Pages


Rabu, 08 Juli 2015

Keikhlasan Para Pembangun Orang Sahur

Quote:

Salam sejahtera


Alhamdulillah HT 8 Juli 2015
Makasih officer dan kaskuser semua





Quote:


“Sahur ... sahur! Sahur... sahur!” itulah teriakan beberapa anak yang diiringi bunyi-bunyian irama suara dari barang-barang yang dipukul. Menembus dinginnya malam, mereka ikhlas membangunkan orang-orang sekampung untuk menyiapkan sahur.

Check it out:

Quote:Quote:
Persiapan sebelum Romadhon
Spoiler for :



Terdiri dari beberapa anak, beberapa hari sebelum dimulainya bulan Romadhon mereka biasanya melakukan beberapa kesepakatan. Tanpa disuruh mereka serta merta mengumpulkan anggotanya satu per satu, menyusun jadwal jam keliling, menentukan rute keliling dan menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Dan tentunya berlatih irama bunyi-bunyiannya, “bug bag bug, bug bag bug ting, bug bag bug, bug bag bug ting”.


Quote:
Menggunakan alat sederhana
Spoiler for :



Karena satu dan lain hal, mereka memakai alat-alat yang sederhana, barang-barang rumah tangga atau barang-barang yang ada di sekitar rumah. Bisa ember, kentongan, botol kaca, tempat minyak plastik dan barang-barang yang lain.


Quote:
Berjalan keliling kampung
Spoiler for :



Sekitar pukul setengah tiga pagi, anak-anak ini mulai berjalan. Memukul barang-barang yang mereka bawa dengan irama tertentu sambil meneriakkan, “Sahur ... sahur! Sahur... sahur!” Meskipun jarak yang mereka tempuh cukup jauh, yaitu harus berjalan mengelilingi satu kampung, tapi hal tersebut malah menjadi keasikan tersendiri bagi mereka.


Quote:
Menembus dinginnya malam
Spoiler for :



Bangun lebih awal adalah suatu keharusan, karena tujuan mereka adalah membangunkan orang untuk menyiapkan sahur, maka mereka harus bangun sebelum orang-orang lain bangun. Suhu udara pun tentunya masih sangat dingin. Namun hal itu tak menyurutkan semangat mereka. Dengan penuh semangat mereka keliling kampung menembus dinginnya malam.


Quote:
Ikhlas tanpa mengharap imbalan
Spoiler for :



Kegiatan mereka ini sangatlah membantu orang-orang untuk menyiapkan sahur. Terutama bagi mereka yang tidak punya alarm atau yang kelupaan mengeset alarm, karena para pembangun sahur ini maka mereka tidak telat bangun untuk menyiapkan sahur. Dengan dasar rasa keikhlasan, mereka tidak mengharapkan imbalan apa pun dari orang-orang yang telah mereka bangunkan.


Quote:
Tradisi yang harus dipertahankan
Spoiler for :



Apakah ini bisa disebut tradisi? Menurut ane sih iya, inilah tradisi. Tradisi membangunkan orang sahur yang harus dipertahankan, diteruskan ke generasi selanjutnya atau kalo perlu disebarluaskan.

Ada banyak hikmah yang menjadi penyebab kenapa tradisi ini perlu dipertahankan, pertama tradisi ini sangat berguna bagi banyak orang agar tidak terlambat menyiapkan sahur. Kedua, mengajari kita untuk ikhlas membantu orang lain. Ketiga, melatih kekompakan terutama bagi anak-anak yang ikut keliling. Keempat, menciptakan rasa tenggang rasa, karena mungkin ada beberapa orang yang merasa terganggu oleh aktivitas ini, tapi mereka mengedepankan tenggang rasa.





Itulah beberapa hikmah dan khasanah serta keikhlasan para pembangun orang sahur. Kalo ada kata-kata yang berkenan mohon dimaafkan.
Oh ya thread ini terinspirasi dari anak-anak yang selalu keliling membangunkan orang sahur di dusun ane, dan pastinya no petasan, no ribut-ribut gaje, kalo berisik si pasti, kalo ga berisik gimana bangunnya?
Kalo ada yang mau menambahkan silakan ...


Quote:




Spoiler for Sumber:
Pemikiran sendiri
Gambar dari simbah

Thread ane yang lain:
Pelajaran Hidup dari Sebuah Layang-Layang
Tipe Orang Berdasarkan Cara Menggeser Layar Smartphone
Dan banyak yang lain


reserped
reserped
Balasan pahala di akhirat gan
Yoi om... bener juga tuh kalo para bocah yg biasa bangunin sahur di tempat ane sih kaga pernah minta bayaran ye om...
Tapi ane yakin kalo pasti ada bayaran yg setimpal yg diberikan Allah buat para bocah yg suka bangunin sahur ntuh ye om...
Dulu tujuan Utama gua ikut keliling kampung bangunin orang sahur adalah karena pengen ngegedor rumah orang yang lagi tidur tanpa harus di laporin Ke pak RT
Bulan Ramadahan memang penuh berkah bray...
kapan lagi coba...
Masupin petasan ke rumah orang lewat pentilasi dan bisa Lempar batu sembunyi tangan
Masa-masa Ramadhan yang bahagia
Di tempat ane yg bangunin hansip gan
dulu ane waktu kecil pernah tuh gan
Ditempat ane juga banyak anak2 yg bangunin sahur. mereka biasa keliling dr jam 02.00 sampe 02.30 itu pas puasa 1-10 hari. sekarang mah udah kagak capek juga keknya mereka.
jam 2 udah pada muter
itu bocah2 gak pada tidur apa ya
Quote:Original Posted By sandbox466
Balasan pahala di akhirat gan


betul banget gan

bantuin rate 5 yak

makasih udah mampir
Paling males bangunin sahur sambil gangguin anjing ane, ngeri mereka digigit gan, makin di gonggong makin digangguin
salut ama mereka gan

sambil bangunin orang cari pahal juga bisa bikin hiburan
dulu waktu jaman ane hampir semua orang bangunin sahur
sekarang udah pada sepii di kampung ane
udah pada sibuk sama dirinya sendiri mungkin




bagus sih bangunin orang sahur
Kecilku dulu, ane paling semangat ikutan beginian, tapi sekarang udah nggak ada lagi di kampungku, mungkin anak-anak sekarang sudah pada asyik di depan TIPI kali ya...


klo di tempat ane gan yg bangunin saur siang ny pd ga puasa hahahaaa trus klo udh mau ddeket lebaran pasti dah nyamperin tiap rumah buat minta sumbangan, ane sih nangkep nya mereka minta upah buat bangunin warga selama hampir sebulan....
Kaya gitu lo bilang para pembangun sahur yang ikhlas ??

Berisik gan menurut ane !!!! gila aja jam 2 udah keliling kampung mana berisik pula, kasian mereka yang butuh istirahat


Paling2 ane sahur bangun jam 4 cukup... ngapain di bangunin jam 2 mlm?

jaman udah canggih banyak alarm pula.. zzzz
yg penting gak pakek acara nyalain mercon

btw d dkt rumah ane lucunya yg anak2 masih pk yg tradisional, yg dewasa bw mobil plus soundsystem pk dangdutan, miris ane
waktu kecil ane demen tuh gan ikut2 bgituan, pas udah gede skrg malah males.
malu juga soalnya ga ada temen2 seumuran yg ikut bangunin sahur lagi
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar