Pages


Kamis, 25 Agustus 2016

Busana Jokowi di Acara Ini Dikritik Netizen, Padahal Maknanya Bagus

Makasih agan2/sista2, momod, dan semua penghuni kaskus baik yang udah komeng maupun yang SR, sehingga thread ane yang sederhana ini menjadi HT. Oya, jangan pada berantem ya gan dan juga NO SARA ! Ane takut

Spoiler for HT:
Busana Jokowi di Acara Ini Dikritik Netizen, Padahal Maknanya Bagus


Duh, bukannya salut dengan Karnaval Pesona Danau Toba, banyak netizen yang justru salah fokus dengan baju dan topi Jokowi yang dipakai saat menghadiri acara tersebut pada Minggu (21/08/2016). Acara yang digelar di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara tersebut memang menjadi ajang para peserta turut serta karnaval mengenakan pakaian adat daerah Sumatera Utara, seperti ulos dan sortali (ikat kepala).

Jokowi juga mengenakan pakaian adat Batak sub etnis Toba saat menghadiri Karnaval Pesona Danau Toba ini. Namun sayangnya banyak netizen yang salah fokus dan justru mengkritisi baju dan topi Jokowi, khususnya topi Jokowi yang seperti mengenakan (maaf) wig atau rambut palsu.

Berikut beragam komentar netizen dari berbagai sumber !

Memakai wig
Spoiler for :
Busana Jokowi di Acara Ini Dikritik Netizen, Padahal Maknanya Bagus
via chirpstory
Dianggap seperti sedang memakai wig atau rambut palsu. Netizen tersebut juga merasa rancangan desain tutup kepala untuk Jokowi kurang pas.


Rambut pirang
Spoiler for :
Busana Jokowi di Acara Ini Dikritik Netizen, Padahal Maknanya Bagus
via chirpstory
Tanggapan netizen memang berbeda-beda apalagi jika sudah masuk ranah politik. Entah komentar ini bernada serius atau bercanda, namun sepertinya ada saja netizen yang lebih memilih langsung mengkritik tanpa berusaha untuk mencari tahu dulu makna dari busana adat tersebut.


Not funny
Spoiler for :
Busana Jokowi di Acara Ini Dikritik Netizen, Padahal Maknanya Bagus
via chirpstory
Membuat meme memang asyik, yang melihat meme dengan content cerdas dan menggelitik pun bisa terhibur, misalnya meme soal kenaikan harga rokok. Tapi akan lain ceritanya jika meme yang dibuat justru menghina suatu individu atau golongan. Wajar jika banyak netizen yang berang melihat meme di atas.


Pakaian adat yang sebenarnya sangat luhur maknanya
Spoiler for :
Busana Jokowi di Acara Ini Dikritik Netizen, Padahal Maknanya Bagus
via chirpstory
Banyak yang mengatakan bahwa topi berumbai yang dipakai Jokowi seperti wig atau rambut palsu, padahal pakaian adat tersebut sakral dan memiliki makna yang bagus dan telah dipakai oleh para leluhur.


Ori vs KW ?
Spoiler for :
Busana Jokowi di Acara Ini Dikritik Netizen, Padahal Maknanya Bagus
via chirpstory
Beberapa foto lain juga membanding-bandingkan antara baju adat yang dipakai Jokowi dengan baju adat yang pernah dipakai mantan Presiden Soeharto di kala masa pemerintahannya dulu. Netizen ini mempertanyakan apa yang salah dengan pakaian adat yang dipakai Jokowi ?


Haters Jokowi juga bisa kesal jika budayanya dijadikan bahan lelucon
Spoiler for :
Busana Jokowi di Acara Ini Dikritik Netizen, Padahal Maknanya Bagus
via chirpstory
Netizen ini mengatakan bahwa pakaian adat Batak Samosir memang unik, dan apabila ada yang menghina siapapun yang sedang memakai pakaian adat tersebut, maka siapapun bisa marah, tak terkecuali para hatersnya sendiri.


Tak sedikit juga netizen yang bangga karena pakaian adat dari daerahnya dipakai Jokowi
Spoiler for :
Busana Jokowi di Acara Ini Dikritik Netizen, Padahal Maknanya Bagus
via chirpstory
Netizen berdarah Batak ini mengungkapkan rasa bangganya karena pakaian atau kostum adat Batak dipakai orang nomor 1 di Indonesia saat ini.


Dalam era digital dan maraknya media sosial, segala sesuatu bisa menjadi bahan perbincangan. Namun alangkah baiknya jika tetap menjaga adab kesopanan. Tidak terkecuali dalam menanggapi baju dan topi Jokowi di Karnaval Pesona Danau Toba ini. Baju dan topi Jokowi yang dianggap beberapa netizen seperti wig tersebut padahal memiliki arti yang bagus lho ! Secara general, topi adat ini memiliki makna sebagai bentuk penghormatan yang diberikan kepada kaum bapak, pribadi terhormat dan juga para raja.

Dilansir dari laman Tribunnews (23/08/2016), Kadri Nur Ridwan mencari tahu mengenai topi Jokowi yang dianggap kayak wig ini dan menjelaskan dalam akun Facebooknya.

Spoiler for status :
"Penasaran sama Topi Batak Jokowi. Karena belum pernah liat jadinya lucu. Tapi juga tau kalau itu pasti bukan topi sembarangan.
Akhirnya coba coba nyari tau. Mgkn karena termasuk orang batak juga jd gak ada salahnya tau budaya sendiri.
Info yang didapat "Jokowi mengenakan Ulos Ragidup Sirara dan topi adat Batak yang biasa diberikan untuk kaum bapak, pribadi terhormat, atau para raja.
Sedangkan Ibu Negara mengenakan ulos tumtuman, yakni ulos dengan motif yang sangat langka, yang biasa digunakan kaum ibu".
Nanti kalau kita jadi pejabat trus datang ke tanah Batak, moga2 ada yang bisa dapet topi kehormatan ini juga ya.
Semoga budaya Indonesia makin dapat tempat istimewa. Danau Toba bisa jadi jauh lebih baik dari sekarang. Pariwisata kita meningkat. Taraf hidup masyarakat sekitarnya ikut naik.
Yok ke Danau Toba.HORASSS!!.
"


Sedangkan tanggapan lain diutarakan Rizaldi Siagian yang merupakan dosen jurusan Etnomusikologi Universitas Sumatera Utara (USU). Dalam akun facebooknya dia menulis “Jokowi dengan tutup kepala gaya ‘kontemporer’ di Danau Toba.”

Dosen USU ini juga menjelaskan, selama meneliti budaya Batak dia tidak pernah melihat motif topi atau penutup kepala yang dipakai Jokowi tersebut dan menilai panitia acara lalai dan ceroboh sehingga pakaian dan topi adat tersebut kurang sesuai desainnya.

Kalau menurut agan/sista gimana ?

SUMBER

Baca - baca thread lainnya juga gan/sis yang budiman !



SUMBER

Komeng dari Kaskuser

Quote:Original Posted By ndawar88
mundurnya pola pkir netizen negeri ini..media sosial saya lihat bnyak yg menyalahgunakanya sebagai tempat mengkritik dan arena sumpah serapah.okhe,kalo kritik itu perlu dan dengan tujuan+berdampak baik ga apa2.lha ini yg dikritik sesuatu yg sebenarnya mgkin tidak merugikan dia secara individu.yg lebih miris,dia tidak tau apa yg dkritiknya,perlu apa tidak kritik itu & tidak bisa mengukur dangkal atau dalam nya pengetahuan dia tentang hal yg dkritiknya,bahkan dia tidak tau sama sekali dgn apa yg diucapkannya .
busana atlet dikritik dan dibully habis2an.eh ternyata apresiasi negara lain sangat luar biasa.itu salah 1 contoh saja.blum yg lain lagi.
ngomong itu mbok ya dipikir,minimal pake dengkul lah.


Quote:Original Posted By alphadeo
gmana mau maju ni negara..
Masalah baju adat yg sakral aja jadi bahan meme lawakan


Quote:Original Posted By deathstiger
memang netizen kebanyakan langsung mencibir kalo ada yang aneh
seharusnya cari lebih dalam apa yang dipake pak Jokowi


Quote:Original Posted By gautama1984
Namanya pakaian adat, ga mungkin semua orang tahu 100% model, bentuk dan kekayaan ragamnya..
Ane justru geram liat netizen hina pakaian adat orang Batak Toba..
Kalo emang netizen itu punya wawasan luas, seharusnya ndak asal njeplak aja komen berkaitan dengan adat suatu daerah.. baik itu secara keindahan ,keserasian pemakaian dengan orang yang memakai.. ataupun secara pemaknaan suatu simbol adat..

Adat itu lahir sebelum era netizen, belajarlah menghargai adat.. jangan jadi ban bocor kacamata kuda aja..

Nb: yang ane singgung itu netizen yang ha punya wawasan luas..


Quote:Original Posted By mvizkyna


Nih bkan mslah pantes gk pantes gan..
Msa kita pnya presiden kudu pantes klo mke smua pakaian adat..
Muka org kan beda2..

Ntar klo gk mke dsangka gk hormatin, dsangka pilih kasih..

Netizen skrg kan emg asal jeplak..
Klo ane org batak, yah ane kesinggung pakaian adat dsangka wig..


Quote:Original Posted By rendiooz
jadi inget kata bang pandji
"pahami sebelum membenci
udah itu aja


Quote:Original Posted By dek.may
Kemaren baca ada dosen di medan bilang bukan bgtu sbnarnya wujud topi menurut sejarah budaya yg dimaksud.
Lalu desainernya pun saling lempar kesalahan,jd artinya memang ada yg salah


Quote:Original Posted By sudakomedan
ini pakaian adat antimaisntream terlebih sampe sampe yang di kepala,arah rambunya kirain keluar seperti yg biasa selama ini, tiba tiba rambunya dibuat mengrah ke dalam seperti yg dipakai Jokowi, keanehan yg jarang ini mememng menggelitik si Mardi sang perencang sudah mengakui kalo ini sebuah terobosan dan inovasi


Quote:Original Posted By valeyellooow46
Gua sebel jokowi, tapi gua salut sma jokowi, msh mau memakai baju adat kita orng batak !

Kenapa ente menertawakan budaya indonesia ? Ente menertawakan negara ente.. dan ente dongo !


Quote:Original Posted By ay.fad99
jangan ditelen mentah-mentah sih kalo ada berita dikit, langsung ikut2an ajaaa....


cari tau dulu hihi (cmiiw)


Quote:Original Posted By smugler
jadi haters gak ada salahnya bung,pilihan hidup kita masing2,diatur juga dalam undang2 tentang kebebasan berekspresi dan menyampaikan pendapat.

TAPI

permasalahan disini menyangkut tentang simbol negara dan budaya yang dimiliki negara kita.haters dan pembuat meme ini harusnya secara sadar mencari tahu dahulu tentang apa makna budaya Batak itu sendiri,baru menyampaikan kritik.ingat,kebebasan berpendapat memang diatur,tapi bisa dipidanakan juga lho kalau pak pres atau suku Batak nggak berkenan.


saya bukan Jawa,tapi Indonesia


Quote:Original Posted By dgan
pertama kali ane ngeliat juga aneh banget presiden kok mau diginiin tapi kemudian ane langsung mikir mungkin ini adat istiadat budaya dari warga danau toba sana jadi ane langsung ga mau menghina karena sudah seharusnya kita harus bisa menghormati budaya semua orang.

contoh kecil saja waktu kita masih sekolah saat guru bertanya pada semua murid dan ada satu anak menjawab dan jawabannya salah pasti diketawain padahal yang ketawa belum berarti dia lebih baik, buat yang masih menghina kalau kalian sdah dewasa sebaiknya memberi contohlah yang baik untuk adik-adik kita.


Quote:Original Posted By dimas.prasetyo
wajib dibela nih karena yang dihina adalah pakaian adat bataknya, bukan Pak Jokowi


Quote:Original Posted By 4rid.2za
Bentuk penghormatan pak jkw thd budaya tapanuli
Budaya kita tuh unik2 bahkan dianggap aneh kalo yg belum terbiasa melihat
Gw dulu ga pilih dia, tp ya gausah nyinyir
Gw batak


udah baca tdi
banyak yang kesasar sore"



Miris ngeliatnya, banyakan lebih suka nyinyir terlebih dahulu tanpa cek ricek.
calon ht
Wignya model rebonding seh..pantesan netizen pada gregetan..
coba cari tau sebelum membully deh gaes, biar ngak norak cuma bisa mangap doang
Gestur tubuhnya si emang kalo pak harto d pakein baju apa aja cocok
Kalau udah benci, mau di siram air zam-zam 1 container juga percuma ngk bisa tobat tobat

Mereka kan lahir dari peler haram ya wajarlah mengatakan begitu
banyqk amat yaa yg tukang nyinyirr wkwk
kemarin yg di olimpiade, sekarang busana Pak Jokowi
Ane mah asik asik ajah breh
nyimak aja ane gan,
maknanya mana gan ko ane nggak nemu abis baca
Suee....siapa nih busana artistik dan tata riasnya...No 1 negara kok diginiin...
ane yg orang batak aja baru tau tuh topi suku adat batak
Memang lucu sih. Kek DORA
oh gitu










lucu juga keliatannya kyk wig
pemikiran org toh beda2
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar