Pages


Rabu, 27 Mei 2015

Inilah 5 Kota Dengan Sistem Busway Terpadat Di Dunia (Apakah Jakarta Termasuk?)

Spoiler for buka:
No repost

Spoiler for buka:
Silahkan dirate bila berkenan
Semoga threadnya bermanfaat

Spoiler for buka:
Terima kasih untuk mimin dan momod. Thread ini akhirnya dijadikan HT


5 Kota Dengan Sistem Busway Terpadat Di Dunia



Busway atau lebih dikenal dengan BRT merupakan sebuah sistem transportasi massal yang berbasis bus. Di kota-kota besar, sebuah sistem busway biasanya dibuatkan jalur ekslusif dan terpisah dengan kendaraan pribadi. Bahkan ada juga yang dibuatkan jalur layang layaknya seperti transportasi massal berbasis rel. Biasanya busway menggunakan bus yang lebih besar dibandingkan transportasi berbasis bus lainnya. Halte yang digunakan juga khusus dan punya kapasitas lebih besar dibandingkan halte bus biasa.

Banyak kota-kota besar di dunia mengadopsi busway sebagai transportasi dalam kota. Alasannya karena lebih murah dalam hal operasional dan lebih cepat dalam pembangunannya. Dari semua kota yang menerapkan sistem busway, inilah 5 kota dengan sistem busway terpadat di dunia.


Quote:1. Curitiba (Brazil)
Spoiler for buka:
Spoiler for buka:

Spoiler for buka:

Spoiler for buka:

Sistem busway di kota Curitiba bernama Rede Integrada de Transporte. Busway di kota Curitiba ini sudah ada dari tahun 1974, jauh sebelum kota-kota lain di dunia membangun sistem serupa. Daya angkut per harinya mencapai 2,3 juta penumpang dan menjadikan Curitiba sebagai kota dengan sistem busway terpadat di dunia.

Curitiba memiliki 6 koridor busway dengan stasiun berjumlah 21 buah. Total panjang jalur busway di kota Curitiba mencapai 81 km. Semenjak tahun 90an, kota Curitiba telah mengoperasikan bi-articulated buses atau bus gandeng tiga dalam sistem busway yang mereka terapkan. Hal ini pula yang menjadikan busway di kota Curibita punya keunggulan dalam hal kapasitas dibandingkan kota-kota lainnya.


Quote:2. Bogota (Kolombia)
Spoiler for buka:
Spoiler for buka:

Spoiler for buka:

Bogota merupakan salah satu kota tersukses menerapkan sistem busway. Banyak negara-negara lain yang akan membangun sistem busway, menjadikan kota Bogota sebagai rujukan. Sistem busway yang berada di kota Bogota bernama Transmilenio. Transmilenio ini mulai beroperasi pada tahun 2000. Panjang jalurnya sekitar 106 km dan memiliki 144 stasiun. Jumlah koridornya ada 12.

Dalam waktu sehari, Transmilenio mampu mengangkut 2,2 juta penumpang. Layaknya sistem busway disejumlah kota besar dunia, Transmilenio juga mayoritas memiliki jalur ekslusif. Diiberapa stasiun utama terdapat dua jalur sekaligus. Satu jalur untuk melayani layanan reguler, dan satu jalur lagi untuk layanan ekspres yang tidak akan berhenti dibanyak stasiun.


Quote:3. Teheran (Iran)
Spoiler for buka:
Spoiler for buka:

Spoiler for buka:

Sistem busway di kota Teheran pertama kali diresmikan pada tahun 2008. Sampai saat ini, busway di kota Teheran sudah memiliki 7 koridor. Panjang jalurnya sekitar 150 km dan rencanakan akan dikembangkan hingga 300 km. Sehari, busway di kota Teheran mampu mengangkut 2 juta penumpang.


Quote:4. Guangzhou (China)
Spoiler for buka:
Spoiler for buka:

Spoiler for buka:

Sistem busway pertama kali diperkenalkan di kota Guangzhou pada tahun 2010. Guangzhou hanya memiliki satu koridor busway yang memiliki panjang 22 km. Namun jangan salah, walau hanya punya satu koridor, sistem busway yang ada di kota Guangzhou mampu mengangkut 1 juta penumpang setiap hari. Hal karena frekuensi busnya yang padat. Jarak antar busnya hanya berselang waktu 10 detik.


Quote:5. Mexico City (Meksiko)
Spoiler for buka:
Spoiler for buka:

Spoiler for buka:

Satu lagi wakil dari Amerika Latin dengan jalur busway terpadat di dunia adalah Mexico City. Sistem busway di Mexico City biasa disebut Metrobus. Metrobus ini memiliki 5 koridor dengan 172 stasiun. Panjang jalur keseluruhannya sekitar 115 km. Sehari Metrobus ini mampu mengangkut 900 ribu penumpang. Sama halnya seperti Rede Integrada de Transporte di Curitiba dan Transmilenio di Bogota, Metrobus di Mexico City juga telah mengoperasikan bi-articulated buses atau bus gandeng tiga.




Bagaimana dengan Jakarta? Secara statistik, Jakarta merupakan kota dengan jalur busway terpanjang di dunia dengan operator bernama Transjakarta. Total panjang jalur busway keseluruhan di Jakarta adalah 208 km yang terdiri dari 12 koridor. Sayangnya walau Jakarta pemilik jalur busway terpanjang di dunia, tidak mampu menjadikan Jakarta sebagai kota dengan daya angkut penumpang terbanyak di dunia. Jumlah penumpang harian busway di Jakarta hanya sekitar 450 ribu penumpang yang menempatkan Jakarta diposisi ketujuh sebagai kota dengan sistem busway terpadat di dunia. Walau punya jalur sepanjang 208 km yang terdiri dari 12 koridor, ternyata daya angkut busway di Jakarta masih kalah dari Busway di Guangzhou yang panjang jalurnya cuma 22 km dan hanya punya 1 koridor. Banyaknya permasalahan krusial membuat busway di Jakarta tidak mampu mengangkut penumpang secara optimal.

Untuk tidak menambah permasalahan yang ada, koridor Transjakarta selanjutnya lebih mengutamakan pembangunan jalur layang daripada jalur yang memakan badan jalan raya seperti yang ada sekarang. Contohnya koridor 13 yang akan dibuatkan jalur layang. Semoga saja dengan pembangunan jalur layang ini bisa menjadikan busway sebagai pilihan utama transportasi warga Jakarta dan bisa membantu mengurangi masalah kemacetan sedikit demi sedikit.
Spoiler for buka:

Desain koridor 13


Quote:Itulah sedikit ulasan tentang 5 kota dengan sistem busway terpadat di dunia. Semoga threadnya bermanfaat dan bisa menambah wawasan.
Pertamax

Miris tengok Jakarta. Punya 12 koridor busway tapi penumpangnya kalah dengan Guangzhou yang cuma punya 1 koridor busway.
Quote:Original Posted By AIternator
Pertamax

Miris tengok Jakarta. Punya 12 koridor busway tapi penumpangnya kalah dengan Guangzhou yang cuma punya 1 koridor busway.


Alasan utamanya pasti karena jalur yang tidak steril. Naik busway tujuannya biar gak macet ternyata tetap aja macet.
Keren sekali bus yang gandeng tiga. Kapan ada di Indonesia
Idn? No comment ah
llz
halte nya bagus2 gan, ga kaya di mari
klo dimri daya angkutnya bisa kaya di brazil mungkin jalanan bisa sepi kali ya
busa dan haltenya bagus2 gan
Ayo mas mbak bapak ibuk mbah pakde bude naik bis
Quote:Original Posted By kanbanman
klo dimri daya angkutnya bisa kaya di brazil mungkin jalanan bisa sepi kali ya

Betul gan. Pengen rasanya orang-orang Jakarta merasa lebih nyaman menggunakan busway daripada kendaraan pribadi. Tentunya bukan dengan pelayanan seperti sekarang ini.
Dari lebar jalannya udah beda cuk antara Jakarta dengan lainnya. Tata kota nya ga bisa bikin perhitungannya yg tepat waktu bikin bangunannya alhasil tu jalur trans Jakarta Terlalu dipaksain. Hasilnya? Tetep aja macet. Dan juga jarak datengnya bis Terlalu jauh
Quote:Original Posted By bijiplee
Dari lebar jalannya udah beda cuk antara Jakarta dengan lainnya. Tata kota nya ga bisa bikin perhitungannya yg tepat waktu bikin bangunannya alhasil tu jalur trans Jakarta Terlalu dipaksain. Hasilnya? Tetep aja macet. Dan juga jarak datengnya bis Terlalu jauh


yang jadi masalah kota Jakarta itu adalah jalur yang tidak steril dan armada yang tidak memadai. Padahal sebagian jalur busway sudah punya jalan ekslusif seperti kota-kota diatas.
Quote:Original Posted By danQe
halte nya bagus2 gan, ga kaya di mari


Di sini parah banget dalam hal perawatan. Baik perawatan bus maupun haltenya.
Steril atau ga nya tergantung Dari pribadi nya masing2 yg berkendara cuk ya namanya Jakarta semua orang punya kepentingan dan egois . Harusnya iya udah punya jalan sendiri kek ente bilang cuk, kan balik lagi jalan Jakarta sempit dipaksain bikin lajur sendiri dan hasilnya bisa ente liat sendiri cuk. Pembebasan Lahan dulu kali ya biar jalur nya memadai .katanya mau nambah armada lagi cuk, entah lah kapan mau Ada lagi tu bis. Padahal potensinya bagus, cuma kelolanya yg masih berantakan
diluar mungkin kendaraan bermotor(pribadi) dibatasi juga ye,,jadi angkutan umum pasti diperbanyak
wah pantesan jakarta kalah plus masih juga macet... lihat aja jalan raya dinegara lain lebar lebar banget jadi meski udah dipake buat busway, jalan umum nya masih lebar
Quote:Original Posted By blitzkrieg1940
Ayo mas mbak bapak ibuk mbah pakde bude naik bis


Sekarang saja dengan penumpang yang sedikit, busnya udah sesak banget. Banyak permasalahan yang perlu diperbaiki oleh pihak transjakarta.
kenapa nggak begitu banyak orang-orang jakarta yang mau naik busway dan lebih memilih naik angkot / kendaraan umum lainnya? karena waktu datang bus tidak teratur. kadang tiap 5 menit, kadang tiap 1 jam

berdasarkan pengalaman ane, kalo buru-buru, lebih baik hindari busway.
kalo engga ada kesadaran diri dari per individu nya engga akan bisa awet fasilitas yg sudah dibangun, percuma dikasih halte bagus eh tau-tau nya dicorat-coret engga jelas
Semoga indonesia bisa nyontoh negara2 diatas, biar makin banyak yg naek busway,
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar