Pages


Rabu, 25 Mei 2016

5 Fakta Hubungan Gelap Alkohol dan Kriminalitas

Alhamdulillah jadi HT sehingga makin banyak yang baca. Thanks buat Momod, Agan yang udah rekomen, dan Mimin. Sehingga thread ane bisa selamat dari ketertenggelaman.


5 Fakta Hubungan Gelap Alkohol dan Kriminalitas
Quote:Ini pengambilan datanya sih bukan di Indoneseia Gan&Sist, tetapi di UK dan Wales, solanya ane masih belum nemu data di Indonesia. Judul aslinya juga bukan "5 Fakta Hubungan Gelap Alkohol dan Kriminalitas", tetapi "5 Facts About Alcohol-related Violence". Kenapa ane tambahin kata "Gelap". Karena menurut ane hubungan Si Alkohol dan dan Si Kriminalitas masih gelap di Indonesia, banyak yang belum melek atau mungkin lebih tepatnya pura-pura merem soal hubungan ini. Yah mau dikata apa lagi, soalnya sebagian dari banyaknya hubungan gelap ini berlindung di balik tirai yang mengatasnamakan "kebudayaan". Dan rakyat Indonesia sangat mencintai yang namanya "Kebudayaan Nusantara", dan katanya juga sih sangat alergi terhadap "Benda Asing", eh.. maksud ane "Kebudayaan Asing". Katanya ya .. Belum lagi dibalik tirai-tirai itu sudah bersiap opnum-opnum penegak hukum dan pembuat kebijakan, yang dengan dada-dada membusung siap melindungi aset pendapatan tambahan mereka.

Soal data statistiknya, sebenarnya masih banyak data dan statistik lain, cuman ane memilih ini karena dilengkapi ilustrasi yang menarik. Selamat Menyimak


5 Fakta Hubungan Gelap Alkohol dan Kriminalitas
Quote:1. 53% dari insiden kekerasan yang melibatkan orang dewasa berkaitan dengan penggunaan alkohol.

5 Fakta Hubungan Gelap Alkohol dan Kriminalitas
Dari total insiden kekerasan sebanyak 1.327.000 insiden di UK dan Wales, sebanyak 704.000 atau sekitar 53% nya berkaitan dengan penggunaan alkohol. Jadi seandainya, ini seandainya loh.. Gak mungkin soalnya. Seandainya peredaran alkohol dianggap ilegal di UK dan Wales, berapa banyakkah insiden kekerasan yang bisa dicegah atau kurangi?


Quote:2. Kekerasan terkait penggunaan alkohol lebih sering melibatkan korban laki-laki.

5 Fakta Hubungan Gelap Alkohol dan Kriminalitas
Ini bukan berarti jumlah kekerasan akibat penggunaan alkohol terhadap wanita sedikit ya.. Bahkan diantara kasus kekerasan terhadap wanita, dampaknya lebih besar. Karena selain kemampuan mempertahankan diri wanita lebih kecil ketimbang laki-laki, banyak kasus yang terjadi dengan wanita dijadikan objek kekerasan seksual oleh pelaku.


Quote:3. Kekerasan terkait penggunaan alkohol paling sering melibatkan orang asing, diikuti oleh orang dekat atau dikenal, dan kemudian insiden kekerasan dalam rumah tangga.

5 Fakta Hubungan Gelap Alkohol dan Kriminalitas
Dari data ini ane jadi keinget sama kawan ane, waktu SMA, doi jalan kaki ke sekolah, udah deket sekolah eh taunya dilempar sama orang mabok yang nongkrong di dekat sekolah. Dan dari data ini ane juga keinget, kalo senior fakultas sebelah ane kalo mau ngospek mahasiswa baru biasanya "minum" dulu, biar lebih "sangar" waktu ngospek (dibaca: bullying dan melakukan kekerasan) mahasiswa baru.


Quote:4. Insiden kekerasan yang melibatkan penggunaan alkohol lebih sering terjadi pada akhir pekan.

5 Fakta Hubungan Gelap Alkohol dan Kriminalitas
Dari data diatas yang menggambarkan kejahatan terkait alkohol lebih banyak terjadi di akhir pekan. Ane juga jadi keinget dengan kasus Yuyun -rahimahullah- (semoga Allah merahmatinya), Agan dan Sista tau pada hari apa kejadian itu terjadi? Ya, hari Sabtu.
#NyalaUntukYuyun


Quote:5. Proporsi insiden kekerasan terkait penggunaan alkohol meningkat ketika malam berlangsung

5 Fakta Hubungan Gelap Alkohol dan Kriminalitas
DPRD Jakarta gak salah ane dulu sempat ngajukan pengurangan jam buka tempat-tempat hiburan malam ya? Hem, kalau berbicara data yang ada dan teori peluang, sangat beralasan sih usulan ini. Tapi sepertinya kebijakan ini gak jadi dibuat deh, karena akan memberikan kerugian bagi pengusaha di sektor hiburan malam.


Quote:Bagaimana dengan nergeri kita, tanah air kita, Indonesia? Kemungkinan besar sih gak seperti UK dan US yang secara mutlak melegalkan alkohol. Tapi, ane pribadi sih yakin, bahwa kasus kekerasan seksual terkait dengan alkohol, yang sekarang menjadi santapan nan lezat awak-awak media dan para penikmat berita yang dieksploitasi sedemikian rupa, hanyalah puncak dari fenomena gunung es terkait hubungan alkohol dan tindak kriminalitas. Agan punya keyakinan lain? Terserah Agan.. Tapi sebaiknya keyakinan itu dilandasi dasar yang kuat dan global, bukan cuman asumsi hasil dari sampel pengalaman pribadi atau kelompok kecil tertentu.

Lalu dengar-dengar Mendagri bakal banyak mencabut perda terkait regulasi miras ya? Sebagai rakyat kecil, kalo menghujat pemerintah juga gak bakal didenger, kalo doain keburukan buat mereka, nanti juga merembet kenak rakyatnya, yah jalan terbaik yang bisa ane tempuh cuman mendoakan kebaikan untuk Bapak Jokowi beserta jajaranya saja, sehingga baik pula kebijakan-kebijakan yang diambil, selanjutnya ane cuman bisa bersabar sebagai rakyat biasa, menjalani hidup sebaik mungkin, mengumpulkan bekal menuju kehidupan berikutnya.


Quote:Sumber: Klik disini.

Quote:Terus Kenapa?
Ada yang bertanya, kalau ada data seperti ini, "Terus Kenapa" ?
Gak tau juga ya Gan, ane cuma share aja nih, buat studi banding ke luar negeri ini. "Terus Kenapa?" Mungkin pertanyaan tersebut bisa diajukan ke BPS nya UK atau Federal-nya AS, atau WHO yang udah buang-buang duit dan waktunya buat nyensus keterkaitan ini. Kayak kurang kerjaan aja ya Gan?




Quote:Jangan Mengeneralisasi dan Alkohol Punya Sisi Baik
Apakah semua pengkonsumsi alkohol seperti ini. Ane dengan lantang akan bilang "GAK!". Tapi apakah pengkosumsi alkohol punya peluang kearah itu? Apakah pengkonsumsi alkohol punya peluang lebih besar untuk itu ketimbang yang tidak? Ah.. cukuplah ita jawab masing-masing dalam hati-hati kita.

Apakah minuman alkohol punya sisi baik dan manfaat, dengan lantang dan sangat yakin, maka gue bilang, "IYA". Bahkan judi juga mempunyai sisi baik, berselingkuh juga mempunyai sisi baik. Bahkan semua yang dilarang didunia ini mempunyai sisi baik. Masalahnya berapa banyak sisi buruk ketimbang bainya? Ah.. cukuplah kita jawab masing-masing dalam hati-hati kita.

Dan tentunya menjawabnya dibutuhkan timbangan yang global dan valid, bukan sekedar pendapat, pengalaman, atau pengamatan pribadi atau kelompok yang tak layak dijadikan sampel statistik. Ah.. cukuplah itu kita jawab masing-masing dalam hati-hati kita.

Dan sorry to say buat yang muslim, tidak ada ranah diskusi atau tawar menwar dalam masalah ini.

Jayalah Negeriku ! Jayalah Indonesiaku! :


Quote:Senyum Dulu
Hem, kayaknya lumayan banyak yang tegang nih. Nonton bareng dulu yuk Gan .. Iklan Layanan Masyarkat dari Thailand. Cuman 30 detik aja kok, kualitas juga rendah, jadi gak banyak ngisep kuota. Isinya gak jauh dari pembahasan kok, relatif mengocok perut pula.

Quote:



Quote:Pantengin terus yak! Ada kemungkinan bakal ane update lagi isi threadnya
Oia, kalau Agan dan Sista menganggap thread ini bermanfaat, jangan lupa ninggalin jejak dengan koment, share, dan rate biar banyak yang baca.
Buat yang udah ngebata dan cendol. Maaf ane belum ISO, jadi belum bisa balas, dan gak PLUS, sehingga gak tau siapa yang ngasi.
Terimakasih Semuanya



#NyalaUntukYuyun





Quote:Kalo ada waktu mampir ke thread ane yang laen Gan,
"Ngerokok Yang Betul Pakai Tangan Kanan atau Kiri Ya?",klik
Emansipasi Wanita, klik di sini.
Tentang "Teroris Pertama di Benua Amerika" recomended, klik disini Gan
Tentang LGBT, dimari
Perjalanan Kembar Tiga Yang Terbuang Hot Thread
Dan Thread ane yang berjudul "Mengintip Lapak Indonesia di Festival Kebudayaan Dunia ", Klik di dini.
Quote:Menurut "Analysis of National Data", kalo di Indonesiakan mungkin hasil sensunya AS, Prevalensi Keterlibatan Alkohol pada Kriminalitas yang dibuat oleh Departemen Kehakiman AS,
sekitar 40% dari narapidana yang dipenjara karena pelanggaran kekerasan telah mabuk karena alkohol saat melakukan kejahatan.

Quote:Perampokan
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh NCADD, 15% dari perampokan di Amerika (sekitar 197.000 kasus) dilakukan oleh pelaku yang telah menggunakan alkohol saat beraksi.
Jumlah rata-rata dari korban kekerasan setiap tahunnya di Amerika Serikat berjumlah sekitar 11,1 juta, dengan 128.790 insiden di mana pelaku menggunakan alkohol.

Quote:Kekerasan Seksual dan Pemerkosaan
37% dari perkosaan dan kekerasan seksual di AS (sekitar 149.000 kasus), dilakukan oleh pelaku yang telah menggunakan alkohol.

Quote:Serangan Brutal
27% dari Serangan Brutal di AS (sekitar 509.859) dilakukan oleh pelaku yang telah menggunakan alkohol.

Quote:Kekerasan Terhadap Pasangan
  • Hampir dua-pertiga dari korban yang mengalami kekerasan terhadap pasangan (ini termasuk pasangan, atau mantan, tunangan, pacar baik pria maupun wanita) menyatakan bahwa pelaku telah menggunakan alkohol sebelum insiden itu.
  • 3 dari 4 insiden dalam penyalahgunaan suami-istri dilaporkan telah memiliki seorang pelaku yang telah minum di beberapa tempatsebelumnya.
  • Korban yang telah dilaporkan sekitar 457.000, alkohol terlibat dalam kekerasan terhadap pasangan ini.
  • 57% dari perempuan korban kekerasan terhadap pasangan terjadi ketika pelaku menggunakan alkohol.

Quote:Pembunuhan
Penelitian federal AS menunjukkan bahwa 40% dari pembunuh yang telah didakwa, menggunakan alkohol sebelum atau selama pembunuhan tersebut.

Quote:Satu hal penting untuk diingat adalah bahwa penggunaan alkohol tidak hanya marak di kalangan para pelaku kejahatan saja, namun juga banyak ditemukan korban kejahatan sedang dibwah pengaruh alkohol juga. Karena Alkohol membuat orang lebih rentan dan merusak penilaian berfikir, yang dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan.

Quote:Sumber: Statistic of Alcohol and Crime in US
Wooow... ternyata alkohol berperan besar didalam kasus kriminal ya gan.
selingkuhan brarti bre
y orang mabok tindakan nya gag terkira,, bisa ngelakuin kejahatan tanpa sadar
simak dlu
jd kek teman mavhok di porum bp ya
mabok = mahok
Quote:Original Posted By setugel
Wooow... ternyata alkohol berperan besar didalam kasus kriminal ya gan.

Iya Gan..
cuman ane belum dapet data yang di Indonesia nih, penasaran juga ..
Quote:Original Posted By cimakcimik
selingkuhan brarti bre

maksudnya gara-gara hubungan gelap gitu
Quote:Original Posted By Saranghea
y orang mabok tindakan nya gag terkira,, bisa ngelakuin kejahatan tanpa sadar

Yoi Gan.. waktu mabok kan akal hampir gak jalan, jadinya ya gitu..
jgn mabok ntr jadi gelap
bahaya juga
Jauhilah alkohol dan pengonsumsinya
deleted,
Minuman alkohol dalam kadar tertentu bikin orang mabok,,, orang mabok kadang ga bisa mikir logis, orang kalo udh ga bisa mikir logis,,, jadilah dia bisa melakukan apa ajah entah kriminal atau bukan,,,
makan nya alkohol itu haram krna itu
wah ngeri juga ya bray efek mabuk alkohol,untung ane mabuk kalo naek bis umum
kan kalo di larang, nanti hoak ga dapet duit dari produsen miras
regulasi peredaran alkohol diperketat lagi,
sama edukasi tentang dampak buruk alkohol juga penting tuh
Quote:Original Posted By penabuh82
kan kalo di larang, nanti hoak ga dapet duit dari produsen miras

sebenarnya ane mau banyak nyinggung soal statement doi terkait miras gan.. Tapi, kalo masukin itu, maka tertutuplah peluanga ane buat ngincer HT.
ane jadi inget kata om deddy corbuzier, dia lebih milih ngerokok daripada minum alkohol, soalnya rata2 kalo orang udah mabok pasti berbuat tindak kriminal
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar