Pages


Senin, 31 Oktober 2016

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Agan Cepat Rusak

Lagi mau baca-baca trit di kaskus, eh pas di homepage ane ngeliat trit ane yang satu ini jadi HT. Terima kasih kepada pihak kaskus, agan dan sista sekalian , berkat ente pada thread ane jadi HT loh, hehehe. Maklum gan kalo norak, soalnya baru ngerasain trit ane jadi HT .

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Agan Cepat Rusak

Halo, agan dan sista sekalian . Pada Thread kali ini, ane akan mengulas 7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Agan Cepat Rusak. Ok, Langsung saja ini dia ulasannya:

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Agan Cepat Rusak

Quote:Meskipun teknologi smartphone dan tablet berkembang sangat pesat, laptop nyatanya masih belum bisa digantikan oleh perangkat mobile. Bahkan untuk beberapa kalangan, seperti pelajar dan para pekerja kreatif, laptop menjadi suatu kebutuhan untuk mengerjakan tugas maupun pekerjaan.

Ketika membeli sebuah laptop, pasti agan berharap setidaknya laptop tersebut bisa bertahan selama 3 tahun atau bahkan lebih. Tentunya kita semua ingin membeli laptop yang benar-benar bisa diandalkan untuk menunjang berbagai keperluan.

Sayangnya, tanpa disadari kita sering melakukan kesalahan sepele ketika menggunakan laptop dalam kehidupan sehari-hari yang akhirnya membuat performa laptop menurun bahkan rusak. Nggak percaya? Inilah 7 kesalahan kecil yang tampaknya sepele namun berdampak besar terhadap penggunaan laptop dalam jangka panjang yang dilansir dari berbagai sumber.


Spoiler for Pertama:

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Agan Cepat Rusak
1. Menutup Laptop dalam Keadaan Hidup
Agan pasti sering banget nih, setelah habis pakai laptop langsung menutupnya dalam keadaan hidup tanpa Shut down. Kalau cuma sesekali mungkin nggak masalah, tapi jangan jadikan kebiasaan. Entah ini dibenarkan atau tidak, menutup laptop secara langsung dalam keadaan hidup akan sangat berbahaya untuk keamanan dan kesehatan dari laptop itu sendiri.
Maka dari itu, sebisa mungkin hindari menutup laptop dalam keadaan hidup. Kalau perlu setelah Shut down, tunggu dulu beberapa saat agar hawa panas yang dihasilkan laptop tersalurkan dengan baik.



Spoiler for Kedua:

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Agan Cepat Rusak
2. Pasang Charge ke Laptop Dulu atau ke Listrik Dulu?
Sebenarnya pasang charge ke laptop dulu, baru dicolok ke listrik atau malah sebaliknya? Nah, ternyata seharusnya agan menyambung charge terlebih dahulu ke arus listrik, baru kemudian menyambungkan ke laptop agan. Pasalnya, loncatan daya pada charge saat pertama di colokan itu tidak stabil dan jika agan masih melakukan hal ini secara rutin maka motherboard laptop agan pasti akan mengalami kerusakan dengan cepat.


Spoiler for Ketiga:

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Agan Cepat Rusak
3. Charge Laptop Meski Baterai Tidak Habis
Mungkin agan ini orangnya memang rajin sehingga sering men-charge laptop meskipun baterai masih belum habis. Jadi, sewaktu-waktu dibawa keluar, baterai laptop sudah penuh dan nggak harus repot mencari colokan listrik.
Namun, usahakan sebisa mungkin untuk charge laptop ketika baterai hampir habis yakni mencapai 10 persen. Jangan biarkan sampai baterai laptop kosong dan jangan pula charge laptop jika baterainya masih di atas 30 persen. Hal itu justru akan membuat kemampuan baterai dalam menyuplai daya semakin berkurang.



Spoiler for Keempat:

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Agan Cepat Rusak
4. Tidak Memasang Baterai Laptop dan Langsung ke Colokan Listrik
Apakah agan pernah melepas baterai laptop dan menggunakan laptop dengan langsung tersambung ke listrik? Mungkin maksud hati ingin baterai laptop supaya tetap tahan lama, tetapi hal itu justru salah kaprah dan akan merusak mainboard laptop agan. Pasalnya, loncatan daya listrik tidak teratur bahkan bisa menyebabkan korsleting. Jadi, bukannya awet malah cepat rusak.


Spoiler for Kelima:

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Agan Cepat Rusak
5. Meletakkan Laptop di Pangkuan atau di Kasur
Karena di rumah, tentu saja agan sering menggunakan laptop di mana saja. Misalnya, menggunakan laptop di kasur sambil memangkunya di atas paha. Nah, sebaiknya jangan melakukan kebiasaan ini lama-lama. Pasalnya, hal ini bisa membuat aliran udara di bawah laptop menjadi terhambat dan panasnya akan mengendap. Kalau sudah panas, bukan hanya laptop yang bisa rusak tapi paha agan juga bisa terbakar.


Spoiler for Keenam:

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Agan Cepat Rusak
6. Mengangkat Laptop dengan Memegang Layarnya
Saat sedang terburu-buru, tidak jarang agan mengangkat laptop dengan memegang layarnya saja. Meski laptop agan terbilang ringan sekalipun, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Jika masih dilakukan juga, hal itu akan berdampak buruk terhadap engsel dan LCD laptop agan.


Spoiler for Ketujuh:

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Agan Cepat Rusak
7. Membongkar Laptop Sendiri
Membongkar PC desktop dan membongkar laptop itu tentulah berbeda, kecuali agan ahli terhadap dua hal itu. Jika laptop bermasalah, jangan membongkarnya sendiri. Sebaiknya, agan perbaiki laptop di service center resmi atau orang yang memang ahli reparasi laptop. Jika agan membongkar sendiri tanpa alat yang lengkap dan keahlian yang mumpuni, tentu bisa berakibat fatal dan laptop agan bisa jadi rusak.


Quote:Itulah 7 kebisaan sepele yang berdampak besar terhadap penggunaan laptop agan dalam jangka panjang. Tentunya, agan ingin laptop tetap awet dan bisa diandalkan untuk menunjang berbagai macam tugas dan pekerjaan agan dalam waktu yang lama kan? Jika agan punya tambahan tips, silakan reply trit ane!
Dan jika ada kesalahan pada trit ane kali ini, mohon maaf ya...


Quote:Sumber : https://jalantikus.com/gadgets/kebia...-laptop-rusak/

Dan jangan lupa gan, kunjungi blog ane: http://cariaja-di.blogspot.com

Ane sekarang pakai Tablet
nomor 3 sih emang agak repot
komeng duluu
weh kek gitu yha
Quote:Original Posted By vincwestley11
Pertamax


sehat gan?
kalo ane entah ngapa kalo ane nyimpen b*kep pasti tu alat cepet rusak , entah leptop, hp, flashdisk
ane gapunya leptop gan
nomor satu bisa disetting menjadi sleep ato hibernate. jadi gak perlu khawatir.
tapi ada beberapa laptop yg disleep, kipasnya masih berputar. tinggal masuk bios setting standbynya ke s3. ato pilih hibernate lebih baik.

nomor 2 ama 4, itu mah tergantung dari kualitas adaptornya. jadi kalo adaptor bawaan gpp.
rata2 yg jelek adaptor yg universal.

Mantap gan tambahan tipsnya
Selalu nyala kok ga termasuk
yang nmer 3 gak stuju ah. soalnya untuk gaming. laptop lebih apdol dicolokin cas saat ngegame, supaya peformanya lebih msksimal


untuk lainnya. emang bener
Wah gitu ternyata
nomor 4 lonjakan tegangan bisa diatasi dg stabilizer + inverator
Quote:Original Posted By aldirenaldy
kalo ane entah ngapa kalo ane nyimpen b*kep pasti tu alat cepet rusak , entah leptop, hp, flashdisk


mungkin laptop ente kena lendir kali bray
Kagak punya laptop
harus ati2 nih
udah tau bre
nais impohhhh....
Tengkyu gan ingpo nya.... ane kebiasaan kalo udah ngantuk main tutup aja tu layar..
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar