Pages


Kamis, 03 Desember 2015

Hal-hal ini bakalan kita alami jika menginstall game PC bajakan (tust me it's true)



Quote:makasih temen2 yang udah kasih cendol dan sepertinya ada pembajak yang terguncang


Quote:Quote:Pembajakan software terutama game bisa diibaratkan sebuah virus yang semakin berusaha dibasmi dengan antiviral, justru virus tersebut akan bermutasi menjadi varian baru yang lebih kuat. Begitu juga dengan pembajakan, semakin canggih para developer menerapkan sistem anti bajakan, justru para pembajak semakin pintar dalam mencari celah keamanan sistem tersebut. Bahkan di beberapa situs bajakan ternama, telah terpajang game-game yang sebelumnya hampir mustahil dibajak. Tetapi tetap saja ada potensi kerugian jika kita mengunduh dan menginstal game-game bajakan tersebut. Nah berikut ini beberapa akibat tersebut, atau mungkin teman-teman ada yang pernah mengalami?

Quote:1. Menjadi Korban Link Download PalsuQuote:Masih ingatkah teman-teman dengan kasus maraknya link download game Grand Theft Auto V versi PC beberapa tahun lalu? Game fenomenal keluaran Rockstar tersebut dirilis duluan di konsol sekitar September tahun 2013. Tentu saja para PC-user (ane nggak nyebut gamer lho ya) berharap dan mendesak Rockstar segera merilis versi PC-nya. Hype PC-user yang demikian tinggi ternyata dimanfaatkan oleh para penjahat di dunia maya untuk menyebarkan banyak link-link palsu yang diming-imingi game GTA V untuk PC versi leaked. Bahkan sebuah file installer berukuran 18 GB berhasil diunduh dari link tersebut. Sudah bisa ditebak, bukan game yang didapat melainkan infeksi ribuan virus, spyware dan malware. Sebuah akibat dari mengunduh game yang bahkan belum diumumkan untuk versi PC-nya.

Quote:2. File Installer Yang Berisi VirusQuote:Oke, developer sudah resmi mengumumkan kalau game yang diincar sudah beredar versi PC-nya. Game yang bersangkutan sudah selesai diunduh dan siap diinstall. Tapi, ups...saat membuka folder direktori game tersebut tiba-tiba muncul pop-up message dari antivirus seperti contoh diatas. Yup, antivirus mendeteksi ada ancaman virus trojan. Biasanya sang antivirus mendeteksi ancaman di file krack yang (berekstensi .exe, .ini atau .dll) karena memang file itulah yang dimodifikasi oleh para pembajak. Beberapa testimoni di situs-situs bajakan mengatakan bahwa hal tersebut adalah false alarm, sebuah peringatan palsu dari antivirus dan menyarankan lebih baik mematikan antivirus saat memainkan atau menginstall game bajakan tersebut. Menginstall aplikasi bajakan dari situs ilegal dengan mematikan antivirus yang notabene adalah pelindung PC, padahal sudah ada peringatan sebelumnya? Ehm... do it with your own risk

Quote:3. Data Corrupt Saat MenginstallQuote:Biasanya game-game yang tersedia di berbagai situs bajakan berupa installer yang dipecah menjadi beberapa bagian, dan masing-masing bagian memiliki link download sendiri. Biasanya para pembajak menggunakan winrar. Semakin besar ukuran game tersebut, maka jumlah file pecahan semakin banyak, Setelah selesai mengunduh semua bagian tersebut, mengekstraknya, kemudian proses install dimulai dan saat install berjalan sekitar 50 % ...voila..... sebuah pesan error nan horor muncul dilayar. Menandakan bahwa file instalasi game tersebut ada yang corrupt dan dipastikan instalasi takkan berjalan sukses. Kalaupun dipaksakan dijamin game tidak akan jalan sempurna. Mengunduh ulang? Kalau ukuran game-nya kecil mungkin gak masalah, tetapi bagaimana kalau game AAA yang berukuran puluhan GB? Sudah berapa waktu, listrik dan bahkan quota yang sudah terbuang percuma? Dan jika memutuskan mengunduh ulang, apakah yakin tidak terjadi error lagi?

Quote:4. Dikerjain DeveloperQuote:Kadang developer game mempunyai cara khusus untuk mengerjai para pembajak game mereka. Seperti yang dilakukan oleh Greenheart Games dengan game Game Dev Tycoon. Game ini mempunyai tema unik yaitu kita berperan dan mengelola sebuah developer game. Nah jika kita memainkan versi bajakannya developer yang kita kelola dijamin akan bangkrut dikarenakan ternyata game yang kita produksi dibajak secara massal. Kasus lainnya?
Quote:Masih ingatkah dengan monster pink scorpion di game Serious Sam 3 BFE tahun 2011? Bagi yang belum tahu, jika kita memainkan versi bajakan dari game tersebut, di level tertentu (biasanya awal-awal) akan muncul monster scorpion berwarna pink. Monster ini gerakannya cepat, punya damage cukup besar dan tidak mempan ditembak pake senjata apapun!! Sebuah pengganggu super menjengkelkan yang dijamin membuat kita males memainkan game tersebut. Mungkin masih banyak hal lain yang lebih unik yang diterapkan oleh masing-masing developer.


Quote:5. Game Tidak Berjalan SempurnaQuote:Saat kita memainkan sebuah game bajakan, tiba-tiba game mengalami crash atau error atau ada gejala yang kurang wajar, bisa jadi hal tersebut disebabkan file krack yang bermasalah. File krack yang biasanya berupa file berektensi .exe atau .dll merupakan file yang telah di dekripsi oleh para pembajak untuk membypass proteksi hak cipta yang ada di game atau software tersebut. Karena dasarnya tindakan membypass proteksi tersebut merupakan tindakan ilegal, tentu saja ada impact negatif terhadap performa game-nya sendiri. Selain game berpotensi mengalami crash atau error ada beberapa gejala abnormal lain. Seperti game menjadi lebih rakus memakan resource PC (lebih berat) atau meminta syarat tertentu untuk dimainkan seperti mengubah tanggal di komputer menjadi tanggal tertentu. Bahkan di beberapa kasus, ada yang sampai membuat PC mengalami BSOD (Blue Screen On Display).

Quote:6. Tidak Bisa Menikmati Fitur OnlineQuote:Jika kita memainkan game bajakan. ada suatu fitur yang tidak bisa kita nikmati. Yup! Fitur bermain multiplayer secara online. Biasanya para pembajak melakukan block terhadap game bajakannya agar tidak bisa mengakses server developer yang bersangkutan atau dari servernya sendiri yang akan melakukan blocking jika mengetahui game bajakan akan melakukan akses. Kalau game-nya mempunyai mode single player / campaign sih masih mending. Tetapi bagaimana kalau game yang berfokus terhadap permainan multiplayer online seperti game Battlefield atau Counter Strike? Tentu saja kita diharuskan membeli versi originalnya agar dapat menikmati game-nya secara optimal. Karena semua fitur yang tersedia hanya bisa kita nikmati jika kita bermain mode multiplayer dengan mengakses server resmi game-nya. Lho kan ada game online yang mempunyai private server? Yah silahkan aja kalau mau dikerjain para cheater dan sekali lagi do it with your own risk.

Quote:7. Berhadapan Dengan Proteksi Tingkat DewaQuote:Dulu sekitar tahun 2005, muncul proteksi DRM bernama Star Force yang cukup membuat para pembajak kelabakan (meskipun akhirnya takluk juga). Sayang meskipun sempat terbukti efektif, Star Force akhirnya ditinggalkan karena sering membuat game justru sukar diakses. Sekarang munculah nama Denuvo sebagai proteksi game yang baru. Denuvo berhasil membuat para pembajak kalang kabut dengan proteksi anti-tamper-nya. Sistem anti-tamper memungkinkan DRM sebuah game menjadi sukar ditembus karena sistem ini sebenarnya bukanlah DRM, tetapi berfungsi sebagai pelindung DRM itu sendiri. Hal ini yang membuat proteksi Denuvo demikian sulit ditembus dan menjadi momok terbesar bagi para pembajak. Meskipun ada beberapa game yang memakai Denuvo bisa dibobol juga, tetap saja para pembajak memakan waktu yang cukup lama untuk membobolnya.

Quote:Nah, itulah beberapa hal yang bakalan kita alami jika memainkan game-game bajakan di PC. Tujuan ane membuat trit ini semata hanyalah sharing ilmu dan pengalaman saja. Jika ada yang mau menambahkan silahkan, jika kiranya bagus akan ane masukkan pejwan. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di trit ane selanjutnya.

Quote:Sumber terkait:
http://www.eteknix.com/thousands-idi...happened-next/
http://www.rockpapershotgun.com/2011...pink-scorpion/
http://www.pcgamer.com/indie-develop...wn-torrenting/
http://www.eurogamer.net/articles/20...nti-tamper-drm




Quote:Original Posted By firmantaruna3
satu lagi gan:

gak bakal dapet update & support.. jadi kalo ada masalah sering crash, bug, game nggak smooth, dll nggak bisa lapor / komplain, bisa jadi bakal kaya gitu seterusnya..

lagian game ori kan harganya paling 400 ribu - 600 ribu an, kalo lagi promo bisa dapet 200 - 300 ribuan tuh.. tapi ya tetep, harga segitu dianggep mahal, padahal beli smartphone, motor gede, dll bisa-bisa aja tuh, maklum lah gan..


Quote:Original Posted By agra_65535
Iya nih gan.. dulu ane juga sering beli game bajakan CD/DVD, kesini2 ane bersyukur ada Ste*m yang cukup inovatif dan memberi keutungan2 seperti

1. sering ngasih diskon buat game2 asli (ane beli CS-GO cuma 30 rebu) padahal kalo bajakan 10-20 rebu per keping (beda tipis lah)
2. ada family view, jadi kalo kita beli satu judul game itu bisa juga copy-nya di share ke anggota keluarga (dengan PC yang berbeda dan ID berbeda)
3. Ada cloud server, tidak usah khawatir untuk install ulang si laptop, karena kalo file game rusak/ save2an progress dan file installan asli masih tersedia di server steam, asal kita bisa login di ID kita , tinggal download ulang
4. Requirement Software Jelas jadi sebelum beli bisa liat2 dulu gamenya yang bejibun dan cek PC kita kuat gak dengan requirementnya si Game

Hargai Game sebagai karya, seperti kita menghargai musik


Quote:Original Posted By wotmaknyus
Terutama game offline pasti bakal cepat bosan, apalagi game yang pake story, kalo udah tamat ngapain? takut rugi beli mahal kalo ternyata gamenya ga sesuai ekspektasi, atau gamenya bosenin, itu salah satu faktor yg bikin pada malas beli game ori, masih pada mikir untung rugi.

Pasti ada kan, abis coba game bajakan ga sampe dua hari gamenya di anggurin atau malah di uninstall, kebanyakan orang Indo install game cuma buat pengen jajal doang, kalo ternyata gamenya memang menarik paling mentok seminggu udah bosan & mulai lirik game lain


Beli smartphone bisa? motor gede bisa? kenapa beli game ori yg ratusan ribu ga bisa? ya itu, masih mikirin untung rugi, smartphone & motor kallau udah bosan atau pengen ganti yg lain gampang dijualin, kalo game?

nomor tiga, pernah mpe tiga kali beli CD bajakannya tetep gak berhasil
untung ane gk prnah nginstall game gan di pc
kalau crash tinggal instal ulang windows....tentu windowsnya bajakan juga

ane mah gak suka maen game...

sukanya maen cabe2an...
download di torrent gan aman
Paling mesen ke tempat game pc bajakan yg udh best seller
Makanya kalo ga mau beli yang asli mending ga usah main game deh
Kayak ane gan yang jarang banget main game, paling minesweaper aja
main dota aja gan..ori gratis tis tis....
Untuk no 1-3, jadilah pembajak yg cerdas supaya terhindar dari link palsu dan virus
Kalo no 4 sih, terima aja lah
Salah satu contoh yg lain itu batman arkham asylum (yg pertama), untuk versi bajakan physics-nya rusak, jadi si batman gak bisa meluncur kalo loncat dari tempat tinggi, yg ada langsung jatuh
Maim onet sajalah..
kena rajia bea dan cukai loh gan
udah selesai donlod eh tau2nya linknya palsu, ngeselin banget njirr
Quote:Original Posted By estidi
Untuk no 1-3, jadilah pembajak yg cerdas supaya terhindar dari link palsu dan virus
Kalo no 4 sih, terima aja lah
Salah satu contoh yg lain itu batman arkham asylum (yg pertama), untuk versi bajakan physics-nya rusak, jadi si batman gak bisa meluncur kalo loncat dari tempat tinggi, yg ada langsung jatuh


yg arkham origins juga gan, bedanya gak bisa masuk ke sebuah bangunan. batmannya jadi bego kali ya ntah itu emang glitch atau drm
ane sudah lama nggak nginstal game di pc...
paling sering kracknya kedetek virus
Quote:Original Posted By jolong2
ane mah gak suka maen game...

sukanya maen cabe2an...


cabenya bajakan gan?
HT nih ntar, liat aja
jarang main game
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar