Pages


Selasa, 17 November 2015

Yang Pada Belon Lulus Masuk Gan! Foto - Foto Wisuda Yang Bikin Mewek Nih :(

HALLO PARA AGAN-AGAN YANG GANTENG DAN CAKEP
WELCOME



KISAH MENGHARUKAN DIBALIK FOTO - FOTO MOMEN WISUDA DARI BERBAGAI NEGARA

Cekibrot aja langsung gan, ane lagi males basa basi masalahnya

Quote:THAILAND

Foto ini diambil pada tahun 2013 yang lalu. Sosok ayah dalam foto ini adalah seorang buruh tani miskin yang ditinggal mati istrinya sesaat setelah melahirkan anak laki-lakinya tersebut. Sang ayah menjual seluruh harta benda yang dimilikinya dan bekerja keras setiap hari demi membiayai sekolah anaknya setinggi mungkin. Kegigihan dan pengorbanan sang ayah dijawab dengan sempurna oleh sang anak tercinta ketika sang anak mendapat beasiswa kuliah dan berhasil lulus cum laude di Universitas Ratchpatr di Chiang Rai (Thailand bagian utara).


Kisah ini menjadi luar biasa karena keluarga kecil tersebut berasal dari desa di provinsi Nan, Thailand, dimana penduduk desa tersebut mayoritas hidup dalam kemiskinan, dan merupakan suku terbelakang yang warganya kebanyakan tidak sempat mengenyam bangku sekolah. Meskipun demikian, sang ayah berhasil berjuang untuk memberikan anaknya kesempatan agar memiliki masa depan yang lebih baik.

Saat di wisuda, walaupun tanpa kehadiran sang ayah, sang anak berkata bahwa ayahnya merupakan kebanggaan terbesar dalam hidupnya.

Oh ya, mungkin ada yang bertanya kenapa sang ayah gak dateng ke acara wisuda anaknya. Well, penghasilan sang ayah dari hasil panen hanya diberi upah 18 bath, atau sekitar Rp 2.590 rupiah. Dengan penghasilan segitu, sangat tidak cukup untuk biaya hidup sehari-hari. Untuk makan saja, sang ayah hanya mengandalkan pemberian hasil panen yang diterimanya seminggu sekali.

Itulah dia kenapa saat wisuda, sang ayah tidak bisa menghadiri acara wisuda putra kesayangannya karena tidak ada ongkos untuk keluar kota. Sang anak pun harus rela melewatkan moment membahagiakan itu tanpa kehadiran seorang ayah. Setelah acara wisuda usai, sang anak pun segera menuju kampung halaman untuk berjumpa dengan sang ayah tercinta yang sudah menunggunya dengan penuh haru dan kebanggaan.


SUMUR

Quote:MALAYSIA


Foto ini pertama kali diunggah ke twitter oleh netizen asal Malaysia dengan akun @barteria pada tanggal 1 November 2015 lalu, dan tak membutuhkan waktu lama untuk menjadi viral di internet.

Dalam foto tersebut terlihat seorang wisudawan asal Malaysia yang alih-alih menggunakan latar belakang gedung universitas atau foto studio, doi tidak segan dan malu mengajak ayahnya yang bekerja sebagai buruh kasar di perkebunan kelapa sawit untuk bersama merayakan hari kelulusannya.

Aksi wisudawan tersebut banyak menuai pujian dari para netizen yang mengatakan bahwa anak semacam itulah yang membuat bangga orangtuanya. Doi selalu menghargai jerih payah orangtua dalam membesarkannya hingga berhasil menjadi sarjana.



Quote:MAMARIKA

Demi membahagiakan sang ibu, seorang mahasiswi Glen Burnie, Maryland, Amerika Serikat memindahkan acara wisudanya ke rumah. Tak hanya itu, jadwal wisudanya dipercepat 1 bulan. Sebelum ajal menjemput sang ibu. Menurut Maryland Gazette, sang ibu didiagnosa menderita kanker kolorektal 4 tahun lalu. Namun setelah 1 tahun sembuh, kankernya kembali menyerangnya. Kondisinya pun semakin parah.

Seperti ane kutip dari news.co.au, Senin (12/5/2014), keluarga mahasiswi bernama Megan Sugg pun menghubungi pihak universitas, setelah mereka menyadari jika kondisi sang ibu terlalu parah untuk bisa pergi ke acara wisuda putrinya Megan pada bulan Juni.

Setelah meminta izin dari universitas, akhirnya acara wisudanya digelar di samping tempat tidur sang ibu, Darlene Sugg pada 8 Mei 2014. Benar saja, 2 hari setelahnya pada 10 Mei 2014, ibunya meninggal dunia.

"Walaupun saat itu adalah waktu yang begitu sulit untukku, tapi pada saat yang sama aku merasa senang karena ibuku bisa melihatku lulus dan menggunakan toga seperti harapan beliau semasa hidupnya", kata Megan yang difoto berbalut jubah kelulusan dan gaun sambil menangis.




Foto - foto terakhir dari Indonesia gan
Quote:INDONESIA


Seperti yang ane kutip dari detik.com, kisah Raeni, 21, putri tukang becak yang menjadi wisudawan terbaik Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun 2014 lalu, mendapat perhatian luas dari masyarakat dan media massa nasional. Gadis kelahiran Kendal, 13 Januari 1993, itu berhasil menyelesaikan studinya di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Unnes dalam 7 semester, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,96. Nyaris sempurna.

Sebagai tukang becak, penghasilan sang ayah, Mugiyono bisa disebut tak menentu. Berkisar Rp10 ribu – Rp 50 ribu. Karena itu, ia juga bekerja sebagai penjaga malam di sebuah sekolah dengan gaji Rp450 ribu per bulan.

Pekerjaan mengayuh becak dilakoni Mugiyono setelah ia berhenti sebagai karyawan di pabrik kayu lapis. Ia meminta berhenti jadi karyawan karena menginginkan uang pesangon supaya bisa membiayai anaknya masuk ke Universitas Negeri Semarang, agar bisa menjadi guru sesuai dengan cita-citanya.

Raeni membayar pengorbanan ayahnya dengan giat belajar, sehingga pada semester I ia meraih indeks prestasi 4,00. Sempurna. Lantaran indeks prestasinya itu, Raeni langsung menerima beasiswa Bidikmisi dari kampusnya pada Agustus 2011.



Diatas adalah sebuah foto yang memotret betapa bangganya seorang wisudawan ber-IPK 3,96 diantar ayahnya yang tukang becak menghadiri wisuda di Univeritas Negeri Semarang (UNNES). Betapa perjuangan seorang ayah yang "cuma" tukang becak dibalas indah oleh anaknya. Dengan rasa tidak sungkan diantar langsung dengan becak ayahnya, si putri diantar menuju tempatnya wisuda. Dan dengan kejujuran dan keihlasan, sang ayah dengan raut wajah bangga mengantar putrinya dengan becak. Betapa luhur budi bakti si putri pada ayahnya. Dan betapa bangga si ayah pada putri yang sudah meluhurkan keluarga dengan prestasinya.

Manteb banget mbak Raeni emang. You are the real MVP sis



"Salah satu kebahagiaan terbesar bagi orang tua adalah saat melihatmu berdiri diatas podium menggunakan Toga sambil tersenyum ke arah mereka. Karena disaat itulah kebanggaan sebagai orang tua dapat terpancar dengan sangat indahnya"

"Maka beruntunglah bagi siapapun yang masih diberikan kesempatan untuk itu. Oleh karenanya janganlah kau sia-siakan perjuangan mereka yang telah mengantarmu kesana. Berikanlah yang tebaik untuk meraihnya, karena momen tersebut merupakan momen terindah yang tak akan kamu lupakan seumur hidupmu"

Quote:Ditujukan bagi mereka yang masih berjuang untuk mewujudkannya

"You may not be there yet, but You are closer than You were yesterday. So keep on fighting and give Your best to finish strong"

Spoiler for Jangan dibuka Gan!:

Oh ya, buat yang sangat ingin sekali diberi kesempatan untuk itu tetapi belum bisa mewujudkannya karena terkendala berbagai macam "faktor", jangan berkecil hati ya gans!

"Jika kamu tidak menyerah dan memiliki keberanian untuk terus melangkah, tidak pernah ada kata terlambat untuk mewujudkan mimpimu"


Spoiler for Ada lagi gans!:
Dan yang paling utama, rejeki anak saleh juga lah yang menentukan

Tambahan nih gan dari sesama Kaskuser
Quote:Original Posted By ryunato
beruntunglah buat yg bisa kuliah gan...
ane belum bisa kuliah karena ane masih jadi tulang punggung keluarga menggantikan almarhum ayah..lulus smk tahun 2013 langsung kerja sampe sekarang...InsyaAllah ada waktu dan rejeki yg tepat buat nyambi kuliah..

semangat ya buat yg skrg lagi kuliah..banyak bgt yg kepengen seperti kalian...makanya ane miris juga kalo liat ada yg kuliahnya dipake main2...padahal itu anugrah yg luar biasa buat kalian semua..

Quote:Original Posted By chabacha
saya mau ingetin aja gan ini pengalamam pribadi juga bukan maksud apa semoga menjadi pelajaran untuk kita semua..

ane wisuda tanggal 31 oktober kemaren orang tua ane dateng ke jogja dari palembang.
hari sabtu ane wisuda gan. hari minggu ane ama keluarga masih jalan2 bareng gan. hari senen ane ama ayah ane masih pergi bareng gan paginya.
sorenya orang tua ane berangkat pulang gan. selasa jam 5.10 ane di tempon ayah ane masuk rumah sakit gan itu masih di perjalanan pulang. dan ane langsung cari cara buat ke jakarta katanya dari rumah sakit yg sekarang mau di bawa ke jakarta biar lebih baik.
jam 5.30 ane di telon lagi gan ane di kabarin wahwa ayah ane udah tiada gan.

ane cuma mau beri tahu gan. perjuangan orang tua kita itu jangan lah kita permainkan gan. ane masih merasa bahagia karna beliau sempat dateng ke wisuda ane gan. kalo aja waktu itu ane perlambat 1 semester aja beliau gan bakal semet seneng untuk dateng ke wisuda ane gan. semoga jadi pelajaran untuk kita semua gan.

Segitu dolo gans. Oh ya, walopun ane udah lulus dan di wisuda, tapi ane belum lulus menghadapi ujian hidup yang tak kunjung usai nih gan. Makanya bagi cendolnya dong biar ane kuat menghadapi kenyataan

Terakhir nih gan, kalo masih butuh motivasi lagi, silahkan mampir dimari yak
Quote:Yang Penting FINISH-nya, Bukan START-nya
Yang mau share monggo, baik suka maupun dukanya, juga yg mau titip biar didoain sama kaskuser yg lain
Quote:Original Posted By nanasgorengmadu
Sumfah bikin trenyuh...perjuangan ortu dibalas PRESTASI CUMLAUDE

Beda sama abegeh or mahasiswa/i yg jelas2 ada dan punya kesempatan utk kuliah malah dibuat maenan dan disia-siaken

Quote:Original Posted By Necron1st
ada salah satu komik yang menginspirasi ane sehingga ane gak putus asa saat skripsi pada tahun 2012

Spoiler for komik:




PAGE ONE gan, sebarkan biar para mahasiswa yg berjuang SKRIPSI jangan putus asa!!

Quote:Original Posted By si.dolan
ane belum pernah ngerasain yang namanya wisuda, kuliah cuma 5semester abis itu langsung mengundurkan diri, cuma ngerasain yang namanya wisuda waktu dateng ke wisudaan temen2 kampus ane, karena saking pengen yang namanya wisuda ane sampe pinjem baju toga temen ane walau cuma buat gegayaan doang

Quote:Original Posted By wahyuaesthetic
menginspirasi bngt gan. Untuk semua kaskusers disini, doain ane lulus SMA dengn nilai yang baik, dan Lulus menjadi Taruna Akmil 2016, ane mau ngbahagiain ortu ane. melihat ane ditrima jadi Taruna Akmil, melihat ane lulus dari sana, melihat ane bekerja mengabdi jiwa dan rga untuk ibu pertiwi. Semoga Allah SWT menunjukan jalan yg trbaik buat ane dan kaskusers, Amiinn

Quote:Original Posted By exaligatory
ane wisuda 2012 gan, tapi sedihnya pas ane mau naik ke panggung, bokap ane penyakitnya kambuh dan langsung dibawa ke RS

so...hari wisuda itu ane bangga sekaligus sedih, bapak ane masih sempet2 dateng ke kampus ane, padahal masih sakit badannya...

Juni 2012, Wisuda ane...ga ada foto dan kumpul bareng temen2 lempar toga...
abis turun panggung langsung ngacir ke RS masih make baju wisuda ...satu satunya foto wisuda ane cuman yang difotoin fotografer yang emang tugasnya motoin seluruh mahasiswa yg wisuda

PS: Alhamdulillah baak ane udah sembuh, tapi ga bisa lagi aktivitas berat..biarkan anakmu ini yang gantian membantumu bapak

Quote:Original Posted By gadgetriz
wisuda awal sebuah perjuangan hidup sebenarnya gan..tapi itu akhir bukti orang tua tuk pendidikan anaknya...yuk banggakan orang tua

Quote:Original Posted By dniwijaya
kisah nyata 8 tahun yang lalu...

ada seorang ibu yang bekerja sebagai tukang jahit menghadiri acara wisuda anaknya di temani teman anaknya (suami nya sudah meninggal pada saat si anak kelas 1 SD)... pas si anak di panggil namanya, si ibu langsung berdiri sambil mengeluarkan air mata dan berkata "ANAK SAYA ITU"

setelah selesai acara wisuda dan sampai di rumah sang ibu memperlihatkan selembar kertas catatan ke anak nya bahwa itu biaya selama skripsi... setelah di perlihatkan ke anaknya.. si ibu mengambil kembali kertas tersebut dan merobek kertas tersebut sambil berkata "ibu ikhlas mengeluarkan biaya sebanyak itu karna si anak sudah wisuda"

Si anak itu adalah ane sendiri gan... Alhamdulillah ane ga pernah malu punya ibu tukang jahit... ane malah bangga karna setelah bapak ane meninggal, ibu berjuang untuk menghidupi 5 orang anaknya dengan uang yang halal..

dan yang nemenin nyokap ane waktu ane wisuda skr dah jadi ibu dari 2 orang anak ane

mungkin menjadi seorang sarjana atau wisuda merupakan hal yang biasa buat kita tapi bagi orang tua itu merupakan hal yang luar biasa membanggakan melihat anaknya di wisuda dan menjadi seorang sarjana

Quote:Original Posted By boeng.agus
Sayang ane ga bisa mengenyam bangku kuliah walau udab berusaha dan hampir dapet beasiswa akhirnya ane lepas perjuangan buat sekolah adik. Tpi mereka hebat :sedih

Quote:Original Posted By meisitinurhan
gak sekali duakali ane baca trit ngebahas kuliah, macam TS sekarang . ane suka sedih dan pengen nangis rasanya.
Ane anak perantauan, kuliah sambil kerja biaya sendiri juga dan ane sangat bangga sama diri ane yang namanya desek-desekkan busway, dikonciin gak boleh masuk kelas gara-gara telat, pengen ngirim uang ke ortu tapi biaya yang lain belum ketutup, mana mikirin jodoh lagi hahaha semuanya campur aduk gan jadinya
tapi ane sangat bersyukur meskipun ane ngerasa kuliah udah telat diumur segini tapi ane jalani aja dengan semangat.
suka kesel ke mahasiswa yang terlalu nyepelin kuliah orang lain susah dapet kesempatan, doain ane ya gan mudah-mudahan semangat ane gak goyah.
ngomongin wisuda sih masih jauh gan, ane baru semester awal.
semoga diberi kelancaran buat agan-agan yang sibuk dengan skripsinya

Quote:Original Posted By CallToArms
At last gue wisuda oktober kemarin, seneng bukan main, krn gue yg terakhir wisuda di keluarga, adek gue wisuda thn 2014
Buat yg lagi perang sama skripsi, cari satu hal yg ga bisa lo tolak buat selesein kuliah lo, perjuangin itu sampe hari terakhir daftar sidang.

Quote:Original Posted By valvalis
biar pada sadar yg kuliahnya cuma ngejar gelar. banyak orang kuliah itu demi merubah nasib, ngga sekedar gelar.

Quote:Original Posted By ayudhini97
Ane nyesel bgt gan, ane kterima snmptn udh di ambil udh byar ukt jga. Eh ane nya malah ga mau masuk cma gara2 hal sepele. Wktu itu ane mkirnya pgen krja, dikira krja itu gmpang kli ya cma lulusan SMA. ane udh ngalamin krja cape bgt di pbrik trus berenti.
Skrg ane nganggur (sush dpet kerja) dgn penuh kebosanan dan pnyesalan.
Serius ane mewek baca ini gan. nyesel-senyesel nyeselnya. Knpa ane wktu itu belagu bgt ga mau msuk kuliah
Moga2 bpa ane msih mau kuliahin ane taun dpan.
Aamiin
btw thx ya ts, utk thread yg sgt memotivasi ini (y)

Quote:Original Posted By Dedesofyan
Jadi inget ane dulu kuliah sambil kerja dan itu sangat amat cape..sampe kena typus
Lulus SMA ngiri liet temen temen pada kuliah karena ortunya ada biaya..sedangkan ane,harus kerja karena ortu ane ga bsa biayain kuliah ane..setelah kerja di hotel dua tahun setelah lulus SMA,ane beraniin kuliah..awalnya berat..pergi kerja jam 5 pagi,pulangnya langsung ke kampus sampe jam 9.30..setiap weekday ane jalanin itu..karena kesuksesan harus perlu pengorbanan..dan sampe di acara wisuda..liet muka emak dan bapak ane pas diatas panggung buat mindahin tali,semua pengorbanan u bakalan jadi kenangan manis buat ortu..sampe emak ane ngimpi ngimpiin ane saking bangganya..

Quote:Original Posted By a4rlizzt
Ini kisah ane..
Ane kuliah di slh satu universitas swasta di bandung.. Ambil kelas karyawan.. Alhamdulillah sidang skripsi telah terlewati tinggal wisuda...
Dulu pertama masuk kuliah ane sambil kerja tapi sayang pada sem4 ane harus berhenti kerja karena suatu hal.. Nah, terus biaya kuliah gw gimana?
Mau out kuliah nanggung.. Di terusin ane kaga kerja lagi.. Tapi Alhamdulillah ane punya ibu yang sangat kuat.. Beliau single parrent menghidupi anak"nya dgn tenaga sendiri... Pekerjaannya hanya sebagai tukang jait tapi beliau bersih kukuh pengen beresin kuliah ane, bela-belain kerja smpe larut malem, pinjem uang sana sini demi anaknya.. Gue bangga bentar lagi mau jadi sarjana tapi gue lebih bangga punya ibu yang SUPER.. Setelah lulus ane pengen bgt bahagiain dia sebelum ane berkeluarga semoga dikasih kesempatan sama Allah

Pesan ane bagi yang masih bergelut dgn dosen.. Belajar sebaik mungkin ingat orang tua dirumah mereka rela lakuin apa aja buat kita.. Jangan sia siakan pengorbanan mereka.. Apalagi kalo nt malah kimpoi d kosan sma pacar.. Smntara ortu nt peras keringat banting tulanv demi nt.. Doraka NT wkwkwk

Quote:Original Posted By nickvall
Ane perantauan yg kuliah sambil kerja, rasanya perjuangan berat banget gan, kerja shift malam trus lanjut kuliah, dan habis kuliah langsung kerja tidur cuma 3 jam sehari udah ane laluin, smpe duit gajian ga sempet nikmatin, smpe dipersulit dosen dll perjuangan ane smpe sekarang masih berlanjut dan ane bangga bisa kuliah. mudah2 an ane diberi kemudahan menjalani skripsi..

Dan pesan untuk yg beruntung kuliah dibiayain ortu, bersyukurlah karena ga semua orang bisa menikmati masa kuliah seperti kalian..
Tetap samangat bagi mahasiswa yg berjuang menggapai wisuda

Quote:Original Posted By srikandikaskus
Kisah ane juga ga jauh beda sama kisah2 di atas gan, ane juga anak dari keluarga yg sederhana yang alhamdulillah dikasih kesempatan menduduki bangku kuliah dengan bantuan beasiswa..

Perjuangan masuk universitas ini juga ga mudah..
Di hari pengumuman kelulusan PTN, ayah ane sudah ngurus2 dan bersemangat buat masukin ane kerja.. tiba2 pas ane liat internet ane lulus ptn, bukannya seneng ayah ane malah sedih, sempet melarang kuliah juga dengan alasan ga punya biaya, sampe ayah ibu nangis dan minta maaf ke ane.. ane sedih kalo inget kejadian itu
Sampe akhirnya ane dapet beasiswa..
Alhamdulillah ane ga ganggu duit orang tua lagi buat kuliah..
Dan sekarang ane udah semester 7 lagi mau penelitian sih gan.. mohon doa yaa.. semoga ane dan siapa aja yg lagi nyusun skripsi dipermudah dan segera lulus biar bisa membahagiakan orang tuanya..

Quote:Original Posted By LeftHandofGOD
curhat bray

ane angkatan 2009 dan belum lulus dari seakrang ane bukannya main2 ato apa,tapi ane bedagang gan (sebagian dagangan ane bisa dicek di profile ane ) ane dari semester 7 bayar sendiri. tpai ya gitu malah focus ke jualan jadi terbengkalai,bayangin gan, skripsi doank ga ada yg diulang bisa sampai 2 tahun lebih

titik baliknya hari minggu kemaren gan saat emak ane nangis sejadi jadinya. bukan karena omongan tetangga atau sodara, tapi karena emang SUDAH WAKTUNYA ane untuk lulus tapi belum lulus"

skarang walau mulai dari awal lagi ane tetep berusaha gan biar selesai,sayang juga selama ini kuliah kalo ujung"nya DO

doakan ane segera lulus yah

buat TS ada sedikit cendol segar untuk trit motivasinya




Yang pertama foto TS yak?
Ane terguncang gan
terharu, berprestasi di tengah keterbatasan..
Quote:Original Posted By mrautumn
Yang pertama foto TS yak?

Bukan gan, ane belum wisuda, masih berjuang supaya bisa lulus menghadapi ujian hidup yang tak kunjung selesai
Sayangnya udah lulus lama 15 tahun yang lalu....
Quote:Original Posted By uklunk
Bukan gan, ane belum wisuda, masih berjuang supaya bisa lulus menghadapi ujian hidup yang tak kunjung selesai


Maksudnya difoto agan itu sebelah yg diwisuda..
Emang bener tuh gan, gak bisa dilupain momen2 pas wisuda
Senang bisa liat ortu kita bangga
Quote:Original Posted By kamujahat21
Ane terguncang gan

Buset nih agan satu udah aktif aja jam segini. Balik ke forum sebelah gan, banyak trit2 baru bermunculan yang dijamin bisa bikin agan lebih terguncang

Quote:Original Posted By uklunk

Buset nih agan satu udah aktif aja jam segini. Balik ke forum sebelah gan, banyak trit2 baru bermunculan yang dijamin bisa bikin agan lebih terguncang


Yg mana gan, yg bikin ane terguncang mulu cuma BPLN gan
Ke hth gan

Jam segini harusnya buat berangkat kerja
Quote:Original Posted By kamujahat21

Yg mana gan, yg bikin ane terguncang mulu cuma BPLN gan
Ke hth gan

Jam segini harusnya buat berangkat kerja

Berangkat kerja jam segini kan kan buat karyawan mainstream

Itu di forum HtH, biasa. Ngejang aja yuk di trit2 ababil yang lagi galau
Quote:Original Posted By uklunk

Berangkat kerja jam segini kan kan buat karyawan mainstream

Itu di forum HtH, biasa. Ngejang aja yuk di trit2 ababil yang lagi galau

Mau dicipok momod sella ente gan
Quote:Original Posted By ucupthea
Sayangnya udah lulus lama 15 tahun yang lalu....


keliatan usianya
halo engkong. apa kabar
Quote:Original Posted By ucupthea
Sayangnya udah lulus lama 15 tahun yang lalu....

Kq malah berduka gan, setidaknya pernah merasakan momen tersebut
Quote:Original Posted By Famoussas
Emang bener tuh gan, gak bisa dilupain momen2 pas wisuda
Senang bisa liat ortu kita bangga

One of the best moment of our lives

Quote:Original Posted By kamujahat21

Mau dicipok momod sella ente gan

Momod sella kan pemaaf

Ngemeng2 kq postingan situ berkurang drastis, habis bikin perkara dimana ampe disunat segitu banyak?

pejwan dulu deh

______________________________

gambar no.1 sendu sekali gan
Quote:Original Posted By uklunk

Momod sella kan pemaaf

Ngemeng2 kq postingan situ berkurang drastis, habis bikin perkara dimana ampe disunat segitu banyak?


Emangnya berkurang gimana gan
Berasa kagak, mungkin banyak post dithread yg diclose jadi kepotong postnya. Ini dah 18 rebu , kemarin baru 17.200an

Ane ke Hth gan, rate 5 dulu biar HT
warning untuk mahasiswa abadi..
cepetan lulus, biar ortu loe bangga..
yang pengen sarjana ke sebelah saja >>>>
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar