Pages


Kamis, 14 Juli 2016

F1 ITU APA SIH? +PICT

F1 ITU APA SIH? +PICT

F1 ITU APA SIH? +PICT


F1 ITU APA SIH? +PICT






Formula Satu, disingkat F1 (atau bernama lengkap The FIA Formula One World Championship),
adalah kelas balapan mobil formula tempat duduk tunggal yang tertinggi.
Terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix.
Balapan diselenggarakan di dalam sirkuit atau jalan umum dalam kota yang ditutup untuk umum.
Hasilnya menentukan dua gelar juara dunia, satu untuk pembalap dan satu lagi untuk konstruktor.
Pada balapan, mobil balap dapat mencapai kecepatan lebih dari 300 km/h (185 mph) yang dihasilkan oleh mesin yang dapat mencapai tenaga sebesar 900 daya kuda pada putaran mesin sekitar 18.000 rpm (per 2005).

Eropa adalah pusat tradisi Formula Satu dan tetap menjadi pusatnya hingga sekarang.
Sekarang ini Grand Prix telah diadakan di seluruh penjuru dunia, dengan seri balapan baru di Bahrain, RRC, Malaysia dan Azerbaijan.
Formula Satu adalah balap mobil termahal baik dalam segi produksi maupun olahraganya. satu mobil F1 bisa menghabiskan dana hingga 220JutaPounds

Aturan mainnya diatur oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA), yang bermarkas di Place de la Concorde, Paris. Presidennya yang sekarang adalah Jean Todt, dan secara umum disponsori dan diatur oleh pemegang hak komersial resmi Bernie Ecclestone melalui berbagai perusahaan.

Spoiler for Sejarah:
Seri Formula Satu berakar pada seri grand prix motor Eropa pada sekitar 1920-an dan 1930-an.
Sejumlah organisasi balap grand prix membuat sejumlah aturan untuk kejuaraan dunia sebelum Perang Dunia II.
Dengan alasan penundaan karena perang, kejuaraan dunia pembalap tidak diformalkan sampai 1947 dan berlangsung untuk pertama kalinya pada 1950.
Kejuaraan dunia konstruktor kemudian menyusul pada 1958.
Balapan Formula Satu tanpa gelar diselenggarakan bertahun-tahun, tetapi dikarenakan membengkaknya biaya kompetisi mengakibatkan kompetisi ini berakhir pada awal 1980-an.

Nama olahraga ini, Formula Satu, mengindikasikan bahwa ini merupakan olahraga yang paling maju dan kompetitif di antara balapan mobil formula lain.

Awal kompetisi
Gelar juara dunia Formula Satu pertama kali dimenangkan oleh pembalap Italia Giuseppe Farina dengan mobilnya Alfa Romeo tahun 1950, dengan mengalahkan rekan setimnya, pembalap Argentina Juan Manuel Fangio.
Akan tetapi, Fangio memenangkan gelar juara dunia pada tahun 1951 dan empat kali pada enam tahun berikutnya. Fangio kemudian menjadi legenda yang mendominasi tahun-tahun pertama kompetisi Formula Satu.

Juara dunia dari Britania Raya yang pertama adalah Mike Hawthorn, yang mengendarai Ferrari memenangkan gelar juara pada 1958. Kemudian Colin Chapman memasuki kompetisi F1 sebagai perancang mobil dan kemudian menjadi pendiri Lotus, British racing green datang untuk mendominasi kompetisi pada beberapa dekade berikutnya. Jim Clark, Jackie Stewart, Jack Brabham, Graham Hill, dan Denny Hulme adalah sederetan nama pembalap dari tim Inggris dan negara-negara persemakmuran yang memenangkan dua belas gelar juara dunia antara tahun 1962 hingga 1973.

Tahun 1962, Lotus memperkenalkan mobil dengan rangka aluminium yang dikenal dengan istilah monocoque yang menggantikan rangka tubular tradisional. Penemuan ini kemudian menjadi langkah kemajuan teknologi besar sejak penemuan mobil mid-engines. Tahun 1968 adalah tahun pertama kalinya olahraga ini memakai sponsor yaitu dimulai dengan Lotus yang mengecat "Imperial Tobacco" di mobilnya.





Spoiler for Ban F1:
F1 ITU APA SIH? +PICT
Super Soft, merah: daya cengkeram dibawah ban ultrasoft , durability paling setingkat dibawah ban soft
Soft, kuning: daya cengkeram setingkat lebih baik dari Medium, durability setingkat lebih rendah.
Medium, putih: daya cengkeram setingkat lebih baik, durability setingkat lebih rendah
Hard, orange: daya cengkeram paling rendah, daya tahan atau durability paling tinggi
Intermediate, hijau: dipakai jika trek licin tapi tak ada genangan air
Full Wet, biru: dipakai jika ada genangan air di trek
Ultrasoft,ungu :memiliki daya cengkram paling baik dan pastinya daya tahan paling buruk



Spoiler for Arti Bendera F1:

F1 ITU APA SIH? +PICT
Bendera kuning
Bendera ini dikibarkan jika ada sebuah peristiwa di lintasan balapan. Satu bendera kuning berarti hati-hati. Sementara jika dua bendera kuning dikibarkan, berarti pembalap harus siap untuk berhenti, karena ada kejadian yang menghalangi laju kendaraan.
Dan jika bendera ini dikibarkan, berarti tak boleh ada pembalap yang menyusul kendaraan di depannya.

Bendera hijau
Setelah bendera kuning, ada bendera hijau yang dikibarkan. Karena dengan adanya bendera hijau, berarti lintasan sudah aman untuk dilalui para pembalap dengan kecepatan penuh.

Bendera merah
Bendera selanjutnya yang juga perlu Anda ketahui adalah berwarna merah. Artinya, kondisi lintasan tak bisa dilalui karena ada sesuatu hal. Jika bendera ini dikibarkan, berarti balapan siap dihentikan. Dan jika bendera ini dikibarkan, maka seluruh pembalap harus masuk ke pit stop.

Bendera biru
Ada lagi bendera warna biru. Ini pertanda pembalap paling depan sangat dekat dengan pembalap di belakangnya. Jika pembalap buncit melihat bendera ini, maka dia harus memberikan jalan bagi pembalap di belakang yang akan menyusulnya.

Bendera putih
Sementara bendera putih cukup jarang dikibarkan. Artinya, ada mobil yang berjalan dengan kecepatan rendah. Umumnya, bendera putih dikibarkan jika ada ambulans yang masuk ke jalur lintasan untuk melakukan penyelamatan atas insiden.

Bendera hitam
Selanjutnya, ada bendera hitam. Bendera ini diketahui cukup ditakuti para pembalap. Karena jika bendera ini berkibar, tandanya pembalap yang dimaksud didiskualifikasi karena sesuatu alasan.

Bendera hitam-putih
Bendera hitam putih dengan garis miring juga ada pada ajang balapan Formula 1. Bendera ini dikibarkan jika ada pembalap yang melakukan balapan dengan tidak sportif. Biasanya, bendera ini akan dikibarkan dengan menyertakan nomor mobil yang mendapat teguran.

Bendera hitam satu lingkaran
Bendera hitam dengan satu lingkaran di tengah dikibarkan jika ada mobil yang bisa membahayakan kendaraan lainnya.

Bendera merah-kuning
Ada juga bendera merah-kuning garis-garis khas bendera Spanyol. Jika bendera ini berkibar, itu tandanya setiap pembalap harus menurunkan kecepatan karena lintasan licin akibat cuaca, atau adanya tumpahan oli.


Spoiler for Daftar tim yang pernah bergabung di F1:
Alex von Falkenhausen Motorenbau
Alta
Andrea Moda Formulait
Anglo American Racers
Arrows Grand Prix International Ltdgb
Aston Butterworth
Aston Martin
ATS Racing Teamit
Auto Technisches Spezialzubehorde
Automobiles Bugatti
Automobiles Gonfaronaise Sportivefr
Automobiles Martini
Automobiles Talbot-Darracq SA
Automobili OSCA
B.A.R Honda F1gb
Bayerische Motoren Werke (BMW)de
Beatrice Lolagb
Benetton Formula Ltdit
BMW Sauber F1ch
Brabham Motor Racing Developmentsgb
Brawn GPgb
British Racing Motorsgb
British Racing Partnership
Camoradi International
Canadian Stebro Racing
Chris Amon Racing
Connaught Engineering
Cooper Car Companygb
Daimler Benz AG
Darnvall Connew Racing Teamgb
David Fry
Derrington-Francis Racing Team
Eagle Weslakegb
Embassy Hill Racinggb
Emeryson Cars
English Racing Automobiles
Enzo Coloni Racing Car Systemsit
Epperlyus
Equipe Gordini
Equipe Ligierfr
Equipe Matrafr
Equipe Nationale Belge
EuroBrun Racingit
Ferguson
Fittipaldi Automotivebr
Fondmetal SpAit
Forti Grand Prix Racing
Gilby Engineering Ltd
Hanks Klenk
Hersham & Walton Motors
Hesketh Racinggb
Honda Racing F1jp
HRT F1 Teames
J B Naylor
Jaguar Racing Ltdgb
Jordan Grand Prix Ltdgb
Kojima Engineering
Kurtis Kraftus
Kuzmaus
Larroussefr
LD Serrurier
Leader Cards Inc
LEC Refrigeration Racing
Leyton House Racinggb
Life Racing Engines
Lolait
Lyncargb
Maki Engineering
March Engineeringgb
Martini Racing Team
Marussia F1 Teamgb
Mercedes Benzde
Midland F1ru
Minardi Team SpAit
Modena Team SpA (Lamborghini)it
Moneytron Onyxgb
MTV Simtek
Officine Alfieri Maseratiit
Osella Squadra Corseit
Pacific Grand Prixgb
Pawlus
Penske Cars
Peter de Klerk
Piero Dusio
Pinch (Plant) Ltd
Porsche System Engineeringde
Prost Grand Prixfr
RAM Racinggb
Renault F1fr
Rennkollektiv Eisenacher Motoren Werke
Reventlow Automobiles Inc
Rial Racingde
Rob Walker Racing Teamgb
Scarabus
Scirocco Powell
Scuderia de Tomasoit
Scuderia Franera - Frazer Nashgb
Scuderia Italiait
Scuderia Lancia
Shadow Racing Teamgb
Shannon
Silvio Moser Racing Team
Spirit Racinggb
Spyker F1 Teamnl
Stewart Grand Prixgb
Super Aguri F1jp
Team Alfa Romeoit
Team Eifelland Caravans
Team Ensigngb
Team Lotusgb
Team Merzario
Team Rebaque
Team Surteesgb
Tecno Racing Teamit
Theodore Racing Team
Token Racinggb
Toleman Motorsportsgb
Toyota Motorsports GmbHjp
Trojan-Tauranac Racing
Tyrrellgb
US F1 Teamus
Vanwall (Vandervell Products Ltd)
Vel's Parnelli Jones Racing
Veritas
Walter Wolf Racing
Watson
West Zakspeed Racingde
Willi Kauhsen Racing Team


Spoiler for Rekor di F1:
Spoiler for 1. Pemenang Grand Prix Tertua:
F1 ITU APA SIH? +PICT Luigi Fagioli 53 TAHUN 22 HARI. Memenangkan GrandPrix Prancis pada tahun 1951

Spoiler for 2.Pemenang Grand Prix Termuda:
F1 ITU APA SIH? +PICT Max Verstappen 18 Tahun 228 Hari. Menang di Grandpix Barcelona 2016

Spoiler for 3.Pembalap termuda yang meraih pole:
F1 ITU APA SIH? +PICT Sebastian Vettel 21 tahun 72 hari

Spoiler for 4.Pembalap Tertua:
F1 ITU APA SIH? +PICT Luis Chiron 55 Tahun

Spoiler for 5.Pembalap termuda yang mengikuti grandprix resmi:
F1 ITU APA SIH? +PICT Lagi Lagi Max Verstappen -_- 17 Tahun166 hari

Spoiler for 6.Pembalap Wanita Pertama:
F1 ITU APA SIH? +PICT Maria Theresa Filippis Pertama kali di GP belgia tahun 1958

Spoiler for 7.Gap Terjauh dari posisi satu dengan posisi kedua:
F1 ITU APA SIH? +PICT 2LAP!! Jack Steward mendahului Bruce McLaren

Spoiler for 9.Pembalap yang paling banyak memimpin dalam satu musim:
F1 ITU APA SIH? +PICT Kang Jackie Steward lagi nih. Jackie Stewart memimpin setiap balapan di beberapa titik selama musim 1969 dan kemudian memenangkan enam dari sebelas balapan.

Spoiler for 10. Gap Terdekat.:
F1 ITU APA SIH? +PICT Di Grand Prix Italia pada tahun 1971, hanya ada perbedaan dari 0,01 detik antara pemenang Peter Gethin (BRM) dan runner-up Ronnie Peterson (Maret-Ford).

Spoiler for 11. Pembalap pertama yang memakai angka 0.:
F1 ITU APA SIH? +PICT Jody Scheckter melaju Grand Prix of America dan Perancis pada tahun 1973 dengan angka 0 di McLaren.

Spoiler for 12. Menang dari posisi terburuk.:
F1 ITU APA SIH? +PICT John Watson melaju dari posisi 22 ke pertama pada tahun 1983 di Amerika Serikat Grand Prix Barat, Long Beach.

Spoiler for 13. juara dunia tertua.:
F1 ITU APA SIH? +PICT Juan Manuel Fangio menjadi juara dunia untuk kelima kalinya pada tahun 1957 pada usia 47.

Spoiler for 14. Juara dunia termuda.:
F1 ITU APA SIH? +PICT Sebastian Vettel, 23 tahun, 133 hari dengan Red Bull Racing di Abu Dhabi GP 2010

Spoiler for 15. Rekor kemenangan terbanyak.:
F1 ITU APA SIH? +PICT Michael Schumacher memiliki total 91 kemenangan balapan di Formula One karirnya.

Spoiler for 16. Poin terbanyak selama satu musim.:
F1 ITU APA SIH? +PICT Lewis Hamilton mencetak 384 poin selama musim 2014

Spoiler for 17. posisi pole terbanyak dalam satu musim.:
F1 ITU APA SIH? +PICT Sebastian Vettel adalah 15 kali pole pada tahun 2011 (dari 19 balapan)

Spoiler for 18. Pit Stop Tercepat.:
F1 ITU APA SIH? +PICT Masih anget nih gan, GP eropa kemaren (Baku), seperti biasa william berhasil mencetak rekor dengan 1,89 DETIK



LANJUT KE BAWAH YA GAN ^^
F1 ITU APA SIH? +PICT






*nb: bukanya ane sengaja salah kamar naro trit ini di the lounge bukan di fordis khusus f1. tapi ane cuma mau memberi sedikit info disubforum yg plg banyak penghuninya supaya makin banyak yg tau ^^

Spoiler for UPdate . Beberapa Pembalap ASIA yang pernah berlaga di F1:
Spoiler for 1.Satoru Nakajima:
F1 ITU APA SIH? +PICT 1. Satoru Nakajima

Spoiler for 2.Narain Karthikeyan:
F1 ITU APA SIH? +PICT 2.Narain Karthikeyan

Spoiler for 3.Alex Yoong:
F1 ITU APA SIH? +PICT 3.Alex Yoong

Spoiler for 4.Takuma Sato:
F1 ITU APA SIH? +PICT 4.Takuma Sato

Spoiler for 5.Kamui Kobayashi:
F1 ITU APA SIH? +PICT 5.Kamui Kobayashi

Spoiler for 6.Rio Haryanto:
F1 ITU APA SIH? +PICT 6.Rio Haryanto
Spoiler for Daftar lintasan yang pernah dipakai GP F1:
Spoiler for 1.GP Abu Dhabi :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 2. GP Afrika Selatan :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 3.GP USA :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 4.Grand Prix Amerika Serikat Barat :
F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 5.GP Argentina :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 6.GP Australia:
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 7.GP Austria :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 8.GP Bahrain :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 9.GP Belanda :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 10.GP Belgia :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 11.GP Brazil :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 12.GP Inggris :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 13.GP Caesar Palace :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 14.GP Tiongkok :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 15.GP Dallas :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 16.GP Detroit :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 17.GP eropa :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 18.GP Hungaria :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 19.GP Indianapolis 500 :
F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 20.GP Italia :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 21.GP Jepang :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT
ada dua nih yang pernah di jepang, Suzuka sama Fuji Speedway

Spoiler for 23.GP Jerman :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 24.GP Kanada :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 25.GP Kosrel :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 26.GP Luxemburg :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT Grand Prix Luksemburg adalah sebuah balapan Formula Satu yang digelar semata-mata karena FIA tidak memperbolehkan suatu negara menggelar dua balapan dengan nama yang sama. GP Luksemburg digelar pada musim 1997 dan 1998. Nurburgring dipilih karena sirkuit yang berada di Jerman ini hanya berjarak 50 mil dari perbatasan Jerman-Luksemburg. Tadinya Nurburgring sempat berencana menggunakan nama Grand Prix Eropa untuk balapan di 1998, namun karena ada insiden seremonial podium di Jerez 1997, FIA memutuskan untuk mencoret sementara GP Eropa. Pada 1999 Nurburgring menjalankan balapan F1 dengan nama GP Eropa.

Spoiler for 27.GP Malaysia:
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 28.GP Maroko :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 29.GP Monako:
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 30.GP Perancis:
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 31.GP Singapura :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 31.GP Spanyol :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 32.GP Swiss :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 33.GP Turki :
F1 ITU APA SIH? +PICT F1 ITU APA SIH? +PICT



Spoiler for f1 Driver Championship:

Musim Sopir Tim poin Margin (PNTS)
1950 nino Farina Alfa Romeo 30 3
1951 Juan Manuel Fangio Alfa Romeo 31 6
1952 Alberto Ascari Ferrari 36 12
1953 Alberto Ascari Ferrari 34,5 6.5
1954 Juan Manuel Fangio Maserati (2 ras), Mercedes (6 ras) 42 16,9
1955 Juan Manuel Fangio Mercedes 40 16,5
1956 Juan Manuel Fangio Ferrari 30 3
1957 Juan Manuel Fangio Maserati 40 15
1958 Mike Hawthorn Ferrari 42 1
1959 Jack Brabham pembuat kaleng 31 4
1960 Jack Brabham pembuat kaleng 43 9
1961 Phil Hill Ferrari 34 1
1962 Graham Hill BRM 42 12
1963 Jim Clark Teratai 54 21
1964 John Surtees Ferrari 40 1
1965 Jim Clark Teratai 54 14
1966 Jack Brabham Brabham 42 14
1967 Denny Hulme Brabham 51 5
1968 Graham Hill Teratai 48 12
1969 Jackie Stewart Matra 63 26
1970 Jochen Rindt Teratai 45 5
1971 Jackie Stewart Tyrrell 62 29
1972 Emerson Fittipaldi Teratai 61 16
1973 Jackie Stewart Tyrrell 71 16
1974 Emerson Fittipaldi McLaren 55 3
1975 Niki Lauda Ferrari 64.5 19,5
1976 James Hunt McLaren 69 1
1977 Niki Lauda Ferrari 72 17
1978 Mario Andretti Teratai 64 13
1979 Jody Scheckter Ferrari 51 4
1980 Alan Jones Williams 67 13
1981 Nelson Piquet Brabham 50 1
1982 Keke Rosberg Williams 44 5
1983 Nelson Piquet Brabham 59 2
1984 Niki Lauda McLaren 72 0,5
1985 Alain Prost McLaren 73 20
1986 Alain Prost McLaren 72 2
1987 Nelson Piquet Williams 73 12
1988 Ayrton Senna McLaren 90 3
1989 Alain Prost McLaren 76 16
1990 Ayrton Senna McLaren 78 7
1991 Ayrton Senna McLaren 96 24
1992 Nigel Mansell Williams 108 52
1993 Alain Prost Williams 99 26
1994 Michael Schumacher Benetton 92 1
1995 Michael Schumacher Benetton 102 33
1996 Damon Hill Williams 97 19
1997 Jacques Villeneuve Williams 81 39
1998 Mika Hakkinen McLaren 100 14
1999 Mika Hakkinen McLaren 76 2
2000 Michael Schumacher Ferrari 108 19
2001 Michael Schumacher Ferrari 123 58
2002 Michael Schumacher Ferrari 144 67
2003 Michael Schumacher Ferrari 93 2
2004 Michael Schumacher Ferrari 148 34
2005 Fernando Alonso Renault 133 21
2006 Fernando Alonso Renault 134 13
2007 Kimi Räikkönen Ferrari 110 1
2008 Lewis Hamilton McLaren 98 1
2009 Jenson Button Brawn GP 95 11
2010 Sebastian Vettel Red Bull Racing 256 4
2011 Sebastian Vettel Red Bull Racing 392 122
2012 Sebastian Vettel Red Bull Racing 281 3
2013 Sebastian Vettel Red Bull Racing 397 155
2014 Lewis Hamilton Mercedes AMG F1 384 67
2015 Lewis Hamilton Mercedes AMG F1 381 59


Spoiler for Cara Pembuatan komponent mobil f1:





Spoiler for Cara Pit Stop:






Spoiler for Perkembangan Mobil F1:

Spoiler for 1950-1960:
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT


Spoiler for 1960-1970:
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 1980-1990:
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 1990-2000:
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for 2000-now:
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for Strange Car:
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT




Bonus

Spoiler for CEKIDOT:








F1 ITU APA SIH? +PICT

Spoiler for SUMBER:
YOUTUBE.COM
Wikipedia.com
f1technical.net
soundcloud.com
carvaganza.com
detik.com
www.rappler.com
bleacherreport.com
ebay.com




LANJUT POST KE 5 YA GAN ^^

F1 ITU APA SIH? +PICT
gw kira merk HP selfi itu
wah ngomongin F1 keingat kaka lio
bantuan dari agan" sekalian ^^

Quote:Original Posted By lebah.ganteng
Semenjak tragedi Ayrton Senna, otoritas F1 lebih mengutamakan safety sampe sekarang....

Kalo untuk tragedi paling tragis di F1 mungkin (menurut ane) kecelakaannya Helmuth Koinigg, doi tewas karna terpenggal oleh pembatas lintasan.... (sempat ada scene di Film Rush, ane sendiri merinding liatnya soalnya palanya msh di dalem helm)

Marussia sekarang berganti nama jadi Manor Racing

Sirkuit Nurburgring dianggap sirkuit paling berbahaya di F1, sampai setelah kecelakaan Niki Lauda akhirnya sirkuit ini dirancang ulang....

Keke Rosberg itu bokapnya Nico Rosberg

Mobil F1 paling terkenal sampe sekarang adalah McLaren MP4/5 yg dulu pernah dipakai oleh Ayrton Senna (dan dipakai ulang oleh Lewis Hamilton di acara Top Gear, Tribute to Senna)

GP Italy 1994 dianggap sebagai GP Terkelam Sepanjang Sejarah karna ada 2 orang pembalap yg tewas HANYA berselang 1 hari yaitu Roland Ratzenberger (Qualification, 30 April 1994) dan Ayrton Senna (Race, 1 Mei 1994)

Mobil2 Ferrari saat itu dianggap "Mesin Pembunuh" dikarenakan mayoritas pembalap yg tewas berasal dari Tim Ferrari...

Roland Ratzenberger menjadi Pembalap F1 dengan waktu Tersingkat, cmn 1 kali start doang itupun kualifikasi

Beberapa pembalap F1 memiliki julukan tersendiri, seperti Francois Cevert dgn ketampanannya, James Hunt dgn "tabokannya", Niki Lauda si Muka Paha, Gilles Villenueve si Tua, Alain Prost si "Dingin", hingga Ayrton Senna dgn "The Rainmaster"

Mungkin ini dulu beberapa info yg bisa ane kasih... hehehehe




Quote:Original Posted By vulanen


Ane coba jawab ya gan hehe
1. Udah ada di postingan sebelumnya. 25 pembalap Asia yang pernah berlaga di F1. 20 dari Jepang, 2 dari India, sedang Thailand, Malaysia dan Indonesia masing-masing 1.

2. Balapan terlama Montreal 2011 (ane nonton sampe Subuh gan hahaha)
Balapan tersingkat Adelaide 1991 (sampe Senna bilang balapan gila). Keduanya karena hujan gan hehe.

3. Kalo insiden balap paling mengerikan bukan di F1 gan. Tapi di balapan Le Mans tahun 1955. Ketika mobil Mercedes-nya Pierre Levegh meledak dan pecahan mobilnya terbang ke arah penonton. Hampir 100 orang meninggal. Dan membuat Mercedes mundur dari dunia balap untuk waktu yang lama.

Kalo untuk F1 sendiri, total ada 51 pembalap yang gugur di lintasan. Baik selama testing, practice, qualifying sampe race day. Melibatkan nama2 besar seperti Jochen Rindt, Francois Cevert, Ronnie Peterson, Lorenzo Bandini, Gilles Villeneuve, Elio De Angelis hingga Ayrton Senna. Pembalap F1 terakhir yang meninggal adalah Maria de Villota dan Jules Bianchi dari Virgin/Marussia/Manor.

Ane saranin agan browsing mengenai Tom Pryce dan Roger Williamson gan. Kematian mereka yang paling tragis menurut ane.

4. Sirkuit balapan malam pertama di F1 adalah di Marina Bay Singapura musim 2008. Disusul twilight race di Abu Dhabi, UEA dan Sakhir, Bahrain.

5. Kalo mesin pabrikan yang pernah berkompetisi di F1 banyak gan. Hampir semua pabrikan besar dunia pernah berlaga di F1. Baik tampil sebagai full team maupun pemasok mesin. Itu belum dihitung pembuat mesin independen. Kalo yang legendaris adalah Ferrari, Ford-Cosworth, Honda, Renault dan Mercedes





Quote:Original Posted By vulanen


Ane coba bantuin TS ya gan hehe. Definisi pembalap F1 adalah yang resmi mengikuti start Grand Prix. Pembalap F1 dari Asia nggak banyak gan, sejak F1 digelar di Silverstone 1950, hanya ada 25 pembalap Asia yang pernah berkompetisi di balapan F1. Dan Jepang adalah penyumbang terbesar pembalap F1 untuk Asia. Kalo Pembalap F1 pertama dari Asia itu adalah Prince Bira dari Thailand. Sedangkan pembalap tersukses Asia di F1 adalah Satoru Nakajima, Aguri Suzuki, Ukyo Katayama dan Takuma Sato

1. Thailand : Prince Bira
2. Malaysia : Alex Yoong
3. India : Narain Karthikeyan & Karun Chandok
4. Indonesia : Rio Haryanto
5. Jepang : Hiroshi Fushida, Masahiro Hasemi, Masami Kuwashima, Noritake Takahara, Kazuyoshi Hoshino, Kunimitsu Takahashi, Satoru Nakajima, Aguri Suzuki, Naoki Hattori, Ukyo Katayama, Toshio Suzuki, Hideki Noda, Taki Inoue, Shinji Nakano, Toranosuke Takagi, Takuma Sato, Yuji Ide, Kazuki Nakajima, Sakon Yamamoto dan Kamui Kobayashi.

Sebenarnya pembalap Asia ada 1 lagi gan yaitu Daniil Kvyat dari Red Bull academy. Meski berkewarganegaraan Rusia, doi sebenarnya lahir di Republik Baskhorkostan (wilayah Rusia perbatasan Asia dan Eropa)


Insiden" paling ngeri di F1

Spoiler for Jules Bianchi :

Spoiler for Senna:(:

Spoiler for roland ratzenberger:


fakta fakta lainya

Spoiler for Fakta:
Spoiler for 1.:
1

80.000 Komponen

Sebuah mobil F1 terdiri dari sekitar 80.000 komponen. Seluruh komponen itu harus disusun dengan nol kesalahan. Bahkan jika proses penyusunan mencapai tingkat 99,9% benar, maka masih ada 80 komponen yang dipasang tidak pada tempatnya.

Spoiler for 2.:
2

Berapa Harga Mobil F1

Harga sebuah mobil F1 lebih dari 40 juta poundsterling (Rp 750 miliar). Jika dihitung materialnya saja, maka harganya hanya Rp 34,2 miliar. Nilainya menjadi melambung mendekati Rp 1 T karena ada biaya penelitian, pengembangan dan penggunaan teknologi tinggi dalam merancangnya.

Spoiler for 3.:
3

Harga Mesin F1

Komponen paling mahal di mobil F1 adalah mesin, yang satu buahnya bisa berharga Rp 102 miliar.

Spoiler for 4.:
4

702 Kg Berat Mobil F1

Berat minimum mobil F1 yang diizinkan adalah 702 kg, sudah termasuk pebalap tapi tanpa bahan bakar. Bobot tersebut didapat dengan empat ban kering terpasang.

Spoiler for 5.:
Mobil F1 Lebih Ringan dari Sebuah Hatchback

Meski terdiri dari sekitar 80.000 komponen dan memiliki kabel dengan panjang lebih dari 1 km, mobil F1 masih lebih ringan dibanding sebuah hatchback.

Spoiler for 6.:
Rp 3,5 Triliun Per Musim

Saat menjadi juara dunia di tahun 2012, Red Bull Racing menghabiskan anggaran US$ 270,2 juta (sekitar Rp 3,545 triliun) di sepanjang tahun. Jika dirata-rata maka tim asal Austria itu menggelontorkan US$13,5 juta (sekitar Rp 177,16 miliar) untuk setiap seri balapan.

Spoiler for 7.:
Setir yang Rumit

Terdapat sekitar 35 tombol di setir mobil F1 yang mengatur nyaris semua hal: mulai dari batas kecepatan di pit, komunikasi dengan tim di pit, penyetelan differential, DRS, dan banyak lagi. Terdapat juga sebuah layar LCD berukuran kecil.

Spoiler for 8.:
Setir F1 Seharga Rp 600 Juta

Sebuah setir mobil F1 lebih mahal dibanding mobil keluarga paling laris di Indonesia. Harga kemudia jet darat itu mencapai Rp 656,1 juta

Spoiler for 9.:
Menembus 300 km/jam

Tanpa downforce dari aerodinamis, sebuah mobil balap bisa melayang jika menembus kecepatan 160 km/jam. Padahal mobil F1 rata-rata mampu melaju hingga 300 km/jam

Spoiler for 10.:
Rem 1.000 Derajat Celcius

Cakram rem mobil F1 harus mampu menahan panas hingga 1.000 derajat celcius. Cakram tersebut dibuat dari bahan serat karbon yang lebih keras dibanding baja dan punya titik leleh yang lebih tinggi.

Spoiler for 11.:
100 Sensor

Terdapat sekitar 100 sensor di mobil F1 yang memonitor dan mengendalikan fungsi mobil. Seluruh sensor tersebut dihubungkan dengan kabel yang panjangnya lebih dari 1 km.

Spoiler for 12.:
Real Time Data

Setiap sekali balapan, sebuah mobil F1 menghasilkan data sebesar 25GB, yang didapat dari 200 channel. Semua data itu ditransfer ke pit melalui telemetry secara real time.

Spoiler for 13.:
Pitstop Super Cepat

Keempat roda mobil F1 bisa diganti hanya dalam kuran dari 4 detik.

Spoiler for 14.:
Energi Pengereman

Energi yang dibutuhkan untuk memelankan mobil daru 315 km/jam menjadi 185 km/jam sama dengan jumlah energi yang dbutuhkan untuk membuat seekor gajah terlempar 10 meter ke udara.

Spoiler for 15.:
Hard Breaking

Saat pebalap F1 melakukan pengereman maka dia akan mengalami perlambatan kecepatan yang sangat drastis. Prosesnya bisa dibandingkan dengan sebuah mobil pribadi yang menghantam tembok bata dalam kecepatan 300 km/jam

Spoiler for 16.:
Balapan Malam

Menjadi salah satu dari dua balapan malam di seri F1, GP Singpaura diterangi oleh 1.600 lampu pada lintasan sepanjang 5,075 km. Pencahayaan pada GP Singapura empat kali lebih terang dibanding cahaya yang digunakan untuk menerangi pertandingan sepakbola.

Spoiler for 17.:
Mesin 18.000 RPM

Putaran mesin F1 mampu mencapai angka 18.000 rpm (revolutions per minute). Itu artinya piston mesin melakukan gerak naik-turun sebanyak 300 kali dalam satu detik. Sementara mobil pada umumnya hanya memiliki 6.000 rpm maksimal

Spoiler for 18.:
Meramping 4kg Per Balapan

Rata-rata pebalap kehilangan bobot 4 kg per balapan. Pebalap mengalami tekanan gravitasi yang berkali-kali lipat saat melaju dalam kecepatan tinggi, dan itu menerpa mereka selama sekitar dua jam.

Spoiler for 19.:
Girboks F1

Sebuah girboks membutuhkan waktu lebih dari 40 jam kerja untuk dirakit, di mana girboks tersebut terdiri dari 1.500 komponen. Ada lebih dari 50 rasio gigi berbeda yang harus dipilih tim mekanik demi menyesuaikan dengan karakter sirkuit tertentu.

Spoiler for 20.:
Mesin Berumur Dua Jam

Mesin mobil F1 hanya berumur dua jam saja, atau dipakai untuk satu balapan. Bandingkan dengan mesin mobil normal yang dipakai paling tidak hingga 20 tahun lamanya.

Spoiler for 21.:
Girboks Super Cepat

Girboks F1 bisa berganti gigi 50 kali lebih cepat dibanding kedipan mata manusia. Dan sepanjang balapan girboks mengalami 2.800 sampai 4.000 pergantian gigi.

Spoiler for 22.:
Aerodinamis Sepenting Mesin

Aerodinamis menjadi unsur yang sama penting dengan mesin dalam F1. Aerodinamis punya dua fungsi penting: (1) menciptakan downforce demi mendorong mobil tetap menempel di lintasan dan meningkatkan tenaga saat menikung, serta (2) meminimalkan hambatan yang datang dari daya dorong angin akibat mobil melaju dengan kecepatan sangat tinggi.

Spoiler for 23.:
Downforce dan Kecepatan Mobil

Seberapa penting downforce terkait kecepatan mobil? Pengembangan 10% terhadap downforce bisa setara dengan 1 detik lebih cepat untuk satu lap.

Spoiler for 24.:
Kekuatan Downforce

Karena downforce yang sangat besar, besi penutup gorong-gorong jalan harus dilas supaya tidak terangkat saat mobil F1 melintas di atasnya. Ini harus dilakukan saat digelar balapan jalanan (misalnya di Monaco).

Spoiler for 25.:
Kenapa Jet Darat Tidak Melayang?

Sebuah pesawat kecil bisa melakukan take off saat melaju dalam kecepatan yang lebih rendah dibanding mobil F1. Mobil F1 tidak terangkat ke udara karena sayap-sayapnya justru digunakan untuk menahan mobil tetap menempel di atas aspal.

Spoiler for 26.:
Melawan Gravitasi

Sayap mobil F1 menghasilkan tenaga downforce yang luar biasa besar. Dengan kecepatan 160 km/jam, mobil F1 bisa menciptakan downforce yang cukup untuk membuatnya bertahan di atap sebuah lorong dan melaju dalam posisi terbalik.

Spoiler for 27.:
Kuncinya di Sayap Depan

Sayap depan adalah kunci aerodinamis mobil F1. Sayap depan akan menentukan ke mana angin akan dialirkan ke seluruh bagian mobil. Saat tiba di saya belakang mobil, kecepatan angin sudah menurun sampai 30% dibanding saat melewati sayap depan.

Spoiler for 28.:
Refuelling

Pengisian bahan bakar di tengah lomba sudah ditiadakan. Saat masih berlaku beberapa musim lalu, pompa bahan bakar bisa mengalirkan 12 liter per detik. Itu artinya pompa bahan bakar F1 hanya butuh waktu empat detik untuk mengisi full tank road car pada umumnya.

Spoiler for 29.:
Ban Berisi Nitrogen

Ban mobil F1 diisi dengan nitrogen. Alasannya, nitrogen punya daya tahan yang lebih baik dibanding udara biasa.

Spoiler for 30.:
Ban yang Terus Menyusut

Ban F1 mengalami penyusutan bobot saat dipakai membalap. Setiap ban rata-rata kehilangan beban 0,5 kg karena terkoyak akibat pemakaian.

Spoiler for 31.:
Ban Basah: 60 Liter per Detik

Dalam kondisi hujan, ban mobil F1 bisa 'mengalirkan' air dengan jumlah 60 liter/detik pada kecepatan maksimal.

Spoiler for 32.:
Umur Pendek Ban F1

Jika ban mobil biasa bisa tahan digunakan untuk 60.000 sampai 100.000 km, maka ban mobil F1 harus diganti setelah menempuh jarak sekitar 90-120 km saja.

Spoiler for 33.:
Terpanggang di Kokpit

Temperatur di dalam kokpit bisa mencapai 50 derajat celcius. Dalam kondisi seperti itu pebalap harus tetap berkonsentrasi penuh untuk menempuh balapan 300km. Kehilangan konsetrasi satu detik saja akan membuat mobil kehilangan potensi 1%, yang bisa berpengaruh pada peningkatan kecepatan lap atau terpelintir ke luar lintasan.

Spoiler for 34.:
Nomor Pebalap

Seluruh pebalap F1 memiliki nomor mobil. Sang juara dunia umumnya diberi hak untuk memakai nomor satu, sementara rekan setimnya kebagian nomor dua.

Spoiler for 35.:
Lewis Hamilton dan Nomor 44

Meski begitu tidak semua juara dunia mau memakai nomor satu di mobilnya. Lewis Hamilton memilih bertahan dengan nomor 44.

Spoiler for 36.:
Nomor 13 di F1

Nomor 13 sangat jarang dipakai di balapan F1. Tercatat cuma 2 kali nomor itu dipakai yakni pada balapan di 1963 dan di sesi kualifikasi tahun 1976.

Spoiler for 37.:
RIP Jules Bianchi

Jules Bianchi menjadi korban jiwa terakhir di ajang F1. Dia meninggal dunia pada Juli 2015, sembilan bulan setelah mengalami cedera kepala akibat kecelakaan di GP Jepang.

Spoiler for 38.:
Kematian di F1

Sepanjang sejarah ada 51 pebalap meninggal dunia di lintasan F1, baik dalam balapan atau pada kesempatan lain bukan balapan tapi mereka meninggal karena tengah mengendarai mobil F1.

Spoiler for 39.:
Dominasi Ferrari

Ferrari menjadi tim paling sukses di F1 dengan telah memenangi 16 gelar juara konstruktor. Di belakangnya ada Williams (9) dan McLaren (8), dan Lotus (7).

Spoiler for 40.:
Rio Haryanto

Rio Haryanto menjadi pebalap F1 ketiga yang berasal dari Asia Tenggara. Malaysia sempat memiliki Alex Yoong, sementara Thailand pernah diwakili oleh Birabongse Bhanudej.

Spoiler for 41.:
Michael Schumacher Paling Sukses

Michael Schumacher menjadi pebalap paling sukses di F1 dengan tujuh gelar juara dunia. Dia juga menjadi pebalap dengan jumlah kemenangan beruntun terbanyak, lima kali dari 2000 sampai 2004.

Spoiler for 42.:
Berawal dari Karting

Sebagian besar pebalap memulai kariernya dari balapan karting. Selanjutnya ada banyak jalan menuju F1, namun umumnya melalui jalur seperti Formula Ford, Formula Renault, Formula 3, dan GP2. Sebelum ada GP2, balapan yang menjadi feeder F1 adalah Formula Two dan Formula 3000.

Spoiler for 43.:
Detak Jantung Pebalap

Pada beberapa momen detak jantung pebalap F1 bisa mencapai 200 kali per menit, dan pada durasi yang lebih panjang berdetak hingga 150 kali setiap menit.

Spoiler for 44.:
Driver F1 = Pelari Marathon

Di atas lintasan tekanan darah pebalap bisa meningkat 50%. Meski cuma duduk mengendalikan mobil, pebalap F1 mengeluarkan energi yang sama dengan pelari marathon. Total kalori yang terbakar bisa mencapai 1.200.

Spoiler for 45.:
3 Liter Cairan Tubuh Menguap

Untuk satu balapan, seorang pebalap bisa kehilangan 2 sampai tiga liter cairan tubuh.

Spoiler for 46.:
8 Liter Air untuk Pebalap

Pada balapan-balapan panas seperti di Australia, Malaysia, dan Brasil, pebalap bisa mengonsumsi delapan liter air.

Spoiler for 47.:
Bahaya Dehidrasi

Sebelum start, pebalap harus mengonsumsi cairan dalam jumlah sangat banyak untuk menghindari dehidrasi. Kokpit F1 menghasilkan panas yang sangat tinggi yang membuat pebalap terus menghasilkan keringat saat race berlangsung.

Spoiler for 48.:
Air Minum di Dalam Kokpit

Di kokpit mobil F1 terpasang botol minum untuk pebalap, air itu juga mengandung mineral garam. Pebalap bisa meminumnya melalui sebuah selang yang terpasang.

Spoiler for 49.:
Cairan Kunci Konsentrasi

Sebuah penelitian mengungkapkan betapa pentingnya cairan dalam tubuh untuk atlet. Seseorang yang kehilangan 4% saja cairan dari bobot tubuhnya bisa kehilangan kemampuan psycho-physical sebanyak 40%.





Formula 1
plesetannya Fantat one
Quote:Original Posted By reagannnn
wah ngomongin F1 keingat kaka lio


salam overlap
PANJAAANG AMAT gan
Hati2 BWK
Quote:Original Posted By biagunderson
salam overlap



salam melipir di sirkuit inggris



jemaat pada nyalahin hujan
wih, lengkap nih, kayak RPUL jaman SD
forza ferrari
F1 itu tombol pada keyboard
Quote:Original Posted By ibnu5tey
salam melipir di sirkuit inggris



jemaat pada nyalahin hujan

aku fans kak lio, kamu ini udah bisa nyetir mobil ef wan belum



Quote:
mobil2 f1 jaman dulu lucu2 ya
jadi kebayang kalo masih di pake sampe skrg

F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
F1 ITU APA SIH? +PICT
salam kaskus
F1 kalahnye ame blanwir liwat brur
Mobil pertama f1 montok haha
Quote:Original Posted By biagunderson
aku fans kak lio, kamu ini udah bisa nyetir mobil ef wan belum






salahin hujan sono jangan salahin hater


uda basi kak lioo mau keluar
Anjir Lengkap Ya Sampai Pembalap F1 Yg Juara Sampai Lintasan Nya Di Bahas Keren Ente Gan
Quote:Original Posted By cimakcimik
Lah ente juga goyang mulu gan,,



Quote:Original Posted By ibnu5tey



salahin hujan sono jangan salahin hater

ah kamu ngomong doang

tipikal fans garis keras yah gitu.. kritik = hater

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar