Pages


Sabtu, 30 Juli 2016

Bedanya Mentega dan Margarin Apa sih Gan?, disini Jawabannya

Bedanya Mentega dan Margarin Apa sih Gan?, disini Jawabannya
Halo Agan Sista ketemu lagi dengan ane BayuSumardi
Nah kali ini ini kita akan membahas tentang bumbu dapur yang gak mungkin asing di mata sista
Oke tanpa Basa Basi Kita Lompat ke TKP

Quote:Sebenarnya Agan merasa bingung gak sih saat disuruh mak atau bapak beliin Mentega/Margarin dan pasti agan akan sulit Membedakaannya karena punya Fungsi yang sama yaitu untuk Membuat Kue namun tau gak sih Gan? Kalo Mentega dan Margarin Ada Perbedaannya, Mau Tau? Yuk Liat Quote di Bawah
Quote:
Spoiler for Mentega:
Bedanya Mentega dan Margarin Apa sih Gan?, disini JawabannyaBahan PembuatannyaMenurut bahan pembuatnya, mentega terbuat dari lemak hewani yang biasanya berasal dari krim susu atau lemak susu. Secara fisik, mentega memiliki tekstur yang lebih lembek jika dibandingkan dengan margarin sehingga tidak dapat bertahan walau dalam suhu ruangan atau mudah meleleh. Warnanya cenderung lebih pucat dan memiliki aroma khas yang sangat enak seperti aroma susu. Mentega tidak dapat disimpan lama di udara terbuka karena mudah teroksidasi dan berbau tengik.

Karena berbahan dasar lemak hewani, mentega memiliki kadar kalori dan lemak jenuh yang sangat tinggi. Tentunya hal tersebut kurang baik bagi kesehatan karena mengandung kolestrol jahat yang dapat berakumulasi dalam tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun begitu, mentega lebih banyak disukai karena rasa dan aromanya yang menggugah selera.
Pengunaannya Mentega kurang cocok digunakan sebagai bahan pembuat kue, karena teksturnya yang lembek maka hasil akhir kue basah tidak akan terbentuk secara sempurna. Mentega memiliki kemampuan mengemulsi yang buruk sehingga jarang digunakan untuk membuat kue tanpa didampingi dengan campuran margarin.

Biasanya, mentega dipilih sebagai bahan pembuat kue kering seperti cookies untuk mendapatkan hasil yang renyah dan ringan. Nama butter cookies merupakan kue yang menggunakan bahan dasar mentega dalam jumlah banyak sehingga teskturnya garing namun sangat ringan.
Spoiler for Margarin:
Bedanya Mentega dan Margarin Apa sih Gan?, disini JawabannyaBahan PembuatannyaJika dilihat dari bahan pembuatnya, margarin terbuat dari lemak nabati yang dicampur dengan pengemulsi dan bahan-bahan tambahan lainnya sehingga membentuk krim setengah padat dengan tekstur yang lebih kaku dibandingkan dengan mentega. Secara fisik, margarin memiliki warna kuning terang, tidak mudah meleleh dalam suhu ruangan dan lebih tahan lama serta rasanya cenderung lebih asin.

Margarin mengandung banyak lemak tak jenuh yang kaya akan omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kesehatan. Namun, beberapa jenis/merk margarin juga mengandung lemak trans yang merupakan kolestrol jahat. Zat tersebut merupakan hasil sampingan dari hidrogenasi miyak nabati sehingga kini produsen makanan berusaha untuk menghindari / meminimalisir proses hidrogenasi seiring meningkatnya kesadaran untuk hidup sehat.
Penggunaannya Pada umumnya, margarin memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan mentega dan memiliki pengemulsi dengan kemampuan yang lebih baik. Oleh karena itu, margarin cocok digunakan untuk membuat kue seperti cake dan beberapa jenis kua basah lainnya. Hanya saja, kekurangan margarin terletak pada aromanya yang khas dan cenderung asam karena mengandung lemak tak jenuh dengan kadar yang cukup tinggi.

Penggunaan lainnya, margarin seringkali digunakan untuk memasak seperti menumis dan menggoreng. Hasil gorengan yang didapatkan lebih renyah dan lebih gurih dibandingkan dengan miyak goreng cair konvensional. Selain itu, hasil gorengannya juga lebih garing tanpa menyisakan tetesan minyak.


Quote:Bisakah Margarin dan Mentega Saling Menggantikan?
Spoiler for Jawabannya:
Bedanya Mentega dan Margarin Apa sih Gan?, disini JawabannyaSecara teknis, mentega dan margarin tidak dapat saling menggantikan tapi tidak bersifat mutlak. Mentega kurang cocok untuk menggantikan margarin dalam hal membuat kue basah karena tekstur kue yang didapat menjadi lembek dan tak berbentuk namun rasanya memang lebih enak.

Sementara margarin kurang cocok untuk menggantikan mentega dalam hal membuat kue kering. Tekstur yang didapat nantinya menjadi kurang garing dan kurang lembut serta cenderung agak keras.

Untuk mendapat hasil yang terbaik saat membuat cake, biasanya mentega dan margarin dipadukan dengan tujuan mendapatkan tekstur yang baik dengan rasa dan aroma yang enak. Sementara untuk membuat kue kering, mentega menjadi prioritas untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang terbaik. Margarin lebih cocok untuk penggunaan multifungsi yang tidak didapatkan dari mentega seperti menggoreng, menumis dan keperluan memasak yang lainnya.

Perbedaan margarin dan mentega tersebut sekaligus merupakan kekurangan dan kelebihan dari keduanya. Kendati tidak dapat saling menggantikan secara keseluruhan, keduanya dapat dipadukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga bermanfaat Gan!

Spoiler for Alhamdullilah HT:
Terimakasih Agan Kaskuser, Mimin dan Momod akhirnya Trit ini jadi HT ane yg pertama Bedanya Mentega dan Margarin Apa sih Gan?, disini Jawabannya

Terima Kasih Telah berkunjung ke Thread ane,
Ane akan selalu bikin Thread berkualitas, berilmu dan berbobot

Oh ya ane lupa, doain ya gan semoga thread ini Murni 100% NO REPSOL
Spoiler for NO Repsol Gan!:
Bedanya Mentega dan Margarin Apa sih Gan?, disini Jawabannya

Akhir Kecap Abdi Ucapkeun
Wassalamu Alaikum Wr Wb.
Semoga Bermanfaat

yang udah ISO bagi cendolnya dong gan ane selalu nolak
beda tipis sih gan.
dirasa aja udah beda
bedanya tipis ye bre...



gw pikir sama aja

he he makasih gan infonya
ane kira sama gan..
jadi butter tuh mentega atau margarin
yang pasti menurut ane dua-duanya cocok buat masak telur goreng
wah ada bedanya toh
baru tau ane gan, ane kira sama.. nice impoh gan
Quote:Original Posted By sharebeast.down
beda tipis sih gan.
dirasa aja udah beda



Quote:Original Posted By sharebeast.down
dopost sorry



Quote:Original Posted By sharebeast.down
sorry tripos inet lelet.


kurang banyak ente brey postingnye
Saling melengkapi fungsinya
Dari lagunya juga beda.
Sungguh Margarinya garinya garinya
Sungguh menteganya teganya teganya
Kirain sama bray
ane pilih butter aja dah


mampir di trit ane bre [KOMBAT GO] Persona+Naruto Go: Advanced Battle, Advanced Dungeon! http://kask.us/ihobw
baru tau ane ada bedanya
oh itu beda nya
ane dah tau gan
Ooooo gitu baru tau ane gan bedanya
ane ndak pake mentega bray langsung telen
Waduh bru tau bre
gagal maning
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar