Pages


Rabu, 02 Desember 2015

Solusi konkret ane untuk perbaikan taman bunga amaryllis (+gambar sebisanya)





Jadi TT

Sekarang jadi ht

Cendol banyak bener dalam sehari. Ini belom abu gosok
Spoiler for :




Thread sejauh ini cuma 20 Page tapi komen nya panjang panjang. Ga ada kamujahat21 jg

Ts perlu perkenalan sedikit, beberapa mungkin tahu ane. Ini Misael Tekkim UI 2015, baru masuk berarti. Ini cuma ide iseng yg ga disangka HT

Yang butuh hubungan khusus (bantu desain sketchup, sampaikan ke camat) harap LINE aja ke ane gan: msael. Jangan lupa chat biar ane bisa add balik. Kalo pm takut ga dibaca



Gan, kesel kan dengan trit alay injek injek taman bunga? Udah ada tiga trit yang bahas kasus taman bunga amaryllis yang rusak gara gara mendadak hits di social media. Kelakuan pengunjung yang begitu lah sebabnya.

Nah daripada gondok dan gontok gontokan, mending baca trit dari ane sebagai solusi sederhana atas kerusakan taman bunga yang tumbuhnya setahun sekali ini.

Bukan solusi represif kayak gebukin pelaku gan. Solusi ini bikin kita sama aja kayak mereka. Kalo solusi menutup permanen taman ini juga susah, artinya pemilik harus pindah lagi. Kalo pindah, ada yang ketemu taman bunga ini, dishare, kejadian lagi.

Ini solusi dari ane ke pengelola taman bunga sekaligus pak camat. Biar di kaskus ini trit bahas bunga amaryllis bukan cuma hujatan tapi ada solusi nyata meskipun belum ada Implementasinya.

Spoiler for semoga dibaca:

Semoga dibaca orang ini


Pak camat. Solusi ane memberikan retribusi ke kecamatan itu dan bisa membantu ke hal lain, misal betulkan jalan dan akses air bersih. Tau Gunung Kidul suka susah air.


Pemilik taman. Ga cuma kaya tapi juga bisa buat perluasan kebun bunga yg awalnya cuma kebun pribadi ini. Kalo dikelola serius jadi kayak floating market Lembang yang awalnya sekadar ide komunitas mancing buat rehabilitasi Situ Umar yang udah mendangkal dan kotor oleh sampah satu Lembang.



Semoga jadi TT Lounge

Btw beberapa desain blm rampung krn baterai saya low. Secepatnya ane upload...

Gambar oleh ane sendiri. Maap kalo berantakan. Maaf juga yg pada menyarankan pake program arsitektur semacam sketchup . Saya bukan anak ars

Quote:
1. Seluruh lingkar luar taman dipagarin!
Spoiler for :


Parkir dipisahkan sama kebun
Spoiler for :


Bagian belakang jg ditembok biar ga ada yg nyusup (+spesifikasi tembok)

Spoiler for :



2. Ada koridor khusus buat taman bunga dan itu DIPAGAR dan DITEMBOK. Pagar tidak bisa diloncat gan meskipun lumayan pendek. Baca poin 3

Spoiler for :



Banyak masukan dari kaskuser soal pembatasnya jangan dari beton. Aslinya ide ane sih atap bambu dan pembatas bambu kayak warung lesehan dan saung. Cuma karena agak emosional jadi diganti dengan beton.



3. Ada jarak antara taman bunga dan koridor jadi bunga TIDAK BISA dipetik dari koridor. Jaraknya adalah tanah yg sengaja ga ditanami dan parit/selokan , jadi yg coba coba masuk kejeblos .
Spoiler for :


Selokan ini harus diatur biar ga mengganggu estetika, tapi menurut ane kalo nempel sama pagar gak sih.

Spoiler for :


Serem jg. Tapi kalo kek selokan biasa sih ga apa apa. Pengalaman ane kejeblos selokan, udah berdarah kena beton, malu diketawain orang

Selokan ini jg berguna buat pengairan bunga bunga kayak di sawah.

Ga cuma selokan. Koridor layang ini bikin ga ada yg berani petik.
Spoiler for :


4. Tentunya ada akses khusus pemilik dan tukang kebun yg dikunci. Kalo mau masuk ke sini harus surat menyurat sama pemilik termasuk wartawan



5. Spot terbaik menurut pemilik dilindungi kaca dan dijadikan photo booth. Kalo bisa berbayar buat pemasukan pemilik. Lumayan loh pada ga percaya ini asli nanti

Spoiler for :


Spoiler for :


6. Kalo ga dijadikan photo booth bisa lah dijadikan tempat foto yg diakui pemilik dan gratis. Kurang lebih kayak etalase

Spoiler for :


7. Adanya informasi tentang bunga amaryllis ini di depan. Ke depan Kalau ini jadi integrated flower park bisa jd sumber informasi yg lain jg. Tempat ini jg buat pusat informasi kehilangan dan peringatan

Spoiler for :


8. Loket pembayaran gan. Mending tiket murah daripada sukarela tapi hampir ga ada yang ngasih. Pungutan 2000-20 ribu per kepala sm duit parkir cukup.

9. Penyewaan amaryllis dalam pot buat yang mau foto pegang bunga. Yang ini harus diawasi biar ga dirusak tangan alay

10. Tirai bambu buat mencegah maling, geng motor, alay dan tukang sabotase masuk di malam hari


Ini ga berarti yg kiri ga dipasang kanopi dan koridor deket kali kecil ga ada tirai ya.



Sekian komentar singkat dari ane orang teknik tapi bukan orang sipil apalagi arsi makanya gambar jelek . Semoga bermanfaat dan mengurangi aroma negatif ribut ribut taman bunga ini....

Edited: beberapa masukan dari kaskuser


1. Bunga cuma setahun sekali mekar bisa rugi gan
Solusi paling logis dijadikan kebun botani aja atau di bagian lain jadi sawah yg bisa dikunjungin orang. Kalo kering dan gagal panen biarin aja. Terutama bocah kota sekarang yg jarang liat sawah tuh, biar ngerti gagal panen dan sawah puso itu gimana . Kenapa ga semua jadi taman bunga? Ada yg kasih masukan, di gn Kidul banyak yg susah mekar... Bisa jg kayak mekarsari yg awalnya wisata buah jd wisata outbound macem macem.

2. Gan pake sketchup biar rapi
Ane coba dulu pake sketchup make nanti semoga kuat di laptop. Itu jg kalo sempet krn udah mau uas...

3. Yang terpenting pembenahan moral alay itu
Ini salah satu pembenahan moral jg. Taman bunga didesain cuma bisa diakses pemilik atau mungkin yg foto pre-wedding dan wartawan, tapi itu jg diawasi pemilik.

4. Gak balik modal gan
Biar balik modal nih ane sarankan bikin tempat wisata terintegrasi kayak taman buah mekarsari yg awalnya cuma hobi ibu Tien Soeharto koleksi buah jadi outbound sampai keliling pake mobil segala. Bisa juga kayak floating market Lembang atau Kampung Gajah.

5. Gak ramah lingkungan kalo pake beton
Ini masukan bagus. Jadi beton ini sebenernya cuma buat aliran air. Atap dan pagar itu sebetulnya dari bambu seperti halnya saung/gubuk/angkringan/dungau gan. Kalo yg suka ke rumah makan Sunda atau lesehan tau. Selain murah, mudah, ada estetika juga. Sebetulnya ane ganti jd beton karena takut pagar bambu dirusak.

6. Tiketnya terlalu murah gan
Tadi krn ane tulis tiket masuk 5k kan? Ane butuh anak TI buat masalah biaya begini. Tapi singkatnya harga tiket ga terlalu ngaruh ke habit pengunjung. Kecuali kalo tiketnya sampe 75k .
Tiket masuk kan bisa dinaikkan progresif. Jadi 5k itu harga percobaan, kalo rame dan butuh biaya lebih tiket bisa 25k sampe 50k. Kalo kemahalan rakyat jelata ga bisa menikmati padahal kata agan lain jg yg orang kuayaaa jg bisa berlaku Kek alay...

7. Lahan sempit gan
Pemilik dan camat bisa beli lahan kan.... Kalo dari Google Street view sih jalan sempit jadi kebun ini harus agak dimundurin ke dalem. Bisa juga sih kalo cuma jalan setapak buat permulaan

UPDATE: MAHASISWA BAHKAN PARA DOSEN AHLI UGM MAU MEMBERIKAN SOLUSI LEBIH BAIK. Jadi ts ga sendiri.

Quote:
UGM Siapkan Desain Kebun Bunga Lily
Senin, 30 November 2015 20:39
Share Tweet Share

Tribun Jogja/Hamim Thohari
Laporan Reporter Tribun Jogja, Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Kerusakan kebun bunga lily milik Sukadi (43), warga Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Kecamatan Patuk menarik perhatian dari kalangan akademika di Yogyakarta.
Untuk membantu memperbaiki kerusakan, warga Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memberikan bantuan berupa uang tunai serta desain pengembangan kebun.
Uang tunai sebesar Rp 5 juta diberikan langsung oleh perwakilan Warga UGM, Heru Marwata kepada Sukadi di rumahnya, Senin (30/11/2015) sore.
Sementara untuk desain kebun bunga baru akan disusun setelah tim dari UGM melakukan peninjauan langsung ke lapangan serta berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan.
Perwakilan warga UGM, Heru Marwata mengatakan dalam menyusun desain kebun bunga lily atau Amarylis ini, pihaknya akan merangkul ahli landskap dari Fakultas tehnik dan Fakultas Pertanian.
Dengan melibatkan para ahli ini nantinya benar-benar memperhitungkan aspek esettika serta agronomi.

Kita sudah berikan stimulan. Nantinya akan kita bantu untuk membuat desain, tapi kita akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah kecamatan,” katanya.
Melalui program kepedulian dari warga UGM ini, Heru berharap kedepan keberadaan taman bunga lily yang berada di Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Patuk ini bisa lebih baik lagi.
Sementara itu ahli landscape holtikultura UGM, Siti Nurul Rofiqo Irwan mengatakan untuk mendesain kebun bunga menjadi sebuah tempat wisata, harus memperhatikan tiga hal. Daya tarik, kenyamanan dan akses.
Kebun bunga ini harus dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki daya tarik bagi warga untuk menikmati keindahannya. Sementara di lokasi kebun, juga harus bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung.
Di sisi lain, juga harus dibuat akses sarana pendukung, baik parkir, jalan masuk, tempat berfoto sehingga nantinya tidak merusak tanaman.
Pemilik Kebun Bunga Lily, Sukadi mengaku dirinya sangat terbantu dengan bantuan yang diberikan oleh warga UGM.
Namun demikian, untuk tawaran desain kebun dari UGM, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah kecamatan. (tribunjogja.com)


Ide dari yg udah buktikan sendiri. Kita bisa minta bantuan florist buat tau bunga yg mekar bulan tertentu.
Quote:Original Posted By darxze
kalo cuma amarilisnya mekar cm setaun skali gan,ane dah buktiiin dpn rumah ane ane tanemin,mungkin lanjut bunga desember aja yang kayak mikropon itu

yang perlu diperhatikan juga perkembangan umbinya gan cepet bgt kembang biaknya, kalo dah hbs bunganya ganti daunnya semua gan nah umbi ini besok tumbuh bunga lagi gan

tapi ide ts bagus ane dukung


Quote:Original Posted By berita...kaskus
Ribet amat gan,menurut ane cukup dikasih pembatas dan jalur pejalan kaki aja,tempatkan beberapa petugas resmi untuk mengawasi dan pasang kamera cctv di beberapa sudut.
Buka loket tiket khusus untuk menutupi biaya dan sekaligus pemasukan bagi pengelola taman


Quote:Original Posted By ag3nk
Tp sbnrnya ane tetap penasaran. Apa penyebab pngunjung mau ngrusak tanaman ini. Memang sih bungga ini ini pohonya lembut. Apa karena gak dibuatkan jalan untuk melintas jd pd d rusak. Pdhal kalau di taman2 bunga bisa tertib tanpa mrusak. Apa karena bunga d taman bunga terlalu biasa jd bisa gk ditusak. Trus beda nya pengunjung indo sama luar apa ya. Contoh aja di belanda, bunga tulip nya itu kan juga mekarny 1 thn sekali. Tp sekali mreka mekar bisa bertahan tanpa rusak. Apa kesadaran pngunjung lain untuk mengingatkan kalau ad perusak it besar ya. Btw ane tetap berdoa semoga cpt terealisasi gan. Menurut ane bunga ini kuat kok trhadap cuaca. Di kebun ane jg udah bbrapa kali ane rapihin. Kadang jg sering d injak anak kecil. Tp bbrapa saat kemudian bisa tumbuh tunas baru lgi. Smoga thn dpn saat bunga2 ini kembali mekar keadaan sdh lbh membaik. Dan smoga lahannya bisa smakin gede. Maaf klo urusan disain ane kurang jago. Tp ane ikut mendoakan aja semoga bisa jd lbh baik


Ada yang minta dihapus pagar. Nanti ane redesign
Quote:Original Posted By cimottt
Ane dukung yg tanpa pagar, tp dikasih parit ala sungai bening gt di kanan kiri jalur pengunjung. Jalur uk jalan bs dari beton, semen or bata yg alami. Biar yg bawa stroller bayi tetep nyaman jalan2


Kondisi kekinian
Quote:Original Posted By bagol5590
wajar lah susah air, daerah sana kebanyakan batu kapur

teori mah gampang gan , prakteknya msh 0 besar


Quote:Original Posted By deniwan

klo menurut ane itu terlalu berlebihan alias fobia..lebih baik taman yg di batasi tanpa tembok..tapi di batasi dengan kolam kolam ikan..ini lebih terjaga estetika & ke indahannya..lebih keren lagi kolam ikannya mengalir seperti sungai,nanti bisa di kitari dengan perahu sewaaan..

Quote:Original Posted By neptune15



ane apresiasi ide dan masukkan agan...
salut dan manstablah, agan sudah memberi solusi
tapi menurut ane, ribet amat yak, kesan natural dan alaminya jadi kurang dong
untuk mengimplementasikan ide agan, diperlukan lahan yang besar juga, sementara yang di gunungkidul lahan cuma 2400 m2
ane rasa agan terinspirasi ma taman bunganya garden by the bay di singapura yak...?
ane rasa cukup dipagari bambu terus dijaga ma beberapa petugas dah cukup...
ma petunjuk2 larangan yang ditempatkan dibeberapa lokasi strategis
biar kesan alamiahnya dapet


Quote:Original Posted By Yapvivi3437
mantap gan, banyak yg dukung nih.. semoga bisa terealisasi deh gan
kalo menurut ane sih jangan pake tembok segala yah.. terkesan private banget dan jadi ngga alami..

kalo saran ane sendiri nih ya gan..
yang baik ya yg berunsur alam juga gan..
misalkan di bikin saluran2 air bertahap bikinan dari bambu.. air yg mengalir dari bambu itu langsung dari air gunung, pasti keliatan seger banget di tambah ngeliat bunga mekar yg bakal indah banget.. terus aliran air di bentuk jalur sekitaran taman jadi seperti sungai kecil.. jalur aliran air nya dari batu2an aja.. jadi taman terlihat seger gan..

terus kalo bisa lahan bunga itu di bikin jalur pejalan kaki.. yg simple aja gan kaya dari batu2an gitu..
kemudian dari jalur pejalan kaki itu, di kasih jalur aliran air tadi buat bikin jarak sama lahan bunga..
habis jalur aliran air, baru lah pager bambu ya setinggi tanaman nya aja gan..
habis itu di beri space rumput2an lagi sedikit, baru lah lahan bunga nya dengan tanah yg agak tinggi.. (ngerti kan maksud nya) jadi lahan bunga tetap terlihat menarik dan seger

kan banyak yg nyaranin di awasi dengan banyak petugas aja nih.. kalo buat ane pribadi sih berpendapat kalo itu kurang efektif gan.. karna hal itu akan buat pengunjung ngga nyaman, dan ya terkesan terlalu private aja sih gan.. menurut ane sih

ohiya soal loket, ane setuju tuh.. jadi orang lebih punya rasa menghargai dan 'sayang' sama bunga2 yg bermekaran.. dana nya kan bisa di pake untuk bantu biaya ngerawat tanaman nya

sekian dulu deh.. semoga saran ane membantu yah
untuk indonesia yg lebih baik


Wah makasih udah info lokasi wkwkw
Quote:Original Posted By anakkemis
Ribet amat gans? Ente udah tinjau lokasi?

Sepenglihatan ane pas lewat tu kebun tempatnya gak gede2 amat gans.dan itu emang pas banget di pinggir jalan.

Saran ane sih mending kasih path (jalan setapak) sama pager kayu ukuran 30cm lah. Dab yg lebih penting lagi jangan pada parkir di pinggir jalan. Lewatin tu tempat kirain macet apaan. Eh taunya orng pada fto2.


Quote:Original Posted By fasanin
buset dah.. banyak pihak yg mau terlibat, salut banget liatnya.

klo solusi dari ane sih, jangan kasih tembok, jadi kliatan jelek. mendingan dibuatin pagar bambu rendah dan parit dibelakangnya. dijamin pengunjung juga ga bakalan manjat atau lompat.

selain itu, harus dibuatin jalan kecil buat orang lewat. kasian bunganya keinjek gegara ga ada jalur lewat.

melihat mental pengunjung yg masih labil dan ga bisa menghargai peraturan, lebih baik kalau ada seorang penjaga di pintu masuk buat menginformasikan larangan dalam kebun. buat tulisan yg gede biar mata orang2 labil itu bisa liat.


Komen unik
Quote:Original Posted By manusiarender
pagar? wah gatau deh gan, ane udah capek sama konsep pariwisata yang "tempat bagus diberi pagar & loket" .. tapi salut agan berani ngasih solusi, yg lainnya cuma bisa ngebully


Terkenal krn alay? Leh uga
Quote:Original Posted By rootfit
bagus idenya..
sbnerny ini bs jadi tempat wisata, lumayan pemiliknya bs dapat penghasilan dr situ

ada untung ny juga sih alay dateng kesitu dan ngerusak. skrg tu taman jd eksis, dan banyak orang tau kan? next time peraturan di perketat, dan berhubung info taman ini ud kesebar luas, bisa jadi tahun depan bakal dibanjiri pengunjung (mudah2an bukan pengunjung alay )

semoga nantinya bs jadi kebanggaan indon nih taman


Wah tukang bunga sombong
Quote:Original Posted By gungnuraga
Aduh ini gak usah lebay deh sama bunga amrylis, ane juga punya banyak dirumah..



Yg terpenting itu nanemnya itu aja yg bener, dibuat jalan setapak.. Jadi orang foto gk perlu injek2 bunganya hahahahaa


Udah deh

Atau bener kata agan diatas, gaji orang untuk kontrol ngeliatin agar gk diinjek2, sekalian itu orang dibayar utk ngikutin 1 kelompok yg mau foto, sekalian doi yg fotoin...

Jadi menambah lapangan kerja sesaat.. Aghahaha


Quote:Original Posted By anti.polisi
ini trit bener bener murni. Gambarnya aja gambar sendiri .

####

Ane sih harap kaya kebun bunga yang ada di Belanda. bisa tertata rapi


Quote:Original Posted By sackofsky
Ribet Infrastrukturnya... Yang paling penting ada Tiket Booth trus sepanjang taman dipagar Kawat dan ada jalan setapak yg melingkari Taman tsb sisanya yang paling Penting adalah KESADARAN INDIVIDU untuk menghargai Alam. Klo kaya infrstruktur yg agan bikin pemadangan alam habis kehalang tembok dll, udah kaya bikin tempat rehabilitasi aja... inikan temanya alam yg di tonjolin juga kealamiaan tmp tsb.


Solusi geblek
Quote:Original Posted By gutturalmachine
Solusinya:
Pasang puluhan ranjau darat di dalem taman, jadi bunganya ga bisa disentuh apalagi dirusak orang. Cukup diliat dari jarak sekian meter


Quote:Original Posted By zxrickyjack
GAMPANG! Ganti aja semua bunganya pake LEGO! Injek aja tuh lego kalo bs nahan rasa sakitnya


Quote:Original Posted By anonymous616
biar lebih tegas yg nginjek langsung matiin temb



Di bawah ada dua anak FT UI nih

Anak FT kode ngajak ketemuan
Quote:Original Posted By zombiestein
Konkretnya bener2 teraplikasikan yah. Ga sia2 ikut mabim
Btw ane demen nih yg bener2 bikin solusi kayak gini. Semoga bisa direalisasikan

P.s.
Ane juga anak ft ui. Semangat gembira jiwa kami


Parah sampe nebak nebak
Quote:Original Posted By DanisIX
Wehh TSnya kalkulus di S.201 ya


KARAKTER HABIS, DESAIN TANPA PAGAR DAN SEJUMLAH TAMBAHAN DI #8
smoga terealisa si ya gan
idenya keren
jangan lupa dispoiler gan

=======
ane tetep yang paling keren

salam keren
Didaftarin ke Kombat go green juga gan, calon juara nih trit
coba kalau gambarnya diperbaiki lagi gan
Tapi idenya sip lah
idenya keren gan
ya mmg sdah sperti itu seharusnya pengelolaannya,biar kejadian serupa tidak teulang kembali di masa yg akan datang
apalagi bunga tu cantik dan keren mnurut ane gan,patut di budi dayakan
idenya bagus gan..coba disempurnakan lagi
Quote:Original Posted By emu99
coba kalau gambarnya diperbaiki lagi gan
Tapi idenya sip lah


Mau cari hvs dulu

Maklum saya orang mau masuk sipil tapi kejeblos tekkim jd paham ginian

ADDITIONALS


Quote:Original Posted By warungsoto
Hahaha mana mungkin mau gan pemilik kebun nya, jelas itu butuh biaya besar, dari pada ngeluarin biaya besar mending duit nya buat yg lain, toh tanaman yg rusak bisa di tanam lg, bunga nya tumbuh kan staun sekali


Quote:Original Posted By anakkemis


Iya bener pas tikungan.
Dan di sepanjang jalan banyak juga yg jualan bunga nya.

Wah kalo luas lahanya ane kurang tau gans.

Ya mungkin kedepanya lebih baik lagi, saling menguntungkan baik dari pemilik kebun, warga sekitar, dan pengunjung yg mau berselfie ria.

Orang kek ente bagus juga ngasi solusi bukan hujatan. Ya walopun pihak UGM mau rapihin tu kebun. Oiya, Ane bukan sanak sodara ataupun tersangka yg selfie di itu kebun. Tp kalo hakimin orang karna kesalahan ya minimal ngasih saran atau ide buat lebih baik bagi semuanya.

Gak harus jadi pecinta alam yg pake kaos my trip my adventure, natgeo atau apalah itu kalo emang mau mengagumi alam. Dan keindahan alam itu bukan tempat sampah.

Satu lagi, ada yg bilang kalo nemu alam yg indah jangan di share. Trus fungsinya wonderful indonesia nge share tempat2 bagus buat apa? Ya balik lagi gimana kita menghargai alam. Jangan buang sampah sembarangan..

Sorry oot, ane kesel kemaren liburan di pantai daerah pacitan ada yg buang botol mineral di bibir pantai, ane tegor malah nyaut. Bangke!


Yap bener gan kalo ada potensi kenapa ga dimanfaatin
Tapi menurut beberapa artikel yang saya baca bunga itu cuma mekar 1 tahun sekali kira kira gimana ya solusinya
mantap gan ane bantu
Quote:Original Posted By frozenkamui
Yap bener gan kalo ada potensi kenapa ga dimanfaatin
Tapi menurut beberapa artikel yang saya baca bunga itu cuma mekar 1 tahun sekali kira kira gimana ya solusinya


Itu tergantung waktu tanam bkn sih? Kalo ini tanaman tropis kayaknya bisa diakalin dengan waktu tanam beda beda. Bagian yg gak mekar ditutup.

Atau dijadikan taman bunga gunung Kidul aja sekalian. Nanti bisa aja diakui pemerintah
kasih ranjau duri gan di sehamparan bunga" itu.. kalo ada yg nginjek, langsung kena refleksi dah tuh orang. kalo ada yg duduk/jongkok, kena tusbol
Quote:Original Posted By twisctre
Itu tergantung waktu tanam bkn sih? Kalo ini tanaman tropis kayaknya bisa diakalin dengan waktu tanam beda beda. Bagian yg gak mekar ditutup.

Atau dijadikan taman bunga gunung Kidul aja sekalian. Nanti bisa aja diakui pemerintah



Nah itu dia gan mungkin dengan bunga yang bervariasi bisa diakalin
Quote:Original Posted By PanciBoyzz
kasih ranjau duri gan di sehamparan bunga" itu.. kalo ada yg nginjek, langsung kena refleksi dah tuh orang. kalo ada yg duduk/jongkok, kena tusbol



Ngeri gan
keren gan ide ente
Ini nih baru trit bener ! Ngasih solusi bukan cuma ikut membuli ! Ane bantu gan
Quote:Original Posted By PanciBoyzz
kasih ranjau duri gan di sehamparan bunga" itu.. kalo ada yg nginjek, langsung kena refleksi dah tuh orang. kalo ada yg duduk/jongkok, kena tusbol


Dengan selokan yg ane desain sedalem 50cm, sempit dan nempel sama hampir semua tembok dijamin kaga berani dah

Apalagi nih selokan bakal dialirkan air.

Ide duri sih boleh buat pagar lingkar luar terutama yg ga singgungan sm jalan raya atau bagian miring....
keren idenya, moga pemilik dan pak camat tempat taman bunga amarilis baca nih trit
Bego... Tarik retribusi satu orang 100 ribu buat foto foto dijamin gak ada lagi yg mau kesana
Bukankah bunga lily disana hanya tumbuh 1 tahun sekali
Dgn tiket masuk 5000 x sekian pengunjung+ pengunjung gelap
Masihkah pantas hal ini diperdebatkan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar