Pages


Sabtu, 12 Desember 2015

GAK PERLU LEBIH DARI 1 ANTIVIRUS DI KOMPUTER GAN!

SELAMAT DATANG DI TRIT ANE

Mulai:
Komputer tanpa antivirus jaman sekarang seperti badan kita gak diimunisasi, bedanya kalo badan masih bisa produksi antibodi, kalo komputer berhubung cuma benda harus ada antibodi dari luar, yaitu antivirus.



Antivirus vs Antimalware
Ada yg nyebut antivirus, ada yg nyebut antimalware lalu bedanya apa?
Antivirus: antivirus komputer, program utk mengatasi program lain yang menular dan mencaplok file yang ada.
Spoiler for dari wikipedia:
Antivirus or anti-virus software (often abbreviated as AV), sometimes known as anti-malware software, is computer software used to prevent, detect and remove malicious software. Antivirus software was originally developed to detect and remove computer viruses, hence the name.


Antimalware: artinya lebih luas dari antivirus, malware = malicious software: program apa saja yg berbahaya. Virus sudah termasuk malware, tapi malware blm tentu virus.
Jenis malware ini beragam, contohnya: virus, worms, trojan (horses), spyware, adware, scareware dan yg lagi ngetok: ransomware.
Spoiler for dari wikipedia:
'Malware' is an umbrella term used to refer to a variety of forms of hostile or intrusive software, including computer viruses, worms, trojan horses, ransomware, spyware, adware, scareware, and other malicious programs. It can take the form of executable code, scripts, active content, and other software
.

Tapi, paling gampang orang bilangnya ANTIVIRUS (AV), karena dah terlanjur ngetop pake istilah AV ini
kalo kurang jelas, nanti ane bikin tret sendiri deh, komen sambil quote yak biar ane tau yg butuh tulisan ttg ini berapa banyak

Sering ane baca di kaskus, banget ada pertanyaan: ANE MO PASANG LEBIH DARI 1 ANTIVIRUS, BOLEH GAK.

Menurut ane, jawabannya BOLEH ASAL MAU TANGGUNG AKIBATNYA,
Buat ane yg harusnya ditanya adalah: SEBERAPA PENTING? APA DAMPAKNYA?

yg sering jadi alasan/pertanyaan:
1. Ane pake 1 AV bayar, 1 AV gratis biar lengkap
Menurut ane: agan dah bayar, masih gak percaya? mendingan pake yg bayar gan biasanya fiturnya lebih lengkap, kalo blm lengkap berarti agan salah beli produk AV. Kalo masih gak percaya, lisensi yg bayarnya buat ane ajah

2. Bikin berat gak?
Menurut ane: IYA
Lebih dari 1 AV maka akan ada lebih dari 1 proses, blm lagi kalo AV yg agan pake ternyata 'service' yg jalan di komputer banyak, bisa bikin lemot tuh.
Tiap AV punya kecenderungan gak akur sama yg lain, jadi bila ada 1 file bervirus yg terdeteksi oleh 1 AV dan tidak diencrypt saat diquarantine, akan discan sama yg lain juga dan bisa looping bolak balik gan, akibatnya PC agan lemot.

3. Biar aman dari virus lokal dan internasional
Menurut ane:
virus komputer itu program gan, gak ada yg lokal dan internasional, bahasanya cuma 1: BAHASA KOMPUTER.
Kalo jaman dulu banget sebelum adanya internet, mungkin masih perlu gan karena AV cuma ngandelin library (daftar virus), jaman sekarang AV sudah kombinasi dgn Advanced Heuristic gan.
Jadi virus2 buatan anak bangsa, sekarang juga dideteksi sama AV luar, kalo AVnya gak bisa deteksi, berarti gak canggih. Selain itu, selalu ada tombol SUBMIT utk kirim sample virus ke pembuat AV biar mempercepat proses.
Pastiin juga AV yg agan pake ada perwakilannya di Indonesia, karena mereka biasanya bantu utk analisa atau submit jenis2 virus baru serta bisa ditanya kalo agan ada masalah.

4. Ane maunya pake 1 AV lokal 1 AV internasional
Menurut ane: sama dengan atas gan jawabannya.

5. Tapi kan ane pake 2 AV internasional
Menurut ane: gak ada gunanya, komputer bukan perahu yg bisa dipasang 2 motor atau lebih biar ngacir. Malah kebalikannya, makin banyak makin berat dan dampak nomor 3 bisa kejadian juga.

6. Ya udah, ane pilih pake 2 AV lokal aja
Menurut ane: selain dampak nomor 3, kebanyakan AV lokal blm bikin engine sendiri, masih pakai engine yg dishare di internet, beberapa sudah bikin modul tambahan yg memang disediakan oleh pembuat engine utama. Engine jenis ini biasanya telat updatenya, jadi developer kudu sering2 submit dan bikin signature sendiri melalui modul itu jadi updatenya juga tergantung sama developernya kalo lagi sempet, biasanya utk AV yang baru2 masih rajin update. Ane lebih milih AV yg terjamin, sampai saat ini mau gak mau ya produk non indo. Kalau agan tau yg sudah lengkap fiturnya, boleh PM ane gan.

7. Kalo gitu ane pake 1 AV di komputer, lalu seminggu sekali ane lakuin ONLINE SCAN
Menurut ane: ini solusi gan, tapi mesti liat dulu AV yg digunakan utk online scan taro realtime engine (service) gak di komputer kita? pastikan yg diinstall hanya file yg dijalankan saja tanpa service. Dengan asumsi AV yg dikomputer itu menjalankan realtime detection, maka pilih ONLINE scan yg hanya menjalankan saat itu aja.
Keuntungan: kalau misalnya AV yg dikomputer lolos (misalnya gak diupdate), maka file yg bervirus bisa dideteksi online.
TAPI online ini gak akan sehebat AV yg diinstall ya gan!
contoh online scanner: http://www.eset.com/int/home/product...nline-scanner/

Kesimpulannya: gak penting dan gak perlu lebih dari 1 AV gan, cukup pilih 1 yang terbaik saja

TIPS CEK FILE DAN MILIH AV :
- Kalo mau ngecek file agan bervirus ata nggak, bisa kirim ke www.virustotal.com keliatan tuh AV mana yg bisa deteksi atau nggak
- Program2 yg bisa ngebantu agan dan gak bentrok dgn fungsi AV tapi mendukung kerja AV: registry cleaner, enkripsi folder/drive, anti adware, dll
- Kalau agan terima email attachment, walaupung subjectnya sesuai kerjaan (misal: Invoice, Gambar Saya) tapi agan gak merasa kenal, lebih baik abaikan emailnya, atau atachmentnya disubmit ke virustotal. Intinya, jangan klik (dijalankan) filenya.
- Pilih AV yg terkenal enteng gak bikin bolot komputer, jangan lupa pastiin supportnya ada di Indonesia
- Beli AV online, sekrang banyak solusi dan gak mahal! bahkan ada yg bulanan gan, dah pasti lebih murah dari uang jajan bulanan agan, aman gak harus mahal gan, kaspay juga ada cek di https://www.kaspay.com/merchants
- Kalo gak penting2 amat, tidak perlu restore file yang sudah terdeteksi ada virusnya
- cari temen diskusi pemakai AV yg sama, di kaskus banyak Trit nya kok
- pastikan online updatenya nyala gan, iar sewaktu2 ada update akan otomatis


Kalo ga punya komputer gimana Gan?

Btw Nice tips gan.
Untung ane pake OS yg bebas dari virus..
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Untung ane pake OS yg bebas dari virus..


semua OS ada malwarenya gan, yg bikin beda cuma banyak-dikitnya doang
Quote:Original Posted By tiger_capri
Kalo ga punya komputer gimana Gan?

Btw Nice tips gan.


Kalo ga punya komputer jgn pake anti virus gan! Tapi beli anti kuman aja gan..
Quote:Original Posted By bangESET


semua OS ada malwarenya gan, yg bikin beda cuma banyak-dikitnya doang


Malware yg sejenis bugs gt yaa gan..?
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8


Malware yg sejenis bugs gt yaa gan..?


bugs beda lagi gan, kalo itu kesalahan saat bikin program
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Kalo ga punya komputer jgn pake anti virus gan! Tapi beli anti kuman aja gan..

Ane anti maho Gan
ane avast aja udah cukup gan
Quote:Original Posted By bangESET


bugs beda lagi gan, kalo itu kesalahan saat bikin program


Terus solusi buat memusnahkan malware apa gans..?
Ane tanpa antivirus..

Krn leptop ane emg rusak!!
kalo smadav itu engine bikin sendiri atau dari luar ya???
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8


Terus solusi buat memusnahkan malware apa gans..?


ya pakai antivirus/antimalware gan ahahahahaha malware kalo gak dipasangin begituan mana kita tau kalo ada
Laptop ane nggak ada antivirusnya gan
tapi masih lancar jaya
ane pake bawaan mikocok aja deh, ringan dan lumayan ampuh
ane mah bawaan windows aja..
klo ane pake 1 AV 1 Anti Malware gan buat jaga2 aja
gw malah ga pake anti pirus sama sekali gan,. masih sehat pc gw.
yang penting jangan banyak nyolok2in flasdisk yg ga dikenal yang ga tau asalnya dari mana aja. terus harus tau cara download ama install sesuatu dengan baik dan benar haha
banyak jebakan nya soalnya.
Ane udah 10 tahun di dunia IT, udah banyak kasus Virus yang ane jumpai, tapi menurut ane
cukup satu anti virus aja kalo lebih malah bikin proses berat (Penggunaan RAM makin besar), pilih yang terbaik, biasanya ada tuh top 10 AV tiap tahun atau tiap bulannya

itu aja...
kalo gw make Avira free ama Smadav free Gan...
kadang kalo ada virus, yang Avira dapet, yang Smadav kagak,
ato sebaliknya...

gw pake itu karena ini,
Avira bisa otomatis nge-blok autorun di flashdisk.
kalo smadav bisa un-hidden file yang di-hidden ama virus.

pernah make AVG,
ternyata pinteran virusnya...
tombol SCAN di AVG gw di-block ama virusnya... :sad
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar