Pages


Senin, 11 April 2016

Gelandangan: Mafia Jalanan yang Mengais Belas Kasihan

Gelandangan: Mafia Jalanan yang Mengais Belas KasihanQuote:Hi gan, apa kabar nih? Semoga sehat dan baik selalu, ya..

Sebelumnya ane ucapin makasih buat agan yang udah berkunjung, komen, dan rate5. Dan seperti biasa, kalau agan nggak suka, langsung ajah tutup jendela Kaskus di layar komputer agan sista.

Quote:Deritanya Kalau Uang Dipinjam Saudara Tapi Susah Balikin

Di tret ini ane mau bahas tentang gelandangan yang berprofesi sebagai pengemis. Tentu agan pernah dengar atau baca kisah gelandangan yang berprofesi sebagai pengemis di mana mereka sebenarnya memiliki harta benda yang cukup di kampung halaman, tapi memilih mengais rezeki dengan mengandalkan belas kasihan pengguna jalan.

Tak banyak kata, mari kita berangkat bersama!


Quote:Jenis-Jenis Gelandangan

Gelandangan: Mafia Jalanan yang Mengais Belas Kasihan

Sebelum membahas lebih jauh, ane mau ngutip arti dari kata gelandangan dari KBBI yaitu orang yang bergelandangan; orang yang tidak tentu tempat kediaman dan pekerjaannya.

Setelah melihat istilah di atas, gelandangan secara otomatis terbagi menjadi 2 jenis, yaitu gelandangan murni dan gelandangan sebagai profesi.

Adapun gelandangan murni adalah mereka yang terpaksa hidup bergelandang karena tidak memiliki tempat tinggal entah karena bencana besar yang membuatnya kehilangan keluarga dan harta benda ataupun sebab alami lainnya.

Sedangkan gelandangan sebagai profesi ini digeluti oleh orang yang sengaja hidup bergelandang untuk mencari uang dengan mengharapkan belas kasihan orang lain. Mereka bergelandang di tempat-tempat tertentu yang ramai dilalui oleh orang.


Quote:Kejahatan yang Melibatkan Gelandangan

Gelandangan: Mafia Jalanan yang Mengais Belas Kasihan

Untuk meraih belas kasihan, gelandangan yang mengemis akan melakukan berbagai cara seperti menggendong bayi, menggunakan anak kecil, melukai tubuh, dll.

Dari situ sangat mungkin melahirkan berbagai kejahatan seperti penculikan anak di bawah umur untuk dijadikan gelandangan. Anak-anak ini dipaksa mengemis dan harus menyetor kepada bos mereka setiap harinya. Selain itu, sewa bayi dan balita juga mungkin dilakukan bagi gelandangan paruh baya untuk menarik simpati pengguna jalan. Konon katanya, bayi-bayi tersebut diberikan obat tidur agar tidak rewel selama diajak 'bekerja'.


Quote:Larangan Mengemis dan Bergelandang

Gelandangan: Mafia Jalanan yang Mengais Belas Kasihan

Mengingat banyaknya dampak buruk yang mungkin ditimbulkan dari aktivitas mengemis dan bergelandang, Pemerintah Daerah di berbagai kota di Indonesia telah mengeluarkan perda masing-masing.

Berikut ane kutip Perda DKI terkait pengemis dan gelandangan sebagaimana dimuat di hukumonline.com:

Pasal 40 Perda DKI Jakarta 8/2007
Setiap orang atau badan dilarang:
a. menyuruh orang lain untuk menjadi pengemis, pengamen, pedagang asongan, dan pengelap mobil;
b. menjadi pengemis, pengamen, pedagang asongan, dan pengelap mobil;
c. membeli kepada pedagang asongan atau memberikan sejumlah uang atau barang kepada pengemis, pengamen, dan pengelap mobil.

Pelanggaran Pasal 40 huruf a Perda DKI Jakarta 8/2007diancam dengan pidana kurungan paling singkat 20 hari dan paling lama 90 hari atau denda paling sedikit Rp500 ribu dan paling banyak Rp30 juta (Pasal 61 ayat (2) Perda DKI 8/2007). Sedangkan, untuk pelanggaran Pasal 40 huruf b dan c Perda DKI 8/2007diancam dengan pidana kurungan paling singkat 10 hari dan paling lama 60 hari atau denda paling sedikit Rp100 ribu dan paling banyak Rp20 juta (Pasal 61 ayat (1) Perda DKI 8/2007).


Quote:Kasihan sih, tapi...

Gelandangan: Mafia Jalanan yang Mengais Belas Kasihan

Coba nte perhatiin butir-butir pasalnya deh, gan. Poin a diawali dengan kata menyuruh orang untuk mengemis, dll. Itu artinya bahwa memang betul banyak kejahatan yang berbalut kesusahan hidup. Orang-orang di balik para pengemis dan gelandangan ini seperti mafia yang mengais belas kasihan orang lain.

Agak dilematis memang. Soalnya kita nggak bisa tahu mana yang murni gelandangan dan mana yang menjadikannya sebagai profesi untuk mencari keuntungan. Apalagi bagi mereka yang agamis di mana segalanya diniatkan untuk kebaikan. Mereka nggak bakal mikir aneh-aneh. Yang mereka pikirkan cuma sedekah, bantu orang susah, dapat pahala, trus masuk surga.


Quote:Sekian dulu tret dari ane. Kalo menurut nte gimana tuh, gans?



Ane minta maaf kalau ada kata yang kurang berkenan di hati agan. Ane nggak bosen-bosennya bilang kalo ane cuma manusia biasa, bukan Tuhan yang Maha Sempurna.

Sekali lagi ane ngucapin makasih buat yang sudah mampir. Ane juga nggak bosen-bosennya bilang kalo tret ini dibuat bukan untuk memuaskan segala kalangan. Jadi, kalau ada kekurangan karena tidak sesuai dengan minat agan, berilah maaf si TS karena hakikatnya, sebuah tret tidak akan mampu memuaskan seluruh Kaskuser.
Diamankan untuk suatu kepentingan


Selamat buat komen terpilih yang udah ane cendolin!

Sampai jumpa di edisi cendol komen berikutnya, gans



Quote:Original Posted By p4njools
di daerah gw jember kota pas perempatan ada baliho gede tulisanya dilarang memberi pada gelandangan,pengemis dll plus pasal2nya , tapi namanya pengemis & pengamen banyak mangkal di situ , padahal ada pos polisi, gak mau tau kayaknya...yang gw miris akirnya banyak asongan & penjual koran di situ alih profesi jadi pengamen omzetnya lebih gede & gak pake modal!!!


Quote:Original Posted By purmana
Biasakan kasih makanan aja Gan macam Nasi Bungkus atau Susu gelas (Misalnya BMC) yang cepat basi kalau ga langsung dihabiskan.
Jangan biasakan kasih uang !!

Kita ga tau uang yang kita beri itu akan dipakai untuk kebaikan hidupnya atau malah keburukan.


Quote:Original Posted By otihime
Paling eneg kalo liat yg bawa bayi sama yang masih kliatan sehat uda ngemis..helloo badan masih sanggup kerja gitu kok malah ngemis..eh maap ane lupa, kan ngemis sekarang udah jadi bagian dari profesi yak

Sama kmrn ane nonton berita tuh ada yang ketangkep kan buat nyewain bayi atau anak2 yg di sebar di jalanan itu..kacau bgt dah..hrg sewa per anak aj 200rb/hari..nah itung deh berarti penghasilan si pengemis itu sendiri brp perharinya


Quote:Original Posted By slowdoo
Sorry ts balik lagi. Sekarang pengemis udah masuk kategori jenis pekerjaan, karna sebulan bisa ngelebihin gaji orang kantoran.

Ane ngomong kaya gini karna ane yang domisili disemarang pernah ngeliat pengemis didepan warungnya domar. Dia itu ngeluarin hp andro nya yang wow dan tab sumsang. Yang lebih mengejutkan dia punya motor yang diparkir jauh dari lapak ngemisnya.


Quote:Original Posted By beizegum
pengamen juga sama..

kalo di tempat makan kyk pecel lele sengaja "nyanyi" sampe si korban merasa terganggu dan ngasih uang receh, supaya si pengamen cepat pergi dan gak gangguin makan...
eee.. tapi abis dikasih duit, pindah ke orang sebelah kita, ngulang lagi modusnya..
kalo gak dikasih makin kenceng, kadang pake kata2 kasar..

kalo yg mampir ke rumah2 sampe kyk langganan, kalo dikasih sekali besoknya nagih balik lagi, kalo dikasih lagi tiap hari lewat depan rumah nagih..
kalo gak dikasih beda2 ada yg nekat masuk pintu pager, ada yg diem aja sampe lamaaa, ada yg ngumpat2


Quote:Original Posted By nameisname
dulu gue ngeliat pengemis ga mikir yang aneh-aneh, selain merasa kasihan
tapi lama kelamaan gue jadi mikir ada yang aneh
anehnya, cara-cara ngemisnya sama dan banyak orang yang memakai caranya
misal : dua orang pengemis, satu buta dan satu lagi gandeng tangan orang yang buta sambil minta sedekah
lalu ditempat lain, katakanlah tempat a, gue liat ada pengemis dengan cara yang sama tapi beda-beda orang, ditempat b,c, dan seterusnya begitu
tega banget orang buta dijadikan sarana mencari belas kasihan, jika memang itu saudaranya yang buta (yang gandeng tangannya), apa setega itu dia kepada saudaranya?
begitu juga untuk ibu-ibu yang gendong bayi, yang pura-pura cacat fisik, dan lain lagi

intinya, yang lain saling mengikuti cara mengemis yang sudah ada, parah

yang paling gue benci, pengemis yang berpura-pura muslim, dia pakai jilbab untuk mencari belas kasihan orang muslim, tapi dia lengan pendek dan celana pendek, ketauan banget bukan muslim,separah-parahnya gelandangan jika dia memang muslim, kain koyak atau apapun bisa dibalutkan untuk menutup aurat.

tapi sebenci-bencinya gue liat pengemis yang pura-pura jadi muslim, lebih benci lagi gue liat pengamen bertato (bergaya punk)
badan fit gitu masa ngamen


Quote:Original Posted By fastestracer
ane sih paling gondok kalo yg udh bilang "maaf bu/pak" masiiihhhh aja ngerengek2 didepan ane.
bukannya pelit sih gan, tapi ane saksi mata waktu ada pengemis digiring petugas deket kantor ane, didalam tas nya ditemukan buku tabungan berisi sekitar 30jt dan uang cash beberapa ratus ribu.

ane jadi gak simpatik lagi gan, dulu ane masih suka ngerasa iba, tp sekarang ane cuman ngasih ke yang udh tua dan sangat memprihatinkan, semoga gak salah sasaran


Quote:Original Posted By FontBold
Jaman, gue dulu ngampus...

Ada pengemis, yg makin kesini mukanya makin bersih kayak habis facial gitu disalon,

Gue mulai curiga disitu gans, akhirnya jadi tahu mana yg bener, & mana yg bohongan

tiap hari dia selalu ngider diwilayah kampus, gans.


Quote:Original Posted By bebekchan
ane ga akan ngasih orang yg minta2 karna mental mereka selamanya ga akan berubah kalo cuma krecek2 nyanyi ga jelas bawa anak di panas terik pula, cuma gitu dikasih duit?! enak banget. makin gampang makin banyak yg tertarik, alhasil ga ada yg mau kerja berat dikit.
kalo mamang2 jualan baru deh ane mau beli, gimanapun mereka ga cuma "minta".
kalo yg ngasih berdasar asas kasian sih, pikir lagi, lebih kasian mana sama anak2 yg dipaksa kerja panas2an dijalan? uangnya toh bukan buat sekolah mereka. malah ane perhatiin banyak yg main hape bagus kok, ngerokok, bahkan ngelem di pinggir jalan. so? pikir lagi kedepannya gimana buat anak bangsa, kalo mentalnya cuma sanggup "minta"
cmiiw


Quote:Original Posted By ari_DRK
Kalo ane sih ga pernah kasih lagi gan, zaman dulu sih sering..

Paling sering sekarang pas lagi makan di warung aja, kadang ibu/kakek tua ngemis ngemis gitu. Ane tawarin aja mau makan apa enggak..kalo ngomongnya "uangnya aja"..selamat lah, lanjut lagi makan..itu sudah..

Kalo pengemisnya anak anak, rata rata minta uang aja..cek aja di sekeliling gak jauh dari tempat dia ngemis. Pasti ada tuh emaknya..


Quote:Original Posted By sabda.jore
ini dulu kejadiannya pas ane masih sma di salah satu smk ternama d bogor sekitar tahun 2009an lah, berhubung ane sering ngebenalu d kosan temen ane, suatu malem terbesit buat nyobain ngamen d salah satu pusat kuliner d bogor sa*ras orang2 kenalnya. nah dsitu ngamen bebas gan ga ada preman2nya gth, malah kadang banyak anak2 muda yg cuma niat biar berani tampil depan umum aja. back to topic, malam minggu mulai lah ane ngamen tuh ama temen2 ane, amazingnya gan dalam kurun waktu ga sampe 1 jam ane ngamen udah dpet 150rb, total yg ane dapetin malem itu approx yaaa 400an kayanya, bayangin noh yg ngamen seharian apa kabar??


Quote:Original Posted By ordon
Model ngemis di jalanan yang ane liat gini gan :
1. Pengemis biasa yang duduk dengan modal mangkok atau apa
2. Pengemis keliling dengan modal tangan atau wadah
3. Pengamen yang nyanyinya sih bagus tapi agan gondok gak kalo abis dikasih gak ada terima kasih langsung pergi. Model gini mah tungguin sampe lagunya beres,anggap aja kita beli suaranya.
4. Pengamen yang sumbang suara dan musiknya ancur banget,model gini cuma buat ganggu kita dan buar ngasih uang aja.
5. Pengamen dan pengemus yang cacat atau emang ngaku cacat,gini kudu liat bener gak tuh cacat. Ane mending ngasih uang ke yang kakinya beneran buntung daripada ngakunya buntung.
6. Pengamen maksa yang tampilan preman dengan model "dikulum dikunyah,assalamualaikum semuanyah. Kami disini ingin mengetuk hati saudar semuanya yah,mungkin dibalik kerapian dan jilbabnya masih tersimpan jiwa sosial yah. Daripada kami malak dan nyopet...." sambil temennya nyanyi cempreng banget. Kalo gak dikasih nyodok2 kaki kita diangkot atau ngomong kasar.
7. Pengemis yang bawa anak,kenapa selalu tidur tuh bocah?
8. Pengemis bocah yang biar kita kasihan
9. Pengemis bocah yang pake amplop dan nyebarin ke penumpang angkot,biasanya amplopnya ada tulisan minta dikasihani. Pengen dulu ane nyelipin kertas "kerja dek yang bener", tapi gak sempet terus.
10. Pengemis yang ngaku tersesat,dulu ane pernah ketemu ginian ngakunya tinggal di cimahi kalo gak salah dan mau pulang gak ada ongkos. Ane kasih 30rb. Besoknya ane ketemu lagi dan masih ngaku tersesat,ilang rasa kasihan ane.

Rata2 beberapa pengemis ini ane liat ADA BOSSNYA YANG MEMANTAU DARI JAUH,pakaian rapi atau preman gtu. Jadi bukan berarti sedekah ke mereka gak boleh,dalam islam tingkatan penerima sedekah paling utama tuh :
- Keluarga
- Orang terdekat
- Tetangga
- Orang yang meminta-minta
- Orang yang gak minta-minta
(Maaf ane mungkin ketuker,antara yang gak minta yang didahulukan atau yang minta-minta yang didahulukan)
Udh ga usah dikasih gan... Gelandangan skr udh beda banget..
Suka nggak tegaan sih, apalagi kalo udah tua
kasih kantong plastik 5 pcs, trus bilang itu harganya seribu loh
Najis dah liat gelandangan tiap hari jum'at nongol mulu, ini sih udaj teroganisir. Mending ane beli jajanan asongan .

Kasian sih tpi nyesek saat liat dia masukin hasil ngemis sebelumnya ke tempat duit dia yg ribuan .

Gelandangan itu yang suka masuk berita kan? Perusahaan A membawa kayu gelandangan hasil hutan Kalimantan

+1
Ane paling ga suka sama yang bawa anak gan..
kalau terbukti tu anak dipaksa tidur untuk digendong, bakal ane penggal di tempat tuh pengemis
ane dah gak pernah kasih pengemis,
ane masukin ke kotak infaq masjid aja
Gelandangan: Mafia Jalanan yang Mengais Belas Kasihan
Dulu ane gak tega liat pengemis sih
Tp setelah liat berita di tipi yg katanye penghasilan pengemis lebih besar dari gaji ane, akhirnya ane tega2in
Skrg ane lebih milih masukin ke kotak infaq di masjid daripada buat pengemis
Biarin aja lah, ketimbang jadi begal sekalian ngerampok, apalagi sampek bunuh orang
Ane paling takut kaya gini..

Ane ga takut mati, tapi ane takut miskin
Setelah Ane Telusuri Gelandangan di daerah Ane, Ternyata rumahnya Permanent Gan Orang kaya yang hanya ingin mencari nafkah dengan meminta minta Gan
emg susah bray mana yg asli gelandangan mana yg cuma dijadiin profesi tapi ane suka gak tega bray kalo itu anak anak
Alhamdulillah gan ane gak pernah ngasih ke pengemis. Mending ane sedekahin ke mesjid yang jelas ada manfaatnya
Quote:Original Posted By priyayi67
Udh ga usah dikasih gan... Gelandangan skr udh beda banget..


Bedanya apa yang pernah agan jumpai nih?

Quote:Original Posted By iamfreakyguy
Suka nggak tegaan sih, apalagi kalo udah tua




Quote:Original Posted By komentator.
kasih kantong plastik 5 pcs, trus bilang itu harganya seribu loh




Quote:Original Posted By aku.hamil
Najis dah liat gelandangan tiap hari jum'at nongol mulu, ini sih udaj teroganisir. Mending ane beli jajanan asongan .

Kasian sih tpi nyesek saat liat dia masukin hasil ngemis sebelumnya ke tempat duit dia yg ribuan .


Harus diberantas, gan.

Quote:Original Posted By aku.adam1
Gelandangan itu yang suka masuk berita kan? Perusahaan A membawa kayu gelandangan hasil hutan Kalimantan

+1




Quote:Original Posted By tigasebangkai
Ane paling ga suka sama yang bawa anak gan..
kalau terbukti tu anak dipaksa tidur untuk digendong, bakal ane penggal di tempat tuh pengemis


Jangan, gan.. Ntar nte dipenjara

Quote:Original Posted By nasgorbasi
ane dah gak pernah kasih pengemis,
ane masukin ke kotak infaq masjid aja
Gelandangan: Mafia Jalanan yang Mengais Belas Kasihan


Keren, gan

Quote:Original Posted By sukapedes24
Dulu ane gak tega liat pengemis sih
Tp setelah liat berita di tipi yg katanye penghasilan pengemis lebih besar dari gaji ane, akhirnya ane tega2in
Skrg ane lebih milih masukin ke kotak infaq di masjid daripada buat pengemis




Quote:Original Posted By bramantyonagas
Biarin aja lah, ketimbang jadi begal sekalian ngerampok, apalagi sampek bunuh orang


Lah itu banyak anak kecil yang diperbudak buat ngamen kan bahaya, gan

Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Ane paling takut kaya gini..

Ane ga takut mati, tapi ane takut miskin


Sama, gan

Quote:Original Posted By agus.kurniawan1
Setelah Ane Telusuri Gelandangan di daerah Ane, Ternyata rumahnya Permanent Gan Orang kaya yang hanya ingin mencari nafkah dengan meminta minta Gan


Itu gelandangan sebagai profesi berarti, gan

Quote:Original Posted By deni.worsnop
emg susah bray mana yg asli gelandangan mana yg cuma dijadiin profesi tapi ane suka gak tega bray kalo itu anak anak


Emang. Kadang itu yang dimanfaatin ama mereka, gan

Quote:Original Posted By slowdoo
Alhamdulillah gan ane gak pernah ngasih ke pengemis. Mending ane sedekahin ke mesjid yang jelas ada manfaatnya


Gelandangan skr makin songong gan kl kaga ngasih kitanya dikata katain... Ngasih sedikit diomelin jd mendingan kaga ngasih semangat sekalian..
Kadang dilema gan klo liat anak kecil yang digendong ibu2 dijalan

Antara curiga sam kasian, walaupun akhirnya dikasih. yah semoga berkah buat tuh anak deh
ane mah kaga pernah ngasih gan .. antepin aja ...
Quote:Original Posted By priyayi67
Gelandangan skr makin songong gan kl kaga ngasih kitanya dikata katain... Ngasih sedikit diomelin jd mendingan kaga ngasih semangat sekalian..


Jiahaha, kurang ajar banged ituh kalo berani ngatain segala

Quote:Original Posted By fafanuha
Kadang dilema gan klo liat anak kecil yang digendong ibu2 dijalan

Antara curiga sam kasian, walaupun akhirnya dikasih. yah semoga berkah buat tuh anak deh


Aamiin dah, gan. Meski yang nikmatin mah bukan dia.

Quote:Original Posted By review
ane mah kaga pernah ngasih gan .. antepin aja ...


Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar