Pages


Sabtu, 05 Desember 2015

Kepo Itu ... Indonesia Banget

Halo gan!

Ane mau nanya, pernah ngeliat kerumunan pengendara motor dan mobil suka tiba-tiba berhenti atau melambatkan laju kendaraan mereka karena lagi merhatiin sesuatu? Pastinya jalanan pun langsung macet. Nah, kalau agan sekalian nemuin kejadian kayak gini, apa yang bakal agan lakuin? Ikutan berhenti, bergabung dalam ke-kepo-an itu, atau tetep lanjut jalan?

Spoiler for Ciri orang kepo di jalan:

Kalau dipikir-pikir, ternyata kebiasaan kepo ini banyak terjadi di sekitar kita (bahkan mungkin termasuk diri kita sendiri, gan). Nggak percaya kalau orang Indonesia itu kepo? Nih, ane ambil dari channel Youtube Video eksperimen ini ngebuktiin kalo sebetulnya orang Indonesia itu memang kepo banget. Gak punya urusan tapi pengen tauuuuuuu aja!

Spoiler for Ini ane kasih bonus videonya:


Buat agan sekalian yang belum tau arti kepo, ini ada beberapa arti kepo dari beragam versi:

Quote:1. Kepo berasal dari akronim kalimat Bahasa Inggris berbunyi "Knowing Every Particullar Objects" dengan artian mengetahui setiap bagian-bagian kecil.
2. Kepo berasal dari bahasa gaul berupa singkatan dari "kea polisi" atau menyerupai polisi. Mengapa polisi? Adalah kewenangan polisi untuk menginterogasi dan melemparkan sejumlah pertanyaan terhadap seseorang yang diduga melakukan tindak pidana.
3. Kepo berasal dari bahasa Hokkian yang banyak digunakan di Singapore, yaitu dari kata "Ke" yang berarti "bertanya" dan "Po" yang berarti nenek-nenek. Jadi, kepo berarti nenek-nenek yang suka bawel nanya-nanya mulu. Hahaha…jadi buat yang hobi kepo = kayak nenek-nenek tuh!
4. Kepo berasal dari bahasa Chinese “kaypoh” yang artinya selalu pengen mencampuri urusan orang lain, usil, dan sebagainya
5. Terakhir, yang paling realistis dan dekat dengan kehidupan kita. Kepo artinya adalah keinginan seseorang untuk selalu mengetahui kehidupan orang lain, terutama target keponya.

Sumur: Kompasiana.com


Sebetulnya kepo tuh pada dasarnya udah jadi sifat alamiah manusia kok. Udah bawaan manusia sejak lahir. Selain sifat dasar lain kayak ramah, baik, jahat, pelit dan lain-lain. Tapi, ada beberapa tolok ukur yang bisa nunjukin kalau kadar kepo udah menjurus ke arah kebangetan

‘KEKELUARGAAN’ DAN KEPO, BEDA TIPIS
Quote:Di Indonesia, udah biasa kan kalo kita ditanya kayak gini sama seseorang? “Kalo udah gede, kamu mau jadi apa? Mau sekolah di mana? Ambil jurusan apa?” Lah, kalo dipikir-pikir, ngapain juga dia tau kita kalo udah gede mau jadi apa?! Terus, kalo kita jawab, “Mau jadi seniman”, eh... yang nanya malah protes. “Ngapain kamu jadi seniman?! Kan gak ada duitnya.” Lah? Emangnya dia yang kasih makan kita? Mau jadi insinyur kek, mau jadi presiden kek, mau jadi seniman apa kek, itu kan pilihan kita yah. Kenapa dia yang ribet?

Lucunya, pas kita udah gede dan jadi seniman, nanti kita ditanya lagi, “Sekarang tinggal di mana? Kerjanya apa? Udah nikah belum? Anaknya berapa?” Nah, pertanyaan-pertanyaan kayak gini nih yang bikin kita males dateng ke kondangan atau arisan keluarga. Pasti deh harus nyiapin jawaban template. “Tinggal di Tangerang, kerja di Jakarta, udah nikah, anak satu (sambil siapin template senyum manis tapi sebel).”

Kesannya keluarga besar atau teman dan sahabat perhatian banget sama kita. Padahal, kalo dipikir-pikir, sebenernya itu karena kekeluargaan atau KEPO??? Emangnya penting banget ya, mereka harus tau semua hal itu dari kita?

9 dari 15 orang dapat teror kapan kimpoi tiap tahun, gan! Agan termasuk salah satunya?

Spoiler for Ditanya kapan kimpoi?:

Kalau pertanyaan-pertanyaan standar ini gak dijawab, siap-siap deh kita dicap sombong, dibilang cuek, gak hormatin orang tua. Ah, capek deh!!!

KEPO BERLINDUNG DI BALIK RASA PEDULI
Quote:Salut deh buat rasa peduli orang Indonesia ini! Beneran. Kalau ada yang meninggal pasti langsung pada bantuin, kalau ada yang sakit pasti se-RT jenguk, kalau ada yang butuh sumbangan juga langsung ngedarin kotak sumbangan. Di luar negeri mana ada? Emang sih kalo kita tinggal bermasyarakat, kita gak bisa menghindari hal ini. Tapi gimana kalo kadarnya udah nyebelin? Kepo berlindung dibalik rasa peduli. “Oh, jadi si itu udah dicerain istrinya? Ya ampun kasian banget yah.. Padahal kan anaknya masih kecil-kecil.. Gimana nasibnya mereka yah.. Duh .. Eh sekarang dia duda dong?“ Nah loh! Ini rasa peduli atau kepo mengarah ke ghibah? Lagian kenapa sih orang doyan banget bergosip? Emangnya penting banget ya, ngegosipin nasib anak-anak duda itu?

Spoiler for Doyan gosip tanda kepo:

PENASARAN TINGKAT TINGGI
Quote:Nah, kaya video tadi gan. Rasa ingin tahu memang memancing orang untuk bertanya. Bahkan ketika ada kejadian di jalan, orang akan bela-belain berhenti buat sekadar nanya, “Ada apa sih? .... kenapa sih?.. Ada kecelakaan yah? ... Ada yang mati gak?” Nah, coba bayangin kalo semua pengguna jalan bela-belain berhenti cuma buat nanya hal itu sama orang di sebelahnya. Padahal orang yang ditanya juga baru berhenti dan nanya sama orang di depannya. Bikin macet kan?! Lagian, penting banget ya, nanya ada yang mati apa nggak? Kalau mau bantu, ya langsung aja bantuin. Nggak perlu nanya lebih dulu, ada yang mati apa kagak.

Spoiler for Bikin macet karena kepo:

HOBI NGEBANDINGIN
Quote:Maksud ane gini gan. Kepo itu berawal dari membandingkan diri kita dengan orang lain. Jawab jujur deh, kalo diputusin sama pacar, kamu pasti kepo sama pacar baru mantan kan? Minimal ngintipin akun sosmednya mantan atau pacar barunya itu. Bahkan, ada juga yang bela-belain bikin fake account buat jadi friend di sosmed (soalnya udah di-unfriend atau di-unfollow) Hihihii... Nah, gimana hasil keponya? Kalo ternyata pacar barunya mantan lebih jelek? KAMU PUN BISA GIRANG SETENGAH MATI! Tapi kalo ternyata pacar barunya mantan lebih kece, pasti kamu tambah patah hati berhari-hari. Ujungnya minta balikan. Eh ditolak.
Sakit kan? Yah.... salah sendiri kepo, sih! Lagian, lebih penting mana kepoin pacar barunya mantan dibanding move on dan buruan nyari pacar baru lagi buat diri kita sendiri?

Spoiler for Kepo terus ngemis minta balikan?:

KURANG KERJAAN
Quote:Nah ini dia nih yang bikin kita jadi super kepo. Kita kebanyakan ngurusin hal yang gak penting daripada hal substansial. Coba tanya sama diri sendiri, berapa banyak waktu yang kita habiskan dalam sehari buat nonton tayangan infotainment. Kita nonton karena kita pengen banget kepo sama hidup public figure atau artis. Padahal Komisi Penyiaran Indonesia udah menyatakan tayangan infotainment itu gak mutu. Sedihnya, tayangan-tayangan kayak gini ratingnya malah tinggi. Terus kenapa kita masih nonton? Yak arena kita kurang kerjaan! Dan sekali lagi: emangnya segitu pentingnya kita tau kenapa seleb itu batal kimpoi, selingkuh, punya bini muda, dll? Sodara juga bukan dan kenal juga kagak.

Quote:Survei Indeks Kualitas Program Siaran Televisi periode kedua (Mei-Juni 2015) yang digelar oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) dan 9 (Sembilan) perguruan tinggi negeri di 9 (sembilan) kota di Indonesia salah satunya menyimpulkan, program infotainment dinilai rendah oleh responden.

Indikator penilaian ini berdasarkan aspek penghormatan terhadap kehidupan pribadi, melindungi orang atau kelompok masyarakat tertentu, melindungi kepentingan publik dan hiburan yang sehat. Untuk keempat indikator tersebut, semua program infotainment yang diteliti mendapatkan nilai indeks di bawah 2,5.
Sumur: Opini.id
Spoiler for KPI bilang infotainment itu gak mutu:



Kalo agan kepo, artinya agan emang Indonesia banget.
Tapi nurut agan, kepo itu baik atau buruk? Yuk jawab di sini.




hahaha iya bener juga gan
Paling cape kalo ditanya kapan nikah gan
Kepo (ketok le pekok)
kepo emang indonesia banget
wah benar banget tugan, mungkin orang indonesia diciptakan untuk kepo
kepoin lagi gan biar doi merasakan apa yang kita rasakan
Gw paling males ditanya"in
Kapan nambah bini lagi ?
care dan kepo beda tipis, setipis kulit ari salak
Gag nanya dibilang gag care, giliran nanya karena care dibilang kepo..
intinya sih kalau anda care berarti anda kepo
Indonesia memang okeeee
..



Naluri yg kebablasan.
Kepo juga pada tempatnya.
nggak tanya di bilang cuek...tanya terus disangka kepo


terus aku kudu piye ?
kepo ama penasaran beda gak ya ?
oh gitu ya
ane mah cuek orangnya....

dan ane jg sebel kalo ada yg kepo ke ane...
Ts termasuk kepo juga ga bray?
Ane orang kepo gan, problem?
KEPO...aselinya julukan keren buat orang yg diidentifikasikan semacam kamus berjalan. ensklipodia berjalan
tetapi semakin ke sini, tertama diindonesia KEPO jadinya berkesan negatif...sok pengin tahu inilah yg jadi sifat alamiah warga Indonesia, yang menjangkiti ane juga seeh
bikers2 kepo gini nih yang bikin jalanan makin macet
malu kepo sesat di jalan
bikin macettt
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar