Kenapa Cakram Motor Depan Letaknya
Ada Kanan dan Kiri, Kenali Juga Jenisnya Disini
[ HT# 025 ]
Salam hangat man-temans, gan and sista, ISKRIM is back
Kendaraan roda dua ketika era 70-an masih jadi barang yang mewah dan tidak semua orang bisa dengan mudah memilikinya. Begitu juga model dan jenisnya, saat itu belum banyak mengalami perkembangan seperti sekarang ini. Kalau sekarang, jenis dan tipe motor makin beragam dan konsumen pun mudah juga memilikinya. Lahirnya berbagai tipe motor inilah menjadikan inovasi terus dikeluarkan oleh produsen motor. Seperti halnya cakram motor, sebuah piringan lempengan baja yang fungsinya sebagai alat bantu pengereman utama. Beda merek dan type motor biasanya beda juga posisi peletakkan cakramnya. Mau tau alasannya? Check in show..!
SEKILAS TENTANG CAKRAM
Quote:Rem cakram adalah perangkat pengereman yang digunakan pada kendaraan modern.
Rem ini bekerja dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram. Rem jenis ini juga digunakan pada kereta api, sepeda motor, sepeda. Pada mobil balap bahan yang digunakan biasanya dari keramik agar lebih tahan terhadap panas yang ditimbulkan selama proses pengereman. tkp
Rem Cakram (Disk Brake). Rem Cakram adalah rem yang bekerja atas dasar menjepit cakram (disk) yang dipasangkan pada roda kendaraan, pengereman untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram. tkp
PRINSIP KERJA PIRINGAN CAKRAM
PIRINGAN CAKRAM SENDIRI DI BAGI 2 JENIS TIPENYA
CAKRAM FLOATING
Maksud dari floating atau ‘mengambang’ dari cakram ini adalah adanya sedikit sela antara rotor carrier dan brake rotor yang dihubungkan oleh float button. Jadi bagian tepi dari cakram floating dapat bergeser sedikit. Tidak seperti cakram biasa yang terbuat dari baja dan kaku. Lalu apakah aman jika cakram kita dapat bergeser-geser seperti itu? Tentu saja aman. karena cakram bergerak beraturan dan tidak mungkin terlepas dari kaliper.
KELEBIHAN CAKRAM FLOATING
Pengereman lebih pakem. Cakram tidak cepat bengkok. Floating bertujuan agar panas yang dihasilkan oleh gesekan kampas tidak membuat besi atau almunium memuai. Jadi tetap aman. Suhu cakram terjaga sehingga rem tetap pakem dan baik digunakan untuk perjalanan jauh dan memakan waktu lama atau untuk balapan alias roadrace.
Dipasaran kita cukup mudah mendapatkan disc brake floating dengan harga antara 200 ribu sampai 400 ribu untuk motor bebek. Tertunya tergantung bahan yang digunakan. Pilih besi atau cnc alias almunium. Disc brake dengan bahan cnc lebih mahal dibandingkan berbahan besi. Cakram bertipe floating dianjurkan untuk menggunakan kaliper khusus, yaitu kaliper radial. Karena fungsi floating akan terasa lebih maksimal ketika dilakukan pengereman.
KEKURANGAN CAKRAM FLOATING
Harganya mahal. Untuk hasil lebih maksimal cakram floating dianjurkan untuk dikolaborasikan dengan kaliper tipe radial. Cakram floating menimbulkan bunyi berisik. Hal ini dikarenakan cakram memilki sela.
=======================================================================================
CAKRAM 'NON' FLOATING
Sedangkan cakram non floating atau cakram biasa memiliki desain datar. Antara sisi cakram yang bergesekan dengan kampas dan bagian dalam menyatu. Sehingga terlihat kaku. Cakram tipe ini masih banyak diaplikasikan untuk motor berkapasitas kecil sampai 250 cc. Karena tipe cakram konvensional atau cakram biasa sudah cukup maksimal untuk hal pengereman.
KELEBIHAN CAKRAM 'NON' FLOATING
Harga terjangkau. Mudah ditemukan. Tidak berisik
KEKURANGAN CAKRAM 'NON' FLOATING
Cakram cepat panas. Cakram cepat bengkok.
=======================================================================================
PERBEDAAN CAKRAM FLOATING DAN NON FLOATING
Cakram tipe konvensional sangat cocok dengan kaliper tipe axial. Kaliper axial yaitu kaliper yang sering kita temui sehari hari pada motor kita. Harga cakram tipe konvensional juga terjangkau, mulai dari 100 ribu sampai 200 ribu.
Oke, Lalu Kenapa Posisi Rem Cakram Tiap Tipe Motor
Ada Yang Di Kanan Dan Ada Yang Dikiri?
Ini jawabannya!
Coba kita perhatikan motor ente atau teman ente, sejajarkan keduanya, tentunya dengan beda merek.
Beda merek biasanya beda pula posisi letak rem cakramnya, apakah ini sifatnya hanya untuk keren - kerenan? atau untuk pembeda kalau cakram di kanan itu motor merek 'H' lalu yang kiri merek 'Y'? Ternyata bukan itu alasannya. Alasan yang lebih tepat kenapa rem cakram beda peletakknya adalah selain untuk 'pembeda dan estetika' tujuan utamanya adalah agar fungsi rem itu sendiri mampu bekerja dengan maksimal dan menyeimbangkan body motor.
Lalu, apakah rem cakram yang di kanan lebih baik atau lebih pakem dalam pengereman?
Tidak juga, beda tipe motor dan karakter beda juga penempatan rem cakramnya. Lalu kenapa motor sama-sama matic, misalnya, kan setipe dan karakter posisi rem cakram kenapa beda posisi?
Jawabannya adalah perhitungan secara teknik itu bukan atas dasar posisi penempatan rotor/disk cakram aja,
tapi diameter dari rotor juga jadi penentu kekuatan tekanan pengereman berdasarkan bobot dan jenis motornya. Contohnya aja semua motor produk 'Y" dari dulu posisi rem cakramnya disebelah kanan, gak pernah disebelah kiri. Ini semata-mata hanya masalah desain aja. Kalau emang dari sisi teknik ada efeknya, tentu yang pakai rem cakram kiri akan mendapat efek pengereman yang lebih baik atau lebih buruk dibanding motor yang rem cakramnya dikanan. Kalau dihitung berdasarkan bobot yang seimbang, gak tepat juga. Karena sejatinya motor itu harus selalu stabil/seimbang karena adanya efek giroskopik, kalau tidak stabil tentu akan oleng bila melaju atau melambat akibat pengereman. Dan ditambah lagi berat knalpot, hal ini membuat motor lebih berat ke kanan, untuk mengurangi berat kekanan inilah maka cakram depan dipasang di kiri, walaupun gak seberapa beratnya tapi membantu dalam keseimbangan motor.
DAN KESIMPULANNYA ADALAH
Posisi rem cakram motor ada di kanan atau kiri , itu mengikuti keseimbangan motor.
Di tinjau dari lebih berat sisi mana, jika bobot motor berat di kanan maka cakram biasanya diletakkan di sebelah kiri, penggerak rantai ada di kiri maka posisi cakram ada di kanan, menghindari goyang pantat motor juga. Dan itu semuanya udah di perhitungkan dengan detail oleh pabrikan untuk keseimbangan, kenyaman, dan keselamatan dalam berkendara.
BONUS
Nah gimana man-temans, gan and sista, udah kejawabkan kenapa posisi cakram motor beda-beda posisinya. Dengan alasan kesimbangan dan keselamatan menjadi faktor utama kenapa posisi cakram tersebut menjadi beda posisi. Punya pengalaman tentang upgrade cakram dan berhubungan dengan cakram motor? Share dimari dah, nanti komen terbaik ane pajang dipekiwan. Ts bukanlah ahlinya, jika ada salah dan kurang mohon di koreksi...Terimakasih. SALAM ISKRIM
Dari berbagai sumur dan diolah oleh TS
Sumur 1, sumur 2, sumur 3, tukang gambar: oom gugeL
Menjelang Lebaran Haji, Jangan Salah Beli, Ini Perbedaan Kambing dan Domba
Apa Bedanya Lingkaran, Bulat, dan Bundar? Ini Penjelasannya
Tempat Dimana Kita Kadang Sering Ditipu, Waspadalah!
Keponya Ketika Biker Baru Beralih Ke Mobil, Dulu Ente Yang Mana?
T-Shirt Band - Band Rock Legend Dunia Yang Masih Tetap Keren Dipakai Hingga Kini
Jahilnya Saudara Kandung Sewaktu Kecil, Masih Ingat Gak Yang Mana?
Fakta Fitnah Lebih Kocak Daripada Pembohongan!
Makna Dan Arti Merah dan Putih Bendera Di Beberapa Negara
Candaan Pembeli dan Pedagang Yang Biasanya Bikin Kangen
Diskon, Diskon, Diskon! Awas Jebmen Diskon!
Medrep, Profesi Penawar Obat Yang Bikin Harap-Harap Cemas Pasien?
Gregetnya Anak Graphic Designer Era 90-an
'Kegatelan' Yang Sulit Dihilangkan Segera, Ente Alamin Yang Mana?
Beginikah Reaksi Ente Kalo Ketemu Orang Yang Mirip?
Keberadaan Benda Ini Sangat Penting, Tapi Mulai Dilupakan Orang Rumah
Pernah Denger Penyakit Laringitis? Kenali Sebab, Gejala, dan Solusinya!
Fenomena Harga Bandrol yang Ganjil, Perlukah YLKI Terlibat?
Ketemu Teman Lama Jadinya Nggak Asik Karena Sebab Ini
Kumpulan Kata Ucapan Tentang Selamat Berpuasa dari Bebagai Dunia
Bisnis Musiman, Jasa Penukaran Uang Menjelang Lebaran, Legalkah?
Lucunya, Saat Puasa di Minggu Pertama (Ente yang mana Gan?)
Siapa Bilang Lagu Anak Indonesia Mati Suri? Cek dimari...
Tips Pedekate Jaman Babe Kita Dahulu Kala (Kembali di Masa Silam) Tetep Greget
next.
Ada Kanan dan Kiri, Kenali Juga Jenisnya Disini
[ HT# 025 ]
Salam hangat man-temans, gan and sista, ISKRIM is back
Kendaraan roda dua ketika era 70-an masih jadi barang yang mewah dan tidak semua orang bisa dengan mudah memilikinya. Begitu juga model dan jenisnya, saat itu belum banyak mengalami perkembangan seperti sekarang ini. Kalau sekarang, jenis dan tipe motor makin beragam dan konsumen pun mudah juga memilikinya. Lahirnya berbagai tipe motor inilah menjadikan inovasi terus dikeluarkan oleh produsen motor. Seperti halnya cakram motor, sebuah piringan lempengan baja yang fungsinya sebagai alat bantu pengereman utama. Beda merek dan type motor biasanya beda juga posisi peletakkan cakramnya. Mau tau alasannya? Check in show..!
SEKILAS TENTANG CAKRAM
Quote:Rem cakram adalah perangkat pengereman yang digunakan pada kendaraan modern.
Rem ini bekerja dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram. Rem jenis ini juga digunakan pada kereta api, sepeda motor, sepeda. Pada mobil balap bahan yang digunakan biasanya dari keramik agar lebih tahan terhadap panas yang ditimbulkan selama proses pengereman. tkp
Rem Cakram (Disk Brake). Rem Cakram adalah rem yang bekerja atas dasar menjepit cakram (disk) yang dipasangkan pada roda kendaraan, pengereman untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram. tkp
PRINSIP KERJA PIRINGAN CAKRAM
PIRINGAN CAKRAM SENDIRI DI BAGI 2 JENIS TIPENYA
CAKRAM FLOATING
Maksud dari floating atau ‘mengambang’ dari cakram ini adalah adanya sedikit sela antara rotor carrier dan brake rotor yang dihubungkan oleh float button. Jadi bagian tepi dari cakram floating dapat bergeser sedikit. Tidak seperti cakram biasa yang terbuat dari baja dan kaku. Lalu apakah aman jika cakram kita dapat bergeser-geser seperti itu? Tentu saja aman. karena cakram bergerak beraturan dan tidak mungkin terlepas dari kaliper.
KELEBIHAN CAKRAM FLOATING
Pengereman lebih pakem. Cakram tidak cepat bengkok. Floating bertujuan agar panas yang dihasilkan oleh gesekan kampas tidak membuat besi atau almunium memuai. Jadi tetap aman. Suhu cakram terjaga sehingga rem tetap pakem dan baik digunakan untuk perjalanan jauh dan memakan waktu lama atau untuk balapan alias roadrace.
Dipasaran kita cukup mudah mendapatkan disc brake floating dengan harga antara 200 ribu sampai 400 ribu untuk motor bebek. Tertunya tergantung bahan yang digunakan. Pilih besi atau cnc alias almunium. Disc brake dengan bahan cnc lebih mahal dibandingkan berbahan besi. Cakram bertipe floating dianjurkan untuk menggunakan kaliper khusus, yaitu kaliper radial. Karena fungsi floating akan terasa lebih maksimal ketika dilakukan pengereman.
KEKURANGAN CAKRAM FLOATING
Harganya mahal. Untuk hasil lebih maksimal cakram floating dianjurkan untuk dikolaborasikan dengan kaliper tipe radial. Cakram floating menimbulkan bunyi berisik. Hal ini dikarenakan cakram memilki sela.
=======================================================================================
CAKRAM 'NON' FLOATING
Sedangkan cakram non floating atau cakram biasa memiliki desain datar. Antara sisi cakram yang bergesekan dengan kampas dan bagian dalam menyatu. Sehingga terlihat kaku. Cakram tipe ini masih banyak diaplikasikan untuk motor berkapasitas kecil sampai 250 cc. Karena tipe cakram konvensional atau cakram biasa sudah cukup maksimal untuk hal pengereman.
KELEBIHAN CAKRAM 'NON' FLOATING
Harga terjangkau. Mudah ditemukan. Tidak berisik
KEKURANGAN CAKRAM 'NON' FLOATING
Cakram cepat panas. Cakram cepat bengkok.
=======================================================================================
PERBEDAAN CAKRAM FLOATING DAN NON FLOATING
Cakram tipe konvensional sangat cocok dengan kaliper tipe axial. Kaliper axial yaitu kaliper yang sering kita temui sehari hari pada motor kita. Harga cakram tipe konvensional juga terjangkau, mulai dari 100 ribu sampai 200 ribu.
Oke, Lalu Kenapa Posisi Rem Cakram Tiap Tipe Motor
Ada Yang Di Kanan Dan Ada Yang Dikiri?
Ini jawabannya!
Coba kita perhatikan motor ente atau teman ente, sejajarkan keduanya, tentunya dengan beda merek.
Beda merek biasanya beda pula posisi letak rem cakramnya, apakah ini sifatnya hanya untuk keren - kerenan? atau untuk pembeda kalau cakram di kanan itu motor merek 'H' lalu yang kiri merek 'Y'? Ternyata bukan itu alasannya. Alasan yang lebih tepat kenapa rem cakram beda peletakknya adalah selain untuk 'pembeda dan estetika' tujuan utamanya adalah agar fungsi rem itu sendiri mampu bekerja dengan maksimal dan menyeimbangkan body motor.
Lalu, apakah rem cakram yang di kanan lebih baik atau lebih pakem dalam pengereman?
Tidak juga, beda tipe motor dan karakter beda juga penempatan rem cakramnya. Lalu kenapa motor sama-sama matic, misalnya, kan setipe dan karakter posisi rem cakram kenapa beda posisi?
Jawabannya adalah perhitungan secara teknik itu bukan atas dasar posisi penempatan rotor/disk cakram aja,
tapi diameter dari rotor juga jadi penentu kekuatan tekanan pengereman berdasarkan bobot dan jenis motornya. Contohnya aja semua motor produk 'Y" dari dulu posisi rem cakramnya disebelah kanan, gak pernah disebelah kiri. Ini semata-mata hanya masalah desain aja. Kalau emang dari sisi teknik ada efeknya, tentu yang pakai rem cakram kiri akan mendapat efek pengereman yang lebih baik atau lebih buruk dibanding motor yang rem cakramnya dikanan. Kalau dihitung berdasarkan bobot yang seimbang, gak tepat juga. Karena sejatinya motor itu harus selalu stabil/seimbang karena adanya efek giroskopik, kalau tidak stabil tentu akan oleng bila melaju atau melambat akibat pengereman. Dan ditambah lagi berat knalpot, hal ini membuat motor lebih berat ke kanan, untuk mengurangi berat kekanan inilah maka cakram depan dipasang di kiri, walaupun gak seberapa beratnya tapi membantu dalam keseimbangan motor.
DAN KESIMPULANNYA ADALAH
Spoiler for :
Posisi rem cakram motor ada di kanan atau kiri , itu mengikuti keseimbangan motor.
Di tinjau dari lebih berat sisi mana, jika bobot motor berat di kanan maka cakram biasanya diletakkan di sebelah kiri, penggerak rantai ada di kiri maka posisi cakram ada di kanan, menghindari goyang pantat motor juga. Dan itu semuanya udah di perhitungkan dengan detail oleh pabrikan untuk keseimbangan, kenyaman, dan keselamatan dalam berkendara.
BONUS
Spoiler for :
Nah gimana man-temans, gan and sista, udah kejawabkan kenapa posisi cakram motor beda-beda posisinya. Dengan alasan kesimbangan dan keselamatan menjadi faktor utama kenapa posisi cakram tersebut menjadi beda posisi. Punya pengalaman tentang upgrade cakram dan berhubungan dengan cakram motor? Share dimari dah, nanti komen terbaik ane pajang dipekiwan. Ts bukanlah ahlinya, jika ada salah dan kurang mohon di koreksi...Terimakasih. SALAM ISKRIM
Dari berbagai sumur dan diolah oleh TS
Sumur 1, sumur 2, sumur 3, tukang gambar: oom gugeL
Menjelang Lebaran Haji, Jangan Salah Beli, Ini Perbedaan Kambing dan Domba
Apa Bedanya Lingkaran, Bulat, dan Bundar? Ini Penjelasannya
Tempat Dimana Kita Kadang Sering Ditipu, Waspadalah!
Keponya Ketika Biker Baru Beralih Ke Mobil, Dulu Ente Yang Mana?
T-Shirt Band - Band Rock Legend Dunia Yang Masih Tetap Keren Dipakai Hingga Kini
Jahilnya Saudara Kandung Sewaktu Kecil, Masih Ingat Gak Yang Mana?
Fakta Fitnah Lebih Kocak Daripada Pembohongan!
Makna Dan Arti Merah dan Putih Bendera Di Beberapa Negara
Candaan Pembeli dan Pedagang Yang Biasanya Bikin Kangen
Diskon, Diskon, Diskon! Awas Jebmen Diskon!
Medrep, Profesi Penawar Obat Yang Bikin Harap-Harap Cemas Pasien?
Gregetnya Anak Graphic Designer Era 90-an
'Kegatelan' Yang Sulit Dihilangkan Segera, Ente Alamin Yang Mana?
Beginikah Reaksi Ente Kalo Ketemu Orang Yang Mirip?
Keberadaan Benda Ini Sangat Penting, Tapi Mulai Dilupakan Orang Rumah
Pernah Denger Penyakit Laringitis? Kenali Sebab, Gejala, dan Solusinya!
Fenomena Harga Bandrol yang Ganjil, Perlukah YLKI Terlibat?
Ketemu Teman Lama Jadinya Nggak Asik Karena Sebab Ini
Kumpulan Kata Ucapan Tentang Selamat Berpuasa dari Bebagai Dunia
Bisnis Musiman, Jasa Penukaran Uang Menjelang Lebaran, Legalkah?
Lucunya, Saat Puasa di Minggu Pertama (Ente yang mana Gan?)
Siapa Bilang Lagu Anak Indonesia Mati Suri? Cek dimari...
Tips Pedekate Jaman Babe Kita Dahulu Kala (Kembali di Masa Silam) Tetep Greget
next.
bawah ane semuanya mekanik amatiran
makin pakem bree
begono yak
bawah ane otaknya didengkul
salam iskrim jadi begitu ya coy baru tau gw...
motor ane masih tromol tapi yang penting dah banyak boncengin cewek cakep
ternyata untuk keseimbangan ya gan
ane kira cuma untuk pembeda atau biar lebih stylish gitu
ane kira cuma untuk pembeda atau biar lebih stylish gitu
Hmmm nice info gan...itu aja dulu...
Pejwan dulu di trit nya iskrim...
Pejwan dulu di trit nya iskrim...
ane ngeremnya pake kaki bree
Quote:Original Posted By ularpiton ►
ternyata untuk keseimbangan ya gan
ane kira cuma untuk pembeda atau biar lebih stylish gitu
yoyoi...
ternyata untuk keseimbangan ya gan
ane kira cuma untuk pembeda atau biar lebih stylish gitu
yoyoi...
Motor Ane cakram depan belakang gan.
Emang cakram lebih ntap dari pada rem tromol.
Emang cakram lebih ntap dari pada rem tromol.
buat keseimbangan doang ternyata ya
iya jg ya..faktor seimbang..
Ane emang seneng denger lagunya cakram khan
Quote:Original Posted By benci.kaskus ►
Motor Ane cakram depan belakang gan.
Emang cakram lebih ntap dari pada rem tromol.
tumben gak pake ngiklan
Motor Ane cakram depan belakang gan.
Emang cakram lebih ntap dari pada rem tromol.
tumben gak pake ngiklan
Sip.. Biasanya yang depan kiri, yang belakang kanan..
Tambahin juga jenis2 kalipernya gan.
Via: Kaskus.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar