Pages


Kamis, 31 Maret 2016

Mimin Share tentang Peran API & SDK Untuk Bisnis Agan!

Sadar nggak gan, kalau revolusi komputer sedang berjalan dan sudah mengubah cara kita hidup dan bekerja. Bisa dibilang kalau revolusi ini akan jadi revolusi yang nggak pernah dilihat manusia sebelumnya. Kekuatan komputasi luar biasa, nirkabel (wireless), jaringan berkecepatan tinggi, kapasitas penyimpanan yang hampir nggak terbatas, teknologi antarmuka pengguna (interface) yang telah maju, mobil otomatis, printer 3D, algoritma Machine Learning modern, komputasi mobile, komputasi awan (cloud computing), dan Internet of Things membutuhkan satu hal yang sama: Perangkat Lunak (software) Komputer.

Coba aja ketik salah satu dari istilah ini di Google: Platform; Hackathon; API; SDK; Google akan menampilkan lebih dari 2 miliar hasil pencarian. Lalu kenapa sih bisa sepopuler itu? Apa sebenarnya Platform; Hackathon; API; SDK? Bagaimana keempatnya bisa berhubungan dengan teknologi software?

Berhubung ane termasuk dalam salah satu juri di event BCA Finhacks 2016, nggak ada salahnya untuk share tentang komponen-komponen utama dalam inovasi teknologi dan bisnis. Dalam bagian pertama dari 3 thread yang akan ane posting, ane akan membahas API dan SDK. Ane akan ngerangkum tulisan karya Direktur BCA, Armand Hartono dan CTO & COO KASKUS, On Lee. Tulisannya menjelaskan apa arti Platform; Hackathon; API; SDK; untuk kita dan bisnis kita, saat ini dan di masa depan. Terima nggak terima, masa depan bisnis kita bakal bergantung banget dengan mereka. Jadi jangan sampai kelewatan postingan ane Gan.

Quote:Apa Sih ‘API’ Itu?

Menurut Wikipedia, “Dalam pemrograman komputer, Application Programming Interface (API) adalah sekumpulan routines, protokol, dan tools untuk membangun perangkat lunak dan aplikasi.”

Sejak 1970 hingga saat ini, API sudah berevolusi. Untuk memudahkan Agan Sista dalam mengikuti, di bawah ini adalah poin-poin penting dalam perjalanan evolusi API yang perlu dicatat:

  • Apple Inc memulai debutnya dengan merilis Macintosh pada 1984 dan Microsoft secara resmi merilis Windows 1.0 pada 20 November 1985. Apple dan Microsoft menyediakan API untuk Macintosh dan Windows sehingga perusahaan dan developer bisa mengembangkan aplikasi di atas sistem operasi mereka.

  • Bersamaan dengan bangkitnya teknologi internet, Microsoft merilis SOAP pada 13 September 1999. Menurut Wikipedia, “SOAP, akronim dari Simple Object Access Protocol, adalah spesifikasi protokol untuk pertukaran informasi terstruktur dalam web services”.

  • Roy Thomas Fielding, di tahun 2000 dalam disertasi PhD berjudul “Architectural Styles and the Design of Network-based Software Architectures”, mengembangkan Representational state transfer (REST). REST adalah style arsitektur yang sangat mempengaruhi internet.

  • SOAP dan REST dikenal dengan “Web APIs.” Belakangan ini, para developer telah berpindah dari SOAP menuju gaya yang lebih REST.

  • Amazon.com meluncurkan komputasi awan Amazon Web Services (AWS) pertamanya pada 2006. Amazon.com menyediakan API untuk seluruh produknya yang berupa jasa.

  • Apple merilis API iOS pada 6 Maret 2008. Lalu diikuti Google yang merilis API Android pada 18 Agustus 2008. Mereka dikenal sebagai “API native app”.

Kalau membaca dari poin-poin di atas, bisa dibilang API memainkan peran penting sebagai building block untuk PC, komputasi perangkat bergerak (mobile), komputasi awan dan pengembangan internet sejak lebih dari 40 tahun lalu.

Quote:Apa Sih ‘SDK’ Itu?

Menurut Wikipedia, “Software Development Kit (SDK) adalah sekumpulan perangkat lunak yang menjadi alat (tools) untuk pembuatan software package, framework perangkat lunak, platform perangkat keras (hardware), sistem komputer, konsol video game, sistem operasi tertentu atau pengembangan platform yang serupa.”

Akademisi dan kalangan industri sudah menginvestasikan waktu, uang dan sumber daya untuk mengembangkan aplikasi yang user-friendly (bersahabat bagi pengguna) supaya mereka dapat meningkatkan produktivitas. Developer-lah yang mendesain dan membangun aplikasi ini.

Jutaan aplikasi sudah dikembangkan oleh para developer selama 6 dekade terakhir, jauh sebelum API populer. Di tahun-tahun mendatang, akan lebih lebih banyak aplikasi yang dikembangkan. Mengembangkan perangkat lunak butuh seni dan ilmu pengetahuan. Bill Gates mengatakan, “Software is a great combination between artistry and engineering.” (Perangkat lunak adalah kombinasi luar biasa antara karya seni dan teknik). Maka dari itu, alat (tools) yang developer-friendly atau engineer-friendly dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas developer.

Menyediakan API saja nggak akan cukup meskipun sebagai salah satu komponen utama. Developer butuh SDK yang hebat sebagai alat (tools). SDK yang dimaksud termasuk - tapi nggak terbatas - pada hal-hal ini:

- Getting Started
- Panduan Untuk Developer
- Dokumentasi API
- Contoh-contoh kode
- Mendukung bahasa pemrograman populer: Java, JavaScript dan Swift
- Pustaka pendukung
- Alat (Tools)
- Install, update dan uninstall
  • Sandbox
  • Emulator
  • Performa
- Forum komunitas untuk diskusi
- Developer Support


Mengenal Tim Evangelist

Perangkat lunak sudah mengotomasi banyak hal. Meskipun begitu, perangkat lunak belum mengotomasi pengembangan perangkat lunak itu sendiri. Banyak pengembangan perangkat lunak butuh “panduan” dan tenaga kerja yang intensif. Industri yang berkembang dan berevolusi dengan cepat – dari mainframe, komputer mini, workstation, komputer personal (PC), smartphone, internet, Internet of Things – membuatnya makin menantang. Sebagai contoh, Microsoft sudah merilis lebih dari 30 upgrade mayor dan minor dari sistem operasinya selama 30 tahun terakhir. Setiap ada rilis besar berarti SDK juga di-update.

Developer butuh bantuan dalam upgrade SDK untuk saat ini dan di masa depan. Perusahaan besar punya tim yang mendukung SDK – beberapa perusahaan menamakannya tim Evangelist – untuk membantu developer pihak ketiga.

Tugas Evangelist:
  • Merekrut developer pihak ketiga
  • Mengedukasi developer pihak ketiga
  • Membantu mereka sesuai kebutuhan
  • Mengadakan preview dan review SDK
  • Mengadakan event
  • Mengumpulkan feedback dan kebutuhan untuk mengembangkan SDK
  • Mempromosikan SDK

Facebook punya Partner Engineers (Rekan). Dari majalah Fortune, Matt Weinberger menjelaskan [Partner Engineers Facebook sebagai] tim ahli yang menghabiskan waktu bekerja bersama developer luar hanya untuk memastikan mereka bisa “membangun, mengembangkan dan memonetisasi” apps mereka.”

Quote:FYI:
Membangun SDK memang bukan hal yang gampang, Gan. Bagaimana kita tahu kita sudah benar atau salah? Apakah kita sudah memenuhi semua kebutuhan konsumen? Cara terbaik adalah mengadakan review SDK dengan mengundang pengguna potensial. Contoh skenario:

1. Mengadakan preview secara internal
2. Mengadakan preview secara eksternal pertama dengan mengundang hanya 3-5 perusahaan
3. mengumpulkan masukan
4. Meng-update SDK berdasarkan masukan tersebut
5. Adakan review kedua dengan mengundang sekitar 15-20 perusahaan
6. Meng-update SDK berdasarkan masukan mereka
7. Adakan review secara publik
8. Meng-update SDK
9. Rilis SDK
10. Meng-update SDK berdasarkan masukan developer


Kita sampai di pertanyaan terakhir, Gan: Haruskah Saya Membangun Sebuah SDK? Sebagian orang menganggap usaha-usaha di atas akan membutuhkan biaya yang sangat mahal, mungkin Agan Sista yang berkecimpung dalam industri ini akan berpikir hal yang sama. Meski begitu, proses review yang lemah bisa lebih merugikan perusahaan – developer pihak ketiga yang kecewa, konsumen kesal yang akan membawa bisnis mereka ke tempat lain – kalau perusahaan nggak melakukannya dengan benar. Hari ini, kita hidup di lingkungan di mana konsumen memegang kontrol. Jeff Bezos mengatakan, konsumennya (Amazon.com) sangat setia; sampai orang lain memberikan penawaran lebih menggiurkan. Dalam kata lain, kompetitor akan merebut konsumen kita jika kita tidak bisa menjaganya.

Singkat kata, menyediakan SDK adalah jalan masuk bila kita ingin developer pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi dengan API kita.

Sumber: Technology and Business Innovations by Armand Hartono and On Lee

Dalam postingan selanjutnya, ane akan menjelaskan apa itu Platform dan Hackathon sehingga kita akan sampai di kesimpulan kalau Platfom: Hackathon; API dan SDK sangat mempengaruhi bisnis kita. Lalu ada apa di postingan ketiga? Ane akan membahas seputar financial technologies yang pastinya sangat informatif.

Mimin Share tentang Peran API & SDK Untuk Bisnis Agan!

Oh iya, ane nggak akan cuma posting thread aja, Gan. Ane juga akan diskusi bareng Kaskuser di Community Meetup yang akan diadakan di KASKUS Playground pada Rabu 30 Maret 2016. Ane akan sharing soal BCA Finhacks yang akan berlangsung pada 23 -24 April 2016. Belum daftar Community Meetup Gan? Buruan daftar langsung di sini dan cari tau lebih banyak soal Community Meetup yang akan datang di sini. Info lengkap seputar BCA Finhacks 2016 bisa agan cek di sini. Ane tunggu partisipasinya ya Gan, sampai ketemu di thread berikutnya.
Pertamax di tread mimin
reseved
Mantap min


Penyamun Pejwan

~ Kami penyamun, bukan penyabun
Karena sabun bukanlah sebuah pilihan ~
mangstab,,
edit:

eh ane pejwan trit mimin
reseved
reseved
Thanks min ilmunya
Nongkrong dulu
reseved
nih elmu ane blum mampu ngulik... asli ane agak mumet
Numpang pejwan deh di thread mimin.
nanti dibacanya mejeng dulu min
reseved
Pejwan dulu di trit mimin
--
Edited:

Berat nih bahasannya min.
Jadi SDK itu fungsinya buat bikin aplikasi
reseved
Wow
Sering denger tuh.
Dulu pernah download SDK android pas masih belum booming.
Iseng pengen nyoba android doang

*nyambung ga ya*
reseved
reseved
API sama AI kayanya hampir mirip min


GEMBOK PAGEONE THREAD ADMIN

lah kok naek komen ane kemaren 20
reseved
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar