Pages


Jumat, 04 Desember 2015

Seputar Sejarah DUNIA FANTASI yang tidak banyak diketahui (pic)

Quote:
Illustrasi pertama asli Maskot Dunia Fantasi oleh Bapak Benny Benhardi


Siapa yang tidak kenal dengan Tokoh yang diatas, tentu yang pernah bermain ke Ancol tau akan Sosok dirinya, Dia adalah Dufan si Monyet bekantan yang menjadi maskot Theme Park pertama dan terbesar di Asia Tenggara ini, yaitu Dunia Fantasi sejak dibuka untuk umum tahun 1985 Dunia Fantasi sudah memberikan decak kagum kepada seluruh masyarakat di Indonesia, mengapa tidak saat itu proyek Dunia Fantasi sangat dirahasiakan kepada publik bahkan pemerintahan apalagi didalamnya terdapat Wahana berteknologi Canggih salah satunya adalah Animatronik buatan asli Indonesia Istana Boneka dan Balada kera. disini TS akan bercerita tentang proses pembuatan awal dan orang-orang dibalik terciptanya Dunia Fantasi.

Proyek Dunia Fantasi berawal pada tahun 1982 dimana saat itu BPP Ancol mengumpulkan segenap orang-orang kreatif, mekanik, dan lainya untuk proyek ini dan terciptalah BENDUFA singkatan dari Bengkel Dunia Fantasi. Agustitus Teddy Darmanto salah satunya dia adalah orang yang terpilih untuk menjadi Ketua sekaligus penanggung jawab Proyek Pembuatan Dunia Fantasi, berikut dengan seniman lainya yang ikut anut grubyuk di BenDufa yaitu Samboja, Isnaeni, Handogo, Benny Benhardi, M. Burso, Harry Wuryanto dan Mulyono.
Quote:

Pembuatan Dunia Fantasi bukan hal yang mudah saat itu dikarenakan sedikit dan terbatasnya sumber dan bahan informasi. sungguh jauh beda dengan jaman sekarang yang hanya tinggal buka mbah google bisa dapat semua.. jadi diperlukan research yang mendalam oleh team dari BenDufa untuk menciptakan suatu wahana sampai2 Teddy Darmanto dan Segenap team sempat dikirim ke Amerika tepatnya ke Ken Acton Studios untuk belajar membuat Figur dan Robot Animatronik yang kemudian menghasilkan produk Robot Animatronik asli 100% buatan indonesia. 2 wahana yang sangat diunggulkan saat itu adalah Wahana Istana Boneka dan Balada Kera.

1. Istana Boneka
Quote: Istana Boneka adalah wahana asli 100% buatan Indonesia, mungkin agan2 masih berfikir bahwa Istana Boneka hanya Mencontek It's A small World nya Disneyland, ternyata Istana Boneka dibuat tanpa ada unsur Disney sebab saat itu tidak satupun seniman BenDufa pernah berkunjung ke Disneyland pada tahun 1982. Maksud dan Tujuan dari Istana Boneka awalnya adalah memperkenalkan keragaman Budaya dalam negeri Indonesia kepada pengunjung mancanegara dan di sambung dengan kebudayaan di seluruh dunia.
Spoiler for Suasana BenDufa & maket Istana Boneka:
suasana BenDufa saat membuat maket Wahana Istana Boneka
H. Burso sedang mengerjakan figur Istabon

mungkin sampai saat ini masih banyak orang yang tidak mengetaui siapa sih sebenarnya pencipta Lagu dari Istana Boneka? nah dulu ada 8 macam aransemen lagu yang akan dipilih yaitu ciptaan:
Soedharnoto 2 lagu
Ibu Sud 2 lagu
Tonny koeswoyo 2 lagu
Teddy darmanto 2 lagu.
Kemudian yang dipilih adalah lagu buatan Teddy Darmanto dan di aransemen oleh Alm. Soedharnoto beliau adalah penggubah lagu2 nasional salah satunya adalah Garuda Pancasila, beliau tidak suka mengukai alat musik digital yang pada akhirnya seluruh Musik yang agan2 dengar di Wahana Istabon menggunakan Instrumen asli wajar saja kualitas audio yang ditawarkan sangat berkualitas. Berikut audio nya bisa agan2 dengarkan:
Spoiler for Lagu Harapan Suci:
mengapa judul lagunya Harapan Suci karena di Istana Boneka dimana semua negara budaya bersatu dan berbaur tanpa konflik itulah cerminan harapan kita semua (maksud dan arti lagu istana boneka)



2. Balada Kera
Quote: Masih ingat lagu2 sapu tangan babuncu ampat, sing sing so, mana dimana , surilanh enjot enjotan? ya itu adalah lagu2 yang di aransir ulang khusus untuk Pentas Animatronik Balada Kera berikut dengan pengisi suara nya Bapak Gatot Sunyoto beliau adalah pelopor seni Ventriloquist di Indonesia. Balada kera merpakan pentas pertunjukan yang patut sangat dibanggakan oleh Indonesia, mengapa? karena 23 boneka Robot Animatronik ini 100% Made In Indonesia lebih baik dari Disney Country bear jamboree dan diakui Teknologinya oleh pihak Disney Imagineering. ya itulah proses awal pembuatan teater ini megabungkan banyak elemen mulai dari seni mematung sampai Mekatronik. Awalnya BenDufa membuat satu Figur kera Balada Kera namun mereka belum mengetahui bagaimana cara untuk menggerakannya, kemudian dikirimlah Figur ini berikut Teddy dan Team ke Amerika ( Ken Acton Studios) untuk dibuatkan engsel2 dan mekanik agar bisa bergerak layaknya manusia namun sesampainya disana ternyata tidak segampang itu, pembuatannya harus dibarengin dengan sistem mekaniknya. disana Teddy dan team diajarkan cara membuat Robot Animatronik dan bahkan diberi kepercayaan untuk membuat patung naga ukuran 7x5 di Conan Stunt show Universal Studios Hollywood, pengerjaan lainya adalah Figur Animatronik Hiu dari film terkenal JAWS! hebat bukan? yg agan2 tonton film JAWS ternyata buatan Teddy dan Team dari Indonesia. setelah berhasil akhirnya dibuatlah kembali Figur kera tersebut dari 0.
Spoiler for Teddy Darmanto di Acton Studio:
Sang Kreator dan kreasi nya

Setelah Selesai Figur tersebut dibawa pulang ke Indonesia dan masuk Ke BenDufa untuk dipelajari, semua part dipreteli, dibongkar dan di data ulang untuk menciptakan 22 figur kera lainya, kesungguh2an seluruh team BenDufa untuk menciptakan suguhan baru untuk Indonesia. berikut adalah beberapa kera lainya yang sedang dikerjakan di BenDufa:
Spoiler for Figur Animatronik Balada Kera :

Proyek ini sangat dirahasiakan namun pada suatu saat salah satu Figur Balada Kera Muncul dalam surat kabar
Spoiler for Berita:

tentu hal ini mengundang takjub segenap petinggi negara salah satunya adalah B.J Habibi beliau sangat takjub dan langsung datang ke BenDufa untuk melihat pengerjaannya sampai2 mendapat apresiasi dari beliau. Sayangnya wahana ini sudah tidak ada ... namun jangan sedih karena ada penggantinya yaitu Kalila Adventure yang tidak kalah serunya dengan balada kera

4 bulan mendekati pembukaan Dunia Fantasi gedung pertunjukan balada kera dilalap dijago merah, sungguh menyedihkan sekali sepertiga dekorasi habis.. tetapi dikarenakan ilmu pengalaman team BenDufa sudah didapatkan mereka berhasil menciptakan kembali Balada Kera dalam hanya kurun waktu kurang lebih 3 bulan sungguh hebat sekali gan! bahkan disaat detik2 pembukaan Dunia Fantasi Teddy Darmanto masih sibuk dengan konsol programing lighting & Robot Animatronik Balada Kera. Tentu hasil nya WAH dan sangat Menakjubkan:
Spoiler for Balada kera:



3. Theme Song Dunia Fantasi
Quote:Lagu yang satu ini pasti hampir semua orang Indonesia yang pernah ke Dunia Fantasi pernah mendengarkannya, lagu yang gampang diingat dan sangat susah dilupakan seperti mantan hehehe... tentu dibalik semua itu ada teori2 nya Teddy Darmanto menciptakan lagu ini tidak seperti anak muda sekarang yang instant, perlu research dengan skala, teori psikologi, grafik2 dan lain sebagainya yang bisa menusuk langsung ke dalam pikiran alam bawah sadar jadi terngingang2 terus lagunya. hasil kolaborasi dirinya dengan Alm Soedarnoto sebagai Aransemennya terciptalah Jingle Dunia Fantasi:
Spoiler for Dunia Fantasi Theme Song:


Selain itu Wahana Dunia Fantasi lainya didatangkan jauh dari Amerika,Eropa dan Jerman. Komidi Putar Turangga-Ranga datangkan langsung dari Amerika tahun 1984 bersamaan dengan wahana Alap-Alap, Niagara-gara, Ombang-Ombang dan Pontang-Panting. selain itu Wahana yang didatangkan dari Jerman adalah Kora-Kora dan Bianglala. Sedangkan Wahana Gajah Bledug, Bakutoki & ubangga-Bangga adalah produk dari Eropa tepatnya Italia.
Sisanya seperti Rumah Kaca, Ranggo-ranggo dan Jungkang-Jungking merupakan buatan Indonesia.

Sebetulnya ada 2 lagi Wahana Animatronik Ciptaan BenDufa yaitu Panggung BNI yang dimaksudkan untuk mempromosikan Bank BNI dan Panggung Jakarta sebagai ajang memperkenalkan budaya Betawi ada figur si jampang didalamnya, namun karena keterbatasan info mohon maaf belum bisa ane share disini..

Itulah sejarah Dunia Fantasi dan orang2 dibalik terciptanya Theme Park Pertama Indonesia. sungguh bangga ane menjadi orang indonesia. jujur saja jika dilihat2 negara kita sungguh hebat sekali bisa menyaingi industri theme park di tahun 1985, tanpa disangka kita (Indonesia) bisa membuat Robot Animatronik sampai diakui teknologinya oleh pihak Disney sebagai pelopor dunia Theme Park. Balada kera yang saat itu Hanya satu2nya di Asia Kecuali Jepang yang mempunyai Animatronic Show sungguh hebat indonesia!. ini sebaai bukti konkret bahwa kita mampu menyaingi Dunia Internasional.

Sebenarnya masih banyak sekali yang ingin ane share seperti Wahana Rama Shita, Puri Misteri, Teater sang Pelopor, Teater Sarcos, Teater Antariksa, Beruang Madu dll... berhubung terbatas jadi tunggu saja di Threat ane yang berikutnya, akan ane kupas tuntas hasil Karya anak bangsa .

Sekian dulu Thread dari Ane semoga bermanfaat dan infomatif untuk generasi berikutnya... mohon maaf jika ada kesalahan dalam thread maklum ane masih newbie... salam...
. mohon minta cendolnya agan sekalian dan Jangan lupa di Rate

Quote:Quote:Original Posted By anang165
kalo maskotnya apa gan ?
ada sejarahnya ga knp maskotnya itu ?
kenapa Monyet bekantan ?
Spoiler for :
5. Maskot Dunia Fantasi (Dufan)Pertanyaan menarik dari agan. Dulu pada saat proses perencanaan wahana istana boneka di BenDufan ada maket Istabon yang berukuran 18x11 meter agar para direksi bisa berputar mengarungi Scene2 sebelum di setujui. kebetulan saat itu Pak Ciputra datang dan melihat salah satu boneka kera Bekantan di daerah Kalimantan istabon..dia tertarik dengan nya.. kemudian dibicaakanlah dengan Teddy darmanto dan team BenDufa untuk menciptakan Maskot Dunia Fantasi yaitu si Dufan berhubung juga ancol dulunya tempat berkumpulnya para kera2 dan bekantan adalah binatang yg dilindungi pemerintah akhirnya mereka setuju untuk menjadikan dia sebagai Maskot. awalnya peng-visualisasian karakter Dufan digarap oleh Matari Advertising karena saat itu Team BenDufa sedang sibuk tahap penyelesaian Dunia Fantasi.. kemudian setelah Dunia Fantasi Selesai barulah kembali diambil alih oleh team BenDufa, gambar paling atas merupakan hasil Illustrasi dari team BenDufa yaitu Benny Benhardi.. beberapa hari sebelum Dunia Fantasi dibuka Ir. Ciputra berkunjung ke Dunia Fantasi dan mampir ke BenDufa dimana saat itu Team sudah mempersiapkan kejutan untuk Pak.Ci. yaitu Maskot Dunia Fantasi (Dufan), disaat Pak.Ci. berjalan pulang tiba2 terdengar announcer dan lagu Dunia Fantasi lalu Sang Maskot DUFAN Berjalan keluar dari gedung BenDufa datang dan menghampiri Pak Ciputra tak disangga sampai2 beliau meneteskan air matanya karena terharu...
gambar yang agan kasih liat itu adalah buatan dari Landmark Entertainment Group Amerika. berikut tulisan DUFAN itu adalah tanda tangan sang Maskot Dunia Fantasi
Quote:Original Posted By ahandogo
[QUOTE=putera15;5660198d1854f7a62d8b4568]

Wah pasti yang nulis salah satu anak dari deretan di atas
Saya salah satu putera nama-nama yg TS sebut diatas.
Nanti sy bantu upload foto2 lainnya.
Sayang sekali BALARA sudah tidak ada.

Trims kenangannya


Wah bukan Gan hehehe, ane cuman pemuda yang peduli dengan sejarah dan perkembangan industri Theme Park di Indonesia hehehe



Quote:Quote:Original Posted By Kuroro
Pernah ngundang pak teddy utk jd konsultan salah satu proyek theme park

Beliau memang hebat, out of box dan kreatif. Bisnis theme park tidak semudah yg kita duga. Pesan beliau selalu sertakan budaya dan kebiasaan lokal dalam merancang sebuah theme park.

Actually banyak hal tentang dufan yg banyak belum diungkap disini e.g.
- Wahana sepi yang ditukar lokasinya diberi nama baru dan akhirnya ramai
- wahana tua yang selalu ramai
- wahana yang sepi pada awalnya dan sengaja dibiarkan bertahun tahun sampai akhirnya menjadi salah satu icon
- konsep alur/flow pengunjung
- etc

Boleh saran buat TS, ada 1 lg tokoh theme park hebat di indonesia, owner dan founder jatim park, bapak Sastro

Taman buayanya bakal launching nih segera
Sip Gan nanti di thread ane yang akan mendatang ya akan bahas mengenai theme park lain di indonesia dan Bapak Sastro


Quote:Quote:Original Posted By iho_growler
Kalo asal-usul kalimat "Segede Gaban" tau ngga gan? Denger denger dulu sekitar tahun 90-an awal ada patung Gaban yang tingginya 10 meter di Dufan? Bener ngga?

ROBOT YANG MENJADI TOPIK SEGEDE GABANHmmm... ini juga sedang ramai menjadi topik di sosial media. Segede Gaban yang dikaitkan dengan patung Robot didepan wahana Teater Antariksa. sebetulnya saat itu Dunia Fantasi Bekerjasama dengan Serial TV jepang yang sedang tayang di Indonesia yaitu GENZI ZARBOGAR yang sempat dipentaskan di Panggung Maksima Dunia Fantasi juga. itu adalah Robot Animatronik Terbesar yang pernah dibuat oleh BenDufa, kemudian Wahana Teater Antariksa juga sedang menayangkan film Robocop jadilah BenDufa Menciptakan Robot tersebut sebagai IKON. dulu dia bisa menggerakan tangan kepala kaki dsb setiap setengah jam. sebetulnya tidak ada hubungannya dengan GABAN hanya saja anak-anak generasi 90an ditayangkan dengan Film seri GABAN dari situlah orang2 menyangka itu Robot Gaban atau prakiraan Lainya adalah ROBOCOP, sebetulnya hanya karakter robot yang diciptakan saja oleh BenDufa.
Jadi yang sedang ramai di sosial media itu kurang tepat, namun itulah bagaimana pendapat orang dalam mengingat suatu IKON sesuai jamannya yang ada Di Dunia Fantasi. mungkin kalau sekarang orang bisa menyebutnya sebagai IRON MAN hahahaha...



Mohon supportnya juga gan ane sedang membuat komunitas pecinta Theme Park Indonesia silahkan meluncur ke Facebook THEME PARK JOURNEY. Atau Subscribe Di Youtube kita Terima kasih
ane baca dulu gan
Terbesar di Asia tenggara berarrti Trans studio bandung kalah yakk gan
Nyimak dulu gan

Themepark legendaris nih, theme songnya juga jadi salah satu chant the jak, yooo ayolah ayo Persija, kini saatnya jadi juara
Buatan Indonesia, dapet apresiasi dari pak Habibie juga

Sayang sekali aku belum pernah ke Balada Kera, kalo Istana Boneka lumayan sering pas masih kecil dulu.

Rama Shinta juga dong gan, pengen tau sejarahnya. Soalnya aku paling suka liat patungnya di Dufan, keren, kayak jadi satu satunya patung yang iconic banget
Yg jadi masalah ane blum pernah kesana
Quote:Original Posted By wahyusee
Terbesar di Asia tenggara berarrti Trans studio bandung kalah yakk gan

Emang trans gede ye, padahal dibandung juga ada . Tpi blum pernah
kayaknya suatu saat nnti aku harus ksna
Widih baru tau ane
Quote:Original Posted By kamujahat21

Emang trans gede ye, padahal dibandung juga ada . Tpi blum pernah


Yah lumayan lah gan
Dulu pas masih kecil ane sering di ajak ke dufan terutama istana boneka yg paling ane kunjungin sama keluarga ane . Skrg ga tau dah msh ada apa nggak istana boneka udh jarang ke dufan sih
Trans Studio Bandung hanya sebesar gedung Rama Shita digabungkan dengan Perang Bintang gan
Wahana pertama dufan istana boneka ternyata...
jadi pengen liburan ke dunia fantasty
foto2 jadul dufan ini, dulu ke istana boneka suasanya tiap budayanya beda
lagu theme songnya itu jadul bgt, keinget jaman dulu waktu masih item putih
sampai sekarang saya masih ingat theme song istana boneka gan, sejak saya pertama kali masuk ke wahana itu

tengkyu TS buat nampilin lagi lagu tsb. kenangan pertama saya sebagai anak2

Mungkin Istana Bonekanya bisa ditambahin SexDoll biar lebi Greget
Quote:Original Posted By fiendprincess

Mungkin Istana Bonekanya bisa ditambahin SexDoll biar lebi Greget


Yakali gann hahaha itu sih mendingan agan jalan2 ke LOVE LAND jeju island Korea
Quote:Original Posted By wahyusee


Yah lumayan lah gan


Lumayan apanya, blum pernah
Quote:Original Posted By patwa42
Dulu pas masih kecil ane sering di ajak ke dufan terutama istana boneka yg paling ane kunjungin sama keluarga ane . Skrg ga tau dah msh ada apa nggak istana boneka udh jarang ke dufan sih

Ane malah blum pernah
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar