skali salip nongol apa aja ane perlu mngadu ke komnas HAM klo bgini
Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?
ane tipe GTA
pake cit terbang
yang penting selamat , sehat wal afiat sampai tujuan bre.. hormati sesama pemakai jalan...
Ane tipe penyabar bree
klo ane mah tergantung situasi klo ada emak-emak naek motor ane maju mundur nyalipnya, tapi klo mbak-mbak cantik ane jadi sabar
ane tipe penyabar gan karena g brani nyalip
Ane tipe nekat hahaha
Ane sih tipe wolees gan

Lagi ane suka bingung kok bawa kendaraan pada cepet-cepet banget yak
ane tipe mana ya, penumpang aja deh yg nilai
Ane no 4 gan,sayang nyawa,motor + banyak cicilan
:d


*salam satu cinta*
sejak ane bisa bawa mobil, ane jadi pengendara yg selalu mengutamakn keselamatan dan keamanan gan, drpd sebelumnya yg kalo naek motor udah kaya alay kesetanan ..

pertimbangan, krn mobil masi mobil ortu, mau ugal"an ntar kalo mobil bonyok malah kena setrap ..

sampe skrang pun, walau uda bisa beli mobil sendiri, kebiasaan ati" jadi syarat wajib kalo di jalan gan .. takut gan kalo ugal"an, masi sayang nyawa. di tambah belon kimpoi pula
wkwkw yg nyalip maju mundur ane gan




sekalian gembok
closed




lanjut dibelakang
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar