Pages


Jumat, 28 Oktober 2016

Lampu Putih Silau Dapat ”Perlawanan” dari Sopir Truk

Quote:Lampu Putih Silau Dapat ”Perlawanan” dari Sopir Truk

Jakarta, KompasOtomotif – Bukan fenomena baru, banyak pengguna mobil yang keranjingan ganti lampu utama dengan produk aftermarket semisal HID atau LED. Kebanyakan warna putih bersih, dengan dalih penggantian tersebut membuat nyala lampu makin terang saat malam. Fenomena itu pun berujung protes dari para sopir truk.

Belakangan menjadi viral, postingan akun Facebook Bahri Shohibul pada wall grup Persatuan Sopir Truk Indonesia, yang pada intinya, meminta pengertian para pengguna motor dan mobil pribadi yang memakai lampu putih. Bahwa sorot lampu tajam itu sangat menyilaukan pandangan mereka.

Bahri bahkan menceritakan kondisi kebanyakan para sopir yang sudah lelah karena membawa barang atau bahan yang dbutuhkan masyarakat. Saat berpapasan dengan mobil yang berlampu silau warna putih, seketika pandangan menjadi gelap.

”Tahukah kalian jika mata kami hilang fokus akibat ulah kalian, nyawa kami taruhannya. Bahkan bisa berakibat pada pengendara lain, atau nyawa anda. Coba berdiri di depan motor atau mobil Anda, kalau tak percaya,” begitu penggalan ucapan Bahri.

Sopir truk asal Mojokerto, Jawa Timur, itu juga berharap pulang dengan selamat, karena masih ada keluarga yang setia menunggu di rumah. Bahri pun meminta para pengguna mobil atau motor dengan lampu silau utnuk menghargai para sopir (mungkin pengendara lain juga) dan menganggapnya bukan sebagai sampah.

Produsen dan aturan

Sebenarnya, pabrikan atau produsen mobil atau sepeda motor, sudah mempertimbangkan masak-masak penggunaan lampu utama yang tak menyilaukan. Bahkan ketika para produsen memutuskan untuk pakai lampu teknologi Xenon atau proyektor pun, sudah diuji coba dan hasilnya tidak menyilaukan mata.

Kesalahan orang dalam penggunaan lampu ini kebanyakan menganggap bahwa semakin terang lampu, maka semakin terbantu dia melihat jalan. Padahal, sorot tajam itu bikin pengendara silau alias mengganggu pengendara lain.

Polisi pun sudah pernah menyatakan untuk menindak tegas para pengguna mobil atau motor yang mengganti lampu standar mereka dengan yang lebih terang sampai menyilaukan. Tentu, dengan dasar undang-undang yang berlaku.

Undang-undang no 22 tahun 2009 tentang lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 279 menyatakan bahwa setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Agung Kurniawan
http://otomotif.kompas.com/read/2016...ari.sopir.truk


g gaol tuh tukang truk..
emang biadap tuh alay2 yg make lampu silau

biasanya yg baru megang Mobil .. ato 1sr entry user 😁
Alay2 miskiner primitif lampu belakang putih lebih biadab lagi pak sopir
Sekalian lindes aja kalo kalian ketemu yg model ginian, rakyat memaklumi kok ..
dari jauh aja udah bikin silau tu lampu.....

bahaya apalagi kalau deket2 tikungan
iya gw sering pulang dari luar kota malam sering bgt bgn terjadi.
klo bawaan pabrik sih gak menyilaukan

yg laknat tuh yg modifan

salahin yg jual lampu...geng2nya zonk wanxie ngahook
Quote:Original Posted By Athenacutez
dari jauh aja udah bikin silau tu lampu.....

bahaya apalagi kalau deket2 tikungan


yg bahaya klo d depan kita pas ada orang jalan atau naik sepeda.. gara2 tuh silau jd g keliatan...
emang bajingan yg pake lampu putih
Quote:Original Posted By ong.gok.tai
salahin yg jual lampu...geng2nya zonk wanxie ngahook

salahin polisi, yang membiarkan ini.

kalau berpapasan switch ke lampu standar cuk
Lampu mobil warna putih terang bikin silau banget, biasanya hid sih
Sama lampu belakang motor yg tutup nya dilepas
Alay. Bikin orang gak bisa liat
Motor dan mobil sering begitu, memang sialan banget.
Kapan ya kena tilang para pemakai lampu putih kek gitu?
Membahayakan
Quote:Original Posted By ong.gok.tai
salahin yg jual lampu...geng2nya zonk wanxie ngahook


Buset semua salah ahok wkwkwkwk cinta mati amat lu.
Quote:Original Posted By cuman.numpang
salahin polisi, yang membiarkan ini.



Quote:Original Posted By wilchen
Buset semua salah ahok wkwkwkwk cinta mati amat lu.


lah yg jual kan


Truk yang bikin celaka krn lampunya pada mati ga diprotes juga ? cipali tu top ratenya, lampu blkg modar, pindah jalur tiba2, apek yang lagi cruising...
Wah klo ini, gw sendiri pernah ngalaminnya. Waktu itu abis pulang dari pemandian air panas Ciater bareng temen malem sekitar jam 10-an. Pas di hutan pinus setelah pintu masuk ke gunung tangkuban perahu, dari arah berlawanan ada mobil jazz pake lampu LED yang silau. Udah di bim biar di kecilin lampunya malah tetep itu mobil gak dikecil lampunya. Akhirnya dengan kesel, mobil sedikit banting ke kanan dan dibales ama temen ane pake lampu kabut yg buat off road ada sekitar 5 lampu kabut. Kebetulan waktu itu naik mobil hartop buat offroad....hasilnya itu mobil nyungsep ke kiri karena laporan dari temen ane yg beda mobil
kl ada yg make lampu silau gt
gue klakson2 bertubi
biar aja dikatakan alay
bahaya nya itu bikin esmoni
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar