Pages


Selasa, 17 Mei 2016

Takut susah dapet kerja setelah lulus? Cobain deh 6 tips sebelum wisuda

Takut susah dapet kerja setelah lulus? Cobain deh 6 tips sebelum wisuda

Takut susah dapet kerja setelah lulus? Cobain deh 6 tips sebelum wisuda

Lulus kuliah memang moment yang paling diidam-idamkan setiap mahasiswa. Kapan lulus ya?! Lulus kapan ya?! Selalu mondar-mandir dikepala waktu kita lagi pusing-pusingnya skripsian. Begitu lulus… rasanya sih plong banget, cuma kalau ga cepat dapet kerjaan tuh rasa plong itu dijamin gak bakal bertahan lama! Gak jarang juga yang masih nganggur 6 bulan – 1 tahun setelah lulus, susah banget cari kerjaan jaman sekarang!

Quote:"Nyari kerja itu ga segampang mau jadi duta anti narkoba"

Kalau kamu punya pikiran lulus kuliah itu adalah akhir dari penderitaanmu, kamu salah banget! Karena sebenernya lulus itu adalah awal dari menghadapi kehidupan dengan penderitaan menanti kalau kamu gak pinter mengelolanya.

Quote:"Hidup itu gak segampang mau jadi duta pancasila"

Nah berikut ada tips yang wajib kamu siapin untuk bersaing setelah wisuda.

Spoiler for 1. Jangan jadi kupu-kupu!:
Takut susah dapet kerja setelah lulus? Cobain deh 6 tips sebelum wisuda
via giphy.com

1. Jangan jadi kupu-kupu!

Kupu-kupu yang dimaksud ini bukan serangga atau lagunya titi puspa lho ya.. Maksudnya adalah kuliah-pulang kuliah-pulang. Kalo kamu punya kebiasaan kaya gini, apalagi kalau pulang sampe rumah cuma tidur, main game, makan, tidur lagi, nah mulai saat ini kamu harus tinggalin kebiasaan ini. Setidaknya lakukan hal-hal lain yang mengasah soft skill-mu seperti baca buku bisnis, latihan software yang kamu minati, atau bahkan ikut kegiatan diluar kampus seperti;



Spoiler for 2. Cari kegiatan:
Takut susah dapet kerja setelah lulus? Cobain deh 6 tips sebelum wisuda
via tumblr

2. Ikut kegiatan atau UKM kampus yang kamu minati

Setiap kampus pasti punya ukm sendiri-sendiri yang mengakomodir para mahasiswa untuk berekspresi dan mengembangkan diri. Contoh di kampusmu ada ukm radio, kalo kamu mau belajar jadi announcer, operator, atau produser kamu harus ikut ukm itu, dampaknya cukup jelas kok buat persiapan dunia kerja. Seengganya kamu sudah punya pengalaman yang lebih dari pada orang lain.



Spoiler for 3. Datang ke job fair:
Takut susah dapet kerja setelah lulus? Cobain deh 6 tips sebelum wisuda
via aureliepollet.com

3. Datang ke job fair yang ada di kota-mu

Yang ini gak kalah penting juga. Walaupun kamu belum sah lulus kuliah, seengganya kamu udah mulai rajin datang ke job fair. Gunanya banyak banget lho! Selain kamu dapet info seputar lowongan kerja, kamu juga bisa berinteraksi langsung sama tenant yang buka lowongan, kamu bisa ngobrol seputar lowongan yang sedang dibuka, atau bahkan kalian jadi tau cara orang tampil berpakaian yang menarik.



Spoiler for 4. Manfaatkan Sosmed:
Takut susah dapet kerja setelah lulus? Cobain deh 6 tips sebelum wisuda
via giphy.com

4. Manfaatkan Social Media-mu

Coba branding dengan baik dirimu dengan merapihkan social media milikmu. Kalo kamu dulu tukang posting yang gak penting atau galau-galauan doang, coba di rubah deh. Posting hal-hal yang membangung persepsi positif dari orang lain tentang dirimu. Contohnya kalo kamu hobi fotografi, kamu bisa memposting hasil jepretanmu di sosmed, atau kalau kamu hobi dandan, coba posting hasil make-up mu supaya orang juga tau kamu punya soft skill yang positif. Selain itu sudah saatnya kamu harus maksimalkan LinkedIn, mulai lah cari network dari akunmu itu.



Spoiler for 5. Maksimalkan Bahasa Asing:
Takut susah dapet kerja setelah lulus? Cobain deh 6 tips sebelum wisuda
via tumblr

5. Maksimalkan skill bahasa inggris

Yang ini sebenernya gampang-gampang susah. Kalo kamu niat sih pasti bisa buat memaksimalkan skill bahasa inggrismu. Selain dari materi bahasa inggris yang kamu dapet dari kuliah, hal lain juga bisa dicoba seperti ikut les bahasa inggris, sering ngobrol sama mahasiswa exchange, baca buku import di perpustakaan, atau yang paling gampang nih nonton film bahasa inggris gak pake subtitle. Ini gak terbatas untuk bahasa inggris aja, tetapi untuk bahasa asing lainnya.



Spoiler for 6. Cari kerjaan sampingan:
Takut susah dapet kerja setelah lulus? Cobain deh 6 tips sebelum wisuda
via giphy.com

6. Cari kerjaan sampingan

Selain tips-tips diatas cara paling ampuh adalah mengembangkan potensi dirimu dengan cari kerjaan sampingan, karena pengalaman itu adalah guru yang paling berharga. Kamu bisa coba ngelamar magang dikantor-kantor yang membuka lowongan magang sesuai dengan minat kamu masing-masing. Selain magang secara langsung di sebuah kantor, kamu juga bisa manfaatin website tempat freelancer ngumpul seperti http://freelancer.com/, https://99designs.com/, http://www.peopleperhour.com/, atau kalau kamu kesulitan dengan sistem pembayaran paypal, kamu bisa ikut website freelancer lokal seperti http://sribulancer.com/, dan http://gocap.id/ yang mensupport pembayaran via transfer bank. Dengan mengikuti website sejenis itu, kamu dapat belajar menjadi seorang professional, berinteraksi dengan client, menambah jumlah portofolio-mu, dan yang jelas nyata adalah kamu punya pengalaman yang bisa kamu taruh di dalam CV-mu nanti.



Nah sekarang dengan mengikuti tips-tips diatas, kamu ga perlu takut lagi susah dapet kerjaan setelah kamu lulus kuliah dan wisuda. Setidaknya kamu punya modal yang lebih bernilai ketimbang lulusan lain yang belum berpengalaman, karena kamu sudah bisa dibilang bukan fresh graduate lagi. Ibarat buah papaya, kamu itu fresh dengan kualitas terbaik!

Spoiler for Bonus:
Takut susah dapet kerja setelah lulus? Cobain deh 6 tips sebelum wisuda
via thewoork.co
Update komeng kaskuser

Quote:Original Posted By randytmuntirta
sepakat bgt sma yg jgn jdi kupu2 doang, syang kuliah masuknya susah, bayar mahal, kalo cma di pake buat cari teori doang, gunain semua "fasilitas" kampus


Quote:Original Posted By r12k7
setuju sama Poin no 1

Kebanyakan fresh graduate tidak memiliki pengalaman berkerja, jadi apa sih yang diliat perusahaan? klo gw gak punya pengalaman kerja ya gw gak bisa start kerja dong?

Disini point penting yang dilihat oleh perusahaan dalam menilai Calon karyawan yang baru lulus itu adalah sebagaimana siapnya si orang itu untuk memasuki Dunia baru yaitu dunia pekerjaan, apakah dia mampu berkerjasama dengan baik dengan rekan sesama satu tim, atasan dan bagian-bagian atau tim-tim lain. jadi CV jangan sampe kosong gan, isi sama kegiatan2 ente di perkuliahan, mau itu ikut organisasi pencinta alam, BEM, Baksos, Ospek dll dsb.

sehingga calon perusahaan ente bisa ngeliat bahwa ente sudah terbiasa berkerjasama di tim, tahu cara berorganisasi, dan rata-rata orang yang aktif dalam organisasi sudah memiliki skill komunikasi yang baik untuk berkolaborasi didalam satu pekerjaan

TS lupa satu hal banyak-banyak BERDOA

dulu waktu ane baru lulus pas lagi nunggu dipanggil masuk ke ruang pewawancara biasanya ane doa begini " Ya Tuhan kalau perkerjaan ini baik untuk saya maka permudahlah wawancara ini, tapi jika sebaliknya jika perkerjaan ini buruk bagi saya gagalkan saya di wawancara ini" entah kenapa dengan doa ini ane selalu bisa all out dan gak gugup pas sesi wasancara karena ane udah ikhlas dan menyerahkan hal yang baik dan buruk sama Tuhan YME


Quote:Original Posted By mhrdhk94
hal paling indah ketika wisuda adalah saat pagelaran wisuda yang lain pada ngomongin mau kerja di mana tapi kita udah ada kerjaan.


Quote:Original Posted By zinkser
Benar gan, ane udh terapkan tips itu semuanya ketika msh kuliah wkt nunggu wisuda, dan alhamdulillah skg ane udh dpt kerjaan tetap yg sesuai dgn ane.


Quote:Original Posted By princeboa
pengalaman ane banget..
jaman sekarang jangankan nyari kerja gan..nyari info lowongannya aja udah susah.ibarat kata loker itu "underground" aja. dan menurut ane yang penting adalah "the right man in the right place".
kalo ente anak akuntasi ya fokus cari loker akuntansi, kalo ente anak farmasi ya jangan malah ngelamar kerja ke bank.

linkedin jg berguna banget.ane oktober 2015 kmren slsai skripsi..semua HR perhotelan ane add ( ane anak perhotelan).ternyata bener mereka post disana..wlpun dari 50-60 email pertama gk ada panggilan..pasti ada deh


semangat fresh graduate!!!


Quote:Original Posted By bumblegood
jangan jadi kupu2 yang penting menurut ane gan, aktif di organisasi bisa melatih banyak softskill.. ente juga bisa kenal sama org2 beda jurusan bahkan beda angkatan juga. Yg penting pendidikan tetep no 1, tapi organisasi juga mendampingi. Kecuali kalo ente cuma ngejar nilai doang jadi kupu2 aja


Quote:Original Posted By ibamfx
nih bro, ane tambahin trit jitu,,

klo jadi mahasiswa, pandai pandai lah melihat peluang disekitar ente,, dan dari peluang itu ente jadikan bisnis, jangan mikirin untung dulu, ya boleh lah , mikirin untung no 2, tapi yang no 1 itu, ente melatih bakat untuk jadi wirausaha,, ente belajar mengelola waktu, belajar komunikasi dengan orang, masalah laku ndak laku itu jangan terlalu dikhawatirin, karena prinsipnya, usaha itu berbanding lurus dengan hasil,

jangan sering2 ke job fair, itu malah ngebentuk mental ente jadi karyawan


Reserved
masih fresh jangan kelamaan milih..
Masih lama wisuda, sudah lama menganggur juga
setuju gan ama ente

Quote:
gan ane jual id 2003-2005 nubi edisi pensiun neh
harga mulai 20rb/id
bayarnya lewat pulsa aja

sms serius only gan
0858-5728-6796 , siapa cepat dia dapat
ane pgn bgt bisa bahasa asing walopun coma inggris doang
tips bermanfaat brayy... kerja sampingan biar ad dued
Biasanya datang ke job fair
numpang mejeng di calonHT
Quote:Original Posted By gancek
masih fresh jangan kelamaan milih..

kadang kita harus selektif juga gan supaya ga salah langkah

Quote:Original Posted By hfs.
Masih lama wisuda, sudah lama menganggur juga

ayo yang semangat gan cari kerjanya!!

Quote:Original Posted By iyan.raambo123
ane pgn bgt bisa bahasa asing walopun coma inggris doang

terapin tips nonton film bahasa inggris gak pake subtitle gan biar greget

Quote:Original Posted By reagannnn
tips bermanfaat brayy... kerja sampingan biar ad dued

selain dapet dued dapet banyak pengalaman yang bakal dipake waktu kita terjun di dunia kerja gan
adalah benar.....
Kalo ane sih, biasanya sosialita bareng temen2 biar dapet info dan menambah networking..

Boleh juga tipsnya
Nice thread, nice info.... Mantaps gan
bener tuh gan bisa ditiru tuh tips tipsnya
ane mulai dari sekarang gan
mending cari kerja sampingan

Takut susah dapet kerja setelah lulus? Cobain deh 6 tips sebelum wisuda Takut susah dapet kerja setelah lulus? Cobain deh 6 tips sebelum wisuda
leh uga tips nya
Habiss Pejwan ..
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar