Tempat Dimana Kita Kadang Sering Ditipu, Waspadalah!
[ HT#021 ]
ISKRIM is baaack man-temans, gan and sista,
kita, manusia, yang selalu hidup berdampingan bersama mahluk hidup sesama ciptaan Tuhan, seringkali berhadapan dengan berbagai urusan yang mungkin diluar dugaan kita. Atas dasar kebutuhan dan ekonomi terkadang terjadi gesekkan, seperti misalkan dengan cara-cara curang, menipu atau saling menjatuhkan.
Banyak cara-cara untuk 'menghalalkan cara' agar keuntungan seseorang didapat, memperkaya diri, memenuhi keinginan diri sendiri bahkan untuk keluarga, “nauzu billahi min zalik” (“Kami berlindung dengan Allah daripada perkara (perkara buruk) tersebut (daripada menimpa kami).”
Dari pengamatan, pengalaman TS dan beberapa sumber yang ane baca, ada beberapa yang ane sebut sebagai spot atau titik dimana kita sering ditipu atau ketipu yang bisa jadi karena kelalaian kita juga. Maka di thread ane kali ini sekedar mengingatkan ente semua agar lebih teliti dan peduli dirisendiri agar tidak mudah ditipu terutama dalam keseharian kita. Apa aja sih spotnya KRIM? Nyuuuk lanjut dibaca...
TEMPAT 1
PARKIR
Sepertinya udah jadi rahasia umum kalau lahan parkiran bisa menjadi tempat basah bagi mereka petugas jaga parkir. Dengan membulatkan harga, membulatkan jam registrasi masuk kendaraan, dan lebih parahnya melipat gandakan ongkos parkir tanpa sepengetahuan pemilik kendaraan.
Kita sebagai konsumen, wajib menerima dan mengecek print out selama ente parkir mulai dari masuk, lalu hitunglah total pembayarannya. Mesin printout rusak, layar monitor petugas jaga tidak dihadapkan ke konsumen, tulisan print out terbalik, kertas print habis, adalah kemungkinan salah satu ciri-ciri petugas parkir menipu kita. Kita wajib teliti dan tak perlu tergesa-gesa pergi untuk croscek kembali total pembayaran agar kita tidak lagi ditipu.
> contoh kasus <
TEMPAT 2
MINI HINGGA SUPERMARKET
Ini juga udah menjadi rahasia umum, konsumen terburu-buru, karena lalai menjadi peluang ditipunya konsumen. Dimulai dari beda harga bayar kasir dengan harga yang tertera di rak produk, sumbangan yang tidak benar-benar di salurkan ( dari mana kita tahu?) dan tidak masuk dalam print out, kembalian permen ( bukan uang ), dan kembalian tidak sesuai total harga belanja.
> contoh kasus <
TEMPAT 3
SPBU
Stasiun Pengisian Bahan Bakar, yup pombensin. Kita tahu banyak yang membutuhkan spbu ini. Kasus tipu menipu di tempat ini waktu lalu juga sempat viral, dengan alat canggih petugas pombensin mampu memanipulasi jumlah transaksi dari jarak jauh, gilak! Contoh lainnya adalah kecurangan dengan cara petugas memainkan nozzle, atau tuas pengisian bensin dengan cara stop and go keluar masuknya bensin ke tangki, meteran argo yang laju terlalu kencang atau meloncat-locat (bisa di setel), uang kembalian yang tidak sesuai, uang rusak, uang palsu dan mungkin masih banyak lagi.
Dan modus baru dialami oleh TS sendiri ketika ane mengisi bensin di Self Service SPBU Pert*min* daerah Fatmawati, Jaksel , ane rasa ada kejanggalan. Ane ditanya " bensinnya apa mas" "Pertamax, mbak" Ane langsung disuruh mengambil tuas dan mengisi sendiri hingga penuh. "Sudah mbak" "Jumlahnya..sekian" kata mbaknya. Pengisian di spbu macam ini seharusnyakan dg step seperti ini:
Pertama konsumen dipersilakan membayar terlebih dahulu di kasir sesuai dengan jenis bahan bakar dan jumlah liter yang diinginkan. Setelah itu konsumen akan diberikan pin enam digit pada selembar struk pembayaran. Setelah pin diterima konsumen dipersilakan memajukan motor ke mesin pengisian dan mengisi langsung dengan terlebih dahulu memasukan enam digit nomor yang tertulis di selembar struk. Setelah bensin terisi, bukti pengisian akan keluar dari mesin operator pengisian.
Kasus yang ane alami tidak sesuai dengan step diatas, kenapa ane nggak harus menekan 6 digit? kenapa layar monitor seperti berusaha di tutupi oleh petugas? dan gilanya lagi ane sampai menegur si mbak ini. "Setahu saya memainkan hape di pombensin tidak boleh, berbahaya, kenapa mbak melakukannya?" Dia cuma bilang "Maaf" sambil senyum tanpa penyesalan, astagaa! Kita konsumen sekali lagi kudu teliti dan jangan pergi sebelum memeriksa keadaan dan uang yang diterima.
> contoh kasus <
> info <
TEMPAT 4
GERBANG TOL
Kalau ente sedang menggunakan jasa jalan tol tentu ente akan menemui gerbang tol untuk membayarnya. Saat ini trend yang ada adalah alat pembayaran dengan kartu jenis E-Toll, yup dimana sebenarnya untuk memudahkan dan kepraktisan transaksi, rupanya bisa juga menjadi peluang petugas tol untuk menipu kita.
Contoh kasusnya adalah; memanipulasi kartu tol yang kita punya, kartu tol yang ditempel dan jumlah saldo yang muncul dilayar monitor bukanlah milik kita, melainkan kartu miliknya yang nominalnya lebih kecil dari kartu e-tol yang kita punya. Dalam kondisi panik kemungkinan tanpa sadar kita langsung menerima kartu e-tol tersebut yang sebetulnya adalah kartu palsu yang ditukar petugas tersebut. Apakah ada modus lain, mungkin saja bisa terjadi.
> contoh kasus <
TEMPAT 5
DISTRO ATAU MALL
Point ini kemungkinan lebih ditujukan bagi kaum hawa. Yup, udah taukan kaum hawa kalau udah kalap belanja 'hawa'nya mau habisin uang aja Tapi gak kemungkinan juga kaum adam juga perlu teliti. Memilih pakaian dengan warna favorite adalah sesuatu yang pribadi dan bicara selera. Tapi tahukah ente, sebelum ente mendapat rayuan dari si spgeh yang 'bahenol' sebaiknya memilih warna ente kudu teliti dan jeli, memilih warna dibawah lampu pajangan terkadang menipu kita dan akan cenderung lebih bagus atau terlihat lebih menarik dari warna aslinya. Guna menghindari tertipunya dalam memilih warna, sebaiknya kita bergeser mencari cahaya yang mendekati warna natural atau seperti warna diruangan terbuka, yah gak perlu jauh-jauh juga ntar dikira mau dibawa pulang lagi Begitu juga dalam pemilihan warna pakaian jika ente belanja di online, ente kudu cermat dan waspada terhadap pemilihan warna. Tips lainnya adalah, belilah sepatu atau sandal di waktu siang hari, karena di siang hari kondisi tapak kaki kita lebih lebar dari biasanya.
TEMPAT 6
PASAR
Ini juga kita kudu waspadai, kita udah pada tahu deh namanya pedagang ada juga yang suka nipu dalam usahanya. Udah jadi rahasia umum juga, yang penting kita kudu waspada dan cermat juga. Pedagang yang nipu misalnya adalah dengan menukar barang yang sudah kita pilih. Pedagang yang nipu seperti misalkan pernah ditemui seorang ibu membeli buah, padahal ketika itu si ibu sudah memilih buah yang paling baik dan segar, namun ketika sampai dirumah setelah dibuka ternyata banyak buah yang rusak. Penasaran si ibu esoknya kembali untuk membuktikan. Si ibu mengamati prosesnya jual beli pedagang itu. Kecurangan terbukti ketika si pedagang menimbang dan memasukkan ke kantong kresek, dan dituker dengan kresek yang sama tapi dg isi buah yang lain dan jelek. Si ibu langsung membuka kedok pedagang ini, dan memang si pedagang sudah menyiapkan beberapa kantong kresek yang sudah terisi buah-buah yang jelek. Memilih buah durian juga ente kudu waspada, untuk menghindari tertipunya konsumen, cara paling simple adalah lebih baik membeli durian minta dibuka di tempat, buat perjanjian dengan pedagangnya, jika rasanya tidak enak jangan ente beli, jika enak langsung masukkan di wadah atau tempat yang ente bawa dari rumah.
> contoh kasus <
TEMPAT 7
SHOWROOM
Showroom rupanya juga menjadi ajang tertipunya kita untuk membeli kendaraan, baik motor atau mobil, terutama kendaraan second. Guna menghindari tertipunya kita, maka solusi terbaik adalah ente sebaiknya mengajak orang yang memehami benar dan orang ini bisa dipercaya dan menguasai tentang kondisi kendaraan yang akan kita beli, test drive, track record pemilik asli juga wajib ditelusuri agar kita tidak repot dikemudian hari.
TEMPAT 8
PASAR HEWAN
Memelihara burung hingga kini masih menjadi trend yang bisa dibilang tidak pernah pudar. Buat ente yang masih pemula dalam memilih hewan ini sebaiknya juga di dampingi oleh yang memahami hewan ini. Kondisi kesehatan, bentuk fisik, warna, silsilah atau keturunan rupanya perlu ente pahami juga, dan terpenting juga ketika ente mau membeli burung yang sudah berbunyi, misalnya, sebaiknya ente harus mendengarnya sendiri, bukan kata si penjual atau hanya mendengar burung berbunyi ketika si penjual dekat si burung tersebut. Terkadang penjual yang nakal bisa menipu kita, dengan suara 'palsu'nya, baik dari mulut atau suara perut bisa menirukan suaran burung tersebut. Mau beli secara online? ane tidak sarankan, kalaupun terpaksa lebih baik pake prinsip Pantau – Cocok – Bayar, artinya kita kudu datangi dan lihat sendiri.
> contoh kasus <
TEMPAT 9
TEMPAT SERVICE
Barang kesayangan seperti perhiasan, barang langka mungkin suatu saat perlu polesan atau perbaikan. Namanya barang langka kudu ditangani oleh mereka yang ahli dan di tempat yang bisa dipercaya. Tapi tetap kita juga wajib waspada agar tidak jadi korban penipuan. Berbagai jenis imitasi yang mendekati keaslian kini makin sulit dibedakan oleh orang awam.
Ada baiknya saat ente melakukan service adalah dengan meminta garansi dan asuransi jika suatu saat ada masalah dengan barang-barang kesayangan ente.
> contoh kasus <
Nah gimana man-temans, gan and sista,
semoga thread ini bisa membantu kita dalam menyikapi lingkungan disekitar, terutama dalam jual beli. Ketelitian, cermat, tidak lalai dan menganggap remeh menjadi peluang orang lain untuk menipu kita. Salah atau kurang sempurnanya tulisan ane kali ini ane mohon maap. Ente punya pengalaman yang greget? Share dimari dong gan, komen terbaik ane hadiahin pekiwan dah, makasih....SALAM ISKRIM
guk
ide:
dirisendiri, berbagai sumber
tukang gambar: oom gugel
[ HT#021 ]
ISKRIM is baaack man-temans, gan and sista,
kita, manusia, yang selalu hidup berdampingan bersama mahluk hidup sesama ciptaan Tuhan, seringkali berhadapan dengan berbagai urusan yang mungkin diluar dugaan kita. Atas dasar kebutuhan dan ekonomi terkadang terjadi gesekkan, seperti misalkan dengan cara-cara curang, menipu atau saling menjatuhkan.
Banyak cara-cara untuk 'menghalalkan cara' agar keuntungan seseorang didapat, memperkaya diri, memenuhi keinginan diri sendiri bahkan untuk keluarga, “nauzu billahi min zalik” (“Kami berlindung dengan Allah daripada perkara (perkara buruk) tersebut (daripada menimpa kami).”
Dari pengamatan, pengalaman TS dan beberapa sumber yang ane baca, ada beberapa yang ane sebut sebagai spot atau titik dimana kita sering ditipu atau ketipu yang bisa jadi karena kelalaian kita juga. Maka di thread ane kali ini sekedar mengingatkan ente semua agar lebih teliti dan peduli dirisendiri agar tidak mudah ditipu terutama dalam keseharian kita. Apa aja sih spotnya KRIM? Nyuuuk lanjut dibaca...
TEMPAT 1
Spoiler for :
PARKIR
Sepertinya udah jadi rahasia umum kalau lahan parkiran bisa menjadi tempat basah bagi mereka petugas jaga parkir. Dengan membulatkan harga, membulatkan jam registrasi masuk kendaraan, dan lebih parahnya melipat gandakan ongkos parkir tanpa sepengetahuan pemilik kendaraan.
Kita sebagai konsumen, wajib menerima dan mengecek print out selama ente parkir mulai dari masuk, lalu hitunglah total pembayarannya. Mesin printout rusak, layar monitor petugas jaga tidak dihadapkan ke konsumen, tulisan print out terbalik, kertas print habis, adalah kemungkinan salah satu ciri-ciri petugas parkir menipu kita. Kita wajib teliti dan tak perlu tergesa-gesa pergi untuk croscek kembali total pembayaran agar kita tidak lagi ditipu.
> contoh kasus <
TEMPAT 2
Spoiler for :
MINI HINGGA SUPERMARKET
Ini juga udah menjadi rahasia umum, konsumen terburu-buru, karena lalai menjadi peluang ditipunya konsumen. Dimulai dari beda harga bayar kasir dengan harga yang tertera di rak produk, sumbangan yang tidak benar-benar di salurkan ( dari mana kita tahu?) dan tidak masuk dalam print out, kembalian permen ( bukan uang ), dan kembalian tidak sesuai total harga belanja.
> contoh kasus <
TEMPAT 3
Spoiler for :
SPBU
Stasiun Pengisian Bahan Bakar, yup pombensin. Kita tahu banyak yang membutuhkan spbu ini. Kasus tipu menipu di tempat ini waktu lalu juga sempat viral, dengan alat canggih petugas pombensin mampu memanipulasi jumlah transaksi dari jarak jauh, gilak! Contoh lainnya adalah kecurangan dengan cara petugas memainkan nozzle, atau tuas pengisian bensin dengan cara stop and go keluar masuknya bensin ke tangki, meteran argo yang laju terlalu kencang atau meloncat-locat (bisa di setel), uang kembalian yang tidak sesuai, uang rusak, uang palsu dan mungkin masih banyak lagi.
Dan modus baru dialami oleh TS sendiri ketika ane mengisi bensin di Self Service SPBU Pert*min* daerah Fatmawati, Jaksel , ane rasa ada kejanggalan. Ane ditanya " bensinnya apa mas" "Pertamax, mbak" Ane langsung disuruh mengambil tuas dan mengisi sendiri hingga penuh. "Sudah mbak" "Jumlahnya..sekian" kata mbaknya. Pengisian di spbu macam ini seharusnyakan dg step seperti ini:
Pertama konsumen dipersilakan membayar terlebih dahulu di kasir sesuai dengan jenis bahan bakar dan jumlah liter yang diinginkan. Setelah itu konsumen akan diberikan pin enam digit pada selembar struk pembayaran. Setelah pin diterima konsumen dipersilakan memajukan motor ke mesin pengisian dan mengisi langsung dengan terlebih dahulu memasukan enam digit nomor yang tertulis di selembar struk. Setelah bensin terisi, bukti pengisian akan keluar dari mesin operator pengisian.
Kasus yang ane alami tidak sesuai dengan step diatas, kenapa ane nggak harus menekan 6 digit? kenapa layar monitor seperti berusaha di tutupi oleh petugas? dan gilanya lagi ane sampai menegur si mbak ini. "Setahu saya memainkan hape di pombensin tidak boleh, berbahaya, kenapa mbak melakukannya?" Dia cuma bilang "Maaf" sambil senyum tanpa penyesalan, astagaa! Kita konsumen sekali lagi kudu teliti dan jangan pergi sebelum memeriksa keadaan dan uang yang diterima.
> contoh kasus <
> info <
TEMPAT 4
Spoiler for :
GERBANG TOL
Kalau ente sedang menggunakan jasa jalan tol tentu ente akan menemui gerbang tol untuk membayarnya. Saat ini trend yang ada adalah alat pembayaran dengan kartu jenis E-Toll, yup dimana sebenarnya untuk memudahkan dan kepraktisan transaksi, rupanya bisa juga menjadi peluang petugas tol untuk menipu kita.
Contoh kasusnya adalah; memanipulasi kartu tol yang kita punya, kartu tol yang ditempel dan jumlah saldo yang muncul dilayar monitor bukanlah milik kita, melainkan kartu miliknya yang nominalnya lebih kecil dari kartu e-tol yang kita punya. Dalam kondisi panik kemungkinan tanpa sadar kita langsung menerima kartu e-tol tersebut yang sebetulnya adalah kartu palsu yang ditukar petugas tersebut. Apakah ada modus lain, mungkin saja bisa terjadi.
> contoh kasus <
TEMPAT 5
Spoiler for :
DISTRO ATAU MALL
Point ini kemungkinan lebih ditujukan bagi kaum hawa. Yup, udah taukan kaum hawa kalau udah kalap belanja 'hawa'nya mau habisin uang aja Tapi gak kemungkinan juga kaum adam juga perlu teliti. Memilih pakaian dengan warna favorite adalah sesuatu yang pribadi dan bicara selera. Tapi tahukah ente, sebelum ente mendapat rayuan dari si spgeh yang 'bahenol' sebaiknya memilih warna ente kudu teliti dan jeli, memilih warna dibawah lampu pajangan terkadang menipu kita dan akan cenderung lebih bagus atau terlihat lebih menarik dari warna aslinya. Guna menghindari tertipunya dalam memilih warna, sebaiknya kita bergeser mencari cahaya yang mendekati warna natural atau seperti warna diruangan terbuka, yah gak perlu jauh-jauh juga ntar dikira mau dibawa pulang lagi Begitu juga dalam pemilihan warna pakaian jika ente belanja di online, ente kudu cermat dan waspada terhadap pemilihan warna. Tips lainnya adalah, belilah sepatu atau sandal di waktu siang hari, karena di siang hari kondisi tapak kaki kita lebih lebar dari biasanya.
TEMPAT 6
Spoiler for :
PASAR
Ini juga kita kudu waspadai, kita udah pada tahu deh namanya pedagang ada juga yang suka nipu dalam usahanya. Udah jadi rahasia umum juga, yang penting kita kudu waspada dan cermat juga. Pedagang yang nipu misalnya adalah dengan menukar barang yang sudah kita pilih. Pedagang yang nipu seperti misalkan pernah ditemui seorang ibu membeli buah, padahal ketika itu si ibu sudah memilih buah yang paling baik dan segar, namun ketika sampai dirumah setelah dibuka ternyata banyak buah yang rusak. Penasaran si ibu esoknya kembali untuk membuktikan. Si ibu mengamati prosesnya jual beli pedagang itu. Kecurangan terbukti ketika si pedagang menimbang dan memasukkan ke kantong kresek, dan dituker dengan kresek yang sama tapi dg isi buah yang lain dan jelek. Si ibu langsung membuka kedok pedagang ini, dan memang si pedagang sudah menyiapkan beberapa kantong kresek yang sudah terisi buah-buah yang jelek. Memilih buah durian juga ente kudu waspada, untuk menghindari tertipunya konsumen, cara paling simple adalah lebih baik membeli durian minta dibuka di tempat, buat perjanjian dengan pedagangnya, jika rasanya tidak enak jangan ente beli, jika enak langsung masukkan di wadah atau tempat yang ente bawa dari rumah.
> contoh kasus <
TEMPAT 7
Spoiler for :
SHOWROOM
Showroom rupanya juga menjadi ajang tertipunya kita untuk membeli kendaraan, baik motor atau mobil, terutama kendaraan second. Guna menghindari tertipunya kita, maka solusi terbaik adalah ente sebaiknya mengajak orang yang memehami benar dan orang ini bisa dipercaya dan menguasai tentang kondisi kendaraan yang akan kita beli, test drive, track record pemilik asli juga wajib ditelusuri agar kita tidak repot dikemudian hari.
TEMPAT 8
Spoiler for :
PASAR HEWAN
Memelihara burung hingga kini masih menjadi trend yang bisa dibilang tidak pernah pudar. Buat ente yang masih pemula dalam memilih hewan ini sebaiknya juga di dampingi oleh yang memahami hewan ini. Kondisi kesehatan, bentuk fisik, warna, silsilah atau keturunan rupanya perlu ente pahami juga, dan terpenting juga ketika ente mau membeli burung yang sudah berbunyi, misalnya, sebaiknya ente harus mendengarnya sendiri, bukan kata si penjual atau hanya mendengar burung berbunyi ketika si penjual dekat si burung tersebut. Terkadang penjual yang nakal bisa menipu kita, dengan suara 'palsu'nya, baik dari mulut atau suara perut bisa menirukan suaran burung tersebut. Mau beli secara online? ane tidak sarankan, kalaupun terpaksa lebih baik pake prinsip Pantau – Cocok – Bayar, artinya kita kudu datangi dan lihat sendiri.
> contoh kasus <
TEMPAT 9
Spoiler for :
TEMPAT SERVICE
Barang kesayangan seperti perhiasan, barang langka mungkin suatu saat perlu polesan atau perbaikan. Namanya barang langka kudu ditangani oleh mereka yang ahli dan di tempat yang bisa dipercaya. Tapi tetap kita juga wajib waspada agar tidak jadi korban penipuan. Berbagai jenis imitasi yang mendekati keaslian kini makin sulit dibedakan oleh orang awam.
Ada baiknya saat ente melakukan service adalah dengan meminta garansi dan asuransi jika suatu saat ada masalah dengan barang-barang kesayangan ente.
> contoh kasus <
Nah gimana man-temans, gan and sista,
semoga thread ini bisa membantu kita dalam menyikapi lingkungan disekitar, terutama dalam jual beli. Ketelitian, cermat, tidak lalai dan menganggap remeh menjadi peluang orang lain untuk menipu kita. Salah atau kurang sempurnanya tulisan ane kali ini ane mohon maap. Ente punya pengalaman yang greget? Share dimari dong gan, komen terbaik ane hadiahin pekiwan dah, makasih....SALAM ISKRIM
guk
ide:
dirisendiri, berbagai sumber
tukang gambar: oom gugel
KOMENTAR NTAPS KASKUSER
Quote:Original Posted By spidcom_2000 ►
Banyak juga yang cerita kena penipuan di pasar burung bilangnya cowok giliran sampai dirumah dan dimandiin ternyata cewek. Fakta bahwa harga burung cowok lebih mahal dibandingkan dengan cewek, sehingga terkadang ada kecurangan dari penjual dengan cara menyemir warna bulu burung jenis kelamin cewek agar mirip burung dengan jenis kelamin cowok dengan tujuan mendapat untung lebih.
Quote:Original Posted By belibukudapatas ►
Memang banyak yang begitu gan, oknum oknum yang parah dan merusak kredibilitas perusahaan tempat mereka bekerja. Harusnya sebagai konsumen yang baik kita melaporkan dan menindak lanjuti jika kedapatan oknum oknum yang gak bertanggung jawab kayak gini nih gan.
Setiap penyedia layanan jasa kan pasti di cantumin nomer buat pengaduan, kritik, dan saran tuh. Nah jika udah lengkap bukti yang merugikan kita, ayok dah rame rame kita laporin yang kaya begitu tuh gan. Catat nama oknumnya. Gw yakin kalo tindakan kita tegas ke oknum oknum yang begitu. Oknum yang laen jadi bakalan mikir buat ngelakuin tindakan yang bisa dibilang kriminal itu gan.
Quote:Original Posted By cor7 ►
yap bener semua yang gan TS jabarin..
dan kayaknya mencari orang yang bener² jujur sekarang ini susah banget ya gan..
dimanapun tempat yang ada celah buat menipu pasti di lakukan...
ck..ck...
banggalah kalau kita masih menjadi orang yang Jujur..
dan nggak suka nipu..
ingat sekecil apapun itu menipu adalah Dosa...
Quote:Original Posted By visama ►
iya krim, semua udah rahasia umum, terutama donasi receh yg di minimarket.. kemana uangnya ya? :binguns
Quote:Original Posted By CommunistTeam ►
beh ..... kalo d liat banyak celah orang2 g jujur ... emang bner kata Soekarno .... perjuangan beliau ga terlalu sulit karena hanya melawan penjajah .... yg lebih sulit perjuangan kita2 sekarang ... karna yg d lawan bangsa sendiri ..... pikir2 tega banget yha sesama bangsa sendiri aja masih tipu2 ...... klo nipu nya orang2 berduit alias duit nya g ada no seri gw rasa ga terlalu masalah buat mereka .. nah ini udah nipu .. yg di tipu juga rata2 masyarakat pas2 an kondisi ekonomi nya ..... ...
sekalian ane mau nambahim buat TS .. ada celh 1 lagi buat nipu ... Sales2 yang datang ke rumah gan .... baru2 aja tetangga ane di tipu di janjiin bakal terima barang ... secara g sadar doi kluarin duit sampe 3,5jt ..... padahal barang nya g pernah datang k rumah ......
Quote:Original Posted By System.00. ►
Catet buat kewaspadaan
Quote:Original Posted By jannes69 ►
yang masalah spbu self service, ane juga ngalamin gan,
ane gak disuruh masukin pin, cuman bayar di awal terus disuruh isi dah..
Quote:Original Posted By vampsvamps ►
tukang tambal ban gan ama mekanik bengkel juga kadang2 ada yang licik tuh... ternyata udah sehari2nya kita konsumsi tipuan2 yang malah kita sendiri udah sama2 tau...
ama tukang cukur gan suka bilang kalo udah cukur jadi ganteng kan, tapi ane rasa begitu2 aja ga jadi ganteng juga
Quote:Original Posted By Diptags ►
Ane pernah kena ditipu di tempat service deket pasar deket rumah gan
waktu dulu ane service komputer ane (CPU) untuk dicek, nah ternyata masalahnya memang cuma komponen penyambung ke monitor yang bermasalah... terus dia minta ditinggal aja karena bakal lama....
okelah ane tinggal, terus beberapa jam kemudian ane ambil dan bayar jasanya....
tapi setelah ane pasang lagi itu CPU, ane merasa aneh, kenapa DVD-RW nya nggak kedetek ya, padahal awalnya aman aman aja..... EH ternyata setelah ane lihat, DVD-RW nya ternyata diganti begitu aja sama dia... sama yang jelek pula (nggak bisa kedetek)... kalo gasalah yang tadinya Sams*ung jadi L*G... (Ane telat nyadar soalnya hampir persis gan desainnya)
yang rusak apa, yang diganti malah nambah "bonus"nya...
yaudah langsung ane balik lagi dan komplain.... dia, istrinya, sama ane sempet debat... eh akhirnya dia ngaku kalo ganti itu komponen...
sekarang dia lokasi servisnya udah pindah entah kemana
Kasihan juga sih, tapi ya salah sendiri nipu orang memangnya mata ane bisa dibodohin gitu aja
Quote:Original Posted By Azzam93 ►
Ane pernah tuh yang nomer 2. Khususnya waralaba skala kecil(modal di bawah 500juta), nggak mau sebut. Tahu sendirilah pasti kalau sudah pernah baca. Ane nggak beli rokok terus dimasukin struk pembelian, sontak Ane kerasin suara tanpa pakai kata - kata seenaknya dan tanpa sikap seenaknya(Masih tahu kasihan dan punya hati). Ane jelasin tuh sampai muncul kata maaf baru pergi. Tetep hati - hati, kalau Ibu - ibu kayaknya makin besar kenanya(Namanya juga pasti banyak pikiran).
Quote:Original Posted By saparocegak ►
ok ane akan waspada dari tempat yg ts sebutkan diatas
Quote:Original Posted By ashwind ►
semua yg ts nyatain bener banget
Quote:Original Posted By iamcupu ►
Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelaku tetapi juga karena adanya kesempatan. Waspadalah Waspadalahhhhh !!!
Quote:Original Posted By yuki26 ►
Ane pernah beli flannel di distro daerah jawa timur gan, pas di tempat sih keren eh pas dibawa pulang gatauny flannelny sobek gan jaitanny pada lepas
Ati ati gan klo milih barang, apalagi penerangan lampu distro ga terang2 amat..
Quote:Original Posted By Mirzha1806 ►
kalo e toll card
ane pake e money mandiri yg edisi tertentu limited edition juga pas ada event giias 2016 minggu kemarin
jadi kemungkinan tertuker aga berkurang
Quote:Original Posted By dimasriatmodjo ►
bener gan biasanya di distro itu cahaya lampunya agak remang remang gitu jadinya susah mbedain kualitasnya kalo cuma sekilas
Quote:Original Posted By yendsss ►
di taxi juga gan, supirnya kadang gak jujur
Quote:Original Posted By mikhailx ►
Ane pernah punya pengalaman begini waktu belanja barang bulanan di salah satu supermarket gan. Karna udah biasa jadi ane udah tau berapa uang yg harus dikeluarin untuk belanja. Tp suatu ketika ane ngerasa ane bayar lebih dr biasanya, dirumah ane cek struk belanjaan ternyata ada item yg ane bayar doble padahal cuma ambil satu. Entah ini kelalaian dr kasir atau kebiasaan mereka. Tp usahakan setelah meninggalkan kasir coba cek dulu struk belanja ente, bener nggak jumlah dan harga barangnya. Kan kalo masih disitu ente bisa komplain ke kasir
Quote:Original Posted By luqman.id ►
di dalam bis atau terminal baik resmi non resmi..
nb : tarif bis 85 rb sudah tertulis di kaca bis
ane pernah tuh naek bis ari*bi jurusan merak ke bandung naik dari jati bening..
pas naek biasa aja sampai kenek nagih uang.. dengan santai dan sok akrab ngajak ngobrol nanyain ada uang kecil apa kagak dan kemudian ane pun kasih uang 100rb buat bayar dan ane tunggu kembalianya eh tapi kenek malah tetep ajak ngobrol sampe doi ke depan dan gak ngasih kembalian nya... pas sampe ane tagih kembalian nya kenek nya sok nanyain tadi naik dari mana.. terus di kasih 15rb eh diambil lagi 5 rb katanya tarifnya naik.. padahal kalo ane dari sana biasanya di murahin jadi 80 kalo gak 75... padahal sebelumnya ane tanya ke sebelah ane dia beli dari merak 85 rb... pastikan minta tiket walaupun naik dari pinggir tol
di bank juga bisa...
biasanya kalo kita nulis di cek setornya kelebihan...
dengan modus tanggan cepat langsung hitung beres...
pastikan minta hitung lagi.. ane juga pernah kena 100 rb ane raib sama tuh teller diminta kembali katanya uang nya pas padahal ane liat sendiri tuh duit dia pindahin kebawah.. wktu ntu di bank *andi*ri s*ar*ah rs al islam Bandung
di jalanan...
biasanya modus tipu menipu dengan ceritanya kita orang yg dicari dan terus di giring di periksa dan diam diam rogoh tas dan dompet bisa juga langsung to the point dengan minta alias meras..
ada juga yg pura pura buat berobat atau kecopetan
di area sekitar rs...
modusnya petugas penagih billing kalo gak orang minta bantuan uang buat berobat juga...
Quote:Original Posted By bhuana034 ►
tambahin page one gan
Bengkel mobil/motor
ane pengalaman service mobil di salah satu bengkel resmi mobil ho****da dikelapa gading
ane ditawarin untuk pake oli h*******da type gold dengan alasan bisa tahan sampe 10rb km.
eh ternyata pas mobil ane kelar, ane coba cek tuh label oli yg suka digantung di samping setir tuh, ternyata disuruh balik lg 5rb km kedepan, trus ane komplain lah dan mempertanyakan type oli yg baru saja diganti oleh pihak bengkel, wah alesan mereka banyak gan, ane coba minta liat cctv mereka ga ngasih. ane ga bisa cek langsung karena ada aturan selain montir dilarang masuk ke area bengkel.
ama ganti saringan udara, ternyata ga diganti setelah dicek sama montir sh**p&d**rive karena kebetulan besoknya ane chekup accu disana.
sejak dari situ ane sumpahin ga bakal balik lagi ke bengkel resmi, bayangin aja selisih harganya hampir 75% dari oli biasa, klo tiap hari ada 100 pelanggan yg ditipu kaliin aja berapa keuntungan dari nipu konsumen tiap bulannya
Quote:Original Posted By portgas-d-ace ►
milih burung emang harus teliti dan sama yang berpengalaman
btw baru tau ane ada kasus e toll card
Quote:Original Posted By jazymacaca ►
ATM juga bray, nyokap ane pernah setelah tarik tunai di sebuah ATM bank ternama, langsung dideketin mbak2 yg pura2nya pengen transfer uang tp dia megang cash dan di rekeningnya dia uangnya ga cukup jadi minta tolong nyokap ane yg transfer pake rekening nyokap dan nanti si mbak2 kasih duit cash (yg sebenernya palsu) ke nyokap. Karena udah sering ngadepin penipu2 bego macem gini, nyokap ane langsung judesin dan nolak dengan jutek. Ane dan bokap yg nunggu di mobil langsung diceritain dan ngliat si mbak2 itu (dandan menor dan pake kaos ketat) akhirnya keluar ATM dan ke pinggir jalan sambil sok2 nelpon.
Quote:Original Posted By fajar1100 ►
ane pernah gan ketipu juga gan, di salah satu mini market tpatnya di *lp*m**et,
ane beli batu batre tuh gan, di tempat batre itu , udah da label harga 8500, pas mau bayar , ane liat di struk nya 12500,
Quote:Original Posted By doodleostick ►
Ketipu sama abang abang tukang ojek pangkalan gan hati hati sama yang muka nya polos kaya ane kalo pertama kali naik ojek di daerah yang baru pertama kali di datengin, abang abnag ojek n ya nembak harganya gak maiin main, padahal jarak nya deket
Quote:Original Posted By doodleostick ►
Ketipu sama abang abang tukang ojek pangkalan gan hati hati sama yang muka nya polos kaya ane kalo pertama kali naik ojek di daerah yang baru pertama kali di datengin, abang abnag ojek n ya nembak harganya gak maiin main, padahal jarak nya deket
Quote:Original Posted By RianDwiki ►
nyang supermarket dan minimarket itu gan suka tipu tipu.... bahaya juga makanya ane suka kroscek itu harga barang dengan produk barangnya sampe ke ukuran berat dan tipenya terkadang kalo ane kurang yakin wkekwkekw biar beda serebu durebu tetep namanya duit dan itu tetep nipu
Quote:Original Posted By ramadiyandi ►
Ane gan, barusan jga kemarin kena tipu, di label harganya 42rb tapi ane gk sadar, nah pas di kompinya tulisannya 49rb, baru hari ini ane sadarnya pas mau lepasin label
note:ane beli handuk di c*trol* yogyakarta
Quote:Original Posted By ravenheast ►
wah nih thread mantep banget, lanjutkan gan!
Quote:Original Posted By itztom ►
bener banget tuh gan TS.
banyak oknum licik seperti itu.
Quote:Original Posted By doongdoongan ►
di pasar batu akik rawa bening
ketika negeri ini mengalami jaman batu beberapa waktu yang lalu, banyak dari orang orang yang tertipu di sini. dari batu palsu sampai batang cincin palsu.
Quote:Original Posted By styloforever ►
Ini bener semua gan ahahahah
Yang parah sih yaah itu supermarket atau minimarket ahaha terkadang harganya beda sama yang ada di display harga, jadi uangnya di ambil sama karyawannya deh emang suka bandel wkwkwkw, kadang kadang kalo ane lagi males debatin ane biarin aja kalo lagi mau debatin ya ane permasalahin gan
Quote:Original Posted By rafilazwardi ►
Hmm ,kalo yg spbu , emang ada 2 dah yang self service .
Pertama ,bayar ke petugas ,dapat barcode ,terus isi bensinnya sampai jumlah yang dibayar ,kalo kepenuhan biasanya ada kembalian yang bisa diambil di minimarket ,kalo spbu yg gini kadang2 isi di spbu hasyim ashari petojo (sekarang lg tutup)(swasta)
Satunya lagi ,pilih jenis bbm, bayar ,diarahin ke pump berapa ,tinggal isi sampe jumlah yg dibayar,otomatis gk pake barcode lagi ,kalo lewat slipi biasa isi disini (sebelah PN jakbar ) (Pertamina)
CMIIW
Quote:Original Posted By narakilljoy ►
Kalau kasus parkir alhamdulilah ga pernah ketipu gan sejauh ini. Karena sebelum bayar biasanya ane udah itung itung dulu berapa tarifnya. Ane tipe orang yg ga mau makan waktu pas bayar parkir, jadi selalu nyiapin uang pas..
Kalo pom bensin pert@min@ emang banyak yg dikelola swasta yg mainnya gak bener. Terus terang ane udah lama ninggalin pert@min@ dan beralih ke $hell..
Quote:Original Posted By d.setyo ►
Sekarang udah jamannya penipuan dalam berbagai macem gan, solusinya sih lebih waspada aja sama sekitar.
Quote:Original Posted By donii.jr ►
Sayang banget gan sekarang banyak oknumm nakall yg merugikan nama baik perusahaan tempat ia bekerja
Quote:Original Posted By dewa1998 ►
yg paling kerasa tuh di BERES alias BENGKEL RESMI, Case 1 : beberapa tahun lalu ane servis berkala to*ota A*anza untuk kilometer 1000, dan ane kaget setelah diberikan bon yg bejibun alias banyak banget dan bener juga, setelah ane masuk mobil disitu ada banyak kaleng kaleng semprot yg entah gunanya apa. sampe rumah ane coba cek ulang tapi gak ada bekas disemprot atau dibongkar oleh pihak BERES, dan akhirnya ane kapok untuk ke BERES lagi, ongkos kerjanya doang yg gratis tapi dikasih kaleng rongsok yg harganya ampun dah.
Case kedua: ane sempat mau ganti oli matic buat To*ota Alp*ard yg notabene kata BERES udah harus diganti, ane pun meng iyakan, tapi sebelumnya ane tanya untuk biaya dan harga olinya, harga ATF-WS punya To*ota sekitar 600 ribu per galon .terkejutlah ane pas tau ongkos ganti nya Rp. 1 Juta, dan itu pun belum termasuk seal matic nya kalau bermasalah, tapi baiknya juga diganti pak harganya 1 juta, gitu kata seorang service advisor di a*to 20*0 di daerah tangsel guman ane, padahal ane ganti oli di To*a aja ga sampe sejuta sama oli olinya,
semoga ada oknumnya disini biar ada perbaikan kedepan nya
Quote:Original Posted By hantuseblak ►
Pasar hewan tuh gan, pasar hewan jatinegara banyak tuti-nya, nenteng kerdus yg ktnya isi burung apalah, licik2. Pedagang sekitar jg ngebantu. Permainan mereka lah, kudu ati2...
Quote:Original Posted By discoball294 ►
biasanya juga kalo ganti oli di bengkel gan, sama mekaniknya biasanya gak di tuang sampe abis, jadi di sisain gitu, mayan kan per hari berapa orang yg ganti oli.
kalo bisa ganti oli sendiri aja gan.
Quote:Original Posted By Clerynobyl ►
sedikit saran gan, kalo misalkan di spbu mending cari yang punyanya pertam*na sendiri aja gan. aman disitu inshaa Alah. soalnya pengalaman kalo ngisi di spbu kode 34 takarannya suka diakalin hehehe
Quote:Original Posted By fansdemilovato ►
keren nih thread.
recomended banget buat dibaca
Quote:Original Posted By fing33r ►
Maret2 itu gan sering banget tipu2 harga displaynyaa. Kudu waspadaaa
apdet teyuss...
pasti yg nipu TS nih, kok dia bs tau
atas dan bawah ane tuti
kaskus juga dikira cewek ternyata cowok
atas ane pitnah
atas ane pitnah
Quote:Original Posted By reagannnn ►
pasti yg nipu TS nih, kok dia bs tau :sudahkuduga
diedit...wakwaaaaw
pasti yg nipu TS nih, kok dia bs tau :sudahkuduga
diedit...wakwaaaaw
Salam iskrim gan.
tanpa disadari ternyata sering ketipu
Gedeg bgt ane
Di kamar mandi, Bray...
Ntap
Bisa gitu ya gan..
Bisa gitu ya gan..
Quote:Original Posted By hazard507 ►
Salam iskrim gan.
guk
Salam iskrim gan.
guk
yang sering kemungkinan spbu gan
Mata kita sering tertipu oleh pencahayaan distro yg remang2
Ntapz krim
Ntapz krim
sering ke te pu pas di SPBU
untungnya skr dah di tutup tuh
untungnya skr dah di tutup tuh
ane di spbu gan, pengalaman ane dulu isi bengsin 100rb menurut ane bisa naek 1strip, ini malah gak naek2.
trus di perjalanan yang biasanya buat PP cukup ini gak cukup..
trus di perjalanan yang biasanya buat PP cukup ini gak cukup..
di pom bensin susah deteksinya
yap bener semua yang gan TS jabarin..
dan kayaknya mencari orang yang bener² jujur sekarang ini susah banget ya gan..
dimanapun tempat yang ada celah buat menipu pasti di lakukan...
ck..ck...
banggalah kalau kita masih menjadi orang yang Jujur..
dan nggak suka nipu..
ingat sekecil apapun itu menipu adalah Dosa...
is krim
Via: Kaskus.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar