Pages


Jumat, 29 Juli 2016

Besok 29 Juli 2016 Nggak Jadi Kiamat, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Terima kasih untuk semua agan-agan Kaskuser, mimin, momod, yang sudah bikin trit ini jadi Hot Thread...
Spoiler for Hot Thread:

Besok 29 Juli 2016 Nggak Jadi Kiamat, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Cekidot


=========================

Selamat pagi gan

Akhir-akhir ini berita prediksi kiamat oleh End Times Propechies makin viral.
Emang nggak viral-viral amat sih... (dan emang nggak perlu di-viral2in)
Mereka memprediksi kiamat terjadi besok 29 Juli 2016—besok Jum'at gan!
Kata mereka, ini terjadi karena ada pergeseran kutub magnet Bumi yang akan mengakibatkan bencana besar.

Spoiler for Ini videonya. Nggak usah ditonton, ngabisin kuota:


Gimana pendapat agan tentang prediksi kiamat ini?



Kalo ane sih nggak percaya. Bukan sekedar karena “hanya Tuhan yang tahu kapan kiamat terjadi”, tapi ane udah mempelajari alasan yang dibuat-buat oleh mereka, tentang pergeseran kutub magnet Bumi yang bisa ngehancurin Bumi.
Dan ane lebih tertarik membahas alasan mereka itu daripada kiamat itu sendiri....
Karena, bagaimana pun juga, kiamat itu hak preogragatif Tuhan. Kalau Dia ingin kiamat besok itu pun bisa2 aja.

Ane bakal berusaha ngejelasin secara sederhana… ikutin ya gan


Bumi adalah magnet raksasa


Quote:Sebelum melangkah ke pembahasan yang lebih jauh, pertama-tama harus kita ketahui bahwa Bumi merupakan magnet raksasa—serupa dengan magnet yang menjadi hiasan di kulkas agan tapi lebih besar.
Bukti sederhana dari fakta Bumi sebagai magnet ini dapat kita temui pada kompas.
Kenapa kompas dapat selalu menyesusaikan posisinya? Utara menghadap ke utara dan selatan menghadap ke selatan?
Jawabannya adalah karena adanya medan magnet Bumi. Keberadaan medan magnet Bumi membuat orientasi magnet kompas (dalam keadaan bebas) untuk menuju arah tertentu.

Besok 29 Juli 2016 Nggak Jadi Kiamat, Ini Penjelasan Ilmiahnya


Darimana sifat magnet Bumi muncul

Quote:Sifat medan magnet Bumi mucul akibat pergerakan logam cair yang panas di dalam Bumi. Pergerakan logam cair (demikian juga ion-ionnya) di dalam bumi dapat dianggap sebagai arus listrik, dan arus listrik tersebutlah yang menghasilkan medan magnet Bumi.


Perubahan medan magnet itu wajar

Quote:Medan magnet Bumi dihasilkan oleh pergerakan logam cair di dalam Bumi, sementara pergerakan tersebut adalah pergerakan yang dinamis. Jika penyebab sifat magnetnya (yaitu pergerakan logam cair) dinamis, bukankah masuk akal bila medan magnetnya akan dinamis pula?
Maka dari itu, perubahan medan magnet tentu dapat terjadi dengan mudah—dan itu sebuah hal yang wajar.
Berdasarkan keterangan dari NASA, kutub utara magnet Bumi telah berpindah secara perlahan sejauh 1.100 km sejak awal abad ke-19...
...dan sekarang pergerakannya menjadi lebih cepat, yaitu 40 km per tahun, dan karena hal itulah pembalikan kutub magnetik bukan hal yang tidak mungkin.
Para ilmuwan memahami bahwa orientasi medan magnet bumi telah beberapa kali berbalik—yang masing-masing membutuhkan waktu ribuan tahun.

Maka dari itu, jika anda berbalik ke masa lalu—sebut saja 800.000 tahun yang lalu, kompas anda mungkin akan menunjuk arah Antartika sebagai arah utara.
Tidak hanya tentang pergeseran kutub magnet, pergerakan dinamis dari logam cair dalam Bumi juga memungkinkan kenaikan dan penurunan kuat medan magnet Bumi....
...namun demikian, tidak ada indikasi bahwa medan magnet bumi pernah hilang sama sekali.


Medan magnet melindungi dari angin matahari

Quote:Salah satu manfaat utama medan magnet Bumi adalah untuk melindungi Bumi dari angin matahari. Angin matahari terdiri dari partikel-partikel elementer berenergi tinggi yang bisa membahayakan manusia apabila mengenainya (salah satunya mengakibatkan mutasi DNA).

Besok 29 Juli 2016 Nggak Jadi Kiamat, Ini Penjelasan Ilmiahnya
Dengan keberadaan medan magnet Bumi, kedatangan angin matahari dapat ditahan, untuk kemudian bergerak menuju arah kutub membentuk aurora yang indah.


Kiamat? Ah masa'?


Quote:Pergeseran kutub magnet bumi dan angin matahari sudah biasa didramatisir menjadi penyebab akhir dunia.
Mereka bilang bahwa pergeseran kutub magnet Bumi suatu saat akan mengakibatkan kondisi pembalikan kutub magnet yang mengakibatkan magnet Bumi melemah atau bahkan hilang sama sekali—sehingga tidak bisa menangkal angin matahari. Kejadian itu lalu mengakibatkan seluruh barang elektronik mati, ketidakstabilan atmosfer, bencana, dan seterusnya...
Mari kita lihat sekali lagi.
Sebelumnya sudah kita pahami bahwa kutub magnet Bumi memang bergeser—dan itu hal yang wajar. Sudah pula kita pahami bahwa kutub magnet Bumi memang telah berkali-kali berbalik arah. Sudah kita pahami pula bahwa medan magnet Bumi kadang melemah dan kadang meningkat.
Lalu, bagaimana dengan pergeseran kutub magnet yang mengakibatkan medan magnet Bumi hilang?
Singkatnya, selama pergerakan logam cair dalam Bumi masih ada, medan magnet Bumi pun masih tetap ada.
Dan berdasarkan catatan geologi dan fosil yang ada, ratusan kali pembalikan orientasi magnetik Bumi tidak pernah disertai kondisi medan magnet yang hilang sama sekali....
....dengan demikian, perubahan orientasi magnetik ini tidak mungkin bisa mengakibatkan kehancuran Bumi—apalagi kiamat yang harus menghancurkan alam semesta.




So, begitulah penjelasan dari ane tentang isu kiamat besok Jumat ini.
Alhamdulilah, berita kiamat 29 Juli ini nggak terlalu heboh kayak 2012 lalu... ini artinya masyarakat Indonesia udah lebih pinter dari sebelumnya, nggak gampang kemakan hoax.

Kalo pendapat agan tentang isu kiamat ini gimana?
Tulis di komentar ya gan..

Quote:Sumbernya dari sini: Saintif: Pergeseran Kutub Magnetik Bukan Penyebab Kiamat 29 Juli 2016
Quote:
Untuk dapet lebih banyak tulisan tentang sains:
Besok 29 Juli 2016 Nggak Jadi Kiamat, Ini Penjelasan Ilmiahnya Saintif



Jangan lupa Share ya gan, biar makin banyak orang yang tau.
Tengkyu.



========================

Tambahan bagus dari Kaskuser

Quote:Original Posted By wiyastra
Pergeseran kutub magnet bumi merupakan hal yang lumrah terjadi menurut sains, tetapi memang tidak bs dirasakn langsung krn terjadinya begitu lambat yaitu sekitar 1 derajat tiap 72 tahun. Pergeserannya pun bukan membalik kutub utara jd selatan dan sebaliknya, tp sumbu utara dan selatannya jadi sedikit berputar saja dan baru bisa dirasakan ketika pergesarannya cukup banyak alias setelah ribuan tahun. Itupun terjadinya perlahan sekali dan penduduk dsitu pastinya sudah bermigrasi. Menurut para ilmuwan dampak utamanya yaitu pergantian iklim, di beberapa daerah akan kekeringan (jadi gurun) dan daerah lain akan makin hijau (banyak hujan), bahkan ada daerah yang akan menjadi sangat dingin, tapi prosesnya tentu bs balik lagi setalah siklus ribuan tahun tsb berputar lagi. Ada bberapa film dokumenter di youtube yang bagus dan kiranya bs ditonton kl ente tertarik dengan hal ini:

1. Tentang tulang manusia yang ditemukan di gurun sahara menguak kehidupan manusia ribuan tahun lalu yang bahkan jauh sebelum piramid mesir berdiri. Ternyata dulu gurun sahara sebenarnya hijau. ini jg yg secara gak langsung menjelaskan kenapa peradaban mesir yg maju itu ada di gurun panas. masak iya bikin peradaban di tempat yang gersang. itu karena dulu mesir gak sepanas sekarang n setidaknya agak hijau.



2. Tentang gurun sahara lebih jauh lagi ke belakang (salah satu seri dr how earth was made by pbs nova documentary)



3. Quest for lost civilization by graham hancock (pergeseran kutub magnet bumi dijelaskan dsini, walau beberapa pakar menyebut ini semi pseudoscience)



dan banyak lagi lainnya. Kl ente suka dengan sejarah yang diperkuat dengan data arkeologi coba cari dokumenter lawas (80-90an) misal graham hancock, michael wood, atau john romer. page wan dong brow. hehe


mangkanya jangan sok tahu


btw sepi amat . yang buat trit pada kmana nih
Quote:Quote:Mampir juga bree ke Trit Sampah Ane :
6 Anime Yang Cocok / Layak Ditonton Oleh Mahasiswa / Orang Dewasa ( Ngabuburit )

11 Tipe Pemain catur Yang Mungkin Hanya Ada Di Indonesia , Agan termasuk yang mana ?

(Penting ) Jangan Lakukan 5 Hal ini saat pra presentasi maupun presentasi dikelas !

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Bertamu ! (POKOKNYA JANGAN )

Dijamin Suka ..... Lagu Lagu Yang Cocok di Waktu Dinihari (siapin kopi bree)
Hal Mudah Tapi Kok Susah bree...
Gitu ya bray?
kalo nggak jadi ya udah
Quote:Original Posted By jalandiam
mangkanya jangan sok tahu

btw sepi amat . yang buat trit pada kmana nih


Iye, ramein bray

Quote:Original Posted By semprot.crooot
kalo nggak jadi ya udah

Emang kalo jadi mau ngapain brey?
Gan anr kebetulan bergelut di bidang geologi & geophysics. Jadi masalah perubahan medan magnet (inklinasi maupun deklinasi) bahkan udah pernah terjadi jutaan tahin lalu melalui penelitian paleomagnetisme. Sudah ada bukti batuan yang menyimpan jejak remanensi medan magnet pada masanya. Salah satunya ada yg membuktikan bahwa kutub medan magnet bumi benar2 berpindah arahnya 180 derajat. Mungkin kalo memang terjadi hewan2 yang banyak menggunakan medan magnet sebagai pembantu arah mereka dalam migrasi bakal banyak yang mati. Tapi yang jadi pertanyaan apakah kalo medan magnet bumi berubah arahnya maka mengakibatkan rotasi bumi berubah juga. Jawabannya bisa iya bisa ngga. Masih banyak misteri yg belom terpecahkan. Tapi kalo sampe rotasinya berubah ya siap2 aja kalo di islam berarti amal perbuatan udah ditutup
Quote:Original Posted By masih.sekolah
Gan anr kebetulan bergelut di bidang geologi & geophysics. Jadi masalah perubahan medan magnet (inklinasi maupun deklinasi) bahkan udah pernah terjadi jutaan tahin lalu melalui penelitian paleomagnetisme. Sudah ada bukti batuan yang menyimpan jejak remanensi medan magnet pada masanya. Salah satunya ada yg membuktikan bahwa kutub medan magnet bumi benar2 berpindah arahnya 180 derajat. Mungkin kalo memang terjadi hewan2 yang banyak menggunakan medan magnet sebagai pembantu arah mereka dalam migrasi bakal banyak yang mati. Tapi yang jadi pertanyaan apakah kalo medan magnet bumi berubah arahnya maka mengakibatkan rotasi bumi berubah juga. Jawabannya bisa iya bisa ngga. Masih banyak misteri yg belom terpecahkan. Tapi kalo sampe rotasinya berubah ya siap2 aja kalo di islam berarti amal perbuatan udah ditutup


Thanks gan, penjelasannya lebih detil.
Iya, kutub magnet bumi emang udah pernah balik berkali-kali.

Terus, apakah kalo medan magnet bumi berubah arahnya maka mengakibatkan rotasi bumi berubah juga? Kalo dari ane nggak gan. Soalnya fenomena polar shift ini itu bukan hanya terjadi di bumi aja, tapi juga planet dan bintang juga: uranus, matahari, dll. Dan selama ini nggak ada catatan kalo perubahan medan magnet bisa merubah arah rotasi. Nggak berhubungan secara langsung gan..
Kalo dari ane, perubahan rotasi Bumi itu paling mungkin kalo Bumi tabrakan sama benda angkasa lain.

Yaudah kalo gak jadi deh ane balik arah
Mang kalo jadi ente mau lari kemana breh?
IDIOT IDIOT DI FACEBOOK LAGI RAME TUH BAHAS GITUAN

Kaum 2D
Quote:Original Posted By priacoklat
Yaudah kalo gak jadi deh ane balik arah

Emang kalo jadi mau kemana bray?
Kiamat makin deket
ane baru tau klo tgl 29 juli mau kiamat gan
kebanyakan orang pinter keknya
Quote:Original Posted By butterflyboy
ane baru tau klo tgl 29 juli mau kiamat gan


Iye, emang nggak se-viral isu kiamat 2012 lalu ini bray
Berarti orang indonesia makin pinter
yang mau kiamat duluan sono aja
gembok sekalian
kalopun kiamat jg gak apa2 gan..kasian para jomblo hidup kesepian banyak utang pendapatan gak seberapa..drpd kelamaan menderita 38
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar